FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Definisi Kafir

Page 1 of 3 1, 2, 3  Next

View previous topic View next topic Go down

Definisi Kafir

Post by yang berserah diri on Thu May 09, 2013 1:58 pm

assalamualaikum sahabat Muslim
semoga Allah merahmati kita semua

di dalam kehidupan ini, tidak lepas dari bersosialisasi kepada siapapun
tidak hanya kepada Muslim, tapi juga kepada non Muslim atau dalam bahasa Arab disebut kafir

marilah kita diskusikan apa itu definisi kafir menurut Islam?

marilah Saya sebagai pembuat thread menyampaikan pendapat terlebih dahulu
kata 'kafir' memiliki makna menolak atau tertutup
tetapi bila dihubungkan dengan Islam, definisi kafir menjadi menolak Islam

tetapi menurut paham Saya,
bila diartikan secara mendalam dan luas

makna kafir dalam artian menolak Islam, bisa berarti diri kita sendiri adalah kafir

kalimat Syahadat berbunyi, "tidak ada illah kecuali Allah"
di dalam al quran ada ayat yang menyinggung bahwa sebagian manusia menjadikan hawa nafsunya sebagai "illah"
hal ini menunjukkan pengakuan kita sebagai penganut agama Islam sekalipun, jika kita menuhankan hawa nafsu, maka kita sudah bisa dianggap kafir bila hawa nafsu kita jadikan illah

definisi kafir sendiri Saya ingatkan kembali menurut bahasa bisa bermakna menolak atau tertutup,
artinya kita sebagai Muslim terkadang menolak perintah Allah atau menutup diri dari ajarannya karena kita mengutamakan hawa nafsu

sehingga bersyahadat dimulut sekalipun seolah menjadi tidak bermakna karena dalam pelaksanaannya tidak sesuai dengan makna syahadat

bahkan didalam Al-Qur'an, orang yang berbangga-bangga terhadap kelompoknya (fanatik atau taqlid buta) bisa dikatakan Musyrik

definisi musyrik sepertinya tidak perlu Saya jelaskan karena setiap Muslim insya Allah mengetahui apa itu Musyrik

sekarang bagaimanakah dengan kafir dalam artian orang yang tidak mengucapkan syahadat seperti Katolik, Protestan, Hindu atau Budha?
adakah kita dapat menyatakan bahwa mereka wajib dibunuh?
ataukah kita harus berdakwah dengan hikmah?

di dalam al quran kita tidak dilarang berteman dengan mereka selama mereka tidak berbuat kejahatan kepada kita

mengingat kembali pada masa Rasulullah dahulu
adakah Rasulullah membunuh seluruh orang kafir atau hanya sebagian kafir yang memerangi Islam saja?

Saya harap para pembaca bisa merenungkan dan mau berdiskusi secara damai disini

sebagian pendapat yang Saya katakan ada di dalam al qur'an dimohon untuk diperiksa oleh para pembaca

mari berdiskusi
piss ehmm

yang berserah diri
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Total Like dan Thanks: 5
Posts: 149
Join date: 2011-10-13

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by yang berserah diri on Thu May 09, 2013 9:28 pm

apakah tidak ada yang mau memberikan tanggapan?

yang berserah diri
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Total Like dan Thanks: 5
Posts: 149
Join date: 2011-10-13

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by EbisuSensei on Thu May 09, 2013 10:15 pm

Untuk sementara belum ada.. piss

kalau untuk berikut ini ayatnya dimana ya kang?
....di dalam al quran ada ayat yang menyinggung bahwa sebagian manusia menjadikan hawa nafsunya sebagai "illah"....
Tapi saya setuju, bahwa hawa nafsu memang harus dikendalikan.... sholat yuk

EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Total Like dan Thanks: 24
Posts: 2735
Location: Indonesia
Join date: 2011-12-27

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by yang berserah diri on Thu May 09, 2013 10:23 pm

EbisuSensei wrote:Untuk sementara belum ada.. piss

kalau untuk berikut ini ayatnya dimana ya kang?
....di dalam al quran ada ayat yang menyinggung bahwa sebagian manusia menjadikan hawa nafsunya sebagai "illah"....
Tapi saya setuju, bahwa hawa nafsu memang harus dikendalikan.... sholat yuk

pasti ketemu kok, gugling jg dapet
piss

yang berserah diri
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Total Like dan Thanks: 5
Posts: 149
Join date: 2011-10-13

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by EbisuSensei on Thu May 09, 2013 10:26 pm

Udah dapat ... sholat yuk

Q.S. Al-Furqaan:43-44

EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Total Like dan Thanks: 24
Posts: 2735
Location: Indonesia
Join date: 2011-12-27

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by yang berserah diri on Thu May 09, 2013 10:31 pm

EbisuSensei wrote:Udah dapat ... sholat yuk

Q.S. Al-Furqaan:43-44
mantap
piss
sudah dapat kesimpulan?
ehmm

yang berserah diri
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Total Like dan Thanks: 5
Posts: 149
Join date: 2011-10-13

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by EbisuSensei on Thu May 09, 2013 11:04 pm

Belum, karena saya belum bisa membayangkan, bagaimana manusia menuhankan hawa nafsu.

Apakah dengan melanggar hukum2 Tuhan dan Rasul-Nya?

Ataukah mengingkari Tuhan dan Rasul-Nya, demi hawa nafsunya sendiri?

Yang jelas, supaya tidak dianggap menuhankan hawa nafsu, maka harus berjalan dalam koridor hukum Tuhan.
Gimana? Setuju? piss

EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Total Like dan Thanks: 24
Posts: 2735
Location: Indonesia
Join date: 2011-12-27

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by yang berserah diri on Thu May 09, 2013 11:09 pm

bisa bisa
piss

yang berserah diri
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Total Like dan Thanks: 5
Posts: 149
Join date: 2011-10-13

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by mang odoy on Fri May 10, 2013 2:51 am

KAFIR itu si manusianya....PERBUATANNYA disebut KUFUR...

seorang Muslim yang tidak mensyukuri nikmat dari Allah SWT....disebut juga KAFIR...tapi kelasnya beda..

Seorang Muslim yang berdoa kepada Allah SWT meminta PERANTARA kepada KUBURAN WALI/ORANG SHALEH...ini bisa juga disebut KAFIR.

Karena KONSEP PERANTARA ANTARA 'TUHAN' DAN MANUSIA adalah KONSEP PAGAN...

Dalam Islam tidak ada istilah PERANTARA, kalo kita merasa sebagai Hamba Nya...LANGSUNG aja...dengan syarat....SYADAT nya harus mantaf dulu...100% YAKIN....jangan KLEMER KLEMER...


Jadi, KAFIR tidak sajah buat orang orang NON MUSLIM (pemeluk agama Islam)....

Ini mah cuman ocehan kuli kapal.....kalo pengen LEBIH JRENG...bisa ditanya sama para Ustad/ah...

usil

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 82
Posts: 4129
Join date: 2011-10-11

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by yang berserah diri on Fri May 10, 2013 11:46 pm

mang odoy wrote:KAFIR itu si manusianya....PERBUATANNYA disebut KUFUR...

seorang Muslim yang tidak mensyukuri nikmat dari Allah SWT....disebut juga KAFIR...tapi kelasnya beda..

Seorang Muslim yang berdoa kepada Allah SWT meminta PERANTARA kepada KUBURAN WALI/ORANG SHALEH...ini bisa juga disebut KAFIR.

Karena KONSEP PERANTARA ANTARA 'TUHAN' DAN MANUSIA adalah KONSEP PAGAN...

Dalam Islam tidak ada istilah PERANTARA, kalo kita merasa sebagai Hamba Nya...LANGSUNG aja...dengan syarat....SYADAT nya harus mantaf dulu...100% YAKIN....jangan KLEMER KLEMER...


Jadi, KAFIR tidak sajah buat orang orang NON MUSLIM (pemeluk agama Islam)....

Ini mah cuman ocehan kuli kapal.....kalo pengen LEBIH JRENG...bisa ditanya sama para Ustad/ah...

usil
silahkan
2 good

yang berserah diri
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Total Like dan Thanks: 5
Posts: 149
Join date: 2011-10-13

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by Jagona on Sat May 11, 2013 10:21 am


Yang menentang ALLAH, itulah yang disebut kafir ......... siapapun dan dari agama apapun ........... tida terkecuali.

Mereka semua harus diperangi ........... tapi tunggu dulu ......... apanya yang diperangi .............. hi hi hi hi ..................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Total Like dan Thanks: 18
Age: 68
Posts: 4039
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by mang odoy on Sun May 12, 2013 2:38 am

Jagona wrote:
Yang menentang ALLAH, itulah yang disebut kafir ......... siapapun dan dari agama apapun ........... tida terkecuali.

Mereka semua harus diperangi ........... tapi tunggu dulu ......... apanya yang diperangi .............. hi hi hi hi ..................... okey

tergantung KONDISI dan SITUASI..

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 82
Posts: 4129
Join date: 2011-10-11

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by Jagona on Sun May 12, 2013 9:40 am

mang odoy wrote:
Jagona wrote:
Yang menentang ALLAH, itulah yang disebut kafir ......... siapapun dan dari agama apapun ........... tida terkecuali.

Mereka semua harus diperangi ........... tapi tunggu dulu ......... apanya yang diperangi .............. hi hi hi hi ..................... okey

tergantung KONDISI dan SITUASI..

apapun ..................... tujuannya "Sami'na wa atho'na" pada hukum Islam

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Total Like dan Thanks: 18
Age: 68
Posts: 4039
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by yang berserah diri on Sun May 12, 2013 12:10 pm

Jagona wrote:
mang odoy wrote:
Jagona wrote:
Yang menentang ALLAH, itulah yang disebut kafir ......... siapapun dan dari agama apapun ........... tida terkecuali.

Mereka semua harus diperangi ........... tapi tunggu dulu ......... apanya yang diperangi .............. hi hi hi hi ..................... okey

tergantung KONDISI dan SITUASI..

apapun ..................... tujuannya "Sami'na wa atho'na" pada hukum Islam

ada yang salah memahami konsep sami'na wa atho'na
konsep tersebut lantas jangan diartikan kita sekedar taqlid buta mengikuti saja, pelajarilah apa hikmahnya

berbicara sami'na wa atho'na, maka kita harus bertanya

apa yang harus didengar dan dipatuhi?

ada banyak perintah di dalam Islam
Islam sebagai rahmatal lil alamin memiliki arti "sami'na wa atho'na" nya bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi

yang berserah diri
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Total Like dan Thanks: 5
Posts: 149
Join date: 2011-10-13

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by mang odoy on Mon May 13, 2013 3:01 am

balik ke tema tret.... KAFIR..!!

ada tambahan...???

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 82
Posts: 4129
Join date: 2011-10-11

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by Jagona on Mon May 13, 2013 9:51 am

yang berserah diri wrote:
Jagona wrote:
mang odoy wrote:
Jagona wrote:
Yang menentang ALLAH, itulah yang disebut kafir ......... siapapun dan dari agama apapun ........... tida terkecuali.

Mereka semua harus diperangi ........... tapi tunggu dulu ......... apanya yang diperangi .............. hi hi hi hi ..................... okey

tergantung KONDISI dan SITUASI..

apapun ..................... tujuannya "Sami'na wa atho'na" pada hukum Islam



berbicara sami'na wa atho'na, maka kita harus bertanya

apa yang harus didengar dan dipatuhi?


ketetapan ALLAH ......................................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Total Like dan Thanks: 18
Age: 68
Posts: 4039
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by Jagona on Mon May 13, 2013 9:53 am

mang odoy wrote:balik ke tema tret.... KAFIR..!!

ada tambahan...???

nggak ada mang ................................. okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Total Like dan Thanks: 18
Age: 68
Posts: 4039
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by mang odoy on Fri May 17, 2013 3:29 am

Jagona wrote:
mang odoy wrote:balik ke tema tret.... KAFIR..!!

ada tambahan...???

nggak ada mang ................................. okey

kalo bugituh........................................okeh

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 82
Posts: 4129
Join date: 2011-10-11

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by frontline defender on Fri May 17, 2013 6:28 am


frontline defender
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 60
Posts: 3203
Humor: TUHAN Murka terhadap Orang yang Berniat Baik, kemudian Membunuhnya (2 Samuel 6:6-7)
Join date: 2011-11-17

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by Jagona on Sat May 18, 2013 11:00 am


Hi hi hi hi .................. standar kebenaran seperti apa yang anda maksud ? ..... apakah pencuri bisa dikatakan kafir ? .................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Total Like dan Thanks: 18
Age: 68
Posts: 4039
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by frontline defender on Sat May 18, 2013 11:06 am

yang namanya mencuri itu tentunya mengkafiri/mengingkari standar kebenaran manapun, kecuali kalau mencurinya karena terpaksa!

piss

frontline defender
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 60
Posts: 3203
Humor: TUHAN Murka terhadap Orang yang Berniat Baik, kemudian Membunuhnya (2 Samuel 6:6-7)
Join date: 2011-11-17

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by Jagona on Sat May 18, 2013 11:26 am

frontline defender wrote:yang namanya mencuri itu tentunya mengkafiri/mengingkari standar kebenaran manapun, kecuali kalau mencurinya karena terpaksa!

piss

Hi hi hi hi ............ diomeli Yus badudu pake istilah "mengkafiri/mengingkari", artinya mengkafiri=mengingkari ................. anda harus ingat bahwa yang kafir pasti ingkar, tetapi yang ingkar belum tentu kafir ............... lantas standar kebanaran itu seperti apa ? .............................. okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Total Like dan Thanks: 18
Age: 68
Posts: 4039
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by yang berserah diri on Sun May 19, 2013 3:18 am

halah jadi rusuh ini thread Saya
panas

yang berserah diri
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Total Like dan Thanks: 5
Posts: 149
Join date: 2011-10-13

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by Jagona on Sun May 19, 2013 9:29 am

yang berserah diri wrote:halah jadi rusuh ini thread Saya
panas

belum kok ............... belum anget ............. sabar aja para inohongnya belum mampir ................................ hi hi hi hi ........ okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Total Like dan Thanks: 18
Age: 68
Posts: 4039
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

Re: Definisi Kafir

Post by mang odoy on Mon May 20, 2013 1:55 am

Jagona wrote:
yang berserah diri wrote:halah jadi rusuh ini thread Saya
panas

belum kok ............... belum anget ............. sabar aja para inohongnya belum mampir ................................ hi hi hi hi ........ okey

.........................................................................okey

usil

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 82
Posts: 4129
Join date: 2011-10-11

Back to top Go down

Page 1 of 3 1, 2, 3  Next

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum