FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Muslim-Zone Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by ghazia on Fri Aug 23, 2013 12:51 pm

Teringat akan Ucapan Gud Dur Bahwa Beliau Atas nama KOnstitusi (kalau gk salah) memberikan Wacana Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia.

Pertanyaannya: Apakah Ditengah era Modern dan Islam sebagai Umat Rahmatan lil alamin dan berposisi sebagai Umat Tengah, apa  bisa dikatakan Benar kalau Menolak legalisasi tersebut?

Mengingat:
ZIONIS dan Yahudi adalah hal yg berbeda.

Bagaimana menurut padangan Kalian disini?

Zona Terlarang bagi Non Muslim.
Silahkan Membuat Thread tersendiri apabila ada tanggapan.

Mod2
avatar
ghazia
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 138
Kepercayaan : Islam
Location : Debu di langit
Join date : 13.08.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by Mutiara on Sat Aug 24, 2013 8:32 am

jelas tidak setuju lah, mereka itu tanpa dilegalkan saj asudah menjajah menguasai seluruh sektor dimana-mana di seluruh dunia, apalagi diberi kekuatan legal, makin menjadi-jadi...
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by dee-nee on Sat Aug 24, 2013 12:48 pm

@ghazia wrote:Teringat akan Ucapan Gud Dur Bahwa Beliau Atas nama KOnstitusi (kalau gk salah) memberikan Wacana Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia.

Pertanyaannya: Apakah Ditengah era Modern dan Islam sebagai Umat Rahmatan lil alamin dan berposisi sebagai Umat Tengah, apa  bisa dikatakan Benar kalau Menolak legalisasi tersebut?

Mengingat:
ZIONIS dan Yahudi adalah hal yg berbeda.

Bagaimana menurut padangan Kalian disini?
saya setuju yahudi dan zionis adalah hal yang berbeda ... zionis adalah yahudi ... yahudi belum tentu zionis (bisa ya bisa tidak)
Saya lebih melihat ke resiko nya ...

Bagaimana bila awalnya yahudi ini memang bukan zionis ... tapi lama kelamaan dimasuki oleh zionis ??
so ... ya menurut saya lebih baik tidak di legalkan
bukan karena menuduh yahudi = zionis ... tapi lebih karena resiko nya ...

piss 
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by ghazia on Sat Aug 24, 2013 10:22 pm

Terima Kasih
Ada lagi gak?

link:www.ngarep.co.id
avatar
ghazia
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 138
Kepercayaan : Islam
Location : Debu di langit
Join date : 13.08.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by Mutiara on Mon Aug 26, 2013 4:33 am

agama yahudi itu lah yang berbahaya, bukan cuma kelompok zionis israel yang menjajah tanah Palestina itu saja. kitabsuci yahudi itulah inji ajaran dan dasar dari paham zionis israel itu.
yakni yang memberi hak ekslusive bagi ras yahudi di atas ras manusia lainnya, sehingga menghalalkan segala cara untuk kepentingan mereka. Mulai dari larangan memberikan riba dan makan babi bagi ras yahudi, tapi membolehkan melakukan riba dan menjual babi kepada selain ras yahudi, dll. Intinya yang terbaik untuk ras yahudi dan yang buruk bisa diberikan kepada selain ras yahudi.
Nah, kalau pun mau ada pengecualian, itu adalah orang ras yahudi yang telah mualaf, dan telah menjadi muslim.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by wildan99Islam on Mon Aug 26, 2013 4:48 am

Saya juga NO deh

alasannya juga sama kayak Mrs.Dee-nee dan Mrs.Mutia
piss
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by Agaroh ha'Tsadiqim on Mon Aug 26, 2013 7:20 am

Saya termasuk yang bilang ya.

Alasan: Nabi biasa-biasa aja sama Yahudi yang ga neko-neko. Umat Islam setelah nabi pun juga biasa-biasa aja sama Yahudi. Bahkan teologi agama kita sebetulnya lebih dekat ke Yahudi daripada Kristen.

Klo alasan takut menguasai atau menjalar ke mana-mana, tampaknya kita perlu bersikap dewasa dan kudu gentle mau berlomba-lomba berbuat kebaikan dan menguasai dunia dengan umat-umat yang lain. Bukankah itu salah satu tujuan kita hidup di dunia? :D
avatar
Agaroh ha'Tsadiqim
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 107
Kepercayaan : Islam
Location : Bumi Tuhan di Timur
Join date : 12.08.13
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by Mutiara on Mon Aug 26, 2013 11:54 am

agama yahudi yang sekarang itu berBEDA dengan agama yahudi ketika jaman nabi Musa.
Talmud itu memberi hak eksklusif ras yahudi untuk menguasai dunia dan menindas manusia ras selain ras yahudi. Yang bisa beragama yahudi hanya ras yahudi murni. Jadi jangan harap itu keturunan yahudi di Indonesia bisa diterima beragama yahudi, karena mereka sudah campuran, bukan ras murni yahudi lagi.

Dan pada jaman nabi, yang ditoleransi adalah ORANG yahudinya, bukan agama yahudinya.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by frontline defender on Mon Aug 26, 2013 12:02 pm

yes, silahkan saja dilegalisasi!2 good 
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by Mutiara on Mon Aug 26, 2013 12:07 pm

alasannya?
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by frontline defender on Wed Aug 28, 2013 1:04 pm

di Al Quran itu kan prinsipnya sudah jelas :

QS. 2:190. Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

QS. 2:256. Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.


artinya, yang diperangi secara fisik itu orang (bersalah) nya, sedangkan ajaran itu dilawan/diperangi dengan ajaran juga!

piss
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by wildan99Islam on Wed Aug 28, 2013 5:31 pm

@frontline defender wrote:di Al Quran itu kan prinsipnya sudah jelas :

QS. 2:190. Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

QS. 2:256. Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.


artinya, yang diperangi secara fisik itu orang (bersalah) nya, sedangkan ajaran itu dilawan/diperangi dengan ajaran juga!

piss
alasan yang bagus sekali bing FD binar 2 good

tapi menurut saya, kita melihat keadannya dulu sekarang
Zionis yg mayoritas Yahudi itu sudah menyebar kemana2 dan merajalela
Jika kita membuka legalisasi disini, takutnya Yahudi itu disusupi oleh Zionis
Persatuan antar Umat Islam juga belum sampai sekarang. Tidak seperti dulu, Islam bersatu. Islam memang melindungi semua orang siapapun itu kecuali orang yg memerangi kita.

Ya tapi, lihat saja dulu keadaannya
Umat Islam masih belum bersatu dan Zionis Yahudi sudah merajalela dimana2

Ya, itu pendapat saya piss piss
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by already been taken on Wed Aug 28, 2013 6:10 pm

Silahkan, gak ada masalah.. Indonesia ini juga udah abis kok.. apa yang mau diambil? Iman? gak yakin gw...
avatar
already been taken
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 65
Kepercayaan : Islam
Location : Singapore
Join date : 22.08.13
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by dee-nee on Wed Aug 28, 2013 6:52 pm

Pandangan saya terkait legalisasi yahudi ... adalah yahudi =/= zionis.
Tapi ... statement ini belum banyak yang setuju ... banyak muslim di Indonesia yang tidak setuju dengan saya ... anggapan mereka yahudi = zionis.

Dalam hal ini saya cuma melihat manfaat legalisasi itu sendiri ... lebih banyak manfaat atau mudaratnya ...

manfaat : apa iya legalisasi yahudi itu memberi manfaat bagi Indonesia ... walaupun saya juga setuju dengan bung FD ...
tapi bagaimana dengan dampak dan resikonya terkait keadaan muslim di Indonesia

mudarat : walaupun benar apa yang dikatakan bung FD >> fakta bahwa mayoritas muslim di Indonesia masih berpendapat yahudi = zionis tidak bisa dianggap remeh begitu saja ...
Bagaimana bila kehadiran legalisasi ini malah menimbulkan konflik baru
memang seharusnya tidak perlu menjadi konflik ... tapi apa kita bisa memaksa pandangan2 tersebut ...

Takutnya : bagaimana bila konflik terjadi dari kelompok yang menolak ... ditambah resiko masuknya zionis ke Indonesia ...

Boleh atau tidak legalisasi yahudi di Indonesia ... dasarnya adalah boleh
Tapi karena saya nilai lebih banyak mudaratnya .... pendapat saya ... lebih baik tidak usah ...

cape dengan segala konflik ...
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by wildan99Islam on Wed Aug 28, 2013 7:09 pm

ada yg bilang bahwa Zionis itu dibuat oleh Freemason atau Illuminati?
mana
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by Mutiara on Wed Aug 28, 2013 7:55 pm

wah SALAH BESAR tuh yang mengutip ayat Quran cara menafsirnya...
KEBALIK...justru yang diperangi itu KEKAFIRANNNYA, BUKAN orangnya....

kalau seperti fd itu bisa-bisa banyak orang kafir yang dibunuh, dan agama kafirnya malah dikasih peluang untuk berkembang dan semakin ia sebarluaskan sebagai yang benar, padahal salah.

Agama yahudi dengan kitab TALMUDnya itu yang harus diberantas habis, karena ajarannya yang memberi hak exclusive khusus bagi ras yahudi di atas ras manusia lain itu yang salah dan berbahaya. bukan orang yahudinya.

Agama yahudi yang sekarang ini berBEDA dengan saat masa nabi Musa masih hidup, kitab talmud itu sudah mengalami berbagai pemalsuan oleh para rabbinya disesuaikan dengan kepentingan dan nafsu serakah zionis yahudi.

jadi sekali lagi, justru ajarannya yang sangat berbahaya bagi keseluruhan umat manusia itu yang harus diberantas habis, BUKAN orangnya...

kalau orang yahudi, ras yahudi yang mulaf dan muslim juga banyak
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by already been taken on Wed Aug 28, 2013 8:44 pm

oow begitu, baguslah segerakan saja dilegalisir.. saya yakin Yahudi di Indonesia juga pasti unyu-unyu kek kedua sodaranya yang udah duluan disini. ketiwi 
avatar
already been taken
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 65
Kepercayaan : Islam
Location : Singapore
Join date : 22.08.13
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by wildan99Islam on Wed Aug 28, 2013 8:51 pm

@already been taken wrote:oow begitu, baguslah segerakan saja dilegalisir.. saya yakin Yahudi di Indonesia juga pasti unyu-unyu kek kedua sodaranya yang udah duluan disini. ketiwi 
siapa?? wedi dan rama ya? piss
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by dee-nee on Wed Aug 28, 2013 9:29 pm

@wildan99Islam wrote:ada yg bilang bahwa Zionis itu dibuat oleh Freemason atau Illuminati?
mana
ya menurut saya juga begitu ... tapi itu masuknya konspirasi sih ... percaya atau ga intinya

2 good 

Yang saya tau
Zionis adalah bagian dari yahudi yang percaya bahwa tanah yerusalem adalah milik bangsa Yahudi
Jadi ... tidak semua yahudi adalah Zionis ...

Dalam diri zionis pun juga terbagi ... banyak yang tidak setuju juga dengan aksi militer Israel ...
kalau baca sejarahnya ... (saya lupa2 inget) ... setelah terbentuknya negara Israel thn 48 ...
militer Zionis inilah yang disusupi oleh freemanson dan ilumintani ini >>> katanya loh :)

kapan2 deh kalau dapet artikelnya ....
dan ... kalau mau baca teori konspirasi ... banyak di akhirzaman.info
hahahahaha ... tapi jujur ... link itu termasuk link yang paling males saya baca

piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by Mutiara on Wed Aug 28, 2013 9:49 pm

keturunan yahudi yang di Indonesi ait ucuma mimpi, padahal oleh penganut yahudi mereka itu ibarat benalu, sampah, tak ada bedanya dengan ras lain, bukan ras MURNI yahudi lagi, jadi tak bisa menjadi penganut agama yahudi.
mau dilegalkan juga percuam, karena ras yahudi murni tak ada yang tinggal di Indonesia, dan belum tentu juga mereka mau tinggal di Indonesia. wk wk wk

melegalkan agama yahudi sama saja menyerahkan RI pada penjajahan ras yahudi murni.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by musicman on Wed Aug 28, 2013 10:17 pm

Saya diposisi biasa-biasa saja, tapi akan tidak menjadi biasa-biasa saja kalau sudah urusannya legalisasi Zionis. Kultur Muslim kebanyakan memang menunjukkan sifat kurang kritis, kurang mau mempelajari lebih dalam mengenai dogma-dogma yg telah mereka telan dari kecil.

Judul thread ini jelas dalam lingkup AGAMA YAHUDI, bukan Zionis.
Batas-batasnya jelas bagaimana bergaul dengan Musyrik dan Kafir

@mutiara
keturunan yahudi yang di Indonesi ait ucuma mimpi, padahal oleh penganut yahudi mereka itu ibarat benalu, sampah, tak ada bedanya dengan ras lain, bukan ras MURNI yahudi lagi, jadi tak bisa menjadi penganut agama yahudi.
yang mengakui bahwa yg namanya YAHUDI BANGSA PILIHAN itu adalah BOHONG. ....
http://www.mechon-mamre.org/jewfaq/gentiles.htm
"Because of our acceptance of Torah, Jews have a special status in the eyes of God, but we lose that special status when we abandon Torah."

Menurut saya Pribadi orang yahudi ini lebih "HEBAT" dibanding Mayoritas Kristen atau siapa saja yang meyakini adanya istilah BANGSA PILIHAN...bahkan muslim kebanyakan

Artinya Keimanan kepada YAHWEH lah yg menentukan kemuliaan seseorang, bukan Ras atau keturunan.


@Agaroh ha'Tsadiqim wrote:Saya termasuk yang bilang ya.

Alasan: Nabi biasa-biasa aja sama Yahudi yang ga neko-neko. Umat Islam setelah nabi pun juga biasa-biasa aja sama Yahudi. Bahkan teologi agama kita sebetulnya lebih dekat ke Yahudi daripada Kristen.
TEPAT!
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by ramayana on Wed Aug 28, 2013 10:22 pm

ingat!! yahudi itu kafir lho!!

dia menganggap uzair itu anak Allah!!

fitnah emang lebih kejam dari pembunuhan hahahahahahahahaha..

@ muslim yg mendukung yahudi..
kemanusiaan kalian terbentur ama ayat quran!
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3479
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by musicman on Wed Aug 28, 2013 10:36 pm

@Mod
Kalau dikhususkan hanya untuk muslim kayaknya lebih Bermanfaat...

ini baru satu, belum lagi Jendral Hansip kalau udah ikutan
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by ramayana on Wed Aug 28, 2013 10:39 pm

@musicman wrote:@Mod
Kalau dikhususkan hanya untuk muslim kayaknya lebih Bermanfaat...

ini baru satu, belum lagi Jendral Hansip kalau udah ikutan
kenapa ga semua trit ente kasih khusus muslim aja mus?? biar kalian ga di telanjangi hahahahahahahahaha...
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3479
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by gusti_bara on Wed Aug 28, 2013 10:39 pm

yahudi lebih dekat kepada zionist.... jarang sekali yahudi yang benar2 yahudi... lebih besar mudarat daripada manfaat,

patokannya adalah efek buruknya bukan masalah ajaran yahudi... kalo dikitab mereka jelas tdk tertulis memusuhi islam, tapi penganut dan paham setelahnya itu yang berbahaya...

yahudi bisa2 hanya sebagai kendaraan untuk memasukkan iluminati dan new word order disini....

jadi saya tolak mentah2 legalisasi yahudi di indonesia, gak legal ajah pemboncengnya dah bejibun kok...

contoh yang nyata adalah bagaimana zionis dan iluminati bisa membuat agama paga yang bernama KRISTEN...

padahal yesus tdk mengajarkan agama paulist...tapi yesus mengajarkan apa yang diajarkan kepada musa

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Legalisasi Agama Yahudi Di Indonesia, YES or NO?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik