FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by gusti_bara on Mon Jul 29, 2013 1:47 am

First topic message reminder :

Jika memang isi alkitab itu adalah firman tuhan (baik yang deuterokanonika maupun yang bukan),maka kebenaran tentang adanya “naga” bisa dibuktikan secara ilmiah.
Tapi sampai sekarang, tentang adanya naga itu hanyalah”CERITA MITOS” saja alias cerita fiktif alias cerita bohongan yang didapat dari kepercayaan kaum pagan yang tidak mempunyai dasar yang bisa dipertanggung jawabkan atas cerita tersebut.
Apakah hal itu membuktikan kalau para penulis alkitab yang diklaim mendapatkan bimbingan dari roh kudus itu yang salah memberikan informasinya kepada para penulis alkitab ataukah memang kisah yang ada dalam alkitab tersebut mengadopsi dari kaum pagan secara terang-terangan ?!!!!!

monggo...

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down


Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by wolfie on Thu Aug 01, 2013 12:43 pm

@Gusti B
apa gak bisa bikin cerita yang orisinil kok ngopas dari mitos mitos lain...wkwkwk
coba, biar ketawanya gk setengah-setengah nanti

Memang di mitos mana yg menggambarkan Naga sebagai Iblis?

@Pengurus LI
Trims
avatar
wolfie
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 396
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 19.06.12
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by gusti_bara on Thu Aug 01, 2013 8:50 pm

@wolfie wrote:@Gusti B
apa gak bisa bikin cerita yang orisinil kok ngopas dari mitos mitos lain...wkwkwk
coba, biar ketawanya gk setengah-setengah nanti

Memang di mitos mana yg menggambarkan Naga sebagai Iblis?

@Pengurus LI
Trims

Naga adalah makhluk legenda, biasanya dengan ciri-ciri reptil atau ular, yang muncul dalam banyak mitos dan kebudayaan. Ada dua tradisi kebudayaan berbeda tentang naga. Naga Eropa, berasal dari tradisi rakyat Eropa dan pada akhirnya terkait dengan mitologi Yunani dan Timur Tengah, dan naga Cina, dengan padanannya yang mirip di Jepang, Korea, dan negara-negara Asia Timur lainnya.
Kaitan antara ular dengan musuh monster yang dihadapi oleh dewa pahlawan berakar dari mitologi Timur Dekat Kuno, termasuk Kanaan (Yahudi, Ugarit), Het, dan Mesopotamia. Motif Chaoskampf masuk ke dalam mitologi Yunani dan pada akhirnya ke dalam mitologi Kristen, meskipun motif naga juga mungkin telah menjadi bagian dari mitologi India-Eropa prasejarah, berdasarkan bukti perbandingan dari sumber-sumber India dan Jermanik.
Meskipun naga muncul dalam banyak legenda di seluruh dunia, masing-masing kebudayaan memiliki cerita yang beragam pula mengenai monster yang dikelompokkan sebagai naga. Beberapa naga disebutkan menyemburkan api, seperi dalam sajak berbahasa Inggris Lama, Beowulf. Naga biasanya digambarkan sebagai ular atau reptil, menetas dari telur dan memiliki tubuh bersisik atau berbulu. Mereka terkadang digambarkan menjaga harta karun. Beberapa mitos menggambarkan naga dengan punggung bersirip banyak. Naga Eropa seringkali bersayap, sedangkan naga Cina mirip dengan ular besar. Naga dapat memiliki beragam jumlah kaki, mulai dari tak berkaki, satu, dua, empat, atau bahkan lebih.
Naga seringkali memiliki signifikansi spiritual yang penting dalam berbagai agama dan kebudayaan di seluruh dunia. Dalam banyak kebudayaan Asia, naga disembah sebagai wakil kekuatan alam, agama, dan semesta. Naga dikaitkan dengan kebijaksanaan dan umur panjang. Naga secara umum disebutkan memiliki ilmu gaib atau kekuatan supranatural, dan sering dikaitkan dengan sumur, hujan, dan sungai. Dalam beberapa kebudayaan, naga juga disebutkan mampu berbicara bahasa manusia. Dalam beberapa tradisi, nagalah yang mengajari manusia berbicara.
Kisah tentang naga seringkali menceritakan makhluk ini dibunuh oleh pahlawan. Tema ini kemunginan berasal dari motif Chaoskampf dalam mitologi Timur Dekat Kuno (misalnya Hadad vs. Yam, Marduk vs. Tiamat, Teshub vs. Illuyanka, dll; Leviathan dalam Alkitab dianggap mencerminkan musuh serupa dalam versi awal Yahweh). Motif ini terus berlanjut di Yunani dalam kisah Apollo vs Pithon, dan kisah Kristen awal tentang Malaikat Agung Mikhael serta Santo Georgius. Pembunuhan Writra oleh Indra dalam Rigweda juga masuk dalam kategori ini. Tema ini terus bertahan dalam legenda dan cerita rakyat Abad Pertengahan, dengan adanya pembunuh naga seperti Beowulf, Sigurd, Tristan, Margaret Sang Perawan, Heinrich von Winkelried, Dobrynya Nikitich, Skuba Dratewka/Krakus. Dalam mitos Alkitab, pola ini disinggung dalam kisah keturunan Adam yang menghancurkan kepala Ular.
Darah naga digambarkan bermanfaat atau bisa juga beracun dalam legenda Abad Pertengahan. Dalam legenda Jerman, darah naga memiliki kekuaan untuk membuat tubuh atau zirah menjadi kebal, contohnya dalam kisah Siegfried dan Ortnit. Dalam mitos Slavia, Bumi menolak darah naga karena sifat jahat yang terkandung dalam darah itu. Dalam kisah Beowulf darah naga memiliki sifat asam dan dapat menembus besi. Heinrich von Winkelried diceritakan meninggal setelah tak sengaja terkena tetesan darah naga.

sumber : wikibooks.org
naga di kristen mengadopsi naga2 eropa yang jahat...karena memang sama2 dari eropa hanya saja tuhannya yang dari daerah timur tengah... mungkin jika kristen pertama kali disebarkan di jawa ceritanya bukan naga lagi tapi kuntilanak....

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by SEGOROWEDI on Thu Aug 01, 2013 9:50 pm

@gusti_bara wrote:seperti kita ketahui mitos adanya naga kan dari bangsa cina, india dan beberapa bangsa eropah...nah apa itu bukan nyontek namanya...menuliskan sesuatu yang tdk ada dan diyakini sebagai ada...padahal yang dicontek itu cerita rakyat yg tdk terbukti kebenarannya...

kek apa ceita naganya?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by gusti_bara on Tue Aug 13, 2013 1:57 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@gusti_bara wrote:seperti kita ketahui mitos adanya naga kan dari bangsa cina, india dan beberapa bangsa eropah...nah apa itu bukan nyontek namanya...menuliskan sesuatu yang tdk ada dan diyakini sebagai ada...padahal yang dicontek itu cerita rakyat yg tdk terbukti kebenarannya...
kek apa ceita naganya?
di eropa naga cenderung jahat/ seperti yang tercontek di alkitab, sementara asia cenderung baik meski beberapa mengidentifikasi sebagai sumber kejahatan, di jawa juga ada naga namanya naga bedog, pake mahkota lebih kerenan naga jawa

gogling ajah deh wed...

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by SEGOROWEDI on Tue Aug 13, 2013 2:02 pm



di alkitab naga sebagai lambang misalnya: kejahatan, kekacauan, kerusakan, dan sebagainya
apa masalahnya?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by wolfie on Sun Aug 18, 2013 12:02 am

@gusti_bara wrote:
@wolfie wrote:@Gusti B
apa gak bisa bikin cerita yang orisinil kok ngopas dari mitos mitos lain...wkwkwk
coba, biar ketawanya gk setengah-setengah nanti

Memang di mitos mana yg menggambarkan Naga sebagai Iblis?

@Pengurus LI
Trims
Naga adalah makhluk legenda, biasanya dengan ciri-ciri reptil atau ular, yang muncul dalam banyak mitos dan kebudayaan. Ada dua tradisi kebudayaan berbeda tentang naga. Naga Eropa, berasal dari tradisi rakyat Eropa dan pada akhirnya terkait dengan mitologi Yunani dan Timur Tengah, dan naga Cina, dengan padanannya yang mirip di Jepang, Korea, dan negara-negara Asia Timur lainnya.
Kaitan antara ular dengan musuh monster yang dihadapi oleh dewa pahlawan berakar dari mitologi Timur Dekat Kuno, termasuk Kanaan (Yahudi, Ugarit), Het, dan Mesopotamia. Motif Chaoskampf masuk ke dalam mitologi Yunani dan pada akhirnya ke dalam mitologi Kristen, meskipun motif naga juga mungkin telah menjadi bagian dari mitologi India-Eropa prasejarah, berdasarkan bukti perbandingan dari sumber-sumber India dan Jermanik.
Meskipun naga muncul dalam banyak legenda di seluruh dunia, masing-masing kebudayaan memiliki cerita yang beragam pula mengenai monster yang dikelompokkan sebagai naga. Beberapa naga disebutkan menyemburkan api, seperi dalam sajak berbahasa Inggris Lama, Beowulf. Naga biasanya digambarkan sebagai ular atau reptil, menetas dari telur dan memiliki tubuh bersisik atau berbulu. Mereka terkadang digambarkan menjaga harta karun. Beberapa mitos menggambarkan naga dengan punggung bersirip banyak. Naga Eropa seringkali bersayap, sedangkan naga Cina mirip dengan ular besar. Naga dapat memiliki beragam jumlah kaki, mulai dari tak berkaki, satu, dua, empat, atau bahkan lebih.
Naga seringkali memiliki signifikansi spiritual yang penting dalam berbagai agama dan kebudayaan di seluruh dunia. Dalam banyak kebudayaan Asia, naga disembah sebagai wakil kekuatan alam, agama, dan semesta. Naga dikaitkan dengan kebijaksanaan dan umur panjang. Naga secara umum disebutkan memiliki ilmu gaib atau kekuatan supranatural, dan sering dikaitkan dengan sumur, hujan, dan sungai. Dalam beberapa kebudayaan, naga juga disebutkan mampu berbicara bahasa manusia. Dalam beberapa tradisi, nagalah yang mengajari manusia berbicara.
Kisah tentang naga seringkali menceritakan makhluk ini dibunuh oleh pahlawan. Tema ini kemunginan berasal dari motif Chaoskampf dalam mitologi Timur Dekat Kuno (misalnya Hadad vs. Yam, Marduk vs. Tiamat, Teshub vs. Illuyanka, dll; Leviathan dalam Alkitab dianggap mencerminkan musuh serupa dalam versi awal Yahweh). Motif ini terus berlanjut di Yunani dalam kisah Apollo vs Pithon, dan kisah Kristen awal tentang Malaikat Agung Mikhael serta Santo Georgius. Pembunuhan Writra oleh Indra dalam Rigweda juga masuk dalam kategori ini. Tema ini terus bertahan dalam legenda dan cerita rakyat Abad Pertengahan, dengan adanya pembunuh naga seperti Beowulf, Sigurd, Tristan, Margaret Sang Perawan, Heinrich von Winkelried, Dobrynya Nikitich, Skuba Dratewka/Krakus. Dalam mitos Alkitab, pola ini disinggung dalam kisah keturunan Adam yang menghancurkan kepala Ular.
Darah naga digambarkan bermanfaat atau bisa juga beracun dalam legenda Abad Pertengahan. Dalam legenda Jerman, darah naga memiliki kekuaan untuk membuat tubuh atau zirah menjadi kebal, contohnya dalam kisah Siegfried dan Ortnit. Dalam mitos Slavia, Bumi menolak darah naga karena sifat jahat yang terkandung dalam darah itu. Dalam kisah Beowulf darah naga memiliki sifat asam dan dapat menembus besi. Heinrich von Winkelried diceritakan meninggal setelah tak sengaja terkena tetesan darah naga.

sumber : wikibooks.org
naga di kristen mengadopsi naga2 eropa yang jahat...karena memang sama2 dari eropa hanya saja tuhannya yang dari daerah timur tengah... mungkin jika kristen pertama kali disebarkan di jawa ceritanya bukan naga lagi tapi kuntilanak....
Pada Hakikatnya tentu ada maksud Tuhan mengambil Rupa Kejahatan dr kisah-kisah rakyat yg bertujuan lebih familiar dengan keadaan masyarakat itu sendiri.
Masalah adop mengadopsi tidak sama sekali menjadi masalah selama pesan yg ingin disampaikan akhirnya Sampai.

Kecuali otak-otak model anda yg cm niatnya Ngeledek dan cengengesan
avatar
wolfie
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 396
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 19.06.12
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by gusti_bara on Sun Aug 18, 2013 7:19 pm

@wolfie wrote:Pada Hakikatnya tentu ada maksud Tuhan mengambil Rupa Kejahatan dr kisah-kisah rakyat yg bertujuan lebih familiar dengan keadaan masyarakat itu sendiri.
Masalah adop mengadopsi tidak sama sekali menjadi masalah selama pesan yg ingin disampaikan akhirnya Sampai.

Kecuali otak-otak model anda yg cm niatnya Ngeledek dan cengengesan
sebenarnya tdk ada kebetulan yang sistematis.... ini mengindikasikan bahwa cerita2 sengaja ditiru karena penulis alkitab bisa jadi meyakini kebenaran mitos tersebut karena termakan takhyul.... mestinya jika itu benar dari tuhan bukan tuhan yang nyontek cerita rakyat, tapi rakyatlah yang harus mengikuti petunjuk tuhan... bukan tuhan yang kemakan hoax dongeng naga...

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by Thunderstruck on Sun Aug 18, 2013 10:55 pm

slim, slim

urusan Naga aja diributin, urusan moral agamamu yg hancur lebih tidak penting. Mirip politik Kotor, mengalihkan perhatian agar agamamu terlihat beradab dengan mengutak-utik hal yg kagak penting!

Islam oh Islam, sampai kapan kamu meminuskan Otak karunia TUHAN?

kekekekekeh
yes 
avatar
Thunderstruck
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 148
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Bait Tuhan
Join date : 10.05.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by Thunderstruck on Tue Aug 20, 2013 11:56 am

Halah..katro Tsnya!
Ditanggapi malah wara wiri kesana kemari.
Gak ditanggapi malah petantang petenteng bilang Kafir pada Kabur!
awas 
avatar
Thunderstruck
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 148
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Bait Tuhan
Join date : 10.05.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by Hafisah on Tue Aug 20, 2013 1:07 pm

@Thunderstruck wrote:slim, slim

urusan Naga aja diributin, urusan moral agamamu yg hancur lebih tidak penting. Mirip politik Kotor, mengalihkan perhatian agar agamamu terlihat beradab dengan mengutak-utik hal yg kagak penting!

Islam oh Islam, sampai kapan kamu meminuskan Otak karunia TUHAN?

kekekekekeh
yes 
Itu bukan hanya sekedar Naga tua kisanak...Emang umat kristen lebih demen yang Iamjiner
dan berhalusinasi...kalaulah di Sorga kristen seperti itu...gimana ntar umat yesus di Sorga..
apakah akan ikut berperang melawan Naga Tua..dan gimana kabar si Anak ya..si Yesus..
apakah saat itu dia ikt berperang juga...wk..wk.wk..kitab panutan kog ngayal
gitu ya...dimani sebagai firman tuhan lagi..

Hafisah
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 43
Posts : 121
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 29.03.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by Jesus love Us on Tue Aug 20, 2013 5:44 pm

Belajar dulu nubuat...
avatar
Jesus love Us
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 158
Kepercayaan : Protestan
Join date : 20.12.11
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by janganbilangbilang on Tue Aug 20, 2013 6:09 pm

@Bajing Ireng wrote:
@dee-nee wrote:Apa hubungan alkitab dengan naga ??
Memang di alkitab ada cerita tentang naga ??

Kok saya ga tau

pusing 
Sdri Dee nee, mau tahu kisah naga tua dalam Alkitab injil, silahkan lihat kitab Wahyu 12: 1-17...
bukan hanya kisah naga loh..yang lebih parahnya adalah peperangan di sorga antara malaikat melawan si naga tua..
mirip cerita komik Kho Ping Kho..dari negeri tirai bambu..mari kita simak kisahnya..biar si MAYA dan si WEDI matanya agak melek dikit..

12:7  Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya,

12:8  tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga.

12:9  Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.



Mau lihat nih reaksinya si MAYA dan WEDs...apa tanggapan beliau dengan cerita komik ala Injil..wk..wk.basi 
Jadi Ingat Film Immortal, Dimana Para Malaikat dan dewa berperang di Sorga... ketawa guling ketawa guling ketawa guling 
avatar
janganbilangbilang
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 71
Posts : 507
Kepercayaan : Islam
Location : Sulawesi
Join date : 09.04.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by wolfie on Sat Aug 24, 2013 9:11 pm

@gusti_bara wrote:
@wolfie wrote:Pada Hakikatnya tentu ada maksud Tuhan mengambil Rupa Kejahatan dr kisah-kisah rakyat yg bertujuan lebih familiar dengan keadaan masyarakat itu sendiri.
Masalah adop mengadopsi tidak sama sekali menjadi masalah selama pesan yg ingin disampaikan akhirnya Sampai.

Kecuali otak-otak model anda yg cm niatnya Ngeledek dan cengengesan
sebenarnya tdk ada kebetulan yang sistematis....
Bisa ya bisa tidak kalau bicara kebetulan, tapi Tuhan memang punya rencana yg mungkin dengan bahasa yg lebih familiar agar bisa diterima.

No Problem tuh, selama pesannya bisa difahami. Kan kamu aja yg muslim2 gebl*k yg doyannya meledek.

ini mengindikasikan bahwa cerita2 sengaja ditiru karena penulis alkitab bisa jadi meyakini kebenaran mitos tersebut karena termakan takhyul.... mestinya jika itu benar dari tuhan bukan tuhan yang nyontek cerita rakyat, tapi rakyatlah yang harus mengikuti petunjuk tuhan... bukan tuhan yang kemakan hoax dongeng naga...
Bukannya Tuhan kemakan Dongeng, tapi Tuhan dengan Himat yg Luar biasa menyampaikan firmannya dengan bahasa yg lebih dekat dengan manusia.
avatar
wolfie
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 396
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 19.06.12
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by islam pasti jaya on Mon Sep 02, 2013 6:00 pm

@wolfie wrote:
@gusti_bara wrote:
@wolfie wrote:@Gusti B
apa gak bisa bikin cerita yang orisinil kok ngopas dari mitos mitos lain...wkwkwk
coba, biar ketawanya gk setengah-setengah nanti

Memang di mitos mana yg menggambarkan Naga sebagai Iblis?

@Pengurus LI
Trims
Naga adalah makhluk legenda, biasanya dengan ciri-ciri reptil atau ular, yang muncul dalam banyak mitos dan kebudayaan. Ada dua tradisi kebudayaan berbeda tentang naga. Naga Eropa, berasal dari tradisi rakyat Eropa dan pada akhirnya terkait dengan mitologi Yunani dan Timur Tengah, dan naga Cina, dengan padanannya yang mirip di Jepang, Korea, dan negara-negara Asia Timur lainnya.
Kaitan antara ular dengan musuh monster yang dihadapi oleh dewa pahlawan berakar dari mitologi Timur Dekat Kuno, termasuk Kanaan (Yahudi, Ugarit), Het, dan Mesopotamia. Motif Chaoskampf masuk ke dalam mitologi Yunani dan pada akhirnya ke dalam mitologi Kristen, meskipun motif naga juga mungkin telah menjadi bagian dari mitologi India-Eropa prasejarah, berdasarkan bukti perbandingan dari sumber-sumber India dan Jermanik.
Meskipun naga muncul dalam banyak legenda di seluruh dunia, masing-masing kebudayaan memiliki cerita yang beragam pula mengenai monster yang dikelompokkan sebagai naga. Beberapa naga disebutkan menyemburkan api, seperi dalam sajak berbahasa Inggris Lama, Beowulf. Naga biasanya digambarkan sebagai ular atau reptil, menetas dari telur dan memiliki tubuh bersisik atau berbulu. Mereka terkadang digambarkan menjaga harta karun. Beberapa mitos menggambarkan naga dengan punggung bersirip banyak. Naga Eropa seringkali bersayap, sedangkan naga Cina mirip dengan ular besar. Naga dapat memiliki beragam jumlah kaki, mulai dari tak berkaki, satu, dua, empat, atau bahkan lebih.
Naga seringkali memiliki signifikansi spiritual yang penting dalam berbagai agama dan kebudayaan di seluruh dunia. Dalam banyak kebudayaan Asia, naga disembah sebagai wakil kekuatan alam, agama, dan semesta. Naga dikaitkan dengan kebijaksanaan dan umur panjang. Naga secara umum disebutkan memiliki ilmu gaib atau kekuatan supranatural, dan sering dikaitkan dengan sumur, hujan, dan sungai. Dalam beberapa kebudayaan, naga juga disebutkan mampu berbicara bahasa manusia. Dalam beberapa tradisi, nagalah yang mengajari manusia berbicara.
Kisah tentang naga seringkali menceritakan makhluk ini dibunuh oleh pahlawan. Tema ini kemunginan berasal dari motif Chaoskampf dalam mitologi Timur Dekat Kuno (misalnya Hadad vs. Yam, Marduk vs. Tiamat, Teshub vs. Illuyanka, dll; Leviathan dalam Alkitab dianggap mencerminkan musuh serupa dalam versi awal Yahweh). Motif ini terus berlanjut di Yunani dalam kisah Apollo vs Pithon, dan kisah Kristen awal tentang Malaikat Agung Mikhael serta Santo Georgius. Pembunuhan Writra oleh Indra dalam Rigweda juga masuk dalam kategori ini. Tema ini terus bertahan dalam legenda dan cerita rakyat Abad Pertengahan, dengan adanya pembunuh naga seperti Beowulf, Sigurd, Tristan, Margaret Sang Perawan, Heinrich von Winkelried, Dobrynya Nikitich, Skuba Dratewka/Krakus. Dalam mitos Alkitab, pola ini disinggung dalam kisah keturunan Adam yang menghancurkan kepala Ular.
Darah naga digambarkan bermanfaat atau bisa juga beracun dalam legenda Abad Pertengahan. Dalam legenda Jerman, darah naga memiliki kekuaan untuk membuat tubuh atau zirah menjadi kebal, contohnya dalam kisah Siegfried dan Ortnit. Dalam mitos Slavia, Bumi menolak darah naga karena sifat jahat yang terkandung dalam darah itu. Dalam kisah Beowulf darah naga memiliki sifat asam dan dapat menembus besi. Heinrich von Winkelried diceritakan meninggal setelah tak sengaja terkena tetesan darah naga.

sumber : wikibooks.org
naga di kristen mengadopsi naga2 eropa yang jahat...karena memang sama2 dari eropa hanya saja tuhannya yang dari daerah timur tengah... mungkin jika kristen pertama kali disebarkan di jawa ceritanya bukan naga lagi tapi kuntilanak....
Pada Hakikatnya tentu ada maksud Tuhan mengambil Rupa Kejahatan dr kisah-kisah rakyat yg bertujuan lebih familiar dengan keadaan masyarakat itu sendiri.
Masalah adop mengadopsi tidak sama sekali menjadi masalah selama pesan yg ingin disampaikan akhirnya Sampai.

Kecuali otak-otak model anda yg cm niatnya Ngeledek dan cengengesan
pesan apa yg ingin disampaikan Tuhan?
Pada Hakikatnya tentu ada maksud Tuhan mengambil Rupa Kejahatan dr kisah-kisah rakyat yg bertujuan lebih familiar dengan keadaan masyarakat itu sendiri.
naga di eropa memang dilambangkan sbg makhluk yg jahat, tp di diaerah lainnya, sebut saja china malah dilambangkan sbg makhluk baik atau lambang kekuasaan dsb...
jd sungguh tidak tepat penyebutan naga didalam alkitab hanya karena alasan makhluk ini sangat familiar dngan makhluk yg jahat atau yg selalu menimbulkan kerusakan, karena fakta sejarah dr legenda2 masayarakat didunia tentang naga ini banyak yg menafsirkan berbeda tentang makhluk naga ini....
malah saya pernah membaca di alkitab bahwa Naga ini melemparkan bintang hingga menimpa sepertiga sungai2 yg ada di dunia, lah memang bintang itu sebesar apa memangnya??

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 354
Kepercayaan : Islam
Join date : 16.01.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by gusti_bara on Mon Sep 02, 2013 7:17 pm

@islam pasti jaya wrote:
@wolfie wrote:
@gusti_bara wrote:
@wolfie wrote:@Gusti B
apa gak bisa bikin cerita yang orisinil kok ngopas dari mitos mitos lain...wkwkwk
coba, biar ketawanya gk setengah-setengah nanti

Memang di mitos mana yg menggambarkan Naga sebagai Iblis?

@Pengurus LI
Trims
Naga adalah makhluk legenda, biasanya dengan ciri-ciri reptil atau ular, yang muncul dalam banyak mitos dan kebudayaan. Ada dua tradisi kebudayaan berbeda tentang naga. Naga Eropa, berasal dari tradisi rakyat Eropa dan pada akhirnya terkait dengan mitologi Yunani dan Timur Tengah, dan naga Cina, dengan padanannya yang mirip di Jepang, Korea, dan negara-negara Asia Timur lainnya.
Kaitan antara ular dengan musuh monster yang dihadapi oleh dewa pahlawan berakar dari mitologi Timur Dekat Kuno, termasuk Kanaan (Yahudi, Ugarit), Het, dan Mesopotamia. Motif Chaoskampf masuk ke dalam mitologi Yunani dan pada akhirnya ke dalam mitologi Kristen, meskipun motif naga juga mungkin telah menjadi bagian dari mitologi India-Eropa prasejarah, berdasarkan bukti perbandingan dari sumber-sumber India dan Jermanik.
Meskipun naga muncul dalam banyak legenda di seluruh dunia, masing-masing kebudayaan memiliki cerita yang beragam pula mengenai monster yang dikelompokkan sebagai naga. Beberapa naga disebutkan menyemburkan api, seperi dalam sajak berbahasa Inggris Lama, Beowulf. Naga biasanya digambarkan sebagai ular atau reptil, menetas dari telur dan memiliki tubuh bersisik atau berbulu. Mereka terkadang digambarkan menjaga harta karun. Beberapa mitos menggambarkan naga dengan punggung bersirip banyak. Naga Eropa seringkali bersayap, sedangkan naga Cina mirip dengan ular besar. Naga dapat memiliki beragam jumlah kaki, mulai dari tak berkaki, satu, dua, empat, atau bahkan lebih.
Naga seringkali memiliki signifikansi spiritual yang penting dalam berbagai agama dan kebudayaan di seluruh dunia. Dalam banyak kebudayaan Asia, naga disembah sebagai wakil kekuatan alam, agama, dan semesta. Naga dikaitkan dengan kebijaksanaan dan umur panjang. Naga secara umum disebutkan memiliki ilmu gaib atau kekuatan supranatural, dan sering dikaitkan dengan sumur, hujan, dan sungai. Dalam beberapa kebudayaan, naga juga disebutkan mampu berbicara bahasa manusia. Dalam beberapa tradisi, nagalah yang mengajari manusia berbicara.
Kisah tentang naga seringkali menceritakan makhluk ini dibunuh oleh pahlawan. Tema ini kemunginan berasal dari motif Chaoskampf dalam mitologi Timur Dekat Kuno (misalnya Hadad vs. Yam, Marduk vs. Tiamat, Teshub vs. Illuyanka, dll; Leviathan dalam Alkitab dianggap mencerminkan musuh serupa dalam versi awal Yahweh). Motif ini terus berlanjut di Yunani dalam kisah Apollo vs Pithon, dan kisah Kristen awal tentang Malaikat Agung Mikhael serta Santo Georgius. Pembunuhan Writra oleh Indra dalam Rigweda juga masuk dalam kategori ini. Tema ini terus bertahan dalam legenda dan cerita rakyat Abad Pertengahan, dengan adanya pembunuh naga seperti Beowulf, Sigurd, Tristan, Margaret Sang Perawan, Heinrich von Winkelried, Dobrynya Nikitich, Skuba Dratewka/Krakus. Dalam mitos Alkitab, pola ini disinggung dalam kisah keturunan Adam yang menghancurkan kepala Ular.
Darah naga digambarkan bermanfaat atau bisa juga beracun dalam legenda Abad Pertengahan. Dalam legenda Jerman, darah naga memiliki kekuaan untuk membuat tubuh atau zirah menjadi kebal, contohnya dalam kisah Siegfried dan Ortnit. Dalam mitos Slavia, Bumi menolak darah naga karena sifat jahat yang terkandung dalam darah itu. Dalam kisah Beowulf darah naga memiliki sifat asam dan dapat menembus besi. Heinrich von Winkelried diceritakan meninggal setelah tak sengaja terkena tetesan darah naga.

sumber : wikibooks.org
naga di kristen mengadopsi naga2 eropa yang jahat...karena memang sama2 dari eropa hanya saja tuhannya yang dari daerah timur tengah... mungkin jika kristen pertama kali disebarkan di jawa ceritanya bukan naga lagi tapi kuntilanak....
Pada Hakikatnya tentu ada maksud Tuhan mengambil Rupa Kejahatan dr kisah-kisah rakyat yg bertujuan lebih familiar dengan keadaan masyarakat itu sendiri.
Masalah adop mengadopsi tidak sama sekali menjadi masalah selama pesan yg ingin disampaikan akhirnya Sampai.

Kecuali otak-otak model anda yg cm niatnya Ngeledek dan cengengesan
pesan apa yg ingin disampaikan Tuhan?
Pada Hakikatnya tentu ada maksud Tuhan mengambil Rupa Kejahatan dr kisah-kisah rakyat yg bertujuan lebih familiar dengan keadaan masyarakat itu sendiri.
naga di eropa memang dilambangkan sbg makhluk yg jahat, tp di diaerah lainnya, sebut saja china malah dilambangkan sbg makhluk baik atau lambang kekuasaan dsb...
jd sungguh tidak tepat penyebutan naga didalam alkitab hanya karena alasan makhluk ini sangat familiar dngan makhluk yg jahat atau yg selalu menimbulkan kerusakan, karena fakta sejarah dr legenda2 masayarakat didunia tentang naga ini banyak yg menafsirkan berbeda tentang makhluk naga ini....
malah saya pernah membaca di alkitab bahwa Naga ini melemparkan bintang hingga menimpa sepertiga sungai2 yg ada di dunia, lah memang bintang itu sebesar apa memangnya??
hanya ada dua kemungkinan... mengingat di arab dan israel jarang ada kisah naga maka ini adalah bukan kiasan...
jika mereka menganggap ini adalah kiasan maka kemungkinan kedua adalah bahwa mereka mencampurkan mitos eropa kedalam alkitab maka sangat bisa dipastikan bawha cerita naga bukan dari tuhan melainkan petinggi gereja di eropa yang memasukan kedalam alkitab agar seolah2 tuhan lah yang mengarang keberadaan naga apapun sebutannya sebagai binatang atau perlambang...

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 02, 2013 11:16 pm



sebutan untuk iblis/setan..
masalahnya apa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by Mutiara on Tue Sep 03, 2013 2:18 am

surganya saja ada perang, ada naganya...

ulang tahun tuhannya pun nyotek pagan dewa matahari,
lambang salibnya nyontek lambang pagan mesir penyembah dewa nil
nama tuhannya pun nyontek sana sini...

wk wk wk

kristen agama hasil nyontek sana sini, agama anti pengetahuan, agama penuh kepalsuan
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by SEGOROWEDI on Tue Sep 03, 2013 8:58 am

@Mutiara wrote:surganya saja ada perang, ada naganya...

ulang tahun tuhannya pun nyotek pagan dewa matahari,
lambang salibnya nyontek lambang pagan mesir penyembah dewa nil
nama tuhannya pun nyontek sana sini...

wk wk wk

kristen agama hasil nyontek sana sini, agama anti pengetahuan, agama penuh kepalsuan
slimah kalap
piss 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by Mutiara on Thu Sep 05, 2013 1:13 am

wk wk wk tak bisa membantah kan kamu....
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by SEGOROWEDI on Thu Sep 05, 2013 4:00 pm


mbantah apa? perang di sorga dalam penglihatan yohanes??
itu hanya gambaran..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by Mutiara on Thu Sep 12, 2013 10:14 pm

gambaran surga yang dijadikan basis pertahanan yesus, sang tuhan yang cuma SETARA iblis, saling tawuran antara penduduk neraka vs penduduk surga....tuhan apaan tuh???

wk wk wk

avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by SEGOROWEDI on Sat Sep 14, 2013 11:46 pm


hanya penglihatan..
dan naga sebutan kiasan untuk iblis

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa ada NAGA (mitos pagan) di agama Kristen ??

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik