FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Beriman pada kitab-kitab

Halaman 2 dari 10 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Beriman pada kitab-kitab

Post by alex77 on Fri Jun 21, 2013 12:35 pm

First topic message reminder :

“Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (QS. An-Nisaa’: 136)

dalam ayat tersebut di atas, umat islam di haruskan beriman pada kitab2 allah...

yang ingin saya tanyakan, apa saja kitab2 tersebut dan apakah kalian sudah pernah membacanya..?

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down


Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by alex77 on Thu Jun 27, 2013 3:33 pm

@frontline defender wrote:udah gini aja, sekarang tunjukin, ajaran Alkitab mana saja, yang nggak/belum ada di Al-Quran!piss

adakah ajaran sunat dalam Alquran..?


alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 27, 2013 10:59 pm

@frontline defender wrote:udah gini aja, sekarang tunjukin, ajaran Alkitab mana saja, yang nggak/belum ada di Al-Quran!piss

misalnya ini:
Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
"Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.
Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.
Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.
Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.
Jangan membunuh.
Jangan berzinah.
Jangan mencuri.
Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.
Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu."


ada/tidak di quran?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by alex77 on Sat Jun 29, 2013 7:54 am

mana ne si FD..?

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by frontline defender on Sat Jun 29, 2013 9:23 am

@alex77 wrote:adakah ajaran sunat dalam Alquran..?
lha itu, ajaran kebersihan kan ada, lha sunat termasuk ajaran kebersihan apa ndak?
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by alex77 on Sun Jun 30, 2013 5:09 pm

@frontline defender wrote:
@alex77 wrote:adakah ajaran sunat dalam Alquran..?
lha itu, ajaran kebersihan kan ada, lha sunat termasuk ajaran kebersihan apa ndak?

jgn ngelak gitu bung FD..
sdh jelas di alquran tidak ada itu..

dan ini sudah di akui di trit saya yang lain...

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by SEGOROWEDI on Sun Jun 30, 2013 5:16 pm

@frontline defender wrote:
@alex77 wrote:adakah ajaran sunat dalam Alquran..?
lha itu, ajaran kebersihan kan ada, lha sunat termasuk ajaran kebersihan apa ndak?

yang bilang sunat untuk kebersihan kamu..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by frontline defender on Mon Jul 01, 2013 11:02 am

@alex77 wrote:jgn ngelak gitu bung FD..
sdh jelas di alquran tidak ada itu..

dan ini sudah di akui di trit saya yang lain...
berarti sunat nggak ada gunanya buat kebersihan ya?lol

@SEGOROWEDI wrote:yang bilang sunat untuk kebersihan kamu..
emang dokter ndak bilang gitu ya?ngakak
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by SEGOROWEDI on Mon Jul 01, 2013 11:05 am


bukan alloh yang bilang..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by frontline defender on Mon Jul 01, 2013 11:14 am

memang, karena yang bilang itu Allah!sholat yuk 
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by alex77 on Mon Jul 01, 2013 12:00 pm

Thrit ini bukan khusus membahas sunat.

khusus sunat sudah ada tritnya:
http://www.laskarislam.com/t6737-adakah-perintah-sunat-dalam-alquran

fokus trit ini
@alex77 wrote:“Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (QS. An-Nisaa’: 136)

dalam ayat tersebut di atas, umat islam di haruskan beriman pada kitab2 allah...

yang ingin saya tanyakan, apa saja kitab2 tersebut dan apakah kalian sudah pernah membacanya..?

melalui thrit, ingin mengetahui sejauh mana umat muslim mengimani kitab2 nabi..

sampai sejauh ini belum ada umat muslim yang mengatakan telah membaca dan mengimaninya..
yang ada hanya mengatakan dengan seenaknya, bahwa kitab2 tersebut sudah jadi rongsokan.. dan sudah terdapat di alquran..

kl memang kitab2 itu sudah terdapat dalam alquran, untuk apa lagi allah menyuruh mengimani kitab2 nabi.. bukankan cukup alquran aja..


alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by SEGOROWEDI on Mon Jul 01, 2013 12:05 pm



saya penasaran pada kitab injil yang dibawa isa sejak lahir ceprot..
- isinya apa? dan..
- yang nulis siapa?

semoga para mahluk nerpikir, kali ini mau berpikir..
dan mampu menjawab, silakan!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by isaku on Mon Jul 01, 2013 12:30 pm

alex wrote:kl memang kitab2 itu sudah terdapat dalam alquran, untuk apa lagi allah menyuruh mengimani kitab2 nabi.. bukankan cukup alquran aja..
Apakah kamu masih mengharapkan mereka akan percaya kepadamu, padahal segolongan dari mereka mendengar firman Allah, lalu mereka mengubah-nya setelah mereka memahaminya, sedang mereka mengetahui (2: 75).

Yaitu orang-orang Yahudi, mereka mengubah (arti kata untuk menambah dan mengurangi) perkataan dari tempat-tempatnya. Mereka berkata: "Kami mendengar tetapi kami tidak mau menurutinya." Dan (mereka mengatakan pula): "Dengarlah", sedang kamu sebenarnya tidak mendengar apa-apa." Dan (mereka mengatakan): "Ra'ina" (sudilah kamu memperhatikan kami) dengan memutar-mutar lidahnya dan mencela agama. Sekiranya mereka mengatakan: "Kami mendengar dan menurut, dan dengarlah dan perhatikanlah kami", tentulah itu lebih baik bagi mereka dan lebih tepat, akan tetapi Allah mengutuk mereka karena kekafiran mereka. Mereka tidak beriman kecuali iman yang sangat tipis (4: 46).

Tetapi karena mereka melanggar janjinya, kami kutuki mereka, dan kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merubah perkataan (Allah) dan tempat-tempatnya, dan mereka sengaja melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan mereka kecuali sedikit yang tidak berkhianat, maka maafkanlah mereka dan biarkanlah mereka. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik (5: 13).

Wahai Rasul, janganlah hendaknya kamu disedihkan oleh orang-orang yang bersegera (memperlihatkan) kekufurannya, yaitu di antara orang-orang yang mengatakan dengan mulut mereka: "Kami telah beriman", padahal hati mereka belum beriman; dan juga di antara orang-orang Yahudi. (Orang-orang Yahudi) itu amat suka mendengarkan berita bohong dan amat suka mendengarkan perkataan orang lain yang belum pernah datang kepadamu; mereka mengubah perkataan-perkataan (Taurat) dari tempat-tempatnya. Mereka mengatakan: "Jika diberikan ini (yang sudah diubah-ubah oleh mereka) kepadamu, maka terimalah dan jika kamu diberi yang bukan ini maka hati-hatilah (5: 41).

Sesungguhnya di antara mereka ada segolongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Al-Kitab, padahal dia bukan dari Al-Kitab dan mereka mengatakan: "Ia (yang dibaca itu datang) dari sisi Allah, padahal ia bukan dari sisi Allah. Mereka berkata dusta terhadap Allah, sedang mereka mengetahui (3: 78).

Maka kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang menulis Al-Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya: "Ini dari Allah," (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan besarlah bagi mereka akibat dari apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan besarlah bagi mereka akibat apa yang mereka kerjakan (2: 79).

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by SEGOROWEDI on Mon Jul 01, 2013 12:41 pm


lha kalau dituduh seperti itu..
buat apa disuruh mengimani?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by isaku on Mon Jul 01, 2013 12:43 pm

Diimani bahwa kitab2 tersebut telah diturunkan kepada Nabi Musa AS, Nabi Daud AS dan Nabi Isa AS

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by SEGOROWEDI on Mon Jul 01, 2013 12:47 pm


mana bukti diimani hanya karena diturunkan kepada Nabi Musa AS, Nabi Daud AS dan Nabi Isa AS?

kek apa injil yang diturunkan kepada isa?
yang dibawanya sejak lahir ceprot..
dan siapa yang nulis injil tersebut?

ayo bepikir!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by alex77 on Mon Jul 01, 2013 1:03 pm

@isaku wrote:Diimani bahwa kitab2 tersebut telah diturunkan kepada Nabi Musa AS, Nabi Daud AS dan Nabi Isa AS

anda tau mengimani itu harus spt apa..?

“Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (QS. An-Nisaa’: 136)

dalam ayat itu semuanya mendapat perlakuan yang sama.
bagaimana bisa anda mengimani cukup sekedar tau bahwa kitab2 tersebut telah di turunkan..?

oya.. spt apa kitab yang telah di turunkan kepada nabi daud dan nabi isa trsbt..?

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by isaku on Mon Jul 01, 2013 1:51 pm

alex wrote:dalam ayat itu semuanya mendapat perlakuan yang sama.
betul
alex wrote:bagaimana bisa anda mengimani cukup sekedar tau bahwa kitab2 tersebut telah di turunkan..?

oya.. spt apa kitab yang telah di turunkan kepada nabi daud dan nabi isa trsbt..?
alasannya seperti penjelasan pak FD, ada haditsnya, post 4

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by SEGOROWEDI on Mon Jul 01, 2013 1:53 pm

mana nih para mahluk berpikirnya...
@SEGOROWEDI wrote:
kek apa injil yang diturunkan kepada isa?
yang dibawanya sejak lahir ceprot..
dan siapa yang nulis injil tersebut?


SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by alex77 on Mon Jul 01, 2013 10:01 pm

@isaku wrote:
alex wrote:dalam ayat itu semuanya mendapat perlakuan yang sama.
betul
alex wrote:bagaimana bisa anda mengimani cukup sekedar tau bahwa kitab2 tersebut telah di turunkan..?

oya.. spt apa kitab yang telah di turunkan kepada nabi daud dan nabi isa trsbt..?
alasannya seperti penjelasan pak FD, ada haditsnya, post 4

penjelasan pada post#4, tidak mencerminkan ayat tersebut..
krn ayat tersebut jelas memerintahkan mengimani kitab2 nabi juga bukan hanya alquran...

anda belum menjawab pertanyaan saya
spt apa kitab yang telah di turunkan kepada nabi daud dan nabi isa trsbt..?

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by alex77 on Mon Jul 01, 2013 10:03 pm

@SEGOROWEDI wrote:mana nih para mahluk berpikirnya...
@SEGOROWEDI wrote:
kek apa injil yang diturunkan kepada isa?
yang dibawanya sejak lahir ceprot..
dan siapa yang nulis injil tersebut?


gak kan mungkin mereka mampu menjelaskan..
krn alquran sendiri telah salah menyebutkan kitab injil diturunkan kepada nabi isa...

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by isaku on Tue Jul 02, 2013 7:19 am

alex wrote:penjelasan pada post#4, tidak mencerminkan ayat tersebut..
krn ayat tersebut jelas memerintahkan mengimani kitab2 nabi juga bukan hanya alquran...
pastinya sih tidak sesuai keinginan anda memang.
Karena ayat2 di post 37, maka cara muslim mengimani adalah hadits, lihat post 12
alex wrote:anda belum menjawab pertanyaan saya
spt apa kitab yang telah di turunkan kepada nabi daud dan nabi isa trsbt..?
----------------------------
gak kan mungkin mereka mampu menjelaskan..
krn alquran sendiri telah salah menyebutkan kitab injil diturunkan kepada nabi isa...
Betul juga, memang tidak mungkin, sama tidak mungkinnya dengan kalian menjelaskan bahwa kitab yg kalian pegang benar2 ajaran nabi2 atau tidak.
tapi tidak usah khawatir.. :)) baca lagi post 20


isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 02, 2013 8:04 am

@alex77 wrote:
@SEGOROWEDI wrote:mana nih para mahluk berpikirnya...
@SEGOROWEDI wrote:
kek apa injil yang diturunkan kepada isa?
yang dibawanya sejak lahir ceprot..
dan siapa yang nulis injil tersebut?


gak kan mungkin mereka mampu menjelaskan..
krn alquran sendiri telah salah menyebutkan kitab injil diturunkan kepada nabi isa...

lahir ceprot sudah bisa ngomong dan diberi kitab (injil)
- kek apa isinya injil yang dibawanya itu? dan
- siapa yang menulis injil tersebut?


mahluk berpikirnya pada tiarap..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by alex77 on Tue Jul 02, 2013 11:56 am

@isaku wrote:
alex wrote:penjelasan pada post#4, tidak mencerminkan ayat tersebut..
krn ayat tersebut jelas memerintahkan mengimani kitab2 nabi juga bukan hanya alquran...
pastinya sih tidak sesuai keinginan anda memang.
Karena ayat2 di post 37, maka cara muslim mengimani adalah hadits, lihat post 12
alex wrote:anda belum menjawab pertanyaan saya
spt apa kitab yang telah di turunkan kepada nabi daud dan nabi isa trsbt..?
----------------------------
gak kan mungkin mereka mampu menjelaskan..
krn alquran sendiri telah salah menyebutkan kitab injil diturunkan kepada nabi isa...
Betul juga, memang tidak mungkin, sama tidak mungkinnya dengan kalian menjelaskan bahwa kitab yg kalian pegang benar2 ajaran nabi2 atau tidak.
tapi tidak usah khawatir.. :)) baca lagi post 20


tidak mungkin itu karena kalian tidak bisa membuktikan..
muhammad ga tau kl injil itu ga diturunkan..

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by isaku on Tue Jul 02, 2013 1:09 pm

@atas
Minta bukti apa sih.. Bahwa kitab2 terdahulu kacau balau?
mampir aja di tret2 koreksi bibble.. Kayanya udah banyak :))

Atas dasar apa anda bisa klaim injil tidak dturunkan?

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 02, 2013 1:32 pm

@isaku wrote:
Atas dasar apa anda bisa klaim injil tidak dturunkan?

- kapan diturunkannya?
- bagaimana penurunannya?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Beriman pada kitab-kitab

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 10 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik