FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

[ask] bagaimana hukumnya wanita yang sedang haid masuk ke masjid?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

[ask] bagaimana hukumnya wanita yang sedang haid masuk ke masjid?

Post by fathimah on Sat May 25, 2013 3:49 pm



Bagaimana hukumnya wanita yang sedang haidh masuk masjid untuk suatu keperluan, misalnya mengikuti taklim? Sementara ada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, bahwa Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya aku tidak menghalalkan masjid kepada wanita yang haidh dan orang yang junub.”

fathimah
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Female
Posts : 2
Kepercayaan : Islam
Location : bekasi
Join date : 25.05.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ask] bagaimana hukumnya wanita yang sedang haid masuk ke masjid?

Post by EbisuSensei on Sat May 25, 2013 4:00 pm

@fathimah wrote:

Bagaimana hukumnya wanita yang sedang haidh masuk masjid untuk suatu keperluan, misalnya mengikuti taklim? Sementara ada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, bahwa Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya aku tidak menghalalkan masjid kepada wanita yang haidh dan orang yang junub.”
Kalau dalam kondisi terdesak, misalkan ada bencana dan tempat yang paling aman adalah masjid, saya kira nggak apa2.
Atau kalau hanya sekedar lewat, dan bukan berniat untuk ibadah, saya kira juga nggak apa2.

CMIIW...................... piss

Sebagai referensi:
http://www.rumahfiqih.com/ust/e2.php?id=1351741245
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ask] bagaimana hukumnya wanita yang sedang haid masuk ke masjid?

Post by fathimah on Sat May 25, 2013 4:03 pm

@EbisuSensei wrote:
@fathimah wrote:

Bagaimana hukumnya wanita yang sedang haidh masuk masjid untuk suatu keperluan, misalnya mengikuti taklim? Sementara ada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, bahwa Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya aku tidak menghalalkan masjid kepada wanita yang haidh dan orang yang junub.”
Kalau dalam kondisi terdesak, misalkan ada bencana dan tempat yang paling aman adalah masjid, saya kira nggak apa2.
Atau kalau hanya sekedar lewat, dan bukan berniat untuk ibadah, saya kira juga nggak apa2.

CMIIW...................... piss

Sebagai referensi:
http://www.rumahfiqih.com/ust/e2.php?id=1351741245

bagaimana dengan mengajar mengaji misalnya?

fathimah
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Female
Posts : 2
Kepercayaan : Islam
Location : bekasi
Join date : 25.05.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ask] bagaimana hukumnya wanita yang sedang haid masuk ke masjid?

Post by EbisuSensei on Sat May 25, 2013 4:10 pm

Mengaji itu kan ibadah ya? Yaitu membaca Al Quran.
Apakah tidak lebih baik dihindari saja.

Maksud dihindari, yang dihindari adalah beribadah di masjid.

Ini referensinya:
http://agatsy.blogspot.com/2012/06/hadis-larangan-membaca-al-quran-bagi.html


Terakhir diubah oleh EbisuSensei tanggal Sat May 25, 2013 4:21 pm, total 1 kali diubah
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ask] bagaimana hukumnya wanita yang sedang haid masuk ke masjid?

Post by EbisuSensei on Sat May 25, 2013 4:15 pm

Ini yang saya dapatkan dari sumber lain:
Larangan kelima: Menyentuh mushaf Al Qur’an

Orang yang berhadats (hadats besar atau hadats kecil) tidak boleh menyentuh mushaf seluruh atau sebagiannya. Inilah pendapat para ulama empat madzhab. Dalil dari hal ini adalah firman Allah Ta’ala,

لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُونَ

“Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan” (QS. Al Waqi’ah: 79)

Begitu pula sabda Nabi ‘alaihish sholaatu was salaam,

لاَ تَمُسُّ القُرْآن إِلاَّ وَأَنْتَ طَاهِرٌ

“Tidak boleh menyentuh Al Qur’an kecuali engkau dalam keadaan suci.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, beliau mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Bagaimana dengan membaca Al Qur’an? Para ulama empat madzhab sepakat bolehnya membaca Al Qur’an bagi orang yang berhadats baik hadats besar maupun kecil selama tidak menyentuhnya.

Syaikh Ibnu Baz rahimahullah berkata, “Diperbolehkan bagi wanita haid dan nifas untuk membaca Al Qur’an menurut pendapat ulama yang paling kuat. Alasannya, karena tidak ada dalil yang melarang hal ini. Namun, seharusnya membaca Al Qur’an tersebut tidak sampai menyentuh mushaf Al Qur’an. Kalau memang mau menyentuh Al Qur’an, maka seharusnya dengan menggunakan pembatas seperti kain yang suci dan semacamnya (bisa juga dengan sarung tangan, pen). Demikian pula untuk menulis Al Qur’an di kertas ketika hajat (dibutuhkan), maka diperbolehkan dengan menggunakan pembatas seperti kain tadi.” (Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 10: 209-210)


Dari artikel 'Larangan Bagi Wanita Haid — Muslim.Or.Id'
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ask] bagaimana hukumnya wanita yang sedang haid masuk ke masjid?

Post by abu hanan on Sat May 25, 2013 4:17 pm

nih baru keren..ada orang tanya tapi dijawab pake link..emang sayah?jawab dulu tapi referensi/dalil nyusul?
qiqiqi..lucu nih om ebi hahaha

kalow ada bus kota salah jalur mbok yah jangan digusur dengan odong2 dong..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: [ask] bagaimana hukumnya wanita yang sedang haid masuk ke masjid?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik