FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Halaman 3 dari 3 Previous  1, 2, 3

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by isaku on Thu Jun 13, 2013 4:09 pm

First topic message reminder :

sekali2 topiknya yg membangun...piss



Indonesiaku mau dibawa kemana?

Satu hal yang paling tidak ok setelah reformasi adalah tidak adanya master plan mau dibawa kemana negri ini. semua orang sibuk untuk mengurusi dapur masing2 dan tidak ada yg berpikir masa depan.

Negara ini mungkin akan bangkrut akibat cost politik yg sangat mahal. setiap saat ada pesta demokrasi yg buang2 uang, setiap caleg dpr, dprd menghabiskan jutaan, milyaran. Calon pres, gub, bupati membayar iklan udah g pake ngitung.

Dahulu, jaman orba, keuangan itu terpusat, daerah hanya mengajukan, kalau disetujui maka proyek berjalan, makelarpun cuma ada di pusat, kecil kemungkinan main suap2an proyek di daerah, kalaupun ada, skalanya kecil dibandingkan di pusat, kecuali proyek calon pns. Sekarang, dimana2 orang bisa menjadi raja, tidak heran ada polisi pangkat rendah jadi raja minyak di irian, karena dana disebar ke daerah untuk diurus masing2, maka jadilah makelar ada dimana saja, dan kemungkinan adanya korupsi justru diperluas.

Konsep tender yg menjadi keharusan dalam pengajuan dana pemerintahan dari tingkat bawah sampai atas semestinya dibuat agar cost/biaya serendah mungkin. Tapi itulah aturan yg setengah jadi atau uang sudah berganti menjadi tuhan, tender bisa diatur, ibarat arisan, yg ini ente yg menang, berikutnya gw, dan tdk perlu khawatir, kalah tender pun kecipratan uang. Pokoknyamah semua kebagian. Makanya lowongan kerja jadi makelar sangat menggiurkan.


BBM Sumber energi yang mahal.

Satu hal paling penting dan justru paling diabaikan adalah energi. Dahulu memang Indonesia adalah pengexport minyak karena kebutuhan dalam negri jauh lebih rendah dari kemampuan produksi pertamina yg mencapai 1juta barel/bulan (kalo g salah ini mah :))

Seiring waktu, jadilah kebutuhan naik sampai 1,4juta barel, yg justru produksinya turun hanya 820ribu barel saja, cilakanya lagi yg bisa diolah pertamina hanya 650ribu saja. jadilah import minyak mentah 350ribu + minyak jadi (premium) 400ribu yg makan anggaran apbn 30%.

Terlepas dari propaganda peak oil yg membatasi produksi minyak untuk mengatur harga minyak dunia, kebodohan tingkat tinggi yg dilakukan pemerintah dan pertamina adalah tidak mampu mandiri mengelola produksinya dan tetap tergantung perusahaan asing. Pengabaian terhadap niat baik Norwegia 20tahun lalu yg bermaksud transfer ilmu karena mereka berhasil mandiri mengelola bbm, membuat pertamina jalan ditempat kalo tdk disebut mundur.

BBM kita yg murah meriah tentu saja sangat menggiurkan bagi penjahat2 untuk selundup ke tetangga. Dan info adanya penyelundupan tdk pernah berhenti, selalu ada saja, termasuk selundupan bbm subsidi ke industri dalam negri.

Dengan segala carut marutnya, bbm bisa disebut energi yg mahal. karena harganya yg jadi murah di negri ini ditambah mudahnya membeli kendaraan jadilah percepatan kenaikan volume kendaraan tumbuh pesat jauh melebihi peningkatan panjang jalan. Macetlah dimana2 yg membuat bbm yg mahal dibuang cuma2 untuk ngasapi kota2. Belum lagi PLN yg pake BBM, terlalu. Kalo PLN tenaganya pake air atau gas alam, atau batubara kan ketauan murah, lha ini pake bbm.

Cerita bbm yg terpaksa import ini tentu saja ibarat besar pasak daripada tiang karena beli mahal dan dijual murah, itulah yg menyebabkan apbn tekor. Pertanyaannya sampai kapan mau dagang rugi??? menunggu kebangkrutan?

Tulisan ini bukanlah untuk mendukung bbm naik harga, tapi bagaimana kita mendudukkan persoalan pada tempatnya.

Sebetulnya Indonesia tidak hanya punya bbm, ada gas, geotermal yg belum terexplorasi maksimal dll. Cilakanya gas yg murah justru diekspor ke singapur dan malaysia. Harusnya mah yg mahal yg dijual, yg murah dipake, ketauan dah devisa naik. Lihat, Iran yg kaya minyak pindah ke nuklir yg murah, dan minyaknya dijual. Atau Thailand dan Malaysia yg ternyata sudah punya 400 SPBG bandingkan Indonesia yang hanya 9 saja khusus untuk busway dan taxi di jakarta.

Yang dibutuhkan Indonesia saat ini adalah secepatnya transfer energi dari bbm ke yg lain. Apa susahnya memaksa produsen mobil menyiapkan opsi bbg pada mesinnya. Jadi rindu Pak JK yg sukses memaksa dapur kita pindah dari minyaktanah ke gas.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down


Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by dee-nee on Fri Sep 05, 2014 2:39 pm

@musicman wrote:
Kebudayaan masyarakat kita ini memang memprihatinkan, bisa dibilang kalau urusan bergaya .. sudah gk bisa diganggu gugat. Sebetulnya yg membuat rungsing kepala melawan macet itu kan didominasi saat jam masuk kantor dan pulang kantor, selebihnya masih bisa dibilang dalam level sedang kemacetannya. Saya termasuk yg anti naik roda empat ke kantor, tapi pemuja roda empat saat weekend bersama keluarga. Boros, macet gk kebayar dengan kenyamanan yg saya rasakan saat berangkat dan pulang kantor.

bold : setuju .... cuma orang gila yang PP kantor di jkt masih pake mobil pribadi

pusing pusing

Ke kantor itu paling bagus ya pake kereta ... modalnya cuma dempet2an 1/2 jam ... tapi hemat waktu n biaya
udah ga make sense kalau masih ada yang maksain naik mobil pribadi pas hari kerja
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by abu hanan on Tue Oct 07, 2014 7:01 am

kuota subsidi terancam jebol..mari kita pikirkan..
apakah perlu bersepeda ke kantor?
apakah perlu ada mobil dinas di kantor swasta?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by abu hanan on Tue Oct 07, 2014 9:51 am

Pengamat sekaligus praktisi migas John Karamoy juga senada mengatakan sebaiknya pemerintahan Jokowi-JK tidak perlu membubarkan Petral. Hanya, yang perlu dilakukan adalah memperbaiki praktik tidak benar yang dilakukan Petral. "Kalau mau dibubarkan ya cara-cara mereka yang gak benar," tegas dia.
Menurutnya, soal mafia migas memang sulit dipisahkan dari Petral, sebab setiap transaksi minyak yang terjadi di Petral selama ini penuh permainan.
Indonesia sering mengimpor minyak mentah dan produk BBM. "Petral selama ini yang menangani impor minyak mentah dan BBM untuk Indonesia. Nah, di sinilah terjadi
permainan," ujarnya.

Ke depannya, kata Karamoy, sebaiknya
Pertamina sendiri yang menangani ekspor dan impor minyak mentah dan BBM untuk kebutuhan negara.
Dengan begitu, jika mendapatkan diskon saat melakukan bisnis impor minyak mentah maupun BBM ini langsung didapatkan dan dinikmati oleh negara, bukan broker.


bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/10/07/090000626/Perlukah.Petral.Bubar.

----
mafia jelas susah dibuktikan,apalagi tangkap basah..karena mafia migas nih jenis tuyul dan babi ngepet..mereka butuh sesajen dan penyaji pun gak pernah telat kasi persembahan..entah undang2,entah kekuasaan..karena gak ada mafia yang bisa tegak tanpa ditopang oleh sesajen eh kekuasaan di birokrat..(..mungkinkah militer ikut bermain?bisa yah,bisa tidak..wong ada oknum tentara yang berselundup minyak..)


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by dee-nee on Tue Oct 07, 2014 7:26 pm

ada statement JK tentang kabinet pilihan Jokowi yang harus dibuktikan (dan saya tunggu2 selalu demi menetapkan setia mendukung atau kembali kibarkan bendera putih ke presiden berikutnya)

http://nasional.kompas.com/read/2014/09/17/11510411/Ini.7.Kementerian.yang.Akan.Dipimpin.Profesional.Murni

7 mentri yang wajib harus dan kudu dari profesional murni demi terlaksananya visi misi Jokojek yaitu mentri : ESDM, BUMN, Pendidikan, Pertanian, Keuangan, PU, dan Kesehatan

7 mentri ini diwajibkan bersih iman dan berani marah pada siapapun yang coba2 ngerusak program kerja mereka

mungkin perlu kita lihat bagaimana 7 mentri ini berkiprah .... yang sudah pasti berhubungan dengan energi/BLSM negara ini kedepannya
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by abu hanan on Tue Oct 07, 2014 7:38 pm

siapapun yah?jadi tuyul sm babi ngepet juga boleh dimarahin dunk?
wkwkwkwkwk..



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by dee-nee on Tue Oct 07, 2014 7:51 pm

@abu hanan wrote:siapapun yah?jadi tuyul sm babi ngepet juga boleh dimarahin dunk?
wkwkwkwkwk..


harusnya begitu ... wakakakakaka
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by abu hanan on Wed Oct 08, 2014 6:55 am

hahaha..baiklah..tentang pengandaian..andaikata para tuyul dan babi ngepet di gedung dewan/eksekutif..kira2 mereka lakukan apa jika petral di bubarkan?
kamsutnyah,jokojek nih mau kerjain apa setelah petral bubar?
yang jelas kan tuyul gak akan pernah bertransformasi jadi malaikat..lalu tuyul nih ngrecoki kebijakannyah dimana?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by dee-nee on Wed Oct 08, 2014 10:17 am

@abu hanan wrote:hahaha..baiklah..tentang pengandaian..andaikata para tuyul dan babi ngepet di gedung dewan/eksekutif..kira2 mereka lakukan apa jika petral di bubarkan?
kamsutnyah,jokojek nih mau kerjain apa setelah petral bubar?
yang jelas kan tuyul gak akan pernah bertransformasi jadi malaikat..lalu tuyul nih ngrecoki kebijakannyah dimana?

kalau yang ini gimana mbah ?? cukup meyakinkan ga ??

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/09/22/215053026/Berantas.Mafia.Migas.Pemerintahan.Jokowi.Akan.Bekukan.Petral

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla akan menutup anak usaha PT Pertamina (Persero) yang selama ini menjalankan fungsi dalam pengadaan minyak, yaitu Petral. Hal itu dilakukan terkait dengan komitmen pemerintahan baru memberantas mafia migas.

Deputi Kantor Transisi Jokowi-JK, Hasto Kristiyanto, mengatakan, mafia migas diyakini menghambat dalam mewujudkan kedaulatan energi nasional. Penindakan terhadap pelanggar hukum dilakukan dengan tegas dan tanpa pandang bulu.

"Hal ini akan dibarengi dengan perbaikan regulasi untuk menutup peluang munculnya mafia migas baru. Petral akan dibekukan, dilakukan audit investigatif terhadapnya. Pembelian minyak mentah dan BBM dilakukan oleh Pertamina dan dijalankan di Indonesia," kata Hasto dalam siaran pers, Senin (22/9/2014).

Wakil Sekjen PDI Perjuangan itu juga menyatakan bahwa subsidi BBM, gas, dan listrik itu adalah hak konstitusional rakyat. Namun, subsidi tersebut selama ini sangat tidak tepat sasaran, memperlemah daya saing global, dan membebani APBN.

Untuk itu, BBM bersubsidi akan diberi warna khusus untuk memudahkan pengawasan. Penunjukan wilayah kerja migas, perpanjangan kontrak, logistik migas, pengawasan produksi, dan lain-lain akan dilaksanakan dengan transparan.

"Langkah yang akan ditempuh adalah tetap memberikan subsidi terkendali kepada masyarakat miskin, petani, buruh, nelayan, industri kecil dengan sistem distribusi tertutup melalui perbankan. Mereka yang rentan terhadap kenaikan harga dilindungi dengan safety net," jelasnya.

Upaya mengalihkan sebagian subsidi BBM untuk pembiayaan sektor produktif dan layanan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan, antara lain, pemberdayaan UKM, nelayan, petani, pupuk, perbaikan infrastruktur jalan, rel kereta api, pelabuhan, irigasi pertanian, pembukaan lahan baru, dana desa, pembiayaan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, pembangunan puskesmas, revitalisasi pasar, dan sebagainya diyakini lebih berkeadilan.
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by dee-nee on Wed Oct 08, 2014 10:20 am

walaupun Jokowi nya bilang gini

http://katadata.co.id/berita/2014/09/26/jokowi-belum-putuskan-pembubaran-petral

KATADATA – Presiden terpilih Joko Widodo mengatakan, rencana pembubaran PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral) belum diputuskan. Tim transisi masih mengidentifikasi untung-rugi membubarkan atau mempertahankan anak perusahaan PT Pertamina (persero) itu.

“Belum sampai ke sana (pembubaran Petral). Tapi semua masalah di kementerian, Pertamina, dan BUMN lainnya akan kami identifikasi secara detai agar kami mengerti betul,” kata Jokowi seperti dikutip Investor Daily, Jumat (26/9).

Petral adalah perusahaan yang 100 persen sahamnya dimiliki Pertamina. Perusahaan yang berbasis di Singapura ini ditunjuk menjadi pelaksana tunggal tender impor minyak mentah dan bahan bakar minyak (BBM) ke Indonesia.

ketiwi ketiwi
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by dee-nee on Wed Oct 08, 2014 10:22 am

makanya ... kalau mau beres ... mbah abu ikutan nazar aja gimana ??

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/06/12/1533382/.Kalau.Jokowi.Berhasil.Berantas.Petral.Saya.Akan.Botak.

JAKARTA, KOMPAS.com — Niat Joko Widodo dan Jusuf Kalla untuk memberantas mafia migas tak main-main jika kelak terpilih menjadi presiden dan wakil presiden. Bahkan, salah satu tim sukses pasangan tersebut, Effendi Simbolon, bernazar jika niat tersebut terlaksana.

"Saya juga nazar, kalau Jokowi terpilih dan berantas (mafia migas di) Petral (PT Pertamina Energy Trading Ltd), saya akan botak (gundul)," kata Effendi dalam sebuah diskusi di Jokowi-JK Center, Jakarta, Kamis (12/6/2014).

Dia menyayangkan kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi selama ini yang hanya bertaring untuk mengutak-utik soal tunjangan hari raya (THR) di SKK Migas, yang dinilainya tak seberapa. Padahal, ada yang lebih besar dari itu. Ada ratusan triliun kerugian negara akibat permainan mafia migas.

Dia pun berharap, visi-misi Jokowi-JK untuk memberangus mafia migas bisa terlaksana dan tidak berbelok atau disusupi kepentingan yang merugikan negara di bidang ketahanan energi, seperti saat ini.

"Akan tetapi, kalau hanya menang dan membiarkan Petral, saya tidak mau. Saya akan oposisi juga pada Jokowi. Saya tidak akan subyektif ke orang. Saya subyektif hanya pada Tuhan," ujarnya.

"Yang patut dipuja-puji hanya Tuhan. Dia (Jokowi) hanya bagian dari manusia yang patut diuji, apakah dia bagian dari yang terkena kontaminasi, atau yang memberi kontaminasi," katanya lagi.

Dalam kesempatan yang sama, pakar energi Darmawan Prasodjo menuturkan, kebocoran sebanyak 15 persen terjadi pada bahan bakar minyak bersubsidi. Dia mengatakan, jika subsidi BBM yang ditetapkan dalam APBN 2014 sebesar Rp 285 triliun, maka artinya ada Rp 42 triliun kerugian negara hilang akibat diselundupkan ke luar negeri.

"Subsidi transportasi di APBN Rp 285 triliun. BPH Migas dengan Pertamina mengakui karena BBM sangat murah kalau dijual keluar," kata Darmawan.

satu forum ini nazar dibotakin juga mungkin

ketawa guling ketawa guling
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by abu hanan on Sun Oct 26, 2014 11:10 am

nazar botak mah biasa..kalow nazar kasi makan sejuta fakir miskin itu baru nazarudin..nazar nan cocok sama kemanusiaan hahaha..

btw,sayah belum habis pikir tentang bbm agi tni dan polri..nih kisahnyah gimana?

kalow tni/polri melakukan transaksi beli dari pertamina,kira2 duitnyah darimana buat bayar?
karena bila setiap serdadu dari tamtama sampe jendral dapat subsidi gratis/jatah 10 liter tiap bulan maka bisa dibayangkan berapa milyar yang ditanggung warga sipil aka tukang becak,tukang bubur buat kasi jatah jendral?
subsidi dihapus atow tidak,tetap idem bahwa para jendral dengan jatah bulanan gratis adalah kaum fakir..

komisi 1 dpr tentu gak bakal berani investigasi penggunaan bbm subsidi karena kalow tni beli senjata kan komisi juga dapat jatah..hehehe..

pertanyaan akhir sesi ini,subsidi bbm itu apakah meliputi jatah gratis para serdadu?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by dee-nee on Sun Oct 26, 2014 8:12 pm

mbah abu wrote:pertanyaan akhir sesi ini,subsidi bbm itu apakah meliputi jatah gratis para serdadu?

Hmmm ga tau juga sih mbah .... saya lagi kecewa sama kabinet-nya Jokojek ...
ga "WOW" kalo kata metro .... apalagi kalo nyambung ke esdm dan bumn

walaupun masih tetap berpikir positif kabinet ini bisa amanah ....
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by dee-nee on Sat Nov 15, 2014 11:12 pm

mbah abu (dan teman2 yang lain)
BBM mau naik … ada dua artikel yang akan saya post setelah ini ….
Ada tanggapan ??

liputan6 wrote:5 Alasan Kenapa RI Harus Segera Naikkan Harga BBM

http://bisnis.liputan6.com/read/2096951/5-alasan-kenapa-ri-harus-segera-naikkan-harga-bbm

Liputan6.com, Jakarta - Subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang terlampau tinggi hingga mencapai ratusan triliun di Tanah Air telah lama mengguncang anggaran pengeluaran pemerintah. Para analis perekonomian negara menilai pemerintah harus segera memangkas jumlah subsidi BBm tersebut sebelum melakukan transisi ke pemerintahan yang baru.

Mengutip laman CNBC, Rabu (27/8/2014), laporan analis CIMB mengungkapkan, meski masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berakhir dalam dua bulan ke depan, tapi hal itu tidak menutup kemungkinan adanya kenaikan harga BBM sebelum Oktober.

Selama ini subsidi BBM memang dianggap cukup meresahkan mengingat besaran dananya dapat dialokasikan untuk sejumlah proyek insfrastruktur yabg perlu segera di bangun.

Sepanjang tahun ini, total subsidi energi diprediksi mencetak rekor hingga senilai lebih dari Rp 350 triliun. Jumlahnya mencapai sekitar 21 persen dari total anggaran pemerintah atau sekitar 3,4 persen dari produk domestik bruto.

Meskipun selama bertahun-tahun para pemain politik merasa takut menaikkan harga BBM secara agresif, CIMB memandang ada lima alasan penting mengapa SBY harus segera memangkas subsidi tersebut.

Tiga alasan pertama datang dari data ekonomi Indonesia sendiri yaitu inflasi, pertumbuhan ekonomi dan defisit transaksi berjalan yang kian membengkak.

Pertama, tingkat inflasi masih bergerak relatif dan sempat menurun pada Juli sebsar 4,5 persen dari 6,7 persen pada Juni. Penurunan inflasi tersebut terjadi setahun setelah pemerintah menaikkan harga BBM sebesar 22 persen-44 persen.

Meski begitu, risiko kenaikan harga BBM juga dapat terasa secara langsung. Pada Juli 2013, sebulan setelah SBY menaikkan harga BBM, tingkat inflasi menyentuh level tertinggi dalam empat tahun terakhir sebesar 8,61 persen.

Kedua, defisit transaksi berjalan Indonesia yang tercatat masih tinggi atau 4,3 persen dari PDB pada kuartal II. Data CIMB menjelaskan, pembengkakan tersebut dipicu impor minyak yang terlalu tinggi.

Para analis CIMB mengatakan, memangkas subsidi BBM dapat membuat penggunaannya semakin efisien.

Alasan ketiga adalah pertumbuhan ekonomi yang melambat tajam. Perekonomian Indonesia tercatat tumbuh 5,12 persen pada kuartal II-2014 atau yang paling lambat sejak 2009 khususnya karena ketegangan konflik Timur Tengah yang melambungkan harga minyak.

"Memangkas subsidi BBM dapat memberikan lebih banyak ruang fiskal pada pemerintah untuk mengalihkannya ke sektor infrastruktur dan secara bersamaan meningkatkan perekonomian masyarakat," ungkap para analis CIMB dalam laporannya.

Berikutnya, subsidi BBM tercatat lebih banyak dinikmati masyarakat kelas menengah ke atas dan dianggap kurang tepat sasaran. Subsidi tersebut tak banyak dirasakan rakyat-rakyat kecil.

Terakhir ekonom ANZ Daniel Wilson mengatakan, pemangkasan subsidi BBM dapat menuai reaksi positif dari pasar. Hal itu membuat para investor lebih tertarik membenamkan modalnya di Tanah Air. (Sis/Ndw)

versus ini

seruu wrote:Tiga Tuduhan Terhadap Subsidi BBM Yang Terbantahkan

http://utama.seruu.com/read/2014/11/08/233947/tiga-tuduhan-terhadap-subsidi-bbm-yang-terbantahkan

Jakarta, Seruu.com - Dalam running text di TVRI beberapa saat lalu, Presiden Jokowi mengatakan bahwa "kita (Indonesia) terjebak pada pemborosan subsidi BBM". Peneliti LSP Gede Sandra mencoba menjawab pernyataan tersebut.

"Sebenarnya ada cara untuk keluar dari jebakan subsidi, meminjam istilah Pak Jokowi. Hanya sayang mungkin informasi tentang alternatif solusi ini tidak sampai ke Beliau. Mungkin saja karena sengaja dihalang-halangi oleh orang-orang sekitarnya, termasuk oleh tim ekonominya sendiri yang beraliran konservatif-neoliberal. Sehingga karena kurang informasi tentang alternatif subsidi BBM, kemudian Beliau jadi merasa terjebak. Wajar saja, tapi kasihan," ujar Gede.

Seperti diketahui, pada hari yang sama peneliti senior Lingkaran Studi Indonesia (LSI) Toto Izul Fatah menyatakan bahwa tim ekonomi Jokowi tak mampu menanggapi usulan-usulan alternatif alternatif subsidi BBM dari para pakar termasuk DR Rizal Ramli tentang subsidi silang. Gede berusaha membedah lebih dalam usulan alternatif tentang subsidi silang ini.

"Sebenarnya solusi ini sangat sederhana namun mampu menjawab tiga aspek yang selalu dituduhkan sebagai kesalahan subsidi BBM selama ini. Yaitu tentang subsidi BBM salah sasaran, subsidi BBM merupakan insentif untuk penyelundupan BBM, dan subsidi BBM menggerogoti ruang fiskal anggaran," tutur Gede.

Seperti diketahui, konsep subsidi silang BBM yang dikemukakan oleh DR Rizal Ramli merupakan satu-satunya di dunia, alias belum pernah diterapkan di negara manapun. Caranya adalah dengan membagi BBM menjadi 2 kelas dengan oktan dan harga yang berbeda, yaitu BBM Rakyat di harga Rp6.500 dengan nilai oktan 83 dan BBM Super di harga Rp14.000 dengan oktan 88. BBM Rakyat dialokasikan sebanyak 30-40% dari kuota BBM nasional untuk konsumsi sepeda motor, ojek, odong-odong, angkutan umum, traktor petani, dan nelayan. Sedangkan BBM Super, sisanya sebanyak 60-70% dari kuota BBM nasional, untuk konsumsi mobil pribadi dan kendaraan mewah. Berdasarkan perhitungan kasar, bukannya harus mensubsidi sebesar Rp 250an triliun tahun depan, negara malah akan mendapatkan untung Rp 130an triliun. Artinya terdapat perbesaran ruang fiskal sebesar hampir Rp400 triliun dengan melakukan subsidi silang ini.

"Tuduhan pertama tentang subsidi BBM salah sasaran jelas sudah terbantahkan, bahwa 30-40% kuota BBM Rakyat yang masih disubsidi memang benar untuk masyarakat kelas bawah. Untuk para pemilik sepeda motor, tukang ojek, odong-odong, supir angkutan, petani, dan juga para nelayan. Dapat dipastikan juga, karena kebijakan subsidi silang ini memaksa masyarakat yang lebih mampu untuk membayar lebih mahal untuk BBM Super, maka ketimpangan pendapatan akan membaik-koefisien gini pasti akan mengecil," kata Gede.

Tuduhan kedua tentang BBM rentan diselundupkan pun dapat diredam dengan konsep ini. Karena di masyarakat lebih banyak beredar BBM Super yang harganya tinggi (Rp14.000), sekitar 60-70% kuota BBM nasional. Maka, dengan kondisi harga-harga BBM di negara-negara tetangga Indonesia yang lebih murah dari BBM Super, sehingga menjadi disinsentif untuk para mafia yang selama ini kaya raya dari penyelundupan BBM ke luar negeri. Jika para mafia mencoba selundupkan BBM Rakyat pun akan percuma saja, karena tidak akan laku mengingat bilangan oktannya yang terlalu rendah.

"Tuduhan yang ketiga juga terbantahkan. Dengan konsep subsidi silang, ruang fiskal yang terbuka nyaris sebesar Rp400 triliun. Jumlah yang sangat besar, sangat mampu digunakan untuk membiayai segala proyek infrastruktur dan hal-hal yang menurut Pak Jokowi produktif. Tentu nilai ini dapat tercapai dengan asumsi bahwa para konsumen kelas atas tidak lari ke pom-pom bensin asing. Makanya, jika konsep ini jadi diterapkan, harus ada aturan untuk para pengusaha pom bensin asing menyangkut penetapan harga minimal produk BBMnya," pungkas Gede. [bowo]

monggo

piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by dee-nee on Fri Apr 03, 2015 2:22 pm

lanjutan

http://www.laskarislam.com/t9204-bnptbadan-nasional-pemicu-teror-ato-pencegahan-teror#161749

Saya pribadi kok melihat issue "pemblokiran" ini tidak ada hubungannya dengan "kegagalan pemerintah/Jokowi" >>> artinya saya tidak melihat Jokowi berpikir dia gagal (wakakakakaka) >>> kesannya narsis ya

Kegagalan-kegagalan ini lah yg ingin pemerintah tutupi atau istilah lainnya meminimalisasi Musuhnya menjadi bertambah sehingga dikhawatirkan mengganggu stabilitas pemerintah. Siapa musuh baru pemerintah yg paling potensial? Yah Muslim2 moderat.

Kenaikan BBM tentu sedikit banyaknya sudah melahirkan musuh baru ini (muslim moderat) yg merasa kecewa. Cara yg paling mudah untuk tidak menambah musuh baru (apalagi kalangan moderat ini mayoritas di Indonesia) adalah mencari cara agar bagaimana muslim moderat ini lupa akan fokusnya untuk bisa ngga puas dengan urusan BBM / ekonomi

merah : sebetulnya .... gagal atau berhasil kebijakan Jokowi ... semua tergantung pendapat masing2 orang

terkait kenaikan harga BBM misalnya : dari awal pemerintah sudah bilang "Stop subsidi BBM" ... harga BBM akan mengikuti harga minyak dunia
>>> maka debat-nya

A. kalau mau nyalahin kenapa kok BBM naik ... ya salahkan harga minyak dunia yang naik ... kenapa naik ?? ya salahkan Liga Arab yang nyerang Yaman (kan memang begitu asal usul-nya kenapa minyak dunia naik) ....

walaupun disatu pihak ... kita (atau saya sebagai muslim) juga dilematis bicara tentang harga minyak dunia ini ...

misalnya : ketika harga minyak turun ... Nigeria mati2an meminta OPEC untuk menaikkan harga karena negara ini butuh pemasukan (dari ekspor minyak mereka) ... Nigeria butuh uang yang tujuannya juga untuk melawan boko haram >>> permintaan ga dipenuhi oleh OPEC ... hingga akhirnya Nigeria "terpaksa" menerima bantuan dari Israel hingga ... at the end Nigeria batal mendukung palestina di PBB

yah .. begitu2lah

B. kalau mau salahkan kebijakan pemerintah yang mencabut subsidi BBM ... ya mau bagaimana wong faktanya premium memang dipakai oleh sekian juta orang yang pakai BMW dan Mercedes ... artinya mereka juga mendapat subsidi yang sama dengan para supir angkot

sebetulnya masalah underline ini kan sudah dari jaman SBY jadi masalah : bahkan SBY sampai ngajak MUI bikin fatwa haram bagi orang kaya yang menggunakan premium bersubsidi

Jadi .... terkait kenaikan harga BBM >> menurut saya ... tidak sepenuhnya Jokowi merasa dirinya gagal (karena dia sudah tau bahwa rakyat pasti akan meronta2 dengan kenaikan BBM ini - AWALNYA)

tapi percaya sama saya ... berapa lama sih rakyat akan meronta2 ??

>>> lah mo gimana ?? ketika ditanya pendapat mereka tentang BBM naik ... rakyat bilang "yah sangat menyayangkan ya kebijakan Jokowi naikin harga BBM"
>>> tapi ketika ditanya tentang bantuan raskin ... rakyat bilang "yah sangat mendukung ya kebijakan Jokowi memberi bantuan raskin"

tergantung beritanya aja seperti apa ...

tentang yang ungu pun >>> ada dua sisi yang saya lihat disini >>> bayangkan perdebatan antara Jerman dan Yunani tentang krisis di Yunani

disatu pihak Yunani meraung2 karena Uni Eropa menolak memberi bantuan pada Yunani lalu bilang "kenapa eropa tidak mau bantu kami lagi ??"

dipihak lain Jerman bilang "ya kamu yang harus belajar hemat dong ... kerja keras kalau mau dapet uang ... ga cuma mengharap bantuan terus ... eropa juga sedang krisis kok masih dimintain uang terus"

jadi gimana kalau cara berpikir Jokowi seperti Jerman >>> sudah waktunya rakyat kerja keras ... belajar hemat ... ga tergantung dengan BBM subsidi pemerintah ... atau coba cari alternative sumber energi lain >>> karena faktanya BBM memang semakin mahal tergantung harga dunia

----------------------------

saya pribadi tidak melihat pemerintah yang baru jalan 5 bulan ini gagal ...

menurut saya satu2nya kegagalan Jokowi adalah sikap tidak independen dan sangat kompromistis dengan partai pendukung .... agak kecewa sih ... karena yang begini bisa jadi boomerang buat pemerintah itu sendiri

kecuali .... kalau Jokowi cukup lihai dalam berpolitik ....
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by abu hanan on Fri Jan 22, 2016 9:35 pm

energi terbarukan adalah..?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by dee-nee on Fri Jan 22, 2016 10:46 pm

@abu hanan wrote:energi terbarukan adalah..?

angin, matahari, air ... bahkan sampah pun bisa jadi energi

ada "gosip" bahwa setelah Timteng kacau balau ... atau katakanlah jatuh ke tangan si "anu"
maka 10 atau 15 thn lagi ... kondisi yang sama akan terjadi di wilayah tropis ... dimana diwilayah itu memang sangat berlimpah berkaitan dengan energi terbarukan ini

katanya negara2 di wilayah tropis itu utamanya adalah Afrika, Brazil dan Indonesia

siapa sih yang bilang untuk hati2 pada perang proxy ?? >>> Menhan ya kalau ga salah ?? ... yang katanya 2025 akan terjadi perang proxy dsb
ya ujung-nya nyangkut ke urusan energi terbarukan itu sendiri .... karena cadangan minyak sudah mulai habis
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by njlajahweb on Sat Jan 23, 2016 11:56 am

@Mbak Dee-Nee...
maaf saya ganti pertanyaanya...

kalau tentang energi,
saya pernah mendengar bahwa sudah ada daerah yang sudah memanfaatkan kotoran manusia sebagai sumber energi tapi tidak berbau, gimana menurut Mbak Dee-Nee...?


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Sat Jan 23, 2016 12:31 pm, total 2 kali diubah
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5961
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by dee-nee on Sat Jan 23, 2016 12:25 pm

@njlajahweb wrote:@Mbak Dee-Nee...

*ini saya kutip dari anda,

Berdasarkan perhitungan kasar, bukannya harus mensubsidi sebesar Rp 250an triliun tahun depan, negara malah akan mendapatkan untung Rp 130an triliun. Artinya terdapat perbesaran ruang fiskal sebesar hampir Rp400 triliun dengan melakukan subsidi silang ini.

*dalam kalimat diatas dikatakan bahwa:
"negara malah akan mendapatkan untung Rp 130an triliun.Artinya terdapat perbesaran ruang fiskal sebesar hampir Rp400 triliun dengan melakukan subsidi silang ini"


#seandainya pemerintah melakukan subsidi BBM, memang lebih baik dengan menerapkan sistem subsidi-silang,
dan seandainya sistem subsidi-silang tetap dipertahankan secara terus-menerus, menurut Mbak Dee-Nee, akankah indonesia tetap bisa bertahan?

itu tentang artikel di #63 ya .... sebetulnya itu dua artikel antara yang pro vs kontra terkait kenaikan BBM duluuuuuu banget (sebelum akhirnya BBM turun lagi) ... dua artikel itu saya posting sebagai gambaran antara pro vs kontra-nya .... jadi masing2 pembaca bisa memilih sendiri

saya pribadi setuju dengan kenaikan BBM (artinya artikel pertama) .... concern saya bukan tentang kenaikan harga BBM-nya ... tapi tentang efisiensi subsidi itu sendiri

tentang sistem subsidi silang Rizal Ramli ... bagus sih bagus ... tapi implementasi-nya yang menurut saya susah diterapkan

piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by njlajahweb on Sat Jan 23, 2016 12:44 pm

@Mbak Dee-Nee...

*ini dari kutipan Mbak Dee-Nee:
"menurut saya satu2nya kegagalan Jokowi adalah sikap tidak independen dan sangat kompromistis dengan partai pendukung .... agak kecewa sih ... karena yang begini bisa jadi boomerang buat pemerintah itu sendiri"

*dari kutipan diatas ini, saya jadi inget, dulu saya pernah mendengar ada isu-isu bahwa bu megawati ada dibalik jokowi, gimana menurut Mbak Dee-Nee...?

(maaf, pertanyaanku ini nggak penting-penting amat, jadi dilewatin aja deh, anggap aja angin lalu)
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5961
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by dee-nee on Sat Jan 23, 2016 3:09 pm

@njlajahweb wrote:@Mbak Dee-Nee...

*ini dari kutipan Mbak Dee-Nee:
"menurut saya satu2nya kegagalan Jokowi adalah sikap tidak independen dan sangat kompromistis dengan partai pendukung .... agak kecewa sih ... karena yang begini bisa jadi boomerang buat pemerintah itu sendiri"

*dari kutipan diatas ini, saya jadi inget, dulu saya pernah mendengar ada isu-isu bahwa bu megawati ada dibalik jokowi, gimana menurut Mbak Dee-Nee...?

(maaf, pertanyaanku ini nggak penting-penting amat, jadi dilewatin aja deh, anggap aja angin lalu)

merah : ga jauh beda dari awal pilpres sampai sekarang ... pendapat saya masih yang ini :

http://www.laskarislam.com/t8287p200-presiden-wakil-presiden-yang-pantas-untuk-indonesia

post #224

intermezo sebentar tentang mega wrote:Buat saya ... masa (era) nya mega sudah selesai ... ibaratnya "she's not even a player in this pilpres anymore"  
karena ada sebab akibat diatas itu tadi .... sebab apa yang dia lakukan selama ini (bold merah) ... akibatnya tidak ada yang mau milih dia

katakanlah dia ada di belakang jokowi (jokowi boneka mega) .... menurut saya mega tetap tidak berbuat apa2 dengan keputusan jokowi bila jokowi sudah didukung rakyat ... jadi yang megang kartu as sebetulnya jokowi ... bukan mega (menurut saya loh ya)

maksud saya begini : kita ambil contoh Risma ... yang menolak risma kan dari pdip sendiri .... mega sebagai ketum tidak bisa berbuat apa2 bila risma sudah didukung rakyat .... sebetulnya mega itu justru sudah terikat dengan slogan "pro-rakyat" yang dia buat2 sendiri ... karena dia ga mungkin memihak kader pdip yang tidak disukai rakyat ... jadi mega sangat tergantung pada bagaimana dukungan rakyat terhadap si kader

Jadi katakanlah kebijakan mega sebagai ketum bersifat politis bagi para kadernya di pemerintahan. Tapi bagaimanapun pemerintahan ini bergerak ... menurut saya semua tergantung dari kebijakan Jokowi - JK ... mega cuma berguna untuk menguatkan kebijakan itu di parlemen atas nama Jokowi ... mega sudah tidak bisa menarik simpati rakyat (apalagi kalau dia ngejar untuk jadi presiden lagi)

Misal :
Jokowi bikin kebijakan yang benar .... mega mendukung .... jkw yang dapat nilai plus (bukan mega)
Jokowi bikin kebijakan yang benar .... mega ga dukung .... jkw nilai plus ... mega nilai minus
Jokowi bikin kebijakan yang salah .... mega ga dukung .... jkw nilai minus (mega tetap ga dapat nilai apa2)
Jokowi bikin kebijakan yang salah ... mega mendukung .... dua2nya dapat nilai minus

Ini pendapat saya loh ya .... baik buruknya kinerja jokowi ... diluar darimana kebijakan itu berasal .... tidak ada nilai baik apapun bagi mega ... justru ngaruhnya ke jokowi.
Menurut saya .. dalam video game ... mega itu sudah game over ... justru pemainnya adalah jokowi, yang harus pinter2 nyari dukungan rakyat (apalagi dengan kemungkinan dia akan banyak diserang bila dia jadi presiden)  

Sebetulnya .. ilustrasi misal diatas juga menunjukkan ... sekarang Mega cuma bisa main aman ... supaya image nya tidak makin jatuh  

yang ungu say

piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by njlajahweb on Sat Jan 23, 2016 10:28 pm

tankyouuuuuu mysay... terimakasih infonya


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Fri Feb 05, 2016 2:13 pm, total 1 kali diubah
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5961
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by abu hanan on Fri Feb 05, 2016 1:00 pm

sik toh..kok jadi lupa mau nulis apa disini?
ngupil


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by isaku on Fri Mar 04, 2016 2:39 pm

Jadi lebih menguntungkan mana kilang di darat apa di laut?

ngupil

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by dee-nee on Fri Mar 04, 2016 3:15 pm

@isaku wrote:Jadi lebih menguntungkan mana kilang di darat apa di laut?

ngupil

nebeng tulisan mbah abu

@abu hanan wrote:sik toh..kok jadi lupa mau nulis apa disini?
ngupil
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by abu hanan on Wed Mar 09, 2016 5:50 am

kilang darat dan kilang laut...hmmm..rasanya ini yang pengen sayah tulis..belanja bahan dulu ah..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari bicara Energi / BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 3 Previous  1, 2, 3

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik