FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Kristen yang Menuduh Ahli Kitab Menyembah Maria

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kristen yang Menuduh Ahli Kitab Menyembah Maria

Post by frontline defender on Thu Jul 11, 2013 11:33 am

http://senjatarohani.wordpress.com/2010/02/28/ex-katolik-menyembah-bunda-maria-tidak-bagus/

Ex-Katolik: Menyembah Bunda Maria Tidak Bagus!

Kamp (bukan nama sebenarnya) warganegara German berbincang-bincang dengan saya. Bapa ini seorang Kristen dari latar belakang  kepercayaan Roma Katolik, ia pindah ke denomasi Karismatik karena isterinya.



”Apakah gereja-gereja Protestant masih mengikuti ajaran Martin Luther?” saya bertanya untuk memulai pembicaraan yang lebih serius. Kamp: ”Sebagian masih, tetapi sebagian mencampuri ajarannya dengan paganism.” Lalu saya bertanya kepada bapa Kamp: ”Apakah dari mereka ada yang kembali kepada ajaran gereja Roma Katolik?” Dengan tenang ia menjawab dan berkata: ”Itu tetap aman jika mereka kembali kepada ajaran Roma Katolik, yang saya takutkan mereka menjadi gereja pagan.” Sampai di sini saya belum tahu bahwa ia seorang ex-Katolik, namun nampak dari jawaban bapa ini bahwa ia tidak mengerti sejarah Gereja; mengapa Martin Luther keluar dari Gereja Roma yang membangkitkan gelombang besar reformasi Gereja di Europa Barat dan membuahkan aliran yang dipanggil ”Protestant.” Maka saya mulai menerangkan kepadanya beberapa doktrin dasar Gereja Roma.

”Jika kita baca di Alkitab, saya memulai menerangkan, ”di situ tertulis bahwa [bunda] Maria ibu Yahshua pergi ke Bait Elohim membawa sepasang burung (Luk 2:24), apa artinya ini? Ini menerangkan bahwa bunda Maria tidak suci (najis/ tidak kudus/ tidak tahir) dan meminta imam untuk mengadakan upacara penyucian bagi dirinya sesuai Hukum Taurat (Imam. 12:1-8; terlampir di bawah). Namun Gereja Roma Katolik mengajar bahwa bunda Maria adalah perempuan suci, dan patut disembah.”

Bapa ini segera berkomentar: ”Ya memang menyembah [bunda] Maria tidak baik!” ”Saya akan tunjukan kepadamu bahwa itu bukan saja sekedar ’tidak baik’ tetapi berbahaya sebab itu adalah perzinahan rohani, ” gerutu saya dalam hati atas kalimatnya tersebut. Lalu saya ambil Alkitab saya dan meletakannya dengan hati-hati di meja di hadapannya. Membukanya pada kitab Wahyu, dan mulai menerangkan padanya isi pasal 17 dan 18 dengan. ”Mari kita liihat ayat 4 pada pasal 18 ini, saya tunjuk ayat ini dengan jari saya dan membaca untuk bapa ini: “Lalu aku mendengar suara lain dari sorga berkata: “Pergilah kamu, hai umat-Ku, pergilah dari padanya (Come out of her, my people) supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya.  (Wah 18:4)

”Siapakah peremuan ini?”, tanya saya kepadanya, dan langsung meneruskan berbicara, ”kita bisa ketahui siapa perempuan ini pada pasal 17. Ayat 5 tertulis: ”Dan pada dahinya tertulis suatu nama, suatu rahasia: “Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi.” (Wah 17:5). Sejarah Gereja membuktikan bahwa perempuan ini adalah Gereja Roma Katolik!”

Tiba-tiba bapa ini berseru: ”Wah untung saya sudah keluar dari Gereja Roma Katolik!” Pada moment ini saya baru tahu bahwa ia adalah ex-Katolik!!

Anda (pembaca artikel ini) bisa menemukan bukti lainnya bahwa bunda Maria adalah wanita berdosa sama seperti bagaimana umumnya semua wanita – kelebihannya pada Maria ibu Yahshua bahwa ia adalah seorang hamba Elohim yang rendah hati dan sangat taat kepada Elohimnya, ini yang patut diteladani – arwah dan manusia tidak boleh disembah:

   Bunda Maria sendiri mengakui bahwa ia memerlukan Juruselamat (Luk 1:46-48), sama seperti semua manusia (Roma 3:23; 5:12; Kolose 1:13-17)
   Bunda Maria tidak perawan selamanya, memiliki anak-anak dari pernikannya dengan Yusuf suaminya (Mat 13:55-56)

Imamat 12:1-8: YAHWEH berfirman kepada Musa, demikian: “Katakanlah kepada orang Israel: Apabila seorang perempuan bersalin dan melahirkan anak laki-laki, maka najislah ia selama tujuh hari. Bila sudah genap hari-hari pentahirannya, maka untuk anak laki-laki atau anak perempuan haruslah dibawanya seekor domba berumur setahun sebagai korban bakaran dan seekor anak burung merpati atau burung tekukur sebagai korban penghapus dosa ke pintu Kemah Pertemuan, dengan menyerahkannya kepada imam. Imam itu harus mempersembahkannya ke hadapan YAHWEH dan mengadakan pendamaian bagi perempuan itu. Demikianlah perempuan itu ditahirkan dari leleran darahnya. Itulah hukum tentang perempuan yang melahirkan anak laki-laki atau anak perempuan. Tetapi jikalau ia tidak mampu untuk menyediakan seekor kambing atau domba, maka haruslah ia mengambil dua ekor burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati, yang seekor sebagai korban bakaran dan yang seekor lagi sebagai korban penghapus dosa, dan imam itu harus mengadakan pendamaian bagi perempuan itu, maka tahirlah ia.”

penyusup
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6444
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 133

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kristen yang Menuduh Ahli Kitab Menyembah Maria

Post by isaku on Thu Jul 11, 2013 11:58 am

nice info 
sementara itu kristen sibuk mempertanyakan maksud penyembahan maryam dalam AQ... terlalu ehmm 

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kristen yang Menuduh Ahli Kitab Menyembah Maria

Post by frontline defender on Sat Jul 13, 2013 8:05 pm

http://ladangtuhan.com/komunitas/discussion/4623/doa-novena-3x-salam-maria/p2
freedom wrote:@ bruce

bro, menghormati maria sih boleh2 aja, protestan pun menghormatinya juga kok.. tapi bukan dgn cara berdoa meminta sesuatu sama maria, itu sama aja kita menyembah dia dan menuhankan dia bro..

btw, saya sih ga maksud maksain keyakinan saya pd anda ya, lagipula saya ga terlalu jago dlm membahas ayat2.. hehe tapi ini semua berdasarkan apa yg tertulis dlm alkitab. dan bila anda bisa memahami ayat dlm alkitab kalo Allah itu adalah Allah yg pencemburu dan Dia ga mau ada ilah2 lain dihadapanNya, anda pasti akan mengerti mengapa kita sbg org2 yg udah ditebus oleh Allah sendiri ga boleh menyembah/berdoa dlm nama siapapun selain dari Allah kita sendiri Tuhan Yesus Kristus..

salam dlm kasih Kristus ^^ -
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6444
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 133

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kristen yang Menuduh Ahli Kitab Menyembah Maria

Post by frontline defender on Sat Jul 13, 2013 8:30 pm

bantahan dari Ahli Kitab yang ditujukan ke Kristen : http://www.santoyakobus.org/page/content/article/88/Mengapa-orang-Katolik-menyembah-Maria--sederajad-dengan-Tuhan-Yesus-.html
Bpk Dirgono, Surabaya wrote:Romo Terkasih,
Mengapa orang Katolik menyembah Maria, sederajad dengan Tuhan Yesus?

Sebab pengantara kita pada Allah Bapa hanya Yesus saja
(1 Tim 2:5)
RD B. JUSTISIANTO. wrote:Pak Dirgono yang baik.

(1) Orang Katolik tidak menyembah Maria, tapi menghormatinya. Namun orang lain meremehkan Maria.

(2) Maria bukan Tuhan-Ibu yang melahirkan Tuhan-Anak. Dia itu manusia biasa. Maria pun bukan pengantara segala rahmat. Sebab pengantara kita pada Allah Bapa hanya Yesus saja (1 Tim 2:5). Hanya Yesus penyebabnya: surga menyatu dengan dunia, Allah dengan manusia, dan rahmat melimpah kepada pendosa (Rom 5:20).

(3) Persatuan surga-dunia dan Allah-manusia itu bukan demi kemuliaan Yesus sendiri (sebab Dia itu Allah mahamulia), tapi demi manusia, demi suksesnya tujuan pencip-taan manusia (menjadi Kekasih Allah, Citra Allah dan Keluarga Allah). Caranya, Dia mencurahkan kembali Roh Kudus kepada tiap orang tanpa kecuali (Yehez 37:1dst).

(4) Orang meremehkan Maria, karena pikiran mereka sangat sederhana: Maria itu manusia; manusia itu daging; daging itu penuh hawa-nafsu; dan hawa-nafsu itu sumber dosa. Jadi, Maria pasti berdosa. Jadi, jangan dihormati. Tapi mereka lupa. Tiap orang juga punya Roh Kudus. Barangsiapa mau memanfaatkan Roh Kudus dan kerja-sama dengan-Nya, dia jadi kuat dan bisa mengendalikan hawa-nafsu. Hawa-nafsu kalau tidak dikendalikan, bisa membawa ke neraka, tapi kalau bisa dikendalikan (oleh Roh Kudus) akan membawa ke surga (Yak 3:3-4). Mulai dengan Yesus. Dia mau memanfaatkan dan kerjasama dengan Roh Kudus, maka Dia mampu menderita sampai di Golgota. Selanjut-nya Maria. Lalu para martir dan santo-santa. Akhirnya semua umat Allah mau memanfaatkan dan kerja-sama dengan Roh Kudus, maka mereka jadi kuat dan tetap setia pada Yesus dan keluarganya hingga sekarang walau kehidupan ini berat sekali.

(5) Orang juga mengabaikan dua peristiwa penting: di Kana (Yoh 2) ketika Yesus mau menuruti permintaan ibunda-Nya, walaupun waktu-Nya belum tiba. Dan di salib (Yoh 19:26-27) ketika Yesus menyerahkan murid-Nya kepada ibunda-Nya; dan ibunda-Nya kepada murid-Nya. Maka murid Yesus yang sejati tak akan pernah lupa ”menerima” Maria di rumahnya dan dalam hatinya; dan tak akan pernah lupa mohon kepada Yesus melalui Maria.

(6) Oleh penebusan Tuhan Yesus, tidak hanya alam-semesta dan manusia dipulihkan tapi juga keluarga Allah dipulihkan. Mereka saling cinta (jaringan cinta mereka tak terputus oleh maut) mereka saling memelihara-menjaga-mendoakan. Kalau yang satu diangkat ke surga maka dia mohon pada Allah agar saudaranya yang masih di bumi pun kelak juga diangkat ke surga. Kita berdoa ”Santa Maria, Bunda Allah, doakan-lah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati.”
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6444
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 133

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kristen yang Menuduh Ahli Kitab Menyembah Maria

Post by SEGOROWEDI on Sat Jul 13, 2013 8:38 pm

@isaku wrote:nice info 
sementara itu kristen sibuk mempertanyakan maksud penyembahan maryam dalam AQ... terlalu ehmm 

kristen dan katolik tidak menuhankan maria..

masalahnya di AQ..
alloh ngomelin isa, dituduh nyuruh umat menuhankan ibunya/maryam
padahal jaman itu tidak/belum ada yang menuhankan maryam
itu kan asal ngomel, asal nuduh namanya

lebih parahnya lagi..
ternyata isa tidak menyuruh demikian
berarti alloh tidak maha tahu

mengapa bisa separah itu?
karena dialog tersebut ternyata hanya imajiner, karangan muhammad
di injilnya isa tidak pernah ada

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kristen yang Menuduh Ahli Kitab Menyembah Maria

Post by frontline defender on Sun Jul 14, 2013 9:07 am

Katolik yang tidak mau ketinggalan menuduh Ahli Kitab Menyembah Maria : http://junita-veronica-diding.blogspot.com/2012_06_10_archive.html


Ajaran Sesat Collyridianisme


St. Epifanius dari Salamis

Hampir semua ajaran sesat yang menyerang pada abad-abad pertama Gereja Katolik berkaitan dengan Tritunggal atau Kristologi. Namun ajaran sesat Collyridianisme berbeda. Ajaran sesat ini berkaitan dengan Mariologi di mana sekte Collyridianis ini mengajarkan penyembahan dan penuhanan terhadap Bunda Maria.

Bidaah ini hadir pada sekitar tahun 350-450 di wilayah Arabia. Tidak diketahui siapa pendiri sekte ini dan sedikit sekali informasi yang bisa kita ketahui sekarang tentang sekte ini. Selain itu, tampaknya karena bidaah ini hadir pertama-tama di Arabia, maka orang-orang di sana kemudian menyangka bahwa Allah Tritunggal adalah Bapa, Yesus Kristus dan Bunda Maria. Sampai sekarang pun kita masih bisa mendengar sangkaan seperti ini.

Kesesatan Collyridian ini sederhana: Mereka menyembah Bunda Maria. Hal ini secara langsung bertentangan dengan pengajaran Gereja Katolik yang mengutuk penyembahan berhala yang juga telah dikutuk oleh Allah sendiri: “Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.” (Kel 20:3; Ul 5:7) Devosi terhadap Bunda Maria dalam sekte ini kemudian dikembangkan sebagai Penyembahan (Idolatri/Pemberhalaan) terhadap Bunda Maria. Gereja Katolik memang mengajarkan penghormatan tinggi (hiperdulia) terhadap Bunda Maria yang diyakini Perawan Selamanya, Bunda Allah, Pengantara Segala Rahmat, dll. Tetapi sekte ini melewati batas seharusnya dalam penghormatan terhadap Bunda Maria sehingga mereka malah jatuh kepada penyembahan terhadap Bunda Maria.

Detail mengenai Collyridianisme ini sangat sedikit tetapi secara spesifik kita bisa mengetahui bahwa sekte ini mempersembahkan Kurban Ekaristi kepada Bunda Maria. Hal ini bertentangan dengan Gereja Katolik yang selalu mempersembahkan Kurban Ekaristi kepada Allah dan tidak kepada yang lain termasuk Bunda Maria. Illustrasinya demikian: Dalam Doa Syukur Agung I (Pertama) terdapat teks :

“Oleh karena itu ya Bapa, kami mengenangkan Yesus Kristus, Putera-Mu, yang telah menderita bangkit dari alam maut dan naik ke surga dengan mulia. Kami, umat-Mu, mempersembahkan kurban yang suci murni, yakni Roti Kehidupan Abadi dan Piala Keselamatan Kekal.”

Namun, dalam sekte ini, doa ini digubah sedemikian rupa sehingga kira-kira menjadi demikian untuk menunjukkan kurban Ekaristi dipersembahkan kepada Bunda Maria :

“Oleh karena itu ya Bunda Maria, kami mengenangkan Yesus Kristus, Putera-Mu, yang telah menderita bangkit dari alam maut dan naik ke surga dengan mulia. Kami, umat-Mu, mempersembahkan kurban yang suci murni, yakni Roti Kehidupan Abadi dan Piala Keselamatan Kekal.”

Para Bapa Gereja Katolik dengan segera mengetahui keberadaan ajaran sesat ini dan mereka menolaknya. Tokoh terkemuka penentang ajaran Collyridianisme ini adalah Bapa Gereja Epifanius (315-403), Uskup Salamis. Epifanius terkenal sebagai orang yang sangat terpelajar dan pertapa suci. Ia adalah teman dekat St. Hieronimus, seorang Bapa Gereja Barat yang terkenal yang menerjemahkan Kitab Suci dari bahasa Yunani ke bahasa Latin atas perintah Paus St. Damasus I. Namun, Epifanius ini adalah orang yang dikenal sangat bertemperamen tinggi dan keras sehingga tidak sedikit pula uskup lain yang kesal terhadapnya.

Epifanius membuat tulisan melawan ajaran sesat Collyridianisme dalam buku apologetiknya yang terkenal, Panarion (artinya Kotak Obat-obatan). Buku ini berisi sanggahan-sanggahan Epifanius terhadap lebih dari 80 jenis ajaran sesat yang dia ketahui pada zamannya. Dalam buku ini, dia menyanggah dua ajaran sesat ekstrim dan saling bertolak-belakang mengenai Bunda Maria, yaitu Collyridianisme (yang menuhankan Bunda Maria) dan Antidicomarianitisme, sebuah sekte Arab yang merendahkan dan melecehkan status dan kebajikan Bunda Maria serta mengklaim bahwa Bunda Maria melakukan hubungan suami istri dengan Yosef sehingga Bunda Maria tidak dapat diyakini Yang Tetap Perawan Selamanya. (bdk: Panarion 78:1)

Anggota sekte Collyridianisme adalah pertama-tama para wanita yang mengembangkan kombinasi sinkretistik antara Tradisi Katolik dengan tradisi pemujaan terhadap dewi-dewi pagan. Epifanius menulis :

“Beberapa wanita di Arabia telah memperkenalkan pengajaran yang tak masuk akal dari Thracia: [yaitu] bagaimana mereka mempersembahkan kurban roti dalam nama Maria yang Perawan Selamanya, dan semua [dari mereka] mengambil bagian dalam roti ini.” (Panarion 78:13).

Epifanius menekankan perbedaan antara Bunda Maria dan Allah :

“Sekarang tubuh Bunda Maria memang adalah suci, tetapi itu bukanlah Allah; Perawan [Maria] memang adalah seorang perawan dan dihormati, tetapi ia tidak diberikan bagi kita untuk disembah, melainkan ia sendiri menyembah Dia yang lahir dalam daging dari ia. ... Menghormati Maria, tetapi hendaklah Bapa, Putera dan Roh Kudus disembah, hendaklah tidak seorang pun menyembah Maria, ... sekalipun Maria adalah tercantik dan kudus dan terhormat, tetapi ia ada tidak untuk disembah.” (Panarion 79:1,4)

Bersama Epifanius, kita dapat berkata bahwa siapapun yang menyembah Maria atau ciptaan lainnya berarti telah melakukan penyembahan berhala dan harus ditegur. Kita sebaiknya melihat ke dalam Kitab Suci, pada kasus di mana malaikat menegur St. Yohanes karena tindakannya menyembah malaikat: “Maka tersungkurlah aku di depan kakinya untuk menyembah dia, tetapi ia berkata kepadaku: Janganlah berbuat demikian! Aku adalah hamba, sama dengan engkau dan saudara-saudaramu, yang memiliki kesaksian Yesus. Sembahlah Allah! ... ” (Wahyu 19:10) Tidak diragukan lagi bahwa Santa Perawan Maria sendiri akan berkata hal ini kepada siapapun yang berusaha menyembah dia.

Collyridianisme Modern

Collyridianisme dapat dilihat sekarang dalam berbagai bentuk. Kelompok “Hiper-Marian” dan para penulis yang terlalu meninggikan Bunda Maria dan sangat fokus terhadapnya sehingga tidak jarang mengecualikan Kristus dapat dikatakan bersalah atas usaha penyembahan berhala atau pemuliaan Maria melebihi Kristus. Di samping itu, muncul pula gerakan feminisme modern yang memuja seorang wanita sebagai yang ilahi dan berusaha menggambarkan kembali Allah dalam konteks dan istilah feminis seperti beberapa kelompok wanita Korea di Bandung yang menyebutkan “Allah itu ibu kita.” dsb.

Di samping itu, devosi yang berlebihan oleh umat Katolik dapat dianggap penyembahan berhala. Contoh sederhana ketika kita lebih memilih duduk berdoa Rosario di gua Maria ketimbang melaksanakan kewajiban kita mengikuti Perayaan Ekaristi pada hari Minggu. Dapat pula devosi berlebihan ini ditunjukkan oleh gelar dan ucapan kita kepada Bunda Maria. Tidak jarang kita mendengar umat Katolik menyebutkan, “Bunda Maria, sumber segala rahmat, ampunilah dosa kami.” Padahal, Sumber Segala Rahmat itu adalah Allah sendiri sedangkan Bunda Maria hanya dapat digelari Pengantara Segala Rahmat karena mengandung Yesus, Putera Allah, Sumber Segala Rahmat itu sendiri. Juga, kita tidak bisa memohon ampun dosa kepada Bunda Maria karena Bunda Maria tidak punya hak untuk itu. Kita dapat meminta Bunda Maria mendoakan kita atau melindungi kita, tetapi meminta ampun dosa tidak dapat kita lakukan kepada Bunda Maria.

Gereja Katolik dalam usaha mencegah devosi berlebihan dan keliru ini, menetapkan agar semua buku doa dan buku devosi mendapatkan Nihil Obstat dan Imprimatur dari hierarki setempat sehingga ada jaminan aman untuk digunakan oleh umat Katolik dan umat Katolik dapat mengetahui gelar apa dan ucapan apa yang diperbolehkan untuk kita berikan terhadap Bunda Maria. Hal ini juga untuk menunjukkan kepada umat non-Kristen Katolik bahwa Gereja Katolik tidak menyembah Bunda Maria seperti yang dilakukan oleh Collyridianis. Juga, umat Katolik dapat berargumen membela ajaran Gereja bahwa Katolik tidak menyembah Bunda Maria dengan menunjukkan fakta bahwa Ekaristi, Puncak Kehidupan orang Katolik, hanya dapat dipersembahkan kepada Allah, tidak kepada Bunda Maria.

Pax et Bonum. Artikel ini ditulis oleh Indonesian Papist untuk memperingati Bulan Maria, Mei 2012.

Referensi :
Collyridianism oleh Patrick Madrid dalam Majalah Katolik, “This Rock” edisi tahun 1994 yang diterbitkan di Amerika Serikat.

Lihat juga :
Diskusi Indonesian Papist dengan umat Protestan yang menganggap Gereja Katolik menuhankan Bunda Maria karena Gereja Katolik mengajarkan Bunda Maria Tanpa Noda Dosa.
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6444
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 133

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kristen yang Menuduh Ahli Kitab Menyembah Maria

Post by isaku on Tue Jul 16, 2013 4:46 pm

omwed wrote:kristen dan katolik tidak menuhankan maria..
Lihat juga :
Diskusi Indonesian Papist dengan umat Protestan yang menganggap Gereja Katolik menuhankan Bunda Maria karena Gereja Katolik mengajarkan Bunda Maria Tanpa Noda Dosa.

fakta dilawan ..ehmm 

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kristen yang Menuduh Ahli Kitab Menyembah Maria

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik