FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Halaman 3 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Wed Jun 19, 2013 7:05 pm

First topic message reminder :

adakah ayat dalam alquran yang mewajibkan umat muslim untuk melakukan sunat...?

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down


Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by frontline defender on Sat Jun 22, 2013 7:58 pm

sholat mulai diwajibkan sejak seseorang yang berjanji beriman berusia akil baligh, akan tetapi bukan berarti orang yang berjanji beriman beberapa tahun setelah usia akil baligh nya, sholatnya menjadi tidak sah sehingga tidak perlu sholat!

ketiwi
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Sat Jun 22, 2013 8:04 pm

@frontline defender wrote:sholat mulai diwajibkan sejak seseorang yang berjanji beriman berusia akil baligh, akan tetapi bukan berarti orang yang berjanji beriman beberapa tahun setelah usia akil baligh nya, sholatnya menjadi tidak sah sehingga tidak perlu sholat!

ketiwi

maaf.. saya tidak tanya soal sudah akil baliqh atau belum...

ini pertanyaan saya..:
bisa ga ketika anda sholat, anda bilang tak perlu ikut aturan waktu, mau jam brpa aja yang penting dilaksanakan..

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by frontline defender on Sat Jun 22, 2013 8:09 pm

harus ikut aturan, kecuali kalau :
dari Anas bin Malik, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ نَسِيَ صَلَاةً، أَوْ نَامَ عَنْهَا، فَكَفَّارَتُهَا أَنْ يُصَلِّيَهَا إِذَا ذَكَرَهَا
“Barang siapa yang kelupaan shalat atau tertidur sehingga terlewat waktu shalat maka penebusnya adalah dia segera shalat ketika ia ingat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَمَا إِنَّهُ لَيْسَ فِيَّ النَّوْمِ تَفْرِيطٌ، إِنَّمَا التَّفْرِيطُ عَلَى مَنْ لَمْ يُصَلِّ الصَّلَاةَ حَتَّى يَجِيءَ وَقْتُ الصَّلَاةَ الْأُخْرَى، فَمَنْ فَعَلَ ذَلِكَ فَلْيُصَلِّهَا حِينَ يَنْتَبِهُ لَهَا
“Sesungguhnya ketiduran bukan termasuk menyia-nyiakan shalat. Yang disebut menyia-nyiakan shalat adalah mereka yang menunda shalat, hingga masuk waktu shalat berikutnya. Siapa yang ketiduran hingg telat shalat maka hendaknya dia laksanakan ketika bangun…” (HR. Muslim)
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Sat Jun 22, 2013 8:20 pm

@frontline defender wrote:harus ikut aturan, kecuali kalau :
dari Anas bin Malik, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ نَسِيَ صَلَاةً، أَوْ نَامَ عَنْهَا، فَكَفَّارَتُهَا أَنْ يُصَلِّيَهَا إِذَا ذَكَرَهَا
“Barang siapa yang kelupaan shalat atau tertidur sehingga terlewat waktu shalat maka penebusnya adalah dia segera shalat ketika ia ingat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَمَا إِنَّهُ لَيْسَ فِيَّ النَّوْمِ تَفْرِيطٌ، إِنَّمَا التَّفْرِيطُ عَلَى مَنْ لَمْ يُصَلِّ الصَّلَاةَ حَتَّى يَجِيءَ وَقْتُ الصَّلَاةَ الْأُخْرَى، فَمَنْ فَعَلَ ذَلِكَ فَلْيُصَلِّهَا حِينَ يَنْتَبِهُ لَهَا
“Sesungguhnya ketiduran bukan termasuk menyia-nyiakan shalat. Yang disebut menyia-nyiakan shalat adalah mereka yang menunda shalat, hingga masuk waktu shalat berikutnya. Siapa yang ketiduran hingg telat shalat maka hendaknya dia laksanakan ketika bangun…” (HR. Muslim)

itu kata manusia atau kata allah...

kalau anda bilang sholat harus ikut aturan, knp sunat boleh sesuai kehendak ybs..?

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by hamba tuhan on Sat Jun 22, 2013 9:53 pm

@alex77 wrote:
@Elu Ha Ehad wrote:iya nabi Muhammad yang berbicara soal ketetapan dan hadits di jadikan wahyu dan salah satu hukum Islam

kok hadist di jadikan wahyu..? berarti perkataan muhammad adalah wahyu..? sama donk dengan Tuhan...



thread ini udah dijawab oleh temen2 muslim disini... hanya anda aja yg ga bs menerima

قُلْ أَطِيعُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ ۖ فَإِن تَوَلَّوْا فَإِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْكَافِرِينَ
Katakanlah: “Ta’atilah Allah dan Rasul-Nya; Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir”. (QS. 3:32)
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by Elu Ha Ehad on Sat Jun 22, 2013 11:23 pm

Anda yang semakin ngawur lex, buta akan akar kristen sendiri. pelajari kepercayaanmu sendiri yang akar dari semitik Yahudi. Yesus saja bersabda meluruskan soal diperbolehkan bersunat pada hari sabad, yang termasuk sabad besar atau kecil. jangan makan mentah-mentah pengetahuan yang minim.
Kalo Anda membaca kitab nabi-nabi apa hanya membaca aja? kalo Anda termasuk orang yang tidak bersunat maka wajib di lenyapkan.
kalo Anda mempermasalahkan hari, toh banyak juga orang kristen yang di Sunat ketika SD, apa mereka ga baca kitab nabi-nabi?

Nabi Muhammad tidak memaksakan sunat pada hari ke-7, supaya tidak mendatangkan kemadharatan pada anak. Disini Islam meluruskan kembali, dan menunjukkan bahwa Allah maha pengasih dan penyayang.
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Sun Jun 23, 2013 9:45 am

@Elu Ha Ehad wrote:Anda yang semakin ngawur  lex, buta akan akar kristen sendiri. pelajari kepercayaanmu sendiri yang akar dari semitik Yahudi. Yesus saja bersabda meluruskan soal diperbolehkan bersunat pada hari sabad, yang termasuk sabad besar atau kecil. jangan makan mentah-mentah pengetahuan yang minim.
Kalo Anda membaca kitab nabi-nabi apa hanya membaca aja? kalo Anda termasuk orang yang tidak bersunat maka wajib di lenyapkan.
kalo Anda mempermasalahkan hari, toh banyak juga orang kristen yang di Sunat ketika SD, apa mereka ga baca kitab nabi-nabi?

Nabi Muhammad tidak memaksakan sunat pada hari ke-7, supaya tidak mendatangkan kemadharatan pada anak. Disini Islam meluruskan kembali, dan menunjukkan bahwa Allah maha pengasih dan penyayang.

hahahaha...

justru anda yang menerima mentah2 apapun yang di katakan muhammad...
saya tanya apa anda sudah pernah membaca kitab2 nabi sebelumnya..?

coba jadi kan referensi dalam menemukan benar/tidak alquran dan hadist...
toh... umat islam kan juga diwajibkan beriman pada kitab2 nabi..

anda di perintahkan mengikuti Abraham atau yang menurut orang islam Agama Ibrahim,  siapa muhammad sehingga ia bisa merubah ketentuan tersebut... muhammad saja tidak tau perrjanjian tersebut harus dilaksanakan pada hari keberapa.. ntah dari mana bisa muncul hari ke-7...

Kejadian 17:12 Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat
perjanjian ini adalah untuk abraham dan keturunannya..

islam anda anggap menyempurnakan... yang menyempurnakan itu allah islam atau muhammad..?

mengenai yesus yang anda katakan bersabda sunat pada hari sabat, disitu jelas anda tidak mengerti kontek ayat tersebut..
disitu Yesus menegur Orang-orang yahudi menentang yesus yang melakukan pekerjaan pada hari sabat.

Yohanes 7:23
Jikalau seorang menerima sunat pada hari Sabat, supaya jangan melanggar hukum Musa, mengapa kamu marah kepada-Ku, karena Aku menyembuhkan seluruh tubuh seorang manusia pada hari Sabat.

disini saya mempertanyakan sunat dalam islam.. so Jangan OOT...

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by Elu Ha Ehad on Sun Jun 23, 2013 12:17 pm

Jadi: Musa menetapkan supaya kamu bersunat--sebenarnya sunat itu tidak berasal dari Musa, tetapi dari nenek moyang kita--dan kamu menyunat orang pada hari Sabat! (7:22)

Pada hari sabat boleh melakukan sunat dan pada ayat 23 yesus melakukan menyembuhkan orang
Berarti kontra diksi antara kitab kejadian sama ucapan Yesus

Gimana para Yahudi ga marah, Yesus sendiri aja merubah perintah

Pelajai lex akar kristen tersebut

Pertanyaan sunat udah saya jawab, dan Anda muter-muter terus.
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Sun Jun 23, 2013 1:09 pm

@Elu Ha Ehad wrote:Jadi: Musa menetapkan supaya kamu bersunat--sebenarnya sunat itu tidak berasal dari Musa, tetapi dari nenek moyang kita--dan kamu menyunat orang pada hari Sabat! (7:22)

Pada hari sabat boleh melakukan sunat dan pada ayat 23 yesus melakukan menyembuhkan orang
Berarti kontra diksi antara kitab kejadian sama ucapan Yesus

Gimana para Yahudi ga marah, Yesus sendiri aja merubah perintah

Pelajai lex akar kristen tersebut

Pertanyaan sunat udah saya jawab, dan Anda muter-muter terus.

anda yang tidak paham...
Back to topic...

anda yang tidak mampu menjelaskan... anda bilang saya yang mutar2...

anda mengaku perintah sunat anda jalankan sesuai dengan agama ibrahim..
bagaimana perjanjian ibrahim saja anda tidak tau...
bagaimana anda menjalankan sesuatu yang anda tidak tau..

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by SEGOROWEDI on Sun Jun 23, 2013 6:47 pm



@frontline defender wrote:kata siapa Nabi Ibrahim nggak sunat? buktinya apa? jangan ngarang! ehmm

lha mana bukti quran ia disunat?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by Elu Ha Ehad on Tue Jun 25, 2013 9:28 pm

Lex, baca dulu nih
“ Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan”(An Nahl : 123)

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Nabi Ibrahim AS berkhitan setelah berusia delapan puluh tahun dan beliau khitan dengan menggunakan kapak”. [HR. Bukhari juz 7, hal. 143]

Islam memberi tau pokok bahwa wajib sunat. Hadits di atas ketika nabi Ibrahim saat 80tahun diperintah sunat dan itu tanda kewajiban dan juga yang diikuti oleh umat nabi Ibrahim perjanjian ketaataan pada Allah. Islam melanjutkan hal tersebut karena sunat adalah untuk mensucikan.
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Wed Jun 26, 2013 10:44 am

@Elu Ha Ehad wrote:Lex, baca dulu nih
“ Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan”(An Nahl : 123)

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Nabi Ibrahim AS berkhitan setelah berusia delapan puluh tahun dan beliau khitan dengan menggunakan kapak”. [HR. Bukhari juz 7, hal. 143]

Islam memberi tau pokok bahwa wajib sunat. Hadits di atas ketika nabi Ibrahim saat 80tahun diperintah sunat dan itu tanda kewajiban dan juga yang diikuti oleh umat nabi Ibrahim perjanjian ketaataan pada Allah. Islam melanjutkan hal tersebut karena sunat adalah untuk mensucikan.

mengiuti yang bagaimana..?
seharus nya anda tau..
perjanjian sunat nya spt apa...
anda laksanakan, tp anda sendiri engak tau perjanjian sunatnya bagaimana...

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by Elu Ha Ehad on Wed Jun 26, 2013 2:26 pm

Perjanjian sunat Ibrahim dalam Islam adalah wajib untuk kesucian. menurut Hadits Nabi Muhammad sunat itu wajib seperti nabi Ibrahim yang melakukan sunat pada usia 80Tahun atas ketaatan pada Allah, dan hadits lain menjelaskan bahwa sunat itu adalah menjaga kesucian.

Sunat adalah perjanjian yang wajib dilakukan keturunan Ibrahim untuk mensucikan diri dan menjadi hamba Allah.

(Kejadian 17:7) Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 26, 2013 2:33 pm

@Elu Ha Ehad wrote:Lex, baca dulu nih
“ Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan”(An Nahl : 123)

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Nabi Ibrahim AS berkhitan setelah berusia delapan puluh tahun dan beliau khitan dengan menggunakan kapak”. [HR. Bukhari juz 7, hal. 143]

Islam memberi tau pokok bahwa wajib sunat. Hadits di atas ketika nabi Ibrahim saat 80tahun diperintah sunat dan itu tanda kewajiban dan juga yang diikuti oleh umat nabi Ibrahim perjanjian ketaataan pada Allah. Islam melanjutkan hal tersebut karena sunat adalah untuk mensucikan.

tunjukkan bukti: ibrahim versi quran bersunat!!
umur 80 tahun dan pakai kapak

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 26, 2013 2:39 pm

@Elu Ha Ehad wrote:Perjanjian sunat Ibrahim dalam Islam adalah wajib untuk kesucian. menurut Hadits Nabi Muhammad sunat itu wajib seperti nabi Ibrahim yang melakukan sunat pada usia 80Tahun atas ketaatan pada Allah, dan hadits lain menjelaskan bahwa sunat itu adalah menjaga kesucian.

Sunat adalah perjanjian yang wajib dilakukan keturunan Ibrahim untuk mensucikan diri dan menjadi hamba Allah.

(Kejadian 17:7) Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.

kok nyontek alkitab?
tapi mana ada di alkitab alasan menyucikan diri? mana ada alasan menjadi hamba?
mana ada ibrahim sunat umur 80? mana ada ibrahim sunat pakai kapak?

gak ada ibrahim versi quran bersunat
asal nyontek sunatnya abraham di alktab, tapi muhammad tidak tahu alasan/dasar teologi sunatnya


SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Wed Jun 26, 2013 3:06 pm

@Elu Ha Ehad wrote:Perjanjian sunat Ibrahim dalam Islam adalah wajib untuk kesucian. menurut Hadits Nabi Muhammad sunat itu wajib seperti nabi Ibrahim yang melakukan sunat pada usia 80Tahun atas ketaatan pada Allah, dan hadits lain menjelaskan bahwa sunat itu adalah menjaga kesucian.

Sunat adalah perjanjian yang wajib dilakukan keturunan Ibrahim untuk mensucikan diri dan menjadi hamba Allah.

(Kejadian 17:7) Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.

knp anda jd mengutip Alkitab..?
kalaupun anda mengutip ayat alkitab, kenapa anda tidak teruskan sampai ke ayat berikutnya..?

kl anda hanya mengambil Ayat 7, anda hny mengetahui ada perjanjian saja, tp anda tidak mengetahui isi dari perjanjian tersebut...

Kejadian 17:12 Anak yang berumur delapan hari haruslah disunatnapa saya minta anda sesekali untuk membaca kitab2 nabi
supaya anda tau, kebenaran dr perjanjian itu...
itu jg sebabnya kenapa saya tanyakan umur brp anda sunat, benar tidak anda sudah melaksanakan sesuai dengan perjanjian tersebut..

itu belum lagi soal keturunan abraham... tp saya tidak akan membahas ke situ, krn sudah di luar topik..
[color=#ff3333]
[b]Intinya anda di minta mengikuti perjanjian Ibrahim, tp anda sendiri (umat muslim) tidak mengetahui perjanjian itu sebenarnya....



alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 26, 2013 3:08 pm


gak ada perintah sunat di quran
titik

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by satria bergitar on Wed Jun 26, 2013 3:36 pm

@SEGOROWEDI wrote:
gak ada perintah sunat di quran
titik

memang tidak secara eksplisit disebutkan dalam alquran...

tapi secara hukum alquran telah menjelaskan bahwa umat muslim harus mengikuti apa yg diajarkan dan dilakukan oleh ibrahim :

  “Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan” (An Nahl : 123)

    Ikutilah agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan begitu pula dalam (Al quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia. (Surah Al Hajj 78 )

 
bagaimana caranya mengikuti agama ibrahim ???

maka dijelaskanlah oleh nabi muhammad melalui hadist beliau...diantara sekian banyak yaitu diantaranya bertauhid, berqurban dan berkhitan

berikut hadisnya..

"Ibrahim ‘alaihissalam telah berkhitan dengan qadum (nama sebuah alat pemotong) sedangkan beliau berumur 80 tahun . ( HR. Al-Bukhary Muslim )"

"Memelihara kesucian/kebersihan (fitrah) itu ada lima: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memendekkan kumis dan memotong kuku" (H.R. Bukhari Muslim)"

sampai botak pun anda gakkan nemu perintah langsung bersunat dalam AlQuran sebab penjelasannya hanya ada dalam hadis bung ketiwi
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by Elu Ha Ehad on Wed Jun 26, 2013 4:28 pm

Wed, yang dibahas itu sekarang Hadits bukan Quran, Hadits itu wahyu ke-2 setelah Al-Quran.

Alex:
Aku mengutip ayat tersebut bahwa perjanjian Allah dengan nabi Ibrahim adalah supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu. dan sunat adalah syariat-Nya.

Soal hari di Sunat itu Yesus sendiri aja merevisinya, dan Sunat pada hari ke-8 itu adalah budaya turun menurun. toh sekarang atau dari jaman kapan tau banyak orang kristen yang tidak disunat ketika hari ke-8. Islam membesakan bersunat karena Allah maha Pemurah lagi maha penyayang, selama tidak mendatangkan kemadharatan pada anak. sudah aku jeaskan berulang kali.
Pelajari dari akar-nya dulu lex.
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 26, 2013 4:43 pm

@Elu Ha Ehad wrote:Wed, yang dibahas itu sekarang Hadits bukan Quran, Hadits itu wahyu ke-2 setelah Al-Quran.

baca judul tretnya!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 26, 2013 4:48 pm

@satria bergitar wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
gak ada perintah sunat di quran
titik

memang tidak secara eksplisit disebutkan dalam alquran...

tapi secara hukum alquran telah menjelaskan bahwa umat muslim harus mengikuti apa yg diajarkan dan dilakukan oleh ibrahim :

  “Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan” (An Nahl : 123)

    Ikutilah agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan begitu pula dalam (Al quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia. (Surah Al Hajj 78 )

 
bagaimana caranya mengikuti agama ibrahim ???

maka dijelaskanlah oleh nabi muhammad melalui hadist beliau...diantara sekian banyak yaitu diantaranya bertauhid, berqurban dan berkhitan

berikut hadisnya..

"Ibrahim ‘alaihissalam telah berkhitan dengan qadum (nama sebuah alat pemotong) sedangkan beliau berumur 80 tahun . ( HR. Al-Bukhary Muslim )"

"Memelihara kesucian/kebersihan (fitrah) itu ada lima: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memendekkan kumis dan memotong kuku" (H.R. Bukhari Muslim)"

sampai botak pun anda gakkan nemu perintah langsung bersunat dalam AlQuran sebab penjelasannya hanya ada dalam hadis bung ketiwi

yang ditanya itu di quran..
ada/tidak perintah sunat?? kalau ikutan ibrahim, ada/tidak ibrahim di quran sunat??
di quran gak ada ibrahim sunat kok muhammad bisa ngemeng: ibrahim sunat umur 80 dengan kapak
ngarang

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by Elu Ha Ehad on Wed Jun 26, 2013 5:00 pm

ga ngikutin dari awal ya wed?
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 26, 2013 5:01 pm


ada/tidak di quran?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Wed Jun 26, 2013 5:05 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Elu Ha Ehad wrote:Wed, yang dibahas itu sekarang Hadits bukan Quran, Hadits itu wahyu ke-2 setelah Al-Quran.

baca judul tretnya!

pada intinya di Alquran tidak ada perintah sunat

jd umat islam hanya menjalan kan perintah sunat berdasarlkan kata muhammad...

yang muhammad sendiri tidak tau, untuk bagaimana perjanjian/perintah tersebut,dan untuk siapa di tujukan perintah tersebut..
muhammad hanya tau bahwa orang yahudi melakukan sunat.

jadi sia-sia lah umat muslim melakukan sunat

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Wed Jun 26, 2013 5:09 pm

@Elu Ha Ehad wrote:Wed, yang dibahas itu sekarang Hadits bukan Quran, Hadits itu wahyu ke-2 setelah Al-Quran.

Alex:
Aku mengutip ayat tersebut bahwa perjanjian Allah dengan nabi Ibrahim adalah supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu. dan sunat adalah syariat-Nya.

Soal hari di Sunat itu Yesus sendiri aja merevisinya, dan Sunat pada hari ke-8 itu adalah budaya turun menurun. toh sekarang atau dari jaman kapan tau banyak orang kristen yang tidak disunat ketika hari ke-8. Islam membesakan bersunat karena Allah maha Pemurah lagi maha penyayang, selama tidak mendatangkan kemadharatan pada anak. sudah aku jeaskan berulang kali.
Pelajari dari akar-nya dulu lex.

saya tidak sedang membahas orang kristen ataupun Yesus.. jd mohon tidak OOT...

bagaimana bunyi perjanjian tersebut, sehingga Allah mengatakan Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu...?


alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik