FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Penjelasan Shahih Bukhori

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Penjelasan Shahih Bukhori

Post by bapanehud@ymail.com on Tue May 07, 2013 12:01 am

Berkata Imam Bukhori :
بسم الله الرحمن الرحيم
Dengan nama Alloh yang Maha penyayang lagi Maha Pengasih

Penjelasan : Disini Imam Bukhori memulai kitabnya dengan Basmalah, hal ini beliau lakukan kemungkinan meneladani Kitabulloh yang dimulai dengan Basmallah dan juga kepada Nabi Muhammad Sholollahu alaihi wa Salam yang memulai surat-suratnya dengan ucapan Basmalah.

1 - كت
اب بدء الوحى
Kitab Permulaan Wahyu

1 - باب كَيْفَ كَانَ بَدْءُ الْوَحْىِ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم -
1. Bab Bagaimana permulaan turunnya Wahyu kepada Rosululloh Sholollahu alaihi wa Salam.

Penjelasan : Wahyu secara bahasa adalah “pemberitahuan pada sesuatu yang tersembunyi”. Adapun secara istilah adalah “Pemberitahuan dari Alloh Subhana wa Ta’ala kepada Nabi dari para Nabi-Nya tentang berita-berita-Nya berkaitan dengan hukum syar’I dan yang semisalnya melalui cara yang tersembunyi yang diluar kebiasan manusia”(Al Mausuah Al Qur’an hal. 1). Dan salah satu dalilnya bahwa para Nabi diberikan Wahyu oleh Alloh Subhana wa Ta’ala adalah firman-Nya yang dibawakan disini oleh Imam Bukhori :
إِنَّا أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ كَمَا أَوْحَيْنَا إِلَى نُوحٍ وَالنَّبِيِّينَ مِنْ بَعْدِهِ
“Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya,”. (QS. An-Nisaa : 163).

Penjelasan : dalam ayat yang mulia ini disebutkan Nabi Nuh alaihi salam sebagai Nabi yang pertama menerima Wahyu, padahal kita ketahui bahwa Nabi Adam alaihi salam adalah manusia yang pertamakali, sekaligus juga Nabi yang pertamakali Alloh ciptakan di alam dunia. Maka Al Hafidz Ibnu Hajar menjawab : “dikarenakan beliau (Nabi Nuh alaihi salam) adalah
Nabi yang pertamakali diutus (menjadi Rosul) atau beliau adalah Nabi yang pertamakali disiksa oleh kaumnya” (Fathul bari 1/9).
[center]

bapanehud@ymail.com
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Male
Age : 36
Posts : 1
Kepercayaan : Islam
Location : Tegal, Jawa Tengah
Join date : 06.05.13
Reputation : 0

http://www.ikhwahmedia.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik