FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by gusti_bara on Wed Jul 31, 2013 8:43 am

saya tdk menjumpai trinitas di jaman2 musa dan ibrahim...pertanyaannya sejak kapankah tuhan itu trinitas...lengkap dengan tahun dan bulannya...tks

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by SEGOROWEDI on Wed Jul 31, 2013 9:03 am


yang kamu pahami tentang trinitas seperti apa dulu..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by gusti_bara on Wed Jul 31, 2013 5:16 pm

@SEGOROWEDI wrote:
yang kamu pahami tentang trinitas seperti apa dulu..
ya itu deh....jaman dahulu kan gak dikenal yesus...gak dikenal roh kudus...muncul tiba2 kan setelah konsili nicea....lalu kapankah tuhan mulai trinitas??? jika sebelumnya adalah esa??? sebelumnya tuhan berdiri sendiri tanpa adanya campur tangan yesus dan roh kudus...

musa tdk kenal yesus, ibrahimpun tdk, apalagi daud dan nabi2 sebelum daud.....

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by SEGOROWEDI on Wed Jul 31, 2013 7:19 pm


Roh Allah ada di Kejadian 1 (PL)
sebagai manusia Yesus di PB

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by gusti_bara on Wed Jul 31, 2013 8:44 pm

@SEGOROWEDI wrote:
Roh Allah ada di Kejadian 1 (PL)
sebagai manusia Yesus di PB

iya pertanyaannya sejak kapan 3 in 1 nya??? roh allah beda dengan allah apa sama???

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by SEGOROWEDI on Wed Jul 31, 2013 9:06 pm


sejak kapan apanya?
Roh Allah/Allah ada di PL
menjadi manusia Yesus di PB/Injil

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by kang san on Wed Jul 31, 2013 9:24 pm

mohon diperjelas tuan gusti_bara, agak nya tuan segorowedi kurang paham pertanyaan anda.
Silakan !.
avatar
kang san
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Posts : 17
Kepercayaan : Islam
Location : dps
Join date : 15.07.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by SEGOROWEDI on Wed Jul 31, 2013 10:22 pm


Roh Allah/Allah yang ada di PL
kemudian menjadi manusia Yesus di PB/Injil

sejak kapannya silakan dijawab sendiri..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by gusti_bara on Thu Aug 01, 2013 7:54 am

@SEGOROWEDI wrote:
Roh Allah/Allah yang ada di PL
kemudian menjadi manusia Yesus di PB/Injil

sejak kapannya silakan dijawab sendiri..
lho kok dijawab sendiri...gw kan bukan kristen mana tahu sejarah trinitas...makanya GB nanya ama SW berdasarkan sejarah,,,, sejak kapankah tuhan itu menjadi trinitas....

misal timor leste menjadi negara sejak memenangkan memorandum sehingga merdeka pada era habibi...
saya rasa trinitaspun bisa dijelaskan kapan dimulainya...karena sejak jaman adam- musa pun tdk dikenal trinitas...tdk dikenal yesus waktu itu...bahkan sampai sekarang yahudi pun masih menyembah tuhan yang monoteisme ....

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by wahyu_zein_alkaf on Mon Aug 12, 2013 3:18 pm

Ayat yang menjelaskan tentang Trinitas :

Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu. (Yohanes 5:7)

Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.(Yohanes 5:8)

Ayat ini adalah landasan awal terbentuknya ajaran trinitas. Namun, ayat tersebut sudah dihapuas karena diklaim palsu oleh pihak kristen sendiri.

“Ayat 7 - 8’ di dalam sorga… di bumi.’ Bagian ini tidak terdapat dalam naskah-naskah Yunani yang paling Tua dan tidak pula dalam terjemahan-terjemahan kuno, bahkan tidak dalam naskah paling baik dari Vulgata. Bagian ini aslinya sebuah catatan di pinggir halaman salah satu naskah terjemahan latin yang kemudian disisipkan ke dalam naskah-naskah oleh penyalin dan akhirnya bahkan disisipkan ke dalam beberapa naskah Yunani. Karenanya bagian ini pasti tidak asli. (Lembaga Biblika Indonesia, Kitab Suci Perjanjian Baru dengang Pengantar dan Catatan, (Imprimatur Mgr Donatus Jagom SVD, Uskup Agung Ende-Ndona 1974), cetakan tahun 1976/1977 hal. 563).

Kitab suci perjanjian baru 1977/1978 juga memberi catatan bahwa ayat Trinitas adalah Palsu; “Bagian kalimat antara kurung itu pasti tidak asli” (Lembaga Biblika Indonesia, Kitab Suci Perjanjian Baru tahun 1977/1978 hal.551).

Kitab Kudus Perdjandjian Baru 1970 juga memberikan catatan bagi ayat Trinitas ini;
“Dalam ajat ini tertulis djuga tentang Trinitas Kudus (Tritunggal Kudus). ini barangkali tambahan jang baru kemudian ditambahkan dan tambahan ini adalah sebagai hasil komentar pada teks-teks aslinja. Menurut komentar ini Bapa disimbolkan dengan Roh, Sabda disimbolkan dengan Darah, dan Roh Kudus dengan Air.” (Kitab Kudus Perdjandjian Baru (Indjil), Pertjetakan Offset Arnoldus Ende, 1970, hal 581)

Dr. GC. Van Niftrik dan D.S.B.J Boland:
“Di dalam Alkitab tidak ditemukan suatu istilah yang dapat diterjemahkan dengan kata TRITUNGGAL ataupun ayat-ayat tertentu yang mengundang Dogma tersebut, Mungkin dalam 1 Yahya 5 : 6 - 8. Tetapi sebagian besar dari ayat itu agaknya belum tertera dalam naskah aslinya. Bagian itu setidak-tidaknya harus di beri kurung.”(Dogmatika masa kini, BPK Jakarta, 1967 hal 418). Dst.

Begini, orang Kristen percaya bahwa Bapa adalah tuhan, anak adalah tuhan, roh adalah tuhan. Namun mereka bukan tiga tuhan melainkan satu tuhan. Saya tanya orang kristen pake bahasa apasih?

Sekarang saya akan memberikan pernyataan sederhana tentang trinitas. Misal, sebut saja anda tiga orang kembar. Yang jika dilihat seksama tidak terlihat sedikitpun perbedaannya. Kemudian salah satunya membunuh seseorang. Pertanyaanya : Haruskah kita juga memenjarakan saudara kembarnya yang lain? Tentu tidak, karena mereka berbeda. Apa yang membuat mereka berbeda? Tentu saja pribadinya. Jadi, saat anda menyebut tuhan bapa anda tidak menyebut Yesus. Saat anda menyebut demi nama Yesus anda tidak menyebut roh. Begitu juga yang lain.
avatar
wahyu_zein_alkaf
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by isaku on Mon Aug 12, 2013 3:30 pm

@SEGOROWEDI wrote:
Roh Allah ada di Kejadian 1 (PL)
sebagai manusia Yesus di PB
ngawur aja, mana ada yahudi yg bilang tuhan ada 2?

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by 3x6 on Mon Aug 19, 2013 12:18 pm

Konsep Trinitas atau ente tulis 3 in 1 secara implisit sudah ada sejak kedatangan Yesus
Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
Perkara bulan dan taon nya silakan dikira-kira sendiri
Kalau secara eksplisit sih sekitar abad ke-4 (kalau nggak salah)
avatar
3x6
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 55
Kepercayaan : Agnostic
Location : Surabaya
Join date : 09.08.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by isaku on Mon Aug 19, 2013 1:21 pm

18 wrote:Kalau secara eksplisit sih sekitar abad ke-4 (kalau nggak salah)
agnostics abal2 ngaku tuhan jadi 3 terjadi 300 tahun setelah Yesus wafat.
nice info 

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by 3x6 on Wed Aug 21, 2013 11:22 am

@isaku wrote:
18 wrote:Kalau secara eksplisit sih sekitar abad ke-4 (kalau nggak salah)
agnostics abal2 ngaku tuhan jadi 3 terjadi 300 tahun setelah Yesus wafat.
nice info 
Pengakuan Trinitas bukan sekedar pengakuan abal-abal tapi berdasarkan ayat ayat di Alkitab sehingga muncul TRINITAS ayat Alkitab yang dijadikan dasar Trinitas adalah Yohanes 1:1-14 dan Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
avatar
3x6
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 55
Kepercayaan : Agnostic
Location : Surabaya
Join date : 09.08.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by Mutiara on Wed Aug 21, 2013 11:29 am

dari penyebutannya yang sekedar kudus saja sudah salah, tak ada tuhan kok kudus, tuhan itu MAHA kudus.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by gusti_bara on Wed Sep 18, 2013 6:54 am

@isaku wrote:
18 wrote:Kalau secara eksplisit sih sekitar abad ke-4 (kalau nggak salah)
agnostics abal2 ngaku tuhan jadi 3 terjadi 300 tahun setelah Yesus wafat.
nice info 
apakah semua sudah klop dengan pernyataan 666 bahwa trinitas resmi ada pada 300 th setelah yesus wafat???

kalo sudah klop berarti bisa dijadikan kesimpulan dan selesailah trit ini dengan kesepakatan dan kesimpulan pasti...

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 18, 2013 3:30 pm

@gusti_bara wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
Roh Allah/Allah yang ada di PL
kemudian menjadi manusia Yesus di PB/Injil

sejak kapannya silakan dijawab sendiri..
lho kok dijawab sendiri...gw kan bukan kristen mana tahu sejarah trinitas...makanya GB nanya ama SW berdasarkan sejarah,,,, sejak kapankah tuhan itu menjadi trinitas....

misal timor leste menjadi negara sejak memenangkan memorandum sehingga merdeka pada era habibi...
saya rasa trinitaspun bisa dijelaskan kapan dimulainya...karena sejak jaman adam- musa pun tdk dikenal trinitas...tdk dikenal yesus waktu itu...bahkan sampai sekarang yahudi pun masih menyembah tuhan yang monoteisme ....
konteksnya seperti ini:
Roh Allah/Allah yang ada di PL
kemudian menjadi manusia Yesus di PB/Injil

kalau bertanya sejak kapan, ya silakan dijawab sendiri..
piss 

btw
trinitas itu monoteis

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 18, 2013 3:36 pm

@wahyu_zein_alkaf wrote:Begini, orang Kristen percaya bahwa Bapa adalah tuhan, anak adalah tuhan, roh adalah tuhan. Namun mereka bukan tiga tuhan melainkan satu tuhan. Saya tanya orang kristen pake bahasa apasih?
Tuhan yang SAMA, Tuhan yang ESA sebagai..
- Sang Khalik kita sapa Bapa
- Sang Firman kita sapa Putera
- Sang Penolong kita sapa Roh Kudus

bahasa yang mudah dan sederhana kan?
ehmm 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 18, 2013 3:43 pm

@Mutiara wrote:dari penyebutannya yang sekedar kudus saja sudah salah, tak ada tuhan kok kudus, tuhan itu MAHA kudus.
Roh Kudus itu Roh Sang Maha Kudus
Roh Allah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by gusti_bara on Tue Nov 26, 2013 8:23 pm

kira2 yesus sadar gak kl dia jd pirman...jd kholik..ja babeh?

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by mystery on Tue Nov 26, 2013 9:02 pm

keliatan ya kalau TRINITAS itu diada-adakan ketiwi
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by ramayana on Tue Nov 26, 2013 11:01 pm

@gusti_bara wrote:kira2 yesus sadar gak kl dia jd pirman...jd kholik..ja babeh?
inilah kalau enet yg mikir bar.. ente lihat trit ane. nabi Mohamad mengakui trinitas!

ente ini sama sekali ga tau apa itu trinitas! ente juga ga tau kalau trinitas bukan 3 Tuhan seperti ayat di quran!

trinitas di Injil sama sekali berbeda dengan konsep 3 Tuhan dari quran.

Trinitas adalah 3 perwujudan dalam TUHAN.

trinitas ini kalau di quran muncul di kisah musa saat musa bertemu Allah yg berwujud pohon.
ada pohon, firman dan Allah sendiri.

sedang 3 tuhan adalah Allah, Isa dan maryam!

sangat berbeda kan?
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3477
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by isaku on Wed Nov 27, 2013 3:39 pm

@ramayana wrote:ente lihat trit ane. nabi Mohamad mengakui trinitas!
mantap kali kesimpulan kawan kita ni... :)
nyerah 
kayanya harus bilang WOW.


isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 27, 2013 7:30 pm

@gusti_bara wrote:kira2 yesus sadar gak kl dia jd pirman...jd kholik..ja babeh?
halagh..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by gusti_bara on Wed Nov 27, 2013 10:47 pm

halagh itu apa wed?

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejak kapankah tuhan itu trinitas???

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik