FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Halaman 2 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by hamba tuhan on Sat Jun 29, 2013 4:56 pm

First topic message reminder :

Kristen selalu memahami firman sehingga Yesus dianggap Firman yang mendaging. Tentu kita harus membedakan apa itu firman dan apa itu daging. Firman adalah petunjuk, yang bisa dipindahkan dari satu pikiran orang kepada pikiran orang lain. Dan petunjuk ini biasanya dituangkan dalam tulisan. Sebelum orang mengenal tulisan biasanya petunjuk dituangkan dalam hafalan yang mana orang yang paling hafal mentransfer ke orang lain lewat suatu penceritaan.

Semua nabi dari Adam hingga nabi Muhammad boleh dibilang orang-orang yang hafal akan firman Tuhan, jadi jika saudara Kristen menganggap Yesus sebagai firman yang mendaging tentu keliru. Jika pahamnya demikian, berarti Adam, Ibrahim, Musa , Muhammad dan lainnya juga bisa dikatakan firman yang mendaging.

Jika Yesus dianggap firman yang mendaging, maka dari kecil sampai usia 30 tahun seharusnya tidak ada kata-kata yang terucap selain firman Tuhan. Tetapi ini adalah hal yang mustahil. Selama 30 tahun kehadirannya di dunia, pasti Yesus bercakap-cakap dengan orang-orang disekitarnya dimana konteksnya bukan sedang menyampaikan Firman!. Misalnya : Yesus sebagai seorang anak mengajak anak-anak lainnya bermain, Yesus sebagai anak kecil yang meminta ibunya agar dibuatkan sesuatu,Yesus sebagai seorang pemuda meminta ijin ibunya untuk mencari kayu bakar, layaknya seorang manusia bercakap-cakap dengan manusia lain membicarakan hidup sehari-hari dan dain-lain, tentu itu konteksnya bukan Yesus sedang menyampaikan Firman Tuhan!.

Pemahaman terdekat Saudara Kristen yang menganggap Yesus sebagai firman yang mendaging adalah karena Yesus lahir dari seorang perawan dimana Yesus dianggap sebagai penjelmaan Tuhan (Roh Tuhan), dimana Kristen mempunyai dogma bahwa Firman itulah Tuhan dan sesuatu tercipta oleh firman. Pemahaman ini merupakan pemahaman terdekat dengan Filsafat Helenisme (Plato), ataupun Yahudi sendiri. Jadi Firman menciptakan firman, dimana yang perlu digarisbawahi adalah bahwa dalam pemahaman Helenisme (Plato) dan (Yahudi), Firman (Tuhan) menciptakan firman (Makhluk) dengan tingkat berbeda. Dimana Tuhan sebagai Firman (God) memiliki kedudukan lebih tinggi terhadap firman (god).

Jauh sebelum Yesus lahir para pemikir filsafat semisal Plato, Philo dll berusaha mencari jalan untuk memahami hubungan antara Tuhan dan Manusia. Para pemikir sadar bahwa Tuhan itu tidak dapat di gambarkan dan diketahui jati diri-NYA. Dalam artian Tuhan itu misterius dan menciptakan dengan cara misterius pula.

Salah satu cara Tuhan dalam menciptakan sesuatu hanya dapat dimengerti oleh kalimat sebagai berikut:

Kejadian 1:3 Allah berfirman : “Jadilah terang, maka terang pun jadi”.

Al-Quran juga dikenal kalimat Kun Fayakun yang berarti :”Jadilah, maka terjadi”. Seperti dalam ayat berikut :… Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: “Jadilah”, lalu jadilah dia. (QS 3:47)

Kalau kita perhatikan ayat Kejadian dan Al-Quran diatas, penciptaan terhadap sesuatu tercipta dengan Kalimat Allah. Kalimat Allah inilah yang kita ketahui sebagai Firman. Tetapi bagaimana untuk memahami Firman?. Kristen berpendapat bahwa Firman adalah Tuhan. Tetapi jika hal ini dikaji dari Kitab Yesaya tampak sekali bahwa Firman bukanlah Tuhan tetapi Firman berasal dari Tuhan (diciptakan).

Perhatikan ayat berikut :
Demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. (Yesaya 55:11)

Untuk memahami ayat diatas anda bisa menganalogikan firman sebagai suara yang keluar dari mulut anda. Ketika suara itu keluar dari mulut anda maka suara itu didengar oleh orang lain. Jadi ketika anda berhenti bicara, suara anda sudah berdiri sendiri menjadi sesuatu yang bebas. Suara bukan anda dan bukan orang lain yang mendengar suara dari anda. Tetapi dalam paham ke-Tuhan-an, meski suara sudah bebas ia tetap milik Allah yang bisa melakukan sesuatu atas kehendak Allah. Karena suara Allah punya kekuatan. Seorang raja memerintah juga dengan suara, yang mana terkadang suara itu dituliskan.

Itulah mengapa Bapa Gereja Saint Agustine memandang bahwa ayat Yohanes 1:1 “ Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah” terdapat kesalahan penulisan yang fatal. Seharusnya ayat itu berbunyi sebagai berikut : “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah (DARI) Allah”.

Jadi Firman adalah sesuatu yang diciptakan oleh Allah. Hal ini dapat kita pahami dari ayat Amsal 8:22 “TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala”.

Ayat diatas menerangkan bahwa permulaan berasal dari tidak ada. Menjadi ada karena diciptakan oleh Allah. Seperti Adam dan Hawa yang merupakan manusia pertama. Tetapi ada yang berpendapat bahwa kata menciptakan dalam Amsal 8:22 seharusnya diartikan “memiliki” seperti dalam Amsal 4:5 yang mana akar katanya sama-sama dari akar kata “qanah”. Tetapi meski ini dipahami “memiliki” apa lalu firman itu adalah Allah?. Coba anda lihat lagi pemahaman ayat Yesaya 55:1 diatas tentang suara. Suara awalnya memang milik kita karena kitalah yang bicara pertama. Tetapi ketika kita sudah berhenti bicara, suara itu menjadi barang bebas yang didengar oleh orang lain.

Tuhan memerintah alam semesta dengan Firman. Firman dianggap sebagai penghubung antara Allah yang tidak tampak dengan kehidupan manusia yang materiil. Dan firman dalam menghubungkan antara 2 alam yang beda sering memakai perantara, misalnya para nabi atau para malaikat. Para nabi dan malaikat dianggap sebagai pembawa firman yang menghubungkan antara alam Allah dengan Alam manusia. Karena lewat keduanyalah Allah sering bercakap-cakap dengan manusia.
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down


Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by ramayana on Mon Jul 01, 2013 6:52 pm

sekarang senjatanya si momod adalah delete posting ane.

@ momod.. ga perduli momod berapa aja..

ente pikir deh.. ane selama ini udah pakai bukti. ga pernah ngawur.

ane gimana jelasin kalau ga pakai contoh yg ada di islma sendiri???
mereka mengerti dan mingimani hal yg mirip. tapi mengatakan kristen ga masuk akal. ini yg gendeng siapa??

apa salah ane kasih "cermin" dalam islam??

jangan sedikit sedikit delete dengan alasan OOT!

OOT kalau di luar topik. tetapi kalau masih dalam topik walau dilihat dari sisi lain.. tolong jangan seenaknya ente delete!!

ane minta ini sebagai ruang berpikir! krn ganya di forum kayak ini ane bisa adu ilmu. kan ga mungkin di dunia nyata ane lakuin ini..

@ admin.

tolong ente cari momod yg punya ekstra hikmat! kalau perlu ente minta pertimbangan ane deh sebelum delete posting hehehehehehehehehe...

sekarang gimana solusinya? ane buat trit sendiri malah meleceng dari bahasan di trit sebelumnya.

sekali lagi.. lebih berhikmatlah!!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by ramayana on Mon Jul 01, 2013 7:01 pm

@ ht

ente ini maksudnya apa?? kasih ayat tp ga jelasin..

avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by hamba tuhan on Mon Jul 01, 2013 11:02 pm

@ramayana wrote:@ ht

ente ini maksudnya apa?? kasih ayat tp ga jelasin..


saya kasih ayat buat minta penjelasan... bukan untuk menjelaskan.... aneh!!!
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by oglikom on Mon Jul 01, 2013 11:37 pm

@hamba tuhan wrote:
@aliumar wrote: Kemungkinannya kan cuma 2, ciptaan atau Pencipta.

Nah menurut mu Firman itu ciptaan atau Pencipta?
@oglikom wrote: Sekarang mengikuti cara berpikir anda, Firman Allah yang berupa "KUN" ini "terlepas bebas didengar oleh orang lain" tapi apakah orang lain setelah mendengar kata ini bisa berfirman seperti Allah dan apakah "KUN" ini terlepas dari Allah setelah diucapkan?

neh buat kalian berdua.... coba teliti, pahami dan cermati sendiri....

kej 1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
1:6 Berfirmanlah Allah: "Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air."
1:9 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian.
1:11 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi." Dan jadilah demikian.
1:14 Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,
1:20 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala."
1:24 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar." Dan jadilah demikian.

coba pahami apa itu firman Tuhan....
Ini namanya mau mempersempit sifat Allah yang azali.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by hamba tuhan on Mon Jul 01, 2013 11:53 pm

@oglikom wrote:
@hamba tuhan wrote:
@aliumar wrote: Kemungkinannya kan cuma 2, ciptaan atau Pencipta.

Nah menurut mu Firman itu ciptaan atau Pencipta?
@oglikom wrote: Sekarang mengikuti cara berpikir anda, Firman Allah yang berupa "KUN" ini "terlepas bebas didengar oleh orang lain" tapi apakah orang lain setelah mendengar kata ini bisa berfirman seperti Allah dan apakah "KUN" ini terlepas dari Allah setelah diucapkan?

neh buat kalian berdua.... coba teliti, pahami dan cermati sendiri....

kej 1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
1:6 Berfirmanlah Allah: "Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air."
1:9 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian.
1:11 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi." Dan jadilah demikian.
1:14 Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,
1:20 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala."
1:24 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar." Dan jadilah demikian.

coba pahami apa itu firman Tuhan....
Ini namanya mau mempersempit sifat Allah yang azali.

bukan mempersempit... tp kita hrs jeli membedakan mana firman Tuhan yg azali dan mana firman Tuhan utk menciptakan sesuatu... maka disinilah saya menilai bahwa kristen bingung dgn maksud firman Tuhan

http://matius6ayat33.blogspot.com/2009/03/firman-yang-menciptakan.html

http://tindonesia.blogspot.com/2012/04/firman-menurut-pandangan-kristen-dan.html
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by oglikom on Tue Jul 02, 2013 12:00 am

@hamba tuhan wrote:
@oglikom wrote:
@hamba tuhan wrote:
@aliumar wrote: Kemungkinannya kan cuma 2, ciptaan atau Pencipta.

Nah menurut mu Firman itu ciptaan atau Pencipta?
@oglikom wrote: Sekarang mengikuti cara berpikir anda, Firman Allah yang berupa "KUN" ini "terlepas bebas didengar oleh orang lain" tapi apakah orang lain setelah mendengar kata ini bisa berfirman seperti Allah dan apakah "KUN" ini terlepas dari Allah setelah diucapkan?

neh buat kalian berdua.... coba teliti, pahami dan cermati sendiri....

kej 1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
1:6 Berfirmanlah Allah: "Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air."
1:9 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian.
1:11 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi." Dan jadilah demikian.
1:14 Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,
1:20 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala."
1:24 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar." Dan jadilah demikian.

coba pahami apa itu firman Tuhan....
Ini namanya mau mempersempit sifat Allah yang azali.

bukan mempersempit... tp kita hrs jeli membedakan mana firman Tuhan yg azali] dan mana firman Tuhan utk menciptakan sesuatu... maka disinilah saya menilai bahwa kristen bingung dgn maksud firman Tuhan

http://matius6ayat33.blogspot.com/2009/03/firman-yang-menciptakan.html

http://tindonesia.blogspot.com/2012/04/firman-menurut-pandangan-kristen-dan.html
Ini jelas bukan Kristen yang bingung.

Islam mempersempit sifat Allah yang azali karena jelas FIRMAN adalah sifat Allah yang tidak pernah meninggalkan sosok (Dzat) Allah baik sebelum penciptaan maupun setelah penciptaan.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by hamba tuhan on Tue Jul 02, 2013 2:09 am

@oglikom wrote:
@hamba tuhan wrote:
@oglikom wrote:
@hamba tuhan wrote:
@aliumar wrote: Kemungkinannya kan cuma 2, ciptaan atau Pencipta.

Nah menurut mu Firman itu ciptaan atau Pencipta?
@oglikom wrote: Sekarang mengikuti cara berpikir anda, Firman Allah yang berupa "KUN" ini "terlepas bebas didengar oleh orang lain" tapi apakah orang lain setelah mendengar kata ini bisa berfirman seperti Allah dan apakah "KUN" ini terlepas dari Allah setelah diucapkan?

neh buat kalian berdua.... coba teliti, pahami dan cermati sendiri....

kej 1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
1:6 Berfirmanlah Allah: "Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air."
1:9 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian.
1:11 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi." Dan jadilah demikian.
1:14 Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,
1:20 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala."
1:24 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar." Dan jadilah demikian.

coba pahami apa itu firman Tuhan....
Ini namanya mau mempersempit sifat Allah yang azali.

bukan mempersempit... tp kita hrs jeli membedakan mana firman Tuhan yg azali] dan mana firman Tuhan utk menciptakan sesuatu... maka disinilah saya menilai bahwa kristen bingung dgn maksud firman Tuhan

http://matius6ayat33.blogspot.com/2009/03/firman-yang-menciptakan.html

http://tindonesia.blogspot.com/2012/04/firman-menurut-pandangan-kristen-dan.html
Ini jelas bukan Kristen yang bingung.

Islam mempersempit sifat Allah yang azali karena jelas FIRMAN adalah sifat Allah yang tidak pernah meninggalkan sosok (Dzat) Allah baik sebelum penciptaan maupun setelah penciptaan.

Kalo menurut saya mah jelas2 kristen yg bingung tentang firman Tuhan itu gmn.... makanya ngemeng2 ke islam, setelah ngemeng2 ke islam salah penempatannya.... hmmm.... umat Islam percaya bahwa Firman Allah nuzul menjadi Alquran makanya dinamakan Kalamullah, didalam Alquran(Kalamullah) ada keterangan mslah Tuhan menciptakan sesuatu dgn Firman/Kalam Nya......

Mazmur 33:6 Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya
33:9 Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada
(“TUHAN memberi perintah, maka langit tercipta; matahari, bulan dan bintang dijadikan oleh sabda-Nya. Sebab Ia bersabda, lalu semuanya dijadikan; Ia memberi perintah maka semuanya ada”, BIS) Mazmur 33:6,9

Nah.... berdasarkan pendapat oglikom bahwa jelas FIRMAN adalah sifat Allah yang tidak pernah meninggalkan sosok (Dzat) Allah baik sebelum penciptaan maupun setelah penciptaan.... maaf saya kurang mengerti maksudnya, bgini ya... setelah Tuhan menciptakan matahari, bulan dan bintang dgn firman Nya... Tuhan tetap Tuhan dan ciptaanNya yaitu matahari, bulan dan bintang adalah makhlukNya dan makhlukNya tsb bukan Tuhan, benar bgtu????
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 02, 2013 8:22 am

@hamba tuhan wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@hamba tuhan wrote:
@SEGOROWEDI wrote:yang seperti itu juga ada, misalnya..
Luk.6:20-26. Lalu Yesus memandang murid-murid-Nya dan berkata: "Berbahagialah, hai kamu yang miskin, karena kamulah yang empunya Kerajaan Allah.  Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini lapar, karena kamu akan dipuaskan. Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini menangis, karena kamu akan tertawa.  Berbahagialah kamu, jika karena Anak Manusia orang membenci kamu, dan jika mereka mengucilkan kamu, dan mencela kamu serta menolak namamu sebagai sesuatu yang jahat. Bersukacitalah pada waktu itu dan bergembiralah, sebab sesungguhnya, upahmu besar di sorga; karena secara demikian juga nenek moyang mereka telah memperlakukan para nabi. Tetapi celakalah kamu, hai kamu yang kaya, karena dalam kekayaanmu kamu telah memperoleh penghiburanmu. Celakalah kamu, yang sekarang ini kenyang, karena kamu akan lapar. Celakalah kamu, yang sekarang ini tertawa, karena kamu akan berdukacita dan menangis.  Celakalah kamu, jika semua orang memuji kamu; karena secara demikian juga nenek moyang mereka telah memperlakukan nabi-nabi palsu."


bahkan langsung..
gak ngaku dapat wahyu apalagi didikte jibril
2 good 

neh lagi nak wedi... ga nyambung aja trus yg diposting, asal comot.... jgn ngawur trus nak wedi..... pusing 

salah sendiri bermind-set firman adalah hanya yang diucapkan Tuhan
apalagi harus didiktekan oleh jibril..
nyerah 

ini aja nak wedi ga sanggup ngejelasin apalagi yg lain.... kej 1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.

mana yang tidak jelas?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by SEGOROWEDI on Tue Jul 02, 2013 8:27 am

@hamba tuhan wrote:Mazmur 33:6 Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya
33:9 Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada
(“TUHAN memberi perintah, maka langit tercipta; matahari, bulan dan bintang dijadikan oleh sabda-Nya. Sebab Ia bersabda, lalu semuanya dijadikan; Ia memberi perintah maka semuanya ada”, BIS) Mazmur 33:6,9

Nah.... berdasarkan pendapat oglikom  bahwa jelas  FIRMAN adalah sifat Allah yang tidak pernah meninggalkan sosok (Dzat) Allah baik sebelum penciptaan maupun setelah penciptaan.... maaf saya kurang mengerti maksudnya, bgini ya...  setelah Tuhan menciptakan matahari, bulan dan bintang dgn firman Nya... Tuhan tetap Tuhan dan ciptaanNya yaitu matahari, bulan dan bintang adalah makhlukNya dan makhlukNya tsb bukan Tuhan, benar bgtu????

apa yang difirmankan-Nya terjadi..
mencipta langit dan bumi serta segala isinya melalui firman..
tentu saja, langit dan bumi serta segala isinya bukan Tuhan..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by oglikom on Tue Jul 02, 2013 1:57 pm

@hamba tuhan wrote:
@oglikom wrote:
@hamba tuhan wrote:
@oglikom wrote:
@hamba tuhan wrote:


neh buat kalian berdua.... coba teliti, pahami dan cermati sendiri....

kej 1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
1:6 Berfirmanlah Allah: "Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air."
1:9 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian.
1:11 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi." Dan jadilah demikian.
1:14 Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,
1:20 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala."
1:24 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar." Dan jadilah demikian.

coba pahami apa itu firman Tuhan....
Ini namanya mau mempersempit sifat Allah yang azali.

bukan mempersempit... tp kita hrs jeli membedakan mana firman Tuhan yg azali] dan mana firman Tuhan utk menciptakan sesuatu... maka disinilah saya menilai bahwa kristen bingung dgn maksud firman Tuhan

http://matius6ayat33.blogspot.com/2009/03/firman-yang-menciptakan.html

http://tindonesia.blogspot.com/2012/04/firman-menurut-pandangan-kristen-dan.html
Ini jelas bukan Kristen yang bingung.

Islam mempersempit sifat Allah yang azali karena jelas FIRMAN adalah sifat Allah yang tidak pernah meninggalkan sosok (Dzat) Allah baik sebelum penciptaan maupun setelah penciptaan.

Kalo menurut saya mah jelas2 kristen yg bingung tentang firman Tuhan itu gmn.... makanya ngemeng2 ke islam, setelah ngemeng2 ke islam salah penempatannya.... hmmm.... umat Islam percaya bahwa Firman Allah nuzul menjadi Alquran makanya dinamakan Kalamullah, didalam Alquran(Kalamullah) ada keterangan mslah Tuhan menciptakan sesuatu dgn Firman/Kalam Nya......
Tidak mungkin salah karena Firman itu adalah KEHENDAK Allah yang merupakan wujud sifat yang tetap pada Allah yang AZALI.

Qs 3.47
Apabila Allah BERKEHENDAK menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata (Firman) kepadanya:"Jadilah', lalu jadilah ("Kun" Fayakun) dia.

Sesuai dengan ayat ini Firman berasal dari KEHENDAK Allah dan tidak mungkin terpisah dari Allah, maka Firman itu adalah Allah sendiri. Karena merupakan SIFAT QUDRAT Allah.

Dan sesuai dengan yang ter tulis;

"Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah". Yoh 1:1
@hamba tuhan wrote:
Mazmur 33:6 Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya
33:9 Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada
(“TUHAN memberi perintah, maka langit tercipta; matahari, bulan dan bintang dijadikan oleh sabda-Nya. Sebab Ia bersabda, lalu semuanya dijadikan; Ia memberi perintah maka semuanya ada”, BIS) Mazmur 33:6,9

Nah.... berdasarkan pendapat oglikom bahwa jelas FIRMAN adalah sifat Allah yang tidak pernah meninggalkan sosok (Dzat) Allah baik sebelum penciptaan maupun setelah penciptaan.... maaf saya kurang mengerti maksudnya, bgini ya... setelah Tuhan menciptakan matahari, bulan dan bintang dgn firman Nya... Tuhan tetap Tuhan dan ciptaanNya yaitu matahari, bulan dan bintang adalah makhlukNya dan makhlukNya tsb bukan Tuhan, benar bgtu????
Sangat jelas Firman yang Nuzul menjadi Quran Kalamullah bukan Allah.
Tetapi Firman-Firman Allah (bikalimatin dan ruhullah) Nuzul menjadi manusia yang hidup dan berdaging, mati dan bangkit naik ke surga adalah Allah sendiri.

Seperti yang tertulis dalam;
Yes 55:11
Demikian firman yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Ku KEHENDAKI, dan akan berhasil dalam apa yang kusuruhkan kepadanya.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by hamba tuhan on Thu Jul 04, 2013 9:51 pm

@oglikom wrote:
@hamba tuhan wrote:
@oglikom wrote:
@hamba tuhan wrote:
@oglikom wrote:
Ini namanya mau mempersempit sifat Allah yang azali.

bukan mempersempit... tp kita hrs jeli membedakan mana firman Tuhan yg azali] dan mana firman Tuhan utk menciptakan sesuatu... maka disinilah saya menilai bahwa kristen bingung dgn maksud firman Tuhan

http://matius6ayat33.blogspot.com/2009/03/firman-yang-menciptakan.html

http://tindonesia.blogspot.com/2012/04/firman-menurut-pandangan-kristen-dan.html
Ini jelas bukan Kristen yang bingung.

Islam mempersempit sifat Allah yang azali karena jelas FIRMAN adalah sifat Allah yang tidak pernah meninggalkan sosok (Dzat) Allah baik sebelum penciptaan maupun setelah penciptaan.

Kalo menurut saya mah jelas2 kristen yg bingung tentang firman Tuhan itu gmn.... makanya ngemeng2 ke islam, setelah ngemeng2 ke islam salah penempatannya.... hmmm....  umat Islam percaya bahwa Firman Allah nuzul menjadi Alquran makanya dinamakan Kalamullah, didalam Alquran(Kalamullah)  ada keterangan mslah Tuhan menciptakan sesuatu dgn Firman/Kalam Nya......
Tidak mungkin salah karena Firman itu adalah KEHENDAK Allah yang merupakan wujud sifat yang tetap pada Allah yang AZALI.

Qs 3.47
Apabila Allah BERKEHENDAK menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata (Firman) kepadanya:"Jadilah', lalu jadilah ("Kun" Fayakun) dia.

Sesuai dengan ayat ini Firman berasal dari KEHENDAK Allah dan tidak mungkin terpisah dari Allah, maka Firman itu adalah Allah sendiri. Karena merupakan SIFAT QUDRAT Allah.

Dan sesuai dengan yang ter tulis;

"Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah". Yoh 1:1
@hamba tuhan wrote:
Mazmur 33:6 Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya
33:9 Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada
(“TUHAN memberi perintah, maka langit tercipta; matahari, bulan dan bintang dijadikan oleh sabda-Nya. Sebab Ia bersabda, lalu semuanya dijadikan; Ia memberi perintah maka semuanya ada”, BIS) Mazmur 33:6,9

Nah.... berdasarkan pendapat oglikom  bahwa jelas  FIRMAN adalah sifat Allah yang tidak pernah meninggalkan sosok (Dzat) Allah baik sebelum penciptaan maupun setelah penciptaan.... maaf saya kurang mengerti maksudnya, bgini ya...  setelah Tuhan menciptakan matahari, bulan dan bintang dgn firman Nya... Tuhan tetap Tuhan dan ciptaanNya yaitu matahari, bulan dan bintang adalah makhlukNya dan makhlukNya tsb bukan Tuhan, benar bgtu????
Sangat jelas Firman yang Nuzul menjadi Quran Kalamullah bukan Allah.
Tetapi Firman-Firman Allah (bikalimatin dan ruhullah) Nuzul menjadi manusia yang hidup dan berdaging, mati dan bangkit naik ke surga adalah Allah sendiri.

Seperti yang tertulis dalam;
Yes 55:11
Demikian firman yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Ku KEHENDAKI, dan akan berhasil dalam apa yang kusuruhkan kepadanya.


@oglikom wrote:Sangat jelas Firman yang Nuzul menjadi Quran Kalamullah bukan Allah.
Tetapi Firman-Firman Allah (bikalimatin dan ruhullah) Nuzul menjadi manusia yang hidup dan berdaging, mati dan bangkit naik ke surga adalah Allah sendiri.

Seperti yang tertulis dalam;
Yes 55:11
Demikian firman yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Ku KEHENDAKI, dan akan berhasil dalam apa yang kusuruhkan kepadanya.

1. Sebenarnya ini udah sedikit melenceng dr pembahasan tentang firman... tp gpp deh saya layanin dikit aja.... anda sudah salah besar dan bgtu berani beramsumsi dgn rujukan islam, saya luruskan dikit.... Isa AS diciptakan melalui perantara kalimat Allah(kalimatullah) yang berupa Kun (jadilah engkau wahai Isa)....sedangkan penyebutan ruh adalah untuk menunjukkan bahwa Isa memang manusia biasa, bukan Tuhan...  sebab manusia memang diciptakan dengan dikaruniai ruh dan ruh itu sendiri hanya Allah yang bisa menciptakannya..... Kemudian, ia diyakini mendapatkan gelar dari Allah dengan sebutan Ruhullah dan Kalimatullah. Karena Isa dicipta dengan kalimat Allah: JADILAH!, maka terciptalah Isa, sedangkan gelar Ruhullah artinya ruh dari Allah karena Isa langsung diciptakan Allah dengan meniupkan ruh kedalam rahim Maryam binti Imran.

2. Mazmur 33:6 Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya
33:9 Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada
(“TUHAN memberi perintah, maka langit tercipta; matahari, bulan dan bintang dijadikan oleh sabda-Nya. Sebab Ia bersabda, lalu semuanya dijadikan; Ia memberi perintah maka semuanya ada”, BIS) Mazmur 33:6,9

ini coba dijelaskan dl jgn menghindar trus.....


Terakhir diubah oleh hamba tuhan tanggal Thu Jul 04, 2013 11:06 pm, total 1 kali diubah
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by ramayana on Thu Jul 04, 2013 10:17 pm

@ ht...

ane jelasin ya..

TUHAN bisa berfirman kan? apakah firman itu melekat ama TUHAN?

Firman adalah bahasa! ini hanya memudahkan!

ane kasih analogi aja..

apakah pemikiran dan kehendak ente itu terpisah dari ente?

contoh.. ht berkata.. "aku lapar". siapa yg lapar dalam hal ini? suara ente atau perut ente atau seluruh sistem tubuh ente?

atau ente berkata.."aku besok ke bali". siapa yg ke bali besok? suara ente, atau pikiran ente, atau nyawa ente aja, atau keseluruhan dari ente?
tentu tubuh jiwa dan roh ente yg ke bali kan??

dalam kristen di bedakan menjadi tubuh, jiwa dan roh!

jiwa adalah pikiran dan kehendak. dan itu menyatu.

tetapi.......

ente bisa merekam suara ente atau video ente dan di putar di tempat lain. atau ente bisa telp mang odoy di italy walau ente di indo.

tidak masalah kan? apa mang odoy akan anggap orang yg telp dia adalah bukan ente tapi suara iphone? (kalau lihat kualitas odoy sih bisa aja hahahahaha)

demikian juga FIRMAN TUHAN. dia ada dalam YESUS sebagai pesan langsung TUHAN kepada manusia. anggap aja tubuh YESUS adalah media seperti handphone jaman sekarang.

kalau dengan handphone ente bisa hubungi manusia siapa aja.. kenapa TUHAN ga bisa? toh ada yg jadi pohon sebagai media juga ga masalah hahaahahahha..

ente mau lihat seperti apa kira kira sistem ini?

silahkan ente lihat film Surrogates dari bruce wilis.

ga ada yg bingung mengenai firman ini..

avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by hamba tuhan on Thu Jul 04, 2013 10:24 pm

@ramayana wrote:@ ht...

ane jelasin ya..

TUHAN bisa berfirman kan? apakah firman itu melekat ama TUHAN?

Firman adalah bahasa! ini hanya memudahkan!

ane kasih analogi aja..

apakah pemikiran dan kehendak ente itu terpisah dari ente?

contoh.. ht berkata.. "aku lapar". siapa yg lapar dalam hal ini? suara ente atau perut ente atau seluruh sistem tubuh ente?

atau ente berkata.."aku besok ke bali". siapa yg ke bali besok? suara ente, atau pikiran ente, atau nyawa ente aja, atau keseluruhan dari ente?
tentu tubuh jiwa dan roh ente yg ke bali kan??

dalam kristen di bedakan menjadi tubuh, jiwa dan roh!

jiwa adalah pikiran dan kehendak. dan itu menyatu.

tetapi.......

ente bisa merekam suara ente atau video ente dan di putar di tempat lain. atau ente bisa telp mang odoy di italy walau ente di indo.

tidak masalah kan? apa mang odoy akan anggap orang yg telp dia adalah bukan ente tapi suara iphone? (kalau lihat kualitas odoy sih bisa aja hahahahaha)

demikian juga FIRMAN TUHAN. dia ada dalam YESUS sebagai pesan langsung TUHAN kepada manusia. anggap aja tubuh YESUS adalah media seperti handphone jaman sekarang.

kalau dengan handphone ente bisa hubungi manusia siapa aja.. kenapa TUHAN ga bisa? toh ada yg jadi pohon sebagai media juga ga masalah hahaahahahha..

ente mau lihat seperti apa kira kira sistem ini?

silahkan ente lihat film Surrogates dari bruce wilis.

ga ada yg bingung mengenai firman ini..


ramayana.... ini tolong jelaskan dl baru anda memahaminya, pliss jelasin....

Mazmur 33:6 Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya
33:9 Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada
(“TUHAN memberi perintah, maka langit tercipta; matahari, bulan dan bintang dijadikan oleh sabda-Nya. Sebab Ia bersabda, lalu semuanya dijadikan; Ia memberi perintah maka semuanya ada”, BIS) Mazmur 33:6,9
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by abu hanan on Thu Jul 04, 2013 10:32 pm

ga ada yg bingung mengenai firman ini..
sun go kong punya kehendak,lalu mencabut bulu dan bulu itu berubah wujud menjadi sun go kong 2..sun go kong aseli punya kehendak,dan melalui media bulu (dalam hal ini adalah firman) kemudian muncullah bulu yang mendaging..

apakah kehendak sun go kong yang aseli BERBEDA dengan yang ke 2?

dan itu adalah ilustrasi paling sederhana yang dapat sayah pahami.. dan ada juga yang bilang naruto..
yang tegas dunk ram..katakanlah ; yah,konsep ketuhanan antara firman dan daging itu seperti naruto atow sun go kong..
dijamin deh,sayah akan paham..tapi entahlah kalow yang lain..




untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by ramayana on Thu Jul 04, 2013 10:47 pm

@abu hanan wrote:
ga ada yg bingung mengenai firman ini..
sun go kong punya kehendak,lalu mencabut bulu dan bulu itu berubah wujud menjadi sun go kong 2..sun go kong aseli punya kehendak,dan melalui media bulu (dalam hal ini adalah firman) kemudian muncullah bulu yang mendaging..

apakah kehendak sun go kong yang aseli BERBEDA dengan yang ke 2?

dan itu adalah ilustrasi paling sederhana yang dapat sayah pahami.. dan ada juga yang bilang naruto..
yang tegas dunk ram..katakanlah ; yah,konsep ketuhanan antara firman dan daging itu seperti naruto atow sun go kong..
dijamin deh,sayah akan paham..tapi entahlah kalow yang lain..


ane bukan pengikut sun go kong. ane ga tau sun gokong itu gimana!nanya emilia aja ya bu..  hahahahahahahaha..

ane kurang tegas apa bu... tubuh manusia adalah media TUHAN dalam menyampaikan firmanNya secara langsung kepada manusia..
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by oglikom on Thu Jul 04, 2013 11:23 pm

@oglikom wrote:
@hamba tuhan wrote:
@oglikom wrote:
@hamba tuhan wrote:
@oglikom wrote:
Ini namanya mau mempersempit sifat Allah yang azali.

bukan mempersempit... tp kita hrs jeli membedakan mana firman Tuhan yg azali] dan mana firman Tuhan utk menciptakan sesuatu... maka disinilah saya menilai bahwa kristen bingung dgn maksud firman Tuhan

http://matius6ayat33.blogspot.com/2009/03/firman-yang-menciptakan.html

http://tindonesia.blogspot.com/2012/04/firman-menurut-pandangan-kristen-dan.html
Ini jelas bukan Kristen yang bingung.

Islam mempersempit sifat Allah yang azali karena jelas FIRMAN adalah sifat Allah yang tidak pernah meninggalkan sosok (Dzat) Allah baik sebelum penciptaan maupun setelah penciptaan.

Kalo menurut saya mah jelas2 kristen yg bingung tentang firman Tuhan itu gmn.... makanya ngemeng2 ke islam, setelah ngemeng2 ke islam salah penempatannya.... hmmm....  umat Islam percaya bahwa Firman Allah nuzul menjadi Alquran makanya dinamakan Kalamullah, didalam Alquran(Kalamullah)  ada keterangan mslah Tuhan menciptakan sesuatu dgn Firman/Kalam Nya......
Tidak mungkin salah karena Firman itu adalah KEHENDAK Allah yang merupakan wujud sifat yang tetap pada Allah yang AZALI.

Qs 3.47
Apabila Allah BERKEHENDAK menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata (Firman) kepadanya:"Jadilah', lalu jadilah ("Kun" Fayakun) dia.

Sesuai dengan ayat ini Firman berasal dari KEHENDAK Allah dan tidak mungkin terpisah dari Allah, maka Firman itu adalah Allah sendiri. Karena merupakan SIFAT QUDRAT Allah.

Dan sesuai dengan yang ter tulis;

"Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah". Yoh 1:1
@hamba tuhan wrote:
Mazmur 33:6 Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya
33:9 Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada
(“TUHAN memberi perintah, maka langit tercipta; matahari, bulan dan bintang dijadikan oleh sabda-Nya. Sebab Ia bersabda, lalu semuanya dijadikan; Ia memberi perintah maka semuanya ada”, BIS) Mazmur 33:6,9

Nah.... berdasarkan pendapat oglikom  bahwa jelas  FIRMAN adalah sifat Allah yang tidak pernah meninggalkan sosok (Dzat) Allah baik sebelum penciptaan maupun setelah penciptaan.... maaf saya kurang mengerti maksudnya, bgini ya...  setelah Tuhan menciptakan matahari, bulan dan bintang dgn firman Nya... Tuhan tetap Tuhan dan ciptaanNya yaitu matahari, bulan dan bintang adalah makhlukNya dan makhlukNya tsb bukan Tuhan, benar bgtu????
Sangat jelas Firman yang Nuzul menjadi Quran Kalamullah bukan Allah.
Tetapi Firman-Firman Allah (bikalimatin dan ruhullah) Nuzul menjadi manusia yang hidup dan berdaging, mati dan bangkit naik ke surga adalah Allah sendiri.

Seperti yang tertulis dalam;
Yes 55:11
Demikian firman yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Ku KEHENDAKI, dan akan berhasil dalam apa yang kusuruhkan kepadanya.
Kenapa yang ini tidak anda tanggapi, jadi intinya kalian Islam mau mengingkari bahwa Firman adalah dari KEHENDAK Allah yang AZALI.???

@oglikom wrote:Sangat jelas Firman yang Nuzul menjadi Quran Kalamullah bukan Allah.
Tetapi Firman-Firman Allah (bikalimatin dan ruhullah) Nuzul menjadi manusia yang hidup dan berdaging, mati dan bangkit naik ke surga adalah Allah sendiri.

Seperti yang tertulis dalam;
Yes 55:11
Demikian firman yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Ku KEHENDAKI, dan akan berhasil dalam apa yang kusuruhkan kepadanya.
@hamba tuhan wrote:
1. Sebenarnya ini udah sedikit melenceng dr pembahasan tentang firman... tp gpp deh saya layanin dikit aja.... anda sudah salah besar dan bgtu berani beramsumsi dgn rujukan islam, saya luruskan dikit.... Isa AS diciptakan melalui perantara kalimat Allah(kalimatullah) yang berupa Kun (jadilah engkau wahai Isa)....sedangkan penyebutan ruh adalah untuk menunjukkan bahwa Isa memang manusia biasa, bukan Tuhan... sebab manusia memang diciptakan dengan dikaruniai ruh dan ruh itu sendiri hanya Allah yang bisa menciptakannya..... Kemudian, ia diyakini mendapatkan gelar dari Allah dengan sebutan Ruhullah dan Kalimatullah. Karena Isa dicipta dengan kalimat Allah "Jadilah!", maka terciptalah Isa, sedangkan gelar Ruhullah artinya ruh dari Allah karena Isa langsung diciptakan Allah dengan meniupkan ruh kedalam rahim Maryam binti Imran.
Tidak melenceng karena menyangkut diri Isa As yang di sebut dengan KALIMATULLAH bukan dari kalimat perantara "KUN" tetapi berasal dari kalimat-kalimat Allah atau kesatuan dari firman-firman Allah dan ROH ALLAH sendiri.

@hamba tuhan wrote:
2. Mazmur 33:6 Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya
33:9 Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada
(“TUHAN memberi perintah, maka langit tercipta; matahari, bulan dan bintang dijadikan oleh sabda-Nya. Sebab Ia bersabda, lalu semuanya dijadikan; Ia memberi perintah maka semuanya ada”, BIS) Mazmur 33:6,9

ini coba dijelaskan dl jgn menghindar trus.....
Kembali lagi seperti yang saya jelaskan diatas, bisakah anda membantah bahwa FIRMAN itu berasal dari KEHENDAK ALLAH yang AZALI.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by abu hanan on Fri Jul 05, 2013 3:03 am

@ramayana
tubuh manusia adalah media TUHAN dalam menyampaikan firmanNya secara langsung kepada manusia..
lha itu..sesederhana ilustrasi sun go kong kok gak paham seh?
tuhan berfirman = sun go kong cabut bulu

firman jadi daging = bulu sun go kong jadi singa

inti pesan kan samah?
membelah diri/mengkloning diri..masalah teknis kan bisa dirundingkan haha..
telpon adalah media bicara jarak jauh..
apa telpon itu adalah pembicara?





@oglikom
konsep firman tuhan antara islam dan kristen berbeda..semua hal adalah berawal dari firman "kun"..tetapi semua hal itu bukan tuhan..tetapi wujud dari kehendak tuhan..dan kristen menyukai sesuatu yang inkonsisten..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by hamba tuhan on Fri Jul 05, 2013 3:28 am

@oglikom wrote:
@oglikom wrote:
@hamba tuhan wrote:
@oglikom wrote:
@hamba tuhan wrote:

bukan mempersempit... tp kita hrs jeli membedakan mana firman Tuhan yg azali] dan mana firman Tuhan utk menciptakan sesuatu... maka disinilah saya menilai bahwa kristen bingung dgn maksud firman Tuhan

http://matius6ayat33.blogspot.com/2009/03/firman-yang-menciptakan.html

http://tindonesia.blogspot.com/2012/04/firman-menurut-pandangan-kristen-dan.html
Ini jelas bukan Kristen yang bingung.

Islam mempersempit sifat Allah yang azali karena jelas FIRMAN adalah sifat Allah yang tidak pernah meninggalkan sosok (Dzat) Allah baik sebelum penciptaan maupun setelah penciptaan.

Kalo menurut saya mah jelas2 kristen yg bingung tentang firman Tuhan itu gmn.... makanya ngemeng2 ke islam, setelah ngemeng2 ke islam salah penempatannya.... hmmm....  umat Islam percaya bahwa Firman Allah nuzul menjadi Alquran makanya dinamakan Kalamullah, didalam Alquran(Kalamullah)  ada keterangan mslah Tuhan menciptakan sesuatu dgn Firman/Kalam Nya......
Tidak mungkin salah karena Firman itu adalah KEHENDAK Allah yang merupakan wujud sifat yang tetap pada Allah yang AZALI.

Qs 3.47
Apabila Allah BERKEHENDAK menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata (Firman) kepadanya:"Jadilah', lalu jadilah ("Kun" Fayakun) dia.

Sesuai dengan ayat ini Firman berasal dari KEHENDAK Allah dan tidak mungkin terpisah dari Allah, maka Firman itu adalah Allah sendiri. Karena merupakan SIFAT QUDRAT Allah.

Dan sesuai dengan yang ter tulis;

"Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah". Yoh 1:1
@hamba tuhan wrote:
Mazmur 33:6 Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya
33:9 Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada
(“TUHAN memberi perintah, maka langit tercipta; matahari, bulan dan bintang dijadikan oleh sabda-Nya. Sebab Ia bersabda, lalu semuanya dijadikan; Ia memberi perintah maka semuanya ada”, BIS) Mazmur 33:6,9

Nah.... berdasarkan pendapat oglikom  bahwa jelas  FIRMAN adalah sifat Allah yang tidak pernah meninggalkan sosok (Dzat) Allah baik sebelum penciptaan maupun setelah penciptaan.... maaf saya kurang mengerti maksudnya, bgini ya...  setelah Tuhan menciptakan matahari, bulan dan bintang dgn firman Nya... Tuhan tetap Tuhan dan ciptaanNya yaitu matahari, bulan dan bintang adalah makhlukNya dan makhlukNya tsb bukan Tuhan, benar bgtu????
Sangat jelas Firman yang Nuzul menjadi Quran Kalamullah bukan Allah.
Tetapi Firman-Firman Allah (bikalimatin dan ruhullah) Nuzul menjadi manusia yang hidup dan berdaging, mati dan bangkit naik ke surga adalah Allah sendiri.

Seperti yang tertulis dalam;
Yes 55:11
Demikian firman yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Ku KEHENDAKI, dan akan berhasil dalam apa yang kusuruhkan kepadanya.
Kenapa yang ini tidak anda tanggapi, jadi intinya kalian Islam mau mengingkari bahwa Firman adalah dari KEHENDAK Allah yang AZALI.???

@oglikom wrote:Sangat jelas Firman yang Nuzul menjadi Quran Kalamullah bukan Allah.
Tetapi Firman-Firman Allah (bikalimatin dan ruhullah) Nuzul menjadi manusia yang hidup dan berdaging, mati dan bangkit naik ke surga adalah Allah sendiri.

Seperti yang tertulis dalam;
Yes 55:11
Demikian firman yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Ku KEHENDAKI, dan akan berhasil dalam apa yang kusuruhkan kepadanya.
@hamba tuhan wrote:
1. Sebenarnya ini udah sedikit melenceng dr pembahasan tentang firman... tp gpp deh saya layanin dikit aja.... anda sudah salah besar dan bgtu berani beramsumsi dgn rujukan islam, saya luruskan dikit.... Isa AS diciptakan melalui perantara kalimat Allah(kalimatullah) yang berupa Kun (jadilah engkau wahai Isa)....sedangkan penyebutan ruh adalah untuk menunjukkan bahwa Isa memang manusia biasa, bukan Tuhan...  sebab manusia memang diciptakan dengan dikaruniai ruh dan ruh itu sendiri hanya Allah yang bisa menciptakannya..... Kemudian, ia diyakini mendapatkan gelar dari Allah dengan sebutan Ruhullah dan Kalimatullah. Karena Isa dicipta dengan kalimat Allah "Jadilah!", maka terciptalah Isa, sedangkan gelar Ruhullah artinya ruh dari Allah karena Isa langsung diciptakan Allah dengan meniupkan ruh kedalam rahim Maryam binti Imran.
Tidak melenceng karena menyangkut diri Isa As yang di sebut dengan KALIMATULLAH bukan dari kalimat perantara "KUN" tetapi berasal dari kalimat-kalimat Allah atau kesatuan dari firman-firman Allah dan ROH ALLAH sendiri.

@hamba tuhan wrote:
2. Mazmur 33:6 Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya
33:9 Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada
(“TUHAN memberi perintah, maka langit tercipta; matahari, bulan dan bintang dijadikan oleh sabda-Nya. Sebab Ia bersabda, lalu semuanya dijadikan; Ia memberi perintah maka semuanya ada”, BIS) Mazmur 33:6,9

ini coba dijelaskan dl jgn menghindar trus.....
Kembali lagi seperti yang saya jelaskan diatas, bisakah anda membantah bahwa FIRMAN itu berasal dari KEHENDAK ALLAH yang AZALI.

maaf.... kayaknya thread ini udah sedikit berantakan alias gak terarah lg, coba saya luruskan dl satu2....

1. oglikom keukeuh banget mau makai referesnsi Islam dan Alquran sebagai rujukan membahas masalah firman ini walaupun sebenarnya oglikom belum cukup ilmunya memahami alqurannya islam, berarti disatu sisi oglikom mengakui kebenaran alquran dan islam

dikit aja dl penjelasan dari saya tentang alquran lafzd nuzul :

http://www.laskarislam.com/t3379-alquran-bukan-makhluk-hati2-jangan-sesat?highlight=bukan+makhluk

wajhullah, naaqatullah, baitullah, kalamullah, habibullah, rasulullah, ruhillah, khalilullah dll...... ini namanya kalimat idhafah, idhafah seperti ini maksudnya adalah idhafaf bil khlaq wal ijaad ‘ala sabilil tasyrif = menyandarkan penciptaannya untuk memuliakannya.....

2. Temannya oglikom seperti segerowedi yg udah berpangkat kolonel di forum ini malah komentarnya begini :
segerowedi wrote:1. standard tuhan mendikte ayat lewat wahyu dan jibril
jangan dikenakan ke injil 2. konsep firman diketan kan hanya a la muhammad
jangan kamu terapkan pada alkitab/injil

3. harus dipisahkan pengertian firman menurut Islam dan kristen/katolik dll (tetangga sebelah), berarti ada 2 sub pembahasan mslah firman ini dr sudut pandang masing2.... jgn dicampur adukkan, kalo dicampur adukkan pembahasannya bakal ngawur trus, yg membaca jg bingung.... gmn saudara oglikom.... setuju????
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by ramayana on Fri Jul 05, 2013 7:47 am

@abu hanan wrote:@ramayana
tubuh manusia adalah media TUHAN dalam menyampaikan firmanNya secara langsung kepada manusia..
lha itu..sesederhana ilustrasi sun go kong kok gak paham seh?
tuhan berfirman = sun go kong cabut bulu

firman jadi daging = bulu sun go kong jadi singa

inti pesan kan samah?
membelah diri/mengkloning diri..masalah teknis kan bisa dirundingkan haha..
telpon adalah media bicara jarak jauh..
apa telpon itu adalah pembicara?


ane ga tau sun go kong! kok maksa.. kalau ente merasa itu cocok ama sun go kong ya terserah ehhehehehe..

lha emang saat jadi pohon.. medianya apa? pohon kan?

siapa bilang telg ga bisa jadi pembicara? ane ini hanya kasih contoh simple. ada namanya video.

ente bisa lihat seminar via video. apakah pembicaranya membelah diri?? kan tidak! apakah yg di video itu bukan si pembicara? ya si pembicara! kok bisa? ente coba bayangkan kalau ente primitif dan berpikir hal seperti video ini. bisakah???

ane heran, buat kristen, ini adalah hal yg simple. kenapa buat muslim jadi mbulet ya? sedang isra miraj dia percaya.. jibril ketemu nabi tanpa saksi dia percaya. ga tau deh heheheheh
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by ramayana on Fri Jul 05, 2013 7:50 am

@hamba tuhan wrote:

ramayana.... ini tolong jelaskan dl baru anda memahaminya, pliss jelasin....

Mazmur 33:6 Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya
33:9 Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada
(“TUHAN memberi perintah, maka langit tercipta; matahari, bulan dan bintang dijadikan oleh sabda-Nya. Sebab Ia bersabda, lalu semuanya dijadikan; Ia memberi perintah maka semuanya ada”, BIS) Mazmur 33:6,9

ane ga tau deh.. yg harus ane jelasin yang mana???
apa penjelasan ane masih kurang??

ente minta ane jelasin yg seperti apa mengenai ayat mazmur ini?

kan dah ane kasih contoh...

ente perintah istri ente.. "eh, masak semur jengkol ya.."

beda ga ama ini..

ente telp istri ente trus bilang... "eh, masak semur jengkol ya.."

sama sama perintah ente kan?
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by abu hanan on Sat Jul 06, 2013 11:19 am

ente bisa lihat seminar via video. apakah pembicaranya membelah diri??
mau video tetap ajah bicara MEDIA..konsep sun go kong adalah membelah diri dan hakekat sun go kong adalah satu..

sekarang..
pembicara di kota A dishooting dan tampil di video..dan disaat yang sama pembicara juga makan di kota lain..

@ramayana wrote:tubuh manusia adalah media TUHAN dalam menyampaikan firmanNya secara langsung kepada manusia..
tubuh manusia adalah MEDIA (video atow telepon)..dan disaat yang samah 2000 taun lalu,media jadi manusia..dan dimana pembicara saat itu?
apakah pembicara gak membelah diri?

malu yah ram,ngaku "tuhan membelah diri" dari sel tunggal menjad buanyak sel..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by abu hanan on Sat Jul 06, 2013 11:24 am

Mazmur 33:6
Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya
33:9 Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada

(“TUHAN memberi perintah, maka langit tercipta; matahari, bulan dan bintang dijadikan oleh sabda-Nya. Sebab Ia bersabda, lalu semuanya dijadikan; Ia memberi perintah maka semuanya ada”, BIS) Mazmur 33:6,9

kalow pake acuan yohanes bahwa firman itu telah menjadi daging maka term "firman" harus disepakati terlebih dahulu berdasarkan persepsi PL dan PB..
karena dengan "tuhan yesus adalah firman yang menjadi daging" maka segala sesuatu adalah firman yang menjadi segala sesuatu..
tuhan pohon,tuhan daun,tuhan abu hanan,tuhan batu dan berbagai sebutan tuhan lainnyah..

apakah itu salah?yah..karena bukan itu kamsut PB kan?dan itulah kerancuan..PL dan PB melihat term FIRMAN berdasarkan pemahaman yang berbeda..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by oglikom on Sat Jul 06, 2013 2:10 pm

@abu hanan wrote:

@oglikom
konsep firman tuhan antara islam dan kristen berbeda..semua hal adalah berawal dari firman "kun"..tetapi semua hal itu bukan tuhan..tetapi wujud dari kehendak tuhan..dan kristen menyukai sesuatu yang inkonsisten..

Mari kita lihat siapa yang INKONSISTEN sehingga ada PEMBEDAAN bukan BERBEDA.

Qs 3.47

Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya berkata (FIRMAN) kepadanya:"Jadilah, lalu jadilah dia".

Ayat ini menjelaskan bahwa FIRMAN=KEHENDAK=FIRMAN ALLAH sedangkan KEHENDAK adalah SIFAT QUDRAT Allah yang AZALI.

Jika kita mau membedakan FIRMAN dengan KEHENDAK ALLAH ini TIDAK MUNGKIN, apalagi mau memisahkan ALLAH dari sifatnya yang QUDRAT (KEHENDAK-NYA). Ini namanya kalian Islam sedang "menyunat" sifat Allah yang Qudrat.



oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by abu hanan on Sat Jul 06, 2013 2:34 pm

Mari kita lihat siapa yang INKONSISTEN sehingga ada PEMBEDAAN bukan BERBEDA.
yang sedang diuji kan FIRMAN dalam kristen,mengafa bawa konsep islam?
kalow konsisten yah bicaralah term firman dengan konsep kristen..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by oglikom on Sat Jul 06, 2013 2:39 pm

@oglikom wrote:
@abu hanan wrote:

@oglikom
konsep firman tuhan antara islam dan kristen berbeda..semua hal adalah berawal dari firman "kun"..tetapi semua hal itu bukan tuhan..tetapi wujud dari kehendak tuhan..dan kristen menyukai sesuatu yang inkonsisten..

Mari kita lihat siapa yang INKONSISTEN sehingga ada PEMBEDAAN bukan BERBEDA.

Qs 3.47

Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya berkata (FIRMAN) kepadanya:"Jadilah, lalu jadilah dia".

Ayat ini menjelaskan bahwa FIRMAN=KEHENDAK=FIRMAN ALLAH sedangkan KEHENDAK adalah SIFAT QUDRAT Allah yang AZALI.

Jika kita mau membedakan FIRMAN dengan KEHENDAK ALLAH ini TIDAK MUNGKIN, apalagi mau memisahkan ALLAH dari sifatnya yang QUDRAT (KEHENDAK-NYA). Ini namanya kalian Islam sedang "menyunat" sifat Allah yang Qudrat.


Tolong jelaskan yang mana term Islam yang mana term Kristen.?

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Masalah Firman yang membingungkan kristen...

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik