FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Apakah karena Surga dan Neraka

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Apakah karena Surga dan Neraka

Post by myxpnelyx on Sat Aug 24, 2013 9:47 am

bolehlah sekiranya kita berdiskusi mengenai hal ini :

Apakah karena surga kita melakukan perintah-NYA, serta karena neraka kita menjauhi segala larangan-NYA?
dan
Apakah pengharapan akan surga dan pengharapan dijauhi neraka akan mengurangi ke-ikhlasan tindakan kita?

myxpnelyx
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 137
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 17.08.13
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by Jagona on Sat Aug 24, 2013 9:57 am

myxpnelyx wrote:bolehlah sekiranya kita berdiskusi mengenai hal ini :

Apakah karena surga kita melakukan perintah-NYA, serta karena neraka kita menjauhi segala larangan-NYA?
dan
Apakah pengharapan akan surga dan pengharapan dijauhi neraka akan mengurangi ke-ikhlasan tindakan kita?
BUKAN, kita melakukan perintah ALLAH, antara lain karena ;
1. kewajiban sebagai makhluk ciptaannya, sebagaimana tersirat pada ayat 51/56
2. bersyukur atas nikmat yang diberikan kepada kita.

adapun masalah surga dan neraka hanyalah merupakan resiko bagi ketaatan kita dalam melaksanakan petunjuk yang tercantum dalam quran ....................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by Mutiara on Sat Aug 24, 2013 2:30 pm

tergantung sih, tergantung tingkat keimanan masing-masing orang
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by myxpnelyx on Sat Aug 24, 2013 3:39 pm

?[/quote]
1. kewajiban sebagai makhluk ciptaannya, sebagaimana tersirat pada ayat 51/56
2. bersyukur atas nikmat yang diberikan kepada kita.

[/quote]tiada keraguan atas yang menjadi kewajiban. dan pahala adalah balasan yang setimpal (pahala tidak diharapkan tetapi balasan).




myxpnelyx
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 137
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 17.08.13
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by Mutiara on Sat Aug 24, 2013 4:07 pm

kalau masih dipandang sebagai kewajiban, maka itu belum sepenuhnya ikhlas.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by myxpnelyx on Sun Aug 25, 2013 7:32 am

Mutiara wrote:kalau masih dipandang sebagai kewajiban, maka itu belum sepenuhnya ikhlas.
jika benar demikian adanya, belum sepenuhnya ikhlas itu berdampak apa terhadap amalan yang kita lakukan?

myxpnelyx
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 137
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 17.08.13
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by Jagona on Sun Aug 25, 2013 10:05 am

Mutiara wrote:tergantung sih, tergantung tingkat keimanan masing-masing orang
yaaaahhhhh ....... jangan digantung-gantung atuhh ................. okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by Jagona on Sun Aug 25, 2013 10:10 am

myxpnelyx wrote:?
1. kewajiban sebagai makhluk ciptaannya, sebagaimana tersirat pada ayat 51/56
2. bersyukur atas nikmat yang diberikan kepada kita.

tiada keraguan atas yang menjadi kewajiban. dan pahala adalah balasan yang setimpal (pahala tidak diharapkan tetapi balasan)

bisakah anda memahami kedua klausul di atas ? ............... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by Jagona on Sun Aug 25, 2013 10:12 am

Mutiara wrote:kalau masih dipandang sebagai kewajiban, maka itu belum sepenuhnya ikhlas.
trus apa yang anda pahami tentang "kewajiban" di sini ? ................. pokey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by Mutiara on Sun Aug 25, 2013 10:22 am

myxpnelyx wrote:
Mutiara wrote:kalau masih dipandang sebagai kewajiban, maka itu belum sepenuhnya ikhlas.
jika benar demikian adanya,  belum sepenuhnya ikhlas itu berdampak apa terhadap amalan yang kita lakukan?
yah pahalanya tak sebesar kalau yang benar-benar ikhlas SEMATA-MATA hanya untuk Allah.

jadi tergantung itu tergantung nawaitunya, lalu tergantung juga seberapa keikhlasan ketulusannya.

contoh:
bersedekah, kalau sambil berharap supaya dapat balasan dunia, setelah sedekah bisa terkabul keinginannya untuk bisa naik pangkat misalnya. maka itu akan mengurangi pahala akhiratnya, karena ada bagian dari pahala itu yang jadi pengkabul keinginan duniawinya.
Berbeda dengan yang bersedah iklhas semata demi Allah, supaya dapat ridho Allah, maka selain pahala akheratnya tidak berkurang, juga pahala dunianya akan tetap dapat.
semacam itu.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by Mutiara on Sun Aug 25, 2013 10:37 am

masih ingat filosofi para sufi, nah mirip-mirip seperti itulah....

mereka berusaha beribadah semata hanya untuk Allah tanpa berusaha mengharapkan apapun, bahkan seandainya Allah mengehndaki mereka untuk ditempatkan di neraka pun mereka ikhlas, itu tingkat keimanan yang tertinggi, hanya mengabdi tanpa berharap apapun, justru yang seperti ini besar peluangnya untuk bisa masuk surga secara langsung dan mencapai surga yang tertinggi, berkat tingkat keimanannya yang sudah snagat tinggi.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by lampu teplok on Sun Aug 25, 2013 4:36 pm

Beribadah kepada Allah itu bukan untuk mengharapkan untuk masuk surga, tp untuk mengharapkan Rahmat-Nya Allah SWT, karena yg membuat kita masuk surga adalah karena Rahmat-Nya Allah, dan untuk menggapai Rahmat Allah hanya dua caranya : patuhi perintahnya dan jauhi larangannya, simple dalam teori namun sulit dalam pelaksanaannya, yah, semoga kita semua tergolong menjadi manusia2 yg bertaqwa....
sekian jawaban by me
2 good 2 good 
avatar
lampu teplok
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 111
Kepercayaan : Islam
Join date : 24.02.12
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by alex77 on Sun Aug 25, 2013 4:53 pm

Mutiara wrote:masih ingat filosofi para sufi, nah mirip-mirip seperti itulah....

mereka berusaha beribadah semata hanya untuk Allah tanpa berusaha mengharapkan apapun, bahkan seandainya Allah mengehndaki mereka untuk ditempatkan di neraka pun mereka ikhlas, itu tingkat keimanan yang tertinggi, hanya mengabdi tanpa berharap apapun, justru yang seperti ini besar peluangnya untuk bisa masuk surga secara langsung dan mencapai surga yang tertinggi, berkat tingkat keimanannya yang sudah snagat tinggi.
mut, anda iklas masuk neraka...?

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by alex77 on Sun Aug 25, 2013 4:54 pm

lampu teplok wrote:Beribadah kepada Allah itu bukan untuk mengharapkan untuk masuk surga, tp untuk mengharapkan Rahmat-Nya Allah SWT, karena yg membuat kita masuk surga adalah karena Rahmat-Nya Allah, dan untuk menggapai Rahmat Allah hanya dua caranya : patuhi perintahnya dan jauhi larangannya, simple dalam teori namun sulit dalam pelaksanaannya, yah, semoga kita semua tergolong menjadi manusia2 yg bertaqwa....
sekian jawaban by me
2 good 2 good 
maksud anda apa..? beribadah tidak mengharapkan masuk surga tp mengharapkan rahmat allah..
sementara yang membuat masuk sorga itu krn rahmat allah...


alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by myxpnelyx on Sun Aug 25, 2013 5:29 pm

alex77 wrote:
lampu teplok wrote:Beribadah kepada Allah itu bukan untuk mengharapkan untuk masuk surga, tp untuk mengharapkan Rahmat-Nya Allah SWT, karena yg membuat kita masuk surga adalah karena Rahmat-Nya Allah, dan untuk menggapai Rahmat Allah hanya dua caranya : patuhi perintahnya dan jauhi larangannya, simple dalam teori namun sulit dalam pelaksanaannya, yah, semoga kita semua tergolong menjadi manusia2 yg bertaqwa....
sekian jawaban by me
2 good 2 good 
maksud anda apa..? beribadah tidak mengharapkan masuk surga tp mengharapkan rahmat allah..
sementara yang membuat masuk sorga itu krn rahmat allah...

@alex77
agar tidak melebar, beberapa hal yang telah disepakati disini, antara lain :
- Surga dan neraka adalah balasan semata.
- Pandangan terhadap akan kewajiban saja, akan mengurangi keikhlasan, apalagi pengharapan akan surga dan neraka.

myxpnelyx
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 137
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 17.08.13
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by dee-nee on Sun Aug 25, 2013 5:40 pm

bagaimana kalau bentuk kewajiban itu adalah bentuk ketaatan
yang saya tangkap dari statement jagona sih begitu ....

saya pribadi : semua pendapat di forum ini benar ... memang tergantung tingkat keimanan masing2 manusianya

"Saya berkewajiban melakukan perintah Allah karena saya taat ... otomatis saya ikhlas" >>> mungkin ini maksud jagona

Saya liat kok cuma beda2 di tata bahasa saja ... intinya ya memang ikhlas ...
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by SEGOROWEDI on Sun Aug 25, 2013 6:01 pm


dijalankan karena perintah Tuhan..
tidak dijalankan karena larangan Tuhan..


yang penting diteliti..
yang merintah/melarang itu Tuhan atau setan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by dee-nee on Sun Aug 25, 2013 6:05 pm

SEGOROWEDI wrote:
dijalankan karena perintah Tuhan..
tidak dijalankan karena larangan Tuhan..


yang penting diteliti..
yang merintah/melarang itu Tuhan atau setan
terserahlah wed ...
dah di ban kok ga waras2 juga

nyerah 
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by alex77 on Sun Aug 25, 2013 6:09 pm

myxpnelyx wrote:
alex77 wrote:
lampu teplok wrote:Beribadah kepada Allah itu bukan untuk mengharapkan untuk masuk surga, tp untuk mengharapkan Rahmat-Nya Allah SWT, karena yg membuat kita masuk surga adalah karena Rahmat-Nya Allah, dan untuk menggapai Rahmat Allah hanya dua caranya : patuhi perintahnya dan jauhi larangannya, simple dalam teori namun sulit dalam pelaksanaannya, yah, semoga kita semua tergolong menjadi manusia2 yg bertaqwa....
sekian jawaban by me
2 good 2 good 
maksud anda apa..? beribadah tidak mengharapkan masuk surga tp mengharapkan rahmat allah..
sementara yang membuat masuk sorga itu krn rahmat allah...

@alex77
agar tidak melebar, beberapa hal yang telah disepakati disini, antara lain :
- Surga dan neraka adalah balasan semata.
- Pandangan terhadap  akan kewajiban saja, akan mengurangi keikhlasan, apalagi pengharapan akan surga dan neraka.
kesepakatan siapa..?

alex77
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 773
Kepercayaan : Protestan
Location : indonesia
Join date : 05.06.13
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by SEGOROWEDI on Sun Aug 25, 2013 6:14 pm

dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
dijalankan karena perintah Tuhan..
tidak dijalankan karena larangan Tuhan..


yang penting diteliti..
yang merintah/melarang itu Tuhan atau setan
terserahlah wed ...
dah di ban kok ga waras2 juga

nyerah 
gak warasnya dimana, nduk?
jangan asal mangap ya!
cubit 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by dee-nee on Sun Aug 25, 2013 6:15 pm

SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
dijalankan karena perintah Tuhan..
tidak dijalankan karena larangan Tuhan..


yang penting diteliti..
yang merintah/melarang itu Tuhan atau setan
terserahlah wed ...
dah di ban kok ga waras2 juga

nyerah 
gak warasnya dimana, nduk?
jangan asal mangap ya!
cubit 
Ga warasnya karena kebiasaan OOT mas
udah dikasih tau jangan suka OOT kaya laler
masih aja nyamber sana sini ...

piss 
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by Mutiara on Sun Aug 25, 2013 9:03 pm

Ada kisah sufi, tapi lupa hidupnya itu di jaman nabi Musa atau nabi Muhammad, pernah baca, ada seorang lelaki tua yang usianya ratusan tahun dan selalu rajin beribadah, ia merasa sedih ketika sahabatnya yang baru berusia seratus tahun tahun meninggal, ia khawatir sahabatnya itu tak bisa masuk surga karena pahalanya baru selama seratus tahun, belum selama dirinya. Lalu ia bertanya pada nabi, apakah sahabatnya itu akan masuk surga? Lalu nabi bertanya kepada Allah, dan nabi memberikan jawaban bahwa temannya itu akan masuk surga, tetapi si orang tua itu justru akan masuk neraka. Mendengar jawaban itu, si orang tua itu tersenyum. Saat ditanya nabi mengapa ia tersenyum, ia menjawab ia bahagia karena temannya masuk surga, dan ia menyatakan ikhlas jika Allah menghendaki dirinya masuk neraka, jika itu memang kehendakNya. Lalu nabi menjawab, aku diperintahkan Allah untuk menyampaikan kepadamu, bahwa keikhlasanmu itu telah membawamu ke surga, bersama temanmu kamu pun Allah tetapkan untuk masuk surga.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by SEGOROWEDI on Sun Aug 25, 2013 11:04 pm

dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
dijalankan karena perintah Tuhan..
tidak dijalankan karena larangan Tuhan..


yang penting diteliti..
yang merintah/melarang itu Tuhan atau setan
terserahlah wed ...
dah di ban kok ga waras2 juga

nyerah 
gak warasnya dimana, nduk?
jangan asal mangap ya!
cubit 
Ga warasnya karena kebiasaan OOT mas
udah dikasih tau jangan suka OOT kaya laler
masih aja nyamber sana sini ...

piss 
OOT-nya dimana, nduk?
jangan asal mangap ya!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by SEGOROWEDI on Sun Aug 25, 2013 11:13 pm

Mutiara wrote:Ada kisah sufi, tapi lupa hidupnya itu di jaman nabi Musa atau nabi Muhammad, pernah baca, ada seorang lelaki tua yang usianya ratusan tahun dan selalu rajin beribadah, ia merasa sedih ketika sahabatnya yang baru berusia seratus tahun tahun meninggal, ia khawatir sahabatnya itu tak bisa masuk surga karena pahalanya baru selama seratus tahun, belum selama dirinya. Lalu ia bertanya pada nabi, apakah sahabatnya itu akan masuk surga? Lalu nabi bertanya kepada Allah, dan nabi memberikan jawaban bahwa temannya itu akan masuk surga, tetapi si orang tua itu justru akan masuk neraka. Mendengar jawaban itu, si orang tua itu tersenyum. Saat ditanya nabi mengapa ia tersenyum, ia menjawab ia bahagia karena temannya masuk surga, dan ia menyatakan ikhlas jika Allah menghendaki dirinya masuk neraka, jika itu memang kehendakNya. Lalu nabi menjawab, aku diperintahkan Allah untuk menyampaikan kepadamu, bahwa keikhlasanmu itu telah membawamu ke surga, bersama temanmu kamu pun Allah tetapkan untuk masuk surga.
kisah antah berantah..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by myxpnelyx on Mon Aug 26, 2013 12:54 am

alex77 wrote:
myxpnelyx wrote:
alex77 wrote:
lampu teplok wrote:Beribadah kepada Allah itu bukan untuk mengharapkan untuk masuk surga, tp untuk mengharapkan Rahmat-Nya Allah SWT, karena yg membuat kita masuk surga adalah karena Rahmat-Nya Allah, dan untuk menggapai Rahmat Allah hanya dua caranya : patuhi perintahnya dan jauhi larangannya, simple dalam teori namun sulit dalam pelaksanaannya, yah, semoga kita semua tergolong menjadi manusia2 yg bertaqwa....
sekian jawaban by me
2 good 2 good 
maksud anda apa..? beribadah tidak mengharapkan masuk surga tp mengharapkan rahmat allah..
sementara yang membuat masuk sorga itu krn rahmat allah...

@alex77
agar tidak melebar, beberapa hal yang telah disepakati disini, antara lain :
- Surga dan neraka adalah balasan semata.
- Pandangan terhadap  akan kewajiban saja, akan mengurangi keikhlasan, apalagi pengharapan akan surga dan neraka.
kesepakatan siapa..?
kesepakatan peserta diskusi disini.
anda bisa menjadi peserta diskusi, tetapi anda harus mengemukakan pendapat anda terlebih dahulu tentang topik yang kita diskusikan ini. selanjutnya pendapat anda tersebut kita diskusikan bersama.

myxpnelyx
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 137
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 17.08.13
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apakah karena Surga dan Neraka

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik