FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by EbisuSensei on Sat Jul 06, 2013 5:11 pm

Berawal dari post:
http://www.laskarislam.com/t6888p50-masalah-firman-yang-membingungkan-kristen#83418

@abu hanan wrote:

konsep firman tuhan antara islam dan kristen berbeda..semua hal adalah berawal dari firman "kun"..tetapi semua hal itu bukan tuhan..tetapi wujud dari kehendak tuhan..dan kristen menyukai sesuatu yang inkonsisten..
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by aliumar on Sat Jul 06, 2013 5:26 pm

semua hal adalah berawal dari firman "kun"
apakah firman "kun" tsb termasuk ciptaan ataukah pencipta?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by EbisuSensei on Sat Jul 06, 2013 5:29 pm

@aliumar wrote:
semua hal adalah berawal dari firman "kun"
apakah firman "kun" tsb termasuk ciptaan ataukah pencipta?
Menurut saya tidak bisa didefinisikan sebagai ciptaan atau pencipta.
Tapi ia adalah 'kata'.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by aliumar on Sat Jul 06, 2013 5:48 pm

Menurut saya tidak bisa didefinisikan sebagai ciptaan atau pencipta.
Tapi ia adalah 'kata'.
kenapa tidak bisa?bukan kah cuma ada dua kemungkinan, kalau bukan pencipta, ya pasti ciptaan.

"kata" itu kan sesuatu yg eksis. Nah yg eksis itu 2 kemunginan.
Eksistensi nya krn hasil ciptaan, atau memang sudah ada dari sononya (dari kekal sudah ada).
Nah tinggal dinilai saja kalau existansi nya dari kekal sudah ada (spt eksistensi Allah) maka ia adalah pencipta.
Tapi jika eksistensi nya memiliki fase dari ga ada lalu menjadi ada, itu berarti dia termasuk ciptaan.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by EbisuSensei on Sat Jul 06, 2013 6:34 pm

@aliumar wrote:
Menurut saya tidak bisa didefinisikan sebagai ciptaan atau pencipta.
Tapi ia adalah 'kata'.
kenapa tidak bisa?bukan kah cuma ada dua kemungkinan, kalau bukan pencipta, ya pasti ciptaan.

"kata" itu kan sesuatu yg eksis. Nah yg eksis itu 2 kemunginan.
Eksistensi nya krn hasil ciptaan, atau memang sudah ada dari sononya (dari kekal sudah ada).
Nah tinggal dinilai saja kalau existansi nya dari kekal sudah ada (spt eksistensi Allah) maka ia adalah pencipta.
Tapi jika eksistensi nya memiliki fase dari ga ada lalu menjadi ada, itu berarti dia termasuk ciptaan.
kok bisa didefinisikan eksis?
dapat dari mana?
ehmmehmm
Apakah Tuhan berbicara layaknya manusia berbicara?
Jangan kacau dulu.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by abu hanan on Sat Jul 06, 2013 8:11 pm

qudrat adalah sifat yang menetap/melekat pada allah dari tiada awal dan tiada akhir..firman/qalu adalah cara untuk merepresentasikan yang tiada menjadi ada,dengan kata lain ada proses dalam jangkauan akal manusia : qudrat(kekuasaan)->iradat/kehendak->firman/qalu..meskipun qalu/firman itu bukanlah berswara/berucap seperti dalam bayangan manusia..

ketika terbetik keinginan yah jadilah keinginan seperti yang dikehendaki..
namun bukan dalam pengertian suatu proses seperti tercetus-berpikir-tindakan..



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by aliumar on Sun Jul 07, 2013 8:46 pm

kok bisa didefinisikan eksis?
dapat dari mana?
kalau tidak eksis, koq kamu bisa tau adanya kata: "kun" tsb?

eksis disini tidak selalu berarti eksis secara materi.
Eksis disini berarti ke- "ada" nya sesuatu tsb.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by aliumar on Sun Jul 07, 2013 8:51 pm

qudrat adalah sifat yang menetap/melekat pada allah dari tiada awal dan tiada akhir
siapa lagi yg tiada berawal dan tiada berakhir kalau bukan HANYA ALLAH SAJA?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by EbisuSensei on Mon Jul 08, 2013 7:03 am

@aliumar wrote:
kok bisa didefinisikan eksis?
dapat dari mana?
kalau tidak eksis, koq kamu bisa tau adanya kata: "kun" tsb?

eksis disini tidak selalu berarti eksis secara materi.
Eksis disini berarti ke- "ada" nya sesuatu tsb.
Dasarnya adalah ketetapan bahwa Tuhan tidak serupa dengan apapun!

Dan silahkan jawab, apakah Tuhan berbicara seperti mahluk-Nya?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by EbisuSensei on Mon Jul 08, 2013 7:06 am

@aliumar wrote:
qudrat adalah sifat yang menetap/melekat pada allah dari tiada awal dan tiada akhir
siapa lagi yg tiada berawal dan tiada berakhir kalau bukan HANYA ALLAH SAJA?
Maksudnya apaan nih?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by aliumar on Mon Jul 08, 2013 10:25 am

step by step dulu ya,,,
menurut kamu kata: "kun" itu benar2 sesuatu kata yg ada (sbg kata yg keluar dari Firman/perkataan Allah), ataukah tidak ada?

ingat yg dimaksud "ada" disini tidak selalu berarti ada secara materi.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by EbisuSensei on Mon Jul 08, 2013 10:35 am

@aliumar wrote:step by step dulu ya,,,
menurut kamu kata: "kun" itu benar2 sesuatu kata yg ada (sbg kata yg keluar dari Firman/perkataan Allah),  ataukah tidak ada?

ingat yg dimaksud "ada" disini tidak selalu berarti ada secara materi.
Menurut saya, "kun" adalah suatu kiasan atau abstrak.
Karena ketika dinyatakan bahwa "Tuhan berkata" maka sesungguhnya tidak sebagaimana mahluknya berkata, baik hanya dalam pikiran maupun benar-benar diucapkan.

paham?

Jadi tidak bisa begitu saja didefinisikan sebagai ada atau tidaknya "kun" tersebut.

paham?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by aliumar on Mon Jul 08, 2013 10:56 am

Karena ketika dinyatakan bahwa "Tuhan berkata" maka sesungguhnya tidak sebagaimana mahluknya berkata,
saya tidak membicarakan CARA berkata. Yg saya tanyakan, apakah kata "Kun" tsb benar2 ADA, terlepas dari bagaimanapun "CARA" Allah berbicara mengeluarkan kata "Kun" tsb.

Ibarat gini:
Saya mengatakan: "Bumi".
Terlepas dari bagaimana cara nya saya mengeluarkan kata "Bumi" tsb (entah dgn berbisik, berteriak), yg jelas waktu dikatakan saya mengatakan kata: "Bumi", artinya kata "Bumi" itu sbg kata yg benar2 ada, yg telah keluar dari perkataan saya.

Menurut saya, "kun" adalah suatu kiasan atau abstrak.
kalau gitu benda2 yg diciptakan Allah dgn "kun" yg abstark tsb, juga benda2 yg abstrak dong, hahaha....

Jadi sekai lagi:
Apakah kata "Kun" tsb benar2 sesuatu kata yg ada (sbg kata yg keluar dari Firman/perkataan Allah), ataukah tidak ada?

Ingat saya tidak membicarakan "cara" berbicara, tapi menanyakan perihal esensi ke-"ada" nya kata: kun tsb, apakah kata tsb "ada" atau "tidak ada".

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by EbisuSensei on Mon Jul 08, 2013 11:04 am

@aliumar wrote:
kalau gitu benda2 yg diciptakan Allah dgn "kun" yg abstark tsb, juga benda2 yg abstrak dong, hahaha....

Jadi sekai lagi:
Apakah kata "Kun" tsb benar2 sesuatu kata yg ada (sbg kata yg keluar dari Firman/perkataan Allah), ataukah tidak ada?

Ingat saya tidak membicarakan "cara" berbicara, tapi menanyakan perihal esensi ke-"ada" nya kata: kun tsb, apakah kata tsb "ada" atau "tidak ada".
Bukankah anda hanya membahas "kun", kenapa tiba2 lari ke benda?
Apa hubungannya?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by aliumar on Mon Jul 08, 2013 11:07 am

Bukankah anda hanya membahas "kun", kenapa tiba2 lari ke benda?
krn kan kata kamu kata "kun" yg menjadi dasar penciptaan benda2 / alam semesta ini merupakan sesuatu yg abstrak.

Makanya kembali lagi, Silahkan jawab saja:
Apakah kata "Kun" tsb benar2 sesuatu kata yg ada (sbg kata yg keluar dari Firman/perkataan Allah), ataukah tidak ada?

Kalau dlm hal ini kamu sudah ga ngerti/ gak bisa jawab, ga usah deh berkoar2 mempermasalahkan konsep "Firman" di Kristen, (dimana topik ini merupakan sambungan diskusi di topik sebelah yg membahas ttg konsep Firman di Kristen tsb.)

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by EbisuSensei on Mon Jul 08, 2013 11:15 am

@aliumar wrote:
Bukankah anda hanya membahas "kun", kenapa tiba2 lari ke benda?
krn kan kata kamu kata "kun" yg menjadi dasar penciptaan benda2 / alam semesta ini merupakan sesuatu yg abstrak.
Memang "kun" tersebut adalah ssesuatu yang abstrak/kiasan.
Tidak bisa dianggap sebagai sesuatu yang wujud.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by aliumar on Mon Jul 08, 2013 5:36 pm

"kun" tersebut adalah ssesuatu yang abstrak/kiasan.
Tidak bisa dianggap sebagai sesuatu yang wujud.
Kenapa kamu bisa menilainya sbg abstrak/kiasan?

Dan, Apakah kamu juga mau konsisten menilai Firman Allah yg lain sbg sesuatu yg abstrak/kiasan juga?
berarti Firman Tuhan yg diberikan kpd Muhammad juga abstak dan kiasan doang dong.

An Nahl 40 Allah berfirman : "kun"--> kamu nilai "kun" sbg sesuatu yg abstark/kiasan.

kalau begitu:

Thaahaa:19
Allah berfirman: "Lemparkanlah ia, hai Musa"-->kalau begitu kata2 perintah Allah dlm FirmanNya utk melempar (tongkat) juga merupakan hal yg kiasan/abstrak dong?


aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by EbisuSensei on Mon Jul 08, 2013 6:43 pm

@aliumar wrote:
Kenapa kamu bisa menilainya sbg abstrak/kiasan?
Karena segala sesuatu penggambaran Tuhan seperti mahluk-Nya, adalah kiasan atau abstrak.

Tentang kasus Nabi Musa as, hal tersebut adalah mujizat bagi Nabi Musa as.
Dimana beliau dapat bercakap-cakap dengan Tuhan tanpa perantaraan malaikat, sebagaimana nabi-nabi lain.
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by abu hanan on Tue Jul 09, 2013 6:26 pm

by sayah wrote:firman adalah cara tuhan berekspresi (ungkapan gaya manusia) dan hasil dari cara bukanlah sosok yang berekspresi..moso lukisan affandi itu affandi sendiri?moso waljinah itu walang kekek?
http://www.laskarislam.com/t6888p75-masalah-firman-yang-membingungkan-kristen#83460


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by aliumar on Wed Jul 10, 2013 11:28 am

firman adalah cara tuhan berekspresi (ungkapan gaya manusia) dan hasil dari cara bukanlah sosok yang berekspresi..moso lukisan affandi itu affandi sendiri?moso waljinah itu walang kekek?
Apakah firman "kun" tsb termasuk ciptaan ataukah pencipta?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by EbisuSensei on Wed Jul 10, 2013 11:43 am

@aliumar wrote:
firman adalah cara tuhan berekspresi (ungkapan gaya manusia) dan hasil dari cara bukanlah sosok yang berekspresi..moso lukisan affandi itu affandi sendiri?moso waljinah itu walang kekek?
Apakah firman "kun" tsb termasuk ciptaan ataukah pencipta?
Heleeeeh ...............

Kan udah saya jawab tuh diatas, kenapa masih ditanyakan terus?
Kacau ya?
avatar
EbisuSensei
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2734
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 27.12.11
Reputation : 24

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by abu hanan on Wed Jul 10, 2013 11:51 am

@aliumar wrote:
firman adalah cara tuhan berekspresi (ungkapan gaya manusia) dan hasil dari cara bukanlah sosok yang berekspresi..moso lukisan affandi itu affandi sendiri?moso waljinah itu walang kekek?
Apakah firman "kun" tsb termasuk ciptaan ataukah pencipta?
post #6
ketika terbetik keinginan yah jadilah keinginan seperti yang dikehendaki..
namun bukan dalam pengertian suatu proses seperti tercetus-berpikir-tindakan..
firman "kun" adalah sebuah ungkapan dalam model agar dapat dipahami manusia..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by aliumar on Wed Jul 10, 2013 12:08 pm

firman "kun" adalah sebuah ungkapan
apakah ungkapan tsb benar2 sesuatu yg "ada"?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by abu hanan on Wed Jul 10, 2013 12:14 pm

@aliumar wrote:
firman "kun" adalah sebuah ungkapan
apakah ungkapan tsb benar2 sesuatu yg "ada"?
buginih..ketika terbersit keinginan maka jadilah keinginan itu..ungkapan itu menjadi ADA karena ADA bukti..alam semesta adalah bukti dari ungkapan itu pernah ada..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by aliumar on Fri Jul 12, 2013 12:40 pm

ungkapan itu menjadi ADA karena ADA bukti..alam semesta adalah bukti dari ungkapan itu pernah ada..
Jika ungakapan itu sbg sesuatu yg "ADA", pertanyaannya kemudian:
Apakah "ADA" nya ungkapan tsb merupakan hasil ciptaan (dari tidak ada menjadi ada), atau udah ada dari sono nya (tidak diciptakan) ?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Qudrat Allah Dalam Perspektif Islam

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik