FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by Penyaran on Sun Sep 29, 2013 1:59 pm


Sebelum tampil di Piala Dunia 1938, timnas Hindia Belanda gelar latihan di Belanda.

Tim Hindia Belanda adalah negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia 1938 di Perancis, tetapi gaya permainan serta seluk-beluk tim sepak bola ini tidak banyak tercatat dalam sejarah.

“Gaya menggiring bola pemain depan Tim Hindia Belanda, sungguh brilian…,” begitulah laporan koran Perancis L’Equipe, edisi 6 Juni 1938, “tapi pertahanannya amburadul, karena tak ada penjagaan ketat..”

Hasilnya, seperti tercatat dalam sejarah, tim sepakbola Hindia Belanda (sekarang adalah Indonesia) dicukur 6-0 (4-0) oleh tim Hungaria – sekali bertanding dan kalah.

Kejadian ini terjadi pada Piala Dunia 1938 di Perancis, yang saat itu memang menggunakan sistem gugur. Artinya, tim Hindia Belanda harus angkat kopor lebih awal.

Saya tidak membaca langsung berita itu. Laporan pandangan mata itu disadur sebuah buku sejarah Piala Dunia, terbitan London, Inggris, sekian tahun lalu. Editor buku ini memperoleh datanya sebagian besar dari surat kabar The Times, serta koran lainnya – termasuk L’Equipe.

Tapi, apa istimewanya berita itu? Menurut saya, berita itu mengandung informasi yang relatif baru.

Apa pasal? Karena informasi tentang "gaya permainan tim Hindia Belanda" itu belum pernah dipublikasikan oleh media-media yang terbit di Indonesia, setahu saya.

Sejauh ini nyaris tidak ada catatan tertulis seperti apa isi pertandingan yang digelar di Stadion Reims, Perancis, 5 Juni 1938, kecuali laporan-laporan yang hanya menyoroti nama-nama pemain -- yang terdiri dari suku Jawa, Maluku, Tionghoa, Indo-Belanda, serta pelatihnya yang asal Belanda, Johannes Christoffel van Mastenbroek.

Laporan-laporan media di Indonesia juga semata menyebutkan bahwa keberangkatan tim ini didukung NIVU, Nederlandcshe Indische Voetbal Unie – organisasi sepakbola di bawah naungan pemerintah kolonial Belanda, tetapi tidak "direstui" PSSI.

PSSI yang didirikan 8 tahun sebelumnya (1930), dilaporkan tidak mengirimkan para pemainnya. FIFA sendiri lebih mengakui NIVU ketimbang PSSI.

Walaupun akhirnya mengatasnamakan NIVU, toh kehadiran Tim Hindia Belanda pada ajang Piala Dunia 1938, akhirnya dicatat sebagai kehadiran pertama kalinya wakil dari benua Asia.

Semula Jepang yang ditunjuk, namun karena kendala transportasi, negara itu mengundurkan diri. Hindia Belanda akhirnya menggantikannya – tanpa melalui ajang kualifikasi piala dunia, yang seperti dipraktekkan sekarang.

Kapten tim seorang dokter

Dalam buku sejarah piala dunia terbitan London itu, disebutkan bahwa para pemain Hindia Belanda, didominasi para pelajar.

“Kapten timnya adalah seorang dokter, yang menggunakan kacamata,” ujar wartawan The Times, saat meliput pertandingan itu.


Pemain Hindia Belanda mengenakan seragam oranye, celana putih dan kaos kaki biru muda.

Informasi ini berbeda dengan laporan yang sudah lama sebelumnya, yang menyebutkan mereka adalah para pegawai yang bekerja untuk pemerintah kolonial.

Disebutkan pula, sebagian besar para pemain berukuran tubuh pendek (“Bien trop petits,” kata reporter koran Perancis, yang dikutip The Times). Meski tergolong pendek, imbuhnya, para pemain depan Hindia jago menggocek bola.

"Gaya menggiring bola pemain depan Tim Hindia Belanda, sungguh brilian…,” begitulah laporan koran Perancis L’Equipe, edisi 6 Juni 1938.

“Tapi pemain belakangnya, lemah dalam penjagaan, serta sering terlambat menjegal lawannya.”

Setelah mengalahkan tim Hindia Belanda, Tim Hungaria akhirnya melaju sampai babak final, sebelum ditundukkan tim Italia 2-4 dan tampil kembali sebagai juara dunia dibawah asuhan pelatih legendaris Victorio Pozzo.

Tim Hungaria kala itu diperkuat bintang-bintang pada zamannya, seperti Gyorgy Sarosi, Gyula Zsengeller. Dua orang itu kemudian masuk daftar 3 besar pencetak gol tersubur dalam piala dunia 1938.

Laga tim Hindia Belanda-Hungaria digelar 5 Juni 1938, pukul 5 sore waktu setempat, di Stadion Velodorme, di kota Reims, Perancis – sekarang stadion itu diubah menjadi Stadion Auguste Delaune.

Pertandingan ini dipimpin wasit asal Perancis, Roger Conrie, serta dua orang hakim garis Carl Weingartner (Jerman) dan Charles Adolphe Delasalle (Perancis).

Disaksikan sekitar 9,000 orang penonton (menurut catatan resmi FIFA), tim Hungaria menggunakan kostim serba putih, sementara lawannya menggunakan kaos oranye, celana pendek putih dan kaus kaki biru muda.
Bermain terbuka

Menghadapi tim sekuat Hungaria, apakah tim Hindia Belanda memilih bermain bertahan? Pertanyaan ini mungkin ada di benak Anda dan barangkali tidak banyak yang tahu apa jawabannya.

Namun menurut wartawan olah raga Belanda, CJ Goorhoff, yang meliput langsung laga di Stadion Rheims, di babak pertama, Achmad Nawir dan kawan-kawan kurang bisa mengembangkan permainan.


Pemain Hindia Belanda saat tiba di Stasiun Den Haag, Belanda, setelah tiba dari Genoa, Italia.

Sehingga, "laga berjalan agak timpang," tulisnya yang dikutip situs geschiedenis24.nl.

"Namun di babak kedua," demikian laporan Goorhoff, "permainan tim Hindia Belanda jauh lebih baik. Mereka bermain terbuka dan berani menyerang."

Usai laga, masih menurut Goorhoff, pemain timnas Hungaria sekaligus salah-satu bintangnya, Gyorgy Sarosi (yang mencetak gol dalam laga ini) mengaku "pertandingan melawan Hindia Belanda, agak berat."

"Dia mengaku tidak menyangka mendapat perlawanan dari tim Hindia Belanda. Banyak kejutan," ungkap Goorhof, mengutip keterangan Sarosi.

"Sarosi juga mengakui bahwa sebagian pemain Hindia Belanda tampil menyulitkan mereka."

Kemudian, Sarosi menyebut sejumlah pemain Hindia Belanda yang disebutnya bermain bagus, yaitu Sutan Anwar, Hans Taihuttu, Tjaak Pattiwael, serta Suwarte Soedarmadjie.

"Kemampuan mereka menyundul bola, beberapa kali mementahkan umpan ke Sarosi dan Toldi, dua pemain depan Hungaria," ungkap Goorhoff.

Kiper Hindia Belanda, Mo Heng Tan, yang kelahiran 28 February 1913, menurut Goorhoff, awalnya tampil kurang percaya diri. "Tapi selanjutnya dia bermain bagus, dan beberapa kali berhasil menyelamatkan gawangnya dari kebobolan."

Mirip kurcaci

Dalam laporannya, Goorhooff menyebutkan pula bahwa tim Hungaria banyak memainkan bola-bola atas, karena rata-rata pemain Indonesia bertubuh pendek.

"Rata-rata tinggi mereka sekitar 160 cm, sementara pemain Hungaria berperawakan tinggi besar," lapornya.

Sejumlah laporan juga menyebutkan, lantaran perbedaan postur tubuh antara kedua tim yang begitu mencolok, Walikota Reims menjuluki Tim Hindia Belanda "mirip kurcaci".


Achmad Nawir (kiri, kapten) dan pemain Belanda.

"Saya seperti melihat 22 pesepakbola Hungaria dikerubuti 11 kurcaci," katanya berkelakar.

Sejumlah catatan menunjukkan, para pemain Hindia Belanda, sebagian besar berusia sekitar 25 tahun. Mereka kelahiran antara tahun 1912 dan 1916. Hanya seorang yang kelahiran 1909, yaitu Hans Taihuttu (pemain depan asal klub VIOS Batavia).

Adapun berat badan mereka berkisar antara 65 kilogram sampai 70 kilogram, sedang pemain tertinggi tercatat 178 sentimeter yaitu pemain tengah Frans Meeng (klub VIOS Batavia).

Walaupun demikian, menurut Goorhooff, kehadiran tim Hindia Belanda di Stadion Velodorme, di kota Reims, Perancis, telah menarik perhatian sekitar 9,000 penonton.

"Mereka menarik perhatian dan simpati penonton, karena pemain Hindia Belanda begitu sopan, seperti memberi hormat kepada penonton," ungkapnya.

Selayaknya laga internasional, pemain Hindia Belanda menyanyikan lagu kebangsaan Belanda, yaitu "Het Wilhelmus".

Menurut catatan resmi FIFA, para pemain Hindia Belanda sebagian besar berusia sekitar 25 tahun. Mereka kelahiran antara tahun 1912 dan 1916. Hanya seorang yang kelahiran 1909, yaitu Hans Taihuttu (pemain depan asal klub VIOS Batavia).

Adapun berat badannya berkisar antara 65 kilogram sampai 70 kilogram, sedang pemain tertinggi tercatat 178 sentimeter yaitu pemain tengah Frans Meeng (klub VIOS Batavia). Selain didominasi pemain Batavia (Jakarta), lainnya dari klub Tionghoa Surabaya, SVV Semarang, serta HCTNH Malang.

Di mana mereka?

Sebelum berlaga di ajang Piala Dunia 1938 di Perancis, tim Hindia Belanda berangkat menggunakan kapal laut 'Baluran'.

Mereka meninggalkan Pelabuhan Tanjung Priok pada 27 April 1938, dan tiba di pelabuhan Genoa di Italia, sebulan kemudian, demikian laporan surat kabar mingguan yang terbit di Batavia (Jakarta), Java Bode.

Dikutip situs Java Post, rombongan Achmad Nawir dan kawan-kawan ini kemudian menuju Belanda dengan mengendarai kereta api.

"Disambut hujan gerimis serta ratusan penggemarnya, mereka tiba di stasiun Den Haag pada18 Mei," tulis situs tersebut. Beberapa ratus orang penggemar disebutkan menyambut kedatangan mereka dengan teriakan yel-yel.

Menginap selama sekitar satu bulan di Hotel Duinoord, di Kota Wassenaar, tim Hindia Belanda menggelar sejumlah laga persahabatan antara lain melawan klub asal Den Haag (skor akhir 2-2) dan klub Haarlem (5-3).

Di awal Juni, rombongan ini berangkat ke Perancis, empat hari menjelang pertandingan hidup-mati melawan tim kuat Hungaria.

Usai dikalahkan Hungaria, mereka kembali ke Belanda, dan menggelar laga persahabatan dengan timnas Belanda di Stadion Olimpiade, Amsterdam, pada 26 Juni 1938. Hasil akhirnya? Jangan kaget, 9-2 untuk timnas Belanda!

Akhirnya, setelah tiga bulan berada di Eropa, mereka melakukan perjalanan pulang pada 1 Juli, dalam perjalanan selama tiga pekan, sebelum akhirnya berlabuh kembali di Tanjung Priok.

Setelah 'pesta' Piala Dunia 1938 berakhir, kemana pergi para pemain itu? Tidak ada catatan yang menunjukkan kiprah mereka selanjutnya, utamanya ketika Belanda harus angkat kaki ketika Indonesia merdeka.

"Tidak jelas kemana mereka," demikian laporan situs yang dikelola di Belanda, Java Post, dalam artikel berjudul Een historische voetbalreis, yang diunggah 23 Maret 2012 lalu.

Hanya saja, demikian situs ini menyebutkan, kiper Mo Heng Tan sempat lulus seleksi untuk memperkuat tim Indonesia dalam laga persahabatan melawan klub dari Singapura pada 1951.

Kisah tragis dialami pemain tengah Frans Alfred Meeng. Menurut situs Java Post, pemain kelahiran 1910 ini ikut tenggelam bersama kapal Jepang Junyo Maru yang ditenggelamkan oleh kapal selam Inggris pada 18 September 1944.

Kapal kargo yang mengangkut para romusha dan tawanan tenggelam di perairan Sumatera.

Pemain Hindia Belanda di Piala Dunia 1938

Kiper: Tan "Bing" Mo Heng (HCTNH Malang), Jack Samuels (Hercules Batavia)

Belakang: Dorst, J. Harting Houdt Braaf Stand (HBS Soerabaja), Frans G. Hu Kon (Sparta Bandung), Teilherber (Djocoja Djogjakarta)

Tengah: G.H.V.L. Faulhaber (Djocoja Djogjakarta), Frans Alfred Meeng (SVBB Batavia), Achmad Nawir (HBS Soerabaja), Anwar Sutan (VIOS Batavia), G. van den Burgh (SVV Semarang)

Depan: Tan Hong Djien (Tiong Hoa Soerabaja), Tan See Han (HBS Soerabaja), Isaac "Tjaak" Pattiwael (VV Jong Ambon Tjimahi), Suvarte Soedarmadji (HBS Soerabaja), M.J. Hans Taihuttu Voetbal Vereniging (VV Jong Ambon Tjimahi), R. Telwe (HBS Soerabaja), Herman Zomers (Hercules Batavia)

Pelatih: Johannes Mastenbroek (Belanda)

http://www.bbc.co.uk/indonesia/olahraga/2013/09/130927_tinjauan_olahraga_indonesia_pialadunia1938.shtml

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by SEGOROWEDI on Sun Sep 29, 2013 11:31 pm

dari sudut pandang perbolaan..
seandainya kita tetap bagian dari kerajaan belanda
sepakbola kita pasti disegani dunia, gak kalah mulu
barusan kalah (lagi) sama maroko di isg
nyerah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by gusti_bara on Mon Sep 30, 2013 9:10 am

@SEGOROWEDI wrote:dari sudut pandang perbolaan..
seandainya kita tetap bagian dari kerajaan belanda
sepakbola kita pasti disegani dunia, gak kalah mulu
barusan kalah (lagi) sama maroko di isg
nyerah
tapi dari sudut pandgang gw... mending merdeka daripada hidup dalam penjajahan.... lah kita dikeruk hartanya kok wed 350 tahun, belum lagi ideologi... pagan masuk indonesia dari penjajah, coba kalo gak dijajah... pasti sabang- merauke jadi monoteisme semua wed...

tapi bukan dari bagian belanda pun saya rasa kita mampu bermain bola (baca: sedara bagus) jika pengurus tdk sibuk berpolitik, jika bola dijadikan olah raga fairplay saja tanpa dibumbui politik, kekuasaan, keserakahan dan ketamakan...

lah kita 25o juta jiwa mosok sih cuma nyetak 11 orang jago gak bisa????

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 30, 2013 10:56 am


dalam perspektif global..
yang penting masyarakatnya sejahtera..
di jaman belanda pabrik dan infratsruktur maju..
sekarang justeru kekayaan dikeruk bangsa sendiri, tapi untuk perutnya sendiri..
masyarakatnya sengsara..

ditambah masuknya islam..
yang kini mendominasi populasi..
kita malah diseret ke abad 7 arab..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by mistik6666 on Mon Sep 30, 2013 11:00 am

@SEGOROWEDI wrote:
dalam perspektif global..
yang penting masyarakatnya sejahtera..
di jaman belanda pabrik dan infratsruktur maju..
sekarang justeru kekayaan dikeruk bangsa sendiri, tapi untuk perutnya sendiri..
masyarakatnya sengsara..

ditambah masuknya islam..
yang kini mendominasi populasi..
kita malah diseret ke abad 7 arab..
pendapat pribadi atau ada data??
avatar
mistik6666
TUKANG BECAK
TUKANG BECAK

Male
Age : 41
Posts : 201
Kepercayaan : Islam
Location : Nganjuk - Jatim
Join date : 21.03.12
Reputation : 9

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 30, 2013 11:04 am


contohnya..
pabrik gula aja bikinan belanda semua, bukannya semakin maju
malah semakin rusak
demikian juga infrastruktur jalan raya utama dan rel-rel kereta api

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by wildan99Islam on Mon Sep 30, 2013 11:27 am

@SEGOROWEDI wrote:
di jaman belanda pabrik dan infratsruktur maju..
Belanda memang banyak membangun Infrastruktur, jalan2, sekolah2
tapi Rakyat Pribumi sengsara wed ....
hal inilah yg membuat Orang Indonesia untuk mengusir penjajah
kata Almh. nenek saya, pas zaman belanda hidup itu susah. Mau makan susah banget, harus kerja keras dulu tiap hari, baru dikasih upah. tapi gak jarang juga upah yg dikasih sedikit. mau sekolah juga susah. Tinggal aja di gubuk kecil. Pokoknya susah banget untuk hidup pas zaman Belanda, apalagi zaman Jepang.

saya heran sama Kristen dsini, udah tau Sejarahnya kayak gitu, malah bela Belanda dengan alasan ini itu. Kasian tuh kakek atau nenek kamu yg hidup zaman Belanda. Pada sengsara
gak pernah lulus SD apa? SD kan diajarin kali

kalo melihat keadaan sekarang, saya juga jujur, Prihatin
banyak pemerintah yg korup, dan hanya mementingkan diri sendiri, keluarga dan partainya saja. Hanya mengungkapkan Janji Palsu kepada rakyatnya

Padahal hal spt itu tidak ada dalam Islam. Coba kalian cek ke Sejarah islam! Bukannya saya udah bilang ya kayak gimana Sejarah islam itu??
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 30, 2013 11:47 am


gak usah kuatir..
kalau jaman sekarang masih seperti itu bakal kena HAM..
lihat korupsi kita! mengerikan..
termasuk korupsi muslim-muslim terbaik di pks..

tapi dari kaca-mata bola, kan hebat kita, punya pemain sekelas van persie..
belum total footballnya..
daripada bambang nurdiansyah yang dulu kena suap
terakhir isnan ali kena narkoba
piss 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by wildan99Islam on Mon Sep 30, 2013 12:01 pm


Coba kalian cek ke Sejarah islam! Bukannya saya udah bilang ya kayak gimana Sejarah islam itu??
  • jangan salahkan Ajaran Islamnya
    salahkan orangnya! ehmm


Terakhir diubah oleh wildan99Islam tanggal Mon Sep 30, 2013 12:03 pm, total 1 kali diubah
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by mistik6666 on Mon Sep 30, 2013 12:02 pm

londo bikin jalan, bikin pabrik-pabrik dan infrastruktur lainnya adalah demi kepentingan mereka. bukan dengan sengaja bikin buat pribumi..

yang dengan jelas merasakan enaknya dijajah belanda adalah para begundal, kroco, penjilat, antek, kaki tangan, keset, juga para pencari keuntungan. bagi pribumi di luar itu, yang ada adalah kesengsaraan.

saya jelas ndak tahu benar tidaknya karena bukan saksi sejarah. cuman menurut cerita simbah dan cerita buku-buku sejarah, keadaannya emang begitu..

kalau simbah sampeyan bercerita bahwa dijajah belanda itu enak, barangkali simbah sampeyan adalah orang yang tidak pernah merasakan sengsaranya hidup di jaman itu...

kalau soal korupsi, dari jaman baheula pun juga sudah ada. siapapun orangnya, apapun agamanya kecenderungan berbuat salah pasti ada.

lha kalau soal bal-balan, jangan lupa, gengsi dan politik juga ikut berperan.
avatar
mistik6666
TUKANG BECAK
TUKANG BECAK

Male
Age : 41
Posts : 201
Kepercayaan : Islam
Location : Nganjuk - Jatim
Join date : 21.03.12
Reputation : 9

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 30, 2013 12:09 pm

@wildan99Islam wrote:
Coba kalian cek ke Sejarah islam! Bukannya saya udah bilang ya kayak gimana Sejarah islam itu??

  • jangan salahkan Ajaran Islamnya
    salahkan orangnya! ehmm
sangat terkait ajaran..
misalnya buang-buang uang buat naik haji
mauoun ngurusi orang naik haji, mending buat membangun njala tol
kemarin ada calon haji yang jual 4 petak tanah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by wildan99Islam on Mon Sep 30, 2013 12:28 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@wildan99Islam wrote:
Coba kalian cek ke Sejarah islam! Bukannya saya udah bilang ya kayak gimana Sejarah islam itu??

  • jangan salahkan Ajaran Islamnya
    salahkan orangnya! ehmm
sangat terkait ajaran..
misalnya buang-buang uang buat naik haji
mauoun ngurusi orang naik haji, mending buat membangun njala tol
kemarin ada calon haji yang jual 4 petak tanah
berhaji itu semampunya mas
gak dipaksa dan gak wajib
bagi yang mampu maka boleh, kalo enggak, ya jangan haji
Gak dipaksa untuk berhaji sekali seumur hidup kok
tapi kalo orang itu maksa pengen haji, dan merelakan segala hartanya, ya gak pa2, toh itu keinginan dia
ehmm
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 30, 2013 12:36 pm


lha iya..
punya 4 petak tanah merasa mampu sehingga terpanggil berhaji
lalu dijualah 4 petak tanah tersebut
dapatnya cuman janji pahala

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by wildan99Islam on Mon Sep 30, 2013 3:13 pm

terserah apa katamu, yg penting Islam tidak pernah mengajarkan hal2 buruk seperti sekarang ini!
ehmm
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 30, 2013 3:25 pm



faktanya meracuni jutaan manusia..
di malaysia daftar tunggu haji bahkan mencapai 51 tahun

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by wildan99Islam on Mon Sep 30, 2013 3:29 pm

Berhaji itu kan juga bagian dari Ibadah mas, meracuni kayak gimana??
basi
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by gusti_bara on Mon Sep 30, 2013 3:48 pm

saya maklum jika mbahnya wedi merasakan kenikmatan jaman belanda.... bisa jadi simbahnya wedi adalah pesuruh belanda, minimal informan yang bisa diandalkan penjajah sehingga bisa makan dan tidur nyenyak, sementara kakek saya harus pontang panting melindungi kepemilikan dari jarahan penjajah, makanya orang yang sefaham lebih pilih angkat senjata berjihad dijalan Allah mengusir penjajah...

mengenai sekarang korupsi merajalela itu bukan akibat lefas dari cengkeraman penjajah tapi lebih karena bobroknya moral pejabat kita, karena bisa jadi mereka tdk faham agama.
lah wong dah jelas kok misalanya suap bahawa dalam islam si penyuap maupun yang menerima sama2 masuk neraka kok... lah emang di kristen ada tuh ancaman semacam itu?? paling asal percaya dibilang "tenang ajah dosamu ada tumbalnya" ya toh....

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 30, 2013 4:07 pm

@wildan99Islam wrote:Berhaji itu kan juga bagian dari Ibadah mas, meracuni kayak gimana??
basi
racun ibadah..
biaya ritual yang dibuang-buang percuma (cuman dapat janji pahala)
bahkan banyak yang mati

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 30, 2013 4:10 pm

@gusti_bara wrote:mengenai sekarang korupsi merajalela itu bukan akibat lefas dari cengkeraman penjajah tapi lebih karena bobroknya moral pejabat kita, karena bisa jadi mereka tdk faham agama.
lah wong dah jelas kok misalanya suap bahawa dalam islam si penyuap maupun yang menerima sama2 masuk neraka kok... lah emang di kristen ada tuh ancaman semacam itu?? paling asal percaya dibilang "tenang ajah dosamu ada tumbalnya" ya toh....
negara 90% muslim, korupnya nomor wahid
ustat aja tarifnya jor-joran; sudah mati-pun makamnya jor-joran
piss 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by wildan99Islam on Mon Sep 30, 2013 5:53 pm

wedi wrote: negara 90% muslim, korupnya nomor wahid
identitas negara Muslim Terbesar tak berarti muslim2nya itu taat semua! sekarang zamannya Muslim KTP
ehmm
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by wildan99Islam on Mon Sep 30, 2013 6:22 pm

wedi wrote:sangat terkait ajaran..
misalnya buang-buang uang, bla bla bla ....
Ok Islam emang mengajarkan umatnya untuk boros, megeluarkan harta, buang2 uang dsb, tapi bukan untuk Berfoya2! bukan untuk disia-siakan! tapi untuk disedekahkan, diinfaqkan, membantu yang tidak mampu, berjihad di jalan Allah, naik haji!

"sisihkanlah sebagian hartamu untuk bersedekah"
saya lupa itu hadist atau ayat, tapi perkataan itu ada dalam Islam! kalo melihat keadaan sekarang seperi 180° ya? Semua bangsa, suku maupun agama mempunyai masa Kejayaan dan Kekelamannya masing2. Umat Islam pada awalnya memiliki masa yang jaya dan menjadi Bangsa Adikuasa dengan adanya Kerajaan Abbasiah, Andalus, Usmaniah dan Mamluk. Tapi saat ini merupakan masa kelamnya Umat Muslim.
Allah pun sudah berfirman, bahwa Setiap bangsa pasti akan mengalami Kejayaan dan Keruntuhan (masa kelam), hal itu agar membuat manusia untuk belajar dari masa lalu!
ehmm
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by mistik6666 on Mon Sep 30, 2013 8:01 pm

sebenarnya OOT sih, tapi pengin nanggepin yang ini saja:

@SEGOROWEDI wrote:
....................
negara 90% muslim, korupnya nomor wahid
....................
piss 
--kalau di negara kristen gimana??
rasa-rasanya yang nomor wahid berbuat buruk juga orang-orang kristen... ehmm ehmm 

back to the topic..
silahken dilanjut.............
avatar
mistik6666
TUKANG BECAK
TUKANG BECAK

Male
Age : 41
Posts : 201
Kepercayaan : Islam
Location : Nganjuk - Jatim
Join date : 21.03.12
Reputation : 9

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 30, 2013 8:24 pm

@wildan99Islam wrote:
wedi wrote: negara 90% muslim, korupnya nomor wahid
identitas negara Muslim Terbesar tak berarti muslim2nya itu taat semua! sekarang zamannya Muslim KTP
ehmm
ustat-ustat pks tentunya bukan muslim ktp
korup juga kok

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 30, 2013 8:28 pm

@wildan99Islam wrote:
wedi wrote:sangat terkait ajaran..
misalnya buang-buang uang, bla bla bla ....
Ok Islam emang mengajarkan umatnya untuk boros, megeluarkan harta, buang2 uang dsb, tapi bukan untuk Berfoya2! bukan untuk disia-siakan! tapi untuk disedekahkan, diinfaqkan, membantu yang tidak mampu, berjihad di jalan Allah, naik haji!

"sisihkanlah sebagian hartamu untuk bersedekah"
saya lupa itu hadist atau ayat, tapi perkataan itu ada dalam Islam! kalo melihat keadaan sekarang seperi 180° ya? Semua bangsa, suku maupun agama mempunyai masa Kejayaan dan Kekelamannya masing2. Umat Islam pada awalnya memiliki masa yang jaya dan menjadi Bangsa Adikuasa dengan adanya Kerajaan Abbasiah, Andalus, Usmaniah dan Mamluk. Tapi saat ini merupakan masa kelamnya Umat Muslim.
Allah pun sudah berfirman, bahwa Setiap bangsa pasti akan mengalami Kejayaan dan Keruntuhan (masa kelam), hal itu agar membuat manusia untuk belajar dari masa lalu!
ehmm
- naik hajinya itu sia-sia, cuman dapat janji pahala..
- jayanya islam karena pengkutnya militan sebab bawa-bawa nama tuhan..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by wildan99Islam on Mon Sep 30, 2013 8:32 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@wildan99Islam wrote:
wedi wrote:sangat terkait ajaran..
misalnya buang-buang uang, bla bla bla ....
Ok Islam emang mengajarkan umatnya untuk boros, megeluarkan harta, buang2 uang dsb, tapi bukan untuk Berfoya2! bukan untuk disia-siakan! tapi untuk disedekahkan, diinfaqkan, membantu yang tidak mampu, berjihad di jalan Allah, naik haji!

"sisihkanlah sebagian hartamu untuk bersedekah"
saya lupa itu hadist atau ayat, tapi perkataan itu ada dalam Islam! kalo melihat keadaan sekarang seperi 180° ya? Semua bangsa, suku maupun agama mempunyai masa Kejayaan dan Kekelamannya masing2. Umat Islam pada awalnya memiliki masa yang jaya dan menjadi Bangsa Adikuasa dengan adanya Kerajaan Abbasiah, Andalus, Usmaniah dan Mamluk. Tapi saat ini merupakan masa kelamnya Umat Muslim.
Allah pun sudah berfirman, bahwa Setiap bangsa pasti akan mengalami Kejayaan dan Keruntuhan (masa kelam), hal itu agar membuat manusia untuk belajar dari masa lalu!
ehmm
- naik hajinya itu sia-sia, cuman dapat janji pahala..
- jayanya islam karena pengkutnya militan sebab bawa-bawa nama tuhan..
- itu Janji Allah!
- ??

sejauh ini saya menyampaikan pendapat sepanjang itu, cuma dibalas dengan sedikit kata2
nyerah
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tim Hindia Belanda (Indonesia) di Piala Dunia 1938

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik