FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

View previous topic View next topic Go down

solved Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by JN-SeJenis Tomat on Wed Nov 30, 2011 2:21 am

Hantu,,,???? Roh/Arwah gentayangan,,,???

benarkah kalo orang mati itu rohnya bisa gentayangan jadi hantu,,,???

mungkin kita sering mendengar bahwa katanya ada orang yang bisa manggil roh/arwah orang yang sudah meninggal dan di ajak komunikasi melalui seorang mediator yang dirasuki oleh roh/arwah orang yang sudah meninggl tersebut,,,

bagai mana pandangan sodara/i sekalian dalam menyikapi dan menjelaskan perkara ini,,!?

mohon kesediaannya untuk berbagi ilmu,,,,



thread ini sih tergolong tanya jawab namun coz agak-agak mistis dikit,,, jadi saya jeblosin disini aja,,,

JN-SeJenis Tomat
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Age: 24
Posts: 250
Location: SumSel
Join date: 2011-11-14

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by Admin on Wed Nov 30, 2011 10:41 pm

Arwah secara etimologi adalah bentuk jamak dari roh. Roh secara terminologi adalah makhluk Allah yang diciptakan Allah. Roh adalah unsur terpenting pada manusia setelah jasab sebagai sumber penggerak kehidupan. Dengan roh manusia bisa hidup beraktivitas di dunia dan tanpa roh manusia meninggalkan aktivitas dunia menuju alam kubur.

Roh ini merupakan suatu subtansial yang mempunyai kesadaran terhadap dirinya dan lingkunganya karenanya, ketika roh itu ditiupkan Allah ke janin seorang anak dalam kandungan ibunya ia manpu berbicara di hadapan Allah SWT. Hal ini disebutkan dalam Al Qur'an.
“maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya roh-Ku....” (QS:al-Hijr:29)
“dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman), ‘bukanlah Aku tuhanmu?’ mereka menjawab, ’betul (Engkau tuhan kami), kami menjadi saksi...” (QS:al-A’raaf:172)

Roh merupakan sumber energi kehidupan jasad manusia. Jika roh bersatu dengan jasad, maka jasad menjadi hidup. Apabila roh meninggalkan jasad, maka jasad itu akan mati. Roh merupakan benar-benar rahasia Allah SWT yang hanya sedikit manusia diberikan pengetahuanya.



JN-SeJenis Tomat wrote:Hantu,,,???? Roh/Arwah gentayangan,,,???

benarkah kalo orang mati itu rohnya bisa gentayangan jadi hantu,,,???

mungkin
kita sering mendengar bahwa katanya ada orang yang bisa manggil
roh/arwah orang yang sudah meninggal dan di ajak komunikasi melalui
seorang mediator yang dirasuki oleh roh/arwah orang yang sudah meninggl
tersebut,,,

bagai mana pandangan sodara/i sekalian dalam menyikapi dan menjelaskan perkara ini,,!?

mohon kesediaannya untuk berbagi ilmu,,,,



thread ini sih tergolong tanya jawab namun coz agak-agak mistis dikit,,, jadi saya jeblosin disini aja,,,

Dimulai dari sini saja dulu...

ارْجِعُونِ
لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ
قَائِلُهَا وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُون

..Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding [Barzakh] sampai hari mereka dibangkitkan. (QS. Al Mu’minun : 99-100)

lanjoet..

Admin
Administrator
Administrator

Total Like dan Thanks: 46
Male
Posts: 1051
Location: Tanah Melayu
Join date: 2011-08-03

http://www.laskarislam.com

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by JN-SeJenis Tomat on Thu Dec 01, 2011 1:40 am



itu artinya kalo manusia mati rohnya g gentayangan donk,,,,

tp aneh lho,,, kok ada yang sering bersaksi bahwa dia perna melihat penampakan si pulan,,, atau katanya dia bisa memanggil roh si pulan,,,

siapakah yang menampakan diri tersebut,,,?
dan benarkah mahluk ghoib itu bisa dilihat,,,!?

mari kita kupas secara perlahan-lahan,,,

JN-SeJenis Tomat
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Age: 24
Posts: 250
Location: SumSel
Join date: 2011-11-14

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by Admin on Tue Jan 17, 2012 12:47 pm

JN-SeJenis Tomat wrote:

itu artinya kalo manusia mati rohnya g gentayangan donk,,,,

tp aneh lho,,, kok ada yang sering bersaksi bahwa dia perna melihat penampakan si pulan,,, atau katanya dia bisa memanggil roh si pulan,,,

siapakah yang menampakan diri tersebut,,,?
dan benarkah mahluk ghoib itu bisa dilihat,,,!?

mari kita kupas secara perlahan-lahan,,,
Kalau penampakan langsung (di Dunia Nyata), saya masih meragukan bahwa itu benar2 sosok ruh orang yang telah meninggal/telah dikuburkan misalnya... karena yg seperti itu adalah pekerjaannya Jin dan dengan tujuan2 tertentu Bangsa Jin tersebut melakukannya..
Tetapi jikalau melalui Mimpi, itu bisa saja terjadi, maka simak-lah bacaan berikut ini..





اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَى إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ


Artinya : “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; Maka dia tahanlah jiwa (orang) yang telah dia tetapkan kematiannya dan dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.” (QS. Az Zumar : 42)


Ibnu Qoyyim menyebutkan riwaayat dari Ibnu Abbas tentang ayat ini, dia,”Telah sampai kepadaku bahwa roh orang-orang yang masih hidup dan roh orang-orang yang sudah mati bisa bertemu didalam mimpi. Mereka saling bertanya lalu Allah swt menahan roh orang-orang yang sudah mati dan melepaskan roh orang-orang yang masih hidup menemui jasadnya.”

Ibnu Abi Hatim didalam tafsirnya menyebutkan riwayat dari as Suddiy tentang makna firman Allah swt “dan jiwa yang belum mati di waktu tidurnya” (lihat terjemahan diatas) adalah mematikannya saat tidurnya lalu roh orang yang masih hidup bertemu dengan roh orang yang sudah mati dan mereka saling berbincang, berkenalan.
Dia mengatakan,”lalu roh orang yang masih hidup dikembalikan kepada jasadnya di dunia hingga sisa waktu yang telah ditentukan sementara itu roh orang yang sudah mati menginginkan kembali ke jasadnya namun dia tertahan.”

Bukti pertemuan antara roh orang-orang yang masih hidup dengan roh orang-orang yang sudah mati adalah bahwa orang yang masih hidup dapat melihat orang yang sudah mati didalam tidurnya. Orang yang masih hidup itu meminta informasi darinya lalu orang yang sudah mati itu memberitahukan kepadanya tentang apa-apa yang tidak diketahui oleh orang yang masih hidup sehingga menjadi sebuah informasi seperti tentang masa lalu dan yang akan datang. Terkadang dia memberitahukan kepadanya tentang harta yang dikuburnya di suatu tempat mati yang tidak diketahui kecuali oleh dirinya atau barangkali dia memberitahu kepadanya tentang utangnya dan menyebutkan bukti-buktinya.

Yang lebih jelas lagi misalnya berupa pemberitahuan tentang amal yang telah dikerjakannya yang tidak dilihat oleh seorang pun di alam atau pemberitahuan bahwa anda akan mendatangi kami pada waktu ini dan itu dan akan terjadi seperti apa yang diberitahukannya atau pemberitahuan tentang perkara-perkara yang tidak diketahui kecuali dirinya (orang yang sudah meninggal)

Said bin al Musayyib mengatakan bahwa Abdullah bin Salam telah bertemu dengan Salman al Farisiy. Salah seorang dari mereka berdua mengatakan kepada yang lainnya,”Jika kamu meninggal sebelumku maka temuilah aku dan beritahukan kepadaku tentang apa yang kamu dapati dari Tuhanmu dan jika aku meninggal sebelum dirimu maka aku akan menemuimu dan memberitahukanmu (tentangnya).” Sementara itu yang lainnya mengatakan,”Apakah orang-orang yang sudah mati dapat bertemu dengan orang-orang yang masih hidup?” dia berkata,”Ya. Roh-roh mereka di surga bepergian sekehendaknya.”

Al Abbas bin Abdul Muthalib mengatakan,”Aku sangat ingin bermimpi bertemu Umar didalam tidurku dan aku tidak pernah dimimpikannya hingga mendekati waktu setahun aku melihatnya mengusap keringat dari dahinya dan mengatakan,’Ini adalah masa senggangku, hampir-hampir singgasanaku roboh jika aku tidak bertemu Yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

Abdullah bin Umar bin Abdul Aziz mengatakan,”Aku telah melihat ayahku didalam tidur setelah kematiannya seakan-akan dia berada di sebuah taman dan memberikan apel-apel kepadaku maka aku pun mengambil salah satunya! Aku bertanya,”Amal apa yang engkau dapati paling utama?’ ayahku menjawab,”Istighfar.” (ar Ruh hal 20 – 22)

Adapun semisal kejadian tentang roh dari orang-orang yang sudah mati memasuki jasad dari orang yang masih hidup lalu melakukan kegiatan sebagaimana layaknya orang yang masih hidup seperti berbincang-bincang, bercerita dan sebagainya maka hal ini tidaklah ada kaitannya dengan roh dari orang-orang yang sudah mati itu. Akan tetapi itu semua adalah tipu daya yang dilakukan oleh jin yang memasuki jasad orang yang masih hidup tersebut.

Jin itu merasuki tubuh seseorang dan berpura-pura seolah-olah dirinya adalah ayah dari yang pemilik tubuh yang dirasuki, ibunya, seorang ulama atau seorang shaleh yang sudah meninggal dan berbicara untuk menyesatkan manusia...


Wallahu A’lam

Admin
Administrator
Administrator

Total Like dan Thanks: 46
Male
Posts: 1051
Location: Tanah Melayu
Join date: 2011-08-03

http://www.laskarislam.com

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by bahdar on Tue Jan 17, 2012 1:10 pm

Admin wrote:
JN-SeJenis Tomat wrote:

itu artinya kalo manusia mati rohnya g gentayangan donk,,,,

tp aneh lho,,, kok ada yang sering bersaksi bahwa dia perna melihat penampakan si pulan,,, atau katanya dia bisa memanggil roh si pulan,,,

siapakah yang menampakan diri tersebut,,,?
dan benarkah mahluk ghoib itu bisa dilihat,,,!?

mari kita kupas secara perlahan-lahan,,,
Kalau penampakan langsung (di Dunia Nyata), saya masih meragukan bahwa itu benar2 sosok ruh orang yang telah meninggal/telah dikuburkan misalnya... karena yg seperti itu adalah pekerjaannya Jin dan dengan tujuan2 tertentu Bangsa Jin tersebut melakukannya..
Tetapi jikalau melalui Mimpi, itu bisa saja terjadi, maka simak-lah bacaan berikut ini..

setuju..sebab dalam QS. Al Mu’minun : 99-100 daiatas sudah dijelasken bahwa roh orang yang sudah wafat tidak akan bakalan balik lagi ke dunia atau bumi atau dunia nyata dengan alasan apapun kerana ada dinding penghalang yg menghalangi roh2 tersebut..tetapi jika roh orng yang tidur yg lalu bertemu dengn roh orang yg mati itu juga banyak kasus dan saya rasa itu benar adanya sesuai pemaparan bang Mimin diatas..
nice info

bahdar
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Posts: 241
Join date: 2011-12-23

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by JN-SeJenis Tomat on Wed Jan 18, 2012 5:37 pm

bentar,,,, bentar,,,

ini bukan masalah kerasukan ato kesambet,,,

ini masalah penampakan,,??nah itukan sudah pasti ulah jin,,, yang jadi masalahnya adalah,,,

Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan
sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia
menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada
keduanya 'auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat
kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.
Sesungguhnya
Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi
orang-orang yang tidak beriman.
[Qs. Al A'raaf 27]


siapakah yang menampakan diri tersebut,,,?
dan benarkah mahluk ghoib itu bisa dilihat,,,!?

ini saya perna nonton acara tv katanya dengan modal Qs. 7:27 diatas katanya kalo ada orang Islam yang bersaksi perna melihat makhluk gaib Islamnya mesti dipertanyakan,,,???

bagaimanakah kita menyikapinya,,????

JN-SeJenis Tomat
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Age: 24
Posts: 250
Location: SumSel
Join date: 2011-11-14

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by abu hanan on Wed Jan 18, 2012 6:14 pm

JN-SeJenis Tomat wrote:Hantu,,,???? Roh/Arwah gentayangan,,,???

benarkah kalo orang mati itu rohnya bisa gentayangan jadi hantu,,,???

mungkin kita sering mendengar bahwa katanya ada orang yang bisa manggil roh/arwah orang yang sudah meninggal dan di ajak komunikasi melalui seorang mediator yang dirasuki oleh roh/arwah orang yang sudah meninggl tersebut,,,

bagai mana pandangan sodara/i sekalian dalam menyikapi dan menjelaskan perkara ini,,!?

mohon kesediaannya untuk berbagi ilmu,,,,



thread ini sih tergolong tanya jawab namun coz agak-agak mistis dikit,,, jadi saya jeblosin disini aja,,,
pro mimin deh...adah satuh ayat yg ngebahas ituh bahwah pintu tebal antara barzah dan nyatah ituh adah.
dimana ya?



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas

abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Total Like dan Thanks: 152
Male
Age: 80
Posts: 6732
Location: soerabaia
Job/hobbies: Menyebarkan Monotheism dan memberangus berhala
Humor: hari terpanjang adalah hariseninsampaiseninlagi
Join date: 2011-10-06

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by JN-SeJenis Tomat on Wed Jan 18, 2012 6:44 pm

abu hanan wrote:
JN-SeJenis Tomat wrote:Hantu,,,???? Roh/Arwah gentayangan,,,???

benarkah kalo orang mati itu rohnya bisa gentayangan jadi hantu,,,???

mungkin kita sering mendengar bahwa katanya ada orang yang bisa manggil roh/arwah orang yang sudah meninggal dan di ajak komunikasi melalui seorang mediator yang dirasuki oleh roh/arwah orang yang sudah meninggl tersebut,,,

bagai mana pandangan sodara/i sekalian dalam menyikapi dan menjelaskan perkara ini,,!?

mohon kesediaannya untuk berbagi ilmu,,,,



thread ini sih tergolong tanya jawab namun coz agak-agak mistis dikit,,, jadi saya jeblosin disini aja,,,
pro mimin deh...adah satuh ayat yg ngebahas ituh bahwah pintu tebal antara barzah dan nyatah ituh adah.
dimana ya?

lho jadi bigi mane donk,,,???
ntu dedemit jejadian atau jin malirupa ato beneran roh orang yang da koit,,,
kok tambah senbewawuttt aja neh,,,


eh,,, gimana neh soal nyang satu ini

Ibn Mas’ud menceritakan, Rasululloh Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, bersabda yang artinya: “Tidaklah salahseorang dari kalian melainkan ada pendampingnya dari golongan jin.” Mereka bertanya, “Juga padamu, ya Rasulullah?” “Ya, juga bagiku,
hanya saja aku telah mendapat perlindungan dari Allah sehingga aku selamat. Ia tidak memerintahkan aku kecuali kebaikan.”
(HR Muslim).

JN-SeJenis Tomat
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Age: 24
Posts: 250
Location: SumSel
Join date: 2011-11-14

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by islam pasti jaya on Wed Jan 18, 2012 6:52 pm

JN-SeJenis Tomat wrote:
abu hanan wrote:
JN-SeJenis Tomat wrote:Hantu,,,???? Roh/Arwah gentayangan,,,???

benarkah kalo orang mati itu rohnya bisa gentayangan jadi hantu,,,???

mungkin kita sering mendengar bahwa katanya ada orang yang bisa manggil roh/arwah orang yang sudah meninggal dan di ajak komunikasi melalui seorang mediator yang dirasuki oleh roh/arwah orang yang sudah meninggl tersebut,,,

bagai mana pandangan sodara/i sekalian dalam menyikapi dan menjelaskan perkara ini,,!?

mohon kesediaannya untuk berbagi ilmu,,,,



thread ini sih tergolong tanya jawab namun coz agak-agak mistis dikit,,, jadi saya jeblosin disini aja,,,
pro mimin deh...adah satuh ayat yg ngebahas ituh bahwah pintu tebal antara barzah dan nyatah ituh adah.
dimana ya?

lho jadi bigi mane donk,,,???
ntu dedemit jejadian atau jin malirupa ato beneran roh orang yang da koit,,,
kok tambah senbewawuttt aja neh,,,


eh,,, gimana neh soal nyang satu ini

Ibn Mas’ud menceritakan, Rasululloh Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, bersabda yang artinya: “Tidaklah salahseorang dari kalian melainkan ada pendampingnya dari golongan jin.” Mereka bertanya, “Juga padamu, ya Rasulullah?” “Ya, juga bagiku,
hanya saja aku telah mendapat perlindungan dari Allah sehingga aku selamat. Ia tidak memerintahkan aku kecuali kebaikan.”
(HR Muslim).
bukankah Allah telah memberi izin kepada Iblis (sebngsa Jin) untuk menyesatkan manusia..menurut saya wajar dengan jumlah Jin yang mungkin lebih banyak jumlahnya dari manusia..mereka pasti selalu mendekati dan menyesatkan manusia..
mungkin hal ini yg dimaksudkan bahwa manusia selalu didampingi makhluk dari bangsa Jin..

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 14
Male
Posts: 344
Join date: 2012-01-16

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by Admin on Wed Jan 18, 2012 11:19 pm

JN-SeJenis Tomat wrote:bentar,,,, bentar,,,

ini bukan masalah kerasukan ato kesambet,,,

ini masalah penampakan,,??nah itukan sudah pasti ulah jin,,, yang jadi masalahnya adalah,,,

Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan
sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia
menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada
keduanya 'auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat
kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.
Sesungguhnya
Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi
orang-orang yang tidak beriman.
[Qs. Al A'raaf 27]


siapakah yang menampakan diri tersebut,,,?
dan benarkah mahluk ghoib itu bisa dilihat,,,!?

ini saya perna nonton acara tv katanya dengan modal Qs. 7:27 diatas katanya kalo ada orang Islam yang bersaksi perna melihat makhluk gaib Islamnya mesti dipertanyakan,,,???

bagaimanakah kita menyikapinya,,????

di Thread sebelah saya sudah jawab pertanyaan Bung JN yang ini nih..
Admin wrote:
JN-SeJenis Tomat wrote:2. Apakah Jin memang tidak bisa dilihat merujuk pada Qs. Al A'raf; 27
jika memang silakan kasih pencerahan saya di
http://www.laskarislam.com/t671-hantu-dan-roh-arwah-orang-yang-sudah-meninggal#3445
karena cm ada dua makhluk gaib ciptaan Allah,,, Jin dan Malaikat,,,

QS al-A’raf (7) : 27

(يَابَنِي ءَادَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآتِهِمَا إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ إِنَّا جَعَلْنَا الشَّيَاطِينَ أَوْلِيَاءَ لِلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ(27


Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya `auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman (al-A`raf: 27)

Terhadap ayat di atas terdapat kata setan, yang oleh M. Quraish Shihab terkadang dimaksudkan sebagai Iblis.
]M. Quraish Shihab ketika menafsirkan penggalan ayat:
إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ diartikan: Sesungguhnya ia yakni Iblis dan pengikut pengiutnya atau anak cucunya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Lihat M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol 5 ( Jakarta: Lentera Hati, 2002), Cet I., h. 60]
Tetapi menurut yang lain seperti Moh Rasyid Ridla setan itu dimaksudkan sebagai jin.
]Moh. Rasyid Ridla, Tafsir Al-Manar, Jus VII (Kairo: Dar al-Manar,1367 H), h. 516]
Pendapat demikian ini dapat dikompromikan sehubungan dengan karakteristik jin, karena jin itu sendiri ada yang baik dan yang jahat. Dalam konteks ini maka yang dimaksud dengan setan dalam ayat tersebut dapat dikonotasikan dengan iblis maupun jin yang jahat. Sebab tidak semua jin adalah jahat, tetapi setiap iblis maupun setan adalah jahat.


Mengapa manusia tidak dapat melihat jin, sedangkan jin dapat melihat manusia..???

Sebagaimana telah diketahi bahwa jin yang tercipta dari api dan malaikat yang tercipta dari cahaya adalah makhluk-makhluk halus. Sesuatu yang amat halus dapat menyentuh yang kasar. Tidak sebaliknya. Manusia dapat merasakan kehangatan api dibelakang tembok, karena api lebih halus daripada tanah, sehingga kehangatannya dapat menembus tembok dan dapat dirasakan panasnya. Cahaya dapat menembus kaca, tetapi angin tidak. Hal ini karena tingkat kehalusannya memang berbeda. Sementara ini dapat dikatakan bahwa manusia sebagai makhluk yang kasar tidak akan dapat melihat jin, atau malaikat yang merupakan makhluk halus, namun mereka dapat melihat manusia.

Yang sudah jelas adalah bahwa merujuk QS Al-Mu'minun 99-100, bahwa Roh orang yang telah wafat tidaklah mungkin (tidak diizinkan Allah) untuk kembali ke Alam Dunia sampai kepada Hari seluruh Manusia dibangkitkan..

penampakan (hadirnya) Roh orang yang telah wafat di Alam Dunia/Nyata justru akan bentrok dengan Firman Allah SWT tersebut, jadi kesimpulannya adalah bahwa penampakan sosok yang mirip orang yang telah wafat di Alam Dunia bisa dipastikan adalah ulah Jin/Iblis yg senang menyesatkan manusia...

Admin
Administrator
Administrator

Total Like dan Thanks: 46
Male
Posts: 1051
Location: Tanah Melayu
Join date: 2011-08-03

http://www.laskarislam.com

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by JN-SeJenis Tomat on Wed Jan 18, 2012 11:55 pm

Admin wrote:penampakan (hadirnya)
Roh orang yang telah wafat di Alam Dunia/Nyata justru akan bentrok
dengan Firman Allah SWT
tersebut,


ngomong ngomong soal bentrok,,,
yang berikut ini bentrok g kira kira dengan Qs. Al A'araaf 27,,,,

Admin wrote:
jadi kesimpulannya adalah bahwa
penampakan sosok yang mirip orang yang telah wafat di Alam Dunia bisa
dipastikan adalah ulah Jin/Iblis yg senang menyesatkan manusia...

" ... Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka ... "[Qs. Al A'araaf 27]

JN-SeJenis Tomat
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Age: 24
Posts: 250
Location: SumSel
Join date: 2011-11-14

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by JN-SeJenis Tomat on Thu Jan 19, 2012 12:38 am

menurut Qs. Al Mu'minun 99-100 roh manusia g bakal gentayangan di Bumi,,,,

trus hadis berikut ini kan merujuk kepada jin qarin

Ibn Mas’ud menceritakan, Rasululloh Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, bersabda yang artinya: “Tidaklah salahseorang dari kalian melainkan ada pendampingnya dari golongan jin.” Mereka bertanya, “Juga padamu, ya Rasulullah?” “Ya, juga bagiku, hanya saja aku telah mendapat perlindungan dari Allah sehingga aku selamat. Ia tidak memerintahkan aku kecuali kebaikan.” (HR Muslim).

dalil Al Quran nya ada pada Qs. Qaaf 23-31 (kepanjangan kalo di posting)

ntu jin kan klo kita da off masih hana hini di Bumi,,,,
tentu bukan hal yang sulit buatnya meniru perwujudan baik suara, tingkalaku tulisan dll dari manusia yang dia dampingi,,,,

hanya saja soal penampakannya ini yang sering bikin pro-kontra,,,
bukankah Al Quran juga mengatakan kalo jin g bisa dilihat,,,,

tp jangan sedih dulu,,, pada dasarnya Jin emang Gaib,,,
bukan berarti g bisa dilihat betulan,,,

tu foto foto penampakan bigimane,,???
kasihan tu Jin dah be fose abis abisan eh g di gubris,,,,

JN-SeJenis Tomat
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Age: 24
Posts: 250
Location: SumSel
Join date: 2011-11-14

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by Jagona on Thu Jan 19, 2012 10:55 am

Hantu jangan disamakan dengan Roh/Arwah orang yang sudah mati.
Hantu, adalah Jin ataupun Iblis yang menipu indra manusia sesuai dengan yang diinginkan. Jin ataupun Iblis bukan makhluk Ghaib, tetapi abstrak.

Roh/Arwah adalah makhluk Ghaib. Kemana Roh setelah meninggalkan jasadnya ?. Jawabannya QS. 39;42

QS. 39;42 : “Allah mengangkatkan (kesadaran) suatu diri ketika matinya dan diri yang belum mati di waktu tidurnya; Maka DIA tahanlah kesadaran diri yang telah DIA tetapkan kematiannya dan DIA kirimkan kembali kesadaran (orang tidur) yang lain sampai pada ajal (ketetapan) tertentu. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.” :lkj:

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 17
Male
Age: 67
Posts: 3637
Location: Banten
Job/hobbies: baca-baca, jalan-jalan
Humor: ketawalah sebelum ketawa dilarang
Join date: 2012-01-08

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by Admin on Mon Feb 20, 2012 10:27 pm

JN-SeJenis Tomat wrote:
Admin wrote:penampakan (hadirnya)
Roh orang yang telah wafat di Alam Dunia/Nyata justru akan bentrok
dengan Firman Allah SWT
tersebut,


ngomong ngomong soal bentrok,,,
yang berikut ini bentrok g kira kira dengan Qs. Al A'araaf 27,,,,

Admin wrote:
jadi kesimpulannya adalah bahwa
penampakan sosok yang mirip orang yang telah wafat di Alam Dunia bisa
dipastikan adalah ulah Jin/Iblis yg senang menyesatkan manusia...

" ... Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka ... "[Qs. Al A'araaf 27]

ada suatu pengkhususan yg diberikan oleh Allah SWT kepada bangsa Jin, yaitu dapat mengubah bentuk/menampakkan diri kepada manusia..

"Syetan memperlihatkan wujud (diri)nya ketika aku salat, namun atas pertolongan Allah, aku dapat mencekiknya hingga kurasakan dingin air liurnya di tanganku. Kalau bukan karena doa saudaraku Nabi Sulaiman, pasti kubunuh dia."
(HR Bukhari).


Misalnya lagi jin kafir (syetan) pernah menampakkan diri dalam wujud orang tua kepada kaum Quraisy sebanyak dua kali.
Pertama, ketika suku Quraisy berkonspirasi untuk membunuh Nabi Muhammad SAW di Makkah. Kedua, dalam perang Badr pada tahun kedua Hijriah...

Admin
Administrator
Administrator

Total Like dan Thanks: 46
Male
Posts: 1051
Location: Tanah Melayu
Join date: 2011-08-03

http://www.laskarislam.com

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by JN-SeJenis Tomat on Fri Apr 06, 2012 8:46 pm

Jagona wrote:Hantu jangan disamakan dengan Roh/Arwah orang yang sudah mati.
Hantu, adalah Jin ataupun Iblis yang menipu indra manusia sesuai dengan yang diinginkan. Jin ataupun Iblis bukan makhluk Ghaib, tetapi abstrak.

Roh/Arwah adalah makhluk Ghaib. Kemana Roh setelah meninggalkan jasadnya ?. Jawabannya QS. 39;42

QS. 39;42 : “Allah mengangkatkan (kesadaran) suatu diri ketika matinya dan diri yang belum mati di waktu tidurnya; Maka DIA tahanlah kesadaran diri yang telah DIA tetapkan kematiannya dan DIA kirimkan kembali kesadaran (orang tidur) yang lain sampai pada ajal (ketetapan) tertentu. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.”

hihihi,,,,
terima kasih atas waktunya,,,
coba simak lagi diskusi saya dengan bang admin dari awal,,,,

JN-SeJenis Tomat
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Age: 24
Posts: 250
Location: SumSel
Join date: 2011-11-14

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by JN-SeJenis Tomat on Fri Apr 06, 2012 9:10 pm

Admin wrote:
ada suatu pengkhususan yg diberikan oleh Allah SWT kepada bangsa Jin, yaitu dapat mengubah bentuk/menampakkan diri kepada manusia..

"Syetan memperlihatkan wujud (diri)nya ketika aku salat, namun atas pertolongan Allah, aku dapat mencekiknya hingga kurasakan dingin air liurnya di tanganku. Kalau bukan karena doa saudaraku Nabi Sulaiman, pasti kubunuh dia."
(HR Bukhari).

Misalnya lagi jin kafir (syetan) pernah menampakkan diri dalam wujud orang tua kepada kaum Quraisy sebanyak dua kali.
Pertama, ketika suku Quraisy berkonspirasi untuk membunuh Nabi Muhammad SAW di Makkah. Kedua, dalam perang Badr pada tahun kedua Hijriah...

nah,,,, gitu donk,,,,
artinya Jin g 100% invisible,,,, walau pada adasarnya emang g bisa dilihat,,,
namun ada kondisi kondisi tertentu dimana they bisa dilihat,,,,,

emmm,,,
jadi pigimane nehhh,,, tentang Jin yang ngaku Muslim kek di acara TV,,,
ngajarin Islam trus ngaku kalo beliau adalah Si Pulan yang telah wafat sekian abad namun tetap exis di bumi katanya buat nyebarin Islam,,?? nah loee,,,???

bernarkah demikian,,,,??

JN-SeJenis Tomat
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Age: 24
Posts: 250
Location: SumSel
Join date: 2011-11-14

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by abu hanan on Mon Apr 09, 2012 1:54 pm

JN-SeJenis Tomat wrote:
Admin wrote:
ada suatu pengkhususan yg diberikan oleh Allah SWT kepada bangsa Jin, yaitu dapat mengubah bentuk/menampakkan diri kepada manusia..

"Syetan memperlihatkan wujud (diri)nya ketika aku salat, namun atas pertolongan Allah, aku dapat mencekiknya hingga kurasakan dingin air liurnya di tanganku. Kalau bukan karena doa saudaraku Nabi Sulaiman, pasti kubunuh dia."
(HR Bukhari).

Misalnya lagi jin kafir (syetan) pernah menampakkan diri dalam wujud orang tua kepada kaum Quraisy sebanyak dua kali.
Pertama, ketika suku Quraisy berkonspirasi untuk membunuh Nabi Muhammad SAW di Makkah. Kedua, dalam perang Badr pada tahun kedua Hijriah...

nah,,,, gitu donk,,,,
artinya Jin g 100% invisible,,,, walau pada adasarnya emang g bisa dilihat,,,
namun ada kondisi kondisi tertentu dimana they bisa dilihat,,,,,

emmm,,,
jadi pigimane nehhh,,, tentang Jin yang ngaku Muslim kek di acara TV,,,
ngajarin Islam trus ngaku kalo beliau adalah Si Pulan yang telah wafat sekian abad namun tetap exis di bumi katanya buat nyebarin Islam,,?? nah loee,,,???

bernarkah demikian,,,,??
setelah seseorang meninggal dunia,uda gak ada jalan buat kembali ke bumi.kalo ada jeeny yg ngaku kalo dia adalah fulan maka tes kebohongan bagi yg menyaksikan.jin dikasi kesempatan hidup lebih lama dari manusia dan dia bisa bercerita kehidupan seharian si fulan karena dia mengamati plus info dari cs sesama jeeny.



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas

abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Total Like dan Thanks: 152
Male
Age: 80
Posts: 6732
Location: soerabaia
Job/hobbies: Menyebarkan Monotheism dan memberangus berhala
Humor: hari terpanjang adalah hariseninsampaiseninlagi
Join date: 2011-10-06

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by JN-SeJenis Tomat on Sat Apr 21, 2012 3:38 pm

abu hanan wrote:
setelah seseorang meninggal dunia,uda gak ada jalan buat kembali ke bumi.kalo ada jeeny yg ngaku kalo dia adalah fulan maka tes kebohongan bagi yg menyaksikan.jin dikasi kesempatan hidup lebih lama dari manusia dan dia bisa bercerita kehidupan seharian si fulan karena dia mengamati plus info dari cs sesama jeeny.

nah,,, ini seru nih,,,

dan besar kemungkinan yang ngaku ngaku itu adalah Jin Qarin si Fulann,,,

JN-SeJenis Tomat
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Age: 24
Posts: 250
Location: SumSel
Join date: 2011-11-14

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by Admin on Sun May 13, 2012 11:39 am

abu hanan wrote:
JN-SeJenis Tomat wrote:
Admin wrote:
ada suatu pengkhususan yg diberikan oleh Allah SWT kepada bangsa Jin, yaitu dapat mengubah bentuk/menampakkan diri kepada manusia..

"Syetan memperlihatkan wujud (diri)nya ketika aku salat, namun atas pertolongan Allah, aku dapat mencekiknya hingga kurasakan dingin air liurnya di tanganku. Kalau bukan karena doa saudaraku Nabi Sulaiman, pasti kubunuh dia."
(HR Bukhari).

Misalnya lagi jin kafir (syetan) pernah menampakkan diri dalam wujud orang tua kepada kaum Quraisy sebanyak dua kali.
Pertama, ketika suku Quraisy berkonspirasi untuk membunuh Nabi Muhammad SAW di Makkah. Kedua, dalam perang Badr pada tahun kedua Hijriah...

nah,,,, gitu donk,,,,
artinya Jin g 100% invisible,,,, walau pada adasarnya emang g bisa dilihat,,,
namun ada kondisi kondisi tertentu dimana they bisa dilihat,,,,,

emmm,,,
jadi pigimane nehhh,,, tentang Jin yang ngaku Muslim kek di acara TV,,,
ngajarin Islam trus ngaku kalo beliau adalah Si Pulan yang telah wafat sekian abad namun tetap exis di bumi katanya buat nyebarin Islam,,?? nah loee,,,???

bernarkah demikian,,,,??
setelah seseorang meninggal dunia,uda gak ada jalan buat kembali ke bumi.kalo ada jeeny yg ngaku kalo dia adalah fulan maka tes kebohongan bagi yg menyaksikan.jin dikasi kesempatan hidup lebih lama dari manusia dan dia bisa bercerita kehidupan seharian si fulan karena dia mengamati plus info dari cs sesama jeeny.

Jadi jangan terlalu mempercayai ya Mbah, terhadap persaksian2 Jin terhadap si Ucok dan si Butet misalnya...

@Pak TS
Jika permasalahan Thread sudah clear, bisa kita lempar ke kamar TopicsSolved

Admin
Administrator
Administrator

Total Like dan Thanks: 46
Male
Posts: 1051
Location: Tanah Melayu
Join date: 2011-08-03

http://www.laskarislam.com

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by LemahTeles on Sun May 13, 2012 2:31 pm

Gw sangat setuju dng QS. AL-MU'MINUN,
'masak arwah orang mati bs balik lagi kedunia/hidup lagi dngan menggunakan raga orang laen?bukankah ntu penyangkalan terhadap kematian!!'
kecuali arwah para nabi allah,wali allah,dan orang2 sholeh yg di beri keistimewaan tersendiri oleh allah.tp kita ga boleh asal percaya klo ada yg ngaku2 arwah para nabi allah,waliallah,dan orang2 sholeh,karna banyak jg golongan jin yg bisa menyerupakan diri sprti mereka,kita di haruskan berhati2 dlm menyikapinya,karna golongan jin(pasukan iblis) sangat lihai dlm menyesatkan manusia.sebagai barometer benar ato salahnya,kita kembalikan pada alquran dan sunah rasul.

Sbgai referensi,baca buku; setan dalam alquran,jin dalam alquran,malaikat dalam alquran.
Oleh m,quraish shihab.

LemahTeles
KOPRAL
KOPRAL

Total Like dan Thanks: 0
Male
Posts: 36
Location: centraljava
Job/hobbies: Reading,googling,n 'mancing,,'
Humor: Segoblok itukah yg 'di anggap sang pencipta' oleh sebagian orang?!!
Join date: 2012-05-12

Back to top Go down

solved Re: Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Post by JN-SeJenis Tomat on Mon Jun 18, 2012 10:03 pm

lama g nimbrung,,,,
banyak urusan di dunia nyata,,,, jd rada kekurangan waktu,,,

wokeyyy saya nyatakan thread closed,,,

sekian dan terima kasih,,,

*** T A M A T ***


ok, SOLVED and locked :ceklis:
Jika ingin membuka kembali Thread ini, silahkan kontak Moderator atau saya sendiri.

By Administrator

JN-SeJenis Tomat
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Age: 24
Posts: 250
Location: SumSel
Join date: 2011-11-14

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum