FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Membayar Upah

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Membayar Upah

Post by hamba tuhan on Thu Jun 27, 2013 3:49 pm

“Berikanlah upah kepada pekerja sebelum kering keringatnya” (HR. al Baihaqi ).

Naiknya harga-harga barang akibat naiknya harga minyak, membuat hidup sebahagian orang bertambah berat. Apalagi bagi yang hidup dari hasil upah rendah dan berlumuran dengan utang, sedangkan pada saat yang sama banyak anggota keluarga yang harus dibiayai atau dipenuhi kebutuhannya. Untuk menutupi kebutuhan, yang kadangkala masih kebutuhan dasar berupa sandang dan pangan, sebahagian orang tua harus bekerja siang dan malam dengan tambahan waktu. Yang lebih berat lagi, bila setelah bersusah payah bekerja itu terganjal juga oleh tidak dibayarnya upah sebagaimana mestinya. Siapapun yang menyadari posisi saudaranya demikian, tak akan sampai hati untuk tidak membayar upahnya (tepat waktu dan berstandar kemanusiaan).

Mengetahui kondisi demikian, tapi mengabaikan atau tidak membayar upah para pekerjanya dengan sepatutnya, termasuk berbuat kezaliman. Apalagi perbuatan tersebut memupuskan harapan orang yang sangat membutuhkan. Bahkan, perbuatan demikian tak akan dilakukan, kecuali bagi orang-orang yang siap dimusuhi Allah. Sebagaimana dikabarkan oleh Rasulullah, Allah memusuhi tiga jenis manusia di hari kiamat. Di antaranya orang yang menyewakan seorang upahan dan mempekerjakan dengan penuh, tetapi tidak membayar upahnya (HR. Imam Bukhari).

Lebih lanjut diingatkan dalam Alquran bahwa orang-orang yang dimusuhi Allah, akan jauh dari petunjuk Allah. Dan siapapun yang dimusuhi Allah akan menjadi percuma amalannya. Menjadi sia-sia juga bersusah payah menunggu masa datangnya bulan suci Ramadhan, bila tidak berusaha mencari ridha Allah. Karena itu, Rasulullah mengajak agar membayar upah pekerja dengan jumlah yang pantas dan sesegera mungkin.
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Membayar Upah

Post by jaya on Fri Nov 22, 2013 6:21 pm

Tidak harus seorang nabi mengatakan hal seperti ini. Ateis ma udah tahu bahkan lebih konsisten.
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik