FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Halaman 2 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by alex77 on Thu Jun 20, 2013 6:15 pm

First topic message reminder :

kapan puasa pertama kali  mulai dilaksanakan sebulan penuh..?
dan sejak kapan menjadi sebuah kewajiban..

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down


Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by alex77 on Tue Jul 09, 2013 4:14 pm

@dhans wrote:
@alex77 wrote:tak adakah umat muslim yang cerdas yang mampu menjelaskan..?

pertanyaanmu cerdas ga...??apa korelasinya tanggal puasa pertama dengan perintah puasa yang sudah jelas dari tuhan...??

bung dhans... di sini saya tidak menanyakan tanggal...

QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

diwajibkan berpuasa sebagaimana orang2 sebelum kamu...
orang2 sebelum islam tidak ada diwajibkan berpuasa..


alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by isaku on Tue Jul 09, 2013 5:10 pm

alex wrote:bung dhans... di sini saya tidak menanyakan tanggal...
pertanyaannya udah ganti ya? :D

alex wrote:orang2 sebelum islam tidak ada diwajibkan berpuasa..
klaim ini ada dasarnya?

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by alex77 on Tue Jul 09, 2013 5:21 pm

@isaku wrote:
alex wrote:bung dhans... di sini saya tidak menanyakan tanggal...
pertanyaannya udah ganti ya? :D

silakah di simak baik2 post #1... adakah saya menanyakan tanggal..?
yng saya tanyakan adalah sejak kapan..? bisa saja di jawab sejak zaman A, B, C, dst
emang kalau saya tanya tanggal bisa jawab..?

@isaku wrote:
alex wrote:orang2 sebelum islam tidak ada diwajibkan berpuasa..
klaim ini ada dasarnya?

justru alquran yang mengklaim orang sebelum islam menjalankan kewajiban puasa..
makanya saya katakan tidak ada kewajiban..

kl ada dasar anda bilang ada itu apa..?

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by isaku on Tue Jul 09, 2013 5:58 pm

alex wrote:silakah di simak baik2 post #1... adakah saya menanyakan tanggal..?
yng saya tanyakan adalah sejak kapan..? bisa saja di jawab sejak zaman A, B, C, dst
emang kalau saya tanya tanggal bisa jawab..?
kalo begitu sudah terjawab di post #11

alex wrote:justru alquran yang mengklaim orang sebelum islam menjalankan kewajiban puasa..
makanya saya katakan tidak ada kewajiban..

kl ada dasar anda bilang ada itu apa..?
dasarnya apa anda membantah???

diskusi yg enak kan 2 arah... maunya disuapin aja...

Est 4:16
"Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati."

Kis 14:23
Di tiap-tiap jemaat rasul-rasul itu menetapkan penatua-penatua bagi jemaat itu dan setelah berdoa dan berpuasa, mereka menyerahkan penatua-penatua itu kepada Tuhan, yang adalah sumber kepercayaan mereka.

Nah
bawa referensi anda yg bilang orang2 dahulu g puasa.




isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by alex77 on Tue Jul 09, 2013 6:03 pm

@dhans wrote:

tradisi siapa..??sampeyan ga faham tu ayat al quran yg udh di copas mas...???

Kita mengikuti apa yang diperintahkan Oleh Tuhan diajarkan syariat terakhir oleh nabi saw, dan  telah tertulis...??bagaimana dengan mu...tradisi siapakah yang kamu ikuti dengan menghilangkan Puasa...??sedangkan tuhan dan umat2 di PL sudh mengisyaratkan Puasa...

memang harus syarat apalagi bagi muslim untuk berpuasa..???Al QUran dan Muhammad saw dalam hadis sudh menjelaskan perintah puasa dan orang2 terdahulu yang telah melakukannya sebagai bentuk ibadah...lalu apa essensinya ingin tau tanggal pertama puasa yang tidak akan menambah nilai puasa atau menambah keimanan seseorang...??

Cukuplah bagi Umau islam mengetahui puasa yang sudh di lakukan umat2 terdahulu kemudian di sempurnakan syariat maupun pelaksanaannya oleh Nabi saw...

Konsep berpuasa sama sekali tidak ditemukan oleh Muhammad seorang dari surga lewat wahyu Allah SWT, melainkan ditemukan lewat praktek-praktek dari orang Yahudi dan Quraisy di zaman pra-islamik, lalu di tiru oleh Muhammad sebagai bagian pokok dari ajaran Islam dalam rukun-rukunnya.
Muhammad melakukan puasa dengan ikut-ikutan puasa Ashura Yahudi—hanya karena Muhammad tak mau dianggap kalah-hak atas warisan Musa!

Bukhari Volume 3, Book 31, Number 222:
Diriwayatkan Ibn 'Abbas: Nabi datang ke Medina lalu melihat orang-orang Yahudi sedang berpuasa pada hari Ashura. Beliau bertanya tentang hal tersebut. Dan merekapun menjawab, “Ini adalah hari baik, hari dimana Allah melepaskan Bani Israel dari musuh mereka. Maka Musa berpuasa pada hari tersebut. Nabi berkata, “Kami lebih berhak dengan Musa ketimbang kalian.” Oleh karena itu Nabipun melakukan puasa pada hari itu seraya memerintahkan (kepada Muslim) untuk berpuasa (pada hari itu).

@dhans wrote:
Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Syahin Al Washithiy telah menceritakan kepada kami Khalid bin 'Abdullah dari Khalid Al Hadzdza' dari Abu Qalabah berkata, telah mengabarkan kepada saya Abu Al Malih berkata; .........
lalu Beliau berkata: .............Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: \"Tidak ada shaum melebihi shaumnya Nabi Daud Aalaihissalam yang merupakan separuh shaum dahar, dia berpuasa sehari dan berbuka sehari\"....[HR..Bukhari 1844]

anda tau puasa daud spt apa..?
apa latar belakang daud berpuasa..?
tidak di kenal istilah puasa sehari, berbuka sehari..

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by alex77 on Tue Jul 09, 2013 6:57 pm

@isaku wrote:
kalo begitu sudah terjawab di post #11
saya kutib ayatnya:
QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan,
di situ di katakan beberapa hari... bukan sebulan..

@isaku wrote:
dasarnya apa anda membantah???

diskusi yg enak kan 2 arah... maunya disuapin aja...

Est 4:16  
"Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati."

Kis 14:23  
Di tiap-tiap jemaat rasul-rasul itu menetapkan penatua-penatua bagi jemaat itu dan setelah berdoa dan berpuasa, mereka menyerahkan penatua-penatua itu kepada Tuhan, yang adalah sumber kepercayaan mereka.

Nah
bawa referensi anda yg bilang orang2 dahulu g puasa.


anda perhatikan di situ tujuan berpuasanya apa, latar belakangnya apa, dan bukan merupakan suatu kewajiban yang rutinitas...

Est 4:16  
"Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati."

di sini ester sedang memohon kepada raja Ahasyweros (anda perhatikan ayat2 berikutnya):
7:3 Maka jawab Ester, sang ratu: "Ya raja, jikalau hamba mendapat kasih raja dan jikalau baik pada pemandangan raja, karuniakanlah kiranya kepada hamba nyawa hamba atas permintaan hamba, dan bangsa hamba atas keinginan hamba.
7:4 Karena kami, hamba serta bangsa hamba, telah terjual untuk dipunahkan, dibunuh dan dibinasakan. Jikalau seandainya kami hanya dijual sebagai budak laki-laki dan perempuan, niscaya hamba akan berdiam diri, tetapi malapetaka ini tiada taranya di antara bencana yang menimpa raja."

Kis 14:23  
Di tiap-tiap jemaat rasul-rasul itu menetapkan penatua-penatua bagi jemaat itu dan setelah berdoa dan berpuasa, mereka menyerahkan penatua-penatua itu kepada Tuhan, yang adalah sumber kepercayaan mereka.

siapa di situ yang berpuasa..?
rasul2 bukan...
kenapa mereka berpuasa.. krn mereka mereka sedang menetapkan Penatua-penatua bagi jemaat di situ..
jadi berpuasa di situ bukanlan suatu kewajiban yang rutinitas...
tp lebih untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dalam rangka menetapkan penatua jemaat..

@isaku wrote:
Nah
bawa referensi anda yg bilang orang2 dahulu g puasa.

puasa yang Tuhan kehendaki bukanlah puasa yang kalian pikirkan dan lakukan

dalam Kitab Yesaya:
58:3 "Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?" Sesungguhnya, pada hari puasamu engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu.

58:4 Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi.

58:5 Sungguh-sungguh inikah berpuasa yang Kukehendaki, dan mengadakan hari merendahkan diri, jika engkau menundukkan kepala seperti gelagah dan membentangkan kain karung dan abu sebagai lapik tidur? Sungguh-sungguh itukah yang kausebutkan berpuasa, mengadakan hari yang berkenan pada TUHAN?

58:6 Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk,

58:7 supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!


jelas bukan... kenapa berpuasa makan dan minum bukanlah merupakan suatu kewajiban...

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by dhans on Wed Jul 10, 2013 11:39 am

@alex77 wrote:
@dhans wrote:

tradisi siapa..??sampeyan ga faham tu ayat al quran yg udh di copas mas...???

Kita mengikuti apa yang diperintahkan Oleh Tuhan diajarkan syariat terakhir oleh nabi saw, dan  telah tertulis...??bagaimana dengan mu...tradisi siapakah yang kamu ikuti dengan menghilangkan Puasa...??sedangkan tuhan dan umat2 di PL sudh mengisyaratkan Puasa...

memang harus syarat apalagi bagi muslim untuk berpuasa..???Al QUran dan Muhammad saw dalam hadis sudh menjelaskan perintah puasa dan orang2 terdahulu yang telah melakukannya sebagai bentuk ibadah...lalu apa essensinya ingin tau tanggal pertama puasa yang tidak akan menambah nilai puasa atau menambah keimanan seseorang...??

Cukuplah bagi Umau islam mengetahui puasa yang sudh di lakukan umat2 terdahulu kemudian di sempurnakan syariat maupun pelaksanaannya oleh Nabi saw...

Konsep berpuasa sama sekali tidak ditemukan oleh Muhammad seorang dari surga lewat wahyu Allah SWT, melainkan ditemukan lewat praktek-praktek dari orang Yahudi dan Quraisy di zaman pra-islamik, lalu di tiru oleh Muhammad sebagai bagian pokok dari ajaran Islam dalam rukun-rukunnya.
Muhammad melakukan puasa dengan ikut-ikutan puasa Ashura Yahudi—hanya karena Muhammad tak mau dianggap kalah-hak atas warisan Musa!

Bukhari Volume 3, Book 31, Number 222:
Diriwayatkan Ibn 'Abbas: Nabi datang ke Medina lalu melihat orang-orang Yahudi sedang berpuasa pada hari Ashura. Beliau bertanya tentang hal tersebut. Dan merekapun menjawab, “Ini adalah hari baik, hari dimana Allah melepaskan Bani Israel dari musuh mereka. Maka Musa berpuasa pada hari tersebut. Nabi berkata, “Kami lebih berhak dengan Musa ketimbang kalian.” Oleh karena itu Nabipun melakukan puasa pada hari itu seraya memerintahkan (kepada Muslim) untuk berpuasa (pada hari itu).

ga mau kalah dari mana...??itu hanya logat khas penghujat nabi saw saja...yang di gambarkan disitu adalah bahwa umat yahudi saat kenabiaannya sudh seharusnya mengikuti syariat terbaru dari TuhanNya...lah wong TuhanNya sama dengan Musa As ko dibilang tidk mau kalah.....mengikuti perintah tuhan ko dibilang ikut2an...memang harusnya membantahNya macam kalian itu...

yang diperintahkan pun sahabat dahulu saat itu...

Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Isma'il dari Ayyub dari Nafi' dari Ibnu'Umar radliallahu 'anhuma berkata: \"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melaksanakan puasa hari 'Asyura' (10 Muharam) lalu memerintahkan (para sahabat) untuk melaksanakannya pula. Setelah Allah mewajibklan puasa Ramadhan, maka puasa hari 'Asyura' ditinggalkan. Dan 'Abdullah bin 'Umar radliallahu 'anhu tidaklah melaksanakan puasa hari 'Asyura' kecuali bila bertepatan dengan hari-hari puasa yang biasa dikerjakannya\"...[bukhari 1892]

hadis yang saya referensikan hanya untuk menggambarkan bahwa puasa merupakan ibadah dari zaman dahulu kala...bukan berarti untuk diikuti caranya, waktunya, niatnya, dll, setelah wahyu2 mengenai puasa syariat terakhir turun...

@alex77 wrote:
@dhans wrote:
Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Syahin Al Washithiy telah menceritakan kepada kami Khalid bin 'Abdullah dari Khalid Al Hadzdza' dari Abu Qalabah berkata, telah mengabarkan kepada saya Abu Al Malih berkata; .........
lalu Beliau berkata: .............Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: \"Tidak ada shaum melebihi shaumnya Nabi Daud Aalaihissalam yang merupakan separuh shaum dahar, dia berpuasa sehari dan berbuka sehari\"....[HR..Bukhari 1844]

anda tau puasa daud spt apa..?
apa latar belakang daud berpuasa..?
tidak di kenal istilah puasa sehari, berbuka sehari..
[/quote]

untuk apa...??apa intinya..??

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by SEGOROWEDI on Wed Jul 10, 2013 11:48 am

@SEGOROWEDI wrote:baca ini:

QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
QS. 2:184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu.
QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan,


siapa orang sebelum kamu yang puasa bulan ramadan???

gimana slim?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by dhans on Wed Jul 10, 2013 12:23 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@SEGOROWEDI wrote:baca ini:

QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
QS. 2:184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu.
QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan,


siapa orang sebelum kamu yang puasa bulan ramadan???

gimana slim?

gimana apanya pir...?
baca ayat2 alquran yang sudh di terjemahkan saja belon becus....

coba jangan kau sunat2 dan asal2 sambung...coba kau lengkapi dahulu, lalu gunakan akal sehatmu, lalu lihat siapa yang dimaksud orang2 yang dimaksud dalam 2.185....

pahami secara kontekstual, bersambung..bukan KATA PER KATA macam kebiasaanmu baca Alkitab...

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by isaku on Wed Jul 10, 2013 1:26 pm

alex wrote:di situ di katakan beberapa hari... bukan sebulan..
saran saya kalau membaca yg tuntas, pahami kalimatnya baru membantah.

QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain......... dst.

beberapa hari itu adalah bulan ramadhan

jadi yg dimaksud adalah satu bulan ramadhan.

alex wrote:puasa yang Tuhan kehendaki bukanlah puasa yang kalian pikirkan dan lakukan

dalam Kitab Yesaya:
58:3 "Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?" Sesungguhnya, pada hari puasamu engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu.

58:4 Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi.

58:5 Sungguh-sungguh inikah berpuasa yang Kukehendaki, dan mengadakan hari merendahkan diri, jika engkau menundukkan kepala seperti gelagah dan membentangkan kain karung dan abu sebagai lapik tidur? Sungguh-sungguh itukah yang kausebutkan berpuasa, mengadakan hari yang berkenan pada TUHAN?

58:6 Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk,

58:7 supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!
menarik :D
begitu dong bawa reff..

1. terima kasih penjelasan anda tentang ester, saya hanya ambil contoh yg sy temukan saja.
2. yesaya yg anda bawa ttg puasa justru lebih tepat dan malah memperkuat model puasa muslim. :D

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya melainkan hanya rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thabrani)
“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari)
"Puasa adalah perisai, maka apabila salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah ia berkata kotor dan janganlah bertengkar dengan mengangkat suara. Jika dia dicela dan disakiti, maka katakanlah, 'saya sedang berpuasa'."     (HR. Muslim).
Dari Anas r.a. Rasulullah ditanya: "sedekah manakah yang paling utama?" Beliau menjawab; "sedekah dibulan Ramadhan" (HR. Turmudzi)
“Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.” (HR. At Tirmidzi, beliau berkata, “Hadits Hasan Shahih”)

jadi tidak semata menahan haus dan lapar, juga melaksanakan kebaikan2 lainnya.
Anda tau fidyah? yaitu keringanan yg diberikan untuk mereka yg tdk sanggup puasa.. dengan cara:  memberi makan orang miskin

alex wrote:jelas bukan... kenapa berpuasa makan dan minum bukanlah merupakan suatu kewajiban...
menurut saya justru sebaliknya, coba deh anda pelajari lagi

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by SEGOROWEDI on Wed Jul 10, 2013 3:10 pm

@dhans wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@SEGOROWEDI wrote:baca ini:

QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
QS. 2:184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu.
QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan,


siapa orang sebelum kamu yang puasa bulan ramadan???

gimana slim?

gimana apanya pir...?
baca ayat2 alquran yang sudh di terjemahkan saja belon becus....

coba jangan kau sunat2 dan asal2 sambung...coba kau lengkapi dahulu, lalu gunakan akal sehatmu, lalu lihat siapa yang dimaksud orang2 yang dimaksud dalam 2.185....

pahami secara kontekstual, bersambung..bukan KATA PER KATA macam kebiasaanmu baca Alkitab...

lha saya tampilin poin-poinnya kan justeru untuk menunjukkan konteksnya bahwa puasa dimaksud adalah puasa ramadan..
pertanyaannya: mana umat sebelumnya yang puasa ramadan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by dhans on Thu Jul 11, 2013 8:57 am

@SEGOROWEDI wrote:
@dhans wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@SEGOROWEDI wrote:baca ini:

QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
QS. 2:184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu.
QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan,


siapa orang sebelum kamu yang puasa bulan ramadan???

gimana slim?

gimana apanya pir...?
baca ayat2 alquran yang sudh di terjemahkan saja belon becus....

coba jangan kau sunat2 dan asal2 sambung...coba kau lengkapi dahulu, lalu gunakan akal sehatmu, lalu lihat siapa yang dimaksud orang2 yang dimaksud dalam 2.185....

pahami secara kontekstual, bersambung..bukan KATA PER KATA macam kebiasaanmu baca Alkitab...

lha saya tampilin poin-poinnya kan justeru untuk menunjukkan konteksnya bahwa puasa dimaksud adalah puasa ramadan..
pertanyaannya: mana umat sebelumnya yang puasa ramadan?

point di ayat 185 emang Puasa Ramadhan.... tapi kalau mau dihubungkan ke ayat 183, lalu sampeyan ambil "org2 terdahulunya"...itu letak ke - dudulan - mu say...

2. 183 Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

"orang2 sebelum kamu" hanya Objek nya saja...sedangkan subjeknya adalah Umat Islam dimulai Pada zaman Muhammad saw...!..ITU yang menjadi subjek pada KONTEKS dari ayat 183 - 185....aku kaya ngajari anak SLB...

sampe sini masih belom paham...??

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by alex77 on Thu Jul 11, 2013 1:57 pm

@isaku wrote:
saran saya kalau membaca yg tuntas, pahami kalimatnya baru membantah.

QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain......... dst.

beberapa hari itu adalah bulan ramadhan

jadi yg dimaksud adalah satu bulan ramadhan.

lhaa... sudah jelas di sebut di situ beberapa hari..
beberapa hari pada bulan ramadan...

berpuasa pada bulan itu
di situ bukan dikatakan berpuasa selama bulan itu tetapi pada bulan itu...
merujuk ke awal ayat, artinya beberapa hari pada bulan itu..

@isaku wrote:
menarik :D
begitu dong bawa reff..

1. terima kasih penjelasan anda tentang ester, saya hanya ambil contoh yg sy temukan saja.
2. yesaya yg anda bawa ttg puasa justru lebih tepat dan malah memperkuat model puasa muslim. :D

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya melainkan hanya rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thabrani)
“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari)
"Puasa adalah perisai, maka apabila salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah ia berkata kotor dan janganlah bertengkar dengan mengangkat suara. Jika dia dicela dan disakiti, maka katakanlah, 'saya sedang berpuasa'."     (HR. Muslim).
Dari Anas r.a. Rasulullah ditanya: "sedekah manakah yang paling utama?" Beliau menjawab; "sedekah dibulan Ramadhan" (HR. Turmudzi)
“Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.” (HR. At Tirmidzi, beliau berkata, “Hadits Hasan Shahih”)

jadi tidak semata menahan haus dan lapar, juga melaksanakan kebaikan2 lainnya.
Anda tau fidyah? yaitu keringanan yg diberikan untuk mereka yg tdk sanggup puasa.. dengan cara:  memberi makan orang miskin
1. contoh anda tidak menunjukan sebuah kewajiban ibadah..
2. anda perhatikan baik2 ayat tersebut:

seperti apa berpuasa yang di maksudoleh Tuhan:

58:6 Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk,

58:7 supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!

Tuhan tidak mewajibkan puasa makan dan minum..



@isaku wrote:menurut saya justru sebaliknya, coba deh anda pelajari lagi

lha... saya sdh beri refernsinya..
malahan ayat2 yang anda kutip dalam PL dan PB, tidak menunjukan adanya kewajiban berpuasa makan dan minum..

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by isaku on Thu Jul 11, 2013 2:23 pm

alex wrote:lhaa... sudah jelas di sebut di situ beberapa hari..
beberapa hari pada bulan ramadan...

berpuasa pada bulan itu
di situ bukan dikatakan berpuasa selama bulan itu tetapi pada bulan itu...
merujuk ke awal ayat, artinya beberapa hari pada bulan itu..
semoga terjemahan yg ini bisa membantu anda

QS 2:185 The month of Ramadhan [is that] in which was revealed the Qur'an, a guidance for the people and clear proofs of guidance and criterion. So whoever sights [the new moon of] the month, let him fast it; and whoever is ill or on a journey - then an equal number of other days. Allah intends for you ease and does not intend for you hardship and [wants] for you to complete the period and to glorify Allah for that [to] which He has guided you; and perhaps you will be grateful.

alex wrote:1. contoh anda tidak menunjukan sebuah kewajiban ibadah..
2. anda perhatikan baik2 ayat tersebut:

seperti apa berpuasa yang di maksudoleh Tuhan:

58:6 Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk,

58:7 supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!

menurut saya artinya adalah;
berpuasa yg Kukehendaki adalah berpuasa dengan amalan item 58:6 dan 58:7 diatas bukan dengan amalan 58:4 dan 58:5.

alex wrote:Tuhan tidak mewajibkan puasa makan dan minum..
jgn terlalu yakin, banyak sekali contoh di bible ttg puasa piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by alex77 on Thu Jul 11, 2013 2:32 pm

@dhans wrote:

ga mau kalah dari mana...??itu hanya logat khas penghujat nabi saw saja...yang di gambarkan disitu adalah bahwa umat yahudi saat kenabiaannya sudh seharusnya mengikuti syariat terbaru dari TuhanNya...lah wong TuhanNya sama dengan Musa As ko dibilang tidk mau kalah.....mengikuti perintah tuhan ko dibilang ikut2an...memang harusnya membantahNya macam kalian itu...

yang diperintahkan pun sahabat dahulu saat itu...

Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Isma'il dari Ayyub dari Nafi' dari Ibnu'Umar radliallahu 'anhuma berkata: \"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melaksanakan puasa hari 'Asyura' (10 Muharam) lalu memerintahkan (para sahabat) untuk melaksanakannya pula. Setelah Allah mewajibklan puasa Ramadhan, maka puasa hari 'Asyura' ditinggalkan. Dan 'Abdullah bin 'Umar radliallahu 'anhu tidaklah melaksanakan puasa hari 'Asyura' kecuali bila bertepatan dengan hari-hari puasa yang biasa dikerjakannya\"...[bukhari 1892]

hadis yang saya referensikan hanya untuk menggambarkan bahwa puasa merupakan ibadah dari zaman dahulu kala...bukan berarti untuk diikuti caranya, waktunya, niatnya, dll, setelah wahyu2 mengenai puasa syariat terakhir turun...

kok menghujat sih...
sudah jelas di situ dikatakan muhammad:
“Kami lebih berhak dengan Musa ketimbang kalian.”

itukan sebuah kalimat ego..

saya tambahin lagi..

no. 223
Diriwayatkan Abu Musa: Hari 'Ashura' dianggap sebagai 'Hari Id’ oleh kaum Yahudi. Maka Nabi memerintahkan, “Aku memujikan kepada kalian (Muslim) untuk berpuasa pada hari ini

no. 224
Diriwayatkan oleh Ibn 'Abbas: Saya tak pernah melihat Nabi begitu memilih hari (yang diinginkannya) untuk berpuasa selain hari ini, yaitu hari 'Ashura', atau bulan ini, yaitu bulan  Ramadhan

anda lihat dengan jelaskan, bahwa puasa disitu adalah perintah muhammad..

saya tambahin lagi:

No. 117
Diriwayatkan Aisha: (Suku) Quraisy biasa berpuasa pada hari Ashura dalam zaman pra-Islam, maka Rasul Allah memerintahkan (Muslim) untuk berpuasa pada saat itu hingga diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan; tatkala mana Nabi lalu berkata:  “Mereka yang mau berpuasa (pada Ashura) silahkan berpuasa, dan mereka yang tidak mau berpuasa juga boleh

anda lihat, bagaimana kebiasaan orang quraisy melaksanakan puasa ashura yang merupakan  peringatan “hari baik, hari dimana Allah melepaskan Bani Israel dari musuh mereka", coba di ubah oleh muhammad, hingga di wajibkan berpuasa pada bulan ramadan.

@dhans wrote:
@alex77 wrote:
@dhans wrote:
Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Syahin Al Washithiy telah menceritakan kepada kami Khalid bin 'Abdullah dari Khalid Al Hadzdza' dari Abu Qalabah berkata, telah mengabarkan kepada saya Abu Al Malih berkata; .........
lalu Beliau berkata: .............Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: \"Tidak ada shaum melebihi shaumnya Nabi Daud Aalaihissalam yang merupakan separuh shaum dahar, dia berpuasa sehari dan berbuka sehari\"....[HR..Bukhari 1844]

anda tau puasa daud spt apa..?
apa latar belakang daud berpuasa..?
tidak di kenal istilah puasa sehari, berbuka sehari..


untuk apa...??apa intinya..??

kok untuk apa..?
bukan kan di situ dikatakan berpuasa yang terbaik adalah puasa daud..?
berarti apa yang dilakukan muhammad bukanlah puasa yg terbaik..

bagaimana bisa di katakan pembaharuan, kalau bukan menjadi yang lebih bai..?

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by dhans on Thu Jul 11, 2013 3:37 pm

@alex77 wrote:
kok menghujat sih...
sudah jelas di situ dikatakan muhammad:
“Kami lebih berhak dengan Musa ketimbang kalian.”

itukan sebuah kalimat ego..

saya tambahin lagi..

no. 223
Diriwayatkan Abu Musa: Hari 'Ashura' dianggap sebagai 'Hari Id’ oleh kaum Yahudi. Maka Nabi memerintahkan, “Aku memujikan kepada kalian (Muslim) untuk berpuasa pada hari ini

no. 224
Diriwayatkan oleh Ibn 'Abbas: Saya tak pernah melihat Nabi begitu memilih hari (yang diinginkannya) untuk berpuasa selain hari ini, yaitu hari 'Ashura', atau bulan ini, yaitu bulan  Ramadhan

anda lihat dengan jelaskan, bahwa puasa disitu adalah perintah muhammad..

saya tambahin lagi:

No. 117
Diriwayatkan Aisha: (Suku) Quraisy biasa berpuasa pada hari Ashura dalam zaman pra-Islam, maka Rasul Allah memerintahkan (Muslim) untuk berpuasa pada saat itu hingga diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan; tatkala mana Nabi lalu berkata:  “Mereka yang mau berpuasa (pada Ashura) silahkan berpuasa, dan mereka yang tidak mau berpuasa juga boleh

anda lihat, bagaimana kebiasaan orang quraisy melaksanakan puasa ashura yang merupakan  peringatan “hari baik, hari dimana Allah melepaskan Bani Israel dari musuh mereka", coba di ubah oleh muhammad, hingga di wajibkan berpuasa pada bulan ramadan.

ah itu menurutmu...karena pada saat itu Umat Musa as bukan menyembah pada Allah swt...oleh karena nya Muhammad saw menyampaikan demikian...

perintah muhammad gimana..??kalau ada persamaan ibadah dari org terdahlu itu mungkin saja karena mungkin berasal dari sumber yang sama...selama itu benar dan sama maka Muhammad akan melakukannya, kalau ada yang salah atau di nasakh, maka akan dilakukan sesuai dengan syariat terbarunya...dan bukan berarti mengubah segalanya...

kalau keliatan sama dibilang mencontek, kalau berbeda dibilang muhammad yang memerintahkan....basi 

apa yg disampaikan muhammad adalah syariat terakhir...fahami ini...


alex wrote:
@dhans wrote:
@alex77 wrote:
@dhans wrote:
Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Syahin Al Washithiy telah menceritakan kepada kami Khalid bin 'Abdullah dari Khalid Al Hadzdza' dari Abu Qalabah berkata, telah mengabarkan kepada saya Abu Al Malih berkata; .........
lalu Beliau berkata: .............Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: \"Tidak ada shaum melebihi shaumnya Nabi Daud Aalaihissalam yang merupakan separuh shaum dahar, dia berpuasa sehari dan berbuka sehari\"....[HR..Bukhari 1844]

anda tau puasa daud spt apa..?
apa latar belakang daud berpuasa..?
tidak di kenal istilah puasa sehari, berbuka sehari..


untuk apa...??apa intinya..??

kok untuk apa..?
bukan kan di situ dikatakan berpuasa yang terbaik adalah puasa daud..?
berarti apa yang dilakukan muhammad bukanlah puasa yg terbaik..

bagaimana bisa di katakan pembaharuan, kalau bukan menjadi yang lebih bai..?

lha iya...dengan mengetahui puasa daud apa akan mengubah keimanan umat muslim atau sebaliknya..?..jadi untuk apa..??

terbaik dari mana...??yang dimaksud dari hadis itu kan jumlahnya....tau dr mana sampeyan puasa daud lebih baik, padhal kedudukannya saat ini adalah hanya ibadah Sunnah...

Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Syahin Al Washithiy telah menceritakan kepada kami Khalid bin 'Abdullah dari Khalid Al Hadzdza' dari Abu Qalabah berkata, telah mengabarkan kepada saya Abu Al Malih berkata; ............ \"Wahai Rasulullah? (bermaksud minta tambahan) \". Beliau berkata: \"Silahkan kau lakukan Lima hari\". Aku katakan lagi: \"Wahai Rasulullah?\" Beliau berkata: \" Silahkan kau lakukan Tujuh hari\". Aku katakan lagi: \"Wahai Rasulullah?\" Beliau berkata: \" Silahkan kau lakukan Sembilan hari\". Aku katakan lagi: \"Wahai Rasulullah?\" Beliau berkata: \" Silahkan kau lakukan Sebelas hari\". Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: \"Tidak ada shaum melebihi shaumnya Nabi Daud Aalaihissalam yang merupakan separuh shaum dahar, dia berpuasa sehari dan berbuka sehari\"...[Bukhari 1844]

apa yang dilakukan Muhammad saw adalah syariat terakhir..apa yg sudah dilakukan daud, Musa, Isa as.. sudh tidak digunakan lagi..ini bukan soal mana yang lebih baik...

faham....esssensi topik ini sudh terjawab semua...

Umat muslim mengikuti apa yang diperintahkan Allah swt dengan syariat yang diajarkan Rasulullah..sampeyan (TS) udh keburu gengsi dengan membuat tret, jadi nanya yang bukan lagi merupakan essensi tret..dan tidak mampu membuktikan aib dari Puasa yang dijalankan Umat Islam..

bagaimana dengan kristen..?apa mereka melakukan apa yang dilakukan tuhan2nya sampai cape2 ke dunia untuk mempraktekannya(hal. puasa)...??sampeyan oot saya pun bisa oot:wow: 

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by alex77 on Thu Jul 11, 2013 5:29 pm

@dhans wrote:
ah itu menurutmu...karena pada saat itu Umat Musa as bukan menyembah pada Allah swt...oleh karena nya Muhammad saw menyampaikan demikian...

perintah muhammad gimana..??kalau ada persamaan ibadah dari org terdahlu itu mungkin saja karena mungkin berasal dari sumber yang sama...selama itu benar dan sama maka Muhammad akan melakukannya, kalau ada yang salah atau di nasakh, maka akan dilakukan sesuai dengan syariat terbarunya...dan bukan berarti mengubah segalanya...

kalau keliatan sama dibilang mencontek, kalau berbeda dibilang muhammad yang memerintahkan....basi 

apa yg disampaikan muhammad adalah syariat terakhir...fahami ini...

llah... saya menyampaikan berdasarkan hadist, kok di bilang menurut saya...

darimana anda bilang umat israel tidak menyembah Allah..?

baca lagi hadist di bawah ini:

Bukhari Volume 3, Book 31, Number 222:
Diriwayatkan Ibn 'Abbas: Nabi datang ke Medina lalu melihat orang-orang Yahudi sedang berpuasa pada hari Ashura. Beliau bertanya tentang hal tersebut. Dan merekapun menjawab, “Ini adalah hari baik, hari dimana Allah melepaskan Bani Israel dari musuh mereka. Maka Musa berpuasa pada hari tersebut. Nabi berkata, “Kami lebih berhak dengan Musa ketimbang kalian.” Oleh karena itu Nabipun melakukan puasa pada hari itu seraya memerintahkan (kepada Muslim) untuk berpuasa (pada hari itu)

lantas kalau menurut anda tidak sama dengan allah swt, itu di bahas di trit ini:
http://www.laskarislam.com/t5808-yhwhallah
http://www.laskarislam.com/t5730-yhwh-adalah-tuhan-skala-domestik

silahkan anda komentar di situ...

@dhans wrote:
lha iya...dengan mengetahui puasa daud apa akan mengubah keimanan umat muslim atau sebaliknya..?..jadi untuk apa..??

terbaik dari mana...??yang dimaksud dari hadis itu kan jumlahnya....tau dr mana sampeyan puasa daud lebih baik, padhal kedudukannya saat ini adalah hanya ibadah Sunnah...

Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Syahin Al Washithiy telah menceritakan kepada kami Khalid bin 'Abdullah dari Khalid Al Hadzdza' dari Abu Qalabah berkata, telah mengabarkan kepada saya Abu Al Malih berkata; ............ \"Wahai Rasulullah? (bermaksud minta tambahan) \". Beliau berkata: \"Silahkan kau lakukan Lima hari\". Aku katakan lagi: \"Wahai Rasulullah?\" Beliau berkata: \" Silahkan kau lakukan Tujuh hari\". Aku katakan lagi: \"Wahai Rasulullah?\" Beliau berkata: \" Silahkan kau lakukan Sembilan hari\". Aku katakan lagi: \"Wahai Rasulullah?\" Beliau berkata: \" Silahkan kau lakukan Sebelas hari\". Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: \"Tidak ada shaum melebihi shaumnya Nabi Daud Aalaihissalam yang merupakan separuh shaum dahar, dia berpuasa sehari dan berbuka sehari\"...[Bukhari 1844]

apa yang dilakukan Muhammad saw adalah syariat terakhir..apa yg sudah dilakukan daud, Musa, Isa as.. sudh tidak digunakan lagi..ini bukan soal mana yang lebih baik...

faham....esssensi topik ini sudh terjawab semua...

Umat muslim mengikuti apa yang diperintahkan Allah swt dengan syariat yang diajarkan Rasulullah..sampeyan (TS) udh keburu gengsi dengan membuat tret, jadi nanya yang bukan lagi merupakan essensi tret..dan tidak mampu membuktikan aib dari Puasa yang dijalankan Umat Islam..

saya kutip lagi pertanyaan anda:
tau dr mana sampeyan puasa daud lebih baik, padhal kedudukannya saat ini adalah hanya ibadah Sunnah..
.

kok tau dari mana sih..?
kan hadist kalian yang mengatakan puasa yang paling istimewa..

Rasulullah SAW. Bersabda; “Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud As. Dan ini adalah puasa yang paling afdhal. Lalu aku (Abdullah bin Amru ra. berkata: “Sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu”, maka Nabi SAW. berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu”  (HR. Bukhari).

gengsi knp..? inikan masih ada kaitannya dengan QS 2:183

anda yang tidak mampu berkembang dalam diskusi..

QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

pembahasan berkembang ke arah yang di garis bahawi

kl memang tidak ada kewajiban puasa bagi orang2 pra islam, bagaimana bisa alquran mengatakan bahwa telah diwajibkan berpuasa orang2 sebelum kamu...

di sini juga kita tunjukkan, ada atw tidak orng2 tersebut diwajibkan berpuasa..
anda bawa2 puasanya daud, tp ketika di tanya bagaimana latar belakang daud berpuasa.. anda jawab tntuk apa..?

dari situ juga sebenarnya bisa di tunjukan tidak ada kewajiban ibadah puasa pada orang2 pra islam..

@dhans wrote:
bagaimana dengan kristen..?apa mereka melakukan apa yang dilakukan tuhan2nya sampai cape2 ke dunia untuk mempraktekannya(hal. puasa)...??sampeyan oot saya pun bisa oot:wow: 

kok saya yang di bilang oot...
tp saya jawab aja lah: Puasa yang Yesus laksanakan bukan lah sebuah kewajiban ibadah, seperti hal nya ramadan.

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by SEGOROWEDI on Thu Jul 11, 2013 8:59 pm

@dhans wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@dhans wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@SEGOROWEDI wrote:baca ini:

QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
QS. 2:184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu.
QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan,


siapa orang sebelum kamu yang puasa bulan ramadan???

gimana slim?

gimana apanya pir...?
baca ayat2 alquran yang sudh di terjemahkan saja belon becus....

coba jangan kau sunat2 dan asal2 sambung...coba kau lengkapi dahulu, lalu gunakan akal sehatmu, lalu lihat siapa yang dimaksud orang2 yang dimaksud dalam 2.185....

pahami secara kontekstual, bersambung..bukan KATA PER KATA macam kebiasaanmu baca Alkitab...

lha saya tampilin poin-poinnya kan justeru untuk menunjukkan konteksnya bahwa puasa dimaksud adalah puasa ramadan..
pertanyaannya: mana umat sebelumnya yang puasa ramadan?

point di ayat 185 emang Puasa Ramadhan.... tapi kalau mau dihubungkan ke ayat 183, lalu sampeyan ambil "org2 terdahulunya"...itu letak ke - dudulan - mu say...

2. 183 Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

"orang2 sebelum kamu" hanya Objek nya saja...sedangkan subjeknya adalah Umat Islam dimulai Pada zaman Muhammad saw...!..ITU yang menjadi subjek pada KONTEKS dari ayat 183 - 185....aku kaya ngajari anak SLB...

sampe sini masih belom paham...??

diwajibkan puasa, puasa apa? puasa ramadan..
sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu..
ternyata orang-orang sebelum kamu yang puasa ramadan tidak ada
muhammad hanya asal ngecap..

183-185 konteksnya puasa ramadan..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by alex77 on Thu Jul 11, 2013 9:55 pm

@isaku wrote:
semoga terjemahan yg ini bisa membantu anda

QS 2:185 The month of Ramadhan [is that] in which was revealed the Qur'an, a guidance for the people and clear proofs of guidance and criterion. So whoever sights [the new moon of] the month, let him fast it; and whoever is ill or on a journey - then an equal number of other days. Allah intends for you ease and does not intend for you hardship and [wants] for you to complete the period and to glorify Allah for that [to] which He has guided you; and perhaps you will be grateful.

So whoever sights [the new moon of] the month, let him fast it;


apakah itu artinya selama bulan ramadhan...?

kalau mau anda jujur baca dari ayat 183-184:

O you who have believed, decreed upon you is fasting as it was decreed upon those before you that you may become righteous -[Fasting for] a limited number of days. So whoever among you is ill or on a journey [during them] - then an equal number of days [are to be made up]. And upon those who are able [to fast, but with hardship] - a ransom [as substitute] of feeding a poor person [each day]. And whoever volunteers excess - it is better for him. But to fast is best for you, if you only knew.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

yang saya garis bawahi itu bukankah satu kalimat..?

@isaku wrote:
menurut saya artinya adalah;
berpuasa yg Kukehendaki adalah berpuasa dengan amalan item 58:6 dan 58:7 diatas bukan dengan amalan 58:4 dan 58:5.

kok berpuasa amalan lagi anda bilang..
sdh jelas2 di situ apa yang Tuhan kehendaki..
yang Tuhan kehendaki itu bukan berpuasa makan dan minum.. tetapi pada ayat 58:6 -7

@isaku wrote:jgn terlalu yakin, banyak sekali contoh di bible ttg puasa piss
di bible memang ada berbicara tentang puasa... tetapi bukanlah sebagai suatu kewajiban rutinitas dari Tuhan..
kl anda memberi contoh ayat, silahkan anda baca dulu latar belakang berpuasa di situ...

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by dhans on Fri Jul 12, 2013 9:57 am

@SEGOROWEDI wrote:
@dhans wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@dhans wrote:
@SEGOROWEDI wrote:

gimana slim?

gimana apanya pir...?
baca ayat2 alquran yang sudh di terjemahkan saja belon becus....

coba jangan kau sunat2 dan asal2 sambung...coba kau lengkapi dahulu, lalu gunakan akal sehatmu, lalu lihat siapa yang dimaksud orang2 yang dimaksud dalam 2.185....

pahami secara kontekstual, bersambung..bukan KATA PER KATA macam kebiasaanmu baca Alkitab...

lha saya tampilin poin-poinnya kan justeru untuk menunjukkan konteksnya bahwa puasa dimaksud adalah puasa ramadan..
pertanyaannya: mana umat sebelumnya yang puasa ramadan?

point di ayat 185 emang Puasa Ramadhan.... tapi kalau mau dihubungkan ke ayat 183, lalu sampeyan ambil "org2 terdahulunya"...itu letak ke - dudulan - mu say...

2. 183 Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

"orang2 sebelum kamu" hanya Objek nya saja...sedangkan subjeknya adalah Umat Islam dimulai Pada zaman Muhammad saw...!..ITU yang menjadi subjek pada KONTEKS dari ayat 183 - 185....aku kaya ngajari anak SLB...

sampe sini masih belom paham...??

diwajibkan puasa, puasa apa? puasa ramadan..
sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu..
ternyata orang-orang sebelum kamu yang puasa ramadan tidak ada
muhammad hanya asal ngecap..

183-185 konteksnya puasa ramadan..

lah memang puasa itu hanya ramadhan saja..??
umat terdahulu sudah melakukan puasa, ini bisa menjadi indikasi bahwa puasa sebagai ibadah adalah memang benar adanya... justru dengan indikasi seperti itu dan di jalankan pula oleh Isa as/ yesus..kenapa malah dihilangkan oleh si den paulus yang baru kenal beberapa hari..???ini si Paulus yang asal ngecap namanya...

mengenai puasa Ramadhan itu syariat yang disampaikan Nabi saw...ingat syariat umat terdahulu tidak sama dengan syariat di zaman beerikutnya..
pahami ini mas..atau otamu yang sudh over load...

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by isaku on Fri Jul 12, 2013 10:20 am

alex wrote:kalau mau anda jujur baca dari ayat 183-184:
sejujurnya saya justru tidak tahu anda yg tdk nangkap atau cuma ngeles.

2;184 limited number of days
2;185 The month of Ramadhan [is that]

hari2 apa saja yg dimaksud limited number of days?
jawabannya: The month of Ramadhan [is that]

That di 185 refers to limited number of days di 184.

alex wrote:kok berpuasa amalan lagi anda bilang..
sdh jelas2 di situ apa yang Tuhan kehendaki..
yang Tuhan kehendaki itu bukan berpuasa makan dan minum.. tetapi pada ayat 58:6 -7
menurut saya anda mengalami masalah dalam memahami kalimat.

58:4 Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi.

58:5 Sungguh-sungguh inikah berpuasa yang Kukehendaki, dan mengadakan hari merendahkan diri, jika engkau menundukkan kepala seperti gelagah dan membentangkan kain karung dan abu sebagai lapik tidur? Sungguh-sungguh itukah yang kausebutkan berpuasa, mengadakan hari yang berkenan pada TUHAN?


Tuhan keberatan dengan cara berpuasa di atas

58:6 Bukan!

Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya ......... dst


inilah cara berpuasa yg dikehendaki Tuhan

alex wrote:di bible memang ada berbicara tentang puasa... tetapi bukanlah sebagai suatu kewajiban rutinitas dari Tuhan..
kl anda memberi contoh ayat, silahkan anda baca dulu latar belakang berpuasa di situ...
kita selesaikan ayat Yesaya di atas dulu, kalo anda paham saya tdk perlu mencari ayat yg lain. piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by SEGOROWEDI on Fri Jul 12, 2013 11:30 am

@dhans wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@dhans wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@dhans wrote:

gimana apanya pir...?
baca ayat2 alquran yang sudh di terjemahkan saja belon becus....

coba jangan kau sunat2 dan asal2 sambung...coba kau lengkapi dahulu, lalu gunakan akal sehatmu, lalu lihat siapa yang dimaksud orang2 yang dimaksud dalam 2.185....

pahami secara kontekstual, bersambung..bukan KATA PER KATA macam kebiasaanmu baca Alkitab...

lha saya tampilin poin-poinnya kan justeru untuk menunjukkan konteksnya bahwa puasa dimaksud adalah puasa ramadan..
pertanyaannya: mana umat sebelumnya yang puasa ramadan?

point di ayat 185 emang Puasa Ramadhan.... tapi kalau mau dihubungkan ke ayat 183, lalu sampeyan ambil "org2 terdahulunya"...itu letak ke - dudulan - mu say...

2. 183 Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

"orang2 sebelum kamu" hanya Objek nya saja...sedangkan subjeknya adalah Umat Islam dimulai Pada zaman Muhammad saw...!..ITU yang menjadi subjek pada KONTEKS dari ayat 183 - 185....aku kaya ngajari anak SLB...

sampe sini masih belom paham...??

diwajibkan puasa, puasa apa? puasa ramadan..
sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu..
ternyata orang-orang sebelum kamu yang puasa ramadan tidak ada
muhammad hanya asal ngecap..

183-185 konteksnya puasa ramadan..

lah memang puasa itu hanya ramadhan saja..??
umat terdahulu sudah melakukan puasa, ini bisa menjadi indikasi bahwa puasa sebagai ibadah adalah memang benar adanya... justru dengan indikasi seperti itu dan di jalankan pula oleh Isa as/ yesus..kenapa malah dihilangkan oleh si den paulus yang baru kenal beberapa hari..???ini si Paulus yang asal ngecap namanya...

mengenai puasa Ramadhan itu syariat yang disampaikan Nabi saw...ingat syariat umat terdahulu tidak sama dengan syariat di zaman beerikutnya..
pahami ini mas..atau otamu yang sudh over load...

konteks 183-185 kan puasa ramadan
umat terdahulu mana yang puasa ramadan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by alex77 on Fri Jul 12, 2013 11:56 am

@isaku wrote:
sejujurnya saya justru tidak tahu anda yg tdk nangkap atau cuma ngeles.

2;184 limited number of days
2;185 The month of Ramadhan [is that]

hari2 apa saja yg dimaksud limited number of days?
jawabannya: The month of Ramadhan [is that]

That di 185 refers to limited number of days di 184.

The month of Ramadhan [is that] itu menjelaskan turunnya alquran.. bukan menjelaskan limited number of days

The month of Ramadhan [is that] in which was revealed the Qur'an,a guidance for the people and clear proofs of guidance and criterion.

@isaku wrote:
menurut saya anda mengalami masalah dalam memahami kalimat.

58:4 Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi.

58:5 Sungguh-sungguh inikah berpuasa yang Kukehendaki, dan mengadakan hari merendahkan diri, jika engkau menundukkan kepala seperti gelagah dan membentangkan kain karung dan abu sebagai lapik tidur? Sungguh-sungguh itukah yang kausebutkan berpuasa, mengadakan hari yang berkenan pada TUHAN?


Tuhan keberatan dengan cara berpuasa di atas

58:6 Bukan!

Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya ......... dst


inilah cara berpuasa yg dikehendaki Tuhan

lha sudah... saya pulak dibilang tak memahami kalimat..
di situ Tuhan tidak mewajibkan berpuasa makan minum... karna yang terpenting bagi Tuhan adalah sperti pada pasal 58:6-7 itu...


@isaku wrote:kita selesaikan ayat Yesaya di atas dulu, kalo anda paham saya tdk perlu mencari ayat yg lain. piss

silahkan anda tunjukan aja sesuai dengan QS 2:183

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

dimana ada orang2 sebelumnya diwajibkan berpuasa...

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by isaku on Fri Jul 12, 2013 1:42 pm

alex wrote:The month of Ramadhan [is that] itu menjelaskan turunnya alquran.. bukan menjelaskan limited number of days

The month of Ramadhan [is that] in which was revealed the Qur'an,a guidance for the people and clear proofs of guidance and criterion.
kalau menjelaskan turunnya AQ g perlu pake (is that) segala,
cukup:
The month of Ramadhan in which was revealed the Qur'an,a guidance for the people and clear proofs of guidance and criterion.
justru kata that itu yg yg menghubungkan ayat 185 dgn sebelumnya.
nyerah
alex wrote:lha sudah... saya pulak dibilang tak memahami kalimat..
di situ Tuhan tidak mewajibkan berpuasa makan minum... karna yang terpenting bagi Tuhan adalah sperti pada pasal 58:6-7 itu...
nyerah 
coba anda ajukan netter lain sebagai second opinian, menilai maksud ayat tsb.

tape dehh...

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by dhans on Fri Jul 12, 2013 2:11 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@dhans wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@dhans wrote:
@SEGOROWEDI wrote:

lha saya tampilin poin-poinnya kan justeru untuk menunjukkan konteksnya bahwa puasa dimaksud adalah puasa ramadan..
pertanyaannya: mana umat sebelumnya yang puasa ramadan?

point di ayat 185 emang Puasa Ramadhan.... tapi kalau mau dihubungkan ke ayat 183, lalu sampeyan ambil "org2 terdahulunya"...itu letak ke - dudulan - mu say...

2. 183 Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

"orang2 sebelum kamu" hanya Objek nya saja...sedangkan subjeknya adalah Umat Islam dimulai Pada zaman Muhammad saw...!..ITU yang menjadi subjek pada KONTEKS dari ayat 183 - 185....aku kaya ngajari anak SLB...

sampe sini masih belom paham...??

diwajibkan puasa, puasa apa? puasa ramadan..
sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu..
ternyata orang-orang sebelum kamu yang puasa ramadan tidak ada
muhammad hanya asal ngecap..

183-185 konteksnya puasa ramadan..

lah memang puasa itu hanya ramadhan saja..??
umat terdahulu sudah melakukan puasa, ini bisa menjadi indikasi bahwa puasa sebagai ibadah adalah memang benar adanya... justru dengan indikasi seperti itu dan di jalankan pula oleh Isa as/ yesus..kenapa malah dihilangkan oleh si den paulus yang baru kenal beberapa hari..???ini si Paulus yang asal ngecap namanya...

mengenai puasa Ramadhan itu syariat yang disampaikan Nabi saw...ingat syariat umat terdahulu tidak sama dengan syariat di zaman beerikutnya..
pahami ini mas..atau otamu yang sudh over load...

konteks 183-185 kan puasa ramadan
umat terdahulu mana yang puasa ramadan?

yeh masing aja......
Tu ayat tidak mengatakan kalau umat sebelum muhammad saw melakukan puasa di bulan ramadhan...Puasa ramadhan itu adalah syariat yang di sampaikan dan di zaman nabi saw....

iq mu jongko ya wed, ko susah amat menelaah ayat itu, coba liat dijalan tadi kau ke warnet jangan2 iq mu berserakan karena tidak sadar kepalamu ada yg bocor.malu2in jemaat gereja aja sampeyan...TU Umat terdahulu hanya Objek pada ayat 183... lanjutan ayat merupakan kaliamat perintah kepada umat Dimulai zaman Muhammad saw...

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik