FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Muslim-Zone Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Mutiara on Thu Aug 15, 2013 7:06 am

First topic message reminder :

  kaget: marah   info 

Menjawab fitnah matahari tenggelam di lumpur.



Ini persisnya bunyi ayatnya, supaya tidak diplintir-plintir:

QS 18. Al Kahfi
86. Hingga apabila dia telah sampai ketempat terbenam matahari, dia melihat matahari terbenam[887] di dalam laut yang berlumpur hitam, dan dia mendapati di situ segolongan umat[888]. Kami berkata: "Hai Dzulkarnain, kamu boleh menyiksa atau boleh berbuat kebaikan[889] terhadap mereka.
[887]. Maksudnya: sampai ke pantai sebelah barat di mana Dzulqarnain melihat matahari sedang terbenam.
[888]. Ialah umat yang tidak beragama.
[889]. yaitu dengan menyeru mereka kepada beriman.

QS 18. Al Kahfi
90. Hingga apabila dia telah sampai ke tempat terbit matahari (sebelah Timur) dia mendapati matahari itu menyinari segolongan umat yang Kami tidak menjadikan bagi mereka sesuatu yang melindunginya dari (cahaya) matahari[890] itu,
[890]. Menurut sebagian ahli tafsir bahwa golongan yang ditemui Dzulqarnain itu adalah umat yang miskin.

Ayat itu menjelaskan tentang Dzulkarnaen, seorang pengembara.
JAdi sama sekali bukan ayat yang menjelaskan tentang bentuk bumi atau tentang matahari. Matahari disitu adalah matahari DALAM PANDANGAN SEORANG MANUSIA yang tinggal DI MUKA BUMI, yakni Dzulkarnaen.

Tenggelam merupakan makna kias, yang menandakan hari sudah sore. Seperti halnya jika anda pergi ke pantai, saat sore hari Matahari seolah-olah tenggelam di laut (Sun Set). Ini mengindikasikan hari sudah sore saat Dzulkarnaen tiba di tepi Laut Hitam.

Dan dia (Dzulkarnaen) melihat Sun Set, yaitu matahari yang perlahan-lahan hilang ditelan lautan. Disebut Laut Hitam karena berwarna hitam yang disebabkan Lumpur di dasar laut yang berwarna Hitam. Laut ini ada di perbatasan Turki dan Rusia. Disebut laut Merah karena berwarna merah karena dasar lautnya terdapat ganggang berwarna Merah yang berada di daerah Mesir.

Jadi ayat diatas sebenarnya menerangkan tentang waktu. Waktu dimana hari sudah sore. Bahwa ketika Dzulkarnaen tiba di tepian laut Hitam dia melihat Matahari tenggelam (Sun Set)




Al Quran secara LENGKAP menjelaskan ttg bentuk bumi, yakni dari pandangan seorang manusia yang tinggal di muka bumi, maupun bentuk bumi jika dilihat dari luar bumi (dalam ayat lainnya).
dan secara AKURAT, dan TEPAT menjelaskannya, yakni bukan BULAT SEMPURNA, melainkan BULAT ELIPSIS, seperti telur burung unta karena pepat di kedua kutubnya.

http://www.answering-christianity.com/egg-shaped_earth.htm

yes joged  2 good kagum 
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down


Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Jagona on Wed Jan 08, 2014 11:44 am

@Mutiara wrote:itu kan tafsir kamu sendiri, beda lagi dengan tafsir dari Depag, dll....

ada banyak versi, dan aku memilih tafsir yang pasti dan penting saja, yakni focus pada peristiwa sunsetnya (tenggelamnya matahari di kolam lumpur), yakni isyarat quran bahwa bumi itu BULAT.

yaaaaaaa ******deleted by sayah******

 sholat yuk sholat yuk sholat yuk sholat yuk sholat yuk 

 sholat yuk sholat yuk sholat yuk sholat yuk sholat yuk

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Mutiara on Wed Jan 08, 2014 11:58 am

coba sana kamu debat tafsir depag....berani?
kalau kamu bukan pengecut anak paud sana debat tafsiran Depag......

dikasih tahu bahwa banyak versi....kok masih ngeyel...
padahal itu tidak urgen....yang terpenting justru isyarat ayat itu bahwa bumi itu bulat...karena bisa terjadi sunset.....

gak usah banyak berangan-angan macam-macam...
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Jagona on Thu Jan 09, 2014 10:13 am

@Mutiara wrote:coba sana kamu debat tafsir depag....berani?
kalau kamu bukan pengecut anak paud sana debat tafsiran Depag......

dikasih tahu bahwa banyak versi....kok masih ngeyel...
padahal itu tidak urgen....yang terpenting justru isyarat ayat itu bahwa bumi itu bulat...karena bisa terjadi sunset.....

gak usah banyak berangan-angan macam-macam...


kenapa tidak berani .......... untuk kebenaran ............. yang ngeyel itu kamu, kalo gak penting gak akan ada di quran ................ okey, kalo keukeuh ayat itu menunjukan Bumi bulat... satu pertanyaan buat anda : kenapa bumi jadi bulat ?

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Mutiara on Thu Jan 09, 2014 11:16 pm

ada yang LEBIH penting dari sekedar tahu tempat dimana pengembaraan Dzulkarnaen, itu cuma sejarah...

Hikmah yang lebih penting yang bisa diambil dari ayat itu adalah isyarat Quran bahwa bumi itu BULAT.

menunjukan bahwa Al Quran itu adalah ASLI firman dari Allah, tuhan asli yang benar-benar sebagai Sang PEncipta seluruh alam semesta.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Jagona on Fri Jan 10, 2014 8:59 am

@Mutiara wrote:ada yang LEBIH penting dari sekedar tahu tempat dimana pengembaraan Dzulkarnaen, itu cuma sejarah...


kolam lumpur yang tercantum di ayat 18/86 itu justru sangat penting, karena itulah Kutub Selatan Bumi sebelum dipindahkan ke tempat yang sekarang.
sejarah yang mana ........ anda tahu siapa dzulqornain itu ?

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Mutiara on Fri Jan 10, 2014 5:12 pm

gw tidak tertarik dengan tafsir lain yang spekulatif, ada yang LEBIH PENTING diperhatikan dari ayat ini, yakni isyarat Quran tentang bulatnya bumi, ini lebih penting dari kisah sejarah apapun.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Jagona on Sat Jan 11, 2014 9:21 am

@Mutiara wrote:gw tidak tertarik dengan tafsir lain yang spekulatif, ada yang LEBIH PENTING diperhatikan dari ayat ini, yakni isyarat Quran tentang bulatnya bumi, ini lebih penting dari kisah sejarah apapun.

hi hi hi ........... kalo gak bisa jawab siapa dzulqornain .............  bobo bobo  aja

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Mutiara on Sat Jan 11, 2014 12:18 pm

bisa saja, dan tentu saja hal itu akan BANYAK sekali VERSI, DEPAG dengan analisanya sendiri, kamu dengan alasanmu sendiri yang mbulet-mbulet itu, ada juga nanti si A si B dengan analisanya sendiri.

NAh, yang PASTI adalah ayat itu mengisyaratkan bahwa bumi itu BULAT. dan hal ini LEBIH penting utnuk diketahui dibanding sekedar kisah sejarah suatu tempat.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Jagona on Sun Jan 12, 2014 9:43 am

@Mutiara wrote:bisa saja, dan tentu saja hal itu akan BANYAK sekali VERSI, DEPAG dengan analisanya sendiri, kamu dengan alasanmu sendiri yang mbulet-mbulet itu, ada juga nanti si A si B dengan analisanya sendiri.

NAh, yang PASTI adalah ayat itu mengisyaratkan bahwa bumi itu BULAT. dan hal ini LEBIH penting utnuk diketahui dibanding sekedar kisah sejarah suatu tempat.

aku tanya "SIAPA DZULQORNAIN ITU ? .......... jawab aja pertanyaan, jangan nylonong ke mana-mana ..................... yes

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Mutiara on Sun Jan 12, 2014 8:08 pm

kamu cari tahu aja sendiri...kamu kan suka hal-hal yang spekulatif...
kalau secara standard kebanyakan muslim memahami bahwa Dzulkarnaen itu seorang pengembara. Kisah di ayat itu titik pointnya justru bukan pada Dzulkarnaennya atau tempat akhir pengembaraaanya, justru pada SUNSETnya, yakni sebagai isyarat Quran bahwa bumi itu BULAT.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Jagona on Mon Jan 13, 2014 8:55 am

@Mutiara wrote:kamu cari tahu aja sendiri...kamu kan suka hal-hal yang spekulatif...
kalau secara standard kebanyakan muslim memahami bahwa Dzulkarnaen itu seorang pengembara. Kisah di ayat itu titik pointnya justru bukan pada Dzulkarnaennya atau tempat akhir pengembaraaanya, justru pada SUNSETnya, yakni sebagai isyarat Quran bahwa bumi itu BULAT.

huuhhhhhh ............. salah noon

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Mutiara on Sat Jan 18, 2014 8:23 pm

salah menurutmu, bisa benar menurut Allah
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Jagona on Sun Jan 19, 2014 11:38 am

@Mutiara wrote:salah menurutmu, bisa benar menurut Allah

yaa pede amat ............ ditanya siapa dzulqornain aja gak tahu ......... bawa-bawa ALLAH segala

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Mutiara on Sun Jan 19, 2014 7:06 pm

apa jaminannya bahwa tafsiranmu itu benar dimata Allah, dibanding tafsiran depag dan muslim lainnya.
mana bukti ilmiahnya, mana hasil penelitiannya....

kepedeean deh loe.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by ritara on Wed Jan 22, 2014 7:26 am

salah satu ayat yang menjelaskan kebenaran dan keaslian firman tuhan ini
avatar
ritara
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 170
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 09.01.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by roswan on Sun Feb 02, 2014 1:34 pm

@Mutiara wrote:  kaget:  marah   info 

Menjawab fitnah matahari tenggelam di lumpur.



Ini persisnya bunyi ayatnya, supaya tidak diplintir-plintir:

QS 18. Al Kahfi
86. Hingga apabila dia telah sampai ketempat terbenam matahari, dia melihat matahari terbenam[887] di dalam laut yang berlumpur hitam, dan dia mendapati di situ segolongan umat[888]. Kami berkata: "Hai Dzulkarnain, kamu boleh menyiksa atau boleh berbuat kebaikan[889] terhadap mereka.
[887]. Maksudnya: sampai ke pantai sebelah barat di mana Dzulqarnain melihat matahari sedang terbenam.
[888]. Ialah umat yang tidak beragama.
[889]. yaitu dengan menyeru mereka kepada beriman.

QS 18. Al Kahfi
90. Hingga apabila dia telah sampai ke tempat terbit matahari (sebelah Timur) dia mendapati matahari itu menyinari segolongan umat yang Kami tidak menjadikan bagi mereka sesuatu yang melindunginya dari (cahaya) matahari[890] itu,
[890]. Menurut sebagian ahli tafsir bahwa golongan yang ditemui Dzulqarnain itu adalah umat yang miskin.

Ayat itu menjelaskan tentang Dzulkarnaen, seorang pengembara.
JAdi sama sekali bukan ayat yang menjelaskan tentang bentuk bumi atau tentang matahari. Matahari disitu adalah matahari DALAM PANDANGAN SEORANG MANUSIA yang tinggal DI MUKA BUMI, yakni Dzulkarnaen.

Tenggelam merupakan makna kias, yang menandakan hari sudah sore. Seperti halnya jika anda pergi ke pantai, saat sore hari Matahari seolah-olah tenggelam di laut (Sun Set). Ini mengindikasikan hari sudah sore saat Dzulkarnaen tiba di tepi Laut Hitam.

Dan dia (Dzulkarnaen) melihat Sun Set, yaitu matahari yang perlahan-lahan hilang ditelan lautan. Disebut Laut Hitam karena berwarna hitam yang disebabkan Lumpur di dasar laut yang berwarna Hitam. Laut ini ada di perbatasan Turki dan Rusia. Disebut laut Merah karena berwarna merah karena dasar lautnya terdapat ganggang berwarna Merah yang berada di daerah Mesir.

Jadi ayat diatas sebenarnya menerangkan tentang waktu. Waktu dimana hari sudah sore. Bahwa ketika Dzulkarnaen tiba di tepian laut Hitam dia melihat Matahari tenggelam (Sun Set)




Al Quran secara LENGKAP menjelaskan ttg bentuk bumi, yakni dari pandangan seorang manusia yang tinggal di muka bumi, maupun bentuk bumi jika dilihat dari luar bumi (dalam ayat lainnya).
dan secara AKURAT, dan TEPAT menjelaskannya, yakni bukan BULAT SEMPURNA, melainkan BULAT ELIPSIS, seperti telur burung unta karena pepat di kedua kutubnya.

http://www.answering-christianity.com/egg-shaped_earth.htm

yes joged  2 good kagum 

Nice info :D
avatar
roswan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 493
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 19.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Jagona on Tue Feb 04, 2014 11:49 am

@Mutiara wrote:apa jaminannya bahwa tafsiranmu itu benar dimata Allah, dibanding tafsiran depag dan muslim lainnya.
mana bukti ilmiahnya, mana hasil penelitiannya....

kepedeean deh loe.

biar anda tahu aja, bahwa yang dimaksud dengan Dzulqornain yang tercantum dalam ayat 18/83 s/d ayat 18/98 ditujukan kepada seluruh manusia yang ada di bumi ini, yang selalu berada dalam pro dan kontra ................... itu aja dulu untuk dipahami ............ okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Jagona on Tue Feb 04, 2014 12:03 pm

@Mutiara wrote:  :

Menjawab fitnah matahari tenggelam di lumpur.

Ini persisnya bunyi ayatnya, supaya tidak diplintir-plintir:


QS 18. Al Kahfi
90. Hingga apabila dia telah sampai ke tempat terbit matahari (sebelah Timur) dia mendapati matahari itu menyinari segolongan umat yang Kami tidak menjadikan bagi mereka sesuatu yang melindunginya dari (cahaya) matahari[890] itu,
[890]. Menurut sebagian ahli tafsir bahwa golongan yang ditemui Dzulqarnain itu adalah umat yang miskin.

Ayat itu menjelaskan tentang Dzulkarnaen, seorang pengembara.
JAdi sama sekali bukan ayat yang menjelaskan tentang bentuk bumi atau tentang matahari. Matahari disitu adalah matahari DALAM PANDANGAN SEORANG MANUSIA yang tinggal DI MUKA BUMI, yakni Dzulkarnaen
.


hi hi hi ............ kita kembali kepada apa yang anda tulis di atas, anda lihat yang aku gedein ?
padahal anda mati-matian menyatakan bahwa ayat dalam al-kahfi itu membuktikan bahwa bumi itu bulat ............... hi hi hi .......... kepedean banget

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Jagona on Tue Feb 04, 2014 12:07 pm

@ritara wrote:salah satu ayat yang menjelaskan kebenaran dan keaslian firman tuhan ini

hi hi hi ........... ayat mana neng maksudkan ?

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Mutiara on Sat Feb 22, 2014 3:42 am

Makna ayat Quran itu BERLAPIS-LAPIS, ibaratnya seperti mengupas bawang, ada banyak lapisannya.

Sekilas sekali baca, maka makna yang diperoleh adalah tentang seorang pengembara Dzulkarnaen, jadi tak bisa lantas secara picik diartikan secara harafiah matahari benar-benar tenggelam di kolam lumpur yang hitam. Itu maksud aku.

Nah, kemudian setelah didalami dan ditelaah lebih lanjut, sebenarnya ayat itu berbicara tentang SUNSET, peristiwa saat SENJA hari di TEPI PANTAI (tempat akhir pengembaraan Dzulkarnaen, si pengembara itu).

Lalu bagi orang yang berpikir, maka diketahui bahwa sebenarnya ayat itu merupakan isyarat Quran bahwa bumi itu sebenarnya bulat, sehingga bisa terjadi peristiwa sunset itu, kalau bumi itu datar maka tak akan pernah bisa terjadi peristiwa SUNSET itu.

Makna ayat-ayat Quran memang sangat dalam dan luas, sedangkan otan manusia itu sangat terbatas, sehingga untuk mengkaji ayat-ayat Quran, sampai kiamat tiba pun belum akan selesai.

Ilmunya Allah sedemikian luas dan tak terhingga, sedangkan ilmunya manusia hanya setetes air dari lautan samudra saja.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by amara on Sun Feb 23, 2014 7:39 am

yoip, kemampuan manusia memang terbatas, dan berbeda-beda.
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Jagona on Tue Feb 25, 2014 10:40 am

@Mutiara wrote:Makna ayat Quran itu BERLAPIS-LAPIS, ibaratnya seperti mengupas bawang, ada banyak lapisannya.

Sekilas sekali baca, maka makna yang diperoleh adalah tentang seorang pengembara Dzulkarnaen, jadi tak bisa lantas secara picik diartikan secara harafiah matahari benar-benar tenggelam di kolam lumpur yang hitam. Itu maksud aku.

Nah, kemudian setelah didalami dan ditelaah lebih lanjut, sebenarnya ayat itu berbicara tentang SUNSET, peristiwa saat SENJA hari di TEPI PANTAI (tempat akhir pengembaraan Dzulkarnaen, si pengembara itu).

Lalu bagi orang yang berpikir, maka diketahui bahwa sebenarnya ayat itu merupakan isyarat Quran bahwa bumi itu sebenarnya bulat, sehingga bisa terjadi peristiwa sunset itu, kalau bumi itu datar maka tak akan pernah bisa terjadi peristiwa SUNSET itu.

Makna ayat-ayat Quran memang sangat dalam dan luas, sedangkan otan manusia itu sangat terbatas, sehingga untuk mengkaji ayat-ayat Quran, sampai kiamat tiba pun belum akan selesai.

Ilmunya Allah sedemikian luas dan tak terhingga, sedangkan ilmunya manusia hanya setetes air dari lautan samudra saja.

neng ........... ini forum banyak pembacanya ....... jadi tolong dong jangan mencla-mencle postingannya .......... satu saat neng menyatakan ayat 18/86 membuktikan bumi bulat, disaat lain menyatakan pengembaraan dzulkarnain, akhirnya melebar menyatakan otak manusia terbnatas
....... hi hi hi .......... jangan membandingkan ilmu ALLAH dengan ilmu namusia, itu langkah yang tidak bijak ................. key

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Jagona on Tue Feb 25, 2014 10:43 am

@amara wrote:yoip, kemampuan manusia memang terbatas, dan berbeda-beda.

neng .............. neng ini maungomong apa ? ................ okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by roswan on Wed Feb 26, 2014 5:08 am

@Mutiara wrote:Makna ayat Quran itu BERLAPIS-LAPIS, ibaratnya seperti mengupas bawang, ada banyak lapisannya.

Sekilas sekali baca, maka makna yang diperoleh adalah tentang seorang pengembara Dzulkarnaen, jadi tak bisa lantas secara picik diartikan secara harafiah matahari benar-benar tenggelam di kolam lumpur yang hitam. Itu maksud aku.

Nah, kemudian setelah didalami dan ditelaah lebih lanjut, sebenarnya ayat itu berbicara tentang SUNSET, peristiwa saat SENJA hari di TEPI PANTAI (tempat akhir pengembaraan Dzulkarnaen, si pengembara itu).

Lalu bagi orang yang berpikir, maka diketahui bahwa sebenarnya ayat itu merupakan isyarat Quran bahwa bumi itu sebenarnya bulat, sehingga bisa terjadi peristiwa sunset itu, kalau bumi itu datar maka tak akan pernah bisa terjadi peristiwa SUNSET itu.

Makna ayat-ayat Quran memang sangat dalam dan luas, sedangkan otan manusia itu sangat terbatas, sehingga untuk mengkaji ayat-ayat Quran, sampai kiamat tiba pun belum akan selesai.

Ilmunya Allah sedemikian luas dan tak terhingga, sedangkan ilmunya manusia hanya setetes air dari lautan samudra saja.

yes setuju, karena itu dalam menjelaskan makna ayat kepada seseorang pun perlu BERTAHAP disesuaikan dengan KEMAMPUAN MENERIMA dan kemampuan berpikir orang tersebut, yang berbeda-beda untuk setiap orang. :D
avatar
roswan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 493
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 19.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Jagona on Wed Feb 26, 2014 10:00 am

@roswan wrote:
@Mutiara wrote:Makna ayat Quran itu BERLAPIS-LAPIS, ibaratnya seperti mengupas bawang, ada banyak lapisannya.

Sekilas sekali baca, maka makna yang diperoleh adalah tentang seorang pengembara Dzulkarnaen, jadi tak bisa lantas secara picik diartikan secara harafiah matahari benar-benar tenggelam di kolam lumpur yang hitam. Itu maksud aku.

Nah, kemudian setelah didalami dan ditelaah lebih lanjut, sebenarnya ayat itu berbicara tentang SUNSET, peristiwa saat SENJA hari di TEPI PANTAI (tempat akhir pengembaraan Dzulkarnaen, si pengembara itu).

Lalu bagi orang yang berpikir, maka diketahui bahwa sebenarnya ayat itu merupakan isyarat Quran bahwa bumi itu sebenarnya bulat, sehingga bisa terjadi peristiwa sunset itu, kalau bumi itu datar maka tak akan pernah bisa terjadi peristiwa SUNSET itu.

Makna ayat-ayat Quran memang sangat dalam dan luas, sedangkan otan manusia itu sangat terbatas, sehingga untuk mengkaji ayat-ayat Quran, sampai kiamat tiba pun belum akan selesai.

Ilmunya Allah sedemikian luas dan tak terhingga, sedangkan ilmunya manusia hanya setetes air dari lautan samudra saja.

yes setuju, karena itu dalam menjelaskan makna ayat kepada seseorang pun perlu BERTAHAP disesuaikan dengan KEMAMPUAN MENERIMA dan kemampuan berpikir orang tersebut, yang berbeda-beda untuk setiap orang. :D

hi hi hi ............. seperti apa tahapannya ? ....... apakah penjelasan yang kurang sesuai dengan kandungan ayat quran bisa dimasukkan sebagai tahapan penjelasan ? ....... silakan anda jelaskan, apa benar menurut "mutiara" bahwa ayat-ayat 18/83 s/d ayat 18/86 adalah mebuktikan bahwa bumi itu bulat ?

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Matahari tenggelam di kolam lumpur?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik