FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by alex77 on Thu Jun 20, 2013 6:15 pm

First topic message reminder :

kapan puasa pertama kali  mulai dilaksanakan sebulan penuh..?
dan sejak kapan menjadi sebuah kewajiban..

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down


Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by alex77 on Fri Jul 12, 2013 6:41 pm

@isaku wrote:
kalau menjelaskan turunnya AQ g perlu pake (is that) segala,
cukup:
The month of Ramadhan in which was revealed the Qur'an,a guidance for the people and clear proofs of guidance and criterion.
justru kata that itu yg yg menghubungkan ayat 185 dgn sebelumnya.
nyerah

anda baca aja terjemahan versi lain...
terjemahan Muhsin Khan:
The month of Ramadan in which was revealed the Quran, a guidance for mankind and clear proofs for the guidance and the criterion (between right and wrong)

tanda kurung itukan asumsi nya penterjemah...

@isaku wrote:
nyerah 
coba anda ajukan netter lain sebagai second opinian, menilai maksud ayat tsb.

tape dehh...

ya sdh.. silahkan....
anda aja yang ajukan...
yang jelas di situ Tuhan tidak mewajibkan berpuasa...


alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by SEGOROWEDI on Sat Jul 13, 2013 11:13 pm


QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

QS. 2:184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.


mana/siapa orang sebelum kamu yang puasa ramadan?
basi 


Terakhir diubah oleh SEGOROWEDI tanggal Mon Jul 22, 2013 2:06 pm, total 1 kali diubah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by isaku on Tue Jul 16, 2013 3:52 pm

alex wrote:tanda kurung itukan asumsi nya penterjemah...
ngeles kok g mutu, anda sendiri yg bawa2 tanda kurung :p
lihat#31
alex wrote:saya kutib ayatnya:
QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan,
di situ di katakan beberapa hari... bukan sebulan..

alex wrote:anda baca aja terjemahan versi lain...
terjemahan Muhsin Khan:
The month of Ramadan in which was revealed the Quran, a guidance for mankind and clear proofs for the guidance and the criterion (between right and wrong)
kalau mau lihat Muhsin Khan jangan tanggung2.

Muhsin Khan
The month of Ramadan in which was revealed the Quran, a guidance for mankind and clear proofs for the guidance and the criterion (between right and wrong). So whoever of you sights (the crescent on the first night of) the month (of Ramadan i.e. is present at his home), he must observe Saum (fasts) that month, and whoever is ill or on a journey, the same number [of days which one did not observe Saum (fasts) must be made up] from other days. Allah intends for you ease, and He does not want to make things difficult for you. (He wants that you) must complete the same number (of days), and that you must magnify Allah [i.e. to say Takbir (Allahu-Akbar; Allah is the Most Great) on seeing the crescent of the months of Ramadan and Shawwal] for having guided you so that you may be grateful to Him.


That month=pada bulan itu --> bulan Ramadhan

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by SEGOROWEDI on Mon Jul 22, 2013 2:07 pm


QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

QS. 2:184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.


mana/siapa orang sebelum kamu yang puasa ramadan?
basi 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by dhans on Thu Jul 25, 2013 11:17 am

@SEGOROWEDI wrote:
QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

QS. 2:184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.


mana/siapa orang sebelum kamu yang puasa ramadan?
basi 

tuh udh saya benerin bold mu...
udh salah ngotot lagi....
sering pula ngotot nya...
Usnkill..
basi

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by dhans on Thu Jul 25, 2013 11:40 am

@alex77 wrote:
@dhans wrote:
ah itu menurutmu...karena pada saat itu Umat Musa as bukan menyembah pada Allah swt...oleh karena nya Muhammad saw menyampaikan demikian...

perintah muhammad gimana..??kalau ada persamaan ibadah dari org terdahlu itu mungkin saja karena mungkin berasal dari sumber yang sama...selama itu benar dan sama maka Muhammad akan melakukannya, kalau ada yang salah atau di nasakh, maka akan dilakukan sesuai dengan syariat terbarunya...dan bukan berarti mengubah segalanya...

kalau keliatan sama dibilang mencontek, kalau berbeda dibilang muhammad yang memerintahkan....basi 

apa yg disampaikan muhammad adalah syariat terakhir...fahami ini...

llah... saya menyampaikan berdasarkan hadist, kok di bilang menurut saya...

darimana anda bilang umat israel tidak menyembah Allah..?

baca lagi hadist di bawah ini:

Bukhari Volume 3, Book 31, Number 222:
Diriwayatkan Ibn 'Abbas: Nabi datang ke Medina lalu melihat orang-orang Yahudi sedang berpuasa pada hari Ashura. Beliau bertanya tentang hal tersebut. Dan merekapun menjawab, “Ini adalah hari baik, hari dimana Allah melepaskan Bani Israel dari musuh mereka. Maka Musa berpuasa pada hari tersebut. Nabi berkata, “Kami lebih berhak dengan Musa ketimbang kalian.” Oleh karena itu Nabipun melakukan puasa pada hari itu seraya memerintahkan (kepada Muslim) untuk berpuasa (pada hari itu)

lantas kalau menurut anda tidak sama dengan allah swt, itu di bahas di trit ini:
http://www.laskarislam.com/t5808-yhwhallah
http://www.laskarislam.com/t5730-yhwh-adalah-tuhan-skala-domestik

silahkan anda komentar di situ...

ngapain kesana segala.... dari saya udh jelas.... Allah bukan berarti Allah yang dimaksud Islam... Allah bisa saja sama tapi berbeda oknumnya...con.toh.. Allah nya orkris, Allah nya penyembah berhala dizaman rasul saw, dsb...

jangan mentang2 nyebut2 Allah trus sm dengan yang dimaksud Allah umat Muslim...!end topik mengenai Allah swt seharusnya.


alex wrote:
@dhans wrote:
lha iya...dengan mengetahui puasa daud apa akan mengubah keimanan umat muslim atau sebaliknya..?..jadi untuk apa..??

terbaik dari mana...??yang dimaksud dari hadis itu kan jumlahnya....tau dr mana sampeyan puasa daud lebih baik, padhal kedudukannya saat ini adalah hanya ibadah Sunnah...

Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Syahin Al Washithiy telah menceritakan kepada kami Khalid bin 'Abdullah dari Khalid Al Hadzdza' dari Abu Qalabah berkata, telah mengabarkan kepada saya Abu Al Malih berkata; ............ \"Wahai Rasulullah? (bermaksud minta tambahan) \". Beliau berkata: \"Silahkan kau lakukan Lima hari\". Aku katakan lagi: \"Wahai Rasulullah?\" Beliau berkata: \" Silahkan kau lakukan Tujuh hari\". Aku katakan lagi: \"Wahai Rasulullah?\" Beliau berkata: \" Silahkan kau lakukan Sembilan hari\". Aku katakan lagi: \"Wahai Rasulullah?\" Beliau berkata: \" Silahkan kau lakukan Sebelas hari\". Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: \"Tidak ada shaum melebihi shaumnya Nabi Daud Aalaihissalam yang merupakan separuh shaum dahar, dia berpuasa sehari dan berbuka sehari\"...[Bukhari 1844]

apa yang dilakukan Muhammad saw adalah syariat terakhir..apa yg sudah dilakukan daud, Musa, Isa as.. sudh tidak digunakan lagi..ini bukan soal mana yang lebih baik...

faham....esssensi topik ini sudh terjawab semua...

Umat muslim mengikuti apa yang diperintahkan Allah swt dengan syariat yang diajarkan Rasulullah..sampeyan (TS) udh keburu gengsi dengan membuat tret, jadi nanya yang bukan lagi merupakan essensi tret..dan tidak mampu membuktikan aib dari Puasa yang dijalankan Umat Islam..

saya kutip lagi pertanyaan anda:
tau dr mana sampeyan puasa daud lebih baik, padhal kedudukannya saat ini adalah hanya ibadah Sunnah..
.

kok tau dari mana sih..?
kan hadist kalian yang mengatakan puasa yang paling istimewa..

Rasulullah SAW. Bersabda; “Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud As. Dan ini adalah puasa yang paling afdhal. Lalu aku (Abdullah bin Amru ra. berkata: “Sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu”, maka Nabi SAW. berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu”  (HR. Bukhari).

gengsi knp..? inikan masih ada kaitannya dengan QS 2:183


Tuh kan Fail lagi memahami Kalimat...udh dibilang berkali2 mas, Pembahasan Puasa daud as yang dibahas oleh muhammad saw adalah jumlahnya. itu yang menjadikan sang pelaksana puasa afdal atau tidak.. sampeyan aja yang ga ngerti apa2 termasuk kata afdhal....jadi bukan kadar keistimewaannya di mata Allah swt apalagi dibanding2 kan dengan puasa ramadhan, ga da kaitannya cooyyy..."heloo..wake up, pull out your head from your arse"......masih bebal juga sampeyan ini..


alek wrote:anda yang tidak mampu berkembang dalam diskusi..

QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

pembahasan berkembang ke arah yang di garis bahawi

kl memang tidak ada kewajiban puasa bagi orang2 pra islam, bagaimana bisa alquran mengatakan bahwa telah diwajibkan berpuasa orang2 sebelum kamu...

di sini juga kita tunjukkan, ada atw tidak orng2 tersebut diwajibkan berpuasa..
anda bawa2 puasanya daud, tp ketika di tanya bagaimana latar belakang daud berpuasa.. anda jawab tntuk apa..?

dari situ juga sebenarnya bisa di tunjukan tidak ada kewajiban ibadah puasa pada orang2 pra islam..

@dhans wrote:
bagaimana dengan kristen..?apa mereka melakukan apa yang dilakukan tuhan2nya sampai cape2 ke dunia untuk mempraktekannya(hal. puasa)...??sampeyan oot saya pun bisa oot:wow: 

kok saya yang di bilang oot...
tp saya jawab aja lah: Puasa yang Yesus laksanakan bukan lah sebuah kewajiban ibadah, seperti hal nya ramadan.


halah...banyak omong saja, tapi isinya ngeles2....sampeyan udh ga sanggup memjawab kegunaan tanggal atau kapan pertama kali puasa dimulai yang dikaitkan dengan aib umat muslim, abis itu bersaha nyerempet2 pelan2 ke topik laen, biar tret tetep keliatan idup padahal essensi nya udh ngawur dan ga sanggup membuktikan aib apapun disini, pake istilah diskusi berkembang lah..hahah..mana udh keburu seneng aja di awal2 halaman gara2 ga ada muslim yang nanggepin... haha..

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by MeRoNGoS on Thu Jul 25, 2013 1:37 pm

Memang bner2 kok muslim ini.....kok bisa2nya menunjuk orang dudul tanpa ngerogoh jithok-e dewe (ngaca gituuu maksudnya)

Uji kasusnya kan di ayat ini :
QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

Ditanya siapa "orang - orang sebelum kamu yang diwajibkan berpuasa, BUNTU
Ditanya apa "orang - orang yang berpuasa sebelum kamu" puasanya menggunakan metode yg sama, MONCROT
malah nunjukin puasa juga dilakukan oleh Daud dan Yesus. Ditanya apa latar belakang mereka berpuasa, MALAH NDAGEL

Memang Islam ini penggenapan nubuat yang tertulis :
Dan Tuhan telah berfirman: "Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku , dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan, <<<< BACA INI !!
maka sebab itu, sesungguhnya, Aku akan melakukan pula hal-hal yang ajaib kepada bangsa ini, keajaiban yang menakjubkan; hikmat orang-orangnya yang berhikmat akan hilang, dan kearifan orang-orangnya yang arif akan bersembunyi. "

Puasamu itu hanya lipsinc, slim.
Bukannya menahan godaan di bulan puasa, sebaliknya kau berusaha menghilangkan segala godaan itu dengan segala cara, termasuk tindakan KRIMINAL

MeRoNGoS
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 65
Kepercayaan : Protestan
Location : Surabaya
Join date : 17.11.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by alex77 on Thu Jul 25, 2013 1:56 pm

@dhans wrote:
ngapain kesana segala.... dari saya udh jelas.... Allah bukan berarti Allah yang dimaksud Islam... Allah bisa saja sama tapi berbeda oknumnya...con.toh.. Allah nya orkris, Allah nya penyembah berhala dizaman rasul saw, dsb...

jangan mentang2 nyebut2 Allah trus sm dengan yang dimaksud Allah umat Muslim...!end topik mengenai Allah swt seharusnya.
krn kita di sini bahas puasa.. bukan berdiskusi tentang Allah orang kristen dan Allah orang islam..
di link itu anda lebih tepat membahasnya...

@dhans wrote:
Tuh kan Fail lagi memahami Kalimat...udh dibilang berkali2 mas, Pembahasan Puasa daud as yang dibahas oleh muhammad saw adalah jumlahnya. itu yang menjadikan sang pelaksana puasa afdal atau tidak.. sampeyan aja yang ga ngerti apa2 termasuk kata afdhal....jadi bukan kadar keistimewaannya di mata Allah swt apalagi dibanding2 kan dengan puasa ramadhan, ga da kaitannya cooyyy..."heloo..wake up, pull out your head from your arse"......masih bebal juga sampeyan ini..

saya jadi lucu baca komentar anda...
anda tanya:
@dhans wrote:tau dr mana sampeyan puasa daud lebih baik, padhal kedudukannya saat ini adalah hanya ibadah Sunnah..

saya kutip hadist supaya anda tau... anda malah ngelantur kemana2...
banyak ngotot nya aja anda....

@dhans wrote:
halah...banyak omong saja, tapi isinya ngeles2....sampeyan udh ga sanggup memjawab kegunaan tanggal atau kapan pertama kali puasa dimulai yang dikaitkan dengan aib umat muslim, abis itu bersaha nyerempet2 pelan2 ke topik laen, biar tret tetep keliatan idup padahal essensi nya udh ngawur dan ga sanggup membuktikan aib apapun disini, pake istilah diskusi berkembang lah..hahah..mana udh keburu seneng aja di awal2 halaman gara2 ga ada muslim yang nanggepin... haha..

lha... yg di garisbawahi itu kan saya yang bertanya..? kok malah saya yang dituduh ga bisa menjawab...?
yang tanya kegunaan tanggal itu siapa..? baca baik2 donk... jgn asal komentar ga jelas...

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by dhans on Thu Jul 25, 2013 2:58 pm

@alex77 wrote:
@dhans wrote:
ngapain kesana segala.... dari saya udh jelas.... Allah bukan berarti Allah yang dimaksud Islam... Allah bisa saja sama tapi berbeda oknumnya...con.toh.. Allah nya orkris, Allah nya penyembah berhala dizaman rasul saw, dsb...

jangan mentang2 nyebut2 Allah trus sm dengan yang dimaksud Allah umat Muslim...!end topik mengenai Allah swt seharusnya.
krn kita di sini bahas puasa.. bukan berdiskusi tentang Allah orang kristen dan Allah orang islam..
di link itu anda lebih tepat membahasnya...


Itu hanya respon saya karena sampeyan selalu gagal dalam memahami kalimat2 hadis di atas..yang kita bahas itu hadis mengenai puasa daud, dan jumlah didalamnya..lalu sampeyan selalu mengatakan kalau puasa daud lebih baik ketimbang syariat puasa ramadhan....nh ane kutip lagi...:

alex wrote:
bukan kan di situ dikatakan berpuasa yang terbaik adalah puasa daud..?
berarti apa yang dilakukan muhammad bukanlah puasa yg terbaik..

bagaimana bisa di katakan pembaharuan, kalau bukan menjadi yang lebih bai..?


mengenai pembahasan Allah pun hanya merupakan respon saya dari posting sampeyan...udh mulai ga fokus yeh...


@alex77 wrote:
kok menghujat sih...
sudah jelas di situ dikatakan muhammad:
“Kami lebih berhak dengan Musa ketimbang kalian.”

itukan sebuah kalimat ego..

saya tambahin lagi..

no. 223
Diriwayatkan Abu Musa: Hari 'Ashura' dianggap sebagai 'Hari Id’ oleh kaum Yahudi. Maka Nabi memerintahkan, “Aku memujikan kepada kalian (Muslim) untuk berpuasa pada hari ini

no. 224
Diriwayatkan oleh Ibn 'Abbas: Saya tak pernah melihat Nabi begitu memilih hari (yang diinginkannya) untuk berpuasa selain hari ini, yaitu hari 'Ashura', atau bulan ini, yaitu bulan  Ramadhan

anda lihat dengan jelaskan, bahwa puasa disitu adalah perintah muhammad..

saya tambahin lagi:

No. 117
Diriwayatkan Aisha: (Suku) Quraisy biasa berpuasa pada hari Ashura dalam zaman pra-Islam, maka Rasul Allah memerintahkan (Muslim) untuk berpuasa pada saat itu hingga diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan; tatkala mana Nabi lalu berkata:  “Mereka yang mau berpuasa (pada Ashura) silahkan berpuasa, dan mereka yang tidak mau berpuasa juga boleh

anda lihat, bagaimana kebiasaan orang quraisy melaksanakan puasa ashura yang merupakan  peringatan “hari baik, hari dimana Allah melepaskan Bani Israel dari musuh mereka", coba di ubah oleh muhammad, hingga di wajibkan berpuasa pada bulan ramadan.

setelah posting diatas sampeyan masih nanya juga :

alex wrote:darimana anda bilang umat israel tidak menyembah Allah..?

dari situ ane jelasin tentang Allah terkait dengan topik yang sampeyan jadiin tret ini..!

baca quote diatas pelan2...supaya sampeyan bisa memahaminya..atao harus dibantu..?? dengan so' tau sampeyan menyimpulkan mengenai puasa hari ashura....hilang ingatan kah anda ini...?

gitu mas...pahami...

alex wrote:
alex wrote:
@dhans wrote:
Tuh kan Fail lagi memahami Kalimat...udh dibilang berkali2 mas, Pembahasan Puasa daud as yang dibahas oleh muhammad saw adalah jumlahnya. itu yang menjadikan sang pelaksana puasa afdal atau tidak.. sampeyan aja yang ga ngerti apa2 termasuk kata afdhal....jadi bukan kadar keistimewaannya di mata Allah swt apalagi dibanding2 kan dengan puasa ramadhan, ga da kaitannya cooyyy..."heloo..wake up, pull out your head from your arse"......masih bebal juga sampeyan ini..

saya jadi lucu baca komentar anda...
anda tanya:
@dhans wrote:tau dr mana sampeyan puasa daud lebih baik, padhal kedudukannya saat ini adalah hanya ibadah Sunnah..

saya kutip hadist supaya anda tau... anda malah ngelantur kemana2...
banyak ngotot nya aja anda....

nda ush so lucu mas padahal sampeyan yang kelihatan lucu disini...??sampeyan bawa hadis mengenai puasa daud, lalu bertanya/menyatakan kalau puasa daud lebih baik..!..pham..?? itu yang saya sanggah dan saya jelaskan, tapi sepertinya penalaran sampyan ga sampe...

jadi yang banyak ngotot siapa..saya yg berusaha menjelaskan dengan pelan2 supaya "get through your small brain"..ato sampeyan yang selalu ngotot kalau puasa lebih daud lebih baik dari Puasa Ramadhan...




alex wrote:
@dhans wrote:
halah...banyak omong saja, tapi isinya ngeles2....sampeyan udh ga sanggup memjawab kegunaan tanggal atau kapan pertama kali puasa dimulai yang dikaitkan dengan aib umat muslim, abis itu bersaha nyerempet2 pelan2 ke topik laen, biar tret tetep keliatan idup padahal essensi nya udh ngawur dan ga sanggup membuktikan aib apapun disini, pake istilah diskusi berkembang lah..hahah..mana udh keburu seneng aja di awal2 halaman gara2 ga ada muslim yang nanggepin... haha..

lha... yg di garisbawahi itu kan saya yang bertanya..? kok malah saya yang dituduh ga bisa menjawab...?
yang tanya kegunaan tanggal itu siapa..? baca baik2 donk... jgn asal komentar ga jelas...

lah emang ni topik tentang apa...??judul nya apa..??""kapan puasa pertama dimulai.?""
yang saya tanya...apa essensi mengetahui puasa pertama kali..??..

siapa pula yang nanya pertanyaan yg sampeyan buat ke sampeyan itu...haduuh..

hati2 jawabnya jangan nanya yang udh2 dijelasin..

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by dhans on Thu Jul 25, 2013 3:12 pm

@MeRoNGoS wrote:Memang bner2 kok muslim ini.....kok bisa2nya menunjuk orang dudul tanpa ngerogoh jithok-e dewe (ngaca gituuu maksudnya)

Uji kasusnya kan di ayat ini :
QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

Ditanya siapa "orang - orang sebelum kamu yang diwajibkan berpuasa, BUNTU
Ditanya apa "orang - orang yang berpuasa sebelum kamu" puasanya menggunakan metode yg sama, MONCROT
malah nunjukin puasa juga dilakukan oleh Daud dan Yesus. Ditanya apa latar belakang mereka berpuasa, MALAH NDAGEL

ya sampeyan itu yang nge badut di sini....ni tret nanya kapan puasa pertama dimulai mas...baru masuk udh teler...
udh dijelasin kalau puasa yang dijalan kan oleh umat terdahulu berbeda karena adanya perbedaan syariat masih aja nanya2 lagi...sopo sing mocrot kalo udh gini...


MeRoNG wrote:Memang Islam ini penggenapan nubuat yang tertulis :
Dan Tuhan telah berfirman: "Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku , dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan, <<<< BACA INI !!
maka sebab itu, sesungguhnya, Aku akan melakukan pula hal-hal yang ajaib kepada bangsa ini, keajaiban yang menakjubkan; hikmat orang-orangnya yang berhikmat akan hilang, dan kearifan orang-orangnya yang arif akan bersembunyi. "

Puasamu itu hanya lipsinc, slim.
Bukannya menahan godaan di bulan puasa, sebaliknya kau berusaha menghilangkan segala godaan itu dengan segala cara, termasuk tindakan KRIMINAL

jiakakakk itu ya untuk kaumnya si paulus sendiri orang parisi...usil 
hukum tuhan banyak yg ditiadakan..diganti dengan hukum2 buatan rasul palsu...

sunat di ganti jadi nda sunat perintah paulus...
puasa yang dilakukan yesus tidak dilakukan umatnya persis rasulnya
makan babi yang tidak dilakukan digantikan dengan hukum halal ala rasulnya
puasa yg dilakukan yesus pun tidak dilakukan padahal udh cape2 turun ke bumi buat ngajarin.....dst lol umat kristen cuma ngambil kata kata Yesus tentang "Kasih" doang...sisanya seperti perintah atau syariat yang diajarkannya malah diabaikan...

Jawab-Nya kepada mereka: "Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu, hai orang-orang munafik! Sebab ada tertulis: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.
Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.
Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia."
Yesus berkata pula kepada mereka: "Sungguh pandai kamu mengesampingkan perintah Allah, supaya kamu dapat memelihara adat istiadatmu sendiri.


siapa yang dimaksud diatas kalau bukan jemaat paulus yang di sebut kristen...bosen

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by SEGOROWEDI on Thu Jul 25, 2013 3:40 pm

@dhans wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

QS. 2:184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.


mana/siapa orang sebelum kamu yang puasa ramadan?
basi 

tuh udh saya benerin bold mu...
udh salah ngotot lagi....
sering pula ngotot nya...
Usnkill..
basi

lha iya..
TRUS MANA ORANG-ORANG SEBELUM KAMU YANG PUASA RAMADANG?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by dhans on Thu Jul 25, 2013 3:44 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@dhans wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

QS. 2:184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.


mana/siapa orang sebelum kamu yang puasa ramadan?
basi 

tuh udh saya benerin bold mu...
udh salah ngotot lagi....
sering pula ngotot nya...
Usnkill..
basi

lha iya..
TRUS MANA ORANG-ORANG SEBELUM KAMU YANG PUASA RAMADANG?

lah wong tidk disebut orang terdahulu sebelum muhammad puasa ramadan...mlah ditanya terus...ramadhan itu syariat setelah muhammad saw.. jd sampeyan yang menentukan sih....geleh

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by MeRoNGoS on Thu Jul 25, 2013 5:42 pm

@dhans
Masih ndagel, cah ?
ni kalimatmu :
udh dijelasin kalau puasa yang dijalan kan oleh umat terdahulu berbeda karena adanya perbedaan syariat masih aja nanya2 lagi...sopo sing mocrot kalo udh gini...

Pura2 micek ato pura2 bego hehehe, baca ayatnya itu bang, halah.....
QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

Pertanyaan saya apa ?
Siapa "orang - orang sebelum kamu" yang DIWAJIBKAN berpuasa ? (DIJAMIN NYUNGSEP AND NDLOSOR)

malah ngejawab puasa beda jaman beda tata cara, dudul ngga seh ente ni ?? Kalo dudul, gw undur diri dah, ngga level kita bang :D

Kalo ga bisa jawab ga usa nyerang pribadi si penanya kang, masa kelakuan muhammad lo tiru abis juga ehehhehe

MeRoNGoS
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 65
Kepercayaan : Protestan
Location : Surabaya
Join date : 17.11.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by SEGOROWEDI on Thu Jul 25, 2013 7:12 pm

sangat jelas kok..
puasa yang dibicarakan adalah puasa ramadan...
penjelasannya urut..
QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

QS. 2:184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.




Terakhir diubah oleh SEGOROWEDI tanggal Thu Jul 25, 2013 10:23 pm, total 1 kali diubah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by isaku on Thu Jul 25, 2013 9:33 pm

@merongos wrote:Ditanya siapa "orang - orang sebelum kamu yang diwajibkan berpuasa, BUNTU
====================
Pertanyaan saya apa ?
Siapa "orang - orang sebelum kamu" yang DIWAJIBKAN berpuasa ? (DIJAMIN NYUNGSEP AND NDLOSOR)
http://www.laskarislam.com/t7200-mengapa-yesus-dan-murid-muridnya-juga-menjalankan-ibadah-puasa

@isaku wrote:
alex wrote:orang kristen melaksanakan bukan merupakan suatu kewajiban rutinitas..
anda perhatikan ayat yang anda kutip tentang puasa Yesus..

Yesus hanya berpuasa (40 hari, 40 malam) hanya sekali saja..

puasa yang disebutkan dalam Alktab mememiliki latar belakang dan tujuan orang tersebut melaksanakan puasa..

jadi berpuasa orang kristen bukanlah puasa yang rutinitas..
Jgn sepotong2, masa pengajaran yg baik mau ditolak.

paman tat di post#1 wrote:Ketika Yesus mengajar tentang hal memberi dan berdoa, Ia melanjutkan dengan berpuasa. Artinya memberi, berdoa dan berpuasa adalah tiga pokok perkara yang sangat penting bagi kita untuk kita lakukan. Yesus memakai kata, “Dan apabila kamu berpuasa,” adalah kata yang sama yang juga dipakai untuk memberi dan berdoa. Sebab Yesus melanjutkan, “Jadi apabila engkau memberi sedekah, ...(Matius 6:2). Lalu, dilanjutkan, “Dan apabila kamu berdoa, ...”(Matius 6:8). ‘Apabila’ artinya ‘bila mana’ atau bahasa Inggrisnya, “When you fast.” Penekanan Yesus di sini menunjukkan bahwa berpuasa adalah sesuatu yang biasa dilakukan oleh Yesus, murid-murid dan oleh bangsa Yahudi pada waktu itu. Jadi, apakah Anda sering berpuasa sesering Anda berdoa? Atau apakah Anda berpuasa sesering Anda memberi? Mengapa berpuasa begitu penting sampai Tuhan berjanji untuk memberi upah kepada orang yang berpuasa? Berpuasa akan menyenangkan hati Tuhan ketika motivasi berpuasa adalah untuk menyenangkan Tuhan. Tuhan berfirman lewat nabi Zakharia, "Katakanlah kepada seluruh rakyat negeri dan kepada para imam, demikian: Ketika kamu berpuasa dan meratap dalam bulan yang kelima dan yang ketujuh selama tujuh puluh tahun ini, adakah kamu sungguh-sungguh berpuasa untuk Aku?”(Zakharia 7:5). Pernahkah kita melihat kebenaran bahwa puasa adalah ibadah kepada Tuhan, seperti datang ke pertemuan hari minggu? Beribadah dan berpuasa adalah dua kata yang sering dipakai berdampingan.

paman tat/sarapan pagi di post#3 wrote:Puasa merupakan hal yang wajib dilakukan oleh bangsa Israel karena diatur dalam Hari Raya Pendamaian (Hari Grafirat, Imamat 16:29-31) di atas. Tetapi, sekalipun puasa termasuk dalam perayaan keagamaan bangsa Israel, bukan berarti umat Perjanjian Baru tidak perlu lagi melakukannya. Puasa, sama halnya seperti membaca firman dan berdoa, sekalipun ada di dalam tata upacara keagamaan bangsa Israel, bukan berarti membaca firman dan berdoa tidak perlu lagi dilakukan oleh umat Perjanjian Baru.

Umat Perjanjian Baru tetap perlu untuk membaca firman Tuhan dan berdoa, demikian juga dengan berpuasa. Di dalam Matius pasal 6, Tuhan Yesus mensejajarkan hal berpuasa dengan hal memberi sedekah dan hal berdoa. Dengan demikian puasa juga dapat dilakukan secara pribadi maupun secara bersama-sama, sebagaimana halnya berdoa.

Post2 di atas dari situs kristen membuktikan kebenaran QS 2:183 bahwa orang2 terdahulu diwajibkan berpuasa.
G perlu muslim yg jawab, cukup sarapan pagi dan situs kristen lain.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by SEGOROWEDI on Thu Jul 25, 2013 9:37 pm

@isaku wrote:
Post2 di atas dari situs kristen membuktikan kebenaran QS 2:183 bahwa orang2 terdahulu diwajibkan berpuasa.

muhammad bilang puasa ramadan..
mana orang sebelum kamu yang melakukan puasa ramadan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by isaku on Thu Jul 25, 2013 9:41 pm

@atas
ngawur,
solusinya:
- minta second opinion dulu dari anaknya om wedi drumah
- kalo g tembus jg, bikin tafsir sendiri aja, syukur2 bisa diterbitkan
piss 

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by SEGOROWEDI on Thu Jul 25, 2013 10:26 pm



sangat jelas kok..
puasa yang dibicarakan adalah puasa ramadan...
penjelasannya urut..

QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

QS. 2:184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.


mana bukti orang sebelum kamu yang puasa ramadan??
gak bisa kasih buktu berarti OMDO

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by dhans on Fri Jul 26, 2013 10:29 am

@SEGOROWEDI wrote:

sangat jelas kok..
puasa yang dibicarakan adalah puasa ramadan...
penjelasannya urut..

QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

QS. 2:184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

QS. 2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.


mana bukti orang sebelum kamu yang puasa ramadan??
gak bisa kasih buktu berarti OMDO


hahah... nalarmu saja yang tidak sampe wed...malu2 in jemaat gerejamu saja...
udh dijelasin ratusan kali masih aja tu isi batok kepala macet..

tu 3 ayat yang sampeyan usung memang perintah menjalankan Puasa Ramadhan tapi untuk umat setelah Nabi saw mas...
gemes pengen nempeleng kepalamu biar peredaran darahnya lancar dan bisa berfikir lebih pintar...

QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,


tu ayat nda menjelaskan bahwa Orang2 sebelum Muhammad saw berpuasa Ramadhan.ko malah sampeyan yang maksa, hahah...udeh ga ngerti maksa pula...

Muhammad saw sendiri yang menyampaikan bahwa syariat puasa Ramadhan adalah syariat yang dia sampaikan.

Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Isma'il dari Ayyub dari Nafi' dari Ibnu'Umar radliallahu 'anhuma berkata: \"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melaksanakan puasa hari 'Asyura' (10 Muharam) lalu memerintahkan (para sahabat) untuk melaksanakannya pula. Setelah Allah mewajibklan puasa Ramadhan, maka puasa hari 'Asyura' ditinggalkan. Dan 'Abdullah bin 'Umar radliallahu 'anhu tidaklah melaksanakan puasa hari 'Asyura' kecuali bila bertepatan dengan hari-hari puasa yang biasa dikerjakannya\".

belum ada mas kewajiban Puasa ramadhan sebelum Rasulullah saw...hanya ibadah Puasa2 tertentu saja...
ato maunya sampeyan AL quran itu mengikuti pemikiran cekak mu itu...

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by dhans on Fri Jul 26, 2013 10:43 am

@MeRoNGoS wrote:@dhans
Masih ndagel, cah ?
ni kalimatmu :
udh dijelasin kalau puasa yang dijalan kan oleh umat terdahulu berbeda karena adanya perbedaan syariat masih aja nanya2 lagi...sopo sing mocrot kalo udh gini...

Pura2 micek ato pura2 bego hehehe, baca ayatnya itu bang, halah.....
QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

Pertanyaan saya apa ?
Siapa "orang - orang sebelum kamu" yang DIWAJIBKAN berpuasa ? (DIJAMIN NYUNGSEP AND NDLOSOR)

malah ngejawab puasa beda jaman beda tata cara, dudul ngga seh ente ni ?? Kalo dudul, gw undur diri dah, ngga level kita bang :D

Kalo ga bisa jawab ga usa nyerang pribadi si penanya kang, masa kelakuan muhammad lo tiru abis juga ehehhehe

ya sampeyan itu sing dagel... dan emang terbukti bego....
baca ayatnya yang bener mas...pake ilmu bahasa indonesiamu waktu di kelas 3 sd...

Orang - orang sebelum kamu ditujukan adalah umat2 Allah swt sebelum kedatangan Nabi saw... Puasa yang mereka lakukan pun bukan Puasa ramadhan, entah Puasa Ashura, entah puasa seperti syariat ygn dilakukan Daud as, dsb, wallahualam......ngerti sampe sini, ato masih mau ngotot...

QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

orang2 beriman pada ayat itu adalah Umat Muhammad saw...masih belom ngerti..ya sampeyan itu yang nyungsep iq nya...
heran...udh ga ngerti maksa pula....

mau minggir ya minggir aja pake bilang level berbeda segala...saya juga jijai menjelaskan netter ber iq 69 cam sampeyan tapi so pintar..... memahami terjemahan aja nda sanggup gimana sampe di copas penjelasan2 tafsir....hahah

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by SEGOROWEDI on Fri Jul 26, 2013 11:51 am

@dhans wrote:
hahah... nalarmu saja yang tidak sampe wed...malu2 in jemaat gerejamu saja...
udh dijelasin ratusan kali masih aja tu isi batok kepala macet..

tu 3 ayat yang sampeyan usung memang perintah menjalankan Puasa Ramadhan tapi untuk umat setelah Nabi saw mas...
gemes pengen nempeleng kepalamu biar peredaran darahnya lancar dan bisa berfikir lebih pintar...

QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

tu ayat nda menjelaskan bahwa Orang2 sebelum Muhammad saw berpuasa Ramadhan.ko malah sampeyan yang maksa, hahah...udeh ga ngerti maksa pula...

Muhammad saw sendiri yang menyampaikan bahwa syariat puasa Ramadhan adalah syariat yang dia sampaikan.

Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Isma'il dari Ayyub dari Nafi' dari Ibnu'Umar radliallahu 'anhuma berkata: \"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melaksanakan puasa hari 'Asyura' (10 Muharam) lalu memerintahkan (para sahabat) untuk melaksanakannya pula. Setelah Allah mewajibklan puasa Ramadhan, maka puasa hari 'Asyura' ditinggalkan. Dan 'Abdullah bin 'Umar radliallahu 'anhu tidaklah melaksanakan puasa hari 'Asyura' kecuali bila bertepatan dengan hari-hari puasa yang biasa dikerjakannya\".

belum ada mas kewajiban Puasa ramadhan sebelum Rasulullah saw...hanya ibadah Puasa2 tertentu saja...
ato maunya sampeyan AL quran itu mengikuti pemikiran cekak mu itu...

perhatikan dong ini:
QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu,agar kamu bertakwa
puasa apa? puasa ramadan (dijelaskan di ayat-ayat berikut)

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by dhans on Fri Jul 26, 2013 3:20 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@dhans wrote:
hahah... nalarmu saja yang tidak sampe wed...malu2 in jemaat gerejamu saja...
udh dijelasin ratusan kali masih aja tu isi batok kepala macet..

tu 3 ayat yang sampeyan usung memang perintah menjalankan Puasa Ramadhan tapi untuk umat setelah Nabi saw mas...
gemes pengen nempeleng kepalamu biar peredaran darahnya lancar dan bisa berfikir lebih pintar...

QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

tu ayat nda menjelaskan bahwa Orang2 sebelum Muhammad saw berpuasa Ramadhan.ko malah sampeyan yang maksa, hahah...udeh ga ngerti maksa pula...

Muhammad saw sendiri yang menyampaikan bahwa syariat puasa Ramadhan adalah syariat yang dia sampaikan.

Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Isma'il dari Ayyub dari Nafi' dari Ibnu'Umar radliallahu 'anhuma berkata: \"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melaksanakan puasa hari 'Asyura' (10 Muharam) lalu memerintahkan (para sahabat) untuk melaksanakannya pula. Setelah Allah mewajibklan puasa Ramadhan, maka puasa hari 'Asyura' ditinggalkan. Dan 'Abdullah bin 'Umar radliallahu 'anhu tidaklah melaksanakan puasa hari 'Asyura' kecuali bila bertepatan dengan hari-hari puasa yang biasa dikerjakannya\".

belum ada mas kewajiban Puasa ramadhan sebelum Rasulullah saw...hanya ibadah Puasa2 tertentu saja...
ato maunya sampeyan AL quran itu mengikuti pemikiran cekak mu itu...

perhatikan dong ini:
QS. 2:183. Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu,agar kamu bertakwa
puasa apa? puasa ramadan (dijelaskan di ayat-ayat berikut)

ya kamu itu yg harusnya perhatiin posting saya baek2...dicermati, dan dimengerti...

bukan memaksakan tafsiran/terjemah harus sesuai dengan anak ingusan baru tau islam kemaren sore...

terjemah sudah ada, tafsir sudah ada, penjelasan dari hadis sudah ada, umat islam sudah mengikutinya..
jangan dibalik, terjemah, tafsir, dan penjelasan hadis harus mengikuti mu....hahah

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by SEGOROWEDI on Fri Jul 26, 2013 4:28 pm

orang beriman disuruh puasa seperti yang dilakukan orang sebelumnya
puasa dalam beberapa hari tertentu, yaitu puasa bulan ramadan

pertanyaan:
siapa orang sebelumnya yang puasa bulan ramadan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by dhans on Thu Aug 01, 2013 2:45 pm

@SEGOROWEDI wrote:orang beriman disuruh puasa seperti yang dilakukan orang sebelumnya
puasa dalam beberapa hari tertentu, yaitu puasa bulan ramadan

pertanyaan:
siapa orang sebelumnya yang puasa bulan ramadan?

lha..terjemah dan tafsir umat Islam sudh ada...

masih kekeh juga terjemah sesuai kemampuan letter text orkris...sana gih bawa biar happy:gul: ...


dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by Ibnu Sabil on Thu Aug 01, 2013 3:40 pm

@SEGOROWEDI wrote:orang beriman disuruh puasa seperti yang dilakukan orang sebelumnya
puasa dalam beberapa hari tertentu, yaitu puasa bulan ramadan

pertanyaan:
siapa orang sebelumnya yang puasa bulan ramadan?

@wedi
Ini jawaban atas pertanyaan anda :
1. Umat Nasrani dahulu juga pernah diwajibkan puasa Ramadhan, tetapi mereka menambahnya 10 hari hingga akhirnya berjumlah 50 hari.

2. Umat Yahudi pun berpuasa, bahkan puasanya tidak sekadar menahan dari makan dan minum dari sore hari sampai waktu sore lagi. Dan mereka melaksanakannya sambil berbaring di atas pasir dan debu sambil meratap sedih

3. Pada masa Jahiliah, penduduk Quraisy Mekah melaksanakan puasa pada bulan Asyura dan Nabi saw melakukannya sebelum ada perintah berpuasa di bulan Ramadhan, namun setelah ada perintah puasa di bulan Ramadhan, Nabi pun berpuasa dan meninggalkan puasa di bulan Asyura.

Khusus perintah berpuasa Ramadhan bagi umat Nabi Muhammad SAW mulai turun pada 10 Sya’ban, satu setengah tahun setelah umat Islam hijrah ke Madinah. “Ketika itu,Nabi Muhammad baru saja diperintahkan untuk mengalihkan arah kiblat dari Baitulmakdis (Yerusalem) ke Ka’bah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi,” sumber Ensiklopedi Islam.
Puasa Ramadhan dimulai ketika melihat atau menyaksikan bulan pada awal bulan tersebut. Apabila langit dalam keadaan berawan yang mengakibatkan bulan tak dapat dilihat dan disaksikan, bulan Sya’ban disempurnakan menjadi 30 hari. Kewajiban puasa sebulan penuh pada Ramadhan baru dimulai pada tahun kedua Hijriah.

Jika masih belum puas juga bener kata dhans, bagusnya kepalamu ditempeleng dulu biar sirkulasi darah di otakmu bisa lancar....hahaha kidding
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kapan puasa pertama kali dimulai..?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik