FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Islam VS Sabiin. Sebuah Cermin Sejarah.

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Islam VS Sabiin. Sebuah Cermin Sejarah.

Post by ramayana on Thu Aug 15, 2013 9:26 pm

First topic message reminder :

Pernahkan kalian berpikir, siapakah kaum yg disebut quran ini?

QS 2: 62
Sesungguhnya orang-orang mu'min, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin 56 , siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah 57 , hari kemudian dan beramal saleh 58 , mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

QS 5:69
Sesungguhnya orang-orang mu'min, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani, siapa saja 431 (diantara mereka) yang benar-benar saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

QS 22:17
Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang Yahudi, orang-orang Shaabi-iin 984 orang-orang Nasrani, orang-orang Majusi dan orang-orang musyrik, Allah akan memberi keputusan di antara mereka pada hari kiamat. Sesungguhnya Allah menyaksikan segala sesuatu.

Siapa sebenarnya kaum Shabiin ini?

Kaum shabiin ini mempunyai karakteristik seperti ini.

Characteristics of the Sabi religion[edit source]

Sābi'ūn knew God as the Rabb al-'alihah (lord of gods) and 'ilah al-'alihah (god of gods) and speak to angels in their meditations,[note 19] each of whom they believe dwell in different stars, which has led to the erroneous beliefs among some that Sābi'ūn worship angels while others derogatorily call them star-worshipers (and so it is said in Arabic saba'at al-nujūm, meaning "the stars appeared"). Sābi'ūn read from the Zaboor (as with the Slavonic Subbotniki or Psaltirschiki) and use the sun for a qiblah, facing the equator at mid day.[note 5][note 6][note 20][note 21] Their fundamental teaching is La ilahah il Allah (there is no god but Allah),[note 2][note 3][note 15] but besides this ardent unitarianism, Sābi'ūn are quite akin to Christians.[note 7][note 22] Hanif Sabians are more universal, looking to Noah as their prophet of the Dīn.[note 1]Sābi'ūn have five daily prayers[note 23] (though Zohar can join Asr while Maghrib can join Isha giving the appearance of three). They believe in all prophets, reiterating the Din of Noah and, not in the same way as the Muslims, believe in the Seal of the prophets.[note 24] They also fast for 30 days.[note 25]

http://en.wikipedia.org/wiki/Sabians

1. Their fundamental teaching is La ilahah il Allah : Dasar pengajarannya adalah tiada tuhan selain Allah.
2. looking to Noah as their prophet of the Dīn : Nabinya adalah Nuh (aneh banget deh)
3. Sābi'ūn have five daily prayers : Orang shabiin 5 kali doa alias shalat.
4. They believe in all prophets, reiterating the Din of Noah and, not in the same way as the Muslims, believe in the Seal of the prophets.: Mereka percaya semua nabi. menegaskan kenabian nuh, dan percaya nabi penutup walau tidak dengan "pemikiran" yg sama ama muslim.
5. They also fast for 30 days.
6. Berkiblat.

Kalau dilihat.. mirip ajaran siapa? Benar! Islam.

Ini tidak salah karena sesuai dengan sumber islam bahwa nabi adalah penganut shabian.

“Aku melihat Rasulullah saat aku masih seorang penyembah berhala. Dia berkata kepada orang-orang, “Jika engkau mau menyelamatkan dirimu, terimalah ‘tiada tuhan selain Allah’. Saat itulah aku melihat seorang dibelakangnya berkata, ‘dia adalah seorang sabi’. Ketika aku bertanya siapa dia seseorang berkata bahwa dia adalah ‘Abu Lahab, pamannya’

== Ra'biah bin ubad, Ibnu jurayi dan Ata bin abi rabah

http://reviewofreligions.blogspot.com/2012/07/jati-diri-kaum-shabiin-didalam-al-quran.html

Abd al-Rahman Ibn Zayd (d. 798 CE) wrote: "The Sābi'ūn say that their religion is a religion to itself and they live near Mosul (jazirat al-mawsil) and believe in only one God." He also wrote that they have: "no cult though their main belief is 'La ilaha il Allāh'." He also remarked that: "the Sābi'ūn did not believe in the Prophet Muhammad (in the same way as his followers did), yet the polytheists were known to say of the Prophet and his companions 'these are the Sabians' comparing them to them."[note 2][note 3][note 4] following the Din of Noah[note 1] as a sect who read the Zabur[note 5][note 6] akin to Christianity.[note 7] They appear to be between Judaism and Magianism[note 8][note 9] but are in fact closer to Judaism.[note 10][note 11][note 12] Sābi'ūn recognise the practice of Muhammad in going to the caves prior to his inspiration, as in accordance with the Sabi quest for Tawheed Hunafa' and, in general, many similarities with the Sabians meant Muhammad and his companions were often considered to have been Sabians.[note 13][note 14] Most specifically this was because of the Sabian shahada “La ilaha ila Allāh”.
== Intinya, Sabian meski ga percaya nabi mohamad itu nabi, tetapi orang orang menyebut mohamad dan sahabatnya sebagai kaum shabian. Kaum shabian punya syahadat lha ilaha ila Allah.

The Sabians existed before Muhammad, and are said to have read from a book called the Zabur ("Psalms"). They came under Islamic rule about 639 CE. At that time in history they were described as Greek immigrants[citation needed] but were grouped together with the Nabataeans.

Many Islamic writers from the period of about 650 CE onward gave further descriptions of the Sabians. They wrote that the Sabians lived in Iraq around Sawad, Kutha and Mosul and they "wash themselves with water", had "long hair", and "white gowns".[citation needed] They had a monotheistic faith with religious literature (the Zabur) and acknowledged the prophets. Their theology resembled that of Judaism and Christianity yet were neither, nor were they Magians.
== Kaum shabian telah ada sebelum mohamad. Dan kitab mereka adalah zabur. Shabian ini membasuh dengan air (wudhu) punya rambut panjang dan mengenakan pakaian putih (kayak ikram) Ajarannya mirip yahudi dan kristen, atau bahkan mungkin kaum majus.

Ibnu Katsir dalam menafsirkan surat Al-Ma'idah 69, menjelaskan bahwa menurut Mujahid, kaum Shabi'in adalah sempalan agama Yahudi, Kristen dan Majusi yang tidak beragama. Sedangkan menurut Qatadah, Shabi'in adalah kaum penyembah malaikat yang masih membaca kitab Zabur. Dalam ibadahnya, mereka shalat tidak menghadap ke kiblat(kabah), tapi menghadap ke Yaman lima kali sehari
kiblat mereka 5 kali sehari kalau menurut sumber islam, dan mereka menghadap yaman! Mohamad saat kiblat pertama menghadap Yerusalem. Kenapa Yerusalem? tentu karena "pusat" yahudi dan kristen adalah Yerusalem. Kota daud!

Tetapi yang harus kita lihat secara cermat adalah.. apakah kaum shabiin ini kafir?

Dia berkata lha ilah lha ila Allah, tetapi tidak percaya nabi mohamad. dan di quran di sebut mereka akan mendapat pahala dari tuhan mereka jadi tidak perlu bersedih hati dan kuatir.

dari goda gado ajaran dan ritual inilah kemudian muncul agama baru.

Ane akan tambahkan nanti beberapa fakta..

avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3477
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down


Re: Islam VS Sabiin. Sebuah Cermin Sejarah.

Post by ramayana on Sun Sep 22, 2013 11:22 am

Di manakah orang yang telah berpindah agama (Ash-Shabi) itu?
ini lah kualitas ente dhans.. ane males nanggepin yg lain. ga mutu!

kalau shabiin itu orang yg pindah agama.. lalu agama mana yg dia pindah?? dari apa ke apa??

ente ane yakin 100% ga bisa jawab!!

kemudian ayat quran berkata... yahudi, nasrani dan shabiin di sebut akan dapat pahala dari tuahn mereka dan ga usah susah hati.. alias masuk surga juga!!

kalau shabiin artinya pindah agama.. kenapa itu di sebut dalam nama nama agama di ayat quran????? ente bisa mikir dhan????

apalagi shabiin ini umat!! apa yg pindah agama bisa membentuk umat dan bahkan der ritual?? kalau di sebut umat dan melakukan ritual.. maka itu namanya apa??

ane super heran ama kapasitas berpikir muslim.... sungguh heran!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3477
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam VS Sabiin. Sebuah Cermin Sejarah.

Post by myxpnelyx on Sun Sep 22, 2013 12:01 pm

@atas.

Ramayana ya yang jadi TS.-
bikin trit koq pake acara adu-aduan. Islam VS Shabi'in.
ane gak heran. orang kristen paling demen tuh adu-aduan.
setelah gak kesampaian tuhannya mau diadu dengan Nabi Muhammad S.A.W.
sekarang Islam mau diadu.
saran ane ye, buat TS.
ga usah adu agama kami, adu saja agama kamu dengan apa kek (buat trit baru, kristen VS apasaja). ane kagak urusin dah.
tapi ane janji bakalin komen di trit tersebut.


myxpnelyx
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 137
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 17.08.13
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam VS Sabiin. Sebuah Cermin Sejarah.

Post by dhans on Tue Sep 24, 2013 10:58 am

ramayana wrote:
Di manakah orang yang telah berpindah agama (Ash-Shabi) itu?
ini lah kualitas ente dhans.. ane males nanggepin yg lain. ga mutu!

kalau shabiin itu orang yg pindah agama.. lalu agama mana yg dia pindah?? dari apa ke apa??

ente ane yakin 100% ga bisa jawab!!

kemudian ayat quran berkata... yahudi, nasrani dan shabiin di sebut akan dapat pahala dari tuahn mereka dan ga usah susah hati.. alias masuk surga juga!!

kalau shabiin artinya pindah agama.. kenapa itu di sebut dalam nama nama agama di ayat quran????? ente bisa mikir dhan????

apalagi shabiin ini umat!! apa yg pindah agama bisa membentuk umat dan bahkan der ritual?? kalau di sebut umat dan melakukan ritual.. maka itu namanya apa??

ane super heran ama kapasitas berpikir muslim.... sungguh heran!
lah ko harus apa ke apa..???! logika mu itu masih sehat apa nda mas..???

as shabi itu bisa dari agama apa ke agama apapun..!!! misalnya dari agama/kepercayaan menyembah berhala ke kristen.. atau dari berhala ke budha, atau dari berhala ke islam..!! gituu..! bukan dari apa harus ke apa..!!

seeett deh...

Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani, siapa saja (di antara mereka) yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati...[Qs. 5: 69]....mana...terjemahan agamanya..?? mana makna shabiin yang merujuk ke sebuah agama...?? atau mana kata "Diin(agama)" dalam ayat Quran tersebut**oya sampeyan ga bisa baca quran yah :D**..??


saya juga heran dengan kemampuan berfikir orkris..terlebih yang ga bisa ga ngerti baca Quran, ga bisa basa arab, ga ngerti terjemahan, ga punya kitab tafsir, ga ngerti istilah2 simpel (shabi, ummi, bismillah) eh bikin terjemahan sendiri dan maksain umat islam pake terjemahan batilnya... ngaca mas...

pahami mas.. pahami keterbatasanmu, anak ingusan yang baru tau islam kemaren sore, penjaga warnet yang cuma ngandelin google... jangan cuma bisa narsis aja... bagai tong kosong yang nyaring bunyinya....

lagi2 tret sampeyan tidak membuktikan apa2... atau aib ajaran Islam...! malah memamerkan logika jeblok dengan mempercayai musuh2 Islam (suhail, abu lahab)...fiuh...

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam VS Sabiin. Sebuah Cermin Sejarah.

Post by ramayana on Tue Sep 24, 2013 11:24 pm

@ dhans..
krn kualitas ente yg aduhai.. ane kasih contoh lah.. dari percakapan ini yg dungu siapa?

A: Semua orang kristen, yahudi dan Buddha akan di beri makan.
B: kenapa ente bicara agama? ini SARA!!
A: ane ga bicara agama! mana ada kata agama di kata kata ane? ane hanya bilang kristen, yahudi dan buddha!
B: itu kan agama??
A: mana?? ga ada tulisan diin! ente ga bisa arab ya??

menurut ente dhans? siapa yg dungu??

ente janagn hanya modal tafsir quran indo!! cari sana.. shabiin itu penganut agama! makanya di quran di sandingkan dengan agama yahudi, nasrani.

apa mungkin quran artinya, yahudi, kristen dan murtad akan dapat pahala dari Tuhan mereka? hahahahahahahahahaha..

ente bilang mutad bisa kemana aja? makanya ane nanya, agama apa yg dimasuki kalau shabiin itu artinya murtad. kok bisa selamat juga? kok bisa ke surga juga??
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3477
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam VS Sabiin. Sebuah Cermin Sejarah.

Post by dhans on Wed Sep 25, 2013 11:32 am

ramayana wrote:@ dhans..
krn kualitas ente yg aduhai.. ane kasih contoh lah.. dari percakapan ini yg dungu siapa?

A: Semua orang kristen, yahudi dan Buddha akan di beri makan.
B: kenapa ente bicara agama? ini SARA!!
A: ane ga bicara agama! mana ada kata agama di kata kata ane? ane hanya bilang kristen, yahudi dan buddha!
B: itu kan agama??
A: mana?? ga ada tulisan diin! ente ga bisa arab ya??

menurut ente dhans? siapa yg dungu??
Ga nyambung om...dari awal sampeyan sudah membuat imej kalau shabiin itu adalah sebuah ajaran/agama/aliran..!! lupa/amnesia mas...?!

Post rmyn #2 wrote:
ternyata syahadat juga dari agama lain.. katanya dapat dari Tuhan?
mana yg bener nih? bingung....
 

tuh..sampeyan mau menyebut shabiin sebagai agama/ajaran...sampeyan mau bilang kalau shahadat dari agama lain *yg dibicarakan di tret ini shabiin**
ngeles aja...


Post rmyn #15 wrote:"]]
@ dhans..

nih bukti valid kalau nabi ente penganut sabiin!!

“Aku melihat Rasulullah saat aku masih seorang penyembah berhala. Dia berkata kepada orang-orang, “Jika engkau mau menyelamatkan dirimu, terimalah ‘tiada tuhan selain Allah’. Saat itulah aku melihat seorang dibelakangnya berkata, ‘dia adalah seorang sabi’. Ketika aku bertanya siapa dia seseorang berkata bahwa dia adalah ‘Abu Lahab, pamannya’
Noh... sampeyan bilang lagi nabi saw “penganut shabiin”
Itu bahasa indonesia mu yang blepetan atau sampeyan mengakui kalau Shabiin itu sejenis agama..?!

Shabiin itu kata Sifat..! jadi ga bisa sampeyan bilang “Pengikut Shabiin” secara harfiah...!

Mana ada “pengikut murtad”..? ingat shabiin itu seperti halnya kata “Murtad”..mana ada “pengikut murtad” kalo ikutan murtad ada..!! itupun tidak punya kebiasaan khusus... mereka para murtadin akan “nyanyi ketika pindah ke gereja” akan “nyembur aer dari mulut ketika jadi dukun” , dsb tergantung aliran mereka selanjutnya...!! tapi ketika mereka dibilang “murtad” bukan berarti mereka beragama murtad...!



ente janagn hanya modal tafsir quran indo!! cari sana.. shabiin itu penganut agama! makanya di quran di sandingkan dengan agama yahudi, nasrani.
Lah harus modal apa..?? tafsir mu lebih bener gitu..??wkwkwkw... baca Quran aja BUTA... masih mau nekat bilang shabiin itu agama..??

Gi dah sana...gunakan fantasi sesuka hati mu...

Toh tafsir sudah, pemahaman secara kontekstual pun sudah dijelaskan, ditambah penjelasan kisah dari AL Hadis... kenapa harus rujuk kepada tafsiran liar begundal gejera yang buta baca Quran...?! Ding...!!



apa mungkin quran artinya, yahudi, kristen dan murtad akan dapat pahala dari Tuhan mereka? hahahahahahahahahaha..
lah memang iya..!!!

diantara bangsa/kaum Yahudi, Nasrani dan orang2 yang murtad dari agama berhala(as shabi/shabiin)..ada yang mendapat ridha dan pahala dari Allah..!! bagi mereka yang masih menyembah Allah dan melakukan syariat yang berlaku saat itu..!! umat yahudi itu pernah mendapat ajaran dari Musa as..! umat nasrani juga pernah dapat bimbingan dari Isa as... di antara mereka ada yang masih konsisten Lurus terhadap ajaran yang diajarkan nabi mereka..!! nah mereka itulah yang mendapat Pahala dari Allah... karena baik Musa atau Isa itu hanya mengajarkan untuk menyembah Allah...!!

nah diantara mereka banyak pula yang sudah rusak akidahnya... nah yang rusak ini tidak bisa sampeyan simpulkan mewakili seluruh yahudi atau nasrani saat itu..!!




ente bilang mutad bisa kemana aja? makanya ane nanya, agama apa yg dimasuki kalau shabiin itu artinya murtad. kok bisa selamat juga? kok bisa ke surga juga??

Yaaa bisa..!! murtad dari menyembah berhala lalu menyembah Allah dan mengikuti syriat yang berlaku...!! nama Islam sendiri kan baru berkembang setelah/bersamaan dengan risalah yang dibawa Nabi saw.. tapi jauh sebelum itu, ajaran akidah (menyembah Allah) sudah ada dengan syariat yang berlakuk sesuai zamannya.. nah mereka yang mengikuti akidah dan syariat tersebutlah yang dimaksud bisa ke surga..!..
Begitu jeng.... pahami biar ga sesat..! konsep keselamatan islam itu kurang lebih menyembah Allah saja dan mengikuti syariat... ini berlaku dari zaman kenabian adam as...

Kalo di kristen kan aneh... konsep keselamatan harus melalui yesus... nah nabi2/orang2/bangsa2 jaman dulu yang gak kenal yesus pegimana nasip nya brur...?? apa mereka bisa maen ke sorga babe dan duduk2 kongkow2 bareng yesus dan bapa nya (mark 16:19)..?? ato mereka hanya dicipta untuk dinerakakan...????

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam VS Sabiin. Sebuah Cermin Sejarah.

Post by ramayana on Fri Sep 27, 2013 9:20 pm

ane males dhan...

ini aja..

Yaaa bisa..!! murtad dari menyembah berhala lalu menyembah Allah dan mengikuti syriat yang berlaku...!!
ente kan maksa kalau shabiin itu adalah berarti murtad!

berarti shabiin itu menyembah allah ya.. lha ini apa ga dibilang beragama??

kalau murtad dari islam ke penyembah berhala itu shabiin ga?? ente jangan ngawur ya..

nabi juga di sebut shabiin. menurut ente agama awal nabi apa??
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3477
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam VS Sabiin. Sebuah Cermin Sejarah.

Post by dhans on Fri Oct 18, 2013 4:43 pm

ramayana wrote:ane males dhan...

ini aja..

Yaaa bisa..!! murtad dari menyembah berhala lalu menyembah Allah dan mengikuti syriat yang berlaku...!!
ente kan maksa kalau shabiin itu adalah berarti murtad!

berarti shabiin itu menyembah allah ya.. lha ini apa ga dibilang beragama??

kalau murtad dari islam ke penyembah berhala itu shabiin ga?? ente jangan ngawur ya..

nabi juga di sebut shabiin. menurut ente agama awal nabi apa??

Ente yang ngawur mas dari awal posting #1..!

murtad lalu menyembah berhala masih bisa dianggap juga shabiin..!! karena shabiin itu mempunyai pengertian dasar seperti "murtad"

tapi prakteknya justru mereka para manusia yang disebut shabiin dalam QUran adalah orang2 yang murtad dari menyembah berhala (agama populer saat itu), menyembah patung, termasuk kristen yang doyan nyembah patung..!...

nah mereka yang murtad di sebut shabiin..

gitu aja ga ngerti2...!

dikasi makan apa sih sampeyan sama orang tua mu dulu.. ko lemah banget penalarannya...!

makin keliatan ga jelasnya ni tret...
abis TSnya aja ga ngerti arti/makna/hakikat "Shabiin..!!"

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam VS Sabiin. Sebuah Cermin Sejarah.

Post by ramayana on Fri Oct 18, 2013 10:24 pm

murtad lalu menyembah berhala masih bisa dianggap juga shabiin..!! karena shabiin itu mempunyai pengertian dasar seperti "murtad"
shabiin penyembah berhala ternyata bisa masuk surga..

hebat bener si dhans ini. ane mundur deh dhans kl ama ente. hebat ente dhans. ampe buat ane males nanggepin hahahahahahaha.

oh ya, kl nabi di sebut shabiin, dia dari agama apa ke agama apa? dia kan murtad menurut ente dhans. bisa jawab???
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3477
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam VS Sabiin. Sebuah Cermin Sejarah.

Post by dhans on Mon Oct 21, 2013 2:10 pm

ramayana wrote:
murtad lalu menyembah berhala masih bisa dianggap juga shabiin..!! karena shabiin itu mempunyai pengertian dasar seperti "murtad"
shabiin penyembah berhala ternyata bisa masuk surga..

hebat bener si dhans ini. ane mundur deh dhans kl ama ente. hebat ente dhans. ampe buat ane males nanggepin hahahahahahaha.

oh ya, kl nabi di sebut shabiin, dia dari agama apa ke agama apa? dia kan murtad menurut ente dhans. bisa jawab???
lha ya bisa...

Kalau seorang shabiin tersebut melanjutkan kepercayaannya kepada kepercayaan para nabi2 terdahulu (akidah Islam)...!

kalau shabiin/as - shabi pindah dari agama pagan arab ke pagan yunani, atau pagan modern yaaaaa masup nya tetep neraka jahanam...

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam VS Sabiin. Sebuah Cermin Sejarah.

Post by ramayana on Mon Oct 21, 2013 11:21 pm

belum dijawab!!

oh ya, kl nabi di sebut shabiin, dia dari agama apa ke agama apa? dia kan murtad menurut ente dhans. bisa jawab???
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3477
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam VS Sabiin. Sebuah Cermin Sejarah.

Post by dhans on Tue Oct 22, 2013 9:34 am

ramayana wrote:belum dijawab!!

oh ya, kl nabi di sebut shabiin, dia dari agama apa ke agama apa? dia kan murtad menurut ente dhans. bisa jawab???

sudah dari kemarin2 mas... cuma penalaran sampeyan aja yang lemah... ga bisa mencerna penjelasan2 diatas...!!

Nabi disebut shabi/ as- shabi... karena beliau saw dianggap keluar dari kepercayaan pagan arab saat itu, meski sebenarnya ia tidak pernah mengikuti tradisi pagan tersebut...!!!..
yang menganggap nabi keluar dari agama saat itu hanya si kafirun dan musuhnya abu lahab...!*ingat itu, jadi tidak perlu dipolemikan bagian ini**

Tidak hanya nabi saw yang bisa disebut Shabiin.. tapi juga semua orang yang saat itu keluar dari agama yang populer/mayoritas di masyarakat saat itu.. maka mereka disebut as -shabii/shabiin...!!

udh berlembar2 tapi masih ga ngerti juga hakikat shabiin..
pahami mas...!! pahami.. biar ga sesat teruss..!!

dhans
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 595
Location : Jakarta
Join date : 05.07.12
Reputation : 30

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam VS Sabiin. Sebuah Cermin Sejarah.

Post by ramayana on Tue Oct 22, 2013 9:21 pm

karena beliau saw dianggap keluar dari kepercayaan pagan arab saat itu, meski sebenarnya ia tidak pernah mengikuti tradisi pagan tersebut...!!!..
yang menganggap nabi keluar dari agama saat itu hanya si kafirun dan musuhnya abu lahab...!
oh ya? emang ibadah haji itu tradisi siapa?

lalu apa agama nabi sebelum islam kalau ente berkata sebutan shabii hanyalah fitnah kafirun dan abu lahab.

ane kasih sumber ya dhans

Pendapat Bahwa Shabiin Termasuk Dalam Kelompok Ahlul Kitab
Asbab al-Nuzul dari ayat ini yang di tafsir Oleh Prof. DR Quraish Shihab dalam Tafsir Al Misbahnya yang terkenal:

“Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allahdan hari kemudian, dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati” (Q.S. Al-baqarah [2] : 62)

Pada ayat di atas jelas diisyaratkan bahwa Shabiin disebutkan bersamaan dengan Yahudi dan Nasrani dan dikaitkan dengan siapa saja diantara mereka yan beriman pada Allah dan hari akhir.. ayat ini tidak menyebutkan kaum musyrikin yang jelas-jelas menyembah berhala dan tidak mungkin beriman pada Allah dan hari akhir.

Maka sebagian mufasir (ahli tafsir) berpendapat yang dimaksud sabiin adalah orang-orang yang mengikuti agama-agama para Nabi terdahulu yaitu di luar kaum Yahudi dan Nasrani. Imam Bukhari menyebutkan bahwa Sabiin adalah pengikut kitab Zabur yang dibawa Nabi Daud. Namun ulama lain berkata bahwa Sabiin adalah pemegang mushaf Ibrahim dan sisa-sisa ajaran Nabi-Nabi sebelum Nabi Musa.

Maka dari sini pendapat orang bahwa Sabiin itu adalah para penyembah bintang dan matahari, sehingga tergolong pada kaum musyrikin adalah kurang tepat. Kaum Sabiin jelas merupakan ahlul kitab. Namun dalam konteks masa kini, sulit kita jumpai mana yang merupakan pemegang ajaran Nabi-Nabi terdahulu kecuali Yahudi dan Nasrani. Sehingga mencari-cari kaum Sabiin pada masa kini adalah sia sia.
ente lebih hebat dari bukhari ya?

sebutkan sumber kalau shabiin artinya murtad! ada???

quran berkata shabiin masuk surga.

kalau shabiin ini seperti kata ente.. yaitu murtad. maka berarti orang murtad dari islam masuk surga dong! orang murtad dari beragama ke ateis masuk surga dong!! ada penjelasan shabiin bin murtad seperti apa yg masuk surga??????

ente kalau dungu jangan keterlaluan lah dhans!!
pakai dalil sana!! buktikan kalau shabiin itu kaum yg murtad dari agama sebelumnya.
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3477
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Islam VS Sabiin. Sebuah Cermin Sejarah.

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik