FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Halaman 6 dari 14 Previous  1 ... 5, 6, 7 ... 10 ... 14  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by Mutiara on Sun Aug 18, 2013 7:32 am

First topic message reminder :

banyak orang mengira dengan berbuat baik saja kepada sesama ciptaan Allah lantas merasa sudah cukup. agama apa saja dikira tidak penting dan sama saja yang penting berbuat baik. Wah SALAH BESAR itu.

tak cukup hanya baik kepada sesama ciptaan Allah, tapi lantas ingkar dan durhaka kepada Allah, sang pencipta, itu salah besar.

Nah perhatikan firman Allah berikut ini:

24. An Nuur

Mereka yang tidak mendapatkan pancaran nur Ilahi


39. Dan orang-orang kafir amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapatinya sesuatu apapun. Dan didapatinya (ketetapan) Allah disisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungan-Nya[1042].


[1042]. Orang-orang kafir, karena amal-amal mereka tidak didasarkan atas iman, tidaklah mendapatkan balasan dari Tuhan di akhirat walaupun di dunia mereka mengira akan mendapatkan balasan atas amalan mereka itu.


ehmm


Terakhir diubah oleh Mutiara tanggal Thu Aug 22, 2013 8:06 am, total 1 kali diubah
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down


Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by Mutiara on Sun Nov 17, 2013 2:40 pm

tetap BEDA sementara dengan kekal itu jauuuuh sekali bedanya.

dan ingat, banyak sekaliii cara menghapus dosa bagi muslim, sehingga sangat mudah untuk bisa mencapai amal baik yang melebihi dosa sehingga bisa LANGSUNG masuk surga itu bagi manusia yang beriman Islam tebal dan mbanyak beramal dan mohon ampun kepada Allah, lewat dzikir, berhaji, bersedekah, berpuasa dll.

Makanya sampai ada 7 pintu surga, adapintu khusus bagi muslim yang rajin puasa, pintu khusus bagi muslim yang rajin bersedekah, bahkan seorang muslimah, istri yang sholeha, jika dirdhoi oleh suaminya, maka muslimah akan bebas memilih mau lewat pintu surga yang manapun.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by oglikom on Sun Nov 17, 2013 2:43 pm

@Mutiara wrote:tetap BEDA sementara dengan kekal itu jauuuuh sekali bedanya.

dan ingat, banyak sekaliii cara menghapus dosa bagi muslim, sehingga sangat mudah untuk bisa mencapai amal baik yang melebihi dosa sehingga bisa LANGSUNG masuk surga itu bagi manusia yang beriman Islam tebal dan mbanyak beramal dan mohon ampun kepada Allah, lewat dzikir, berhaji, bersedekah, berpuasa dll.

Makanya sampai ada 7 pintu surga, adapintu khusus bagi muslim yang rajin puasa, pintu khusus bagi muslim yang rajin bersedekah, bahkan seorang muslimah, istri yang sholeha, jika dirdhoi oleh suaminya, maka muslimah akan bebas memilih mau lewat pintu surga yang manapun.
Tempat telah disediakan perbedaan waktu itu hanya sekedar bonus.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by Mutiara on Sun Nov 17, 2013 2:47 pm

mahluk idiot yang tak bisa memBEDAkan LANGSUNG dan harus masuk dulu, SEMENTARA dan dengan KEKAL selamanya.

wkwkwk

gw maklum, kafir namanya saja mahluk sesat....
bodoh tiada berujung
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by oglikom on Sun Nov 17, 2013 2:53 pm

@Mutiara wrote:mahluk idiot yang tak bisa memBEDAkan LANGSUNG dan harus masuk dulu, SEMENTARA dan dengan KEKAL selamanya.

wkwkwk

gw maklum, kafir namanya saja mahluk sesat....
bodoh tiada berujung
Anda terlalu pintar sehingga melupakan ketetapan dan panas yang sama-sama dirasakan bagi semua yang mampir....hehehe.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by Mutiara on Sun Nov 17, 2013 3:00 pm

Allah memBEDAkan mereka yang amalnya melebihi dosanya dengan yang dosanya melebihi amal baiknya, apalagi dengan yang kafir. Derajat kepanasan api neraka dan jenis siksaan, dalam dangkalnya neraka juga berbeda-beda.

Bagi muslim yang amalnya melebihi dosanya, diharamkan api neraka. Jadi meski lewat di atas jurang neraka, tak akan sanggup api neraka memanaskan, haram menyentuh.

sedangkan bagi kafir tentu saja jurang nerakanya jauuuh lebiih dalaaaam daripada neraka sementaranya muslim yang berdosa, jenis siksaannya pun berbeda, kafir lebih beraat siksaanya, dan kekal selamanya.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by oglikom on Sun Nov 17, 2013 3:02 pm

@Mutiara wrote:Allah memBEDAkan mereka yang amalnya melebihi dosanya dengan yang dosanya melebihi amal baiknya, apalagi dengan yang kafir. Derajat kepanasan api neraka dan jenis siksaan, dalam dangkalnya neraka juga berbeda-beda.

Bagi muslim yang amalnya melebihi dosanya, diharamkan api neraka. Jadi meski lewat di atas jurang neraka, tak akan sanggup api neraka memanaskan, haram menyentuh.

sedangkan bagi kafir tentu saja jurang nerakanya jauuuh lebiih dalaaaam daripada neraka sementaranya muslim yang berdosa, jenis siksaannya pun berbeda, kafir lebih beraat siksaanya, dan kekal selamanya.
Dengan kata lain anda mau menjelaskan bahwa orang Islam TERPANGGANG di atas jembatan.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by Mutiara on Sun Nov 17, 2013 3:05 pm

yang terpanggang di DALAM neraka adalah kafir, kekal dan selamanya di DASAR jurang neraka, manusia kafir menjadi alas kaki iblis, jin kafir yang selama ini disembahnya, penghuni patung dan gambar yesus. :)
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by oglikom on Sun Nov 17, 2013 11:48 pm

@Mutiara wrote:yang terpanggang di DALAM neraka adalah kafir, kekal dan selamanya di DASAR jurang neraka, manusia kafir menjadi alas kaki iblis, jin kafir yang selama ini disembahnya, penghuni patung dan gambar yesus. :)
Hahaha......setidaknya anda nanti juga akan berteman dengan kami kafir dan dijadikan alas kaki iblis di neraka.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by Mutiara on Sun Nov 17, 2013 11:52 pm

nope, kamu pikir semua muslim tak bisa banyak amalnya melebihi dosanya...
di Islam itu tak perlu membunuh tuhan kalau cuma mau menghapus dosa, dengan sholat taubat pun bisa terhapus seluruh dosanya, kembali seperti bayi yang baru lahir, seperti kertas yang putih bersih.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by oglikom on Sun Nov 17, 2013 11:53 pm

@Mutiara wrote:nope, kamu pikir semua muslim tak bisa banyak amalnya melebihi dosanya...
di Islam itu tak perlu membunuh tuhan kalau cuma mau menghapus dosa, dengan sholat taubat pun bisa terhapus seluruh dosanya, kembali seperti bayi yang baru lahir, seperti kertas yang putih bersih.
Kalau banyak amalnya akan menghapus dosa tidak akan Alloh bersumpah dengan firmannya QS 19.71.

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by Mutiara on Sun Nov 17, 2013 11:57 pm

ayat yang tentang jembatan shirat itu...wkwk kafir begooo...

kalaumau menuju surga ya harus lewat jembatan shirat dulu, kalau mau masuk surga ya harus mati dulu.

paham thonk?!

wkwkwkw diupgrade otaknya, kok mengulang-ulang pertanyaan....
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by aliumar on Mon Nov 18, 2013 12:02 am

yang terpanggang di DALAM neraka adalah kafir, kekal dan selamanya di DASAR jurang neraka,
"kekal" di situ HIPERBOLIK bukan berarti kekal yang sebenarnya, hanya lamaaa sekali sehingga terasa seperti selamanya, hahahaha.....

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by Mutiara on Mon Nov 18, 2013 12:06 am

disebut hiperbolik karena ada ayat ini:

QS 6. Al An'aam
128. Dan (ingatlah) hari diwaktu Allah menghimpunkan mereka semuanya (dan Allah berfirman): "Hai golongan jin, sesungguhnya kamu telah banyak menyesatkan manusia", lalu berkatalah kawan-kawan meraka dari golongan manusia: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya sebahagian daripada kami telah dapat kesenangan dari sebahagian (yang lain)[504] dan kami telah sampai kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami." Allah berfirman: "Neraka itulah tempat diam kamu, sedang kamu kekal di dalamnya, kecuali kalau Allah menghendaki (yang lain)." Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui (tahu keimanan dan berat keimanan Islam tiap-tiap manusia yang berdosa, tahu kafir muslimnya setiap manusia).
[504]. Maksudnya syaitan telah berhasil memperdayakan manusia sampai manusia mengikuti perintah-perintah dan petunjuk-petunjuknya, dan manusiapun telah mendapat hasil kelezatan-kelezatan duniawi karena mengikuti bujukan-bujukan syaitan itu.

JAdi tidak semua kata KEKAL berarti selamanya, tapi juga tidak semua kata KEKAL berati tidak selamanya.

diupgrade tuh otaknya.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by jaya on Mon Nov 18, 2013 12:49 am

Jadi kata KEKAL menurut islam berubah2....hebat juga ne agama. Kekal sama dengan bergonta ganti sesuai selera, mirip nasakh dan mansukh.
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by Mutiara on Mon Nov 18, 2013 7:09 pm

yesusmu menasakh seluruh PL menjadi PB.

diupgrade tuh otak
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by jaya on Tue Nov 19, 2013 7:03 pm

Ach.....yg bener aja mut. Al quran nasakh/mansuk seluruh alkitab. ckckc mut, kamu itu enaknya diapain ya sama nabimu?
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by Mutiara on Wed Nov 20, 2013 3:53 am

Allah memberikan jaminan bahwa umat Islam masuk surga:
Hadits Nabi
يأبى قال من أطاعني دخل الجنة ومن عصاني فقد أبى رواه البخاري
Dari Abi Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Setiap ummatku pasti akan masuk surga, kecuali yang tidak mau.” Shahabat bertanya, “Ya Rasulallah, siapa yang tidak mau?” Beliau menjawab, “Mereka yang mentaatiku akan masuk surga dan yang menetangku maka dia telah enggan masuk surga.”
Dari Abi Said bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Bila ahli surga telah masuk surga dan ahli neraka telah masuk neraka, maka Allah SWT akan berkata, Orang yang di dalam hatinya ada setitik iman, hendaklah dikeluarkan. Maka mereka pun keluar dari neraka.”
Dari Anas ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan dan di dalam hatinya ada seberat biji dari kebaikan.”
Rasulullah Saw bersabda: “Semua ummatku akan masuk surga, kecuali orang yang enggan (tidak mau).” (HR Bukhori 22/248)

sedangkan kafir, sia-sia amalnya, karena tidak dinilai, alias jadi O.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by jaya on Wed Nov 20, 2013 7:09 pm

Menurut hadis ya mut, bahkan menurut al quran juga mut. Faktanya ne ya, bangkai nabimu masih ada di kuburannya dan didoakan terus 5 kali sehari.
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by Mutiara on Sat Nov 30, 2013 5:31 pm

bego dipiara....

Nabi Muhammad itu yang pertama masuk surga, dan pahami apa itu makna sholawat.

http://www.laskarislam.com/t7882-nabi-muhammad-yang-pertama-masuk-surga#110019
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by Jagona on Sun Dec 01, 2013 10:14 am

@jaya wrote:Menurut hadis ya mut, bahkan menurut al quran juga mut. Faktanya ne ya, bangkai nabimu masih ada di kuburannya dan didoakan terus 5 kali sehari.
hi hi hi ............. bukan cuma nabi muhammad, tetapi juga nabi Ibrohim serta keluarga dan keturunannya, dan bukan 5 kali sehari tetapi minimal 9 kali sehari ........................ okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by jaya on Sun Dec 08, 2013 4:30 pm

Apa ada bukti arkeologis bahwa kuburan /mayat nabi Adam ada, apa ada bukti quraniah perintah Allah swt bahwa muslim harus mendoakan nabi Adam 9 kali sehari? Jelaskan/tampilkan ayat2nya!
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by jaya on Sun Dec 08, 2013 4:38 pm

@Mutiara wrote:bego dipiara....

Nabi Muhammad itu yang pertama masuk surga, dan pahami apa itu makna sholawat.

http://www.laskarislam.com/t7882-nabi-muhammad-yang-pertama-masuk-surga#110019
....Kalau nabimu sudah masuk ke sorganya Allah swt, sudah bangkit, udah hidup kembali, tentunya bangkainya gak ada lagi mut. Masak nabi mulia masuk sorga, tetapi bangkainya dibiarkan membusuk? Jelaskan?

...Salah satu makna sholawat yg berdoa/mendoakan. Makna lain ada juga, itu terserah kamu mau pakai yg mana. Namun, makna berdoa, itu primer mut. Allah swt aja mendoakan Muhammad.
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by Jagona on Mon Dec 09, 2013 11:41 am

@jaya wrote:Apa ada bukti arkeologis bahwa kuburan /mayat nabi Adam ada, apa ada bukti quraniah perintah Allah swt bahwa muslim harus mendoakan nabi Adam 9 kali sehari? Jelaskan/tampilkan ayat2nya!
yeehhhh ........... kok bawa-bawa n.adam segala ................... baca atuh tulisan aku, nyebut n.adam ngga ? ..................................... kebablasan

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by SEGOROWEDI on Mon Dec 09, 2013 11:48 am

@Mutiara wrote:Allah memberikan jaminan bahwa umat Islam masuk surga:
Hadits Nabi
يأبى قال من أطاعني دخل الجنة ومن عصاني فقد أبى رواه البخاري
Dari Abi Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Setiap ummatku pasti akan masuk surga, kecuali yang tidak mau.” Shahabat bertanya, “Ya Rasulallah, siapa yang tidak mau?” Beliau menjawab, “Mereka yang mentaatiku akan masuk surga dan yang menetangku maka dia telah enggan masuk surga.”
Dari Abi Said bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Bila ahli surga telah masuk surga dan ahli neraka telah masuk neraka, maka Allah SWT akan berkata, Orang yang di dalam hatinya ada setitik iman, hendaklah dikeluarkan. Maka mereka pun keluar dari neraka.”
Dari Anas ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan dan di dalam hatinya ada seberat biji dari kebaikan.”
Rasulullah Saw bersabda: “Semua ummatku akan masuk surga, kecuali orang yang enggan (tidak mau).” (HR Bukhori 22/248)

sedangkan kafir, sia-sia amalnya, karena tidak dinilai, alias jadi O.
- mohammad narsis abiez!
- lha kalau punya iman, kan ikut mohammad? tubrukan denan poin 1

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by Mutiara on Mon Jan 06, 2014 5:45 am

yang punya iman Islam semua masuk surga, karena SEMUA muslim mendapat rahmad dari Allah.. Nah, tapi ada yang LANGSUNG, yakni muslim yang amal baiknya melebihi dosanya, dan ada pula yang TIDAK LANGSUNG, tapi harus ke neraka dulu yakni bagi muslim pendosa, yang dosanya melebihi amal baiknya.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: cukupkah hanya dengan berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah saja?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 6 dari 14 Previous  1 ... 5, 6, 7 ... 10 ... 14  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik