FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 8:56 pm

http://www.tempo.co/read/news/2003/10/17/05722711/Tawuran-antara-Mahasiswa-UKI-dan-YAI

Tawuran antara Mahasiswa UKI dan YAI

TEMPO Interaktif, Jakarta: Tawuran antara mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Universitas Persada Yayasan Administrasi Indonesia terjadi lagi hari ini Jumat (17/10) sekitar pukul 10.00 WIB.

Tawuran terjadi di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, hingga mengakibatkan penutupan jalan oleh aparat Kepolisian Sektor Menteng Jakarta Pusat. Para pengendara mobil maupun kendaraan umun yang hendak melewati jalan ini terpaksa harus jalan kaki.

Kendaraan pun dialihkan ke arah patung Proklamasi, Jalan Proklamasi. Sedangkan pengendara sepeda motor masih bisa melanjutkan perjalanan. Aparat sempat menyarankan agar pengguna jalan, baik pengguna kendaraan bermotor ataupun pejalan kaki berhati-hati agar tidak terkena lemparan batu. Pengendara ojek yang biasa mangkal di depan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo tampak melarikan diri dari lokasi karena menghindari keributan.

Sita Planasari - Tempo News Room

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 8:56 pm

http://www.tempo.co/read/news/2003/10/17/05722755/Jatuh-Korban-Tawuran-Mahasiswa-UKI-dan-YAI

Jatuh Korban Tawuran Mahasiswa UKI dan YAI

TEMPO Interaktif, Jakarta: Sekitar pukul 10.00 WIB terjadi tawuran antara mahasiswa Universitas Persada Yayasan Administrasi Indonesia dan Universitas Kristen Indonesia di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Jumat (17/10). Jalan Diponegoro sempat ditutup oleh aparat kepolisian dan mulai dibuka kembali sekitar pukul 10.50 WIB. Saat ini Jalan Diponegoro sudah dapat dilalui kendaraan, namun masih dipenuhi sisa batu dan bata sehingga menyulitkan para pemakai jalan. Bahkan, ada seorang pengendara motor yang sedang membonceng istrinya sempat terjatuh.

Akibat tawuran, jatuh 10 korban luka akibat kejadian tersebut. Namun belum ada pihak yang bisa dimintai konfirmasi.

Seorang mahasiswa yang belum jelas asalnya ditangkap polisi dari dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo sekitar pukul 11.10 WIB. Belum diketahui motif penangkapan mahasiswa tersebut, karena tidak ada yang mau memberikan penjelasan.

Sementara itu, seorang mahasiswa UKI, Farah, dari jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UKI angkatan 1999 seusai tawuran mengatakan pada Tempo News Room, bahwa mereka pagi itu sedang kuliah tiba-tiba diserang batu dari arah gedung YAI. Farah menyesalkan ketika tawuran terjadi, polisi justru mengamankan mahasiswa UKI dikampusnya. Sedangkan mahasiswa YAI yang menyerang UKI dibiarkan saja.

Dalam peristiwa ini Kepolisian Resort Jakarta Pusat menurunkan sekitar 1 Satuan Setingkat Kompi dibantu oleh Kepolisian Sektor Menteng.

Para mahasiswa UKI yang berlindung di halaman RSCM sempat bentrok dengan para polisi yang berjaga di depan RSCM. Hal ini terjadi karena para mahasiswi mencemooh polisi, sehingga aparat sempat terpancing. Selain itu, beberapa mahasiswa UKI yang berada dihalaman kampusnya juga sempat bentrok dengan polisi sehingga, memancing kembali amarah para mahasiswa yang lain.

Sita Planasari A - Tempo News Room

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:00 pm

http://news.liputan6.com/read/85648/mahasiswa-uki-dan-yai-tawuran

Mahasiswa UKI dan YAI Tawuran

Kasus Tawuran | oleh
Posted: 07/09/2004 21:00


Polisi saat mencegah aksi mahasiswa tawuran di Salemba Raya.

Liputan6.com, Jakarta: Ratusan mahasiswa dari Universitas Persada Indonesia Yayasan Administrasi Indonesia (YAI) dan Universitas Kristen Indonesia (UKI) Salemba terlibat tawuran di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (7/9). Selain sejumlah mahasiswa luka-luka, perkelahian yang tidak diketahui penyebabnya itu mengakibatkan kerusakan sejumlah fasilitas kedua kampus dan kendaraan.

Dari pemantauan SCTV, selama dua jam, kedua kubu mahasiswa saling lempar batu dan balok kayu termasuk botol minuman yang dirampas dari pedagang kaki lima yang berada di depan kampus. Selain itu, sebagian pelaku tawuran mempersenjatai diri dengan benda tajam seperti parang dan bom molotov.

Sejumlah aparat kepolisian yang diterjunkan tidak digubris para mahasiswa. Bahkan, mobil patroli polisi dilempari batu. Bantuan yang didatangkan dari Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat terlambat sampai di lokasi karena kemacetan di Jalan Salemba Raya dan Jalan Diponegoro akibat tawuran itu.

Sejumlah mahasiswa luka-luka terkena lemparan batu. Namun, mereka menolak diambil gambar oleh kru televisi demi menjaga nama baik almamater kampus. Tawuran antara kedua kampus itu terus berulang setiap waktu karena dipicu oleh egoisme kampus yang tidak jelas. Ini adalah tindakan yang ironis dan paradoks dari para intelektual muda kedua kampus itu.

Tawuran antara mahasiswa YAI dan UKI yang bertetanggaan itu itu adalah bukan yang pertama kali. Oktober tahun silam, keributan pecah dan melukai 16 mahasiswa. Mereka yang diserang mahasiswa UKI bukan hanya mahasiswa YAI tetapi juga pekerja yang sedang mengerjakan konstruksi Gedung YAI [baca: Mahasiswa UKI dan YAI Kembali Tawuran].(TOZ/Frans Ambudi dan Dwi Firmansyah)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:03 pm

http://news.liputan6.com/read/110001/belasan-terluka-dalam-tawuran-mahasiswa-yai-uki

Belasan Terluka dalam Tawuran Mahasiswa YAI-UKI

Kasus Tawuran | oleh
Posted: 30/09/2005 14:50


Tawuran antara mahasiswa YAI-UKI.

Liputan6.com, Jakarta: Sedikitnya 11 mahasiswa dilarikan ke rumah sakit akibat terluka dalam tawuran antara mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Universitas Persada Indonesia Yayasan Administrasi Indonesia (YAI) yang terjadi di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (29/9). Lima korban dari YAI dibawa ke RS Saint Carolus dan sisanya mahasiswa UKI dilarikan ke RS Cipto Mangunkusumo.
Menurut Kepala Kepolisian Sektor Metro Senen Komandan Polisi Dadang Hartanto, pihaknya hingga kini masih mengumpulkan bukti dan keterangan dari saksi. Untuk kemudian melakukan tindakan hukum terhadap para pelaku tawuran.

Dadang menambahkan, sejauh ini polisi telah bekerja sama dengan pihak rektorat dan mahasiswa dari kedua universitas itu untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Ia juga meminta untuk sering berkomunikasi apabila terjadi suatu permasalahan yang memungkinkan muncul suatu bentrokan atau tawuran. "Ini sebagai upaya mendeteksi permasalahan sejak dini," tutur dia.

Tawuran yang terjadi kemarin sore itu dipicu oleh saling ledek antara mahasiswa YAI dan UKI melalui pesan singkat di telepon seluler mereka. Ledekan itu kemudian berkembang menjadi tawuran yang melibatkan ratusan mahasiswa dari kedua kampus.

Perkelahian antarmahasiswa yang kampusnya saling bersebelahan ini mengagetkan para dosen YAI dan UKI. Sebab sebelumnya, mereka telah sepakat untuk bersama-sama turun jalan ke Istana Merdeka menentang kenaikan harga bahan bakar minyak. Kedua pihak juga menolak jika tawuran kali ini terkait dengan kejadian serupa beberapa waktu silam.

Tawuran antara mahasiswa YAI dan UKI yang bertetangga itu adalah bukanlah yang pertama kali. Pada 7 September 2004, mereka juga terlibat dalam bentrokan yang mengganggu masyarakat lain. Ketika itu, para mahasiswa tak hanya melemparkan batu tapi juga membawa parang dan bom molotov.

Polisi pun terkesan kewalahan dalam melerai tawuran itu. Bahkan, para petugas juga menjadi sasaran kemarahan para mahasiswa. Akses jalan pun tertutup oleh tindakan brutal mereka. Apa yang menjadi penyebab perkelahian ini pun juga tak jelas. Yang pasti, masyarakat berhadap agar polisi menindak tegas para pelaku tawuran.(BOG/Mochamad Achir dan Wisnumurti)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:07 pm

http://news.detik.com/read/2006/09/14/185636/675683/10/mahasiswa-ubk-uki-tawuran-tukang-ojek-jadi-korban

Mahasiswa UBK-UKI Tawuran, Tukang Ojek Jadi Korban

Jakarta - Untuk kesekian kalinya perseteruan 'abadi' antarmahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) dan Universitas Kristen Indonesia (UKI) berujung tawuran. Kali ini yang menjadi korban adalah seorang tukang ojek dengan luka bacokan. Tawuran terjadi pukul 17.00 WIB, Kamis (14/9/2006), di Jl Diponegoro, Jakarta. Sekitar 20 mahasiswa UKI bersenjatakan celurit, samurai dan kayu berjalan menyusuri Jl Kimia yang menjadi tempat nongkrong mahasiswa UBK. Melihat kedatangan musuhnya dalam jumah banyak, beberapa mahasiswa UBK yang sedang nongkrong segera kabur berlarian ke arah kampus UBK. Mereka berhasil menyelamatkan diri. Kesal buruannya tidak terkejar, gerombolan mahasiswa UKI kemudian mengamuk di pertigaan Jl Kimia dengan Jl Diponegoro. Seorang tukang ojek yang sedang mangkal menjadi sasaran. Tubuhnya dipukuli dan ditendang tanpa bisa melakukan perlawanan. Belum puas, beberapa mahasiswa menyabetkan senjata tajam yang dibawanya. Luka di sekujur tubuh dialami tukang ojek malang yang belum diketahui identitasnya itu. Usai melampiaskan amarahnya, gerombolan mahasiswa UKI itu kemudian kembali ke kampusnya. Sementara beberapa warga melarikan tukang ojek tersebut ke UGD RSCM. Kejadian tidak berhenti sampai di situ, mahasiswa UBK yang dikejar tadi rupanya memanggil rekan-rekannya yang masih ada di kampus. Dalam jumlah puluhan mereka kembali ke lokasi kejadian. Beberapa masyarakat yang kesal kemudian bergabung dengan mahasiswa UBK. Mereka kemudian mencari mahasiswa UKI yang masih berada di Jl Diponegoro. Kali ini tawuran tidak terelakkan. Puluhan mahasiswa UBK dibantu masyarakat melawan puluhan mahasiswa UKI. Batu dan kayu berterbangan. Lokasi tawuran yang berada persis di depan RSCM membuat sejumlah pengunjung RSCM ketakutan. Mereka berlarian ke dalam rumah sakit. Lalu lintas di Jl Diponegoro macet total. Untungnya kejadian tidak berlangsung lama. Polres Jakarta Pusat yang menerima laporan segera menurunkan 1 SSK pasukan Dalmas. Pukul 17.50 WIB tawuran dihentikan. Kedua kelompok yang bertikai dipisahkan. Mereka digiring masuk ke dalam kampus masing-masing. Hingga pukul 18.30 WIB sejumlah polisi dari Polsek Menteng masih disiagakan di lokasi. (bal/sss)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:09 pm

http://news.liputan6.com/read/148439/mahasiswa-uki-persada-kembali-tawuran

Mahasiswa UKI-Persada Kembali Tawuran

Kasus Tawuran | oleh
Posted: 02/10/2007 00:04


Kelompok mahasiswa 2 PTS saat tawuran, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Mahasiswa UKI dan Universitas Persada di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, kembali tawuran. Tawuran mahasiswa dua perguruan tinggi yang berselebahan kampus ini berlangsung di Jalan Diponegoro, Jakpus, Senin (1/10) malam. Tak hanya saling lempar batu, para mahasiswa melempar bom molotov.

Aksi lempar semula berlangsung di dalam kampus. Kericuhan meluas keluar kampus sehingga menganggu arus lalu lintas. Sekitar 300 polisi antihuru-hara yang mencoba memisahkan kedua kelompok tidak bisa berbuat banyak. Tawuran baru bisa dihentikan setelah berlangsung sekitar dua jam. Polisi menangkap beberapa mahasiswa yang terlibat.

Sejumlah mahasiswa dan polisi terluka dalam tawuran ini. Pemicu tawuran diduga dendam lama. Mahasiswa UKI dendam karena pada baku hantam sebelumnya kantor satpam mereka sempat dibakar.(TOZ/Tim Liputan 6 SCTV)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:10 pm

http://news.okezone.com/read/2008/05/28/1/113352/tawuran-mahasiswa-yai-uki-makan-korban

Tawuran Mahasiswa YAI & UKI Makan Korban

Rabu, 28 Mei 2008 17:07 wibLutfi Dwi Pujiastuti - Okezone

JAKARTA- Korban luka-luka akibat bentrokan antar mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Yayasan Administrasi Indonesia (YAI) diperkirakan berjumlah belasan orang. Kini para korban dari dua perguruan tinggi dirawat di RSCM dan Rumahsakit St Carolus.

"Paling banyak korban dari YAI, ada delapan orang. Sebagian dari mereka di bawa ke RSCM dan RS St Carolus," ujar seorang mahasiswa YAI, Fahri Yadi, saat dihubungi okezone, Rabu (28/5/2008).

Berdasarkan keterangan Yadi jumlah mahasiwa UKI yang menjadi korban sebanyak tiga orang. Mereka pun dilarikan ke RSCM untuk mendapatkan perawatan. Meski saat ini tawuran antara mahasiwa tersebut telah berakhir, arus lalu lintas di kawasan Salemba dan Jalan Diponegoro masih tersendat.

"Lalu lintas sekarang masih agak tersendat, karena banyak batu-batu berserakan akibat aksi lemparan. Tawuran mulai reda sekitar pukul 15.13 WIB," lanjut Yadi.(lut) (fit)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:12 pm

http://news.liputan6.com/read/166565/mahasiswa-uki-yai-tawuran

Mahasiswa UKI-YAI Tawuran

Kasus Tawuran | oleh
Posted: 14/10/2008 15:05


Tawuran mahasiswa UKI dan YAI di Salemba, Jakpus.

Liputan6.com, Jakarta: Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia dan YAI Persada kembali tawuran di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (14/10) siang. Para calon intelektual itu saling serang menggunakan batu dan bom molotov. Sejumlah mahasiswa dari kedua universitas itu luka-luka.

Tawuran juga menyebabkan kemacetan parah di jalan-jalan di sekitar kampus. Tak hanya itu, satu unit mobil yang tengah mengantar pasien Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo juga hancur terkena lemparan batu.

Lebih dari 100 polisi yang diterjunkan untuk melerai tawuran tak dapat berbuat banyak. Mereka bahkan turut menjadi sasaran lemparan batu. Tawuran baru berhenti setelah polisi mengambil tindakan tegas dan mengejar para mahasiswa. Enam mahasiswa ditangkap dalam tawuran ini.

Bukan kali ini saja mahasiswa UKI dan YAI Persada terlibat tawuran. Akhir Mei silam, mereka juga terlibat perkelahian massal. Sejumlah mahasiswa tampak membawa senjata tajam dan batang besi. Dalam bentrokan itu, bahkan terlihat bom molotov dilemparkan mahasiswa [baca: Lagi-Lagi, Mahasiswa UKI-YAI Tawuran].

Polisi yang berhasil membubarkan tawuran antara mahasiswa UKI dan YAI beberapa jam kemudian kembali direpotkan dengan tawuran mahasiswa. Kali ini mahasiswa UKI bentrok dengan mahasiswa Universitas Bung Karno. Lokasi ketiga kampus ini memang berdekatan.

Sementara itu, seorang mahasiswa UKI yang takut ditangkap polisi lari menceburkan diri ke sungai. Marloly Starly menderita luka-luka karena menceburkan diri ke sungai. Marloly mengaku terpaksa menceburkan diri ke sungai karena takut ditangkap polisi yang sempat memukulnya.

Selain Marloy, Endro Bawono, seorang wartawan televisi Indosiar mengalami luka lebam di bagian perut setelah ditendang mahasiswa UKI, Frans Alpader Alfonso ketika meliput tawuran antar mahasiswa UKI dan YAI. Menurut Endro dirinya yang sedang mengambil gambar tiba-tiba dilarang oleh Frans. Tak diduga mahasiswa tersebut langsung menendang bagian perutnya. Tadi malam Endro sudah melaporkan kasus penganiayaan itu ke Mapolres Metro Jakarta Pusat.(BOG/Donvito Samarta)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:15 pm

http://www.inilah.com/read/detail/56814/sering-tawuran-uki-salemba-dipindah

Sering Tawuran, UKI Salemba Dipindah

INILAH.COM, Jakarta Perseteruan antara mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) Salemba, Universitas Persada Indonesia-Yayasan Administrasi Indonesia (UPI-YAI), dan Universitas Bung Karno (UBK) tampaknya tidak bisa diselesaikan secara mufakat. Sehingga, salah satu perkuliahan kampus itu harus dipindah.

"Mereka sepakat akan memindahkan aktivitas perkuliahan mahasiswa S1 ke kampus mereka di Cawang. Sementara mahasiswa S2 dan S3 masih tetap di kampus Salemba di Jalan Diponegoro," kata Walikota Jakarta Pusat Sylviana Murni, usai rapat koordinasi bersama Muspiko Jakarta Pusat, di gedung Pemkot Jakarta Pusat, Rabu (22/10).

Aktivitas perkuliahan mahasiswa S2 dan S3 masih dilangsungkan di Salemba. Alasannya, sebagian besar dari mereka dinilai sibuk dengan pekerjaan dan pendidikan yang dijalaninya. Mereka juga dinilai tidak pernah terlibat dalam bentrokan yang kerap terjadi antardua universitas itu.

Sementara pihak YAI, kata Sylviana, sepakat akan menyerahkan mahasiswanya yang terlibat tawuran ke pihak polisi. YAI juga akan mengambil tindakan tegas berupa sanksi akademik. "Pihak UBK juga demikian. Meski kampusnya agak jauh dan intensitas tawurannya juga sudah berkurang tapi mereka juga akan mendukung," ujarnya.

Selasa (14/10) lalu terjadi dua kali tawuran antarmahasiswa di kawasan Jl Diponegoro Salemba, Jakarta Pusat. Tawuran pertama terjadi pada pukul 10.00-11.30 WIB antara mahasiswa UKI dengan mahasiswa UPI-YAI. Sekitar pukul 15.30, mahasiswa UKI kembali tawuran dengan sekelompok mahasiswa (UBK).[R2]

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:17 pm

http://news.detik.com/read/2008/05/28/142611/946438/10/aduh-uki-yai-tawuran-lagi?nd771104bcj

Aduh! UKI-YAI Tawuran Lagi

M. Rizal Maslan - detikNews

Jakarta - Baru saja tawuran semalam, para mahasiswa UKI dan YAI kembali perang batu. Akibat tawuran tersebut arus lalu lintas di Jl Diponegoro langsung putus.

Perang batu terjadi, Rabu (28/5/2008) pukul 14.00 WIB. Entah apa yang menyebabkan tawuran ini pecah kembali. Kendaraan arah ke Matraman dan Salemba berputar balik melawan arus ke Jl Borobudur, Jakarta Pusat.

Sampai saat ini para mahasiswa masih berkelahi. Batu-batu berterbangan. Warga sekitar berhamburan menyelamatkan diri. Sementara para mahasiswa saling berteriak mengancam lawannya.

"Serang! Serang! Maju! Maju!" pekik mereka. Pengunjung dan karyawan RSCM sambil takut-takut menonton tawuran itu.

Para mahasiswa tidak hanya membawa batu. Beberapa tampak membawa celurit, golok, bambu dan batang besi. Wartawan yang mencoba mengambil gambar, diusir oleh mahasiswa UKI.

Kendaraan yang diparkir di halaman RSCM langsung dipindahkan ke dalam agar tidak terkena lemparan batu. Hingga pukul 14.20 WIB belum terlihat ada polisi yang mengamankan. (fay/nrl)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:21 pm

http://www.kilasberita.com/kilas-indonesia/tawuran-uki-dan-yai-berakhir-2-mobil-jadi-korban

Tawuran UKI dan YAI Berakhir, 2 Mobil Jadi Korban

SELASA, 14 OKTOBER 2008 14:36 KB NEWS


Polisi Bubarkan Tawuran Antar Mahasiswa

Jakarta, Perang batu dan kayu antara mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan YAI telah berakhir. Jalan Salemba yang sempat macet kini normal kembali. Dua mobil rusak akibat tawuran ini.

Tawuran mahasiswa 2 universitas ini usai karena dilerai oleh puluhan polisi dari Polres Jakarta Pusat. Polisi menggiring mahasiswa tersebut masuk ke kampusnya masing-masing di depan RSCM, Jl Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (14/10/2008).

Selain lalu lintas yang lancar, para pedagang kaki lima kini sudah kembali menjual dagangannya di depan RSCM.

Akibat tawuran dua kampus yang menjadi musuh bebuyutan itu, dua mobil rusak. Toyota Avanza silver B 8935 DQ yang terparkir di depan RSCM hancur bagian kaca samping kiri.

Selain itu Toyota Avanza silver B 2431 IZ yang terparkir di depan kampus YAI juga hancur berat. Sebab hampir seluruh kaca pecah dan bodi penyok-penyok gara-gara lemparan batu dan Kayu.

Dosen Fakultas Hukum UKI Duma Barung menyesalkan peristiwa ini. Namun yang paling disesalkannya dalam setiap insiden, tidak ada penyebabnya. "Ini yang kami sesalkan," kata Duma kepada wartawan di TKP. (kilasberita.com/amz/dtc)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:24 pm

http://news.okezone.com/read/2008/10/14/1/153775/tawuran-mahasiswa-yai-uki-diduga-karena-balas-dendam

Tawuran Mahasiswa YAI & UKI Diduga karena Balas Dendam

Selasa, 14 Oktober 2008 12:23 wib

Fahmi Firdaus - Okezone

JAKARTA - Tawuran antara mahasiswa dari kampus Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Universitas Persada YAI diduga karena mahasiswa YAI balas dendam kepada mahasiswa UKI.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tawuran dipicu ketika mahasiswa YAI dipukuli oleh mahasiswa UKI. Tak terima, mahasiswa YAI bersama teman-temannya melakukan aksi balas dendam menyerang mahasiswa UKI, dengan saling melempar batu.

Akibatnya, satu mahasiswa UKI dan dua mahasiswa YAI mengalami luka parah di bagian kepala.

Menurut pantauan okezone, Selasa (14/10/2008), sebuah mobil Toyota Avanza bernomor polisi B 2431 IZ berwarna silver mengalami pecah dibagian kaca depan dan belakang.

Bahkan, beberapa mobil pengunjung RSCM terkena lemparan batu. Serta seorang cameraman dari sebuah stasiun televisi sempat mau dirampas kameranya oleh mahasiswa UKI.

Wakapolsek Senen AKP Kasmono mengatakan, kasus ini telah ditangani Polres Jakarta Pusat. "Penyebab tawuran ini belum diketahui, masih kita selidiki," tambahnya.

Saat ini, jalur menuju RSCM yang sebelumnya ditutup dan dialihkan ke Jalan Proklamasi telah dibuka kembali.

Meski tawuran sudah bisa diredam, tampak sejumlah personel dari Polsek Senen dan Polres Jakpus masih berjaga-jaga di sekitar lokasi. (lsi)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:26 pm

http://news.detik.com/read/2009/06/04/233641/1143013/10/kronologi-tawuran-mahasiswa-uki-dan-yai

Kronologi Tawuran Mahasiswa UKI dan YAI

Rachmadin Ismail - detikNews


Foto: Madin/detikcom

Jakarta - Tawuran kembali terjadi antara mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan YAI. Kejadian ini merupakan lanjutan dari tawuran-tawuran sebelumnya.

"Ini lanjutan kemarin, awalnya lempar-lemparan batu," kata mahasiwa YAI Fransiskus kepada detikcom di lokasi tawuran, Jl Salemba Raya, Kamis (4/6/2009) malam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, suasana mulai memanas sejak pukul 17.30 WIB. Adu mulut pun terjadi di antara kedua kubu.

Tawuran mulai pecah pada pukul 17.55 WIB. Saat itu polisi yang sudah berada di lokasi tidak bisa berbuat apa-apa.

Aksi lempar batu pun berlangsung hingga satu jam lebih. Tercatat ada 13 korban dari kedua kubu dan seorang warga sipil.

Pada pukul 18.50 WIB, mahasiswa YAI yang di dalam kampus mulai melempari gedung UKI dengan bom molotov. Akhirnya gedung aula FISIP UKI dan kantin dilahap si jago merah.

Setelah kebakaran, situasi mulai mereda. Petugas pemadam kebakaran dan personel kepolisian dari unsur Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pusat diterjunkan.

Namun, mahasiswa UKI yang marah kampusnya dibakar membalas lemparan bom molotov ke arah YAI. Alhasil, gedung FIKOM YAI sempat terbakar sebelum akhirnya berhasil dipadamkan oleh mahasiswa.

Pukul 21.00 akhirnya api mulai padam. Petugas kepolisian pun mengevakuasi mahasiswa YAI yang sedang berkuliah untuk kembali pulang. Sampah-sampah bekas tawuran pun dibersihkan.

Sementara itu, mahasiswa UKI masih tetap bertahan di dalam kampus. Mereka tidak ingin kampus kebanggaannya dimasuki polisi. Kini mereka pun hanya bisa meneriaki polisi untuk segera meninggalkan kampusnya.

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:28 pm

http://www.beritajakarta.com/2008/id/berita_detail.asp?nNewsId=33796

Tawuran UKI-YAI Coreng Citra Pendidikan di Jakarta

Aksi tawuran mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) dengan Universitas Persada Indonesia Yayasan Administrasi Indonesia (UPI YAI) mendapat sorotan negatif dari Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Karenanya, orang nomor satu di DKI Jakarta ini sangat mendukung tindakan tegas yang tengah dilakukan Polda Metro Jaya. Sebab, kejadian ini telah mencoreng citra Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Apalagi, hari ini, Jumat (5/6), lima Kota Administrasi di DKI Jakarta mendapat penghargaan Adipura.

Menurut gubernur, aksi tawuran yang sudah mengarah kepada tindakan anarkis ini tidak bisa ditoleransi lagi. Kerena sudah mengabaikan aspek moralitas sebagai mahasiswa. "Saya dukung langkah tegas yang dilakukan Kapolda Metro Jaya. Karena kejadian ini sangat liar dan tak bermoral. Ini tidak bisa ditolerir lagi,” tegas Fauzi Bowo, usai sholat Jumat di Balaikota, Jumat (5/6).

Solusi jangka panjang yang harus dilakukan, kata Fauzi Bowo, ke dua kampus tersebut harus ada yang mengalah. Hanya saja, untuk mewujudkan hal itu perlu langkah yang tepat. Sehingga, tidak merugikan kedua belah pihak. Apalagi, kedua status universitas tersebut bukan milik pemerintah alias swasta. "Nanti kita bicarakan dalam jangka panjang karena keduanya bukan universitas negeri. Jadi cukup sulit untuk langsung memindahkannya. Kami akan bicarakan kepada yang bersangkutan,” ujarnya.

Sebagai putra Betawi, Fauzi Bowo juga mengaku heran, mengapa akhir-akhir ini mahasiswa dari kedua universitas tersebut tawuran. Padahal, dahulu tidak pernah terjadi tawuran. "Kedua kampus itu sudah lama ada di situ. Dulu tidak pernah ada tawuran liar seperti itu. Pokoknya, tidak bermoral lah perbuatan itu," kesalnya.

Kepala Dinas Pendidikan DKI, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan, kendati Dinas Pendidikan DKI Jakarta tidak berwenang secara langsung melakukan pengawasan terhadap perguruan-perguruan tinggi di Jakarta, pihaknya akan meminta ketegasan dari pengelola kedua kampus untuk menyelesaikan masalah agar tidak berlarut-larut. Selain itu, meminta komitmen kedua pengelola kampus untuk menjamin tidak terjadi lagi tawuran antarmahasiswa.

Sebab, insiden saling baku hantam mahasiswa kedua kampus tersebut telah mencoreng citra pendidikan di ibu kota. Padahal, Pemprov DKI berkomitmen menjadikan kota Jakarta sebagai kota pendidikan. "Wajah dunia pendidikan di Jakarta telah tercoreng dengan tawuran tersebut," katanya usai mengikuti penyerahan piala Adipura di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (5/6).

Walikota Jakarta Pusat, Sylviana Murni, juga mengaku sangat prihatin. Selama ini, dirinya beserta jajaran Pemerintah Kota Jakarta Pusat berupaya keras untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan ketenangan warga Jakarta Pusat. Namun, upaya itu tampak sia-sia dengan terjadinya tawuran yang disebabkan hal sepele. “Saya sangat prihatin sekali,” kata Sylviana.

Menurut walikota, sejatinya aksi tawuran tersebut tidak boleh terjadi. Sebab, kedua civitas akademis tersebut pernah membuat kesepakatan untuk menghindari tawuran mahasiswa. Karena itu, Muspiko Jakarta Pusat akan kembali menggelar rapat koordinasi membahas penyelesaian konflik kedua kampus tersebut.

Solusi yang akan dibahas, diantaranya pemindahan mahasiswa S-1 UKI ke Kampung UKI Cawang, sedangkan untuk mahasiswa pasca sarjana tetap diperbolehkan menempuh pendidikan di Kampus UKI Salemba. “Hanya mahasiswa S-1 yang dipindahkan. Sedangkan mahsiswa paskasarjana boleh tetap di kampus Salemba, " papar mantan Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI itu.

Menurutnya, pemindahan lokasi salah satu kampus sudah menjadi keputusan yang penting. Apalagi, gagasan ini sebenarnya juga sudah disetujui pihak rektorat UKI pada November tahun 2008 lalu. Sayangnya, kesediaan tersebut tidak pernah dilakukan hingga akhirnya tawuran kembali terjadi.

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:39 pm

http://news.okezone.com/read/2008/10/14/1/153743/redirect

Memalukan, Mahasiswa UKI dan YAI Tawuran Lagi

Selasa, 14 Oktober 2008 11:21 wibHariyanto Kurniawan - Okezone

JAKARTA -� Para mahasiswa dari kampus Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Universitas Persada YAI kembali melakukan tawuran. Akibatnya arus lalu lintas di ujung Jalan Diponegoro atau tepatnya di depan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo tak bisa dilalui.

Data yang diperoleh dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Selasa (14/10/2008), para mahasiswa kedua kampus mulai bentrok sekira pukul 11.15 WIB.

Pantauan di lokasi, para mahasiswa dari dua kubu saling lempar batu. Selain itu mahasiswa pun membakar ban-ban di jalan .

"Belum diketahui apa penyebab tawuran ini pecah. Petugas pun kesulitan melakukan penyelidikan karena tawuran masih berlangsung," ujar Kanit Lantas Jakpus AKP Anton Wijaya.

Sementara itu, pihak Dalmas Polres Jakarta Pusat sudah tiba di lokasi dan sedang meredam situasi di lapangan. (hri)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:40 pm

http://news.detik.com/read/2008/08/28/151843/996325/10/tawuran-mahasiswa-satpol-pp-kaca-jendela-uki-pecah

Tawuran Mahasiswa-Satpol PP, Kaca Jendela UKI Pecah

Novia Chandra Dewi - detikNews

Jakarta - Tawuran antara mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Satpol PP DKI Jakarta hanya berlangsung 15 menit. Namun aksi saling lempar batu itu membuat kampus UKI berantakan.

Pantauan detikcom, sejumlah jendela kampus UKI hancur. Pecahan kaca tampak berserakan di pelataran kampus yang terletak di Jalan Diponegoro itu.

Menurut keterangan saksi mata, tawuran terjadi Kamis (28/8/2008) pukul 14.15 WIB. Aksi itu terjadi akibat saling ledek antara kedua kubu.

"Jadi mahasiswa itu meledek Satpol PP yang sedang membongkar bangunan di tanah milik PT Kencana Indotama Persada. Mereka jadi emosi waktu mahasiwa melempar batu," kata saksi yang enggan disebut namanya itu.

Akibat tawuran itu, arus lalu lintas di Jalan Diponegoro hingga Salemba macet. Dua pleton polisi dari Polsek Jakarta Pusat masih berjaga-jaga di lokasi untuk mengantisipasi tawuran terjadi lagi. (ken/iy)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:41 pm

http://news.detik.com/read/2009/06/04/192123/1142933/10/kantin-dan-aula-kampus-uki-terbakar?nd771104bcj

Kantin dan Aula Kampus UKI Terbakar

Rachmadin Ismail - detikNews

Jakarta - Mahasiswa UKI dan YAI kembali tawuran di depan kampusnya di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (4/6/2009). Kantin dan aula kampus UKI terbakar akibat bom molotov.

Pantauan detikcom, api mulai berkobar sejak pukul 17.45 WIB. Api diduga kuat berasal dari lemparan bom molotov yang dilakukan mahasiswa.

Api di dalam kampus tersebut sangat besar. Asap hitam membumbung tinggi. Sebuah mobil pemadam kebakaran terlihat mulai berusaha untuk memadamkam api.

Kawasan tersebut kini terasa mencekam. Ratusan polisi berjaga-jaga untuk mencegah timbulnya tawuran kembali.

Ratusan mahasiswa yang terperangkap di dalam kampus YAI dan UKI mulai dievakuasi oleh polisi dengan penjagaan ketat. Tawuran antara mahasiswa UKI dan YAI ini kembali sering terjadi akhir-akhir ini. Tingkah laku mereka membuat masyarakat terganggu.
(mok/ndr)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:43 pm

http://news.detik.com/read/2009/05/28/160000/1138774/10/mahasiswa-yai-dan-uki-saling-acungkan-balok-jl-diponegoro-ditutup?nd771104bcj

Mahasiswa YAI dan UKI Saling Acungkan Balok, Jl Diponegoro Ditutup

Laurencius Simanjuntak - detikNews

Jakarta - Mahasiswa dari Universitas Persada Indonesia (UPI YAI) dan Universitas Kristen Indonesia (UKI) kembali bersitegang. Akibatnya, akses Jl Diponegoro yang berada di samping RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) ditutup.

Pantauan detikcom di lokasi, ratusan orang dari kedua massa saling memanas-manasi satu sama lain. Di antara mereka bahkan ada yang mengacungkan bongkahan kayu sambil mengancam kubu lainnya.

Jarak antara kedua massa hanya 50 meter. Untuk menghindari tawuran, tepat di tengah kedua kubu sekitar 50 Samapta dari Polda sudah berjaga-jaga.

Belum diketahui apa penyebab selisih paham kali ini. Tapi insiden antar kedua kampus yang gedungnya saling bersebelahan ini memang kerap terjadi.

(ape/gah)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:46 pm

http://metro.news.viva.co.id/news/read/93428-mahasiswa_uki_tawuran_dengan_warga

Mahasiswa UKI Tawuran dengan Warga


Tawuran

VIVAnews - Perselisihan yang berujung keributan terjadi antara warga Cikini, Jakarta Pusat dengan mahasiswa Universitas Kristen Indonesia di kawasan Salemba, Jakarta Pusat.

Belum diketahui secara pasti penyebab tawuran tersebut. Kedua kubu terlibat bentrok fisik dan aksi saling lempar batu di depan Bioskop Megaria.

Akibat kejadian satu warga mengalami luka serius akibat terkena lemparan batu dan segera dilarikan ke rumah sakit.

Saat ini sejumlah petugas pengendali masa dari Polres Jakarta Pusat masih melakukan penjagaan dilokasi kejadian.

Pantauan VIVAnews, Rabu 30 September 2009, ditempat kejadian tawuran masih terlihat pecahan kaca dan batu-batu di sekitar jalan tersebut.

Pengendara diimbau untuk menghindari Jalan Diponegoro agar tidak terkena dampak dari tawuran tersebut.

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:49 pm

http://news.detik.com/read/2009/06/04/210733/1142978/10/14-orang-terluka-akibat-tawuran-mahasiwa-uki-dan-yai

14 Orang Terluka Akibat Tawuran Mahasiswa UKI dan YAI


Foto: Madin/Detikcom

Jakarta - Sedikitnya 14 orang menjadi korban akibat aksi tawuran mahasiswa UKI dan YAI. Korban terbanyak berasal dari UKI.

Sebagian besar korban kini telah dilarikan ke RS Carolus, Jl Salemba Raya, Jakarta, Kamis (4/6/2009). Menurut salah seorang saksi, Fransiskus, korban banyak yang menderita luka di bagian kepala.

"Bocor kepalanya, malah ada yang sampai pingsan," katanya.

Dari kampus YAI ada dua korban, yakni Kasogi (20) dan Ariesta (23). Korban terbanyak berada di pihak UKI yang mencapai delapan orang yakni, Audi Soalon (25), Runo 26, Mangian (32), Riman Napitupulu (36), Nova (23), Maruli (20), Barry (20), dan Polo (21).

Warga sipil serta dari pihak kepolisan juga menjadi korban dalam tawuran ini. Slyvia Sianipar (38) serta tiga orang Samapta terkena lemparan batu. (mok/ndr)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:51 pm

http://news.detik.com/read/2009/06/04/204222/1142963/10/10-unit-mobil-damkar-berusaha-padamkan-api?nd771104bcj

Kampus UKI Dibakar, 10 Unit Mobil Damkar Berusaha Padamkan Api



Jakarta - 10 unit mobil pemadam kebakaran terus berusaha memadamkan api yang terus berkobar di kantin dan aula kampus UKI, Salemba. Kondisi memanas antara UKI-YAI di ruas Diponegoro, Jakarta Pusat mulai sedikit mereda.

Pantauan detikcom, 10 mobil damkar tersebut terus berusaha� menyemprotkan air. Api diduga berasal dari bom molotov yang dilemparkan oleh mahasiswa YAI, Kamis (4/6/2009).

Sementara itu, puluhan mahasiswa di kedua kampus tersebut, berangsur-angsur mulai meninggalkan lokasi. Namun ada juga sebagian yang masih berjaga-jaga.

Sekitar 60 personel polisi yang berdiri di antara kedua kampus tersebut juga sudah mulai menepi. Polisi masih terlihat berada di lokasi untuk mencegah timbulnya tawuran kembali.

Kawasan Diponegoro kini telah dibuka kembali. Namun hanya sepeda motor saja yang baru dapat melintas karena sebagian jalan masih terpakai oleh mobil damkar.
(mok/ndr)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:53 pm

http://news.detik.com/read/2009/06/04/195708/1142949/10/mahasiswa-uki-balas-lempar-bom-molotov-ke-kampus-yai?nd771104bcj

Mahasiswa UKI Balas Lempar Bom Molotov ke Kampus YAI

Rachmadin Ismail - detikNews

Jakarta - Kantin dan aula kampus UKI, Salemba terbakar oleh bom molotov. Tak terima dibakar, mahasiswa UKI melakukan aksi balas dendam dengan melempar bom molotov ke arah kampus YAI.

Pantauan detikcom, sekitar 20 bom molotov berterbangan dari belakang ke arah gedung FIKOM YAI, di Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (4/6/2009).

Di beberapa titik, api sempat terlihat membesar. Namun mahasiswa YAI dengan sigap menyiram api dengan air.

Sementara itu, ratusan mahasiswa YAI yang masih terperangkap di dalam kampusnya mulai di evakuasi. Mereka dikeluarkan lewat menggunakan bus-bus kampus dengan penjagaan ekstra ketat dari polisi.

Mobil pemadam kebakaran juga mulai terlihat berdatangan untuk memadamkan api di kantin dan aula kampus UKI yang masih membesar.
(mok/ndr)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:54 pm

http://news.okezone.com/read/2009/09/17/1/258316/redirect

FBR & Mahasiswa UKI Diduga Tawuran

Kamis, 17 September 2009 01:07 wibLusi Catur Mahgriefie - Okezone

JAKARTA - Sejumlah orang yang menggunakan atribut Forum Betawi Rempug (FBR) tampak berkumpul di sekitar Kampus Universitas Kristen Indonesia (UKI) di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Disinyalir akan terjadi tawuran massa.

Pantauan pengguna jalan, Isa Anshori, yang melintasi Jalan Diponegoro, Kamis (17/9/2009) dini hari, para anggota FBR berkumpul di pinggir jalan. Bahkan hingga kini anggota FBR yang mengendarai motor terus berdatangan.

Namun begitu, aktivitas ini tidak mengganggu lalu lintas. Pasalnya, polisi dari satuan Polres Jakarta Pusat tampak berjaga-jaga dengan membawa tameng.

Sementara mahasiswa UKI tak tampak di luar kampus. Berdasarkan pantauan, mahasiswa sengaja berada di dalam kampus untuk menghindari keributan.

Belum dapat diketahui apa penyebab keributan ini. (lsi)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 9:59 pm

http://torajacybernews.blogspot.com/2010/11/usai-main-bola-mahasiswa-uki-paulus.html

Usai Main Bola, Mahasiswa UKI Paulus Tawuran



TCN -- Hanya karena tak puas dengan hasil pertandingan bola, ratusan mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKIP), Makassar, terlibat tawuran, Rabu (3/11).Tiga mahasiswa terluka akibat lemparan batu dilarikan ke RSU Daya. Sejumlah kaca gedung perkuliahan dan laboratorium terlihat hancur berantakan karena amukan oknum mahasiswa. Satu unit mobil Katana milik dosen ikut rusak. Mobil tersebut diparkir oleh pemiliknya di area kampus.

Menurut informasi Tribun Timur, tawuran ala preman tersebut dipicu salah satu kubu dari jurusan teknik elektro dan teknik sipil yang kalah dalam pertandingan, Selasa (2/11).

Pertandingan itu digelar oleh pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik UKIP. Pertandingan dilaksanakan di dalam areal kampus yang terletak di Jl Biring Roman, Kecamatan Tamalanrea, Makassar itu. Meski sempat terjadi adu mulut, keributan tersebut berhasil diredam oleh sejumlah mahasiswa lainnya.

Namun, entah siapa yang memulai mahasiswa satu fakultas berbeda jurusan tersebut kembali berhadap-hadapan dan terlibat aksi saling lempar dan kejar kejaran.

Polisi dari Polsek Tamalanrea dan Satu kompi pasukan Sabara dari Polrestabes Makassar masuk ke kampus demi menghentikan bentrokan.

Kasat Samapta Polrestabe Makassar, AKBP Sigit, yang di dampingi Kapolsek Tamalanrea, AKP Akbar Setiawan, saat dikonfirmasi mengatakan, akan menurunkan sejumlah anggotanya bersama sejumlah personel lainnya dari Polsek Tamalanrea.

"Kami akan melakukan pengamanan secara tertutup dan terbuka. Rencananya besok (hari ini) akan kami ikuti pertemuan pimpinan kampus yang membahas masalah tersebut.(ali)

Orang Luar Terlibat

Pembantu Rektor (PR) III UKIP Paulus, Anton Paranoan, yang ditemui beberapa saat setelah tawuran diredam mengatakan, akan meliburkan mahasiswanya selama dua hari sebagai langkah antisipasi terjadinya bentrokan susulan.
"Kami akan berkonsultasi terlebih dulu dengan pihak rektorat. Kemungkinan akan kami liburkan selam dua hari sebagai langkah antisipasi. Kerugian materil yang timbul atas insiden ini mencapai belasan juta, " jelas Anton
Anton juga tidak membantah saat dirinya ditanyai keterlibatan sejumlah pria yang bukan mahasiswa dalam tawuran tersebut.

"Memang ada beberapa orang luar yang ikut dalam pengrusakan kampus. Sementara ini kami baru mengantongi tiga nama mahasiswa yang diduga sebagai pemicu awal tawuran. Mengenai sanksi akan kami bicarakan terlebih dahulu," jelas Anton.(ali)

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Penyaran on Wed May 01, 2013 10:04 pm

http://megapolitan.kompas.com/read/2012/09/06/2006338/Ospek.Mahasiswa.UKI.Toraja.Berujung.Tawuran

Ospek Mahasiswa UKI Toraja Berujung Tawuran


Aksi tawuran mahasiswa UKI Tana Toraja, Sulawesi Selatan yang berlangsung di jalan raya, pada Kamis (6/9/2012) sore.

TANA TORAJA, KOMPAS.com - Dipukuli saat berlangsungnya ospek, mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia (UKI) Tana Toraja, Sulawesi Selatan, saling serang dengan lemparan batu dan balok, Kamis (6/9/2012) sore. Akibat dari aksi tawuran tersebut, beberapa orang polisi mengalami luka terkena lemparan batu.

Aksi tawuran yang melibatkan ratusan mahasiswa Fakultas Teknik dengan mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja, awalnya terjadi di dalam halaman kampus. Namun aksi saling serang dengan lemparan batu serta pantungan, berlanjut ke jalan raya depan kampus mereka di Jalan Pongtiku, Kabupaten Tana Toraja. Sebagian mahasiswa ada yang membawa parang.

Puluhan mahasiswa juga mengalami luka lebam akibat terkena lemparan batu. Bahkan beberapa polisi kepolisian yang berusaha melerai kedua bela pihak yang bertikai, juga mengalami luka terkena lemparan batu.

Selain itu, aksi tawuran juga mengakibatkan beberapa rumah warga di sekitar kampus rusak terkena lemparan batu, dan mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, aksi tawuran ini dipicu adanya mahasiswa baru Fakultas Ekonomi yang dipukuli oleh mahasiswa Teknik, saat sedang menjalani orientasi dan pengenalan kampus (ospek).

Aksi tawuran dapat diredam setelah puluhan personel kepolisian dengan persenjataan lengkap yang dipimpin Kapolres Tana Toraja Ajun Komisari Besar Polisi. Yudi Sinlaloe, turun ke lokasi. Untuk membubarkan tawuran, polisi terpaksa mengeluarkan beberapa kali tembakan ke udara.

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lembaran Kasus Tawuran Universitas Kristen Indonesia

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik