FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Halaman 2 dari 12 Previous  1, 2, 3, ... 10, 11, 12  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by ramayana on Tue Jul 02, 2013 11:45 pm

First topic message reminder :

kalau ada orang percaya Allah swt adalah satu satunya Tuhan dan beramal baik.. tetapi tidak mengakui dan tidak percaya ada nabi bernama Mohamad.. jadi syahadatnya cuma lha illah lha ilalah. orang ini pakai semua kitab yg mengajar kebaikan. tidak terikat dengan 1 kitab tertentu. Perbuatan orang ini sangat mulia dan baik hati ke sesama.

pertanyaannya:

1. bisakah orang itu ke surga dan diterima di sisi Allah swt?
2. kafirkan orang itu??
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down


Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by aliumar on Wed Jul 03, 2013 7:57 pm

Pertanyaan TS menurut saya sangat penting untuk mengetahui konsep keselamatan dalam Islam.
Dan ternyata sampai saat ini belum ada muslim yg berani menjawab to the point. Hal ini makin menguatkan bahwa konsep keselamatn dlm Islam tidak konsisten.
Dapat darimana kesimpulan saya itu?Tidak konsisten nya gimana?

Perhatikan :

Saya coba sedikit modifikasi pertanyaan TS tapi tidak mengubah makna intinya.

Pertanyaanadalah sbb:

Apakah manusia yg hanya mengimani keEsaan Allah (Tauhid; tidak menyekutukan Allah), tapi tidak mengakui kenabian muhammad, apakah pada akhirnya bisa selamat masuk Surga?

Kemungkinan jawaban cuma dua:
a) Ya
b) Tidak


Apapun jawaban yg dipilih akan menghadapi ketidak-konsistenan berdasarkan sumber ajaran islam (Quran dan Hadist shahih)

Bagi yg memilih option a,
Mereka mendasari pada dalil hadist shahih sbb:
Dari Anas r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan (Laa Ilaaha Illallah) dan di dalam hatinya ada seberat biji dari kebaikan (iman)." (HR Bukhari 44 dan Muslim 193)

Dari Anas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang Allah SWT yang berfirman, "Demi Izzah-Ku, demi Jala-Ku, demi Kesombongan-Ku dan demi Keagungan-Ku, Aku pasti keluarkan (dari neraka) orang yang mengucapkan (Laa ilaaha illallah)." (HR Bukhari)

Lihat yg dibold: "Laa Ilaaha Illallah" Jadi kuncinya hanya pada kalimat pertama syahadat yakni bahwa org tsb beriman akan keesaan Allah, alias Tauhid (tidak menyekutuan Allah, mengakui tiada Tuhan selain Allah), dan tidak memasukan syarat mengucap kalimat syahadat kedua (pengakuan kenabian muhammad).

Rasulullah saw. Bersabda….: Sesunguhnya, barangsiapa di antara umatku yang mati, sedangkan dia tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatu apapun, orang itu masuk surga.” Aku (Abu Dzar) bertanya: “Sekalipun orang itu berzina dan mencuri?” Jawab Nabi, Ya, sekalipun dia berzina dan mencuri.” (Hadis Shahih Bukhari  no.647).

jadi kunci masuk surga hanya pada iman kpd Allah Yang Esa.

Tapi posisi ini akan bertentangan dgn hadist shahih yg lain, dan ini yg menjadi dasar org yg memilih option b.

Bagi yg memilih option b,
Mereka mendasari pada dalil hadist shahih sbb:

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
“Semua umatku pasti akan masuk surga kecuali orang yang enggan.” Para shahabat bertanya, “Ya Rasulullah, siapakah orang yang enggan itu?” Beliau menjawab, “Barangsiapa mentaatiku pasti masuk surga, dan barangsiapa mendurhakaiku maka dialah orang yang enggan (tidak mau masuk surga, pent).”. (HR. Al-Bukhari no.6851, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu).

dari abu Hurairoh RA, Rasulullah Saw bersabda,” Demi Zat yang jiwa Muhammad berada dalam genggamanNya, siapapun dari umat ini, baik Yahudi maupun Nashrani yang mendengar berita tentang aku, lalu ia mati sebelum beriman kepada risalah yang diberikan kepadaku, maka ia akan menjadi penghuni neraka (H.R Muslim No.218)

Nah disini syarat masuk surga tidak cukup hanya beriman Tauhid ("umatku"), tapi juga harus mengikuti ajaran yg dibawa muhammad (termasuk mengakui muhammad sbg nabi, mendirikan shalat, puasa,dan ajaran islam lainnya)

Dan tidak sesuai juga dgn quran yg menyatakan hanya yg agama islam yg diterima Allah.

“Agama yang diterima di sisi Allah hanyalah Islam” (QS. Ali Imran: 19).

“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi” (QS. Ali Imran: 85).

Beragama islam kan berarti mengikuti seluruh ajaran muhammad (Tauhid, mengakui kenabian muhammad, puasa dan ajaran islam lainnya yg dibawa muhammad)

Jadi, kembali ke inti pertanyaan TS,

Apakah manusia yg hanya mengimani keEsaan Allah (Tauhid; tidak menyekutukan Allah), tapi tidak mengakui kenabian muhammad, apakah pada akhirnya bisa selamat masuk Surga?
a) Ya
b) Tidak


--- Apa jawaban Islam akan hal ini? -----


Terakhir diubah oleh aliumar tanggal Wed Jul 03, 2013 8:05 pm, total 1 kali diubah

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by aliumar on Wed Jul 03, 2013 8:02 pm

Bagaimana bisa tidak percaya ada nabi bernama Muhammad, sementara menggunakan kitab yang di wahyukan oleh beliau. Dan kitab tersebut mengakui muhammad sebagai nabi.
masalah nya, jika mereka tidak memakai kitab yg dibawa muhammad, tapi berTauhid.
Nih contoh konkritnya dech,

Apakah umat Yahudi yg bertauhid, tidak menyekutukan Allah dgn apapun, termasuk tidak ikut menTuhankan  Uzair, tapi tidak mengakui muhammad, tidak menerima Quran, apakah pada akhirnya bisa masuk Surga?

Apakah sekte Kristen spt Saksi Yehovah, atau sekte Unitarian, yg bertauhid, tidak menyekutukan Allah dgn apapun, termasuk tidak ikut menTuhankan nabi Isa, tapi tidak mengakui muhammad, tidak menerima Quran, apakah pada akhirnya bisa masuk Surga?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by oglikom on Wed Jul 03, 2013 8:09 pm

Muhammad sendiri sudah mengakui

Qs 2:62

Sesungguhnya orang Mu'min, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin. Siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal soleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by EHAN on Wed Jul 03, 2013 9:43 pm

@aliumar wrote:
Bagaimana bisa tidak percaya ada nabi bernama Muhammad, sementara menggunakan kitab yang di wahyukan oleh beliau. Dan kitab tersebut mengakui muhammad sebagai nabi.
masalah nya, jika mereka tidak memakai kitab yg dibawa muhammad, tapi berTauhid.
Nih contoh konkritnya dech,

Apakah umat Yahudi yg bertauhid, tidak menyekutukan Allah dgn apapun, termasuk tidak ikut menTuhankan  Uzair, tapi tidak mengakui muhammad, tidak menerima Quran, apakah pada akhirnya bisa masuk Surga?

Apakah sekte Kristen spt Saksi Yehovah, atau sekte Unitarian, yg bertauhid, tidak menyekutukan Allah dgn apapun, termasuk tidak ikut menTuhankan nabi Isa, tapi tidak mengakui muhammad, tidak menerima Quran, apakah pada akhirnya bisa masuk Surga?

_Masalahnya si TS bermaksud seperti anda tidak, jika iya. jawaban sdh pasti TIDAK MASUK SURGA, akan berbeda jika membicarakan umat sebelum ada agama islam.

Hadist yang anda bicarakan pun merupakan hadist buat muslim, bukan buat nonmuslim. jika sdh muslim sdh pasti bersyahadat.
Dari Anas r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan (Laa Ilaaha Illallah) dan di dalam hatinya ada seberat biji dari kebaikan (iman)." (HR Bukhari 44 dan Muslim 193),

Dari Anas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang Allah SWT yang berfirman, "Demi Izzah-Ku, demi Jala-Ku, demi Kesombongan-Ku dan demi Keagungan-Ku, Aku pasti keluarkan (dari neraka) orang yang mengucapkan (Laa ilaaha illallah)." (HR Bukhari)

Hadist diatas membicarakan tentang dosa yang tidak dapat di ampuni oleh Allah ialah dosa syirik dengan menyekutukan Allah.
semetara dosa selain tersebut akan di ampuni walau harus di siksa di neraka dahulu dalam rangka penebusan dosa (berzina dan mencuri, dsb) di dunia.

_Dan sama sekali nga bertentangan dengan ayat ini.
Agama yang diterima di sisi Allah hanyalah Islam” (QS. Ali Imran: 19).

“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi” (QS. Ali Imran: 85).

_Hadist membicarakan dosa umat muslim yang dapat di ampuni atau tidak, ayat membicarakan agama yang di ridhai.
Allah hanya menerima islam, jika sudah ber islam (syaratnya bersyahadat). Maka Allah hanya mengampuni dosa selain syirik, dan mendapat kesempatan keluar dari neraka-Nya.
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by ramayana on Wed Jul 03, 2013 10:06 pm

@ jagona

Al araaf 44


Dan penghuni-penghuni surga berseru kepada Penghuni-penghuni neraka (dengan mengatakan): "Sesungguhnya kami dengan sebenarnya telah memperoleh apa yang Tuhan kami menjanjikannya kepada kami. Maka apakah kamu telah memperoleh dengan sebenarnya apa (azab) yang Tuhan kamu menjanjikannya (kepadamu)?" Mereka (penduduk neraka) menjawab: "Betul". Kemudian seorang penyeru (malaikat) mengumumkan di antara kedua golongan itu: "Kutukan Allah ditimpakan kepada orang-orang yang zalim,

=== orang orang penghuni surga mendapat janji Allah yaitu surga! tentu krn janji ini, maka mereka melakukan apa yg di kehendaki Allah!! beribadah, beriman, amal saleh, dll dll.. pokoknya yg mendatangkan pahala. dan pahala ini yg jadi tiket ke surga.

kalau ente di janjikan neraka sebagai janji ibadah ente ke Allah.. apakah ente mau??

contoh adalah masalah gaji diatas! ente bener bener munafik!
ente cari bos, tentu yg menjanjikan gaji. dan gaji adalah harapan ente. kalau bos ente menggaji ente di bawah, dan ada orang yg menawarkan gaji jauh lebih baik.. apa ente mau seterusnya ama bos pelit ente??

atau.. saat ente melamar kerje, harapan ente bisa bekerja itu mendapat uang atau agar ente punya bos yg bisa suruh suruh ente, dan ente hepi sudah di perintah oleh seorang bos?? dan saat ente terima gaji ente berkata.. " bos, ga usah di gaji juga gapapa semestinya.. ane hanya ingin, bos perintah perintah ane selamanya hehehehe.."

paling gampang di cerna.... kenapa ente ga mau menghamba ke iblis?? krn dia ente anggap jalan ke neraka kan????? gimana kalau dibalik? Allah menjanjikan neraka dan iblis ke surga. ente pilih beribadah kemana????

selama ini ente di doktrin surga yg indah indah itu adalah "rumah" Tuhan. dan surga yg penuh derita adalah "tempat" iblis. itulah yg membuat ente beribadah ke Allah. benar kan??

inilah yang ane bilang.. butuh orang pintar buat bisa menjawab hehehehe..

avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by ramayana on Wed Jul 03, 2013 10:06 pm

@ ehan.

dimana ane bilang kalau pakai kitab quran??? ente baca lagi deh!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by EHAN on Wed Jul 03, 2013 10:20 pm

@ramayana wrote:kalau ada orang percaya Allah swt adalah satu satunya Tuhan dan beramal baik.. tetapi tidak mengakui dan tidak percaya ada nabi bernama Mohamad.. jadi syahadatnya cuma lha illah lha ilalah. orang ini pakai semua kitab yg mengajar kebaikan. tidak terikat dengan 1 kitab tertentu. Perbuatan orang ini sangat mulia dan baik hati ke sesama.

pertanyaannya:

1. bisakah orang itu ke surga dan diterima di sisi Allah swt?
2. kafirkan orang itu??

@ramayana
maaf jika saya menanfsirkan tulisan yang saya garis bawah termasuk al quran. karena setahu saya kitab perjanjian lama pun juga terdapat hukum2 tentang perang, razam, dsb selayaknya alquran.. Jadi kalau tidak maka sdh saya jawab di post #29.

jadi kenapa di permasalahkan lagi.?
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by ramayana on Wed Jul 03, 2013 11:12 pm

@ ehan.

tuh tanggepi atas posting ente no 29.

@oglikom wrote:Muhammad sendiri sudah mengakui

Qs 2:62

Sesungguhnya orang Mu'min, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin. Siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal soleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

jadi TUHAN ane akan kasih pahala buat ane... Allah aja ga kuatir kok hehehe..

tapi kok aneh ya.. berimannya ke Allah tapi pahalanya dapat dari Tuhan mereka.. dan yg pasti ga ada beriman ke mohamad!! jadi kesimpulannya? kafirkah yg ga mengakui mohamad? bisakah masuk surga?

kalau menurut quran sih orang yg ga mengakui mohamad ga kafir. dan bisa masuk surga!!

ya udahlah.. ane ikut surga TUHAN ane aja.. yg ga ada kawan mawin alias orgy!!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by EHAN on Thu Jul 04, 2013 5:58 am

@ramayana wrote:@ ehan.

tuh tanggepi atas posting ente no 29.

@oglikom wrote:Muhammad sendiri sudah mengakui

Qs 2:62

Sesungguhnya orang Mu'min, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin. Siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal soleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

jadi TUHAN ane akan kasih pahala buat ane... Allah aja ga kuatir kok hehehe..

tapi kok aneh ya.. berimannya ke Allah tapi pahalanya dapat dari Tuhan mereka.. dan yg pasti ga ada beriman ke mohamad!! jadi kesimpulannya? kafirkah yg ga mengakui mohamad? bisakah masuk surga?

kalau menurut quran sih orang yg ga mengakui  mohamad ga kafir. dan bisa masuk surga!!

ya udahlah.. ane ikut surga TUHAN ane aja.. yg ga ada kawan mawin alias orgy!!
_Emang tuhan mereka yang di maksud siapa? mereka itu siapa?

_Ada tulisan di ayat, Allah tidak kuatir. Ada perintah beriman pada rasul Allah oleh Allah, jika tidak mengakui sama saja kafir (tidak percaya), ko masih bertanya hal serupa. Apakah masuk surga atau tidak.?! spend of time.

_Ram, itu pilihan anda. Silahkan, saya nga nyuruh anda mualaf juga toh. Tinggal lihat hasil akhir, lu beneran masuk surga atau muslim.
avatar
EHAN
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1393
Kepercayaan : Islam
Location : kalimantan
Join date : 16.07.12
Reputation : 39

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by aliumar on Thu Jul 04, 2013 11:02 am

jika iya. jawaban sdh pasti TIDAK MASUK SURGA
mengapa tidak bisa masuk surga? bukankah mereka tidak menyekutukan Allah (sbg dosa yg tak terampuni)?jadi mereka tidak berbuat dosa yg tak terampuni tsb. Jadi dosa2 mereka yg lain bisa diampuni walaupun dgn harus ke neraka dulu.

Hadist yang anda bicarakan pun merupakan hadist buat muslim, bukan buat nonmuslim. jika sdh muslim sdh pasti bersyahadat.
Dari Anas r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan (Laa Ilaaha Illallah) dan di dalam hatinya ada seberat biji dari kebaikan (iman)." (HR Bukhari 44 dan Muslim 193),

Dari Anas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang Allah SWT yang berfirman, "Demi Izzah-Ku, demi Jala-Ku, demi Kesombongan-Ku dan demi Keagungan-Ku, Aku pasti keluarkan (dari neraka) orang yang mengucapkan (Laa ilaaha illallah)." (HR Bukhari)
Pertama:
Hadist tsb redaksionalnya utk umum yakni "orang" yg mengucapkan "Laa ilaaha illallah", dimana inti maksud pengucapan itu yakni pengakuan akan keTauhidan Allah.
Redaksional hadist tsb tidak dikatakan : "akan dikeluarkan dari neraka muslim yg mengucapkan Laa ilaaha illallah"

Malah justru akan menjadi aneh, jika hanya utk muslim, krn yg namanya muslim sudah pasti mengucapkan Laa ilaaha illallah. Sehingga tidak perlu lagi bikin kriteria "org yg mengucapkan Laa ilaaha illallah"

kedua:
risalah yg dibawa muhammad kan katanya utk seluruh umat, bukan hanya utk golongan umat tertentu saja.

ketiga:
Prinsip nya yg saya pertanyakan.
Kenapa Allah yg sama memakai kunci "mengucapkan Laa ilaaha illallah--(yg berarti maknanya bertauhid)" sementara kpd org lain lagi (non muslim) yg bertauhid juga, tidak memakai standar yg sama? Dimanakah keadilan Allah yg memakai standar ganda tsb?

Dan apalagi mengingat bahwa satu2nya dosa tak terampuni hanya dosa menyekutukan Allah, mengapa org non muslim yg tidak menyekutukan Allah pada akhirnya tidak bisa masuk Surga sekalipun harus dgn ditebus lewat ke neraka dulu? Prinsipnya yg saya tanyakan. Prinsip / konsep keselamatan yg saya tanyakan.

jika sudah ber islam (syaratnya bersyahadat). Maka Allah hanya mengampuni dosa selain syirik, dan mendapat kesempatan keluar dari neraka-Nya.
Apakah kebenaran ajaran yg menyatakan bahwa hanya dosa syirik yg tidak terampuni oleh Allah hanya benar bagi muslim?
Bukankah kebenaran Allah bersifat universal?


aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by ramayana on Thu Jul 04, 2013 1:05 pm

@EHAN wrote:
@ramayana wrote:@ ehan.

tuh tanggepi atas posting ente no 29.

@oglikom wrote:Muhammad sendiri sudah mengakui

Qs 2:62

Sesungguhnya orang Mu'min, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin. Siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal soleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

jadi TUHAN ane akan kasih pahala buat ane... Allah aja ga kuatir kok hehehe..

tapi kok aneh ya.. berimannya ke Allah tapi pahalanya dapat dari Tuhan mereka.. dan yg pasti ga ada beriman ke mohamad!! jadi kesimpulannya? kafirkah yg ga mengakui mohamad? bisakah masuk surga?

kalau menurut quran sih orang yg ga mengakui  mohamad ga kafir. dan bisa masuk surga!!

ya udahlah.. ane ikut surga TUHAN ane aja.. yg ga ada kawan mawin alias orgy!!
_Emang tuhan mereka yang di maksud siapa? mereka itu siapa?

_Ada tulisan di ayat, Allah tidak kuatir. Ada perintah beriman pada rasul Allah oleh Allah, jika tidak mengakui sama saja kafir (tidak percaya), ko masih bertanya hal serupa. Apakah masuk surga atau tidak.?! spend of time.

_Ram, itu pilihan anda. Silahkan, saya nga nyuruh anda mualaf juga toh. Tinggal lihat hasil akhir, lu beneran masuk surga atau muslim.
yg dimaksud TUHAN mereka tentu TUHANNYA yahudi dan nasrani kan.
diatas ane nanya.. kalau ada orang mengakui Allah swt.. apakah orang itu di sebut kafir?

ente ini ga jelas kalau punya pendapat.

@ehan wrote:jika tidak mengakui sama saja kafir (tidak percaya)
kan ane dah bilang.. orang ituy percaya! jadi menurut ente dia kafir ga?

ane percaya surga ane han... ane ga percaya di surga masih ada kawin mawin orgy dan minum khamar!! ane ga percaya orang yg bunuh orang lain teriak nama Tuhan ada di surga!! jangan jangan disana juga bunuh bunuhan dan saling ngebom bunuh diri..

apalagi ente ga dijamin masuk surga!! buktikan kalau ada jaminan jadi islam dan mengakui mohamad dan Allah swt pasti masuk surga! ada????

iblis aja bisa menjamin masuk neraka kok.. mosok Allah ga bisa memberi jaminan muslim masuk surga? beda ama TUHAN ane han.. dia menjamin!! hebat kan? hehehehe
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by musicman on Thu Jul 04, 2013 1:20 pm

@Aliumar


Jadi, kembali ke inti pertanyaan TS,

Apakah manusia yg hanya mengimani keEsaan Allah (Tauhid; tidak menyekutukan Allah), tapi tidak mengakui kenabian muhammad, apakah pada akhirnya bisa selamat masuk Surga?
a) Ya
b) Tidak

--- Apa jawaban Islam akan hal ini? -----

Kalau tidak mengakui Nabi Muhammad, maka orang itu tidak akan percaya dengan Segala Syariat Allah dimana Nabi sebagai "Jubir" Allah.

Ya..kalau Kalau sudah tidak percaya dengan Jubirnya, maka semuanya tertolak..krn Allah tidak pernah Bicara Langsung kepada anda, saya atau siapa saja.


jawabnya:B

avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by alex77 on Thu Jul 04, 2013 1:23 pm

@musicman wrote:@Aliumar


Jadi, kembali ke inti pertanyaan TS,

Apakah manusia yg hanya mengimani keEsaan Allah (Tauhid; tidak menyekutukan Allah), tapi tidak mengakui kenabian muhammad, apakah pada akhirnya bisa selamat masuk Surga?
a) Ya
b) Tidak

--- Apa jawaban Islam akan hal ini? -----

Kalau tidak mengakui Nabi Muhammad, maka orang itu tidak akan percaya dengan Segala Syariat Allah dimana Nabi sebagai "Jubir" Allah.

Ya..kalau Kalau sudah tidak percaya dengan Jubirnya, maka semuanya tertolak..krn Allah tidak pernah Bicara Langsung kepada anda, saya atau siapa saja.


jawabnya:B


intinya kalau tidak mengakui muhammad brarti tidak masuk surga..
Muhammad = allah swt

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by musicman on Thu Jul 04, 2013 1:24 pm

@alex77 wrote:
@musicman wrote:@Aliumar


Jadi, kembali ke inti pertanyaan TS,

Apakah manusia yg hanya mengimani keEsaan Allah (Tauhid; tidak menyekutukan Allah), tapi tidak mengakui kenabian muhammad, apakah pada akhirnya bisa selamat masuk Surga?
a) Ya
b) Tidak

--- Apa jawaban Islam akan hal ini? -----

Kalau tidak mengakui Nabi Muhammad, maka orang itu tidak akan percaya dengan Segala Syariat Allah dimana Nabi sebagai "Jubir" Allah.

Ya..kalau Kalau sudah tidak percaya dengan Jubirnya, maka semuanya tertolak..krn Allah tidak pernah Bicara Langsung kepada anda, saya atau siapa saja.


jawabnya:B


intinya kalau tidak mengakui muhammad brarti tidak masuk surga..
Muhammad = allah swt

O..Julia Pasha itu adalah sosok SBY ternyata..

ok lah...
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by alex77 on Thu Jul 04, 2013 1:29 pm

@musicman wrote:
@alex77 wrote:
@musicman wrote:@Aliumar


Jadi, kembali ke inti pertanyaan TS,

Apakah manusia yg hanya mengimani keEsaan Allah (Tauhid; tidak menyekutukan Allah), tapi tidak mengakui kenabian muhammad, apakah pada akhirnya bisa selamat masuk Surga?
a) Ya
b) Tidak

--- Apa jawaban Islam akan hal ini? -----

Kalau tidak mengakui Nabi Muhammad, maka orang itu tidak akan percaya dengan Segala Syariat Allah dimana Nabi sebagai "Jubir" Allah.

Ya..kalau Kalau sudah tidak percaya dengan Jubirnya, maka semuanya tertolak..krn Allah tidak pernah Bicara Langsung kepada anda, saya atau siapa saja.


jawabnya:B


intinya kalau tidak mengakui muhammad brarti tidak masuk surga..
Muhammad = allah swt

O..Julia Pasha itu adalah sosok SBY ternyata..

ok lah...

Julia Pasha itu sama dengan SBY, sama2 manusia hanya beda jabatan
lantas kamu juga mau samakan analogi nya spt itu..




alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by musicman on Thu Jul 04, 2013 1:35 pm

@alex

Julia Pasha itu sama dengan SBY, sama2 manusia hanya beda jabatan
lantas kamu juga mau samakan analogi nya spt itu..

fine..

Jadinya ..

yg anda maksud dengan simbol (=) pada kalimat -> Allah = Muhammad

itu sebagai Sosok yg sama, Jabatan yg sama, atau barangkali antara Muhammad dan Allah adalah dua sosok Tuhan dengan oknum yg berbeda?
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by alex77 on Thu Jul 04, 2013 2:40 pm

@musicman wrote:@alex

Julia Pasha itu sama dengan SBY, sama2 manusia hanya beda jabatan
lantas kamu juga mau samakan analogi nya spt itu..

fine..
Jadinya ..

yg anda maksud dengan simbol (=) pada kalimat -> Allah = Muhammad

itu sebagai Sosok yg sama, Jabatan yg sama, atau barangkali antara Muhammad dan Allah adalah dua sosok Tuhan dengan oknum yg berbeda?

begini... berbica soal Allah, tidak ada kesetaraanya dengan manusia..
bicara soal SBY, dia setara dengan julian.. sama2 manusia..

tidak ada julian mengatakan.. Turuti perintah/Tugas dr SBY dan saya (julian)
anda liat muhammad... berimanlah kepada Allah dan rasulNya...
berarti muhammad ingin menunjukan bahwa dia setara dengan muhammad..

itu yang menurut saya menjadi inti topik ini:
apakah kalau anda tidak mengakui/menjalankan perintah muhammad tp anda percaya dan melaksanakan perintah Tuhan anda akan masuk surga..?

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by musicman on Thu Jul 04, 2013 3:18 pm

avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by aliumar on Thu Jul 04, 2013 3:35 pm

Kalau tidak mengakui Nabi Muhammad, maka orang itu tidak akan percaya dengan Segala Syariat Allah dimana Nabi sebagai "Jubir" Allah.
tapi hal itu kan tidak lantas org tsb tidak bisa beriman akan keEsaan Allah yg sejalan dgn kalimat syahadat di Islam "Laa ilaaha illallah"

Dan contoh konkrit kasus yg sudah saya berikan:
Apakah umat Yahudi yg bertauhid, yg tidak menyekutukan Allah dgn apapun, termasuk tidak ikut menTuhankan  Uzair, tapi tidak mengakui muhammad, tidak menerima Quran, apakah pada akhirnya bisa masuk Surga?

Apakah sekte Kristen spt Saksi Yehovah, atau sekte Unitarian, yg bertauhid, tidak menyekutukan Allah dgn apapun, termasuk tidak ikut menTuhankan nabi Isa, tapi tidak mengakui muhammad, tidak menerima Quran, apakah pada akhirnya bisa masuk Surga?

Ya..kalau Kalau sudah tidak percaya dengan Jubirnya, maka semuanya tertolak..krn Allah tidak pernah Bicara Langsung kepada anda, saya atau siapa saja.
Allah pernah bicara kpd bani Israel lewat Musa, bahwa Allah itu Esa. Nah bagaimana nasib akhir org Yahudi yg tetap berpegang teguh pada iman Tauhid tsb, namun tidak percaya Alquran, tidak mengakui kenabian Muhammad dan ajaran Islam yg lain?Bisakah org Yahudi tsb pada akhirnya masuk Surga?

Allah juga pernah berbicara lewat nabi Isa, bahwa Allah itu Esa. Nah bagaimana dgn org2 yg menamakan diri kelompok Unitarian, yg berpegang teguh pada iman ajaran Tauhid tsb yg tidak menyekutukan Allah dgn apapun, termasuk tidak menTuhankan Isa, namun tidak percaya Alquran, tidak mengakui kenabian Muhammad dan ajaran Islam yg lain?Bisakah org Unitarian tsb pada akhirnya masuk Surga?

Apakah dosa tidak percaya kpd muhammad juga termasuk dosa yg tidak terampuni seperti halnya dosa syirik (alias menyekutukan Allah) ? Tolong jawabannya disertai dgn dalil nya.

@EHAN wrote:Allah hanya mengampuni dosa selain syirik, dan mendapat kesempatan keluar dari neraka-Nya.
Lantas kenapa org yg membunuh mumin dgn sengaja, melakukan riba, tidak mendapat kesempatan keluar dari neraka, alias kekal di neraka?

Dan barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja maka balasannya ialah Jahanam, ia kekal di dalamnya, dan Allah murka kepadanya, dan mengutuknya serta menyediakan adzab yang besar baginya. (QS. an-Nisa`: 93)

Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya (TQS. Al-Baqarah: 275).

Apakah membunuh mu'min dgn sengaja atau melakukan riba, merupakan dosa yg tak terampuni juga oleh Allah seperti halnya dosa syirik?tolong dijawab !

Benarkah hanya dosa sirik, satu2nya dosa yg tak terampuni oleh Allah? Tolong dijawab dgn tegas !


Terakhir diubah oleh aliumar tanggal Thu Jul 04, 2013 3:41 pm, total 1 kali diubah

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by aliumar on Thu Jul 04, 2013 3:40 pm

tambahan:
@EHAN wrote:Allah hanya mengampuni dosa selain syirik, dan mendapat kesempatan keluar dari neraka-Nya.
lantas kenapa org yg memutus silahturami dikatakan dlm hadist shahih, org tsb TIDAK AKAN masuk surga?

Rasulullah shallallah ‘alaihi wa sallam bersabda
لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ قَاطِعٌ
Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan (silaturahmi)” (HR Bukhari dan Muslim)

Apakah memutuskan silahturami merupakan dosa yg tak terampuni juga oleh Allah seperti halnya dosa syirik?tolong dijawab !

Benarkah hanya dosa sirik, satu2nya dosa yg tak terampuni oleh Allah? Tolong dijawab dgn tegas !

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by musicman on Thu Jul 04, 2013 3:47 pm

@Aliumar


tapi hal itu kan tidak lantas org tsb tidak bisa beriman akan keEsaan Allah yg sejalan dgn kalimat syahadat di Islam "Laa ilaaha illallah"

Dan contoh konkrit kasus yg sudah saya berikan:
Apakah umat Yahudi yg bertauhid, yg tidak menyekutukan Allah dgn apapun, termasuk tidak ikut menTuhankan Uzair, tapi tidak mengakui muhammad, tidak menerima Quran, apakah pada akhirnya bisa masuk Surga?

Apakah sekte Kristen spt Saksi Yehovah, atau sekte Unitarian, yg bertauhid, tidak menyekutukan Allah dgn apapun, termasuk tidak ikut menTuhankan nabi Isa, tapi tidak mengakui muhammad, tidak menerima Quran, apakah pada akhirnya bisa masuk Surga?



Allah pernah bicara kpd bani Israel lewat Musa, bahwa Allah itu Esa. Nah bagaimana nasib akhir org Yahudi yg tetap berpegang teguh pada iman Tauhid tsb, namun tidak percaya Alquran, tidak mengakui kenabian Muhammad dan ajaran Islam yg lain?Bisakah org Yahudi tsb pada akhirnya masuk Surga?

Allah juga pernah berbicara lewat nabi Isa, bahwa Allah itu Esa. Nah bagaimana dgn org2 yg menamakan diri kelompok Unitarian, yg berpegang teguh pada iman ajaran Tauhid tsb yg tidak menyekutukan Allah dgn apapun, termasuk tidak menTuhankan Isa, namun tidak percaya Alquran, tidak mengakui kenabian Muhammad dan ajaran Islam yg lain?Bisakah org Unitarian tsb pada akhirnya masuk Surga?

Apakah dosa tidak percaya kpd muhammad juga termasuk dosa yg tidak terampuni seperti halnya dosa syirik (alias menyekutukan Allah) ? Tolong jawabannya disertai dgn dalil nya.

Saya termasuk yg meyakini YAHWEH=Allah SWT, anda boleh cek di diskusi saya dengan abu hanan.

Kalau anda berani membawa kasus yahudi dan Jehovah tentu tetap saja kasusnya berbeda.

Jesus Said: Allah (YAHWEH) Satu2nya Tuhan kita..

Apa artinya Orang2 Jahudi yg menolak Yesus dan cukup percaya YAHWEH sebagai Tuhan akan ditebus Jesus?

Kalau anda konsis, maka Tidak perlu percaya Jesus maka anda akan ditebus.

Jesus satu paket dengan YAHWEH, begitu juga dengan Muhammad dengan Allah SWT, tapi jangan samakan Status masing2.

oh ya, Mengenai pertanyaan TS yg anda lengkapi pemahamannya, sudah saya tanggapi disini:
http://www.laskarislam.com/t6955-muhammad-allah-swt#82900
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by aliumar on Thu Jul 04, 2013 3:57 pm

Saya termasuk yg meyakini YAHWEH=Allah SWT, anda boleh cek di diskusi saya dengan abu hanan.
jangan melencengkan diskusi. Ini tidak membicarakan perihal sebutan Allah dgn Yahweh.
Inti yg saya masalahkan yaitu perihal org di luar Islam yg juga berpegang teguh pada Tauhid (mengEsakan Allah)--dalam contoh ini Yahudi, dan Unitarian---Nah apakah mereka2 ini, org di luar Islam, yg tetap mengEsakan Tuhan namun tidak mengakui kenabian muhammad dan tidak menerima Alquran, apakah mereka ini pada akhirnya bisa masuk Surga?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by musicman on Thu Jul 04, 2013 4:05 pm

@Aliumar


jangan melencengkan diskusi. Ini tidak membicarakan perihal sebutan Allah dgn Yahweh.
Inti yg saya masalahkan yaitu perihal org di luar Islam yg juga berpegang teguh pada Tauhid (mengEsakan Allah)--dalam contoh ini Yahudi, dan Unitarian---Nah apakah mereka2 ini, org di luar Islam, yg tetap mengEsakan Tuhan namun tidak mengakui kenabian muhammad dan tidak menerima Alquran, apakah mereka ini pada akhirnya bisa masuk Surga?


Saya tidak sama sekali melencengkan arah diskusi, tapi sekedar memberi pemahaman bagaimana pandangan saya sebagai Muslim, karena anda membawa kasus Musa, Jehovah dan juga kekristenan maka pantas rasanya kalau saya bicara YAHWEH menurut pandangan saya pribadi.

Kalau anda ingin jawaban tegas, Kan sudah saya jawab yaitu:
B

saya heran....Jadi sebetulnya yg anda maksud meminta jawaban tegas itu seperti apa bung Aliumar?

avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by drunken master on Thu Jul 04, 2013 5:36 pm

Thread ini memamerkan kebodohan logika non muslim.Bukti penting adalah melupakan sejarah suatu agama dengan nama Islam memiliki kronologi dan alur yang ternyata tidak dihormati Kristen.
Allah->Muhammad->Tauhid
Konsep tauhid adalah bersumber Al Quran dan As Sunnah dengan kata lain,Tauhid = Allah + Muhammad.

Orang yang mengimani hanya Allah lah Tuhan Yang Esa tetapi menolak kerasulan Muhammad dapat diukur dengan logika 2 = 1 + (x) dimana faktor X adalah tidak diketahui.

drunken master
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 52
Kepercayaan : Islam
Location : yupiter 2a + x - y
Join date : 04.07.13
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by aliumar on Thu Jul 04, 2013 5:41 pm

Saya tidak sama sekali melencengkan arah diskusi, tapi sekedar memberi pemahaman bagaimana pandangan saya sebagai Muslim, karena anda membawa kasus Musa, Jehovah dan juga kekristenan maka pantas rasanya kalau saya bicara YAHWEH menurut pandangan saya pribadi.
contoh bani Israel dgn Musa, cuma sbg contoh bahwa selan lewat muhammad, ternyata risalah Tauhid juga bisa dan pernah disampaikan lewat Musa (krn sebelumnya kamu kan menanyakan kalau bukan lewat muhammad, lewat siapa). Nah penekanan contoh bani Israel tsb adalah utk sampel contoh org yg bertauhid tapi tidak menerima Quran, muhammad.
Contoh sampel yg lain, yakni org2 Unitarian. Mereka tidak menerima Islam, tapi mereka berauhid, tidak menTuhankan Isa(Yesus).

Nah sekarang jawab pertanyaan selanjutnya sehubungan jawaban kamu:

Kalau anda ingin jawaban tegas, Kan sudah saya jawab yaitu:
B
mengapa tidak bisa masuk surga? bukankah mereka tidak menyekutukan Allah (sbg dosa yg tak terampuni)?jadi mereka tidak berbuat dosa yg tak terampuni tsb. Jadi dosa2 mereka yg lain kan bisa diampuni walaupun dgn harus ke neraka dulu.

Baca juga hadisnya, dan liat juga tulisan saya selanjutnya yg ditebalkan yg merupakan maksud intinya dari apa yg saya tekankan dan permasalahkan:

Dari Anas r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan (Laa Ilaaha Illallah) dan di dalam hatinya ada seberat biji dari kebaikan (iman)." (HR Bukhari 44 dan Muslim 193)

Dari Anas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang Allah SWT yang berfirman, "Demi Izzah-Ku, demi Jala-Ku, demi Kesombongan-Ku dan demi Keagungan-Ku, Aku pasti keluarkan (dari neraka) orang yang mengucapkan (Laa ilaaha illallah)." (HR Bukhari)

Lihat yg dibold: "Laa Ilaaha Illallah" Jadi kuncinya hanya pada kalimat pertama syahadat yakni bahwa org tsb beriman akan keesaan Allah, alias Tauhid (tidak menyekutuan Allah, mengakui tiada Tuhan selain Allah), dan tidak memasukan syarat mengucap kalimat syahadat kedua (pengakuan kenabian muhammad).

Rasulullah saw. Bersabda….: Sesunguhnya, barangsiapa di antara umatku yang mati, sedangkan dia tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatu apapun, orang itu masuk surga.” Aku (Abu Dzar) bertanya: “Sekalipun orang itu berzina dan mencuri?” Jawab Nabi, Ya, sekalipun dia berzina dan mencuri.” (Hadis Shahih Bukhari no.647).

jadi kunci masuk surga hanya pada iman kpd Allah Yang Esa.


aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan untuk MUSLIM "Hakikat Syahadat menuju Surga"

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 12 Previous  1, 2, 3, ... 10, 11, 12  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik