FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by ramayana on Sun Aug 04, 2013 9:42 pm

First topic message reminder :

banyak sekali hoax akan keajaiban di kitab suci. salah satunya ini..

@Mutiara wrote:Garis Edar Matahari
(QS:36: 38)Dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.
Dulu orang berfikir matahari berjalan mengelilingi bumi, maka ketika mereka baca ayat diatas mereka berpikiran yang sama, dan mereka menerimanya,. Sekarang telah diketahui bumi mengelilingi matahari. Ayat di atas ternyata juga menunjukkan kebenarannya juga. Faktanya matahari adalah bintang dalam sayap galaksi Bima sakti/milky way yang beredar mengelilingi pusat galaksi. Maha Besar Alloh, yang membuat ayat yang bisa diterima di setiap jaman.

yang benar adalah tatasurya ber-rotasi terhadap pusat galaxi bimasakti. dan ini termasuk matahari dan semua planet dan benda angkasa yg berpusat di matahari. sedemikan besarnya galaxi bimasakti sampai 1 putaran memkan waktu 230 juta tahun!!

tentu sangat ga masuk akal kalau quran tahu hal ini. dan tentu saja memang tidak tahu. mari kita lihat....

kembali ke ayat quran yg di kutip copasan diatas.

ini ayat lengkapnya. al yasin 37-40

37. Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan.

38. Dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

39. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua 1268 .

40. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.

=== terlihat disini, Quran berbicara tentang siang dan malam!! matahari ini beredar atau ber-rotasi/berjalan adalah dalam kaitan antara siang dan malam. antara matahari sebagai tanda siang, dan bulan sebagai tanda malam!

dan rotasi matahari ke pusat galaxi itu tidak menimbulkan kejadian siang dan malam!!

jadi sangat hoax kalau berkata ini sebagai tanda quran tahu matahari berotasi mengelilingi pusar galaxi.

ini adalah pandangan islam yg telah di fatwakan banyak ulama.

Apakah Matahari Berputar Mengelilingi Bumi ?


Oleh
Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin




Pertanyaan
Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin ditanya: "Apakah Matahari berputar mengelilingi bumi?".

Jawaban.
"Dhahirnya dalil-dalil syar'i menetapkan bahwa mataharilah yang berputar mengelilingi bumi dan dengan perputarannya itulah menyebabkan terjadinya pergantian siang dan malam di permukaan bumi, tidak ada hak bagi kita untuk melewati dhahirnya dalil-dalil ini kecuali dengan dalil yang lebih kuat dari hal itu yang memberi peluang bagi kita untuk menakwilkan dari dhahirnya. Diantara dalil-dalil yang menunjukkan bahwa matahari berputar mengelilingi bumi sehingga terjadi pergantian siang dan malam adalah sebagai berikut.

[1]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman tentang Ibrahim akan hujahnya terhadap yang membantahnya tentang Rabb.

"Artinya : Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat," [Al Baqarah : 258]

Maka keadaan keadaan matahari yang didatangkan dari timur merupakan dalil yang dhahir bahwa matahari berputar mengelilingi bumi.

[2]. Dan Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman juga tentang Ibrahim.

"Artinya : Kemudian tatkala dia melihat matahari terbit, dia berkata: 'Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar', maka tatkala matahari itu terbenam dia berkata : 'Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan.'" [Al-An'am : 78]

Jika Allah menjadikan bumi yang mengelilingi matahari niscaya Allah berkata: "Ketika bumi itu hilang darinya".

[3]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka berada disebelah kanan, dan bila matahari itu terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu." [Al-Kahfi : 17]

Allah menjadikan yang condong dan menjauhi adalah matahari, itu adalah dalil bahwa gerakan itu adalah dari matahari, kalau gerakan itu dari bumi niscaya Dia berkata: "gua mereka condong darinya(matahari)". Begitu pula bahwa penyandaran terbit dan terbenam kepada matahari menunjukkan bahwa dialah yang berputar meskipun dilalahnya lebih sedikit dibandingkan dilalah firmanNya "(condong) dan menjauhi mereka)".

[4]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang,matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya." [Al-Anbiya' : 33]

Ibnu Abbas radhiallahu anhu berkata:"Berputar dalam suatu garis peredaran seperti alat pemintal". Penjelasan itu terkenal darinya.

[5]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat," [Al-A'raf : 54]

Allah menjadikan malam mengejar siang, dan yang mengejar itu yang bergerak dan sudah maklum bahwa siang dan malam itu mengikuti matahari.

[6]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman

"Artinya : Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang banar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun." [Az Zumar : 5]

FirmanNya: "Menutupkan malam atau siang" artinya memutarkannya atasnya seperti tutup sorban menunjukkan bahwa berputar adalah dari malam dan siang atas bumi. Kalau saja bumi yang berputar atas keduanya (malam dan siang) niscaya Dia berkata: "Dia menutupkan bumi atas malam dan siang". Dan firmanNya: "matahari dan bulan, semuanya berjalan", menerangkan apa yang terdahulu menunjukkan bahwa matahari dan bulan keduanya berjalan dengan jalan yang sebenarnya (hissiyan makaniyan), karena menundukkan yang bergerak dengan gerakannya lebih jelas maknanya daripada menundukkan yang tetap diam tidak bergerak.

[7]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengirinya," [Asy-Syam : 1-2]

Makna (mengiringinya) adalah datang setelahnya. dan itu dalil yang menunjukkan atas berjalan dan berputarnya matahari dan bulan atas bumi. Seandainya bumi yang berputar mengeliligi keduanya tidak akan bulan itu mengiringi matahari, akan tetapi kadang-kadang bumi mengelilingi matahari dan kadang-kadang matahari mengeliling bulan, karena matahari lebih tinggi dari pada bulan. Dan untuk menyimpulan ayat ini membutuhkan pengamatan.

[8]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman

"Artinya : Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dan malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan, dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai tandan yang tua. Tidaklah mugkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya." [Yaa-Siin : 37-40]

Penyandaran kata berjalan kepada matahari dan Dia jadikan hal itu sebagai kadar/batas dari Dzat yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui menunjukkan bahwa itu adalah haqiqi (sebenarnya) dengan kadar yang sempurna, yang mengakibatkan terjadinya perbedaan siang malam dan batas-batas (waktu). Dan penetapan batas-batas edar bulan menunjukkan perpindahannya di garis edar tersebut. Kalau seandainya bumi yang berputar mengelilingi maka penetapan garis edar itu bukannya untuk bulan. Peniadaan bertemunya matahari dengan bulan dan malam mendahului siang menunjukkan pengertian gerakan muncul dari matahari, bulan malam dan siang.

[9]. Nabi Shallallahu 'alaihi wassallam berkata kepada Abu Dzar radhiallahu anhu dan matahari telah terbenam.

"Artinya : Apakah kamu tahu kemana matahari itu pergi ?" Dia menjawab: "Allah dan RasulNya lebih tahu". Beliau bersabda: "Sesungguhnya dia pergi lalu bersujud di bawah arsy, kemudian minta izin lalu diijinkan baginya, hampir-hampir dia minta izin lalu tidak diijinkan. Kemudian dikatakan kepadanya: "Kembalilah dari arah kamu datang lalu dia terbit dari barat (tempat terbenamnya) atau sebagaimana dia bersabda [Muttafaq 'alaih] [1]

PerkataanNya: "Kembalilah dari arah kamu datang, lalu dia terbit dari tempat terbenamnya" sangatlah jelas sekali bahwa dia (matahari) itulah yang berputar mengelilingi bumi dengan perputarannya itu terjadinya terbit dan terbenam.

[10]. Hadits-hadits yang banyak tentang penyandaran terbit dan terbenam kepada matahari, maka itu jelas tentang terjadinya hal itu dari matahari tidak kepada bumi."

Boleh jadi disana masih banyak dalil-dalil lain yang tidak saya hadirkan sekarang, namun apa yang telah saya sebutkan sudah cukup tentang apa yang saya maksudkan. Wallahu Muwaffiq."


[Disalin dari Majmu Fatawa Arkanul Islam, edisi Indonesia Majmu Fatawa Solusi Problematika Umat Islam Seputar Akidah Dan Ibadah, Penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Terbitan Pustaka Arafah]

http://almanhaj.or.id/content/1412/slash/0/apakah-matahari-berputar-mengelilingi-bumi/

islam beranggapan mataharilah yang mengelilingi bumi!

memang tidak secara lugas dikatakan matahari mengelilingi bumi.. tetapi penjelasannya sudah sangat lengkap!

Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang,matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya." [Al-Anbiya' : 33]

== quran berkata.. matahari dan bulan beredar/rotasi untuk menciptakan siang dan malam!

dari surah al yasin 40

Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.

terlihat bila peredaran matahari dan bulan itu sebagai tanda siang dan malam. matahari siang dan bulan di malam hari.
tentu ini juga tidak benar! ingat gerhana matahari?? bulan ada di siang hari! dan menutupi matahari.

sudah jelas kalau matahari mendapatkan bulan.. dimana dikatakan quran hal itu mustahil!! siang dan malam memang tidak dapat saling kejar.. tetapi matahari dapat "mengejar bulan".

kalau matahari dan bulan di quran dikatakan sebagai tanda atau "penguasa" siang dan malam.. tentu saja merekalah yg berputar di bumi.

ini dikuatkan hadis..

Nabi Shallallahu 'alaihi wassallam berkata kepada Abu Dzar radhiallahu anhu dan matahari telah terbenam.

"Artinya : Apakah kamu tahu kemana matahari itu pergi ?" Dia menjawab: "Allah dan RasulNya lebih tahu". Beliau bersabda: "Sesungguhnya dia pergi lalu bersujud di bawah arsy, kemudian minta izin lalu diijinkan baginya, hampir-hampir dia minta izin lalu tidak diijinkan. Kemudian dikatakan kepadanya: "Kembalilah dari arah kamu datang lalu dia terbit dari barat (tempat terbenamnya) atau sebagaimana dia bersabda [Muttafaq 'alaih] [1]

lihat.. matahari yg bergerak. krn di tanya kemana matahari pergi.. dan di akhir dikatakan Allah menyuruh matahari untuk kembali dari arah datang. alias pergi ke timur dan datang dari barat!

kalau matahari yg bergerak.. tentu kesimpulannya adalah bumi yang diam! atau jadi pusatnya. krn matahari bergerak terhadap bumi (tempat kedudukan nabi mohamad) seperti kata hadist diatas.

jadi please.. jangan hoax! apa kalian mau menentang quran dan fatwa ulama??

ane malas ulas yg lain... 1 aja sudah cukup membuktikan!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3479
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down


Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Mutiara on Tue Nov 05, 2013 3:55 pm

Kalau awam dan kafir pula yang baca ayat dan hadis pasti selalu sesat, namanya saja kaum sesat jadi yang jelas menjadi kabur, yang benar dikira salah, surga dikira neraka.

Kalau ahli dan pakarnya, meski kafir sekalipun pasti bisa menangkap makna ayat dan hadis itu dengan benar, seperti ini:


Inilah Ilmuwan yang "islamkan" 5 Mahasiswa sebelum menjadi Muslim

''Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.'' (QS. An-Nisa: 56)

Bagi sebagian besar umat Islam, ayat di atas terdengar seperti ayat-ayat serupa dalam Alquran yang menjelaskan pedihnya siksa neraka bagi orang-orang yang tidak beriman. Namun tidak demikian bagi Tagatat Tejasen, seorang ilmuwan Thailand di bidang anatomi. Baginya, ayat itu adalah sebuah keajaiban.


***

Konferensi Kedokteran Saudi ke-6 di Jeddah yang diikuti Tejasen pada Maret 1981 menjadi awal kisah pertemuannya dengan keajaiban itu. Dalam konferensi yang berlangsung selama lima hari itu, sejumlah ilmuan Muslim menyodori Tejasen beberapa ayat Alquran yang berhubungan dengan anatomi.

Tejasen yang beragama Buddha kemudian mengatakan bahwa agamanya juga memiliki bukti-bukti serupa yang secara akurat menjelaskan tahap-tahap perkembangan embrio. Para ilmuan Muslim yang tertarik mempelajarinya meminta profesor asal Thailand itu untuk menunjukkan ayat-ayat tersebut pada mereka.

Setahun kemudian, Mei 1982, Tejasen menghadiri konferensi kedokteran yang sama di Dammam, Arab Saudi. Saat ditanya tentang ayat-ayat anatomi yang pernah dijanjikannya, Tejasen justru meminta maaf dan mengatakan bahwa ia telah menyampaikan pernyataan tersebut sebelum mempelajarinya. Ia telah memeriksa kitabnya, dan memastikan bahwa tidak ada referensi darinya yang dapat dijadikan bahan penelitian.

Ia kemudian menerima saran para ilmuan Muslim untuk membaca sebuah makalah penelitian karya Keith Moore, seorang profesor bidang anatomi asal Kanada. Makalah itu berbicara tentang kecocokan antara embriologi modern dengan apa yang disebutkan dalam Alquran.

Tejasen tercengang saat membacanya. Sebagai ilmuwan di bidang anatomi, ia menguasai dermatologi (ilmu tentang kulit). Dalam tinjauan anatomi, lapisan kulit manusia terdiri dari tiga lapisan global, yakni Epidermis, Dermis, dan Sub Cutis. Pada lapisan yang terakhirlah, Sub Cutis, terdapat ujung-ujung pembuluh darah dan syaraf.

Penemuan modern di bidang anatomi menunjukkan bahwa luka bakar yang terlalu dalam akan mematikan syaraf-syaraf yang mengatur sensasi. Saat terjadi Combustio grade III (luka bakar yang telah menembus Sub Cutis), seseorang tidak akan merasakan nyeri. Hal itu disebabkan tidak berfungsinya ujung-ujung serabut syaraf afferent dan efferent pengatur sensasi yang rusak oleh luka bakar tersebut.

Makalah itu tidak saja menunjukkan keberhasilan teknologi kedokteran dan perkembangan ilmu anatomi, namun juga membuktikan kebenaran Alquran. Ayat 56 surah An-Nisa’ mengatakan bahwa Allah akan memasukkan orang-orang kafir ke dalam neraka, dan mengganti kulit mereka dengan kulit yang baru setiap kali kulit itu hangus terbakar, agar mereka merasakan pedihnya azab Allah.

Jantung Tejasen berdebar. “Bagaimana mungkin Alquran yang diturunkan 14 abad yang lalu telah mengetahui fakta kedokteran ini?”

***

Sebelum berhasil mengatasi keterkejutannya, Tejasen disodori pertanyaan oleh para ilmuan Muslim yang mendampinginya, “Mungkinkah ayat Alquran ini bersumber dari manusia?”

Ketua Jurusan Anatomi Universitas Chiang Mai Thailand itu sontak menjawab, “Tidak, kitab itu tidak mungkin berasal dari manusia. Ia kemudian termangu dan melanjutkan responsnya, “Lalu dari mana kiranya Muhammad menerimanya?”

Mereka memberitahu Tejasen bahwa Tuhan itu adalah Allah, yang membuat Tejasen semakin ingin tahu. “Lalu, siapakah Allah itu?” tanyanya.

Dari para ilmuan Muslim tersebut, Tejasen mendapatkan keterangan tentang Allah, Sang Pencipta yang dari-Nya bersumber segala kebenaran dan kesempurnaan. Dan Tejasen tak membantah semua jawaban yang diterimanya. Ia membenarkannya.

Profesor yang pernah menjadi dekan Fakultas Kedokteran Universitas Chiang Mai lalu itu kembali ke negaranya, tempat ia menyampaikan sejumlah kuliah tentang pengetahuan dan penemuan barunya itu. Informasi yang dikutip oleh laman special.worlofislam.info menyebutkan bahwa kuliah-kuliah profesor yang masih beragama Buddha itu, di luar dugaan, telah mengislamkan lima mahasiswanya.

Hingga akhirnya, pada Konferensi Kedokteran Saudi ke-8 yang diselenggarakan di Riyadh, Tejasen kembali hadir dan mengikuti serangkaian pidato tentang bukti-bukti Qurani yang berhubungan dengan ilmu medis. Dalam konferensi yang berlangsung selama lima hari itu, Tejasen banyak mendiskusikan dalil-dalil tersebut bersama para sarjana Muslim dan non-Muslim.

Di akhir konferensi, 3 November 1983, Tejasen maju dan berdiri di podium. Di hadapan seluruh peserta konferensi, ia menceritakan awal ketertarikannya pada Alquran, juga kekagumannya pada makalah Keith Moore yang membuatnya meyakini kebenaran Islam.

“Segala yang terekam dalam Alquran 1.400 tahun yang lalu pastilah kebenaran, yang bisa dibuktikan oleh sains. Nabi Muhammad yang tidak bisa membaca dan menulis pastilah menerimanya sebagai cahaya yang diwahyukan oleh Yang Maha Pencipta,” katanya. Tejasen lalu menutup pidatonya dengan mengucap dua kalimat syahadat.[REPUBLIKA]

http://mualaf.muslim-menjawab.com/2012/03/inilah-ilmuwan-yang-5-mahasiswa-sebelum.html

Sudah jelas di ayat itu Matahari memang TIDAK DIAM, seperti yang selama ini dikira oleh manusia sok modern. Matahari tidak diam, karena matahari BEREDAR atau berorbit, yakni mengelilingi PUSAT GALAKSI.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by aliumar on Tue Nov 05, 2013 4:20 pm

Namun tidak demikian bagi Tagatat Tejasen, seorang ilmuwan Thailand di bidang anatomi. Baginya, ayat itu adalah sebuah keajaiban.
kalau air mani keluar dari antara tulang sulbi dan tulang dada, itukah yg namanya keajaiban anatomi quran? hahahaha...... ketawa guling ketawa guling ketawa guling 

kalau demam, adalah percikan api neraka, itukah yg namanya ilmiah dan sesuai science? hahaha..... ketawa guling ketawa guling ketawa guling

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Mutiara on Tue Nov 05, 2013 4:26 pm

itulah kebodohanmu sebagai orang awam.

padahal makna ayat itu adalah setelah diteliti memang air mani asalnya diproduksi di area tubuh sekitar itu. Makanya diupgrade deh tuh otak, untuk bisa memahami ayat-ayat terkait ilmu kedokteran diperlukan keahlian ilmu kedokteran selain juga keahlian dalam bahasa asli Quran.
JAdi tidak sembarangan menafsir.

tahu dirilah, ngaca seberapa kemampuanmu kok mau menafsir.

Kebenaran iptek pun relatif, begitu ada teori baru lagi maka sudah tidak berlaku lagi, sedangkan KEBENARAN Quran itu MUTLAK, suatu iptek akan disebut final jika sudah sesuai dengan ayat Quran.

Makna ayat-ayat Quran itu begitu luas dan dalam, sedangkan kemampuan otak manusia sangat terbatas.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by cain on Thu Nov 07, 2013 1:13 pm

Kok malah ke air mani lagi ini??

TUlang Sulbi dan Tulang dada, bikin tread baru
--------------------------------------------

Matahari mengelilingi bumi kata ULAMA MESIR.
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by aliumar on Fri Nov 08, 2013 11:10 am

iya, mari back to the topic...

Ga ada muslim yg bisa bantah lagi bahwa telah jelas bahwa ajaran dlm Islam (yg bersumber dari quran dan hadist shahih), mengajarkan konsep matahari lah yg bergerak yg menyebabkan siang dan malam (perubahan waktu) di bumi.

1. Dari Quran:
﴾ Al A'raf:98 ﴿
Atau apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di waktu matahari sepenggalahan naik ketika mereka sedang bermain?

Kenapa dikatakan "matahari naik", jika matahari sebenarnya tidak bergerak naik di langit bumi (yg berkaitan ttg perubahan waktu di bumi)?


2. Dari Quran dan (yg diperkuat oleh) Hadist Shahih:

“Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” (Al Qur’an, 36:38)

Nah sebaik2 tafsir adalah tafsiran yg diberikan oleh muhammad.
Dan inilah tafsir muhammad akan ayat "matahari berjalan di tempat beredarnya"

Perhatikan
“Aku pernah bersama Nabi Saw di masjid pada saat matahari mulai terbenam. Lantas dia bertanya: ‘Wahai Abu Dzar, "Tahukah ke manakah matahari ini pergi (terbenam)?", dan aku menjawab: ‘Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu ‘kan?’. Lantas Nabi Muhammad Rasulullah Saw bersabda: ‘Sesungguhnya matahari itu pergi terbenam dan bersujud di bawah ‘Arsy Allah. Itulah tafsir dari firman Allah Ta’ala didalam Qs Yasin ayaat 38 (Dan matahari beredar di tempat peredarannya)’. Lantas Beliau Saw bersabda lagi: ‘Sesungguhnya tempat peredaran matahari itu terletak di bawah ‘Arsy Allah!’”. (HR. Shahih Bukhari 4428).

kelanjutannya...

Dia (matahari) tetap selalu seperti itu sehingga dikatakan kepadanya: 'Hai matahari, bangunlah! Kembalilah seperti semula engkau datang (terbit)!’, maka dia pun kembali dan terbit dari tempat terbitnya


Jadi jelas yg dimaksud "matahari beredar pada tempat beredarnya" yg ada di quran QS 36:38 tsb adalah peredaran matahari mengelilingi bumi (matahari yg pergi (bergerak) terbenam; matahari yg bergerak ke timur).

Jadi maksud Qs 36:38 BUKAN tentang matahari beredar menuju bintang Vega spt tafsir cocokologi yg sering dikoar2kan muslim (utk menunjukan keajaiban quran nya).

3. Dari Hadist Shahih:

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallohu 'alaihi wasallam bersabda, "Ada seorang nabi dari nabi-nabi Allah yang ingin pergi berperang, maka beliau berkata kepada umatnya, 'Tidak boleh ikut bersamaku dalam peperangan ini seorang laki-laki yang telah berkumpul dengan istrinya dan dari itu ia mengharapkan anak tapi masih belum mendapatkannya. Begitu pula orang yang telah membangun rumah tetapi atapnya belum selesai. Juga tidak boleh ikut bersamaku orang yang telah membeli kambing atau unta bunting yang ia tunggu kelahiran anaknya.'
Maka berangkatlah nabi tersebut untuk berjihad. Ketika Ashar hampir tiba rombongan tersebut telah sampai di desa atau daerah yang akan dituju. Nabi tersebut memerintahkan kepada matahari, 'Wahai matahari, engkau tunduk kepada perintah Allah dan akupun juga demikian. Ya Allah, tahanlah matahari itu sejenak agar tidak terbenam.'

Maka Allah menahan matahari itu hingga Allah menaklukkan daerah tersebut. Setelah itu balatentaranya mengumpulkan semua harta rampasannya di sebuah tempat, kemudian ada api yang menyambar tetapi tidak membakarnya, maka Nabi itu berkata, 'Di antara kalian ada yang berkhianat, masih menyimpan sebagian dari harta rampasan, aku harap dari setiap kabilah ada orang yang bersumpah.'
(HR. al-Bukhari, 3124; Muslim,1747).

Dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Sesungguhnya matahari tidak pernah tertahan tidak terbenam hanya karena seseorang, kecuali untuk Yusya’. Yaitu pada malam–malam dia berjalan ke Baitul-Maqdis (untuk berjihad)” [HR. Ahmad 2/325 no. 8298; shahih].

Jika utk menunda waktu, KENAPA yg ditahan oleh Allah adalah pergerakan matahari nya, dan bukan pergerakan bumi nya?
Padahal fakta science menunjukan bahwa perubahan waktu terjadi karena pergerakan bumi (pergerakan rotasi bumi), dan bukan krn pergerakan matahari.

muslim pada terdiam, mingkem, ga bisa jawab lagi, hahaha....

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by aliumar on Fri Nov 08, 2013 11:33 am

tambahan ayat quran:

“Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengiringinya.” (QS Asy Syams: 1-2).

Makna (mengiringinya) adalah datang setelahnya.

Nah Bagaimana mungkin bisa dikatakan "bulan mengiringi matahari (mengiringinya)", jikalau matahari sbg pusat tata surya?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Mutiara on Sat Nov 09, 2013 8:56 am

Sudah dikasih tahu, quran itu menjelaskan bumi dan matahari secara LENGKAP yakni bentuknya dr sisi manua yang tinggal dimuka bumi sampai bentuknya jika dilihat dari luar angkasa, pada masing-masing ayatnya, lengkap semua ada. Juga AKURAT secara tersirat dipilih kata yang menunjukan bentuk sebenarnya. Seperti DAHAHA yang menyiratkan bentuk bulat elipsis ibarat telur burung unta untuk bentuk bumi, dll. Termasuk juga TIDAK DIAMnya matahari, karena ternyata matahari beredar mengelilingi PUSAT GALAKSI. Itulah kenapa Quran sebutkan beredarnya matahari BEDA dengan bulan, masing-masing pada GARIS EDARNYA MASING-MASING, karena berbeda dengan bulan yang beredar mengelilingi bumi, maka matahari mengelilingi Pusat Galaksi.
Paham?!
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Jagona on Sat Nov 09, 2013 10:21 am

@ Aliumar

hi hi hi ...... yang anda lihat dan rasakan apakah matahari yang bergrak atau Bumi hyang bergerak ............ okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by cain on Sat Nov 09, 2013 1:39 pm

@Jagona wrote:@ Aliumar

hi hi hi ...... yang anda lihat dan rasakan apakah matahari yang bergrak atau Bumi hyang bergerak ............ okey
@cain wrote:
@Jagona wrote:
hi hi hi .............. itu kan cuma salah penempatan aja ........ yang satu berdasarkan penglihatan manusia di Bumi ....... yang lainnya berdasarkan teori dan kenyataan ............................. okey
Itu menurut alloh di dalam quran loh kalau matahari mengelilingi bumi, maksudmu si alloh itu manusia gitu?? basi
ketawa guling 
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Mutiara on Sat Nov 09, 2013 4:38 pm

masih bego aja nieh kafir. Al Quran itu secara LENGKAP menjelaskan. Baik dari sisi pandangan manusia yang tinggal dimuka bumi, maupun dari pandangan dari luar angkasa. Semua ADA dan LENGKAP.

Dan AKURAT, terbukti benar bahwa :
1) Matahari TIDAK DIAM, tapi berorbit
2) Orbitnya Matahari berBEDA dengan orbitnya bulan
3) Matahari berorbit mengelilingi PUSAT GALAKSI.
4) sedangkan dari sudut pandang manusia matahari memang terlihat seperti tenggelam ketika SUNSET (senja di tepi pantai) itu justru menjelaskan bahwa bumi itu BULAT, kalau bumi datar maka justru matahari tak bisa terlihat tenggelam saat senja di pantai. think!
5) dll.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Jagona on Sun Nov 10, 2013 10:43 am

@cain wrote:
@Jagona wrote:@ Aliumar

hi hi hi ...... yang anda lihat dan rasakan apakah matahari yang bergrak atau Bumi hyang bergerak ............ okey
@cain wrote:
@Jagona wrote:
hi hi hi .............. itu kan cuma salah penempatan aja ........ yang satu berdasarkan penglihatan manusia di Bumi ....... yang lainnya berdasarkan teori dan kenyataan ............................. okey
Itu menurut alloh di dalam quran loh kalau matahari mengelilingi bumi, maksudmu si alloh itu manusia gitu?? basi
ketawa guling 
peradaban manusia pada saat itu belum mampu untuk menafsirkan Bumi mengelilingi matahari ........ jadi mereka memahami apa yang dilihat ...... aku yakin anda juga akan merasakan bahwa matahari yang naik kalo pagi, meski[pun anda yakin bahwa berdasarkan sains Bumilah yang mengelilingi matahari ..... pelajari aja ayat2 ; 16/48, ayat 21/31 ............... hi hi hi .... ALLAH bukan manusia ............. okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by jaya on Sat Dec 14, 2013 4:28 am

@Mutiara wrote:masih bego aja nieh kafir. Al Quran itu secara LENGKAP menjelaskan. Baik dari sisi pandangan manusia yang tinggal dimuka bumi, maupun dari pandangan dari luar angkasa. Semua ADA dan LENGKAP.

Dan AKURAT, terbukti benar bahwa :
1) Matahari TIDAK DIAM, tapi berorbit
2) Orbitnya Matahari berBEDA dengan orbitnya bulan
3) Matahari berorbit mengelilingi PUSAT GALAKSI.
4) sedangkan dari sudut pandang manusia matahari memang terlihat seperti tenggelam ketika SUNSET (senja di tepi pantai) itu justru menjelaskan bahwa bumi itu BULAT, kalau bumi datar maka justru matahari tak bisa terlihat tenggelam saat senja di pantai. think!
5) dll.


Tepatnya al quran mengikuti sains. Lebih tepat lagi, al quran dicocok2an dgn sains.
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Jagona on Sat Dec 14, 2013 9:23 am


@ cain

Hi cain, kemana nih gaak mampir-mampir di mari .... key

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by cain on Sat Dec 14, 2013 9:32 am

@Jagona wrote:
@cain wrote:
@Jagona wrote:@ Aliumar

hi hi hi ...... yang anda lihat dan rasakan apakah matahari yang bergrak atau Bumi hyang bergerak ............ okey
@cain wrote:
@Jagona wrote:
hi hi hi .............. itu kan cuma salah penempatan aja ........ yang satu berdasarkan penglihatan manusia di Bumi ....... yang lainnya berdasarkan teori dan kenyataan ............................. okey
Itu menurut alloh di dalam quran loh kalau matahari mengelilingi bumi, maksudmu si alloh itu manusia gitu?? basi
ketawa guling 
peradaban manusia pada saat itu belum mampu untuk menafsirkan Bumi mengelilingi matahari ........ jadi mereka memahami apa yang dilihat ...... aku yakin anda juga akan merasakan bahwa matahari yang naik kalo pagi, meski[pun anda yakin bahwa berdasarkan sains Bumilah yang mengelilingi matahari ..... pelajari aja ayat2 ; 16/48, ayat 21/31 ............... hi hi hi .... ALLAH bukan manusia ............. okey

si alloh emang bikin ngakak tuh  ketawa guling  Baca lagi yang bener  ketawa guling 
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by cain on Sat Dec 14, 2013 9:38 am

http://www.ilmu-islam.com/index.php/matahari-mengelilingi-bumi.html

Sudah berabad-abad diajarkan di semua bangku pendidikan, dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi, bahwa bumi bergerak mengelilingi matahari sekali dalam setahun, dan bumi juga berputar sekali dalam sehari semalam yang mengakibatkan seakan-akan matahari bergerak dari timur ke barat setiap harinya.

Apakah ini sebuah kebenaran yang mesti kita yakini ataukah kita selama ini berada dalam sebuah kebohongan ilmiah?

Apakah memang bumi yang mengelilingi matahari ataukah malah sebaliknya bahawa bumi adalah pusat jagat raya sedangkan semua benda langit -termasuk matahari- mengelilingi bumi?

Buku ini menyikap kabut tebal yang sudah sekian lama menutupi sinar kebenaran yang terpancar dari al-Qur’an, as-Sunnah serta ucapan para ulama salaf.

Bacalah dan renungkanlah, semoga Allah Ta’ala menunjukkan kita kepada jalan yang lurus.

Sebagian Pembahasan:

Bab 1: Kewajiban Tunduk Kepada Allah Ta’ala dan Rasul-Nya

Bab 2: Akal Sehat Tidak Akan Bertentangan Dengan Nash yang Shohih dan Shorih

Bab 3: Realiti Tidak Akan Bertentangan Dengan Nash yang Shohih dan Shorih

Bab 4: Bumi dan Langit Bulat

Bab 5: Matahari Mengelilingi Bumi, Sebuah Kepastian al-Qur’an dan as-Sunnah serta Kesepakatan Para Ulama

Bab 6: Jangan pertahankan teori bumi mengelilingi matahari!

Bab 7: Syubuhat dan Bantahannya

Bab 8: Sebuah Nasehat Bagi yang Masih Punya Hati

Beli bukunya tuh, si Roma Irama saja sudah beli  piss

avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by cain on Sat Dec 14, 2013 9:49 am

http://aslibumiayu.wordpress.com/2013/07/17/benarkah-bumi-mengelilingi-matahari-jawaban-ilmiyah-dari-alquran-dan-hadits/

Benarkah Bumi Mengitari Matahari



MATAHARI MENGELILINGI BUMI

SEBUAH KEPASTIAN AL-QUR’AN DAN AS-SUNNAH SERTA KESEPAKATAN PARA ULAMA

1. BUMI DIAM TIDAK BERGERAK


Banyak sekali dalil yang menunjukan bahwa bumi itu diam dan tidak bergerak, baik dari al-Qur’an maupun as-Sunnah.

Allah subhanahu wata’ala berfirman:
“Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan bergerak, dan sungguh jika keduanya akan lenyap tidak ada seorang pun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.”[QS. Fathir:41]

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah berhentinya langit dan bumi dengan iradah-Nya. Kemudian apabila Dia memanggil kamu sekali panggil dari bumi, seketika itu (juga) kamu keluar (dari kubur).”[QS. Ar Ruum:25]

“Allah-lah yang menjadikan bumi bagi kamu tempat menetap dan langit sebagai atap…”[QS. Al Mu’min:64]

“Atau siapakah yang telah menjadikan bumi sebagai tempat berdiam, dan yang menjadikan sungai-sungai di celah-celahnya, dan yang menjadikan gunung-gunung untuk (mengokohkan) nya dan menjadikan suatu pemisah antara dua laut? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) kebanyakan dari mereka tidak mengetahui.”[QS. An Naml:61]

Ayat ini menunjukkan bumi tidak bergerak, karena seandainya bumi ini bergerak mengelilingi matahari, berarti ada pergeseran, maka bertentangan dengan ayat ini.

Berkata Ibnu Katsir rahimahullah : maksudnya adalah diam, tenang, tetap tidak bergerak serta tidak membuat goncangan penghuninya, karena tidak mungkin bisa dibuat hidup dengan baik…”

Berkata Imam Baghawi rahimahullah: tidak bergerak bersama penghuni

Berkata Imam Qurthubi rahimahullah: gunung-gunung bisa menahan dan mencegah bumi dari bergerak.”Allah subhanahu wata’ala berfirman:

“Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak guncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk,”[QS. An-Nahl:15]

“Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka, dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk.”[QS. Al-Anbiya’:31]

“Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu…”[QS. Luqman:10]

Imam Ibnu Qoyim al-Jauziyah rahimahullah berkata:”Maksudnya Allah menancapkan di bumi gunung-gunung yang tangguh agar bumi itu tidak bergerak.”

“Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya…”[QS. Fushshilat:10]

“Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh…”[QS. Qof:7]

“Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?, dan gunung-gunung sebagai pasak?,”[QS. An-Naba’:6-7]

Berkata Ibnu Katsir rahimahullah:”bumi itu ditundukan untuk makhluk-makhluk dalam keadaan tenang, tetap dan tidak bergerak.
“Yang menjadikan bumi untuk kamu sebagai tempat menetap…”[QS. Az-Zukhruf:10]

“…Dan Dia menahan (benda-benda) langit jatuh ke bumi, melainkan dengan izin-Nya? Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada Manusia.[QS. Al-Hajj:65]

Dari SUNNAH

Berdasarkan dalil:
Dari Sofyan bin ‘Assal al-Murodi Radliyallaahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:”Sesungguhnya Allah menjadikan sebuah pintu taubat di sebelah barat…pintu itu akan ditutup sehingga matahari akan terbit dari arahnya”[HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah, Thabrani]

Seandainya bumi berputar maka berarti arah pintu itu akan berubah-ubah. Dan ini jelas bertentangan dengan nash hadits.

2. MATAHARI MENGELILINGI BUMI

Allah subhanahu wata’ala berfirman:
“…Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur…”[QS. Al Baqarah:258]

“Kemudian tatkala dia melihat matahari terbit, dia berkata: “Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar”, maka tatkala matahari itu telah terbenam, dia berkata: “Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan.”[QS. Al An’am:78]

“Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan bila matahari itu terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri…”[QS. Al-Kahfi:17]

“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” [QS. Al-Anbiya’:33]

“…Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat…”[QS. Al A’raf:54]

“Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”[QS. Az-Zumar:5]

“Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengiringinya,”[QS. Asy-Syams:1-2]

Dari ayat-ayat ini sudah jelas menunjuk bahwa matahari lah yang bergerak mengelilingi bumi. Seandainya bumi yang berotasi, niscaya Allah ta’ala tidak mengatakan bahwa matahari yang terbit. Allah menjadikan gerakan terbit dan terbenam itu oleh matahari. Allah Ta’ala menjadikan bahwa yang terbit, condong, tenggelam dan menjauhi itu semuanya dilakukan oleh matahari, seandainya bukan matahari yang bergerak niscaya tidak akan disandarkan semua perbuatan tersebut kepada matahari.

Berkata Syaikh Al-Utsaimin rahimahullah:” Di ayat Allah menjadikan malam mengikuti siang, sedangkan yang mencari dan mengikuti itu pasti menyusul di belakangnya, dan diketahui bersama bahwa malam dan siang itu mengikuti peredaran matahari.’DALIL AS-SUNNAH:
Rasulullah shallallaahu’ alaihi wasallam pun banyak mengisyaratkan bahwa mataharilah yang beredar mengelilingi bumi. Di antaranya:

“Dari Abu Dzar radiallahu ‘anhu ahwa pada suatu hari Rasulullah shallallaahu’ alaihi wasallam pernah bersabda:

”Tahukah kalian ke manakah matahari itu pergi?

Mereka berkata:

”Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.”

Beliau bersabda:

”Sesungguhnya matahari itu berjalan sehingga sampai ke tempat peredarannya di bawah Arsy, lalu dia bersujud. Dia tetap selalu seperti itu sehingga dikatakan kepadanya:

”Bangunlah!Kembalilah seperti semula engkau datang.’Maka dia pun kembali dan terbit dari tempat terbitnya, kemudian dia berjalan sehingga sampai ke tempat peredarannya di bawah Arsy, lalu dia bersujud…”[HR. Bukhari, Muslim, ath-Thoyalisi, Ahmad, Abu Dawud,Tirmidzi, Nasa’i, dll]

Segi pengambilan hadits ini sangat jelas, bahwa Rasulullah shallallaahu’ alaihi wasallam menyandarkan pergi, terbit, beredar kepada matahari, bukan kepada bumi, sedangkan kita semua mengetahui bahwa Allah Pencipta langit dan bumi lebih mengetahui tentang makhluk-Nya, daripada makhluknya, siapapun dia.

Dar Abu Huraihah radiallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallaahu’ alaihi wasallam bersabda: ”Setiap persendian manusia itu harus disedekahi setiap hari setiap kali terbit matahari…”[HR. Bukhari, Muslim]

Dari hadits ini juga Rasulullah shallallaahu’ alaihi wasallam menyandarkan terbit pada matahari, seandainya munculnya matahari itu bukan karena gerakan matahari niscaya Rasulullah shallallaahu’ alaihi wasallam akan menyandarkan munculnya matahari itu dengan gerakan rotasi bumi.

KESEPAKATAN PARA ULAMA

1. Berkata Imam Abdul Qohir al-Baghdadi al-Isfiroyini rahimahullah:
“Ahlu sunnah sepakat atas tetap dan tenangnya bumi, dan bahwasanya bumi itu hanya bergerak kalau terjadi sesuatu misalnya gempa atau lainnya.”

2. Berkata Imam Ibnu Hazm rahimahullah:
“Terdapat sebuah dalil yang paten dan bisa langsung disaksikan dengan panca indera bahwa matahari mengelilingi bumi dari timur ke barat kemudian dari barat ke timur.”

3. Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah: Siapapun yang berada di bumi lalu melihat keadaan matahari saat terbit, saat berada di tengah-tengah, juga saat tenggelam. Di tiga waktu ini matahari berada pada kejauhan yang sama dan juga dalam satu bentuk, maka dia akan mengetahui bahwa matahari itu beredar dalam sebuah garis edar yang berbentuk bulat.”
Beliau juga berkata:”Siang dan malam itu terjadi dengan adanya matahari.”

4. Berkata Imam Ibnu Qoyim al-Jauziyah rahimahullah:”Kemudian perhatikan hikmah dari terbitnya matahari pada alam semesta, bagaimana Allah menentukannya, seandainya matahari itu hanya terbit di satu tempat di langit lalu berhenti dan tidak bergerak, maka sinarnya tidak akan sampai ke banyak arah, karena bayangan salah satu bagian bumi yang bulat akan menghalangi bagian lainnya, maka bagian yang tidak terbit matahari di situ akan menjadi malam selamanya, dan bagian yang matahari terbit akan siang selamanya, maka keduanya akan binasa.

Dari sinilah maka hikmah Allah menuntut agar matahari itu terbit saat pagi hari dari timur kemudian terbit bagi daerah yang sebelah barat dan begitu seterusnya matahari selalu bersinar dan akan menyinari setiap bagian bumi sehingga dia menuju ke arah barat, dan akan menyinari bagian yang tadinya masih gelap saat pagi hari, dengan ini maka terjadilah pergantian malam dan siang yang dengannya maka bisa teraturlah kemaslahatan hidup manusia.”

5. Berkata al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah: “Maksud dari keterangan (hadits Shahih Bukhari) ini adalah menjelaskan bahwa matahari beredar setiap hari dan setiap malam. Hal ini berbeda dengan apa yang diklaim oleh para astronom bahwa matahari itu menempel di garis orbit dan hal ini berkonsekuensi bahwa yang beredar adalah garis orbitnya, sedangkan zhohir hadits ini bahwa mataharilah yang beredar dan bergerak. Dan semisal dengan ini adalah firman Allah subhanahu wata’ala: “Semuanya beredar pada garis orbitnya.”

6. Berkata Imam Abdul Aziz bin Baz rahimahullah:”Telah tersebar pada zaman ini di kalangan para penulis dan pengajar bahwasanya bumi itu berputar sedangkan matahari itu tetap, dan pendapat ini diikuti oleh banyak orang, maka banyak sekali pertanyaan. Seputar masalah ini…

Maka saya katakan: Al-Quran dan as-Sunnah serta kesepakatan para ulama dan realita yang ada menunjukan bahwa matahari itu beredar di garis edarnya sebagaimana yang ditetapkan oleh Allah Ta’ala sedangkan bumi tetap tidak bergerak, yang mana Allah menyiapkan sebagai tempat tinggal dan Allah memantapkan dengan gunung-gunung agar tidak bergerak bersama mereka.”

7. Berkata Syaikh al-Utsaimin rahimahullah:”Adapun pendapat kami tentang peredaran matahari mengelilingi bumi yang dengannya akan terjadi perubahan siang dan malam, maka kami berpegang dengan zhohir dari nash al-Kitab dan as-Sunnah bahwasanya matahari yang bergerak mengelilingi bumi yang dengannya terjadi pergeseran waktu siang dengan malam. Sehingga ada dalil yang qoth’i yang bisa dijadikan hujjah untuk bisa memalingkan dhohir nash al-Kitab dan as-Sunnah, dan manakah dalil itu?

8. Syaikh Hamud at-Tuwaijiri rahimahullah menulis risalah ‘Petir Yang Menyambar Atas Pengikut Pendapat Tatasurya Model Baru’, yang berisi pembelaan terhadap Imam Abdul Aziz bin Baz rahimahullah sekaligus bantahan terhadap Syaikh Muhammad Mahmud ash-Showwaf yang menyatakan bumi mengelilingi matahari.

9. Syaikh Abdullah ad-Duwaisy rahimahullah:”Asal pendapat bumi mengelilingi matahari diambil dari Phytagoras seorang filsuf Yunani, dan ini adalah pendapat yang bathil yang sangat diketahui kebathilannya bagi orang yang hatinya diberi nur (cahaya) oleh Allah subhanahu wata’ala.

Inilah yang ditetapkan oleh para ulama, dan saya tidak mengetahui ada seorang imam dari kalangan salaf (sahabat, tabi’in dan tabi’ tabi’in) yang menyelisihinya.”

10. Syaikh Abdul Karim bin Shalih al-Humaid rahimahullah menulis kitab ‘Petunjuk Bagi Orang yang Bingung Tentang Masalah Peredaran Matahari dan Bumi’. Dengan berdasarkan dalil-dalil yang sangat kuat yang disampaikan secara gamblang.SUMBER: MATAHARI MENGELILINGI BUMI, SEBUAH KEPASTIAN AL-QURAN DAN AS-SUNNAH SERTA BANTAHAN TERHADAP TEORI BUMI MENGELILINGI MATAHARI (Ahmad Sabiq bin Abdul Lathif Abu Yusuf)

Bantah saja tuh nabi arabmu, alloh gua hiramu, ayat qoranmu, dan juga para ulamamu mot.

 ketawa guling 
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by hampa on Sat Dec 14, 2013 11:05 am

mantafff nih bahasannya... terimakasih

hampa
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 184
Kepercayaan : Lain-lain
Location : jawa barat
Join date : 13.12.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Jagona on Sun Dec 15, 2013 10:52 am

waduuuuhhhh ..... puanjang banget postingannya .... tapi sangat disayangkan, postingannya belum mampu untuk membuktikan kebenaran pernyataan "MATAHARI MENGELILINGI BUMI" ..... coba kita lihat ..........................
@cain wrote:http://aslibumiayu.wordpress.com/2013/07/17/benarkah-bumi-mengelilingi-matahari-jawaban-ilmiyah-dari-alquran-dan-hadits/

Benarkah Bumi Mengitari Matahari
MATAHARI MENGELILINGI BUMI
SEBUAH KEPASTIAN AL-QUR’AN DAN AS-SUNNAH SERTA KESEPAKATAN PARA ULAMA

1. BUMI DIAM TIDAK BERGERAK


Banyak sekali dalil yang menunjukan bahwa bumi itu diam dan tidak bergerak, baik dari al-Qur’an maupun as-Sunnah.

Allah subhanahu wata’ala berfirman:
“Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan bergerak, dan sungguh jika keduanya akan lenyap tidak ada seorang pun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.”[QS. Fathir]
kayanya ada yang keliru terjemah (yang aku bold), barangkali agar sesuai dengan klausul "Bumi tidak bergerak", padahal terjemah yang benar adalah "luput" atau boleh juga "hilang" ... maksudnya ALLAH menahan "Planet-planet" dan Bumi agar tidak luput atau tidak keluar dari orbitnya, sebab kalo luput maka Bimi kita ini akan terlepas dari ikatan Matahari dan melayang entah kemana di alam semestab ini ........... jadi ayat ini tidak menyatakan Bumi tidak bergerak.


“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah berhentinya langit dan bumi dengan iradah-Nya. Kemudian apabila Dia memanggil kamu sekali panggil dari bumi, seketika itu (juga) kamu keluar (dari kubur).”[QS. Ar Ruum]
ayat ini baru berlaku di akherat nanti ....... tidak menyatakan bumi tidak bergerak


“Allah-lah yang menjadikan bumi bagi kamu tempat menetap dan langit sebagai atap…”[QS. Al Mu’min]

“Atau siapakah yang telah menjadikan bumi sebagai tempat berdiam, dan yang menjadikan sungai-sungai di celah-celahnya, dan yang menjadikan gunung-gunung untuk (mengokohkan) nya dan menjadikan suatu pemisah antara dua laut? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) kebanyakan dari mereka tidak mengetahui.”[QS. An Naml]

   Ayat ini menunjukkan bumi tidak bergerak, karena seandainya bumi ini bergerak mengelilingi matahari, berarti ada pergeseran, maka bertentangan dengan ayat ini.
dari kedua ayat di atas, tidak ada pernyataan yang menunjukan bahwa Bumi tidak bergerak, hanya dikatakan sebagai tempat menetap, sedangkan ayat ke dua An Naml 61 menunjukan bahwa "La ilaha Ilallah"

Berkata Ibnu Katsir rahimahullah : maksudnya adalah diam, tenang, tetap tidak bergerak serta tidak membuat goncangan penghuninya, karena tidak mungkin bisa dibuat hidup dengan baik…”

Berkata Imam Baghawi rahimahullah: tidak bergerak bersama penghuni
ini adalah pemahaman jaman "mobil kayu", karena mereka keliru memahami ayat-ayat di atas

Berkata Imam Qurthubi rahimahullah: gunung-gunung bisa menahan dan mencegah bumi dari bergerak.”Allah subhanahu wata’ala berfirman:

“Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak guncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk,”[QS. An-Nahl]

“Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka, dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk.”[QS. Al-Anbiya’]
ada yang keliru terjamah ........... rawasia diterjemahklan dengan "gunung" padahal untuk gunung quran menggunakan "jibalu" ... seharusnya diterjemahkan dengan "batang magnit"/medan magnit yang membujur menghubungkan KU dengan KS dan mengikatkan diri dengan matahari ...... jadi tidak ada pernyataan Bumi tidak bergerak.


“Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu…”[QS. Luqman]

Imam Ibnu Qoyim al-Jauziyah rahimahullah berkata:”Maksudnya Allah menancapkan di bumi gunung-gunung yang tangguh agar bumi itu tidak bergerak.”
anda keliru menerjemahkan rawasia dengan gunung sebagaimana ayat di atas ...... tentunya tidak bisa membuktikan bahwa Bumi tidak bergerak

“Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya…”[QS. Fushshilat]
silakan anda bandingkan dengan terjemah ini :
ayat 41/10 ; Dan DIA jadikan dari atasnya "rawasia" dan memberkahi padanya, dan menentukan padanya waktunya (rotasi dari orbitnya) dalam 4 hari (4000 tahun) bersamaan bagi orang yang bertanya
ayat 41/10 ini adalah salah satu ayat "penciptaan alam semesta"...... jadi tidak membuktikan bahwa Bumi tidak bergerak

“Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh…”[QS. Qof]
lagi-lagi keliru terjemah ....... "madad" bukan hamparan tetapi "perganda" ........ lengkapnya
ayat 50/7 : Dan Bumi itu KAMI perganda dia dan KAMI jadikan padanya "batang magnit", dan KAMI tumbuhkan padanya dari setiap pasangan yang menyenangkan.
jadi gak ada tuh pernyataan Bumi tidak bergerak


“Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?, dan gunung-gunung sebagai pasak?,”[QS. An-Naba’-7]

Berkata Ibnu Katsir rahimahullah:”bumi itu ditundukan untuk makhluk-makhluk dalam keadaan tenang, tetap dan tidak bergerak.
“Yang menjadikan bumi untuk kamu sebagai tempat menetap…”[QS. Az-Zukhruf]
ayat ini menunjukan bagaimana ALLAH menyiapkan tempat untuk makhluk hidup, bukan menunjukan bahwa Bumi tidak bergerak

“…Dan Dia menahan (benda-benda) langit jatuh ke bumi, melainkan dengan izin-Nya? Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada Manusia.[QS. Al-Hajj]
pada ayat inipun tidak membuktikan bahwa Bumi tidak begerak

2. MATAHARI MENGELILINGI BUMI

Allah subhanahu wata’ala berfirman:
“…Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur…”[QS. Al Baqarah]
benar...... pasti matahari terbit dari Timur, sebab Bumi berputar ke sebelah kiri pada porosnya dan bukan berarti Matahari mengelilingi Bumi

“Kemudian tatkala dia melihat matahari terbit, dia berkata: “Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar”, maka tatkala matahari itu telah terbenam, dia berkata: “Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan.”[QS. Al An’am]

“Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan bila matahari itu terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri…”[QS. Al-Kahfi][/quote]
siapapun akan melihat seperti itu, Matahari terbit di Timur dan tenggelam di Barat, tetapi itu tidak menunjukan bahwa Mataharilah yang mengelilingi Bumi

“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” [QS. Al-Anbiya’]

“…Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat…”[QS. Al A’raf]
pergantian siang dan malam, tidak menunjukan bahwa Matahari mengelilingi Bumi, itu karena rotasi Bumi pada porosnya yang berlangsung selama 24 jam menghadapkan pewrmukaannya ke Matahari ------> terjadi siang dan malam


“Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”[QS. Az-Zumar]
sama seperti di pergantian siang dan malam tidak menunjukan bahwa Matahari mengelilingi Bumi .

“Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengiringinya,”[QS. Asy-Syams-2]
klausul mana yang menunjukan Matahari mengelilingi Bumi pada ayat ini

Dari ayat-ayat ini sudah jelas menunjuk bahwa matahari lah yang bergerak mengelilingi bumi. Seandainya bumi yang berotasi, niscaya Allah ta’ala tidak mengatakan bahwa matahari yang terbit. Allah menjadikan gerakan terbit dan terbenam itu oleh matahari. Allah Ta’ala menjadikan bahwa yang terbit, condong, tenggelam dan menjauhi itu semuanya dilakukan oleh matahari, seandainya bukan matahari yang bergerak niscaya tidak akan disandarkan semua perbuatan tersebut kepada matahari.
kesimpulan yang tidak sesuai dengan kandungan ayat yang sebenarnya.


 ketawa guling [/quote]

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by cain on Sun Dec 15, 2013 3:58 pm

Silakan loe bantah tuh alloh, nabi arabmu, qoranmu, dan juga para ulamamu oi gona  ketawa guling 

avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Jagona on Tue Dec 17, 2013 8:34 am

@cain wrote:Silakan loe bantah tuh alloh, nabi arabmu, qoranmu, dan juga para ulamamu oi gona  ketawa guling 


hi hi hi ...............kalap ....... ALLAH. Muhammad dan Quran ........... gak bisa dibantah ........ aku membantah terjemah ayat-ayat quran dan pemahaman para ulama sebagai mana aku postingkan di atas ........... silakan anda baca dan pahami, jangan merasa benar dulu karena dapat nyopas dari tulisan orang ............ okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 17, 2013 8:57 am


terjemahan DEPAG/MUI
gak ada yang protes, berarti bener

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Jagona on Tue Dec 17, 2013 12:05 pm

@SEGOROWEDI wrote:
terjemahan DEPAG/MUI
gak ada yang protes, berarti bener

gak ada yang protes ............. belum berarti benar

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 17, 2013 12:15 pm



lha kalau gak benar kok dibarin dipakai jutaan umat?
kamu sendiri cuman ngedumel di LI

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by aliumar on Tue Dec 17, 2013 2:19 pm

“Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengiringinya.” (QS Asy Syams: 1-2).

Makna (mengiringinya) adalah: datang setelahnya.

Nah Bagaimana mungkin bisa dikatakan "bulan mengiringi matahari (datang setelahnya)", jikalau matahari sbg pusat tata surya?

ayat quran benar2 tidak sesuai dgn fakta science...

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by cain on Tue Dec 17, 2013 5:55 pm

@SEGOROWEDI wrote:

lha kalau gak benar kok dibarin dipakai jutaan umat?
kamu sendiri cuman ngedumel di LI

Biarin saja mas bro SW, sudah biasa dia MEMBANTAH alloh, si nabi arab, qoran dan para ulamanya sendiri  piss 

avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik