FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Page 2 of 2 Previous  1, 2

View previous topic View next topic Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by BAKUL KOPI on Mon Oct 31, 2011 10:23 pm

Dalam agama Hindu, Dewa bukanlah Tuhan tersendiri. Menurut umat Hindu, Tuhan itu Maha Esa tiada duanya. Dalam salah satu ajaran filsafat Hindu, Adwaita Wedanta menegaskan bahwa hanya ada satu kekuatan dan menjadi sumber dari segala yang ada (Brahman), yang memanifestasikan diri-Nya kepada manusia dalam beragam bentuk.

BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Total Like dan Thanks: 4
Male
Age: 26
Posts: 757
Location: warkop
Job/hobbies: jualan kopi
Humor: setiap hari adalah hari ngopi sedunia
Join date: 2011-10-07

Back to top Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by bcak on Wed Nov 02, 2011 8:28 am

abu hanan wrote:
semua ttg brahman bli.....atman kan bisah nyusul..
BAKUL KOPI wrote:adalah penguasa tertinggi dalam konsep ketuhanan Hindu. Brahman bersifat kekal, imanen, tak terbatas, tak berawal dan tak berakhir juga menguasai segala bentuk, ruang, waktu, energi serta jagat raya dan segala isi yang ada didalamnya.
:3e:
BAKUL KOPI wrote:Dalam agama Hindu, Dewa bukanlah Tuhan tersendiri. Menurut umat Hindu, Tuhan itu Maha Esa tiada duanya. Dalam salah satu ajaran filsafat Hindu, Adwaita Wedanta menegaskan bahwa hanya ada satu kekuatan dan menjadi sumber dari segala yang ada (Brahman), yang memanifestasikan diri-Nya kepada manusia dalam beragam bentuk.
mungkin link ini bisa membantu menjelaskan tentang saguna dan nirguna Brahman;

http://www.tejasurya.com/artikel-spiritual/sloka-mantra/90.html


maaf tidak bisa sering mampir, ada banyak kesibukan lain :)

bcak
PRAJURIT
PRAJURIT

Total Like dan Thanks: 0
Posts: 13
Join date: 2011-10-18

Back to top Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by BAKUL KOPI on Wed Nov 02, 2011 1:26 pm

:study: :study:

BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Total Like dan Thanks: 4
Male
Age: 26
Posts: 757
Location: warkop
Job/hobbies: jualan kopi
Humor: setiap hari adalah hari ngopi sedunia
Join date: 2011-10-07

Back to top Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by BAKUL KOPI on Tue Nov 15, 2011 11:23 pm

panik udah gitu doank dari rekan2 muslim tdk ada yg mau mempertanyakan lagi.? ngupil

BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Total Like dan Thanks: 4
Male
Age: 26
Posts: 757
Location: warkop
Job/hobbies: jualan kopi
Humor: setiap hari adalah hari ngopi sedunia
Join date: 2011-10-07

Back to top Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by abu hanan on Sat Apr 21, 2012 9:52 pm

sesuai saran @bcak...sayah copas disini
I. Sloka-sloka yang menyatakan Brahman (Tuhan) meresapi segala ciptaannya yang bersifat Transendent (Nirguna Brahman)
v Tri Sandya bait 2
Om Nārāyana evedam sarvam
yad bhūtam yac ca bhavyam
niskalanko nirānjano nirvikalpo
nirākhyātah çuddho deva eko
nārāyano na dvityo’sti kascit


Artinya : Om Narayana adalah semua ini, apa yang telah ada dan apa yang akan ada, bebas dari noda, bebas dari kotoran, bebas dari perubahan tak dapat digambarkan, sucilah Dewa Narayana, Ia hanya satu tidak ada duanya.

v Bhagawad gita XI.40
Namah puras tas atha prstha taste
mamostu te sarvata eva sarva
ananta vi rya mitavikramastvam
sarvam samapnosi sarvah.


Artinya : Hormat pada-Mu pada semua sisi, O Tuhan,
Engkau adalah semua yang ada, tak terbatas dalam kekuatan, tak terbatas dalam keperkasaan, engkau memenuhi segala. Karena itu Engkaulah segala itu.

v Svetasvatara Up.VI.11
Eko devas sarva-bhutesu Gudas
sarva vyapi sarva bhutantar
atma karmadhyaksas sarva
Bhuta dhivasas saksi ceta
Kevalo irgunasca


Artinya : Tuhan yang tunggal berada pada semua makhluk, menyusupi segala, inti hidupnya semua makhluk, hakim semua perbuatan, yang berada pada semua makhluk, saksi yang mengetahui, yang tunggal, bebas dari kualitas apapun.

v Bhuwanakosa II.16
Bhatara Siwa sira eyapaka, sira suksma tar
Kneng angen-angen, kadyangganing akasa
Tan kagrhita de ning manah mwang indriya


Artinya : Bhatara Siwa, meresapi segala, Ia gaib tak dapat dipikirkan, Ia seperti angkasa tak terjangkau oleh pikiran dan indriya.

v Mundaka Upanisad II.2
Divyo hy amurtah purusah sa
Bahyabyantaro hy ajah
Aprana hy amanah subhro aksarat
Paratah parah


Artinya : Tanpa bentuk dan bersifat Ilahi-lah makhluk ini, dia ada di luar dan di dalam, tiada dilahirkan, tanpa nafas dan tanpa pikiran, murni dan lebih tinggi dari yang kekal yang tertinggi.

v Taittiriya Upanisad 2.1.1
Brahmavid apnoti param tad esa bhyukta
Satyam jnanam anantam Brahma Veda
Nihitam guhayah parame vyman so’ snute
Kaman vipascita iti


Artinya : Ia yang mengetahui Brahman sebagai kebenaran, pengetahuan dan tidak terbatas, Ia yang bersembunyi di dalam rongga hati dan Ia yang sangat jauh di angkasa. Ia yang terpenuhi segala keinginannya dalam kesatuan dengan Brahman, Ia yang maha mengetahui..

v Bhagawad Gita IX.4
Maya tatam idam sarvam jagad awyakmurtina
Matsthani sarwabhutani na cha’ha, tesw awasthitah


Artinya : Aku berada dimana-mana dalam alam semesta ini dengan bentuk-Ku yang tak terwujud, semua makhluk berada di dalam Aku, tetapi Aku tidak menetap di dalam mereka.

v Bhagawad Gita VIII.15
Bahir antas ca bhutanam Acharam charam eva cha
Sukshmatvat tad avijneyam durastham cha ntike cha tat.


Artinya : Ada diluar dan di dalam semua insani. Tiada bergerak tetapi bergerak senantiasa terlalu amat halus untuk diketahui jauh nian, namun juga dekat sekali.


II. Sloka-sloka yang menyatakan Brahman (Tuhan) meresap dalam segala ciptaannya yang bersifat imanen (Saguna Brahman)

v Svetasvatara Upanisad II.17
Yo devo’gnau yo’psu, yo visvam bhuvanamavisesa,
Yo asadhisu yp vanaspatisu, tasmai devaya namo namah


Artinya : Sujud pada Tuhan yang berada pada api, yang ada dalam air yang meresapi seluruh alam semesta, yang ada dalam tumbuh-tumbuhan yang ada dalam pohon-pohon kayu..

v Bhuwanakosa III.76
Lwir Bhatara Siwa magawe jagat,
Brahma rupa siram pasrti jagat,
Wisnu rupa sira pangraksang jagat
Rudra Rupa nira mralayaken rat
Nahan tawaknica, bheda nama


Artinya : Adapun Tuhan membuat dunia, berwujud Brahma menciptakan dunia, berwujud Wisnu Beliau memelihara dunia, berwujud Rudra Beliau memusnahkan dunia, demikianlah tiga perwujudan Beliau (yang Tunggal) berbeda nama.

v Wrhaspati Tattwa 11 - 12
Swayaparah siwah suryah caitta tattwah sadasiwah,
Sapadah saguna wyapi arupatwat pracaryate
Utpadako na sahakah tattsyanugraha parah,
Wirocanakaro nityah sarwajnah sarwakrdbibhuh


Artinya : Sadasiwa adalah Cetana (Tuhan) yang telah aktif (sawyaparah) telah berfungsi dan berkhasiat, (misalnya) suka menampuni (siwah), memberi sinar penerangan (suryah), dapat menjadi sekecil-kecilnya (wyapi), tiada berwujud (Arupa), dan menjadi obyek pujaan dari segala makhluk. Sebagai pencipta, pelebur (dan) memberkati. Karunia (Pemelihara) pada dunia raya, memberi sinar-cahaya (sebagai wokosana, serba tahu, maha kaya, ada dimana-mana (dan) kekal abadi.

v Yajur Veda 32.1
Tad eva agnis tad adityas
tad vajur tad u candramah
tad eva sukran tad Brahma
ta apah tad prajapatih


Artinya : Agni adalah itu, Aditya adalah itu, Vayu adalah itu, Candramas adalah itu, Sinar adalah itu, Air juga adalah dia dan prajapati adalah dia.

v Bhagawad Gita XV.15
Sakvasyo cha ham hrdi samnivisshta
mattah smritir jnanam apohanam cha
vedais cha sarvair aham eva vedyo
vedantakrid vedavis eva cha ham.


Artinya : Aku bersemayam dalam hati semua makhluk
dari Aku timbulnya ingatan dan pengetahuan, demikianlah juga halnya ingatan dan pengetahuan itu. Aku adalah Dia, yang sebenarnya harus dikenal oleh keempat weda-weda. Akulah yang sebenarnya pengarang wedanta (weda-weda ) dan Aku juga yang mengetahui weda.


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas

abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Total Like dan Thanks: 158
Male
Age: 80
Posts: 7246
Location: soerabaia
Job/hobbies: Menyebarkan Monotheism dan memberangus berhala
Humor: hari terpanjang adalah hariseninsampaiseninlagi
Join date: 2011-10-06

Back to top Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by dee-nee on Sun Sep 02, 2012 2:41 pm

Kalau saya mau tanya2 sama bcak ... masih bisa ga sih?? atau yang punya nick sudah jarang baca2 LI ???

dee-nee
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 100
Female
Posts: 3355
Location: Jakarta
Join date: 2012-08-02

Back to top Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by Otak Trailer on Mon Sep 03, 2012 9:08 pm

dee-nee wrote:Kalau saya mau tanya2 sama bcak ... masih bisa ga sih?? atau yang punya nick sudah jarang baca2 LI ???
lo apa punya tanya?
Asal lo kaga punya target special buat ejek orang punya agama kaya' seukuwah lo,gw kaga keberatan bincang ame lo.

Sekalian mancing wak Abuh turun gunung coz gw simpen "dendam" ame dia.Lo kaga perlu tau urusan gw ame dia,ntar lo tau sendiri.


Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Posts: 518
Location: kolong tanah
Humor: menertawakan manusia beragama
Join date: 2012-02-11

Back to top Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by dee-nee on Tue Sep 04, 2012 8:15 am

Otak Trailer wrote:
dee-nee wrote:Kalau saya mau tanya2 sama bcak ... masih bisa ga sih?? atau yang punya nick sudah jarang baca2 LI ???
lo apa punya tanya?
Asal lo kaga punya target special buat ejek orang punya agama kaya' seukuwah lo,gw kaga keberatan bincang ame lo.

Sekalian mancing wak Abuh turun gunung coz gw simpen "dendam" ame dia.Lo kaga perlu tau urusan gw ame dia,ntar lo tau sendiri.


ceile ... santai aja dong boss ... emosi jiwa banget sih loe .... kakakakakaka

ketawa guling ketawa guling ketawa guling

ga semua org masuk LI buat ngajakin ribut yang ga seukuwah ... gw masuk LI buat ngelmu ... ngobrol2 aza begicu ....

yes yes yes

Ya mau nanya hindu itu apa? kenapa kok tiap2 umat menyembah dewa yang beda2 ... kok kitab nya bisa sampe 3 ....

ya itu aja dulu ...

thanks bro

senang senang

dee-nee
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 100
Female
Posts: 3355
Location: Jakarta
Join date: 2012-08-02

Back to top Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by Otak Trailer on Tue Sep 04, 2012 12:29 pm

Ya mau nanya hindu itu apa?
Atma Namaste, Om Swastiastu,shalom alaichem

Hindu is agama paling membumi.selalu dapat beradaptasi di mana-mana, tanpa merubah kultur dan budaya masyarakat setempat. Bandingkan dengan Islam,pada masyarakat yg biasa menggunakan koteka akan mengalami perubahan gaya hidup dan mungkin pula tradisi karena bertentangan dengan norma2 baku Islam.
Hindu memang tidak sama dengan agama lain, jadi tidak perlu dipaksakan mencari persamaan, seperti harus ada nabi, harus ada kewajiban bersembahyang sekian kali, harus mempunyai pakaian ibadah tertentu, dan lain-lain. Bahwa Agama Hindu punya cara tersendiri dalam beribadah, bahwa Agama Hindu punya banyak penjelasan tentang berbagai pertanyaan dalam kehidupan.

Hindu is mengajarkan untuk menghargai alam.Umat Hindu adalah bagian perputaran alam,bukan umat di atas umat lain.Tidak memiliki narsisme yang berlebihan seperti beberapa agama yang lain.Semua manusia adalah sama di hadapan Tuhan dan dapat mendekati Tuhan dengan jalan yang dia sukai.

Bhagavad-gita

9.23 Orang yang menjadi penyembah dewa-dewa lain dan menyembah dewa-dewa itu dengan kepercayaan sebenarnya hanya menyembah-Ku, tetapi mereka berbuat demikian dengan cara yang keliru, wahai putera Kunti.

9.25 Orang yang menyembah dewa-dewa akan dilahirkan di antara para dewa, orang yang menyembah leluhur akan pergi ke leluhur, orang yang menyembah hantu dan roh halus akan dilahirkan di tengah-tengah makhluk-makhluk seperti itu, dan orang yang menyembah-Ku akan hidup bersama-Ku.

Persamaan Hindu itu hendaknya dilihat dari sudut esensinya. Semua tradisi Hindu bersumber dari Veda. Mengapa Hindu itu bentuk luarnya selalu berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya? Karena sistem penerapannya itu mengajarkan harus disesuaikan dengan Iksha, Sakti, Desa dan Kala. Dalam penerapannya, tidak boleh bertentangan dengan Tattwa.

kenapa kok tiap2 umat menyembah dewa yang beda2
karena Hindu berkembang dari proses-berpikir yang berkembang secara perlahan, ia memiliki banyak dewa-dewa. Banyak dari mereka merepresentasikan kekuatan-kekuatan alam seperti Bayu (udara), Waruna (air), Agni (api), Aditya (matahari), Yama (dewa kematian).Akan tetapi semua dewa-dewa itu hanyalah berbagai representasi dari Tuhan yang satu. Agama Hindu berkali-kali mengatakan bahwa hanya ada satu Tuhan.

Veda menyebut dia Brahman. Upanishad-Upanishad menjelaskan Dia dengan cara Neti-Neti ("Bukan ini-bukan ini"). Kadang-kadang Tuhan disebut sebagai Itu, sebuah obyek yang tidak hidup, karena tidak ada penjelasan manusia yang berlaku adil terhadap keluasannya.

BG
9.4 Aku berada di mana-mana di seluruh alam semesta dalam bentuk-Ku yang tidak terwujud. Semua makhluk hidup berada dalam diri-Ku, tetapi Aku tidak berada di dalam mereka

Rig Wed menyatakan, "Tuhan atau Kebenaran itu Satu, hanya manusia (orang bijaksana) menyebutnya dengan berbagai cara."
Tindakan menyembah begitu banyak dewa pada saat yang sama tidak menjadi masalah bagi orang Hindu, karena mereka percaya semua bentuk itu adalah manifestasi dari satu Tuhan atau Kekuatan.

Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Posts: 518
Location: kolong tanah
Humor: menertawakan manusia beragama
Join date: 2012-02-11

Back to top Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by uplikitif.hajinskei on Tue Sep 04, 2012 12:51 pm

Trinitas = Trimurti = Pagan

Yesus terlahir dalam lingkungan Yahudi. Bahasa yg digunakannya adalah bahasa Ibrani. Tapi kenapa kitab-kitab perjanjian baru (Injil) hampir seluruhnya ditulis dalam bahasa Yunani ?
Seharusnya, kitab-kitab tsb ditulis dalam bahasa Ibrani, karena bahasa inilah bahasa yg digunakan oleh kaum Yahudi, kaum Yesus sendiri. Ini menunjukkan, bahwa agama Kristen, berkembang dalam kebudayaan Yunani. Sedangkan kebudayaan Yunani sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu.

Dyaus dalam bahasa Sanskerta atau Zeus dalam bahasa Yunani, sampai sekarang tetap tidak berubah. Nama ini dioknumkan menjadi Zeus Pater atau Jupiter dalam kepercayaan Yunani, atau Zupitri dalam bahasa Sanskerta, sebagai Tuhan Bapak. Zeus = Dyaus = Theos = Tuhan, sedangkan Pater=Bapak=Pitar.


Dalam Hinduisme, Tuhan dioknumkan sebagai Bapak (Zupitri), yaitu Brahma. Wisnu, yg merupakan oknum kedua adalah Anak Tuhan., yg dapat menjelma menjadi manusia dalam bentuk Krisna dan Rama.
Sedangkan Shiwa, adalah Roh Suci.
Dari kenyataan ini dapat kita lihat persamaan yg sangat akurat dengan Trinitas.

Dalam Bhagavad Gita (Nyanyian Tuhan), pada ayat ke-14, dalam Kitab yang sama, Krishna bersabda kepada Arjuna :
Karena aku adalah Tuhan
Dalam tubuh ini
Kehidupan abadi
Tak akan musnah
Aku adalah kebenaran
Dan kebahagiaan selama-lamanya


Adakah Anda melihat persamaan makna dgn salah satu ayat dalam Injil…?

Siapakah Krishna….?.
Krishna adalah penjelmaan Dewa Wishnu, melalui manusia biasa, Devanaki.
Hal ini persis sama dengan dgn Yesus, yg diyakini oleh umat Kristen, sebagai Tuhan, yg dilahirkan oleh perempuan manusia bernama Maria.

Kelahiran Yesus, diriwayatkan sama dengan kelahiran Krishna. Kelahiran Krishna digambarkan dalam Athar Veda, salah satu Kitab Suci Hindu sebagai berikut :

Pada suatu malam, waktu raja Kansa tak dapat tidur, berdirilah baginda diteras istananya, digerakkan oleh suatu kekuatan gaib. Ia melihat bintang bergerak dan sinarnya jatuh ke Bumi. Ia bertanya kepada istrinya, Nysumba (seorang ahli sihir, pemuja Dewi Kali, yaitu dewi kerinduan dan kematian), tapi Nysumba tidak mengetahuinya. Maka dipanggillah Brahmana-Brahmana (Pendeta-Pendeta Hindu), untuk melihat bintang itu dan menceritakan kebenarannya. Pendeta-pendeta Hindu tsb, lalu menceritakan, bahwa itu adalah pertanda turunnya Tuhan ke dalam tubuh manusia yang dikandung oleh Devanaki, anak saudara perempuan baginda raja sendiri. Anak yg dikandung itulah yg akan menjadi Tuhan di dunia, raja dunia.

Bandingkanlah riwayat ini dengan riwayat kelahiran Yesus, dalam Injil Matius, yg ditandai dengan bintang yg cemerlang yg bergerak, dan berhenti diatas tempat dimana Yesus dilahirkan.

Karena riwayat kelahiran Krishna, jauh lebih tua dari riwayat kelahiran Yesus, sedangkan Injil yg berkembang adalah Injil berbahasa Yunani, dimana kebudayaan Yunani sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu, maka apa yg dapat kita simpulkan dari kenyataan ini………?.


Yang dapat kita simpulkan :
Ajaran Trinitas adalah modifikasi dari ajaran Trimurti Hinduisme. Brahma dalam Hinduisme dimodifikasi menjadi Allah Bapa,
Wisnu dimodifikasi menjadi Yesus Anak Allah
dan Syiwa dimodifikasi menjadi Roh Kudus.
Jadi, ternyata Trinitas = Trimurti

uplikitif.hajinskei
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 2
Male
Posts: 249
Location: jogjakarta
Job/hobbies: oi kafir . . .definisikan kekafiran anda, agar tidak menjadi korban salah sasaran
Humor: Tuhan sempat jadi Bangkai 3 hari . . . gubrak !!
Join date: 2012-08-30

Back to top Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by Otak Trailer on Tue Sep 04, 2012 1:02 pm

uplikitif.hajinskei wrote:Trinitas = Trimurti = Pagan

Yesus terlahir dalam lingkungan Yahudi. Bahasa yg digunakannya adalah bahasa Ibrani. Tapi kenapa kitab-kitab perjanjian baru (Injil) hampir seluruhnya ditulis dalam bahasa Yunani ?
Seharusnya, kitab-kitab tsb ditulis dalam bahasa Ibrani, karena bahasa inilah bahasa yg digunakan oleh kaum Yahudi, kaum Yesus sendiri. Ini menunjukkan, bahwa agama Kristen, berkembang dalam kebudayaan Yunani. Sedangkan kebudayaan Yunani sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu.

Dyaus dalam bahasa Sanskerta atau Zeus dalam bahasa Yunani, sampai sekarang tetap tidak berubah. Nama ini dioknumkan menjadi Zeus Pater atau Jupiter dalam kepercayaan Yunani, atau Zupitri dalam bahasa Sanskerta, sebagai Tuhan Bapak. Zeus = Dyaus = Theos = Tuhan, sedangkan Pater=Bapak=Pitar.


Dalam Hinduisme, Tuhan dioknumkan sebagai Bapak (Zupitri), yaitu Brahma. Wisnu, yg merupakan oknum kedua adalah Anak Tuhan., yg dapat menjelma menjadi manusia dalam bentuk Krisna dan Rama.
Sedangkan Shiwa, adalah Roh Suci.
Dari kenyataan ini dapat kita lihat persamaan yg sangat akurat dengan Trinitas.

Dalam Bhagavad Gita (Nyanyian Tuhan), pada ayat ke-14, dalam Kitab yang sama, Krishna bersabda kepada Arjuna :
Karena aku adalah Tuhan
Dalam tubuh ini
Kehidupan abadi
Tak akan musnah
Aku adalah kebenaran
Dan kebahagiaan selama-lamanya


Adakah Anda melihat persamaan makna dgn salah satu ayat dalam Injil…?

Siapakah Krishna….?.
Krishna adalah penjelmaan Dewa Wishnu, melalui manusia biasa, Devanaki.
Hal ini persis sama dengan dgn Yesus, yg diyakini oleh umat Kristen, sebagai Tuhan, yg dilahirkan oleh perempuan manusia bernama Maria.

Kelahiran Yesus, diriwayatkan sama dengan kelahiran Krishna. Kelahiran Krishna digambarkan dalam Athar Veda, salah satu Kitab Suci Hindu sebagai berikut :

Pada suatu malam, waktu raja Kansa tak dapat tidur, berdirilah baginda diteras istananya, digerakkan oleh suatu kekuatan gaib. Ia melihat bintang bergerak dan sinarnya jatuh ke Bumi. Ia bertanya kepada istrinya, Nysumba (seorang ahli sihir, pemuja Dewi Kali, yaitu dewi kerinduan dan kematian), tapi Nysumba tidak mengetahuinya. Maka dipanggillah Brahmana-Brahmana (Pendeta-Pendeta Hindu), untuk melihat bintang itu dan menceritakan kebenarannya. Pendeta-pendeta Hindu tsb, lalu menceritakan, bahwa itu adalah pertanda turunnya Tuhan ke dalam tubuh manusia yang dikandung oleh Devanaki, anak saudara perempuan baginda raja sendiri. Anak yg dikandung itulah yg akan menjadi Tuhan di dunia, raja dunia.

Bandingkanlah riwayat ini dengan riwayat kelahiran Yesus, dalam Injil Matius, yg ditandai dengan bintang yg cemerlang yg bergerak, dan berhenti diatas tempat dimana Yesus dilahirkan.

Karena riwayat kelahiran Krishna, jauh lebih tua dari riwayat kelahiran Yesus, sedangkan Injil yg berkembang adalah Injil berbahasa Yunani, dimana kebudayaan Yunani sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu, maka apa yg dapat kita simpulkan dari kenyataan ini………?.


Yang dapat kita simpulkan :
Ajaran Trinitas adalah modifikasi dari ajaran Trimurti Hinduisme. Brahma dalam Hinduisme dimodifikasi menjadi Allah Bapa,
Wisnu dimodifikasi menjadi Yesus Anak Allah
dan Syiwa dimodifikasi menjadi Roh Kudus.
Jadi, ternyata Trinitas = Trimurti

Syiwa menjadi Roh Kerdus by modifikasi adalah Pemikiran Orang Bodoh.Sok tau agama orang en asal copas.

Syiwa merupakan dewa (lo mesti belajar makna malaikat).Secara terminologi Siwa Nata Raja : Siwa artinya manifestasi dari Tuhan, Nata artinya berkesenian dalam perspektif Hindu, Raja artinya maha besar atau maha kuasa, Siwa Nata Raja artinya berkesenian dalam rangka pemujaan kemahakuasaan Tuhan.

Beliau memutar dunia ini dengan suatu gerakan-gerakan mistis yang disebut dengan mudra, yang memiliki kekuatan gaib. Dimana setiap gerakan tangan dan gerakan tubuhya memiliki kekuatan, sehingga tarian ini tidak semata-mata mementingkan keindahan rupa. Namun didasari atas gerakan mudra tersebut, sehingga tarian tersebut memiliki kekuatan sekala dan niskala atau kekuatan nyata dan tidak nyata.

Gimana lo sampe kate Siwa is modifikasi menjadi Roh Kardus,man???

Dewata Nawasanga adalah sembilan dewa atau manifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang menjaga atau menguasai sembilan penjuru mata angin. Sembilan dewa itu adalah Dewa Wisnu, Sambhu, Iswara, Maheswara, Brahma, Rudra, Mahadewa, Sangkara, dan Siwa.

Lo mau tanggung jawab atas komen sampah lo diatas hah?

Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Posts: 518
Location: kolong tanah
Humor: menertawakan manusia beragama
Join date: 2012-02-11

Back to top Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by dee-nee on Tue Sep 04, 2012 2:09 pm

Wait ... wait ... masih ra mudeng nih gw .... Kita terusin satu2 yah ...

Tapi you juga musti janji ... gw cuma mau ngomong soal hindu ... jadi kalimat2 perbandingan (seperti yang gue bold dibawah) harap dihilangkan ... gw ga mau percakapan ini mengarah jadi sikap2 yang memojokkan agama lain ...

Fair kan ??

Otak Trailer wrote:
Ya mau nanya hindu itu apa?
Atma Namaste, Om Swastiastu,shalom alaichem

Hindu is agama paling membumi.selalu dapat beradaptasi di mana-mana, tanpa merubah kultur dan budaya masyarakat setempat. Bandingkan dengan Islam,pada masyarakat yg biasa menggunakan koteka akan mengalami perubahan gaya hidup dan mungkin pula tradisi karena bertentangan dengan norma2 baku Islam.
Hindu memang tidak sama dengan agama lain, jadi tidak perlu dipaksakan mencari persamaan, seperti harus ada nabi, harus ada kewajiban bersembahyang sekian kali, harus mempunyai pakaian ibadah tertentu, dan lain-lain. Bahwa Agama Hindu punya cara tersendiri dalam beribadah, bahwa Agama Hindu punya banyak penjelasan tentang berbagai pertanyaan dalam kehidupan.

Hindu is mengajarkan untuk menghargai alam.Umat Hindu adalah bagian perputaran alam,bukan umat di atas umat lain.Tidak memiliki narsisme yang berlebihan seperti beberapa agama yang lain.Semua manusia adalah sama di hadapan Tuhan dan dapat mendekati Tuhan dengan jalan yang dia sukai.

Tentang apa itu hindu ??

Ok ... kalau gue ganti kalimatnya ... bisa ga gue bilang ... karena inti pengajaran Hindu adalah menghargai alam, itulah sebabnya kenapa setiap bagian alam ini mempunyai nama (dewa) nya sendiri2 ...

Itulah sebabnya "Banyak dari mereka merepresentasikan kekuatan-kekuatan alam seperti Bayu (udara), Waruna (air), Agni (api), Aditya (matahari), Yama (dewa kematian)" .... dan masing2 manusia mempunyai hak kepada dewa mana mereka ingin menyembah ...

Misalnya gw pernah nonton kartunnya Kresna ... di desa itu mereka menyembah dewa hujan karena mereka merasa hujan adalah sumber penghidupan mereka .... tanpa hujan keringlah pertanian mereka, dst ....

Lalu bila ada manusia lain merasa api adalah kekuatan terbesar di dunia ini ... orang tsbt juga boleh menyembah dewa api, begitu juga dewa2 yang lain ....

Sampai disini ... tolong dikritik kalau persepsi gw salah .....

Kemudian .... (yang kedua)

Persamaan Hindu itu hendaknya dilihat dari sudut esensinya. Semua tradisi Hindu bersumber dari Veda. Mengapa Hindu itu bentuk luarnya selalu berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya? Karena sistem penerapannya itu mengajarkan harus disesuaikan dengan Iksha, Sakti, Desa dan Kala. Dalam penerapannya, tidak boleh bertentangan dengan Tattwa.

bahasanya hindu banget ... gw ga paham sama sekali ....
apa itu Ikhsa, Sakti, Desa dan Kala, .... apapula Tattwa itu ....

soal kitab2 nya nanti dulu ....

Ok segitu saja dulu ... xie xie yuhuii


dee-nee
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 100
Female
Posts: 3355
Location: Jakarta
Join date: 2012-08-02

Back to top Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by uplikitif.hajinskei on Tue Sep 04, 2012 2:26 pm

Otak Trailer wrote:Syiwa menjadi Roh Kerdus by modifikasi adalah Pemikiran Orang Bodoh.( elo musti bicara ini sama penganut Trinitas )Sok tau agama orang en asal copas.

Syiwa merupakan dewa (lo mesti belajar makna malaikat).Secara terminologi Siwa Nata Raja : Siwa artinya manifestasi dari Tuhan, Nata artinya berkesenian dalam perspektif Hindu, Raja artinya maha besar atau maha kuasa, Siwa Nata Raja artinya berkesenian dalam rangka pemujaan kemahakuasaan Tuhan.

Beliau memutar dunia ini dengan suatu gerakan-gerakan mistis yang disebut dengan mudra, yang memiliki kekuatan gaib. Dimana setiap gerakan tangan dan gerakan tubuhya memiliki kekuatan, sehingga tarian ini tidak semata-mata mementingkan keindahan rupa. Namun didasari atas gerakan mudra tersebut, sehingga tarian tersebut memiliki kekuatan sekala dan niskala atau kekuatan nyata dan tidak nyata.

Gimana lo sampe kate Siwa is modifikasi menjadi Roh Kardus,man???

( ROH KUDUS TIDAK PERNAH DI WUJUDKAN OLEH PENGANUT TRINITAS = siwa sebagai manifestasi tuhan,tidak pernah di wujudkan / "hanya" di manifestasikan "nitis " ke krishna/ jesus di trinitas )

Dewata Nawasanga adalah sembilan dewa atau manifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang menjaga atau menguasai sembilan penjuru mata angin. Sembilan dewa itu adalah Dewa Wisnu, Sambhu, Iswara, Maheswara, Brahma, Rudra, Mahadewa, Sangkara, dan Siwa.

Lo mau tanggung jawab atas komen sampah lo diatas hah?


lah kok langsung kebakaran jenggot ?? lu ga baca ya? bahwa bisa di simpulkan
trinitas YAnG MENGADOPSI TRIMURTI



sebenernya. siwa itu yg mana ? sbagai dewa penghancur ?

Syiwa

Syiwa adalah oknum ketiga Tritunggal atau Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Kepadanya sering dikorbankan darah berratus–ratus manusia bersama nyawanya. Tetapi manusia yang dikorbankan untuk Syiwa itu tidaklah lain dari inkarnasi Syiwa sendiri. Terhadap ratusan nyawa manusia yang disembelih dalam pemujaan kepada Syiwa, dewa itu berkata kepada Brahma (dewa Bapa):

Akulah korban itu sebenarnya; Akulah yang kamu sembelih di atas altar–altarku[12].


atau :

Sesuai definisi lu yg loncat loncat ??

l

uplikitif.hajinskei
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 2
Male
Posts: 249
Location: jogjakarta
Job/hobbies: oi kafir . . .definisikan kekafiran anda, agar tidak menjadi korban salah sasaran
Humor: Tuhan sempat jadi Bangkai 3 hari . . . gubrak !!
Join date: 2012-08-30

Back to top Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by Otak Trailer on Wed Sep 05, 2012 12:58 pm

dee nee wrote:Tentang apa itu hindu ??

Ok ... kalau gue ganti kalimatnya ... bisa ga gue bilang ... karena inti pengajaran Hindu adalah menghargai alam, itulah sebabnya kenapa setiap bagian alam ini mempunyai nama (dewa) nya sendiri2 ...

Itulah sebabnya "Banyak dari mereka merepresentasikan kekuatan-kekuatan alam seperti Bayu (udara), Waruna (air), Agni (api), Aditya (matahari), Yama (dewa kematian)" .... dan masing2 manusia mempunyai hak kepada dewa mana mereka ingin menyembah ...

Misalnya gw pernah nonton kartunnya Kresna ... di desa itu mereka menyembah dewa hujan karena mereka merasa hujan adalah sumber penghidupan mereka .... tanpa hujan keringlah pertanian mereka, dst ....

Lalu bila ada manusia lain merasa api adalah kekuatan terbesar di dunia ini ... orang tsbt juga boleh menyembah dewa api, begitu juga dewa2 yang lain ....

Sampai disini ... tolong dikritik kalau persepsi gw salah .....
Lo say inti pengajaran Hindu is menghargai alam.
Pendapat lo dapet darimane?Setiap bagian alam mempunyai nama or dewa caused pengajaran dari sloka
BG
9.4 Aku berada di mana-mana di seluruh alam semesta dalam bentuk-Ku yang tidak terwujud.

Sang Hyang is everywhere so Hindu menghargai dan menghormati sosoknya melalui penghargaan dan penghormatan kepada alam.Kearifan lokal yang memperhatikan tata susun alam sekitar yang dimaksudkan.

Loe pahaman dolo konsepsi penciptaan alam semesta bahwa Tuhan Yang maha Esa dan Maha Besar adalah Brahman, Dewa Wisnu (menurut Vaisnawa) adalah personifikasi Brahman tertinggi. Kāranodakaśāyi Vishnu (Mahā Vishnu): Wisnu yang berbaring dalam lautan penyebab dan Beliau menghembuskan banyak alam semesta. Lautan penyebab adalah energi.

Personifikasi Brahman tergantung pada kecenderungan penganut Hindu.Masyarakat Bali meyakini personifikasi Brahman adalah Syiwa.
Menghargai alam is bagian dari Hindu yang tak terpisahkan. Kehidupan pemeluk Hindu menyatu dengan alam, hampir semua kegiatan upacara keagamaan berkaitan dengan alam semesta (bhuana agung), dibawah ini filosofi dalam Hindu mengenai Alam semesta.
1. Filosofi: Trihita-karana (tiga hal yang menyebabkan kebahagiaan): hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan (parhyangan), manusia dengan sesama manusia (pawongan), dan manusia dengan alam (palemahan). Bila salah satu keharmonisan itu hilang/ terganggu maka hidup manusia akan sulit/ tidak bahagia. Karena itu umat Hindu selalu berusaha menjaga keharmonisan/ keseimbangan ketiga hal itu.

2. Filosofi tentang bhuwana-agung (alam semesta) dan bhuwana-alit (tubuh manusia) yang mempunyai unsur-unsur yang sama, disebut Panca Mahabhuta (lima unsur alam semesta utama), yaitu:
Iksha adalah pandangan hidup masyarakat setempat, sakti adalah kemampuan, desa adalah aturan rohani setempat dan tattwa adalah hakikat kebenaran Veda sedangkan kala adalah waktu.

@antisemit
Lo belajar Hindu darimane?

******!!!
Nawa Dewata atau Dewata Nawa Sanga adalah sembilan penguasa di setiap penjuru mata angin dalam konsep agama Hindu Dharma di Bali. Sembilan penguasa tersebut merupakan Dewa Siwa yang dikelilingi oleh delapan aspeknya

******!!!
Rig Wed menyatakan, "Tuhan atau Kebenaran itu Satu, hanya manusia (orang bijaksana) menyebutnya dengan berbagai cara."


Siwa (bahasa Sansekerta: शिव atau श्रीशिव, Śiva), atau kadangkala ditulis Shiva, menurut ejaan bahasa Inggris, adalah salah satu Dewa Utama, Trimurti dalam agama Hindu yang berjumlah tiga. Kedua dewa lainnya adalah Brahma dan Wisnu.

Dalam ajaran agama Hindu, Dewa Siwa (Çiwa / Shiva) adalah manifestasi dari Tuhan Yang Maha Esa sebagai pelebur, melebur segala sesuatu yang sudah usang dan tidak layak berada di dunia fana lagi sehingga segala ciptaan Tuhan tersebut harus dikembalikan kepada asalnya (Tuhan).

Orang bijaksana memberinya gelar Dewa angin dan Dewa cinta kasih. Beliau tampak sebagai Dewa yang memancarkan kasih sayang kepada makhluk hidup. Sebaliknya bagi orang yang hidupnya penuh dosa, Beliau tampak sebagai Dewa yang menyeramkan, matanya melotot dan memegang banyak senjata, seolah-olah hendak membinasakan apapun yang ada di hadapannya.

******



edited by sayah


-->>gak boleh ada kata kasar

Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Total Like dan Thanks: 4
Male
Posts: 518
Location: kolong tanah
Humor: menertawakan manusia beragama
Join date: 2012-02-11

Back to top Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by abu hanan on Wed Sep 05, 2012 3:46 pm

@OT

mohon diperhatikan penggunaan kata..dilarang memaki dan mencaci...marah2 boleh tapi HARAM berkata KASAR....

untuk menjadi perhatian,sementara level anda di-diskon 25%



wassalam


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas

abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Total Like dan Thanks: 158
Male
Age: 80
Posts: 7246
Location: soerabaia
Job/hobbies: Menyebarkan Monotheism dan memberangus berhala
Humor: hari terpanjang adalah hariseninsampaiseninlagi
Join date: 2011-10-06

Back to top Go down

Re: PENGERTIAN DAN TUJUAN AGAMA HINDU

Post by dee-nee on Wed Sep 05, 2012 4:22 pm


Lo say inti pengajaran Hindu is menghargai alam.
Pendapat lo dapet darimane?Setiap bagian alam mempunyai nama or dewa caused pengajaran dari sloka
BG
9.4 Aku berada di mana-mana di seluruh alam semesta dalam bentuk-Ku yang tidak terwujud.

Sang Hyang is everywhere so Hindu menghargai dan menghormati sosoknya melalui penghargaan dan penghormatan kepada alam.Kearifan lokal yang memperhatikan tata susun alam sekitar yang dimaksudkan

Ya pendapat gue dapet dari kartun Kresna itu dan banyak film2 india lainnya ... ada banyak dewa ... ada yang dipuja ada pula yang tidak ... maksudnya ... apakah karena Sang Hyang ini is everywhere ... maka Hindu mempunyai banyak dewa (sebagai personifikasi Brahman/Sang Hyang) ... dan melakukan pemujaan pada alam ... tergantung bagian alam mana yang mereka butuhkan ... misalnya itu tadi di kartun kresna

"di desa itu mereka menyembah dewa hujan karena mereka merasa hujan adalah sumber penghidupan mereka .... tanpa hujan keringlah pertanian mereka, dst" ... dewa hujan ini adalah personifikasi dari Sang Hyang (Brahman) itu sendiri ...

Loe pahaman dolo konsepsi penciptaan alam semesta bahwa Tuhan Yang maha Esa dan Maha Besar adalah Brahman, Dewa Wisnu (menurut Vaisnawa) adalah personifikasi Brahman tertinggi. Kāranodakaśāyi Vishnu (Mahā Vishnu): Wisnu yang berbaring dalam lautan penyebab dan Beliau menghembuskan banyak alam semesta. Lautan penyebab adalah energi.

Personifikasi Brahman tergantung pada kecenderungan penganut Hindu. Masyarakat Bali meyakini personifikasi Brahman adalah Syiwa.

Apakah ini yang dimaksud di http://id.wikipedia.org/wiki/Agama_Hindu >>> Dewa-Dewi Hindu

Dalam kitab suci Reg Weda, Weda yang pertama, disebutkan adanya 33 Dewa, yang mana ketiga puluh tiga Dewa tersebut merupakan manifestasi dari kemahakuasaan Tuhan Yang Maha Esa. Di antara Dewa-Dewi dalam agama Hindu, yang paling terkenal sebagai suatu konsep adalah: Brahmā, Wisnu, Çiwa. Mereka disebut Trimurti.

Jadi apakah Trimurti ini hanya konsep yang terkenal saja ... dan pada dasarnya manusia boleh menyembah salah satu dari 33 ini ... atau harus menyembah trimurti ??

Menghargai alam is bagian dari Hindu yang tak terpisahkan. Kehidupan pemeluk Hindu menyatu dengan alam, hampir semua kegiatan upacara keagamaan berkaitan dengan alam semesta (bhuana agung), dibawah ini filosofi dalam Hindu mengenai Alam semesta.

1. Filosofi: Trihita-karana (tiga hal yang menyebabkan kebahagiaan): hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan (parhyangan), manusia dengan sesama manusia (pawongan), dan manusia dengan alam (palemahan). Bila salah satu keharmonisan itu hilang/ terganggu maka hidup manusia akan sulit/ tidak bahagia. Karena itu umat Hindu selalu berusaha menjaga keharmonisan/ keseimbangan ketiga hal itu.

2. Filosofi tentang bhuwana-agung (alam semesta) dan bhuwana-alit (tubuh manusia) yang mempunyai unsur-unsur yang sama, disebut Panca Mahabhuta (lima unsur alam semesta utama), yaitu:
Iksha adalah pandangan hidup masyarakat setempat, sakti adalah kemampuan, desa adalah aturan rohani setempat dan tattwa adalah hakikat kebenaran Veda sedangkan kala adalah waktu.

Persamaan Hindu itu hendaknya dilihat dari sudut esensinya. Semua tradisi Hindu bersumber dari Veda. Mengapa Hindu itu bentuk luarnya selalu berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya? Karena sistem penerapannya itu mengajarkan harus disesuaikan dengan Iksha, Sakti, Desa dan Kala. Dalam penerapannya, tidak boleh bertentangan dengan Tattwa.

Ok ... jadi artinya ...

Persamaan Hindu itu hendaknya dilihat dari sudut esensinya. Semua tradisi Hindu bersumber dari Veda. Mengapa Hindu itu bentuk luarnya selalu berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya? Karena sistem penerapannya itu mengajarkan harus disesuaikan dengan pandangan hidup masyarakat setempat, kemampuan, aturan rohani setempat dan waktu. Dalam penerapannya, tidak boleh bertentangan dengan hakikat kebenaran Veda

Lalu mengapa dalam link wiki yang sama di judul Enam filsafat Hindu ... ada kalimat : Terdapat dua kelompok filsafat India, yaitu Astika dan Nastika. Nastika merupakan kelompok aliran yang tidak mengakui kitab Weda ?

Begini ... gue tidak dalam rangka meragukan agama ini .... kita positive thinking aja ... tapi yang membuat gue bingung adalah ... contoh : bila kita buka link wiki diatas ... disetiap sub-link nya akan ada kosa kata baru, penjelasan lain lagi, pemahaman tambahan, cabang2 yang banyak lagi .... dan masing2 kontradiktif satu sama lain ...

Lalu bagaimana kita bisa menjustifikasikan mana yang masuk dalam ajaran Hindu mana yang tidak ??

Apakah bisa disimpulan ... intinya Hindu percaya pada 5 hal :

Widhi Tattwa - percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan segala aspeknya
Atma Tattwa - percaya dengan adanya jiwa dalam setiap makhluk
Karmaphala Tattwa - percaya dengan adanya hukum sebab-akibat dalam setiap perbuatan
Punarbhava Tattwa - percaya dengan adanya proses kelahiran kembali (reinkarnasi)
Moksa Tattwa - percaya bahwa kebahagiaan tertinggi merupakan tujuan akhir manusia

berpegang pada kitab Weda dengan Caturweda nya .... ditambah kitab2 tambahan mengenai mitologi (cerita2) India kuno yang mengisahkan moral2 dan filosofi kehidupan, seperti Upanishad, dan Bhagawadgita, ditambah kitab2 tradisi (kitab Smerti) tergantung daerah masing2

Diluar dari itu ... tidak usah dipikirkan ... karena itu merupakan perpecahan dari ajaran Hindu itu sendiri ...

Ini kesimpulan pribadi saya ... kalo salah .. koreksi lagi .... xie xie yuhuii




dee-nee
KAPTEN
KAPTEN

Total Like dan Thanks: 100
Female
Posts: 3355
Location: Jakarta
Join date: 2012-08-02

Back to top Go down

Page 2 of 2 Previous  1, 2

View previous topic View next topic Back to top


Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum