FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

jibril = roh kudus??? dasarnya apa?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

jibril = roh kudus??? dasarnya apa?

Post by ian rush on Sun Dec 08, 2013 9:07 pm

dari trit :
Injil Palsu sejak Isa Hidup
gusti_bara wrote:bingung apanya fir...??

di islam Allah di paulus fansclub "babeh"
di islam jibril di ajaran korban paulus roh kudus
di islam mariam di ajaran romawi ave maria
di islam isa a.s di ajaran antikrist yesus

lalu apanya yang bingung???
Nama nama di atas ada kemiripan status dan karakter, walaupun dipaksakan. Tetapi mengenai jibril = roh kudus, terus terang saya bingung.

Jibril adalah malaikat di quran, kenapa tidak disamakan dengan malaikat Gabriel yg di alkitab. Sama sama malaikat. Kenapa roh kudus yg merupakan Tuhan bagi kristen disamakan dengan Jibril yg malaikat di quran.

pertanyaannya : apa dasarnya muslim membuat kesimpulan di atas?

ian rush
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 320
Kepercayaan : Protestan
Location : banten
Join date : 05.06.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: jibril = roh kudus??? dasarnya apa?

Post by ian rush on Sun Dec 08, 2013 9:12 pm

tolong modi memindahkan kalo ngak sesuai kamar ya.

thx

ian rush
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 320
Kepercayaan : Protestan
Location : banten
Join date : 05.06.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: jibril = roh kudus??? dasarnya apa?

Post by Guest on Sun Dec 08, 2013 9:52 pm

Dasarnya apa lagi klo bukan Quran, Quran menuliskan ruhul Al qudus, lalu muslim2 pinter menerjemahkan dgn jibril.

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: jibril = roh kudus??? dasarnya apa?

Post by ian rush on Sun Dec 08, 2013 10:55 pm

emban wrote:Dasarnya apa lagi klo bukan Quran, Quran menuliskan ruhul Al qudus, lalu muslim2 pinter menerjemahkan dgn jibril.
ruhul Al qudus = setara malaikat?
gimana nih muslim! kasih penjelasan dong.

ian rush
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 320
Kepercayaan : Protestan
Location : banten
Join date : 05.06.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: jibril = roh kudus??? dasarnya apa?

Post by RHCP on Mon Dec 09, 2013 12:03 am

Malaikat jibril memang punya bbrp sebutan di dalam Al-quran, diantaranya Ruhul Qudus dan Ruhul Amin.

Katakanlah: “Ruhul Qudus menurunkan Al Qur’an itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri” (an nahl 102)

“Dan sesungguhnya Al Qur’an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam.
dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al Amin ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan. (Asy-Syu’araa’ 192-194)
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: jibril = roh kudus??? dasarnya apa?

Post by jaya on Mon Dec 09, 2013 2:41 am

Bagaimana proses wahyu Allah swt ini sampai ke Jibril? Bisa dikisahkan? Jibril ketemu/tatap muka dgn Allah swt apa tidak?
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: jibril = roh kudus??? dasarnya apa?

Post by ian rush on Mon Dec 09, 2013 9:33 am

RHCP wrote:Malaikat jibril memang punya bbrp sebutan di dalam Al-quran, diantaranya Ruhul Qudus dan Ruhul Amin.

Katakanlah: “Ruhul Qudus menurunkan Al Qur’an itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri” (an nahl 102)

“Dan sesungguhnya Al Qur’an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam.
dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al Amin ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan. (Asy-Syu’araa’ 192-194)
coba kita urai :
ruhul al qudus :
ruhul sama dengan roh
qudus sama dengan kudus

Al qudul = sang kudus [ suatu pribadi, sepert al Masih, sang Mesias]

kelihatannya pengertiannya hampir sama dengan ajaran sebelah.
gimana menurutmu. minta respon balik dari situ.

pertanyaan saya kenapa muslim tidak pernah berani menyamakan malaikat Jibril dengan malaikat Gabriel?

ian rush
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 320
Kepercayaan : Protestan
Location : banten
Join date : 05.06.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: jibril = roh kudus??? dasarnya apa?

Post by RHCP on Mon Dec 09, 2013 10:22 am

ian rush wrote:
RHCP wrote:Malaikat jibril memang punya bbrp sebutan di dalam Al-quran, diantaranya Ruhul Qudus dan Ruhul Amin.

Katakanlah: “Ruhul Qudus menurunkan Al Qur’an itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri” (an nahl 102)

“Dan sesungguhnya Al Qur’an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam.
dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al Amin ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan. (Asy-Syu’araa’ 192-194)
coba kita urai :
ruhul al qudus :
ruhul  sama dengan roh
qudus sama dengan kudus

Al qudul = sang kudus [ suatu pribadi, sepert al Masih, sang Mesias]

kelihatannya pengertiannya hampir sama dengan ajaran sebelah.
gimana menurutmu. minta respon balik dari situ.

pertanyaan saya kenapa muslim tidak pernah berani menyamakan malaikat Jibril dengan malaikat Gabriel?
Ahh... siapa bilang ngga berani?? buktinya ini gw berani...
Kalo di islam namanya Jibril, di kristen Gabriel.
btw, Islam memang banyak kesamaannya dgn kristen.

Tapi ada perbedaan yang jauh mengenai pengertian Rohul Qudus dalam Al Quran dan bibel.
Silakan loe bandingkan:
Al Quran
Ruhul Qudus = Malaikat Jibril
Ruhul Amin = Malaikat Jibril

Jibril as. = Gabriel

Bible
Roh Kudus = Oknum ketiga Tuhan
Roh kebenaran = paraclete/Penghibur/comforter
Gabriel = Jibril as

CMIIW

Dalam islam ;
Qudus artinya  Suci
Ruhul Qudus artinya Roh suci yaitu Malikat Jibril as. penyampai wahyu para nabi Allah.
Al Qudus = Yang maha suci, salah satu Asma'ul husna. Dalam islam tidak pernah merujuk kepada Is as.


Terakhir diubah oleh RHCP tanggal Mon Dec 09, 2013 10:26 am, total 1 kali diubah
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: jibril = roh kudus??? dasarnya apa?

Post by RHCP on Mon Dec 09, 2013 10:25 am

jaya wrote:Bagaimana proses wahyu Allah swt ini sampai ke Jibril? Bisa dikisahkan? Jibril ketemu/tatap muka dgn Allah swt apa tidak?
Ngga dijabarkan dalam Al Qurán.
Kenapa ? Loe keberatan??
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: jibril = roh kudus??? dasarnya apa?

Post by cain on Mon Dec 09, 2013 10:27 am

RHCP wrote:
jaya wrote:Bagaimana proses wahyu Allah swt ini sampai ke Jibril? Bisa dikisahkan? Jibril ketemu/tatap muka dgn Allah swt apa tidak?
Ngga dijabarkan dalam Al Qurán.
Kenapa ? Loe keberatan??
Lah kok sewot?? pusing 

Dijelaskan dung ada di mana jadinya binar
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: jibril = roh kudus??? dasarnya apa?

Post by SEGOROWEDI on Mon Dec 09, 2013 10:49 am

RHCP wrote:Malaikat jibril memang punya bbrp sebutan di dalam Al-quran, diantaranya Ruhul Qudus dan Ruhul Amin.

Katakanlah: “Ruhul Qudus menurunkan Al Qur’an itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri” (an nahl 102)

“Dan sesungguhnya Al Qur’an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam.
dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al Amin ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan. (Asy-Syu’araa’ 192-194)
mana 'jibril'-nya??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: jibril = roh kudus??? dasarnya apa?

Post by SEGOROWEDI on Mon Dec 09, 2013 10:51 am

RHCP wrote:
jaya wrote:Bagaimana proses wahyu Allah swt ini sampai ke Jibril? Bisa dikisahkan? Jibril ketemu/tatap muka dgn Allah swt apa tidak?
Ngga dijabarkan dalam Al Qurán.
Kenapa ? Loe keberatan??
dari alloh ke jibril -> gak dijabarkan
dari jibril ke mohammad -> gak ada saksi
siplah..
piss 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: jibril = roh kudus??? dasarnya apa?

Post by ian rush on Mon Dec 09, 2013 11:52 am

RHCP wrote:
Tapi ada perbedaan yang jauh mengenai pengertian Rohul Qudus dalam Al Quran dan bibel.
Silakan loe bandingkan:
Al Quran
Ruhul Qudus = Malaikat Jibril
Ruhul Amin = Malaikat Jibril

Jibril as. = Gabriel
saya baru tahu bahwa jibril as dengan malaikat jibril berbeda
maaf saya tambah pusing dengan penjelasan anda.
Ruhul Qudus, maaf yg saya tahu yg kudus itu hanya Tuhan, sekali lagi hanya Tuhan, tapi kenapa kalian samakan dengan malaikat?



ian rush
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 320
Kepercayaan : Protestan
Location : banten
Join date : 05.06.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: jibril = roh kudus??? dasarnya apa?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik