FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by musicman on Sat Nov 23, 2013 3:11 pm

First topic message reminder :


Hal.270




Lalu Siapakah Apostolic Fathers ini?
http://en.wikipedia.org/wiki/Apostolic_Fathers
The Apostolic Fathers are five Early Christian authors who lived and wrote in the second half of the 1st century and the first half of the 2nd century.They are acknowledged as leaders in the early church.
The label "Apostolic Fathers" has been applied to them since the 17th century to indicate that they were thought of as being of the generation that had personal contact with the Twelve Apostles. Thus they provide a link between the Apostles—who had personal contact with Jesus—and the later generations of Church Fathers, which includes the Christian apologists, defenders of orthodoxy, and developers of doctrine.


Apostolic Fathers adalah Penulis Kristen awal yang tinggal dan menulis pada paruh kedua abad ke-1 dan paruh pertama abad ke-2 . Mereka diakui sebagai pemimpin dalam gereja mula-mula

Mereka dianggap sebagai generasi yang memiliki kontak pribadi dengan Dua Belas Rasul yang pernah langsung berinteraksi dengan Yesus Kristus
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down


Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by ghazia on Fri May 02, 2014 5:21 pm

salah thread
 piss 
avatar
ghazia
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 136
Kepercayaan : Islam
Location : Debu di langit
Join date : 13.08.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by ghazia on Fri Feb 12, 2016 9:13 am

@dee-nee wrote:Kristener di forum ini mah kalo udah bawa2 sejarah ....
langsung nyanyi lagu nya kuburan "lupa lupa ingat"

piss 
Group bandnya udah Raib
piss
avatar
ghazia
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 136
Kepercayaan : Islam
Location : Debu di langit
Join date : 13.08.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by frontline defender on Fri Feb 12, 2016 10:45 am

mana ayat2 anti poligami dari kristen2 anti poligami? mana tadi yang ngomong poligami bertentangan dengan Alkitab?
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6390
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 127

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by Paradise OK on Sun Feb 14, 2016 11:29 pm

Matius
19:4 Jawab Yesus: "Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan?
19:5 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."
19:7 Kata mereka kepada-Nya: "Jika demikian, apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat cerai jika orang menceraikan isterinya?"
19:8 Kata Yesus kepada mereka: "Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian



Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by dee-nee on Mon Feb 15, 2016 9:04 am

Yang ditanya bung FD kan tentang poligami ... kok yang dikasih ayat tentang larangan cerai
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8595
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by njlajahweb on Mon Feb 15, 2016 12:29 pm

kalau suami Mbak Dee-Nee, punya lebih dari satu istri, gimana tanggapan Mbak Dee-Nee?apakah Mbak Dee-Nee setuju?
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by dee-nee on Mon Feb 15, 2016 1:03 pm

@njlajahweb wrote:kalau suami Mbak Dee-Nee, punya lebih dari satu istri, gimana tanggapan Mbak Dee-Nee?apakah Mbak Dee-Nee setuju?

ga >>> point-nya pilih aku atau dia

hehehehehehehehe

ketiwi
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8595
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by Paradise OK on Mon Feb 15, 2016 1:42 pm

@dee-nee wrote:Yang ditanya bung FD kan tentang poligami ... kok yang dikasih ayat tentang larangan cerai
cerai/tidak cerai kan tetep beristri > 1 nya yang dilarang den, apalagi cerai

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by dee-nee on Mon Feb 15, 2016 2:10 pm

@Paradise OK wrote:
@dee-nee wrote:Yang ditanya bung FD kan tentang poligami ... kok yang dikasih ayat tentang larangan cerai
cerai/tidak cerai kan tetep beristri > 1 nya yang dilarang den, apalagi cerai

lah ya makanya ... yang ditanya bung FD itu yang merah ... mana ayat yang bilang cerai/tidak cerai dilarang beristri lebih dari 1

hihihihihihihi .... lanjut sama bung FD aja deh ... saya nyimak

piss piss

avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8595
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by Paradise OK on Mon Feb 15, 2016 2:24 pm

@dee-nee wrote:
@Paradise OK wrote:
@dee-nee wrote:Yang ditanya bung FD kan tentang poligami ... kok yang dikasih ayat tentang larangan cerai
cerai/tidak cerai kan tetep beristri > 1 nya yang dilarang den, apalagi cerai

lah ya makanya ... yang ditanya bung FD itu yang merah ... mana ayat yang bilang cerai/tidak cerai dilarang beristri lebih dari 1

hihihihihihihi .... lanjut sama bung FD aja deh ... saya nyimak

piss  piss

lha iya yang diluruskan beristri > 1 = POLIGAMI tanpa cerai DAN KAWIN-CERAI = beristri > 1, mudeg ya ?

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by dee-nee on Tue Feb 16, 2016 7:59 am

@Paradise OK wrote:
@dee-nee wrote:
@Paradise OK wrote:
@dee-nee wrote:Yang ditanya bung FD kan tentang poligami ... kok yang dikasih ayat tentang larangan cerai
cerai/tidak cerai kan tetep beristri > 1 nya yang dilarang den, apalagi cerai

lah ya makanya ... yang ditanya bung FD itu yang merah ... mana ayat yang bilang cerai/tidak cerai dilarang beristri lebih dari 1

hihihihihihihi .... lanjut sama bung FD aja deh ... saya nyimak

piss  piss

lha iya yang diluruskan beristri > 1 = POLIGAMI tanpa cerai DAN KAWIN-CERAI = beristri > 1, mudeg ya ?

hmmmmm

sumpah ... beneran saya ga mudeng
saya ga mudeng ... karena apa hubungan-nya antara "larangan cerai" dengan "larangan beristri lebih dari satu (poligami)" ??

apa hubungannya KAWIN CERAI dengan "beristri lebih dari satu" ?? (yang underline) >>>> kan dalam poligami justru tidak ada perceraian ...

maksud saya : poligami justru tidak melanggar ayat yang anda kasih (karena dalam poligami tidak ada perceraian)

sekali lagi ... saya tidak sedang eyel2an terkait keyakinan anda tentang larangan poligami >>> itu dibahas dengan TS atau bung FD saja
fokus saya adalah karena anda bawa ayat tentang "larangan cerai" .... maka balik ke biru
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8595
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by SEGOROWEDI on Tue Feb 16, 2016 10:04 am


gak ada perintah poligami di alkitab
bagi adam hanya diciptakan seorang hawa untuk jadi pasangannya yang sepadan
kalau ada yang poligami berarti kemauannya sendiri atau orang lain

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 42893
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by Paradise OK on Sat Feb 20, 2016 7:03 pm

@dee-nee wrote:
@Paradise OK wrote:
@dee-nee wrote:
@Paradise OK wrote:
@dee-nee wrote:Yang ditanya bung FD kan tentang poligami ... kok yang dikasih ayat tentang larangan cerai
cerai/tidak cerai kan tetep beristri > 1 nya yang dilarang den, apalagi cerai

lah ya makanya ... yang ditanya bung FD itu yang merah ... mana ayat yang bilang cerai/tidak cerai dilarang beristri lebih dari 1

hihihihihihihi .... lanjut sama bung FD aja deh ... saya nyimak

piss  piss

lha iya yang diluruskan beristri > 1 = POLIGAMI tanpa cerai DAN KAWIN-CERAI = beristri > 1, mudeg ya ?

hmmmmm

sumpah ... beneran saya ga mudeng
saya ga mudeng ... karena apa hubungan-nya antara "larangan cerai" dengan "larangan beristri lebih dari satu (poligami)" ??

apa hubungannya KAWIN CERAI dengan "beristri lebih dari satu" ?? (yang underline) >>>> kan dalam poligami justru tidak ada perceraian ...

maksud saya : poligami justru tidak melanggar ayat yang anda kasih (karena dalam poligami tidak ada perceraian)

sekali lagi ... saya tidak sedang eyel2an terkait keyakinan anda tentang larangan poligami >>> itu dibahas dengan TS atau bung FD saja
fokus saya adalah karena anda bawa ayat tentang "larangan cerai" .... maka balik ke biru
hubungannya beristri > 1 nduk, paham ?


Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by SEGOROWEDI on Tue Feb 23, 2016 3:49 pm

@dee-nee wrote:
@njlajahweb wrote:kalau suami Mbak Dee-Nee, punya lebih dari satu istri, gimana tanggapan Mbak Dee-Nee?apakah Mbak Dee-Nee setuju?

ga >>> point-nya pilih aku atau dia

hehehehehehehehe

ketiwi

mo melawan perintah ilahmu ya?
kawinilah 2, 3 atau 4 wanita yang kamu sukai
kecuali kamu laki-laki penakut, 1 saja

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 42893
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by njlajahweb on Wed Mar 01, 2017 11:06 pm

sekilas info
Qs 7:189  Dialah Yang menciptakan kamu dari diri yang satu dan dari padanya Dia menciptakan isterinya, agar dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, isterinya itu mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian tatkala dia merasa berat, keduanya (suami-isteri) bermohon kepada Allah, Tuhannya seraya berkata: "Sesungguhnya jika Engkau memberi kami anak yang saleh, tentulah kami termasuk orang-orang yang bersyukur".

menurutku tidak ada keharusan untuk harus memiliki lebih dari satu istri, Alloh hanya menganjurkan tapi tidak mengharuskan.

jadi menurutku sang istri masih berhak untuk menolak suaminya yang ingin punya lebih dari satu istri.
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by ryditya on Mon Mar 13, 2017 2:58 pm

Alkitab tidak pernah mengharuskan poligami, tapi sekaligus juga tidak pernah melarangnya.
Bahkan dalam alkitab terdapat aturan utk laki2 yg berpoligami.

Ulangan 21:15-16
"Apabila seorang mempunyai dua orang isteri, yang seorang dicintai dan yang lain tidak dicintainya, dan mereka melahirkan anak-anak lelaki baginya, baik isteri yang dicintai maupun isteri yang tidak dicintai, dan anak sulung adalah dari isteri yang tidak dicintai,"
"maka pada waktu ia membagi warisan harta kepunyaannya kepada anak-anaknya itu, tidaklah boleh ia memberikan bagian anak sulung kepada anak dari isteri yang dicintai merugikan anak dari isteri yang tidak dicintai, yang adalah anak sulung."

Keluaran 21:10
"Jika tuannya itu mengambil perempuan lain, ia tidak boleh mengurangi makanan perempuan itu, pakaiannya dan persetubuhan dengan dia."

Jelas sekali, poligami tidak dilarang alkitab.
avatar
ryditya
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 32
Posts : 135
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 13.03.17
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by njlajahweb on Mon Mar 13, 2017 8:07 pm

Kejadian 2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

Titus 1:6 yakni orang-orang yang tak bercacat, yang mempunyai hanya satu isteri, yang anak-anaknya hidup beriman dan tidak dapat dituduh karena hidup tidak senonoh atau hidup tidak tertib
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by ryditya on Mon Mar 13, 2017 9:42 pm

@njlajahweb wrote:Kejadian 2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

Titus 1:6 yakni orang-orang yang tak bercacat, yang mempunyai hanya satu isteri, yang anak-anaknya hidup beriman dan tidak dapat dituduh karena hidup tidak senonoh atau hidup tidak tertib

Sudah amat jelas Ulangan 21:15-16 dan Keluaran 21:10 mengatur tentang tata cara poligami dalam alkitab.
Artinya poligami dibolehkan.

Kalau poligami dilarang alkitab, kenapa diatur2 segala??
Tulis aja yg jelas dan tegas bahwa poligami dilarang. Ngga usah diatur2.
avatar
ryditya
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 32
Posts : 135
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 13.03.17
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by njlajahweb on Mon Mar 13, 2017 9:54 pm

dulu diperbolehkan soalnya bumi belum penuh penduduknya supaya manusia cepat memenuhi bumi
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by ryditya on Mon Mar 13, 2017 10:20 pm

@njlajahweb wrote:dulu diperbolehkan soalnya bumi belum penuh penduduknya supaya manusia cepat memenuhi bumi

Ooo... Jadi ayat alkitab tidak berlaku kekal sepanjang zaman ??

pusing

avatar
ryditya
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 32
Posts : 135
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 13.03.17
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by njlajahweb on Mon Mar 13, 2017 10:31 pm

nggak semua selalu untuk selamanya
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by ryditya on Mon Mar 13, 2017 10:45 pm

@njlajahweb wrote:nggak semua selalu untuk selamanya

Oke terjawab sudah.
Ayat alkitab dalam perjanjian lama (taurat) telah diakui olehmu sbg ayat2 yg hanya berlaku utk sementara saja.

Padahal yesus mengatakan bahwa hukum taurat berlaku selamanya sampai akhir zaman :

Matius
5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.
5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

Nah... anda ini sangat lancang menentang kata2 yesus.
Tapi sudah biasa koq... semua umat nasrani memang terbiasa menentang kata2 yesus.
hehehe...
avatar
ryditya
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 32
Posts : 135
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 13.03.17
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by njlajahweb on Mon Mar 13, 2017 11:18 pm

hukum taurat bukan berarti mencakup seluruh hukumhukum di perjanjianlama
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by ryditya on Mon Mar 13, 2017 11:26 pm

@njlajahweb wrote:hukum taurat bukan berarti mencakup seluruh hukumhukum di perjanjianlama

Ngawur ahhh....
Jelas sekali itu aturan poligami.
Aturan adlh kata lain dari hukum.
avatar
ryditya
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 32
Posts : 135
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 13.03.17
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by njlajahweb on Mon Mar 13, 2017 11:30 pm

7:18 Memang suatu hukum yang dikeluarkan dahulu dibatalkan, kalau hukum itu tidak mempunyai kekuatan dan karena itu tidak berguna,
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Poligami dan Kekristenan dari Sisi Historis

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik