FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Halaman 4 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Wed Jun 19, 2013 7:05 pm

First topic message reminder :

adakah ayat dalam alquran yang mewajibkan umat muslim untuk melakukan sunat...?

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down


Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 26, 2013 5:09 pm

muhammad juga semakin tidak tahu..
bahwa perintah sunat hanya bagi ketururunan ibrahim
kasihan muslim.. pada non-kulup tapi tak tahu maksud dan juntrungannya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Wed Jun 26, 2013 5:11 pm

@SEGOROWEDI wrote:muhammad juga semakin tidak tahu..
bahwa perintah sunat hanya bagi ketururunan ibrahim
kasihan muslim.. pada non-kulup tapi tak tahu maksud dan juntrungannya

ini yang mengherankan sebenarnya...
bagaimana bisa mereka melakukan sunat, padahal perintah nya saja mereka tidak tau...


alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by Elu Ha Ehad on Wed Jun 26, 2013 8:58 pm

Haduh betapa bebelnya para **** ini. menggunakan logika dan tanpa pengetahuan yang dangkal.
Sudah dijelaskan bahwa hadits adalah wahyu ke-2 yang diterima Nabi Muhammad setelah Al-Quran, dan digunakan sebagai syariat.
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by isaku on Wed Jun 26, 2013 9:25 pm

@alex n si om

Dari Utsaim bin Kulaib dari bapaknya dari kakeknya bahwasanya kakeknya datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata. “Aku telah masuk Islam”. Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya : Buanglah darimu rambut kekufuran dan berkhitanlah” [Hasan, Dikeluarkan Abu Daud (356), Ahmad (3/415) dan Al-Baihaqi (1/172)

@si om
Kayanya om wedi tau banyak nih masalah khitan, coba dijelasin om versimu

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Thu Jun 27, 2013 12:05 am

@Elu Ha Ehad wrote:Haduh betapa bebelnya para **** ini. menggunakan logika dan tanpa pengetahuan yang dangkal.
Sudah dijelaskan bahwa hadits adalah wahyu ke-2 yang diterima Nabi Muhammad setelah Al-Quran, dan digunakan sebagai syariat.

inilah kunci pamungkas teman2 muslim...
pokok nya terima aja.. gak penting benar atau tidak..
yang penting itulah kata muhammad...

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 27, 2013 9:49 am

@Elu Ha Ehad wrote:Haduh betapa bebelnya para **** ini. menggunakan logika dan tanpa pengetahuan yang dangkal.
Sudah dijelaskan bahwa hadits adalah wahyu ke-2 yang diterima Nabi Muhammad setelah Al-Quran, dan digunakan sebagai syariat.

lha iyaaa..
- perintah alloh di quran GAK ADA
- adanya perintah muhammad di hadis

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 27, 2013 9:50 am

@isaku wrote:
@si om
Kayanya om wedi tau banyak nih masalah khitan, coba dijelasin om versimu

OOT

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Thu Jun 27, 2013 9:53 am

@Elu Ha Ehad wrote:Haduh betapa bebelnya para **** ini. menggunakan logika dan tanpa pengetahuan yang dangkal.
Sudah dijelaskan bahwa hadits adalah wahyu ke-2 yang diterima Nabi Muhammad setelah Al-Quran, dan digunakan sebagai syariat.

anda hanya bisa membilang pengetahuan orang dangkal..
tp ketika di singgung apa isi perjanjian itu sendiri anda tidak bisa jawab...


alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by frontline defender on Thu Jun 27, 2013 12:44 pm

di Al-Quran Allah memerintahkan kebersihan :

QS. 2:222. Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

yang dijelaskan lagi dengan berbagai hadits :



Diriwayatkan dari Malik Al Asy’ari dia berkata, Rasulullah saw. bersabda : Kebersihan adalah sebagian dari iman dan bacaan hamdalah dapat memenuhi mizan (timbangan), dan bacaan subhanallahi walhamdulillah memenuhi kolong langit dan bumi, dan shalat adalah cahaya dan shadaqah adalah pelita, dan sabar adalah sinar, dan Al Quran adalah pedoman bagimu.” (HR. Muslim)

dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


الْفِطْرَةُ خَمْسٌ الْخِتَانُ وَالِاسْتِحْدَادُ وَقَصُّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ وَنَتْفُ الْآبَاطِ

“Ada lima macam fitrah, yaitu : khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari No. 5891 & Muslim No. 258)

dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


عَشْرٌ مِنْ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَاسْتِنْشَاقُ الْمَاءِ وَقَصُّ الْأَظْفَارِ وَغَسْلُ الْبَرَاجِمِ وَنَتْفُ الْإِبِطِ وَحَلْقُ الْعَانَةِ وَانْتِقَاصُ الْمَاءِ قَالَ زَكَرِيَّاءُ قَالَ مُصْعَبٌ وَنَسِيتُ الْعَاشِرَةَ إِلَّا أَنْ تَكُونَ الْمَضْمَضَةَ

“Ada sepuluh macam fitrah, yaitu memotong kumis, memelihara jenggot, bersiwak, istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung), memotong kuku, membasuh persendian, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinja’ (cebok) dengan air.” Zakaria berkata bahwa Mu’shob berkata, “Aku lupa yang kesepuluh, aku merasa yang kesepuluh adalah berkumur.” (HR. Muslim No. 261, Abu Daud No. 52, At-Tirmidzi No. 2906, An-Nasai 8/152, Ibnu Majah No. 293)

sholat yuk
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by Elu Ha Ehad on Thu Jun 27, 2013 1:50 pm

Ya dangkal lah pengetahuanmu lex, ga tau akar agama sendiri, melahap semua hanya denger kata orang.
Perjanjian Allah dengan Ibrahim dalam Al-Quran

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia". Ibrahim berkata: "(Dan saya mohon juga) dari keturunanku". Allah berfirman: "Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim". (Al-Baqarah 126)
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Thu Jun 27, 2013 3:10 pm

@frontline defender wrote:di Al-Quran Allah memerintahkan kebersihan :

QS. 2:222. Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

yang dijelaskan lagi dengan berbagai hadits :



Diriwayatkan dari Malik Al Asy’ari dia berkata, Rasulullah saw. bersabda : Kebersihan adalah sebagian dari iman dan bacaan hamdalah dapat memenuhi mizan (timbangan), dan bacaan subhanallahi walhamdulillah memenuhi kolong langit dan bumi, dan shalat adalah cahaya dan shadaqah adalah pelita, dan sabar adalah sinar, dan Al Quran adalah pedoman bagimu.” (HR. Muslim)

dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


الْفِطْرَةُ خَمْسٌ الْخِتَانُ وَالِاسْتِحْدَادُ وَقَصُّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ وَنَتْفُ الْآبَاطِ

“Ada lima macam fitrah, yaitu : khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari No. 5891 & Muslim No. 258)

dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


عَشْرٌ مِنْ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَاسْتِنْشَاقُ الْمَاءِ وَقَصُّ الْأَظْفَارِ وَغَسْلُ الْبَرَاجِمِ وَنَتْفُ الْإِبِطِ وَحَلْقُ الْعَانَةِ وَانْتِقَاصُ الْمَاءِ قَالَ زَكَرِيَّاءُ قَالَ مُصْعَبٌ وَنَسِيتُ الْعَاشِرَةَ إِلَّا أَنْ تَكُونَ الْمَضْمَضَةَ

“Ada sepuluh macam fitrah, yaitu memotong kumis, memelihara jenggot, bersiwak, istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung), memotong kuku, membasuh persendian, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinja’ (cebok) dengan air.” Zakaria berkata bahwa Mu’shob berkata, “Aku lupa yang kesepuluh, aku merasa yang kesepuluh adalah berkumur.” (HR. Muslim No. 261, Abu Daud No. 52, At-Tirmidzi No. 2906, An-Nasai 8/152, Ibnu Majah No. 293)

sholat yuk

tidak menjelaskan bagaimana penjanjian sunat itu harus dilaksanakan...

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Thu Jun 27, 2013 3:20 pm

@Elu Ha Ehad wrote:Ya dangkal lah pengetahuanmu lex, ga tau akar agama sendiri, melahap semua hanya denger kata orang.
Perjanjian Allah dengan Ibrahim dalam Al-Quran

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia". Ibrahim berkata: "(Dan saya mohon juga) dari keturunanku". Allah berfirman: "Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim". (Al-Baqarah 126)

gak ush bicara masalah akar agama kristen...

kalau anda katakan sunat itu untuk menuruti perjanjian ibrahim, bagaimana bunyi perjanjian nya..?
ada yang mengutip ayat dalam alkitab tapi tidak secara menyeluruh,,,

sebenarnya kalian tidak sanggup menerima kenyataan, begitu mengetahui bagaimana bunyi perjanjian tersebut...
bahwa sunat harus dilaksanakan pada usia 8 hari bagi keturunan Abraham..




alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 27, 2013 11:08 pm

@Elu Ha Ehad wrote:Ya dangkal lah pengetahuanmu lex, ga tau akar agama sendiri, melahap semua hanya denger kata orang.
Perjanjian Allah dengan Ibrahim dalam Al-Quran

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia". Ibrahim berkata: "(Dan saya mohon juga) dari keturunanku". Allah berfirman: "Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim". (Al-Baqarah 126)

dialog tanpa juntrungan dan tak ada hubungan dengan sunat
lautin!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by frontline defender on Fri Jun 28, 2013 5:32 am

@alex77 wrote:tidak menjelaskan bagaimana penjanjian sunat itu harus dilaksanakan...
masih kurang jelas? jadi dilaksanakannya itu, manakala ybs hendak membuktikan keimanannya! sedangkan, untuk anak yang disunat sebelum mencapai usia ketika anak sudah memiliki kesadaran (ketika belum dapat menolak), yah kebersihan kan tidak harus diusahakan dengan sunat!

piss
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Fri Jun 28, 2013 5:43 am

@frontline defender wrote:
@alex77 wrote:tidak menjelaskan bagaimana penjanjian sunat itu harus dilaksanakan...
masih kurang jelas? jadi dilaksanakannya itu, manakala ybs hendak membuktikan keimanannya! sedangkan, untuk anak yang disunat sebelum mencapai usia ketika anak sudah memiliki kesadaran (ketika belum dapat menolak), yah kebersihan kan tidak harus diusahakan dengan sunat!

piss

apa seperti itu perintah allah kepada ibrahim..?
jangan ngarang bung...

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by satria bergitar on Fri Jun 28, 2013 8:44 am

@alex77 wrote:
@Elu Ha Ehad wrote:Haduh betapa bebelnya para **** ini. menggunakan logika dan tanpa pengetahuan yang dangkal.
Sudah dijelaskan bahwa hadits adalah wahyu ke-2 yang diterima Nabi Muhammad setelah Al-Quran, dan digunakan sebagai syariat.

inilah kunci pamungkas teman2 muslim...
pokok nya terima aja.. gak penting benar atau tidak..
yang penting itulah kata muhammad...

makanya anda pahami dulu bung hukum islam tuh sumbernya apa aja...jangan asal casciscus diskusi modal semangat doang....hehe ketiwi

hukum islam itu sumbernya ada tiga ;

1.al-Quran
2.al-hadist
3.ijma 'ulama

saya akan mengurai melalui analogi sederhana dengan konstitusi negara kita...

Alquran dalam islam bisa dikategorikan sama kedudkannya seperti UUD 45 dalam konstitusi negara kita tercinta ini sebagai asas utama pedoman hidup bernegara...

ya namanya juga "asas" tidak semua hal teknis kehidupan bernegara diatur secara detail disana karena hanya menetapkan secara garis besar haluan umum negara kita walupaun memang ada beberapa yg dapat dijadikan acuan langsung secara teknis dan dapat dikaji...

maka unutk melaksanakan amanat UUD45 dibuatlah undang-undang dan peraturan pemerintah yg mengatur secara teknis dasar pelaksanaan operasional kehidupan bernegara yg levelnya bisa disamakan dengan alhadist dalam islam...

berhubung ane orang ekonomi piss maka kita ambil contoh spt ini :

UUD 45 pasal 33 ayat 1 berbunyi : " Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan"

maka untuk melaksanakan amanat UUD45 tersebut diatas, dibuatlah undang-undang perkoperasian yang merupakan penjabaran dan pelaksanaan dari pasal 33 tsb...


jika anda bertanya : "ada ga perintah mendirikan koperasi dalam UUD45??" ya jelas ga ada sebab koperasi hanya diatur dalam UU dan PP tapi merupakan amanat UU45 sesuai pasal 33 ayat 1 yg harus dijalankan..

sama halnya jika anda bertanya pada muslim : " ada ga perintah bersunat dalam Alquran??" maka dengan tegas ane katakan secara teknis dan konkret ya tidak ada...sebab hanya dijelaskan dalam hadist...tapi sesuai amanat/firman Allah dalam Alquran yg berbunyi:


“Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan” (An Nahl : 123)

(mengikuti nabi ibrahim, bertauhid, berqurban,bersunat)

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur" (Al-Maidah :  6)

(perintah bersuci)

apa yang diuraikan nabi muhammad dalam alhadist bukan omong kosong gada makna seperti yang anda lakukan...tetapi juga merupakan tuntunan untuk melaksanakan perintah Allah dalam AlQuran dengan baik...


non muslim : adakah perintah bersunat dalam Quran

jawaban saya : tidak ada!!

non muslim : kenapa / apa dasarnya muslim bersunat??

jawaban saya : penjelasan hadist sesuai amanat Alquran

JELASS YAAA...

tutup
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Fri Jun 28, 2013 9:16 am

@satria bergitar wrote:
@alex77 wrote:
@Elu Ha Ehad wrote:Haduh betapa bebelnya para **** ini. menggunakan logika dan tanpa pengetahuan yang dangkal.
Sudah dijelaskan bahwa hadits adalah wahyu ke-2 yang diterima Nabi Muhammad setelah Al-Quran, dan digunakan sebagai syariat.

inilah kunci pamungkas teman2 muslim...
pokok nya terima aja.. gak penting benar atau tidak..
yang penting itulah kata muhammad...

makanya anda pahami dulu bung hukum islam tuh sumbernya apa aja...jangan asal casciscus diskusi modal semangat doang....hehe ketiwi

hukum islam itu sumbernya ada tiga ;

1.al-Quran
2.al-hadist
3.ijma 'ulama

saya akan mengurai melalui analogi sederhana dengan konstitusi negara kita...

Alquran dalam islam bisa dikategorikan sama kedudkannya seperti UUD 45 dalam konstitusi negara kita tercinta ini sebagai asas utama pedoman hidup bernegara...

ya namanya juga "asas" tidak semua hal teknis kehidupan bernegara diatur secara detail disana karena hanya menetapkan secara garis besar haluan umum negara kita walupaun memang ada beberapa yg dapat dijadikan acuan langsung secara teknis dan dapat dikaji...

maka unutk melaksanakan amanat UUD45 dibuatlah undang-undang dan peraturan pemerintah yg mengatur secara teknis dasar pelaksanaan operasional kehidupan bernegara yg levelnya bisa disamakan dengan alhadist dalam islam...

berhubung ane orang ekonomi piss maka kita ambil contoh spt ini :

UUD 45 pasal 33 ayat 1 berbunyi : " Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan"

maka untuk melaksanakan amanat UUD45 tersebut diatas, dibuatlah undang-undang perkoperasian yang merupakan penjabaran dan pelaksanaan dari pasal 33 tsb...


jika anda bertanya : "ada ga perintah mendirikan koperasi dalam UUD45??" ya jelas ga ada sebab koperasi hanya diatur dalam UU dan PP tapi merupakan amanat UU45 sesuai pasal 33 ayat 1 yg harus dijalankan..

sama halnya jika anda bertanya pada muslim : " ada ga perintah bersunat dalam Alquran??" maka dengan tegas ane katakan secara teknis dan konkret ya tidak ada...sebab hanya dijelaskan dalam hadist...tapi sesuai amanat/firman Allah dalam Alquran yg berbunyi:


“Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan” (An Nahl : 123)

(mengikuti nabi ibrahim, bertauhid, berqurban,bersunat)

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur" (Al-Maidah :  6)

(perintah bersuci)

apa yang diuraikan nabi muhammad dalam alhadist bukan omong kosong gada makna seperti yang anda lakukan...tetapi juga merupakan tuntunan untuk melaksanakan perintah Allah dalam AlQuran dengan baik...


non muslim : adakah perintah bersunat dalam Quran

jawaban saya : tidak ada!!

non muslim : kenapa / apa dasarnya muslim bersunat??

jawaban saya : penjelasan hadist sesuai amanat Alquran

JELASS YAAA...

tutup

panjang lebar penjelas anda, tp tidak menjawab permasalahan intinya..

“Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan” (An Nahl : 123)

menurut umat islam, sunat merupakan perjanjian allah dan ibrahim yang harus di ikuti..

apa anda tau perjanjian itu seperti apa..?
bagaimana pelaksanaan sunat tersebut menurut perjanjian ibrahim..?
seharusnya anda harus tau dasar pelaksanannya.., bagaimana harus dilaksanakan..?
adakah hadist menjelaskan..?





alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by satria bergitar on Fri Jun 28, 2013 10:35 am

alex wrote:panjang lebar penjelas anda, tp tidak menjawab permasalahan intinya..

lex pinteran dikit napa? nte kan mempermasalahkan perintah nabi muhammad mengenai sunat

yg nte anggap sebagai "jurus pamungkas" muslim untuk mengelak bahwa Quran memang tidak ada perintah sunat secara langsung kecuali hanya perkataan muhammad

maka ane uraikan tuh kedudukan perkataan muhammad terhadap alQuran...biar nte ngehhh

toh judul trit inipun khan "adakah-perintah-sunat-dalam-alquran"

dah dijawab kok malah lari-lari ke perjanjian???

emangnya kitab nte perjanjian lama - perjanjian baru, blon lagi ada perjanjian revisi tapeee deeeh nyerah
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by frontline defender on Fri Jun 28, 2013 11:01 am

@alex77 wrote:apa seperti itu perintah Allah kepada Ibrahim..?
jangan ngarang bung...
lha masak Allah tidak memerintahkan kebersihan (yang merupakan bagian dari keimanan) kepada NabiNya?ehmm
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 28, 2013 11:56 am

@satria bergitar wrote:makanya anda pahami dulu bung hukum islam tuh sumbernya apa aja...jangan asal casciscus diskusi modal semangat doang....hehe ketiwi

hukum islam itu sumbernya ada tiga ;

1.al-Quran
2.al-hadist
3.ijma 'ulama

saya akan mengurai melalui analogi sederhana dengan konstitusi negara kita...

Alquran dalam islam bisa dikategorikan sama kedudkannya seperti UUD 45 dalam konstitusi negara kita tercinta ini sebagai asas utama pedoman hidup bernegara...

ya namanya juga "asas" tidak semua hal teknis kehidupan bernegara diatur secara detail disana karena hanya menetapkan secara garis besar haluan umum negara kita walupaun memang ada beberapa yg dapat dijadikan acuan langsung secara teknis dan dapat dikaji...

maka unutk melaksanakan amanat UUD45 dibuatlah undang-undang dan peraturan pemerintah yg mengatur secara teknis dasar pelaksanaan operasional kehidupan bernegara yg levelnya bisa disamakan dengan alhadist dalam islam...

berhubung ane orang ekonomi piss maka kita ambil contoh spt ini :

UUD 45 pasal 33 ayat 1 berbunyi : " Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan"

maka untuk melaksanakan amanat UUD45 tersebut diatas, dibuatlah undang-undang perkoperasian yang merupakan penjabaran dan pelaksanaan dari pasal 33 tsb...


jika anda bertanya : "ada ga perintah mendirikan koperasi dalam UUD45??" ya jelas ga ada sebab koperasi hanya diatur dalam UU dan PP tapi merupakan amanat UU45 sesuai pasal 33 ayat 1 yg harus dijalankan..

sama halnya jika anda bertanya pada muslim : " ada ga perintah bersunat dalam Alquran??" maka dengan tegas ane katakan secara teknis dan konkret ya tidak ada...sebab hanya dijelaskan dalam hadist...tapi sesuai amanat/firman Allah dalam Alquran yg berbunyi:


“Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan” (An Nahl : 123)

(mengikuti nabi ibrahim, bertauhid, berqurban,bersunat)

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur" (Al-Maidah :  6)

(perintah bersuci)

apa yang diuraikan nabi muhammad dalam alhadist bukan omong kosong gada makna seperti yang anda lakukan...tetapi juga merupakan tuntunan untuk melaksanakan perintah Allah dalam AlQuran dengan baik...


non muslim : adakah perintah bersunat dalam Quran

jawaban saya : tidak ada!!

non muslim : kenapa / apa dasarnya muslim bersunat??

jawaban saya : penjelasan hadist sesuai amanat Alquran

JELASS YAAA...

tutup

muter-muter..
AMANAT SUNAT DI QURAN TETEP GAK ADA

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 28, 2013 11:59 am

@frontline defender wrote:
@alex77 wrote:apa seperti itu perintah Allah kepada Ibrahim..?
jangan ngarang bung...
lha masak Allah tidak memerintahkan kebersihan (yang merupakan bagian dari keimanan) kepada NabiNya?ehmm

mana ada perintah njaga kebersihan kepada ibrahim secara sunat?
ngarang aja

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by alex77 on Fri Jun 28, 2013 11:59 am

@satria bergitar wrote:
alex wrote:panjang lebar penjelas anda, tp tidak menjawab permasalahan intinya..

lex pinteran dikit napa? nte kan mempermasalahkan perintah nabi muhammad mengenai sunat

yg nte anggap sebagai "jurus pamungkas" muslim untuk mengelak bahwa Quran memang tidak ada perintah sunat secara langsung kecuali hanya perkataan muhammad

maka ane uraikan tuh kedudukan perkataan muhammad terhadap alQuran...biar nte ngehhh

toh judul trit inipun khan "adakah-perintah-sunat-dalam-alquran"

dah dijawab kok malah lari-lari ke perjanjian???

emangnya kitab nte perjanjian lama - perjanjian baru, blon lagi ada perjanjian revisi tapeee deeeh nyerah

yahh... anda donk yang seharus nya sadar..
rekan2 muslim bilang mengikuti "agama" ibrahim..

sunat merupakan salah satunya..
perintah allah kepada ibrahim itukan perjanjian sunat kepada ke turunannya..

mengenai judul thrit, di alqurankan hny ada di bilang mengikuti ibrahim..

nah.. bagaimana kalian bisa mengikuti ibrahim, kalau kalian sendiri tidak tau, bentuk perintah allah kepada ibrahim...?

saya ingin menunjukan aja, bahwa kalian menjalankan sunat itu tidak sesuai dengan ajaran ibrahim..

saya hanya coba membuka sedikit pikiran kalian...
supaya teman2 muslim jangan asal manut aja, tanpa tau peristiwa/perintah yang sebenarnya..



alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by satria bergitar on Fri Jun 28, 2013 1:05 pm

@alex77 wrote:yahh... anda donk yang seharus nya sadar..
rekan2 muslim bilang mengikuti "agama" ibrahim..

sunat merupakan salah satunya..
perintah allah kepada ibrahim itukan perjanjian sunat kepada ke turunannya..

tunjukin dalilnya

@alex77 wrote:mengenai judul thrit, di alqurankan hny ada di bilang mengikuti ibrahim..

nah.. bagaimana kalian bisa mengikuti ibrahim, kalau kalian sendiri tidak tau, bentuk perintah allah kepada ibrahim...?

sudah dijelaskan lewat hadist nabi muhammad

@alex77 wrote:saya ingin menunjukan aja, bahwa kalian menjalankan sunat itu tidak sesuai dengan ajaran ibrahim..

sunat yg sesuai dengan ajaran nabi ibrahim seperti apa?? tunjukan dalilnya

@alex77 wrote:saya hanya coba membuka sedikit pikiran kalian...
supaya teman2 muslim jangan asal manut aja, tanpa tau peristiwa/perintah yang sebenarnya..

bagaimana pristiwa sebenarnya?

avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by abu hanan on Fri Jun 28, 2013 1:49 pm

bagaimana pristiwa sebenarnya?
ehmm iyah yah..peristiwa apa yah?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 28, 2013 1:54 pm



gak ada di quran
tapi masih aja berusaha muter-muter

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah perintah Sunat dalam Alquran..?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 4 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik