FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Halaman 4 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by ramayana on Sun Aug 04, 2013 9:42 pm

First topic message reminder :

banyak sekali hoax akan keajaiban di kitab suci. salah satunya ini..

@Mutiara wrote:Garis Edar Matahari
(QS:36: 38)Dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.
Dulu orang berfikir matahari berjalan mengelilingi bumi, maka ketika mereka baca ayat diatas mereka berpikiran yang sama, dan mereka menerimanya,. Sekarang telah diketahui bumi mengelilingi matahari. Ayat di atas ternyata juga menunjukkan kebenarannya juga. Faktanya matahari adalah bintang dalam sayap galaksi Bima sakti/milky way yang beredar mengelilingi pusat galaksi. Maha Besar Alloh, yang membuat ayat yang bisa diterima di setiap jaman.

yang benar adalah tatasurya ber-rotasi terhadap pusat galaxi bimasakti. dan ini termasuk matahari dan semua planet dan benda angkasa yg berpusat di matahari. sedemikan besarnya galaxi bimasakti sampai 1 putaran memkan waktu 230 juta tahun!!

tentu sangat ga masuk akal kalau quran tahu hal ini. dan tentu saja memang tidak tahu. mari kita lihat....

kembali ke ayat quran yg di kutip copasan diatas.

ini ayat lengkapnya. al yasin 37-40

37. Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan.

38. Dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

39. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua 1268 .

40. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.

=== terlihat disini, Quran berbicara tentang siang dan malam!! matahari ini beredar atau ber-rotasi/berjalan adalah dalam kaitan antara siang dan malam. antara matahari sebagai tanda siang, dan bulan sebagai tanda malam!

dan rotasi matahari ke pusat galaxi itu tidak menimbulkan kejadian siang dan malam!!

jadi sangat hoax kalau berkata ini sebagai tanda quran tahu matahari berotasi mengelilingi pusar galaxi.

ini adalah pandangan islam yg telah di fatwakan banyak ulama.

Apakah Matahari Berputar Mengelilingi Bumi ?


Oleh
Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin




Pertanyaan
Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin ditanya: "Apakah Matahari berputar mengelilingi bumi?".

Jawaban.
"Dhahirnya dalil-dalil syar'i menetapkan bahwa mataharilah yang berputar mengelilingi bumi dan dengan perputarannya itulah menyebabkan terjadinya pergantian siang dan malam di permukaan bumi, tidak ada hak bagi kita untuk melewati dhahirnya dalil-dalil ini kecuali dengan dalil yang lebih kuat dari hal itu yang memberi peluang bagi kita untuk menakwilkan dari dhahirnya. Diantara dalil-dalil yang menunjukkan bahwa matahari berputar mengelilingi bumi sehingga terjadi pergantian siang dan malam adalah sebagai berikut.

[1]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman tentang Ibrahim akan hujahnya terhadap yang membantahnya tentang Rabb.

"Artinya : Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat," [Al Baqarah : 258]

Maka keadaan keadaan matahari yang didatangkan dari timur merupakan dalil yang dhahir bahwa matahari berputar mengelilingi bumi.

[2]. Dan Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman juga tentang Ibrahim.

"Artinya : Kemudian tatkala dia melihat matahari terbit, dia berkata: 'Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar', maka tatkala matahari itu terbenam dia berkata : 'Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan.'" [Al-An'am : 78]

Jika Allah menjadikan bumi yang mengelilingi matahari niscaya Allah berkata: "Ketika bumi itu hilang darinya".

[3]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka berada disebelah kanan, dan bila matahari itu terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu." [Al-Kahfi : 17]

Allah menjadikan yang condong dan menjauhi adalah matahari, itu adalah dalil bahwa gerakan itu adalah dari matahari, kalau gerakan itu dari bumi niscaya Dia berkata: "gua mereka condong darinya(matahari)". Begitu pula bahwa penyandaran terbit dan terbenam kepada matahari menunjukkan bahwa dialah yang berputar meskipun dilalahnya lebih sedikit dibandingkan dilalah firmanNya "(condong) dan menjauhi mereka)".

[4]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang,matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya." [Al-Anbiya' : 33]

Ibnu Abbas radhiallahu anhu berkata:"Berputar dalam suatu garis peredaran seperti alat pemintal". Penjelasan itu terkenal darinya.

[5]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat," [Al-A'raf : 54]

Allah menjadikan malam mengejar siang, dan yang mengejar itu yang bergerak dan sudah maklum bahwa siang dan malam itu mengikuti matahari.

[6]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman

"Artinya : Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang banar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun." [Az Zumar : 5]

FirmanNya: "Menutupkan malam atau siang" artinya memutarkannya atasnya seperti tutup sorban menunjukkan bahwa berputar adalah dari malam dan siang atas bumi. Kalau saja bumi yang berputar atas keduanya (malam dan siang) niscaya Dia berkata: "Dia menutupkan bumi atas malam dan siang". Dan firmanNya: "matahari dan bulan, semuanya berjalan", menerangkan apa yang terdahulu menunjukkan bahwa matahari dan bulan keduanya berjalan dengan jalan yang sebenarnya (hissiyan makaniyan), karena menundukkan yang bergerak dengan gerakannya lebih jelas maknanya daripada menundukkan yang tetap diam tidak bergerak.

[7]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengirinya," [Asy-Syam : 1-2]

Makna (mengiringinya) adalah datang setelahnya. dan itu dalil yang menunjukkan atas berjalan dan berputarnya matahari dan bulan atas bumi. Seandainya bumi yang berputar mengeliligi keduanya tidak akan bulan itu mengiringi matahari, akan tetapi kadang-kadang bumi mengelilingi matahari dan kadang-kadang matahari mengeliling bulan, karena matahari lebih tinggi dari pada bulan. Dan untuk menyimpulan ayat ini membutuhkan pengamatan.

[8]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman

"Artinya : Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dan malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan, dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai tandan yang tua. Tidaklah mugkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya." [Yaa-Siin : 37-40]

Penyandaran kata berjalan kepada matahari dan Dia jadikan hal itu sebagai kadar/batas dari Dzat yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui menunjukkan bahwa itu adalah haqiqi (sebenarnya) dengan kadar yang sempurna, yang mengakibatkan terjadinya perbedaan siang malam dan batas-batas (waktu). Dan penetapan batas-batas edar bulan menunjukkan perpindahannya di garis edar tersebut. Kalau seandainya bumi yang berputar mengelilingi maka penetapan garis edar itu bukannya untuk bulan. Peniadaan bertemunya matahari dengan bulan dan malam mendahului siang menunjukkan pengertian gerakan muncul dari matahari, bulan malam dan siang.

[9]. Nabi Shallallahu 'alaihi wassallam berkata kepada Abu Dzar radhiallahu anhu dan matahari telah terbenam.

"Artinya : Apakah kamu tahu kemana matahari itu pergi ?" Dia menjawab: "Allah dan RasulNya lebih tahu". Beliau bersabda: "Sesungguhnya dia pergi lalu bersujud di bawah arsy, kemudian minta izin lalu diijinkan baginya, hampir-hampir dia minta izin lalu tidak diijinkan. Kemudian dikatakan kepadanya: "Kembalilah dari arah kamu datang lalu dia terbit dari barat (tempat terbenamnya) atau sebagaimana dia bersabda [Muttafaq 'alaih] [1]

PerkataanNya: "Kembalilah dari arah kamu datang, lalu dia terbit dari tempat terbenamnya" sangatlah jelas sekali bahwa dia (matahari) itulah yang berputar mengelilingi bumi dengan perputarannya itu terjadinya terbit dan terbenam.

[10]. Hadits-hadits yang banyak tentang penyandaran terbit dan terbenam kepada matahari, maka itu jelas tentang terjadinya hal itu dari matahari tidak kepada bumi."

Boleh jadi disana masih banyak dalil-dalil lain yang tidak saya hadirkan sekarang, namun apa yang telah saya sebutkan sudah cukup tentang apa yang saya maksudkan. Wallahu Muwaffiq."


[Disalin dari Majmu Fatawa Arkanul Islam, edisi Indonesia Majmu Fatawa Solusi Problematika Umat Islam Seputar Akidah Dan Ibadah, Penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Terbitan Pustaka Arafah]

http://almanhaj.or.id/content/1412/slash/0/apakah-matahari-berputar-mengelilingi-bumi/

islam beranggapan mataharilah yang mengelilingi bumi!

memang tidak secara lugas dikatakan matahari mengelilingi bumi.. tetapi penjelasannya sudah sangat lengkap!

Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang,matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya." [Al-Anbiya' : 33]

== quran berkata.. matahari dan bulan beredar/rotasi untuk menciptakan siang dan malam!

dari surah al yasin 40

Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.

terlihat bila peredaran matahari dan bulan itu sebagai tanda siang dan malam. matahari siang dan bulan di malam hari.
tentu ini juga tidak benar! ingat gerhana matahari?? bulan ada di siang hari! dan menutupi matahari.

sudah jelas kalau matahari mendapatkan bulan.. dimana dikatakan quran hal itu mustahil!! siang dan malam memang tidak dapat saling kejar.. tetapi matahari dapat "mengejar bulan".

kalau matahari dan bulan di quran dikatakan sebagai tanda atau "penguasa" siang dan malam.. tentu saja merekalah yg berputar di bumi.

ini dikuatkan hadis..

Nabi Shallallahu 'alaihi wassallam berkata kepada Abu Dzar radhiallahu anhu dan matahari telah terbenam.

"Artinya : Apakah kamu tahu kemana matahari itu pergi ?" Dia menjawab: "Allah dan RasulNya lebih tahu". Beliau bersabda: "Sesungguhnya dia pergi lalu bersujud di bawah arsy, kemudian minta izin lalu diijinkan baginya, hampir-hampir dia minta izin lalu tidak diijinkan. Kemudian dikatakan kepadanya: "Kembalilah dari arah kamu datang lalu dia terbit dari barat (tempat terbenamnya) atau sebagaimana dia bersabda [Muttafaq 'alaih] [1]

lihat.. matahari yg bergerak. krn di tanya kemana matahari pergi.. dan di akhir dikatakan Allah menyuruh matahari untuk kembali dari arah datang. alias pergi ke timur dan datang dari barat!

kalau matahari yg bergerak.. tentu kesimpulannya adalah bumi yang diam! atau jadi pusatnya. krn matahari bergerak terhadap bumi (tempat kedudukan nabi mohamad) seperti kata hadist diatas.

jadi please.. jangan hoax! apa kalian mau menentang quran dan fatwa ulama??

ane malas ulas yg lain... 1 aja sudah cukup membuktikan!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3479
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down


Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Jagona on Wed Dec 18, 2013 9:49 am

@SEGOROWEDI wrote:

lha kalau gak benar kok dibarin dipakai jutaan umat?
kamu sendiri cuman ngedumel di LI

tuhh, kan yang bilang gak bener kan kamu ............. aku bilang belum tentu benar, karena banyak yang bener dan ada juga yang gak bener, tolong dong jangan membuat interpretasi yang keliru

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by jaya on Sat Jan 04, 2014 5:14 pm

Bener gak sih matahari mengelilingi bumi?
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Jagona on Sun Jan 05, 2014 9:40 am

@aliumar wrote:“Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengiringinya.” (QS Asy Syams: 1-2).

Makna (mengiringinya) adalah: datang setelahnya.

Nah Bagaimana mungkin bisa dikatakan "bulan mengiringi matahari (datang setelahnya)", jikalau matahari sbg pusat tata surya?

ayat quran benar2 tidak sesuai dgn fakta science...

hi hi hi ........ datang setelahnya bukan berarti bulan mengelilingi matahari ............ lihat aja kalo pagi anda lihat matahari ........ kalo malam kan anda lihat bulan ....... bulan itu mengelilingi Bumi dan kedua-duanya mengelilingi matahari ............ kenyataannya alquran sangat ilmiah ..................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Jagona on Sun Jan 05, 2014 9:42 am

@jaya wrote:Bener gak sih matahari mengelilingi bumi?

yaaa ...... pasti gak bener ................ okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Jagona on Sun Jan 05, 2014 9:49 am

@cain wrote:
@SEGOROWEDI wrote:

lha kalau gak benar kok dibarin dipakai jutaan umat?
kamu sendiri cuman ngedumel di LI

Biarin saja mas bro SW, sudah biasa dia MEMBANTAH alloh, si nabi arab, qoran dan para ulamanya sendiri  piss 


hi hi hi ....... kalo dah  panik panik panik  , usahakan  bobo bobo bobo  dulu

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by aliumar on Sun Jan 05, 2014 1:21 pm

hi hi hi ........ datang setelahnya bukan berarti bulan mengelilingi matahari ............ lihat aja kalo pagi anda lihat matahari ........ kalo malam kan anda lihat bulan ....... bulan itu mengelilingi Bumi dan kedua-duanya mengelilingi matahari ............ kenyataannya alquran sangat ilmiah ..................... okey
Pertanyaannya:
Bagaimana mungkin bisa dikatakan "bulan datang setelah matahari", jikalau matahari sbg pusat tata surya, yg dikelilingi oleh bulan (bersama2 dgn bumi)?

Gimana yg merah di atas bisa terjadi dlm konsep heliosentris (yg adalah fakta yg terjadi sebenarnya)?


aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Mutiara on Mon Jan 06, 2014 5:52 am

itu ayat menjelaskan tentang BULATnya bumi, tak akan bisa matahari dan bulan berkejaran, dan tenggelam di kolam lumpur (SUNSET) kalau bumi itu datar, jadi ayat itu menjelaskan tentang bulatnya bumi.

Nah, sedangkan penjelasan tentang orbitnya matahari mengelilingi PUSAT GALAKSI, itu di ayat lain, selama ini orang mengira matahari diam, padahal di Quran jelas disebutkan matahari beredar, tidak diam, tapi berorbit dengan peredaran yang berBEDA dengan orbit bulan. Masing-masing matahari dan bulan berorbit secara berBEDA, yakni bulan berorbit mengelilingi bumi, sedangkan matahari berorbit mengelilingi Pusat Galaksi.

Maha benar Allah dengan segala firmanNya.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by jaya on Mon Jan 06, 2014 6:03 am

Pusat galaksi itu mana? Udah konfirmasi lum ke hasil penelitian kafir, tampilin donk dalil al quran dan pernyataan kafirnya. Ntar kelihatan nyambung apa saling silang.
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Jagona on Mon Jan 06, 2014 11:52 am

@aliumar wrote:
hi hi hi ........ datang setelahnya bukan berarti bulan mengelilingi matahari ............ lihat aja kalo pagi anda lihat matahari ........ kalo malam kan anda lihat bulan ....... bulan itu mengelilingi Bumi dan kedua-duanya mengelilingi matahari ............ kenyataannya alquran sangat ilmiah ..................... okey
Pertanyaannya:
Bagaimana mungkin bisa dikatakan "bulan datang setelah matahari", jikalau matahari sbg pusat tata surya, yg dikelilingi oleh bulan (bersama2 dgn bumi)?

Gimana yg merah di atas bisa terjadi dlm konsep heliosentris (yg adalah fakta yg terjadi sebenarnya)?


bukahkah BUMI berputar pada porosnya, ..... ketika bagian permukaan bumi yang menghadap matahari tentunya dikatakan dalam keadaan siang, pada saat ini bulan tidak akan nampak ..... baru nampak bila bagian permukaan bumi tersebut membelakangi matahari (malam hari) .......... mau dibalik juga bisa matahari datang setelah bulan ............ okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: Matahari mengelilingi Bumi.

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 4 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik