FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

10 Kudeta yang diduga dibekingi CIA di seluruh dunia

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

10 Kudeta yang diduga dibekingi CIA di seluruh dunia

Post by Penyaran on Thu Jun 06, 2013 6:32 pm

Penggulingan rezim pemerintahan selalu terjadi di tiap negara. Baik dengan cara bijak, maupun cara ekstrem seperti kudeta atau pemberontakan. Tak sedikit, penggulingan rezim pada akhirnya menjadi tungganggan politik oleh pihak tertentu, termasuk negara lain.

Sepanjang sejarah, Pemerintah Amerika Serikat melalui Badan Intelijen Pusat (CIA) banyak terlibat pada upaya pergantian rezim negara lain. Seperti pendanaan, pelatihan kelompok pemberontak, maupun bantuan langsung militer.

Berikut 10 penggulingan rezim di negara-negara yang dibekingi CIA:

1. Keruntuhan rezin komunis Eropa Timur dan Uni Soviet

Sejak 1944, jejak CIA sudah terlihat pada upaya mendukung perlawanan dan pembangkangan kepada rezim komunis di Eropa Timur dan Uni Soviet. Salah satu buktinya adalah operasi Contraspionase, dan ditemukannya manifes terpisah berisi catatan kontribusi jatuhnya rezim Soviet.

Keberhasilan campur tangan AS terlihat dari berbaliknya dasar pemerintahan Eropa Timur dan Uni Soviet, dari komunis menjadi kapitalis. Dan masuknya negara-negara dalam dua kawasan itu sebagai anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

2. Kudeta Suriah 1949

Tidak lama setelah menjadi republik merdeka pada 1946, kondisi politik Suriah kembali bergejolak. Puncaknya pada 1949 ketika Kepala Staf Angkatan Darat Husni al-Za'im memimpin kudeta, hingga mengakhiri masa awal pemerintahan sipil.

Sebelum kudeta, Za'im diberitakan bertemu dengan CIA sedikitnya enam kali. Za'im membahas rencana pemberontakan tersebut, termasuk kesepakatan kucuran dana, dan fasilitas militer untuk memudahkan kudeta.

Kedekatan CIA dengan Za'im terbukti ketika dia berhasil mengudeta, kebijakan yang dibuatnya ketara berpihak pada AS. Seperti menyetujui penggarapan jaringan pipa trans-Arab (Tapline), sebuah proyek Amerika dirancang untuk mengangkut minyak Saudi Arabia ke pelabuhan Mediterania.

3. Irak 1960

Usai dikudeta, AS merencanakan pembunuhan pemimpin diktator Abd al-Karim Qashim. Kedekatan Qashim dengan partai komunis membuat gerah AS, hingga akhirnya CIA membuat skenario pembunuhan.

Meski waktu itu Qashim sudah menjadi tahanan pemerintah, namun CIA merasa takut pada pergerakan Qasim. Melalui operasi khusus 'melumpuhkan', CIA berhasil membuat Qasim tidak berdaya, sebelum akhirnya di eksekusi oleh regu tembak pada delapan Februari 1963.

4. Republik Dominika 1961

Berdasarkan bukti yang masih tersisa, keterlibatan CIA pada upaya penggulingan kekuasaan diktator Rafael Trujillo pada 30 Mei 1961.

Tidak hanya berdialog dengan pihak pemberontak, CIA juga menyokong beberapa keperluan selama perebutan kekuasaan. Seperti dana hingga sarana militer.

5. Skenario pembunuhan diktator Ngo Dinh Diem, Vietnam Selatan

Peristiwa itu terjadi pada 1963, tepatnya saat Duta Besar AS untuk Vietnam Selatan Henry Cabot Lodge, Jr enggan bertemu dengan diktator Ngo Dinh Diem, setelah Henry mengetahui rencana pembunuhan tersebut.

CIA memberikan bantuan dana senilai USD 40.000 dan jaminan keamanan kepada Jenderal Duong Van Minh untuk memimpin pemberontakan.

Pada 1 November 1963, Diem dikepung para pemberontak di istana presiden. Diem yang hanya mendapatkan perlindungan dari saudara-saudaranya, mencoba meloloskan diri melalui terowongan bawah tanah yang dibangunnya. Namun nahas, Diem akhirnya berhasil ditangkap, dia dihujam bayonet dan tembakan revolver.

6. Pembunuhan presiden terpilih secara demokratis di Brasil

CIA berperan besar pada keberhasilan pembunuhan Presiden Brasil Joao Goulart, Maret 1964. Diduga, kedekatan Goulart dengan tokoh komunis, menjadi alasan utama AS membunuhnya.

Dalam transkip komunikasi rahasia antara duta besar AS untuk Brasil Lincoln Gordon, dan pemerintah AS waktu itu menunjukkan jika AS menginstruksikan untuk berperang habis-habisan. AS juga memberikan segala keperluan logistik selama pemberontakan.

7. Kudeta presiden pertama Ghana 1966

Kwame Nkrumah, presiden terpilih secara demokratis pertama Ghana merupakan sosok yang berandil besar membantu Ghana memperoleh kemerdekaan dari penjajahan Inggris. Saat memimpin, Kwame menganjurkan penerapan perspektif non-aligned ekonomi Marxis.

Namun gaya kepemimpinan Kwame tersebut, mendatangkan ketidaksukaan AS. Ujungnya, saat Kwame melakukan kunjungan kenegaraan pada Februari 1966, pemerintahannya digulingkan dalam kudeta militer yang dipimpin Emmanuel Kwasi Kotoka.

8. Jakarta Operation

Permusuhan AS kepada presiden sosialis Cile terpilih Salvador Allende, berujung pada kudeta konstitusi yang menumbangkan dirinya.

Dalam dokumen declassified selama pemerintahan Clinton, CIA berperan sebagai agen yang mencegah terbentuknya pemerintah Marxis, dengan menyebarkan propaganda anti-Allende. Alhasil, kongres Cile membatalkan pengangkatan Allende dan melakukan pemilihan ulang.

9. Argentina 1976

Pemerintah yang terpilih secara demokratis, Isabel Martinez de Peron berhasil digulingkan dalam kudeta militer pada Maret 1976. Dalam penggulingan tersebut, tercatat 600 orang hilang.

Delapan hari sebelum kudeta, Kepala Angkatan Laut Argentina yang juga pemimpin kudeta Laksamana Emilio Eduardo Massera mendatangi kepada Duta Besar AS untuk Argentina Robert Hill. Kedatangannya terkait rencana kudeta yang akan dilakukannya.

10. Kudeta Turki 1980

AS berperan besar pada kudeta militer 12 September tahun 1980 di Turki. Hal itu terbukti dengan pengerahan 3.000 tentara Amerika bergerak ke pusat pemerintahan Turki, tiga hari sebelum kudeta. CIA mengakui kudeta itu merupakan bagian dari rencananya merebut kekuasaan waktu itu.

http://www.merdeka.com/dunia/10-kudeta-yang-diduga-dibekingi-cia-di-seluruh-dunia/kudeta-turki-1980.html

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik