FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by Penyaran on Tue May 14, 2013 11:49 am

First topic message reminder :

Perihal makanan sembahyangan

Tanggapan terhadap cara sembahyang kepada leluhur dan boleh atau tidaknya makan makanan yang telah ‘disembahyangi’ menurut adat kepercayaan Tionghoa, saya mengacu kepada pengajaran dalam Kitab Suci, yaitu:

1 Kor 8: 1-13
Di perikop ini Rasul Paulus mengajarkan kembali bahwa “tidak ada Allah lain daripada Allah yang esa” (ay. 4), jadi Allah kita mengatasi segalanya. Oleh karena itu, kita hanya menyembah dan berdoa kepada Allah, sebab “bagi kita hanya ada satu Allah saja…. yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup” (ay.6). Maka kita sebagai orang Katolik tidak berdoa menyembah kepada leluhur. Namun bukan berarti kita tidak mengenang dan memperingati leluhur, sebab kita boleh atau bahkan harus berdoa bagi mereka yang sudah meninggal, untuk mendoakan jiwa mereka, agar Tuhan berkenan mengampuni dan membawa mereka ke dalam kebahagiaan surgawi.

Jadi dalam hal ini, kita percaya bahwa Tuhan kita mengatasi segala sesuatu, dan segala yang ‘disembahyangi’ bukan kepada Tuhan kita, sesungguhnya tidak akan mendatangkan pengaruh apapun kepada kita. Rasul Paulus mengatakan, “Makanan tidak membawa kita lebih dekat kepada Allah. Kita tidak rugi apa-apa, kalau kita makan dan kita tidak untung apa-apa, kalau kita makan” (ay.8). Namun pengetahuan yang demikian jangan sampai membuat kita sombong, melainkan kita harus menunjukkannya dengan kasih (lihat ay.1-3). Maksudnya adalah kita harus bijaksana dalam menyikapi mengenai masalah ini.

Rasul Paulus mengingatkan, “jagalah supaya kebebasanmu ini jangan sampai menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah. Karena apabila orang melihat engkau yang mempunyai ‘pengetahuan’, sedang duduk makan di dalam kuil berhala, bukankah orang yang yang lemah hati nuraninya itu dikuatkan untuk makan daging persembahan berhala?” (ay. 9-10) Sebab jika demikian kita menjadi ‘batu sandungan’ bagi orang itu, mereka menjadi ‘binasa’ karena pengetahuan kita, dan dengan demikian kita berdosa terhadap Kristus (lihat ay. 11-12). Maka Rasul Paulus mengatakan, “Karena itu apabila makanan menjadi batu sandungan bagi saudaraku, aku untuk selama-lamanya tidak mau makan daging lagi, supaya aku jangan menjadi batu sandungan bagi saudaraku.” (ay. 13)

1 Kor 10: 18-33
Rasul Paulus mengajarkan agar umat tidak mempersembahkan apapun kepada roh-roh jahat (ay. 20-22). Walaupun demikian, umat dapat makan daging yang dijual di pasar yang kemungkinan berasal dari persembahan di kuil [tentu asal tidak ikut mempersembahkan kurban di kuil] karena pada dasarnya bumi dan segala isinya adalah milik Tuhan (ay. 25-26). Jadi jika umat disuguhi makanan oleh orang yang tidak percaya, tidak perlu menyelidiki asal usul makanan tesebut, namun jika diberi tahu kalau itu makanan sembahyangan, sedapat mungkin dihindari, bukan karena ia berdosa jika memakannya [karena dikatakan, segala sesuatu diperbolehkan, tetapi bukan segala sesuatu membangun, dalam ay. 23], tetapi karena jangan sampai umat menjadi batu sandungan bagi orang lain (ay. 28-29, 32).

Rom 14:13-17
Rasul Paulus kembali mengingatkan agar jangan kita menghakimi dan menjadi batu sandungan bagi orang lain. Rasul Paulus berkata bahwa di dalam Yesus “tidak ada sesuatu yang najis dari dirinya sendiri. Hanya bagi orang yang beranggapan, bahwa sesuatu adalah najis, bagi orang itulah sesuatu itu najis. Sebab jika engkau menyakiti hati saudaramu oleh karena sesuatu yang engkau makan, maka engkau tidak hidup lagi menurut tuntutan kasih. Janganlah engkau membinasakan saudaramu oleh karena makananmu, karena Kritus telah mati untuk dia…. Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.”

Jadi misalnya, kita tidak sepantasnya makan babi di depan mata saudara kita yang beragama muslim. Atau, jangan sampai kita makan makanan yang habis ‘disembahyangi’, jika di situ ada orang yang dapat berpikir, “Oo, jika demikian orang Katolik setuju dengan cara sembahyangan leluhur macam ini.” Padahal kita semua tahu bahwa kita sebagai orang Katolik tidak ber-’sembahyang’ dengan cara demikian. Jika demikian situasi yang dihadapi oleh Nie, maka sikap Nie sudah benar, bahwa supaya tidak menjadi batu sandungan, lebih baik tidak usah memakan makanan sembahyangan itu. Namun sebaliknya, jika karena tidak makan malah menyebabkan pertengkaran di dalam keluarga sehingga ini juga menjadi ‘batu sandungan’ dalam bentuk yang lain, maka tidak ada salahnya makan makanan tersebut.

Mat 15:11, 18-19
Akhirnya, kita melihat kepada apa yang diajarkan Yesus sendiri tentang hal ini. Yesus mengatakan, “…bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang…. Apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang. Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.”

Bukankah memang demikian halnya? Ada orang-orang yang ribut mengatakan jangan makan ini atau itu, sebab itu najis; namun sesungguhnya di lain hal mereka gagal berbuat kasih dengan ucapan perkataan negatif yang keluar dari mulut mereka. Hal ini dapat juga terjadi pada kita semua. Maka Alkitab mengingatkan kita, supaya jangan sampai kita menajiskan diri dengan perkataan yang keluar dari mulut kita; di samping bahwa kita perlu dengan bijaksana mengatur apa yang masuk ke dalam mulut kita (agar tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain dan tentu agar itu berguna bagi kesehatan kita). Selanjutnya, kita harus berhati-hati dengan ucapan kita, sebab itulah yang menjadi cerminan isi hati kita.

Namun demikian, perlu kita ingat bahwa biar bagaimanapun, kita harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, karena demikianlah yang menjadi ajaran para rasul (Kis 15: 29). Demikianlah jawaban saya, semoga dapat berguna buat kita semua.

http://katolisitas.org/1525/perihal-makanan-sembahyangan

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down


Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by EbisuSensei on Fri May 24, 2013 6:56 pm

bro @Penyaran

Tenang dulu kang.
Kalau bisa member yang mengaku Buddha, tidak di provokasi terlebih dahulu.

Terlebih mereka juga selalu menggunakan bahasa yang baek dan sopan menurut saya.

Terima kasih.............. sholat yuk
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by Penyaran on Fri May 24, 2013 7:01 pm

@EbisuSensei wrote:bro @Penyaran

Tenang dulu kang.
Kalau bisa member yang mengaku Buddha, tidak di provokasi terlebih dahulu.

Terlebih mereka juga selalu menggunakan bahasa yang baek dan sopan menurut saya.

Terima kasih.............. sholat yuk

aduh, mau gimana lagi. secara si Emiliana nih ngoceh terus kacau

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by EbisuSensei on Fri May 24, 2013 7:04 pm

@Penyaran wrote:
aduh, mau gimana lagi. secara si Emiliana nih ngoceh terus kacau
Tenang dulu.....
Sabar dulu.....

Anda kan nggak sendirian disini..............
Ada saya, ada yang lain..............
Benarkan? sholat yuk
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by EbisuSensei on Fri May 24, 2013 7:07 pm

bro @Penyaran

Saya berusaha menjaga perasaan anda, kalau sampai harus dibanned.

Memang tinggal register lagi.

Tapi apakah itu yang akang inginkan? sholat yuk
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by Penyaran on Fri May 24, 2013 7:13 pm

oke oke oke..... silahkan lanjutkan saja mengenai diskusi makanan sembahyangannya kacau

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by Emiliana on Fri May 24, 2013 8:11 pm

Emiliana ngoceh apa?????? Emiliana beritikad baik meminta maaf kalau sudah berasumsi salah di topik ini...

Emiliana cuman ngomong bgt...tiba2 dibilang halah sekarang aja tau bersalah, di thread tiiiiiiiiiit ga mau ngaku...Ini kan pancingan seseorang itu...iya ga? Salah ga klo saya mengocehkan sesuatu yg sy anggap fitnahan pd saya? Klo ingin sy tdk "ngoceh", maka tutup mulutmu terlebih dahulu yg pengen buat aku ngoceh balik. Soalnya Emiliana bukan malaikat ya..yg bisa tenang, damai, kalau 'kepalanya dipukul'

Ok, masuk ke diskusi lg nih, kata Bung Ebi itu cuman syarat2 utk makan...dan ga dibilang scr eksplisit makanan sesembahan/sembahyangan...utk itu spy jernih di Islam boleh apa ga:
1. Apakah penyembahan leluhur, Buddha, dan dewa-dewi (yg ada patung, plakat nama) yang dilakukan dgn memasang hio (dupa), lilin, dsb..itu disebut "berhala"?
(Soalnya dari guru muslim saya, sy tahu muslim itu ga boleh sembahyangin leluhur pakai dupa)

2. Kalau iya itu berhala, bagaimana penjelasan boleh-tidaknya makan makanan hasil sembahyang 'berhala' itu...secara yg dibilang bung ebi td cuman syarat2 makanan yg boleh utk dimakan

Klo no.1 itu bukan berhala, dengan sendirinya pertanyaan no.2 gugur...

Terus ini yg agak melenceng, anehnya kok di syarat makanan yg boleh dimakan dibilang: vegetarian food only? Bukannya di Islam itu makan daging (kecuali babi dan yg haram lainnya) sangat halal ya ?

Salam Damai...


Terakhir diubah oleh Emiliana tanggal Fri May 24, 2013 8:15 pm, total 1 kali diubah
avatar
Emiliana
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 258
Kepercayaan : Budha
Location : apa penting
Join date : 04.05.13
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by EbisuSensei on Fri May 24, 2013 8:12 pm

@emiliana

Oh ya sebagai tambahan.

Makanan yang diberikan tidak boleh merupakan hasil kejahatan.
Misalkan korupsi, merampok, dan sebagainya.

Kalau diperoleh dari hasil sumbangan, tidak ada masalah menurut saya.

btw, anda ini jago mengolah vegi kan?................
Pengen dah, sekali-kali nyicipi............ pisspiss
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by Emiliana on Fri May 24, 2013 8:20 pm

Ga bisa bung bingung yg enak ya yg dibekukan itu, yg ada tekstur dagingnya, tinggal digoreng, hahaha...

Dan sy ga bisa vegetarian jg, utk saat ini, daging masih sgt nikmat buatku... nangis
avatar
Emiliana
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 258
Kepercayaan : Budha
Location : apa penting
Join date : 04.05.13
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by EbisuSensei on Fri May 24, 2013 8:28 pm

@Emiliana wrote:Ga bisa bung bingung yg enak ya yg dibekukan itu, yg ada tekstur dagingnya, tinggal digoreng, hahaha...

Dan sy ga bisa vegetarian jg, utk saat ini, daging masih sgt nikmat buatku... nangis
hahahaha.....................

Yah pada intinya, tidak ada hubungannya antara makanan halal, dengan masalah sesembahan.

Setahu saya makanan halal itu, dilihat dari cara mendapatkan, dan zat yang terkandung di dalamnya.

Cara mendapatkannya tidak boleh melalui kejahatan terhadap orang lain. Misalkan korupsi, merampok, dan lain-lain.
Kalau makanan buat sesembahan agama lain, itu nggak ada hubungannya.

Dan zat yang terkandung di dalamnya, tidak boleh mengandung zat2 yang diharamkan dalam Islam.

Saya hanya membahas vegi, karena aturannya mudah.
Dibandingkan dengan daging yang ribet.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by Emiliana on Fri May 24, 2013 8:34 pm

mana ok, sy suka nih yg terbuka spt ini...soalnya kadang2 ada aja org yg ga mau nerima makanan hasil sembahyangnya kami

berati berdsrkan keterangan Bung Ebi, asumsi sy salah...utk itu sy minta maaf :) :)
avatar
Emiliana
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 258
Kepercayaan : Budha
Location : apa penting
Join date : 04.05.13
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by EbisuSensei on Fri May 24, 2013 9:02 pm

@emiliana

Saya juga minta maaf, kalau ada kata2 saya yang kurang berkenan.

dan Salam damai............. pisspiss
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by njlajahweb on Mon Feb 27, 2017 5:02 pm

I Korintus
8:1 Tentang daging persembahan berhala kita tahu: "kita semua mempunyai pengetahuan." Pengetahuan yang demikian membuat orang menjadi sombong, tetapi kasih membangun.
8:2 Jika ada seorang menyangka, bahwa ia mempunyai sesuatu "pengetahuan", maka ia belum juga mencapai pengetahuan, sebagaimana yang harus dicapainya.
8:3 Tetapi orang yang mengasihi Allah, ia dikenal oleh Allah.
8:4 Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa."
8:5 Sebab sungguhpun ada apa yang disebut "allah", baik di sorga, maupun di bumi -- dan memang benar ada banyak "allah" dan banyak "tuhan" yang demikian --
8:6 namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.
8:7 Tetapi bukan semua orang yang mempunyai pengetahuan itu. Ada orang, yang karena masih terus terikat pada berhala-berhala, makan daging itu sebagai daging persembahan berhala. Dan oleh karena hati nurani mereka lemah, hati nurani mereka itu dinodai olehnya.
8:8 "Makanan tidak membawa kita lebih dekat kepada Allah. Kita tidak rugi apa-apa, kalau tidak kita makan dan kita tidak untung apa-apa, kalau kita makan."
8:9 Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah.
8:10 Karena apabila orang melihat engkau yang mempunyai "pengetahuan", sedang duduk makan di dalam kuil berhala, bukankah orang yang lemah hati nuraninya itu dikuatkan untuk makan daging persembahan berhala?
8:11 Dengan jalan demikian orang yang lemah, yaitu saudaramu, yang untuknya Kristus telah mati, menjadi binasa karena "pengetahuan"mu.
8:12 Jika engkau secara demikian berdosa terhadap saudara-saudaramu dan melukai hati nurani mereka yang lemah, engkau pada hakekatnya berdosa terhadap Kristus.
8:13 Karena itu apabila makanan menjadi batu sandungan bagi saudaraku, aku untuk selama-lamanya tidak akan mau makan daging lagi, supaya aku jangan menjadi batu sandungan bagi saudaraku.


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Mon Feb 27, 2017 5:13 pm, total 1 kali diubah
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6038
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by njlajahweb on Mon Feb 27, 2017 5:05 pm

I Korintus
10:18 Perhatikanlah bangsa Israel menurut daging: bukankah mereka yang makan apa yang dipersembahkan mendapat bagian dalam pelayanan mezbah?
10:19 Apakah yang kumaksudkan dengan perkataan itu? Bahwa persembahan berhala adalah sesuatu? Atau bahwa berhala adalah sesuatu?
10:20 Bukan! Apa yang kumaksudkan ialah, bahwa persembahan mereka adalah persembahan kepada roh-roh jahat, bukan kepada Allah. Dan aku tidak mau, bahwa kamu bersekutu dengan roh-roh jahat.
10:21 Kamu tidak dapat minum dari cawan Tuhan dan juga dari cawan roh-roh jahat. Kamu tidak dapat mendapat bagian dalam perjamuan Tuhan dan juga dalam perjamuan roh-roh jahat.
10:22 Atau maukah kita membangkitkan cemburu Tuhan? Apakah kita lebih kuat dari pada Dia?
10:23 "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.
10:24 Jangan seorang pun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.
10:25 Kamu boleh makan segala sesuatu yang dijual di pasar daging, tanpa mengadakan pemeriksaan karena keberatan-keberatan hati nurani.
10:26 Karena: "bumi serta segala isinya adalah milik Tuhan."
10:27 Kalau kamu diundang makan oleh seorang yang tidak percaya, dan undangan itu kamu terima, makanlah apa saja yang dihidangkan kepadamu, tanpa mengadakan pemeriksaan karena keberatan-keberatan hati nurani.
10:28 Tetapi kalau seorang berkata kepadamu: "Itu persembahan berhala!" janganlah engkau memakannya, oleh karena dia yang mengatakan hal itu kepadamu dan karena keberatan-keberatan hati nurani.
10:29 Yang aku maksudkan dengan keberatan-keberatan bukanlah keberatan-keberatan hati nuranimu sendiri, tetapi keberatan-keberatan hati nurani orang lain itu. Mungkin ada orang yang berkata: "Mengapa kebebasanku harus ditentukan oleh keberatan-keberatan hati nurani orang lain?
10:30 Kalau aku mengucap syukur atas apa yang aku turut memakannya, mengapa orang berkata jahat tentang aku karena makanan, yang atasnya aku mengucap syukur?"
10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
10:32 Janganlah kamu menimbulkan syak dalam hati orang, baik orang Yahudi atau orang Yunani, maupun Jemaat Allah.
10:33 Sama seperti aku juga berusaha menyenangkan hati semua orang dalam segala hal, bukan untuk kepentingan diriku, tetapi untuk kepentingan orang banyak, supaya mereka beroleh selamat.


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Mon Feb 27, 2017 5:13 pm, total 1 kali diubah
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6038
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by njlajahweb on Mon Feb 27, 2017 5:06 pm

Roma
14:13 Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung!
14:14 Aku tahu dan yakin dalam Tuhan Yesus, bahwa tidak ada sesuatu yang najis dari dirinya sendiri. Hanya bagi orang yang beranggapan, bahwa sesuatu adalah najis, bagi orang itulah sesuatu itu najis.
14:15 Sebab jika engkau menyakiti hati saudaramu oleh karena sesuatu yang engkau makan, maka engkau tidak hidup lagi menurut tuntutan kasih. Janganlah engkau membinasakan saudaramu oleh karena makananmu, karena Kristus telah mati untuk dia.
14:16 Apa yang baik, yang kamu miliki, janganlah kamu biarkan difitnah.
14:17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Mon Feb 27, 2017 5:14 pm, total 1 kali diubah
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6038
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by njlajahweb on Mon Feb 27, 2017 5:07 pm

Matius
15:11 "Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang."
15:12 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Engkau tahu bahwa perkataan-Mu itu telah menjadi batu sandungan bagi orang-orang Farisi?"
15:13 Jawab Yesus: "Setiap tanaman yang tidak ditanam oleh Bapa-Ku yang di sorga akan dicabut dengan akar-akarnya.
15:14 Biarkanlah mereka itu. Mereka orang buta yang menuntun orang buta. Jika orang buta menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang."
15:15 Lalu Petrus berkata kepada-Nya: "Jelaskanlah perumpamaan itu kepada kami."
15:16 Jawab Yesus: "Kamu pun masih belum dapat memahaminya?
15:17 Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut lalu dibuang di jamban?
15:18 Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.
15:19 Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6038
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by njlajahweb on Mon Feb 27, 2017 8:23 pm

berdasarkan  ayat-ayat diatas,
juga ayat-ayat lain yang pernah saya baca,

sejauh ini saya menarik kesimpulan bahwa, jawaban tentang hal itu bisa dikatakan mempunyai 2 opsi, yaitu :

*bisa boleh, dan bisa tidak (tergantung sikonnya)

bisa menjadi boleh, jika tidak ada saudara seiman yang secara nyata, menyatakan keberatanya

bisa menjadi tidak boleh, apabila ada saudara seiman yang secara nyata menyatakan keberatanya

(ini tentang boleh tidaknya memakan makanan yang telah dipersembahkan pada berhala)

NB:
dan jika dalam situasi yang sudah tergolong boleh,
maka makanlah dengan tidak bimbang,
namun sebelum itu,
berdoalah dulu untuk mensuci dan kuduskan makanan itu dengan Darah Yesus.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6038
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Intoleransi Kristen terhadap Kebudayaan Tiongkok: Makanan Sembahyangan Dilarang untuk Dimakan Atas Dasar Dipersembahkan Kepada Berhala

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik