FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Halaman 3 dari 10 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by ramayana on Sun Jul 07, 2013 1:00 pm

First topic message reminder :

di forum agama dunia sempat diramaikan adanya penemuan inkripsi di rumah rumah yang beasal sekitar 200 tahun sebelum adanya islam.

inkripsi ini di "latinkan" menjadi "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"

ini adalah cuplikan dari pernyataan penemuan inkripsi ini.

Recently Father Pecerillo, a famous Franciscan Archiologist, found morethan twenty churches in Madaba at the south of Jordan. From the Forth Century we found houses in Syria, Lebanon, Iraq and Palestine with this inscriptionin Arabic :"Bism El-Lah al Rahman al Rahim" that showed that Christians were the first to use this name so as to indicate their beliefin the Holy Trinity, more than two hundred years before Islam

http://www.al-bushra.org/arbhrtg/arbxtn04.htm
terjemahan musicman
ditemukan lebih dari dua puluh gereja di Madaba di bagian selatan Yordania, di Suriah, Lebanon, Irak dan Palestina dengan Arab inscriptionin: "Bism El-Lah al Rahman al Rahim" yang menunjukkan bahwa orang Kristen adalah yang pertama pakai itu nama, sehingga dapat menunjukkan Keyakinan  Tritunggal Mahakudus , lebih dari dua ratus tahun sebelum Islam.
sudah sangat jelas kalau itu menyebut akan trinitas!

dari sebuat situs "menjawab islam" ada pernyataan ini..

link hebat wrote:Bism El-l:ah al Rahman l Rahim
In the name of the Father the Son and the Holy Ghost

Father = Elah = Elooha /Elaha (Syric)
Son = Rahman = Rahmano (Syric)
Holy Spirit = Rahim = Rahemo (Syric)

And that’s what I have told Ysihan long time ago. It’s a Christian Basmallah long before Islam and it’s an Aramaic style Basmmallah that reflect the Christian belief; in the name of the FATHER, the SON and the HOLY SPIRIT.


Faisal

http://www.answer-islam.org/Osamalie.html
Jadi artinya adalah Dalam nama Bapa, Anak, dan Roh kudus.

dalam islam ada istilah Bismillahirohmanirohim

sebenarnya.. apakah arti dari kata kata arab yg dipakai agama islam ini?

benarkah artinya terutama sebelum islam adalah.. Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang?

apakah El-lah sama ama Allah?

ada hal yang menarik..

ternyata orang quraish bahkan tidak mengetahui apa arti ar rahman!

dari sirah nabawiyah..

:“Tulislah :Bismillahirrahmanirahiim“. Suhail menukas :“Demi Allah, kami tidak tahu apa itu“Ar-Rahman“, tulislah Bismillahumma“. Kemudian kaum Muslimin berkata :“Demi Allah, kami tidak mau menulis kecuali „Bismillahirrahmanirrahiim“. Lalu Nabi saw bersabda :“Tulislah Bismikallahumma, ini adalah perjanjian yang dibuat oleh Muhammad Rasul Allah“. Suhail menolak dan berkata :“Demi Allah, seandainya kami mengakui bahwa engkau adalah Rasul Allah, niscaya kami tidak menahanmu untuk datang ke Baitullah dan memerangi kami. Tetapi tulislah „Muhammad bin Abdullah“. Kemudian Rasulullah saw bersabda :“Demi Allah, aku adalah Rasul Allah seandainya kalian mendustakan aku! … Tulislah Muhammad bin Abdullah.“

http://hanifnofear.wordpress.com/bag-iii/
di sebutlan walau bukan beragama islam.. ternyata warga mekkah quraisy menyebut Allah sebagai tuhannya. ini ama seperti pernyataan quran yang mengatakan orang arab jahiliyah menyebut Allah.

tentu kita tahu berdasar sejarah dan quran.. siapakah yang di sebut Allah ini menurut arab jahiliyah. tapi kita tidak bahas ini.

yang kita bahas adalah.. ternyata warga mekkah qurashy tidak mengetahui.. apa arti ar rahman ini!! alias ini bukan bahasa/istilah arab yg di mengerti kaum mekkah! kalau warga mekkah dan quraisy saja tidak mengetahui arti ar rahman.. bagaimana mungkin mohamad tahu arti ini? kalau bukan dari istilah yg dia dengar dari kaum lain. yaitu kaum kristen.


tetapi.. yang paling penting adalah membawa kemari foto atau tulisan inkripsi yang di temukan ama Father Pecerillo, a famous Franciscan Archeologist ini.. agar kita bisa melihat bersama.. apa arti sebenarnya dari bism El-lah ini. benarkah ini menyebut trinitas? atau menyebut Allah yg maha pengasih dan maha penyayang. karena sudah jelas istilah Alalh yang maha pengasih dan penyayang ini tidak di kenal di jaman sebelum mohamad atau islam mula mula. tetapi di kenal (kalau penemuan ini benar) di kalangan kristen!

ada yang bisa bantu? ane google cari inkripsi yang di temukan Father Pecerillo, ga pernah ketemu.
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down


Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by ramayana on Fri Jul 26, 2013 4:12 pm

@ all muslim.
sirah itu di tulis bersumber kepada quran, hadis dan sirah terdahulu.

dan kutipan sirah yg ane ambil ini bersumber dari hadis!!

salah ape ane bilang kalau itu dari hadis? capek deh!!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by abu hanan on Fri Jul 26, 2013 11:30 pm

gak salah ram,cuman gaya anda itu yang bikin mules "hadits uda ane bawa"..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by ramayana on Sat Jul 27, 2013 3:50 pm

@abu hanan wrote:gak salah ram,cuman gaya anda itu yang bikin mules "hadits uda ane bawa"..
emang itu bukan hadis ya?? begini ini kalau stress bismilah ternyata trinitas.. terus nylimur kemana mana hahahahahahahaha..

hobi kok ngeles.. kayak kalimat pasif aktif aja.
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by abu hanan on Sat Jul 27, 2013 5:32 pm

kalau stress bismilah ternyata trinitas
jangan konyol dunk ram..ar rahman itu kosa kata basa arab dari jaman nabi,kalow ada "ar rahman = putra" ini baru konyol,aseli..sayah uda kehabisan kata2..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by ramayana on Sun Jul 28, 2013 8:56 am

@abu hanan wrote:
kalau stress bismilah ternyata trinitas
jangan konyol dunk ram..ar rahman itu kosa kata basa arab dari jaman nabi,kalow ada "ar rahman = putra" ini baru konyol,aseli..sayah uda kehabisan kata2..

kosa kata arab kok orang arab ga tau artinya.

kosa kata arab kok arti 200 tahun sebelum nabi artinya adalah bagian trinitas!

inilah yg ente mesti cari.. apa pengaruh bua ente kalau ente menemukan kebenaran bahwa arti bism el-lah ini ternyata adalah trinitas?

apakah tidak terbersit pertanyaan di kepala ente, kenapa ada kata bism-ellah ar rahman dan ar rahim 200 tahun sebelum mohamad?

arkeolog sudah jelas mengatakan itu adalah trinitas!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by abu hanan on Sun Jul 28, 2013 4:06 pm

jangan makin melantur..
kosa kata arab kok arti 200 tahun
sebelum nabi artinya adalah bagian
trinitas!
pembuktian dunk yang ilmiah..kalow modal pidato ajah sih sayah maklum dengan tradisi per-ngawuran sebelah..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by gusti_bara on Sun Jul 28, 2013 8:01 pm


Ayat Basmalah termasuk Surat Al-Fatihah. Hadits, dari ad-Da’ru Quthni dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Jika kalian membaca Surat AI-Fatihah, hendaklah kalian membaca bismillahirahmaanirrahiim, karena ia termasuk ke dalam surat Al-Fatihah. Sedangkan Surat Al-Fatihah terdiri dari 7 ayat, dan bismillahirrahmaanirrahiim termasuk ke dalam saIah satu ayatnya”.
Makna Bismillah .
• Preposisi “Bi” = aku memulai.
• AL-Ism = Nama, menunjuk pada sesuatu yang dinamai .
• Allah = nama Tuhan, berasal dari kata al-Ilah
Bismillah memiliki dua makna :
1. Sebagai kalimat IZIN.
Bismillah bukan sebagai penukar kenikmatan, contohmya makan nasi dengan membaca bismillah akan sama nikmatnya dengan makan nasi tanpa baca bismillah, tapi bismillah merupakan kalimat izin bagi hamba Allah yang merasa hidupnya hanya sekedar “menumpang”, karena sesungguhnya semua yang ada di atas dunia ini milik Allah dan manusia diberi kenikmatan untuk memakai fasilitas Allah tsb.
2. Sebagai kalimat PENGAKUAN OTORITAS.
Yaitu rengakuan otoritas bagi hamba Allah yang menyadari bahwa sesungguhmya yang memiliki wewenang otoritas hanyalah Allah. Manusia hanya sebagai wakil Allah di muka bumi ini, bukan sebagai penguasa. Bila seseorang mengucapkan bismillahirrahmaanirrahim, ia telah menandai kehambaannya dengan nama Allah, ia mengokohkan jiwanya–yang dinisbahkan kepada hakikat kehambaan–dengan salah satu dari tanda-tanda Allah (Thabathabai: 21).
Makna Ar-Rahman
Ar-Rahman (Maha Pengasih), merupakan rahmat Allah dalam Bentuk sarana hidup Dilihat dari segi etimologisnya, Ar-Rahman berwazan ” “fa’laan” yang menunjukkan banyak. Oleh karena itu rahmat Allah yang berupa sarana hidup ini diberikan untuk semua makhluk di alam semesta (rahmatan lil alamiin), baik manusia maupun binatang, baik muslim maupun kafir. Makna ini digunakan dalam Al-Qur’an [20: 5, 19:75]
Makna Ar-Rahiim
Ar-Rahiim: Maha Penyayang, merupakan rahmat Allah dalam Bentuk petunjuk hidup. Dilihat dari segi bahasanya, Ar-Rahiim berwazan (berpola) “fa’iil” yang menunjuk ketetapan dan kekekalan. Ar-Rahiim berupa rahmat Allah dalam bentuk petunjuk hidup, diberikan hanya untuk orang-orang yang beriman, menunjukkan kenikmatan yang terus menerus dan kekal. Dalam Qur’an makna Ar-Rahiim sererti terdapat pada Q.S. 33:43 dan QS 9:117. Ar-Rahman dan Ar-Rahiim Allah berikan bersama-sama kepada hamba-hambaNya sesuai pengucapannya yang utuh dan lengkap (selalu bismillahirrahmaanirrahim). Allah telah memberikan kepada manusia selain sarana hidup juga petunjuk hidup (hidayah). Tinggal manusia yang berusaha menggapai petunjuk hidup (hidayah) tersebut. Fenomena sekarang, manusia umumnya menikmati sarana hidup tapi lupa/mencampakkan petunjuk hidup yang berharga. Manusia lupa, siapa yang memberikan sarana hidup tersebut, manusia menganggapnya semata-mata atas usaha mereka, padahal semua sarana hidup tersebut Allah berikan gratis dan bersifat menyeluruh. Rasulullah menerangkan keutamaan seseorang yang mengucapkan basmalah dalam HR Abu Daud dan dihasankan oleh Ibnu Shalah: “Setiap urusan yang baik yang tidak diawali dengan Bismillaahirrahmaanirrahim maka tidak akan mendapat barokah”.
Referensi
• Paket BP Nurul Fikri, Setetes Basmallah dan Hamdallah
• Hasan Al-Banna, Kunci Memahami Al-Qur’an

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by frontline defender on Sun Jul 28, 2013 8:39 pm

@ramayana wrote:kosa kata arab kok orang arab ga tau artinya
nggak tahu/mengenal itu sebagai nama/sebutan Tuhan, bukan berarti nggak tahu artinya!ehmm
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by dhans on Mon Jul 29, 2013 1:29 pm

Kasian amat TS nya, maksa bener..."bismilahhirahmannirrahiim" berarti mengandung pujian terhadap "trio god"..padahal Muhammad saw selalu mengajarkan jauhiiiiiii "anggapan Tuhan beranak" jauhiiiiii "isa as itu TUhan"...jauhiiiiii "tuhan selain Allah swt"..

eh ini masih aja ngarep muhammad saw mengajarkan trinitas...atau menganggap Muhammad saw tidak mengerti arti Ar-rahman-nirrahiimm,,....skalian aja pake Quran ke gereja karena mengandung "bismillahirrahmannirrahiim"...hah

referesh...:
yang tidak mengerti dimaksud TS cuma Suhail..!!....dan belum tentu "bukan karena tidak mengerti" melainkan "tidak mengakui"...!!! pahami Ini mas...



Buhkari 2529
Telah bercerita kepadaku 'Abdullah bin Muhammad telah bercerita kepada kami 'Abdur Rozzaq telah mengabarkan kepada kami Ma'mar berkata telah bercerita kepadaku Az Zuhriy berkata telah bercerita kapadaku 'Urwah bin Az Zubair dari Al Miswar bin Makhramah dan Marwan dimana setiap perawi saling membenarkan perkataan perawi lainnya, keduanya berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam keluar pada waktu perjanjian Hudaibiyah hingga ketika mereka berada di tengah perjalanan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:


.........Skip....."Demi Allah, seandainya kami mengetahui bahwa kamu utusan Allah, tentu kami tidak akan mengahalangi kamu dari Baitulloh dan tidaklah kami memerangimu. Akan tetapi tulislah: \"Muhammad bin 'Abdullah\". Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata; \"Demi Allah, sungguh aku ini adalah memang benar Utusan Allah sekalipun kalian mendustakan aku. Tulislah: Muhammad bin 'Abdullah\". Az Zuhriy berkata: \"Hal ini berkenaan dengan sabda Beliau: \"Tidaklah mereka meminta kepadaku satu permintaan dimana didalamnya mereka mengagungkan kehormatan-kehormatan Allah melainkan pasti aku akan berikan kepada mereka\". Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata kepadanya: \"Dengan syarat kalian memberi kebebasan kami mendatangi Baitulloh untuk melaksanakan thawaf disana\". .....



Lihat bagaimana Suhail Tidak mau mengakui Kenabian Muhammad saw, padahal ia mengakui kalau ia berperang dengan seorang yang dianggap nabi oleh umatnya saat itu..!

Dalam kelengkapan tarikh Muhammad dijelaskan : Suhail Tidak senang dengan Kalimat “Muhammad Rasulullah”, oleh karenanya suhail memaksa untuk menuliskan Muhammad saw dengan “Muhammad bin Abdullah”...dan ketidak mengakui ini dimaklumi oleh Rasul saw...[Tarikh kelengkapan Muhammad saw : KH. Moenawar Khalil Jld 2. Hal. 371; Bukhari 2529]

Jadi bukan karena ketidak mengertian, apalagi seluruh masyarakat mekah saat itu..melainkan karena keengganan suhail mengakui Allah swt yg dimaksud Muhammad saw sekaligus kenabiannya...
ingat,,,pada saat kejadian ini, Suhail bukannlah seorang Muslim..!dan termasuk dalam golongan kelompok ygn memerangi Muhammad...

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by babi_haram on Mon Jul 29, 2013 4:32 pm

@ramayana wrote:
@babi_haram wrote:ouh 200 tahun yang lalu ya?

nah kalau nabi sulaiman berapa ratus taun seblum islam turun?
di quran aja dijelaskan kalau, surat nabi sulaiman pada ratu bilqis dimulai dengan bismillah.
إِنَّهُ ۥ مِن سُلَيۡمَـٰنَ وَإِنَّهُ ۥ بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ (٣٠) an-naml ayat 30. jadi mana yang duluan?
yang pakai nama binatang kok kualitasnya ampun ya...

dia malu ga sih nulis ini??

@ babi.. itu kan kata quran yg di tulis 200 tahun setalah adanya kata bism el-lah hehehe..

bawa kemari bukti kalau sulaiman kasih surat pakai bismilah.. kalau ada.. ane akui deh.. sulaiman itu muslim yang sangat alim!!


bwa ni mari tuh surat? panas 

bi itu bukankah artinya Dengan ya bukan Dalam? piss 

babi_haram
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 35
Kepercayaan : Islam
Location : purwakarta
Join date : 19.01.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by Ibnu Sabil on Mon Jul 29, 2013 8:52 pm

Bismillahirrahmanirrahim.
Semoga penjelasan dari ane tidak menyalahi dari arti sebenarnya.
Arti kata bismillah tidak bisa di pisah karena berhubungan dengan nama Allah. Bismillah yang berarti itu menunjukkan asma yang agung yang berarti "Dengan menyebut asma Allah" dengan di ikuti kata selanjutnya Rahman dan Rahim yang berarti merujuk kepada sifat-sifat Allah Yang Maha Pengasih dan Yang Maha Penyayang. Dengan arti lengkapnya "Bismillahirrahmanirrahim" Adalah "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang." Berarti ketika kita analisa dalam kalimat tersebut tidak ada kata negatif sedikitpun dan semua yang terdapat dalam kalimat ini mengandung kalimat yang positif. Kalimat inilah yang sebenarnya memancarkan kasih sayang kepenjuru alam dan semua makhluk tanpa terkecuali terkena dampak radiasi kalimat positif ini. Yang akan selalu memancar tiada henti keseluruh pejuru alam, tanpa putus sedikitpun.

Bagaimana tidak dengan sifat-sifat Allah Yang Maha Pengasih dan Yang Maha Penyayang. Sehingga seandainya ada induk kucing mempunyai anak dan induknya itu mau mengasuh anaknya serta memberikan perlindungan dari bahaya yang akan menerkam itu sebab karena sifat Kasih sayangnya, begitupula ketika kita bisa berdiri tegak menghirup udara bebas tanpa pungutan biaya sepeserpun dan mustahil tanpa sifat Maha PenyayangNya kita tidak akan mungkin seberuntung orang yang orang matanyanya buta tidak diberi kesempatan untuk membaca artikel ini. Tanpa sebab pancaran sifat kasih sayangnya yang pasti kita tidak akan hidup di dunia ini. Dan masih banyak sekali yang belum terpikirkan dan terlintas dibenak kita, bahkan keyakinanpun itu juga termasuk suatu karunia dampak dari sifat Alloh Yang Maha Pengasih dan Yang Maha Penyayang. Sungguh sangat banyak dan berlimpah sekali kasih sayangnya yang diberikan kepada kita. Akan tetapi dengan kasih sayang yang diberikan secara cuma-cuma kepada kita, pernahkan kita bersyukur kepadanya ? tak terkecuali ujianpun adalah adalah suatu bentuk kasih sayang Tuhan yang diberikan kepada kita. Tuhan memberikan batasan kepada kita agar tidak terlampau jauh terjebak dalam paham arus materialisme (cinta dunia). Bagi orang yang sabar dan memiliki hikmah yang tinggi dia tidak serta merta mencaci maki apa yang menimpa pada dirinya, dia terus selalu positif thingking dan belajar menerima keadaaan yang terjadi pada dirinya, dia tidak pernah mencaci maki Tuhan dengan segala keadaan dan keterbatasan yang dihadapinya. Berpikir positif dan positif lagi agar rahmat kasih sayang Allah SWT dapat kita rasakan.
Semoga Allah mengampuni kita sekalian yang tidak punya kemampuan menafsirkan arti sesungguhnya makna yang berhubungan dengan zat Allah.
Wallahualam
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by ramayana on Mon Jul 29, 2013 10:29 pm

@ all..

pada ngerti ga sih arti penemuan arkeologi?

kok pada kesana kemari ga jelas? bawa arti bismilah versi "plintiran" lagi.


@ abu hanan.

tullisan itu di temukan dari bukti arkeologi. dan di sebut bahwa itu adalah trinitas! bukti apalagi??

ane juga nyari seperti apa tulisannya.
dan herannya kenapa alim ulama muslim di dunia ga ada yg protes ya? pada tau kalai kalau emang trinitas hehehe

avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by abu hanan on Mon Jul 29, 2013 10:46 pm

@ramayana
ilmuwan yang nemuin apa uda ketemu kata pembanding?bahwa ar rahman itu anak tuhan dalam basa arab 400 SM?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by ramayana on Mon Jul 29, 2013 10:58 pm

@abu hanan wrote:@ramayana
ilmuwan yang nemuin apa uda ketemu kata pembanding?bahwa ar rahman itu anak tuhan dalam basa arab 400 SM?

tanya ama mereka bu!! hahahahahaha..

kok ente ngeyel lagi kalau itu bahasa arab?? lha orang arab aja ga tau apa artinya kok hahahahahahahahahaha..

tinggal ente tunjukkan kalau sebelum jaman mohamad, arti rahman adalah pengasih. rahim adalah penyayang. dalam bahasa arab! beres tho!! kan ente ahli bahasa arab kan bu..
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by dhans on Tue Jul 30, 2013 9:13 am

@ramayana wrote:@ all..

pada ngerti ga sih arti penemuan arkeologi?

kok pada kesana kemari ga jelas? bawa arti bismilah versi "plintiran" lagi.



bukannya ga ngerti mas... saya justru menanyakan kelanjutannyaa semisal kalau2 ceritanya penemuan itu ada...!
nah dari berandai2 itu, saya sudah maju untuk menantang sampeyan..!

kalau emang bismilllahhirohmannirrahim pernah berarti "trio god"..
lantas apa itu berarti muhammad saw menganggungkan tu tuhan berjamaah...??apa sudah pasti muhammad menggunakannya untuk pujian kepada mereka..??

ato apa tidak mungkin ada persamaan kata namun perbedaan makna didunia(antar negara) ini...??

apa sudah pasti semua orang mekah saat itu tidak "mengerti" kata Ar-rahman-Rahim...??atau cuma suhail saja...??

lalu bagaimana dengan penjelasan para sejarahwan yang mengatakan kalau ketidak "mengertian/mengenal" Bismillahhirrahmanirrahim adalah karena "tidak mau Mengakui" sifat Allah swt yang menurut suhail Allah itu tidak menggunakan embel2 "bismillahhirrahmanniraahiim" karena umat jahiliyah mekah saat itu juga menuhankan Allah namun oknum yg beda dengan Muhammad saw.. "Ketidak mau mengakui" ini juga didukung dengan sikap Suhail yang tidak mau mengakui Muhammad saw sebagai nabi dengan mengatakan "Demi Allah jika kami mengetahui jika engkau adalah Rasul Allah maka kami tidak akan menghalangimu ke baitullah..."...,lihat kan persamaannya....

"tidak mengetahui/mengenal" dalam hadis tersebut bermakna "tidak mengakui" bukan berarti "tidak tau arti" dari kata tersebut...!

paham...

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by ramayana on Tue Jul 30, 2013 5:01 pm

nih ente bukrikan.. kalau TUHAN kristen ada 3!

http://www.laskarislam.com/t4880p375-buktikan-tuhan-kristen-ada-3-kalau-ga-bisa-berarti-ada-kitab-fitnah#87628

silahkan pakai argumen dan dasar yg bener! jangan asal pakai pikiran dan njeplak sendiri..

ane ga bicara mohamad mempromosikan agama siapa! ini di luar konteks!
ane mikir, malah mungkin mohamad ga tau arti sebenarnya.

tetapi kenyataannya adalah... bism-el lah ini sudah ada 200 tahun sebelum mohamad, dan itu tentang trinitas!! bukan 3 Tuhan! ini ayat baptis.

ente tinggal kasih bukti kalau emang jaman sebelum mohamad itu rahman dan rahim emang udah di kenal dalam bahasa arab yg berarti pengasih dan penyayang!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by Elu Ha Ehad on Tue Jul 30, 2013 5:30 pm

cuap-cuap gak ada juntrungannya si Rama. cari inskripsi-inskripsi pra Islam dari Lingkungan kristen arab, semuanya merujuk kepada Monotheis
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by ramayana on Tue Jul 30, 2013 5:33 pm

@Elu Ha Ehad wrote:cuap-cuap gak ada juntrungannya si Rama. cari inskripsi-inskripsi pra Islam dari Lingkungan kristen arab, semuanya merujuk kepada Monotheis

http://www.laskarislam.com/t5466-kata-kafirun-islam-penerus-paganisme-arab-jahiliyah

http://www.laskarislam.com/t4880-buktikan-tuhan-kristen-ada-3-kalau-ga-bisa-berarti-ada-kitab-fitnah

tinggal di buktikan aja bro! hehehehe
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by Elu Ha Ehad on Tue Jul 30, 2013 6:42 pm

Gak usah OOT, bawa kesini buktinya. ada segudang Inskripsi yang menyebutkan monotheis sebagai bukti.

Salah satunya:
Pada abad II Kekristenan telah menyebar luas di antara suku-suku Arab di Nabatea. Bapa Gereja Yustinus Martyr menulis pada tahun 150 kesaksian sebagai berikut : “Tidak ada satupun ras manusia, apakah ia orang Yunani atau dengan apapun engkau menyebutnya, para pengembara dan penjaga ternak yag hidup di kemah-kemah mereka (orang-orang Arab), ketika mereka berdoa dengan Nama Yesus yang telah disalibkan, yang tidak dijawab doanya oleh Bapa dan Pencipta alam semesta”) Bahkan Kekristenan Arab telah memberikan corak tersendiri dalam gereja. Harnack, menyebut sebuah dokumen gerejawi Didascalia Apostolorum (Konstitusi Rasuli) yang ditulis di wilayah Syria tahun 215, sebagai “gambaran kehidupan di propinsi Arabia”) Selanjutnya, Eusebius al-Qaisari dalam Tarikh al-Kanisah, juga menceritakan kunjungan Origenes ke sejumlah gereja-gereja Arab.

kesaksian St.Hieronimus dalam bukunya berjudul Vita Sancti Hilarionis. Dalam buku yang memuat kehidupan St.Hilarion kira-kira tahun 391. Dikisahkan, ketika orang suci Kristus tersebut mengunjungi Elusa, daerah selatan Beersheba, orang-orang Arab itu sedang mengadakan perayaan di kuil dewi Asytar. St.Hilarion sering membebaskan orang-orang Arab dari roh-roh jahat. Karena itu ketika St.Hilarion melewati kota, banyak orang-orang Arab masing-masing bersama istri maka anak-anak mereka berseru dalam bahasa Arab : Barikna (Berkatilah kami!). Dengan kerendahan hati, orang suci itu menerima permohonan mereka dan menasehati mereka agar mereka berpaling dari berhala-berhala mereka dan beribadah kepada Allah. St.Hilarion mengabarkan Injil dalam bahasa Aram dan bahasa Arab.
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by ramayana on Tue Jul 30, 2013 9:29 pm

@Elu Ha Ehad wrote:Gak usah OOT, bawa kesini buktinya. ada segudang Inskripsi yang menyebutkan monotheis sebagai bukti.

Salah satunya:
Pada abad II Kekristenan telah menyebar luas di antara suku-suku Arab di Nabatea. Bapa Gereja Yustinus Martyr menulis pada tahun 150 kesaksian sebagai berikut : “Tidak ada satupun ras manusia, apakah ia orang Yunani atau dengan apapun engkau menyebutnya, para pengembara dan penjaga ternak yag hidup di kemah-kemah mereka (orang-orang Arab), ketika mereka berdoa dengan Nama Yesus yang telah disalibkan, yang tidak dijawab doanya oleh Bapa dan Pencipta alam semesta”) Bahkan Kekristenan Arab telah memberikan corak tersendiri dalam gereja. Harnack, menyebut sebuah dokumen gerejawi Didascalia Apostolorum (Konstitusi Rasuli) yang ditulis di wilayah Syria tahun 215, sebagai “gambaran kehidupan di propinsi Arabia”) Selanjutnya, Eusebius al-Qaisari dalam Tarikh al-Kanisah, juga menceritakan kunjungan Origenes ke sejumlah gereja-gereja Arab.

kesaksian St.Hieronimus dalam bukunya berjudul Vita Sancti Hilarionis. Dalam buku yang memuat kehidupan St.Hilarion kira-kira tahun 391. Dikisahkan, ketika orang suci Kristus tersebut mengunjungi Elusa, daerah selatan Beersheba, orang-orang Arab itu sedang mengadakan perayaan di kuil dewi Asytar. St.Hilarion sering membebaskan orang-orang Arab dari roh-roh jahat. Karena itu ketika St.Hilarion melewati kota, banyak orang-orang Arab masing-masing bersama istri maka anak-anak mereka berseru dalam bahasa Arab : Barikna (Berkatilah kami!). Dengan kerendahan hati, orang suci itu menerima permohonan mereka dan menasehati mereka agar mereka berpaling dari berhala-berhala mereka dan beribadah kepada Allah. St.Hilarion mengabarkan Injil dalam bahasa Aram dan bahasa Arab.
ane ga tau apa maksud tulisan diatas.. bisa ente jelaskan apa yg ente maksud dari posting diatas?

monoteisme apa? Allah???
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by Elu Ha Ehad on Wed Jul 31, 2013 2:38 am

...Arab telah memberikan corak tersendiri dalam gereja.
Monotheis: Tuhan itu esa
avatar
Elu Ha Ehad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 341
Kepercayaan : Islam
Join date : 06.12.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by frontline defender on Wed Jul 31, 2013 5:37 am

@ramayana wrote:@ all..

pada ngerti ga sih arti penemuan arkeologi?

kok pada kesana kemari ga jelas? bawa arti bismilah versi "plintiran" lagi.


@ abu hanan.

tullisan itu di temukan dari bukti arkeologi. dan di sebut bahwa itu adalah trinitas! bukti apalagi??

ane juga nyari seperti apa tulisannya.
dan herannya kenapa alim ulama muslim di dunia ga ada yg protes ya? pada tau kalai kalau emang trinitas hehehe
berarti kamu masih perlu belajar untuk membedakan : mana yang merupakan penemuan arkeologi, dan mana yang merupakan kesimpulan dari penemunya!

ehmm 
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by dhans on Wed Jul 31, 2013 12:18 pm

@ramayana wrote:nih ente bukrikan.. kalau TUHAN kristen ada 3!

http://www.laskarislam.com/t4880p375-buktikan-tuhan-kristen-ada-3-kalau-ga-bisa-berarti-ada-kitab-fitnah#87628

silahkan pakai argumen dan dasar yg bener! jangan asal pakai pikiran dan njeplak sendiri..

ane ga bicara mohamad mempromosikan agama siapa! ini di luar konteks!
ane mikir, malah mungkin mohamad ga tau arti sebenarnya.

tetapi kenyataannya adalah... bism-el lah ini sudah ada 200 tahun sebelum mohamad, dan itu tentang trinitas!! bukan 3 Tuhan! ini ayat baptis.

ente tinggal kasih bukti kalau emang jaman sebelum mohamad itu rahman dan rahim emang udah di kenal dalam bahasa arab yg berarti pengasih dan penyayang!


yang pake argumen asal jeblak itu sampeyan...! udh jelas yang dikatakan tidak mengenal/mengerti/mengakui itu hanya suhail..!!..masih ajaa bebel...gara2 suhail, maka seluruh masyarakat mekah di katakan tidak kenal arti kata2 tersebut...lalu sekarang Muhammad saw juga dituduh ga kenal juga dengan arti arahman ar rahim....ini sableng namanya...Fitnah tidak berdasar...!


lebih jauh lagi, kalau emang mau mengikuti sudt pandangmu yang mengatakan kalau muhammad saw tidak mengerti, lalu apa..???jadi nabi saw menggunakan kalimat yg tidak ia mengerti untuk menyiarkan Islam waktu itu...???lalu mana bukti2 dalam hadis kalau ada orang2/masyarakat/sahabat yang menanyakan arti bismillahirrahmanirrahim..???mana..?? ada ga dari ratusan manusia yg menerima islam didapati menanyakan arti Bismillahhirrahmanirrahim...???yg ga ngerti justru non muslim 1 orang doang...!

nalar sampeyan masih layak pakai kan... coba fikir pelan2 apa yg saya sampaikan.

lah wong membedakan "tidak mengenal = tidak mengakui" saja tidak mampu mencerna..

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by ramayana on Wed Jul 31, 2013 8:54 pm

ente tau bahasa indonesia kan...

kalau ada yg bilang.... anjing!! ente ngerti ga arti kata anjing?

demikian juga orang arab! ga tau arti rahman ya berarti ga ada kata rahman jaman itu!!

ini bukan mengakui atau ga kata rahman!!

kalau emang ada arti kata rahman.. ya tinggal di tunjukkan aja tho arti kata rahman di bahasa arab di jaman sebelum kata itu dikatakan nabi mohamad.

ane heran.. ente ini mengerti ga sih posting no 1 diatas?? artinya apa??

diawal jelas kalau nabi ini mengakui Injil dan taurat! bahkan dikatakan Tuhanmu dan Tuhanku satu!!

Al ankabut 46

Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang zalim di antara mereka  1155 , dan katakanlah: "Kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu; dan kami hanya kepada-Nya berserah diri".

quran berkata.. kitab yg di turunkan kepada ahli kitab! kitab apa ini?? dan juga quran berkata.. Tuhan mohamad dan tuhan ahli kitab adalah satu!!

jadi pertanyaan kan.. kalau mohamad aja udah mngakui kitab dari ahli kitab.. maka itu termasuk frase... Bism el-lah versi trinitas! apa ga mungkin, ajaran trinitas ini juga diaku mohamad?

@ dhans..
ane ini udah susah payah nahan males ngadepin ente.. tolong ente kalau komen pakai dasar, argumen dan fakta!! jangan ngandelin sekedar asumsi pemikiran ente yg kita tahu pemikiran ente seberapa kualitasnya!!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by Ibnu Sabil on Wed Jul 31, 2013 10:31 pm

[quote="

Al ankabut 46

Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang zalim di antara mereka  1155 , dan katakanlah: "Kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu; dan kami hanya kepada-Nya berserah diri".

Maaf nih saya boleh meluruskan ahli kitab disini yang mana??? Jika injil yang dibawa isa as bolehlah al qur'an mengakui. Tapi jika hasil pemikiran paulus rasulmu dan hasil surat menyurat jemaatnya untuk Matius yang jangan disamakan. Dan saya menyangsikan keabsahan dari injil versi anda lho.

quran berkata.. kitab yg di turunkan kepada ahli kitab! kitab apa ini?? dan juga quran berkata.. Tuhan mohamad dan tuhan ahli kitab adalah satu!!

jadi pertanyaan kan.. kalau mohamad aja udah mngakui kitab dari ahli kitab.. maka itu termasuk frase... Bism el-lah versi trinitas! apa ga mungkin, ajaran trinitas ini juga diaku mohamad?

@ dhans..
ane ini udah susah payah nahan males ngadepin ente.. tolong ente kalau komen pakai dasar, argumen dan fakta!! jangan ngandelin sekedar asumsi pemikiran ente yg kita tahu pemikiran ente seberapa kualitasnya!![/quote]

Nah makanya jika dalil dari qur'an saja anda anggap gak beres....sekiranya asumsi seseorang bisa acuan, tadi diatas juga sudah diulas jika injil saat ini (maaf) hasil dari pemikiran dan kreattifitas paulus yang notabene bukan murid yesusmu.

Ayo jika mau valid anda juga pake beberapa referensi injilmu yang versinya seabrek.piss piss 
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa arti "Bism El-Lah al Rahman al Rahim"??

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 10 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik