FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Mutiara on Thu Aug 15, 2013 9:27 am

First topic message reminder :

Dari pertanyaan si kafir jaya di trit tentang asal usul Quran,

Bulan bercahaya sendiri?

[10:5] Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.

Semua orang di dunia maju tahu bahwa bulan tidak punya cahaya sendiri.

maka saya buatkan tritnya supaya tidak makin OOT dia memamerkan kebodohannya berlarut-larut... :)

Jawabannya pun sebenarnya sudah ada di trit tentang Bukti keilmiahan Al quran berikut ini:

@Mutiara wrote:Quran menjelaskan bahwa cahaya Matahari dan Bulan itu berBEDA.

تَبَارَكَ الَّذِي جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوجًا وَجَعَلَ فِيهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيرًا

"Maha Suci Allah yang menjadikan di langit gugusan-gugusan bintang dan Dia menjadikan juga padanya matahari dan bulan yang bercahaya" (QS Al-Furqan: 61)

bulan yg bercahaya, bercahaya ini artinya cahaya itu bisa berupa pantulan atau memendarkan cahayanya sendiri, tapi yg pasti adalah bercahaya, sumber cahayanya bisa dari diri benda itu sendiri atau hasil pantulan dari benda yg menghasilkan cahaya lainnya, jadi tak ada yg salah dlm hal ini, adalah benar bulan bercahaya, baik itu sumber cahayanya dr pantulan sinar matahari atau bersumber dari bulan itu sendiri yg pasti bulan memang bercahaya, tidak disebutkan disitu bahwabulan menghasilkan cahaya, yg ada adalah: bulan bercahaya.

http://www.tafsir.com/default.asp?sid=25&tid=37060
Mentioning the Might and Power of Allah

Here Allah glorifies Himself and praises the beauty He created in the heavens of Al-Buruj, the giant stars, according to the view of Mujahid, Sa`id bin Jubayr, Abu Salih, Al-Hasan and Qatadah. This is like the Ayah,

[وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَآءَ الدُّنْيَا بِمَصَـبِيحَ]

(And indeed We have adorned the nearest heaven with lamps) (67:5). Allah says:

[تَبَارَكَ الَّذِى جَعَلَ فِى السَّمَآءِ بُرُوجاً وَجَعَلَ فِيهَا سِرَاجاً]

(Blessed be He Who has placed in the heaven Al-Buruj, and has placed therein a great lamp,) which is the sun which shines like a lamp, as Allah says:

[وَجَعَلْنَا سِرَاجاً وَهَّاجاً ]

(And We have made (therein) a shining lamp) (78:13).

[وَقَمَراً مُّنِيراً]

(and a moon giving light.) means, shining and illuminated by the light of something else, different from the light of the sun, as Allah says:

[هُوَ الَّذِى جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَآءً وَالْقَمَرَ نُوراً]

(It is He Who made the sun a shining thing and the moon as a light) (10:5). And Allah tells us that Nuh, peace be upon him, said to his people:

[أَلَمْ تَرَوْاْ كَيْفَ خَلَقَ اللَّهُ سَبْعَ سَمَـوَتٍ طِبَاقاً - وَجَعَلَ الْقَمَرَ فِيهِنَّ نُوراً وَجَعَلَ الشَّمْسَ سِرَاجاً ]

(See you not how Allah has created the seven heavens one above another And has made the moon a light therein, and made the sun a lamp) (71:15-16). Then Allah says:

[وَهُوَ الَّذِى جَعَلَ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ خِلْفَةً]

(And He it is Who has put the night and the day in succession (Khilfatan),) meaning, each one comes after the other, in a never-ending alternation. When one goes the other comes, and vice versa, as Allah says:

[وَسَخَّر لَكُمُ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ دَآئِبَينَ]

(And He has made the sun and the moon, both constantly pursuing their courses) (14:33).

[يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا]

(He brings the night as a cover over the day, seeking it rapidly) (7:54).

[لاَ الشَّمْسُ يَنبَغِى لَهَآ أَن تدْرِكَ القَمَرَ]

(It is not for the sun to overtake the moon) (36:40).

[لِّمَنْ أَرَادَ أَن يَذَّكَّرَ أَوْ أَرَادَ شُكُوراً]

(for such who desires to remember or desires to show his gratitude.) means, He has caused them both to follow one another to show the times when His servants should worship Him. So whoever misses an act of worship during the night can make it up during the day, and whoever misses an act of worship during the day can make it up during the night. It was recorded in a Sahih Hadith:

«إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يَبْسُطُ يَدَهُ بِاللَّيْلِ لِيَتُوبَ مُسِيءُ النَّهَارِ، وَيَبْسُطُ يَدَهُ بِالنَّهَارِ لِيَتُوبَ مُسِيءُ اللَّيْل»

(Allah spreads forth His Hand at night for the one who has done evil during the day to repent, and He spreads forth His Hand during the day for the one who has done evil during the night to repent.) Mujahid and Qatadah said: "Khilfatan means different, i.e., because one is dark and the other is light.''

[وَعِبَادُ الرَّحْمَـنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الاٌّرْضِ هَوْناً وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الجَـهِلُونَ قَالُواْ سَلاَماً - وَالَّذِينَ يِبِيتُونَ لِرَبِّهِمْ سُجَّداً وَقِيَـماً - وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَاماً - إِنَّهَا سَآءَتْ مُسْتَقَرّاً وَمُقَاماً - وَالَّذِينَ إِذَآ أَنفَقُواْ لَمْ يُسْرِفُواْ وَلَمْ يَقْتُرُواْ وَكَانَ بَيْنَ ذَلِكَ قَوَاماً ]

(63. And the servants of the Most Gracious are those who walk on the earth Hawna, and when the foolish address them they say; "Salama.'') (64. And those who spend the night in worship of their Lord, prostrate and standing.) (65. And those who say: "Our Lord! Avert from us the torment of Hell. Verily, its torment is ever an inseparable, permanent punishment.'') (66. Evil indeed it is as an abode and as a place to rest in.) (67. And those who, when they spend, are neither extravagant nor stingy, but are in a just balance between them.)

Hal ini diperjelas dgn QS. Nuh 71:16
Dan Allah menciptakan padanya bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita? وَجَعَلَ الْقَمَرَ فِيهِنَّ نُورًا وَجَعَلَ الشَّمْسَ سِرَاجًا (Nuh - 16)
lihat perbedaannya, bulan sebagai cahaya (memantulkan sinar), matahari sebagai pelita (memendarkan sinar).
berhubung ada kafir jaya yang masih menanyakan tentang hal ini , maka akan saya buatkan tritnya khusus untuk membahas ini.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down


Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Jagona on Sun Dec 01, 2013 10:24 am

@Mutiara wrote:dari jawabanmu tetap saja matahari itu berBEDA dengan bulan...

aya-aya wae jawabanmu :D
ya udah kalo keukeuh peuteukeuh, wawasan gak akan bertambah ......... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Mutiara on Mon Jan 06, 2014 6:04 am

wkwkwk wawasan apa angan-angan melingkar-lingkar...mbulet sendiri :D
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by jaya on Mon Jan 06, 2014 6:08 am

Cahaya bulan dan matahari itu berbeda ya?
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Jagona on Mon Jan 06, 2014 10:47 am

@Mutiara wrote:wkwkwk wawasan apa angan-angan melingkar-lingkar...mbulet sendiri :D

hi hi hi .................................. anak PAUD

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Mutiara on Mon Jan 06, 2014 1:58 pm

hihiihiiihiii gak kebalik tuh...

jelas BEDA lah, cahaya matahari itu dihasilkan dari matahari itu sendiri, dipancarkan.
kalau cahaya bulan itu dari cahaya matahari yang dipantulkan...

BEDA.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Jagona on Mon Jan 06, 2014 4:58 pm

@Mutiara wrote:hihiihiiihiii gak kebalik tuh...

jelas BEDA lah, cahaya matahari itu dihasilkan dari matahari itu sendiri, dipancarkan.
kalau cahaya bulan itu dari cahaya matahari yang dipantulkan...

BEDA.

kenapa matahari bisa menghasilkan sinar/cahaya ? .............. okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Mutiara on Tue Jan 07, 2014 2:47 am

karena kehendak Allah
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by jaya on Tue Jan 07, 2014 3:00 am

Nah, apa karena kehendak Allah swt juga sinar matahari berbeda dgn sinar bulan? Ayo....
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Mutiara on Tue Jan 07, 2014 3:01 am

Ini Islam zone.... Mod rekues delete postingan diatas.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by jaya on Tue Jan 07, 2014 3:03 am

...Kaluar aslinya,

Bisa jawab pertanyaan itu, pertanyaan yg sesuai judul trit. Bilang aja gak mampu.
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Mutiara on Tue Jan 07, 2014 3:04 am

Juga rekues delete postingan di atas.

ini trit Islam zone.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Jagona on Tue Jan 07, 2014 8:36 am

@Mutiara wrote:karena kehendak Allah

hi hi hi ................ jawaban yang bagus ......... karena pada dasarnya gak tahu ........ okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Jagona on Tue Jan 07, 2014 8:50 am

@jaya wrote:Nah, apa karena kehendak Allah swt juga sinar matahari berbeda dgn sinar bulan? Ayo....

sebenarnya sinarnya sama berasal dari matahari, barangkali karena kwalitas sinarnya (matahari kuat, bulan lemah) atau karena prosesnya (matahari mah langsung, bulan mah dipantulkan) ................. itulah asal judul

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Mutiara on Tue Jan 07, 2014 2:18 pm

makanya itulah BEDAnya.

kok malah memfitnah orang lain tidak tahu, padahal pikiranmu sendiri yang mbulet kemana-mana.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Jagona on Tue Jan 07, 2014 3:59 pm

@Mutiara wrote:makanya itulah BEDAnya.

kok malah memfitnah orang lain tidak tahu, padahal pikiranmu sendiri yang mbulet kemana-mana.

hi hi hi ............ gak merasa dan gak nyimak ........... nuduh aja yang ngak2 ....... keyos

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Mutiara on Tue Jan 07, 2014 11:00 pm

SALAH, yang gak nyimak n ngaco itu kamu.

cahaya bulan itu BEDA dengan cahaya matahari.
karena matahari memancarkan sinarnya sendiri.
sedangkan bulan cuma MEMANTULKAN cahaya benda langit yang lain di sekitarnya (bukan cuma cahaya matahari SAJA yang bulan pantulkan, tapi cahaya bintang-bintang lainnya juga, bahkan cahaya pesawat luar angkasa atau satelit, atau meteor dan benda langit lainnya jika cahayanya sampai ke bulan akan bulan pantulkan).

BEDA.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Jagona on Wed Jan 08, 2014 9:47 am

@Mutiara wrote:SALAH, yang gak nyimak n ngaco itu kamu.

cahaya bulan itu BEDA dengan cahaya matahari.
karena matahari memancarkan sinarnya sendiri.
sedangkan bulan cuma MEMANTULKAN cahaya benda langit yang lain di sekitarnya (bukan cuma cahaya matahari SAJA yang bulan pantulkan, tapi cahaya bintang-bintang lainnya juga, bahkan cahaya pesawat luar angkasa atau satelit, atau meteor dan benda langit lainnya jika cahayanya sampai ke bulan akan bulan pantulkan).

BEDA.

hi hi hi ......................... makin ngawur, belajar IPA dulu atau astronomi baru komentar

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Mutiara on Wed Jan 08, 2014 9:52 am

kebalik tonk....

masak cahaya matahari dan bulan dibilang sama...
anak SD aja tahu itu BEDA.

avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Jagona on Wed Jan 08, 2014 11:48 am

@Mutiara wrote:kebalik tonk....

masak cahaya matahari dan bulan dibilang sama...
anak SD aja tahu itu BEDA.


hi hi hi ............ dari mana asalnya cahaya bulan ?

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Mutiara on Wed Jan 08, 2014 11:54 am

apanya yang sama?

MENGHASILKAN CAHAYA SENDIRI (memancarkan) dengan hasil PANTULAN itu sama atau BEDA?
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Jagona on Thu Jan 09, 2014 10:18 am

@Mutiara wrote:apanya yang sama?

MENGHASILKAN CAHAYA SENDIRI (memancarkan) dengan hasil PANTULAN itu sama atau BEDA?

yang aku tanya ..... "dari mana asalnya cahaya bulan ? ...... itu aja di jawab, jangan ke mana-mana ....................... key

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Mutiara on Thu Jan 09, 2014 11:08 pm

gak usah oot kemana-mana jawab saja apakah MENGHASILKAN CAHAYA sendiri (matahari) dengan MEMANTULKAN CAHAYA (bulan) itu sama atau BEDA?

avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Jagona on Fri Jan 10, 2014 9:07 am

@Mutiara wrote:gak usah oot kemana-mana jawab saja apakah MENGHASILKAN CAHAYA sendiri (matahari) dengan MEMANTULKAN CAHAYA (bulan) itu sama atau BEDA?


anak paud ............ ditanya nanya lagi ............... okelah aku maklum aja

tretnya kan masalah CAHAYA bukan mengahasilkan atau memantulkan cahaya ........ jadi pertanyaan anda yang OOT ........... paham nggak ?

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Mutiara on Fri Jan 10, 2014 5:08 pm

oooo dodol. nieh aku tanya :

Apakah cahaya matahari yang merupakan hasil pendaran matahari itu sendiri itu sama atau BEDA dengan cahaya bulan yang merupakan PANTULAN dari cahaya berbagai benda langit yang didekatnya....?

jawab....
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Jagona on Sat Jan 11, 2014 9:33 am

@Mutiara wrote:oooo dodol. nieh aku tanya :

Apakah cahaya matahari yang merupakan hasil pendaran matahari itu sendiri itu sama atau BEDA dengan cahaya bulan yang merupakan PANTULAN dari cahaya berbagai benda langit yang didekatnya....?

jawab....

cahayanya sama cahaya matahari,............ yang beda kan cuma kwalitas cahayanya ..... terwelu

hi hi hi .......... benda langit apa yang berdekatan dengan bulan ....... jawab neng jangan uring-uringan

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Quran: cahaya Bulan dan Matahari itu berBEDA

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik