FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

@kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

@kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by abu hanan on Tue Jun 25, 2013 11:16 pm

First topic message reminder :

apakah beda ;
ketuhanan dengan keilahian wal ke-allah-an?

terims..


Terakhir diubah oleh abu hanan tanggal Mon Jul 08, 2013 1:30 pm, total 1 kali diubah


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down


Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by abu hanan on Fri Jun 28, 2013 1:41 pm

pak dhe wrote:dari manapun diserap..
ilahi, allah dan tuhan = bahasa indonesia
berilah sayah bukti..
jangan kau merasa bosan bila masih suka padaku (radja mode on)


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 28, 2013 1:50 pm

EbisuSensei wrote:
Kalau kamu mengakui bahwa itu adalah lafal2 serapan, berarti yang b3g0 yang menerjemahkan doong ..................... okey .................
lollol

diserap dari El/Eloah/Elohim..
semua sebutan sama dengan sebutan TUHAN, maka yang be3g00 adalah yang mencontek
tapi dijadikan nama zat sesembahanya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by SEGOROWEDI on Fri Jun 28, 2013 1:51 pm

abu hanan wrote:
pak dhe wrote:dari manapun diserap..
ilahi, allah dan tuhan = bahasa indonesia
berilah sayah bukti..
jangan kau merasa bosan bila masih suka padaku (radja mode on)

buktinya orang seindonesia ngerti

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by EbisuSensei on Fri Jun 28, 2013 5:08 pm

SEGOROWEDI wrote:
EbisuSensei wrote:
Kalau kamu mengakui bahwa itu adalah lafal2 serapan, berarti yang b3g0 yang menerjemahkan doong ..................... okey .................
lollol

diserap dari El/Eloah/Elohim..
semua sebutan sama dengan sebutan TUHAN, maka yang be3g00 adalah yang mencontek
tapi dijadikan nama zat sesembahanya
Apakah lafal Eloah adalah sebutan?

Silahkan tunjukkan referensinya kalau ada!
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by abu hanan on Sat Jun 29, 2013 2:59 pm

SEGOROWEDI wrote:
abu hanan wrote:
pak dhe wrote:dari manapun diserap..
ilahi, allah dan tuhan = bahasa indonesia
berilah sayah bukti..
jangan kau merasa bosan bila masih suka padaku (radja mode on)

buktinya orang seindonesia ngerti
walah..
ilahi itu apa?kan basa arab yah jelasin dan buktiin kalow sama dengan allah..
allah itu apa?kan basa arab yah jelasin dan buktiin kalow sama dengan tuhan..
tuhan itu apa?kan basa endonesah yah jelasin kok bisa sama dengan ilahi..

orang seluruh negeri ngerti kan belum tentu ngertinyah pas..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by ramayana on Sat Jun 29, 2013 4:16 pm

Segala post yang tidak terkait tema akan dihapus
Mod 3
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by EbisuSensei on Sat Jun 29, 2013 4:24 pm

Deleted
Mod 3

halah ............. capek2 saya undang kok malah nyampah .................. nangisnangis
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by SEGOROWEDI on Sun Jun 30, 2013 6:16 pm

abu hanan wrote:
walah..
ilahi itu apa?kan basa arab yah jelasin dan buktiin kalow sama dengan allah..
allah itu apa?kan basa arab yah jelasin dan buktiin kalow sama dengan tuhan..
tuhan itu apa?kan basa endonesah yah jelasin kok bisa sama dengan ilahi..

orang seluruh negeri ngerti kan belum tentu ngertinyah pas..

ilahi itu sifat allah/tuhan, semua orang indonesia ngerti
karena itu bahasa indonesia; demikian juga allah/tuhan
allah dari el/eloah/elohim sama dengan tuhan; bukan nama..
muhammad yang salah kaprah, mengambil sebutan tersebut lalu dijadikan NAMA bagi ilahnya..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by EbisuSensei on Mon Jul 01, 2013 12:46 pm

@sw

Silahkan tunjukkan bukti referensi kalau "Eloah" adalah sebutan.

Bukan "Elohim" dan bukan pula "El"

Silahkan!
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by SEGOROWEDI on Mon Jul 01, 2013 12:49 pm


kalau NAMA..
musa gak perlu tanya nama Tuhan...
karena tentunya sudah dipanggil demikian sejak jaman adam

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by EbisuSensei on Mon Jul 01, 2013 12:53 pm

SEGOROWEDI wrote:
kalau NAMA..
musa gak perlu tanya nama Tuhan...
karena tentunya sudah dipanggil demikian sejak jaman adam
belum belum kok bablas mblayu ........................ ketawa gulingketawa guling

Ayooh jawab!
apakah ada referensi kalau lafal yang saya maksud adalah sebutan?
Silahkan!
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by SEGOROWEDI on Mon Jul 01, 2013 1:07 pm


El berarti Allah yang kuat
Elohim berarti Sang Pencipta yang Mahakuasa

semua itu sebutan BUKAN NAMA
misalnya sebutan ‘el-elyion’ (Allah Maha Tinggi) dalam Kejadian 14:22 dan ‘el-elohei-yisrael’ (Allah, Allahnya Israel) dalam Kejadian 33:20.

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by EbisuSensei on Mon Jul 01, 2013 6:33 pm

SEGOROWEDI wrote:
El berarti Allah yang kuat
Elohim berarti Sang Pencipta yang Mahakuasa

semua itu sebutan BUKAN NAMA
misalnya sebutan ‘el-elyion’ (Allah Maha Tinggi) dalam Kejadian 14:22 dan ‘el-elohei-yisrael’ (Allah, Allahnya Israel) dalam Kejadian 33:20.
Malah tambah mbblandhang ......................... ketawa gulingketawa guling

Ayoh wed ............ !
Yang saya minta adalah referensi bahwa lafal yang saya sebutkan di post #34 adalah "sebutan", bukan "nama".

Silahkan!
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by ramayana on Mon Jul 01, 2013 6:56 pm

@ ebi.. ente udah belajar belum??

seabrek di google sana. ente kalau ga ngerti janagn asal njeplak!

ente cari dulu.. ntar kl ga tau krn ente payah.. ane kasih ayat!! tapi usaha dulu!
jangan asal njeplak melulu yg ente andelin..
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by EbisuSensei on Mon Jul 01, 2013 8:01 pm

ramayana wrote:@ ebi.. ente udah belajar belum??

seabrek di google sana. ente kalau ga ngerti janagn asal njeplak!

ente cari dulu.. ntar kl ga tau krn ente payah.. ane kasih ayat!! tapi usaha dulu!
jangan asal njeplak melulu yg ente andelin..
Emangnya saya nggak pernah mbukak-mbukak sarapanpagi?

Seingat saya lafal tersebut tidak pernah digunakan sebagai "sebutan".
Mirip dengan penggunaan "nama" dalam Al Quran.

Jadi kalo anda tahu ayatnya silahkan tunjukkan aja ram.
Malah diskusinya lebih bagus kan?

Saya minta post nomor #1-2 ditanggapi.
Post2 saya bisa dibilang sebagai penggembira
pisspiss
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by ramayana on Mon Jul 01, 2013 8:15 pm

EbisuSensei wrote:
ramayana wrote:@ ebi.. ente udah belajar belum??

seabrek di google sana. ente kalau ga ngerti janagn asal njeplak!

ente cari dulu.. ntar kl ga tau krn ente payah.. ane kasih ayat!! tapi usaha dulu!
jangan asal njeplak melulu yg ente andelin..
Emangnya saya nggak pernah mbukak-mbukak sarapanpagi?

Seingat saya lafal tersebut tidak pernah digunakan sebagai "sebutan".
Mirip dengan penggunaan "nama" dalam Al Quran.

Jadi kalo anda tahu ayatnya silahkan tunjukkan aja ram.
Malah diskusinya lebih bagus kan?

Saya minta post nomor #1-2 ditanggapi.
Post2 saya bisa dibilang sebagai penggembira
pisspiss
ya elah.. dunia sedemikan luas. malah hanya kesana. ya kalau nemu.. kalau ga??

ane aja seumur umur ga pernah baca baca disana.. hanya sekilas krn ada link kesana.

post no 1 dan 2??? ente tau ga sih pertanyaan bermutu dan tidak?? si abu ini maksudnya apa??

ini hanya masalah bahasa. bukan ajaran! buat apa debat yg ga masuk akal????

menurut ente.. si abu ini maksudnya apa?? ente ngerti??

ane males setiap ente njeplak ane yg ngajari. ente ga bayi kan?? cari dulu!

ane kasih tahu petunjuk. ente cari alkitab online, dan baca kitab kejadian di bagian cerita musa!!

udah.. ente akan nemu.. siapa NAMA TUHAN itu!!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by EbisuSensei on Mon Jul 01, 2013 8:25 pm

ramayana wrote:
menurut ente.. si abu ini maksudnya apa?? ente ngerti??
Kurang lebih arahnya kemana bisa dimengerti ...........
Dan kemungkinan bisa panjang ............

ane males setiap ente njeplak ane yg ngajari. ente ga bayi kan?? cari dulu!
ane kasih tahu petunjuk. ente cari alkitab online, dan baca kitab kejadian di bagian cerita musa!!
udah.. ente akan nemu.. siapa NAMA TUHAN itu!!
Heleeh malah lari duluan ................... lollol
Ya udah deh, yang penting elo tanggapi dulu post #1-2.
Nggak usah tanggapi post gue kalo nggak mau.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by ramayana on Mon Jul 01, 2013 8:28 pm

@ ebi.. kalau arahnya ente udah mengerti.. silahkan ente kasih tau ane!!
ga usah yg persis keinginan abu.. yang arahnya abu ajalah.... sanggup?
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by EbisuSensei on Mon Jul 01, 2013 8:33 pm

ramayana wrote:@ ebi.. kalau arahnya ente udah mengerti.. silahkan ente kasih tau ane!!
ga usah yg persis keinginan abu.. yang arahnya abu ajalah.... sanggup?
Setahu saya, kira2 arahnya bisa sampai konsep dasar ketuhanan kristen.
Ini kurang lebihnya.
Jawab aja biar kamu sendiri nanti tahu.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by ramayana on Mon Jul 01, 2013 8:51 pm

EbisuSensei wrote:
ramayana wrote:@ ebi.. kalau arahnya ente udah mengerti.. silahkan ente kasih tau ane!!
ga usah yg persis keinginan abu.. yang arahnya abu ajalah.... sanggup?
Setahu saya, kira2 arahnya bisa sampai konsep dasar ketuhanan kristen.
Ini kurang lebihnya.
Jawab aja biar kamu sendiri nanti tahu.

enta ga tau dia nanya apa?? dia nanya perbedaan tuhan, ilahi ama allah. ini hanya bahasa.
mau di debat apaan? ente jangan memandang abu setinggi itu.. ampe ente anggap arahnya konsep ketuhanan hahahahahaha..

ane lagi males ama abu.. biar yg lain aja... ane kemari krn ente njeplak melulu.. ente baca link ane juga di trit http://www.laskarislam.com/t5721p50-benarkah-nama-tuhan-adalah-alloh-swt#82320
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 02, 2013 8:44 am

EbisuSensei wrote:
SEGOROWEDI wrote:
El berarti Allah yang kuat
Elohim berarti Sang Pencipta yang Mahakuasa

semua itu sebutan BUKAN NAMA
misalnya sebutan ‘el-elyion’ (Allah Maha Tinggi) dalam Kejadian 14:22 dan ‘el-elohei-yisrael’ (Allah, Allahnya Israel) dalam Kejadian 33:20.
Malah tambah mbblandhang ......................... ketawa gulingketawa guling

Ayoh wed ............ !
Yang saya minta adalah referensi bahwa lafal yang saya sebutkan di post #34 adalah "sebutan", bukan "nama".

Silahkan!

lha itu referensinya alkitab..
cuman sebutan (Maha Kuat, Maha Pencipta, Maha Kuasa, Maha Tinggi dan sebagainya)
kalau itu NAMA tentunya sejak jaman adam sudah ada
bahkan sampai saat ini yahudi menyebut tuhannya El/Eloah/Elohim
dan musa tidak perlu capek-cape menanyakan nama-Nya..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by abu hanan on Tue Jul 02, 2013 10:42 am

ilahi itu kan basa arab,definisinyah sesuai basa arab itu kaya apa?
tuhan juga bugituh..lalu mengafa hanya berputar2?

seperti apa konsep ketuhanan kristen?
apa yang menjadi wajib dan mustahil dilakukan atow dimiliki tuhan?

sesederhana bugituh ajah kok yah mbulet seh?basi 


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 02, 2013 1:49 pm

abu hanan wrote:ilahi itu kan basa arab,definisinyah sesuai basa arab itu kaya apa?
tuhan juga bugituh..lalu mengafa hanya berputar2?

seperti apa konsep ketuhanan kristen?
apa yang menjadi wajib dan mustahil dilakukan atow dimiliki tuhan?

sesederhana bugituh ajah kok yah mbulet seh?basi 

- ilahi itu kata sifat dari allah (tuhan) yang berasal dari El/Eloah/Elohim
- tuhan/allah itu sebutan bagi sang pencipta langit, bumi dan isinya, bukan nama
- allah itu roh; tuhan itu esa
- takiya, merancang hal buruk, dsb.

gak ada yang mbulet, saya njawab selalu tunjuk poin..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by abu hanan on Wed Jul 03, 2013 2:32 pm

- ilahi itu kata sifat dari allah (tuhan) yang berasal dari El/Eloah/Elohim
bisa dibikinkan pointnyah,apakah yang dkamsut dengan sifat tuhan?

- tuhan/allah itu sebutan bagi sang pencipta langit, bumi dan isinya, bukan nama
siapakah nama tuhan bagi kristen?

- allah itu roh
bugimana definisi roh?

tuhan itu esa
apakah esa itu berarti absolut/mutlak?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by SEGOROWEDI on Wed Jul 03, 2013 2:44 pm

abu hanan wrote:
- ilahi itu kata sifat dari allah (tuhan) yang berasal dari El/Eloah/Elohim
bisa dibikinkan pointnyah,apakah yang dkamsut dengan sifat tuhan?

- tuhan/allah itu sebutan bagi sang pencipta langit, bumi dan isinya, bukan nama
siapakah nama tuhan bagi kristen?

- allah itu roh
bugimana definisi roh?

tuhan itu esa
apakah esa itu berarti absolut/mutlak?

- kan sudah di depan
- Tuhan tidak butuh nama
- tenaga aktif/Roh Kudus/Roh Allah
- maksudnya?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: @kristen,sayah bertanya tentang ketuhanan

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik