FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Pedang Damascus

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pedang Damascus

Post by wildan99Islam on Thu Dec 12, 2013 8:04 am




Sewaktu Perang Salib, pasukan Eropa dikejutkan oleh pedang yang dimiliki oleh pasukan Arab dan Persia. Dimana Ketajamannya mampu menembus baju zirah crusader, memotong dua pedang lawan, membelah perisai dan batu tanpa mengalami kerusakan pada matanya.

Pedang ini diperbuat daripada besi “damascus”. Teknik pembuatan pedang ini begitu rahasia sehingga hanya beberapa keluarga pandai besi di Damascus saja yang menguasainya, ini juga sebabnya teknik pembuatan besi Damascus akhirnya pupus.

Pedang ini mampu membelah sutera yang dijatuhkan ke atasnya, juga mampu membelah pedang lain atau batu tanpa mengalami kerosakan sama sekali. Sebuah penelitian mikroskopik menemukan bahawa pedang ini ternyata memiliki semacam lapisan kaca dipermukaannya. Boleh dikatakan ahli ilmuwan islam di timur tengah telah mencapai teknologi nano sejak seribu tahun yang lalu.

Setelah sekian lama pedang ini menjadi rahsia akan kehebatannya, akhirnya pengkaji barat telah berjaya membongkar rahsia pedang ini.
Kehebatan Pedang Salahuddin Al-Ayyubi telah dibongkar oleh Prof Dr. Peter Paufler dari Jerman. Prof tersebut menjumpai CNT di dalam pedang tersebut bersama senjata-senjata yang digunakan oleh tentera-tentera Islam pada ketika itu sewaktu perang Salib. CNT ini yang menjadikan pedang tentera Islam ini sangat tajam tetapi mudah lentur.

Hasil kajian yang dilakukan pasukan Eropah, menyatakan pedang tersebut disaluti oleh CNT (Carbon Nano Tubes) yang menjadikan ianya AMAT TAJAM dan LENTUR. Seni pembuatan pedang yang terahsia ini amat dikagumi oleh puak Barat dan kajian metalurgi moden setakat hari ini juga, masih tidak berkeupayaan untuk menghasilkan pedang berteknologi tinggi (teknologi NANO) dari peradaban Islam pada kurun ke-12 ini.

Rupa-rupanya didalam pedang ini terdapat sebatang tiub rod “Damascus” yang bersaiz nano yang mudah lentur,tidak mudah patah dan sentiasa tajam sehinggakan mampu membelah apa saja.
Beberapa ahli metalurgi modern mengaku berhasil membuat besi yang sangat mirip dengan besi Damascus , namun tetap belum berjaya meniru 100%.

Apa itu CNT?
CNT merupakan suatu rantaian atom karbon yang terikat di antara satu sama lain secara heksagonal berbentuk silinder yang mempunyai diameter sekecil 1-2 nanometer. Silinder CNT ini boleh mencapai panjang sehingga berpuluh-puluh mikron dan tertutup di bahagian hujung seolah-olah sebatang paip yang ditutup dikedua-dua hujungnya.Pencirian yang dilakukan terhadap bahan ini juga menjelaskan bahawa CNT mempunyai kekuatan paling tinggi berbanding bahan lain. Ia juga mempunyai sifat kekonduksian elektrik melebihi kuprum dan logam. Keunikan tiub karbon nano yang lain ialah mempunyai ketahanan terhadap suhu tinggi serta mempunyai jisim yang lebih ringan dari aluminium

Teknologi NANO ini menggunakan besi baja “damascus” yang juga dipanggil wootz. Bijih besi ini mengandungi sejumlah peratusan unsur Karbon. Selain besi dan karbon, unsur-unsur seperti Kromium, Mangan, Kobalt juga ditambah bagi menambahkan lagi kekuatan, ketajaman dan kelenturannya.
Teknik pembuatan pedang ini begitu rahsia sehinggakan hanya beberapa keluarga tukang besi di Damsyik saja yang menguasainya. Akhirnya pada kurun ke-18, teknologi pembuatan pedang ini telah pupus.

Apa yang tertinggal hanyalah pedang-pedang, tombak dan Pisau yang kini tersebar di pelbagai Museum di seluruh dunia.

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=598815913499138&set=a.408359475878117.86585.408329109214487&type=1&relevant_count=1&ref=nf
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by mystery on Thu Dec 12, 2013 8:42 am

nice info nice info 
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by Ibnu Sabil on Thu Dec 12, 2013 8:57 am

Woooow.... nice info 
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by cain on Thu Dec 12, 2013 9:11 am

Jadi pengen gue adu dengan pedang GOUJIAN dan NINHOTO KATANA tuh  nice info


Terakhir diubah oleh cain tanggal Thu Dec 12, 2013 10:03 am, total 1 kali diubah
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by cain on Thu Dec 12, 2013 9:48 am

Pedang Gou Jian: Rambut Lewat Pun Terputus
3.4.10

http://haxims.blogspot.com/2010/04/pedang-gou-jian-rambut-lewat-pun.html

21 Juli lalu, dipamerkan benda kemiliteran kuno Tiongkok yang sangat langka, dari benda-benda yang tak ternilai tersebut dipamerkan, ada pedang milik Gou Jian (baca: kou cien), Raja Yue (sekitar 500 tahun SM), buku kuno ilmu kemiliteran Sun Zi (baca: suen ce, di Indonesia terkenal dengan Sun Tzu) berasal dari makam dinasti Han di gunung Yin Que (baca: yinjue) dan lain sebagainya.

Diantaranya juga terdapat pedang raja Yue, Gou Jian dan cucu Gou Jian. Pedang yang pernah dipergunakan oleh buyutnya serta pedang dari putera mahkota Wu. Empat pedang tersohor ini untuk kali pertama dipamerkan secara bersamaan di depan umum, sebuah kejadian langka di dalam sejarah.


Pekerja dengan sangat hati-hati menempatkan pedang Gou Jian dari Raja Yue yang didatangkan dari propinsi Hubei ke Beijing, ke dalam kotak pajangan khusus. Meski telah melewati usia yang begitu panjang masih saja tajam tak tertandingi.

Pedang Gou Jian tajamnya dapat membuat “rambut lewat, terputus” milik sang raja Yue membuat orang terkagum-kagum.

Menurut cerita pekerja, pedang Gou Jian sesudah digali keluar dan di dalam sebuah eksperimen, mata pedang (blade) dalam satu kali tebas dengan mudah memotong 26 lembar tumpuk kertas.

“Sungguh-sungguh telah dicoba oleh seorang pekerja yang mengambil sehelai rambutnya dan dilepas secara alami ke atas mata pedang, rambut tersebut langsung terpotong jadi 2.”


Pedang Gou Jian milik Raja Yue memiliki panjang 55.6 cm dan lebar 4,6 cm. Pada 1965 ditemukan di gunung Jiang Ling propinsi Hubei. Pada badan pedang terdapat tekstur berbentuk rhombis, berpola blue inlay berglasur dan terdapat permata turquoise (biru hijau).

Ketika digali tertancap di dalam sarung bercat transparan dan di bagian lehernya terlilit tali sutera. Di dekat pegangannya tertera “Pedang pribadi Gou Jian – Raja Yue”. Pedang tersebut berasal dari makam (dinasti) Chu, diletakkan di sebelah kiri kerangka jenazah, sebagai pedang pribadi.

Pedang Gou Jian dewasa ini adalah pusaka milik museum propinsi Hubei. Kepala museum propinsi Hubei, Wang Hongxing berkata, “Hingga sekarang, pedang ini masih saja diselimuti banyak misteri, misalnya tentang asal usulnya, teknik pembuatannya dan lain sebagainya.”

Selain kehadiran keempat pedang ternama tersebut, ada lagi yang boleh dibilang adalah “Pistol otomatis” zaman kuno, yakni busur mekanik otomatis dari zaman Zhan Guo (403 – 221 SM).

Wang Hongxing menyatakan, petugas arkeologi membuat turunannya sesuai dengan busur aslinya dan bisa dibidikkan sejauh 20 hingga 30 langkah, sekali isi bisa dipasang dan ditembakkan 2 batang anak panah mekanik, ini di zaman kuno nyaris bagaikan “pistol otomatis”.

Selain itu, di dalam pameran kali ini juga kali pertama ditunjukkan 20 potong serpihan buku (kala itu buku belum dibuat dari kertas, melainkan dari lempengan bambu) ilmu kemiliteran Sun Zi dari makam Han di gunung Yin Que.

Sisa serpihan ilmu kemiliteran hasil karya Sun Zi yang masih eksis dan tertua ini sangat berharga, setiap serpihan masing-masing diletakkan di dalam sebuah tabung kaca transparan, sekitarnya diisi penuh dengan cairan pelindung transparan, para penonton melalui kaca masih bisa membaca aksara berwarna hitam di atas serpihan tersebut.

Sampai sekarang masih ada barangnya loh dan masih tajam walau berusia 2500tahun lebih  2 good
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by Ibnu Sabil on Thu Dec 12, 2013 8:26 pm

1. Zulfikar
http://i58.servimg.com/u/f58/18/51/79/83/zulfiq11.jpg
Zulfikar adalah pedang kuno yang dimiliki oleh syaidina  Ali . Ali adalah sahabat sekaligus menantu Nabi Muhammad SAW. Ia memerintah kekhalifahan Islam 656-661 M. Dengan beberapa catatan sejarah, Nabi Muhammad SAW memberikan pedang  Zulfikar pada syaidina Ali di Pertempuran Uhud. Pedang adalah salahsatu simbol Islam dan dikagumi oleh jutaan orang.

Zulfikar adalah pedang, yang mengacu pada pedang Asia Barat atau Asia Selatan dengan pisau melengkung. Dikatakan bahwa pedang Syaidina Ali digunakan pada Perang Parit, yang merupakan upaya pengepungan yang terkenal di kota Madinah. Selama pertempuran, Nabi Muhammad SAW, Syaidina Ali, dan pembela Islam membangun parit untuk melindungi Madinah terhadap kavaleri konfederasi yang jauh lebih besar.

Pedang

Beberapa ada yang bertentangan dengan bentuk pendang ini. Beberapa dari mereka menggambarkan senjata itu memiliki dua bilah paralel, menekankan kemampuan mistis dan kecepatan, sementara yang lain menggambarkan Zulfikar sebagai pedang tradisional berbentuk lebih. Beberapa gambar sejarah menggambarkan pedang dengan split, pisau berbentuk V.  senjata itu bertahan hingga hari ini dan disimpan dalam kepemilikan Imam Muhammad al-Mahdi. senjata ini merupakan bagian dari koleksi yang terkenal yang disebut al-Jafr.

Al-Jafr adalah sebuah buku suci Syiah. Hal ini terdiri dari dua kotak kulit yang berisi artefak yang paling penting dari saat Nabi Muhammad SAW dan Syaidina Ali. Koleksinya telah diturunkan selama beberapa generasi, dengan masing-masing Imam baru menerima dari pendahulunya . Isi Al -Jafr cukup mengesankan, tetapi mereka tidak tersedia untuk dilihatkan ke publik. Salah satu bagian buku ini menggambarkan aturan Islam, arahan, dan hal-hal sekitar perang, termasuk tas yang berisi baju besi dan senjata Nabi Muhammad SAW. Zulfikar merupakan salah satu artefak yang tak ternilai.
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by cain on Fri Dec 13, 2013 8:30 am

coba di adu tuh sama pedang GOU JIAN kuatan mana ya  basi 
(asal masih utuh aja sih tuh pedang nabi arab  basi )

2500tahun lebih umurnya si pedang Goujian tetap utuh dan tajam tuh  nice info 
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by Ibnu Sabil on Fri Dec 13, 2013 7:05 pm

Kehebatan Pedang Salahuddin Al-Ayyubi telah dibongkar oleh Prof Dr. Peter Paufler dari Jerman. Prof tersebut menjumpai CNT di dalam pedang tersebut bersama senjata-senjata yang digunakan oleh tentera-tentera Islam pada ketika itu sewaktu perang Salib. CNT ini yang menjadikan pedang tentera Islam ini sangat tajam tetapi mudah lentur.

Hasil kajian yang dilakukan pasukan Eropah, menyatakan pedang tersebut disaluti oleh CNT (Carbon Nano Tubes) yang menjadikan ianya AMAT TAJAM dan LENTUR. Seni pembuatan pedang yang rahasia ini amat dikagumi oleh pihak Barat dan kajian metalurgi moden setakat hari ini juga, masih tidak berkeupayaan untuk menghasilkan pedang berteknologi tinggi (teknologi NANO) dari peradaban Islam pada kurun ke-12 ini.
Ternyata teknologi canggih ini sudah ditemukan berabad-abad yang lalu. Dan hasil karya pedang saladin milik Salahuddin Al Ayyubi sudah dibuktikan keampuhannya dengan ketajaman dan kelenturannya.
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by Ibnu Sabil on Fri Dec 13, 2013 7:11 pm

@cain wrote:coba di adu tuh sama pedang GOU JIAN kuatan mana ya  basi 
(asal masih utuh aja sih tuh pedang nabi arab  basi )

2500tahun lebih umurnya si pedang Goujian tetap utuh dan tajam tuh  nice info 
Peninggalan bukti sejarah tidak mesti diadu-adu mas, yang dihargai disini bahwa memang semua senjata ada keunikan masing2. Lha kalow diadu dan ada salah satu barang antik itu rusak.....sama saja dengan tidak menghargai bukti sejarah dong....
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by jaya on Fri Dec 13, 2013 7:13 pm

Wah.....hebat juga tu pedang. Sorga pun dibawah bayang2 pedang


Abu Bakar ibn Abu Musa berkata : "Aku mendengar bapakku (Abu Musa) ketika dia berhadapan dengan musuh, berkata : "Rosulullah saw bersabda, "sesungguhnya pintu-pintu surga berada dibawah bayang-bayang pedang", maka berdirilah seorang lelaki yg compang-camping bajunya dan berkata : "Wahai ABu Musa, apakah kau mendengar Rosulullah saw mengatakan hal itu?". Bapak menjawab : "benar". Lalu orang tadi kembali kepada teman-temannya dan berkata: "Aku mengucapkan salam kepada kalian". Kemudian ia patahkan sarung pedangnya serta melemparkannya, lalu ia melangkah maju dengan pedangnya ke arah musuh, maka ia menebas dengan pedangnya hingga akhirnya ia mati terbunuh" (HR Muslim)
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by Ibnu Sabil on Fri Dec 13, 2013 7:14 pm

Bukankah kewajiban manusia pada saat ini dan masa mendatang adalah untuk menjaga kelestarian dari barang2 antik tsb diatas...
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by Ibnu Sabil on Fri Dec 13, 2013 7:29 pm

@jaya wrote:Wah.....hebat juga tu pedang. Sorga pun dibawah bayang2 pedang


Abu Bakar ibn Abu Musa berkata : "Aku mendengar bapakku (Abu Musa) ketika dia berhadapan dengan musuh, berkata : "Rosulullah saw bersabda, "sesungguhnya pintu-pintu surga berada dibawah bayang-bayang pedang", maka berdirilah seorang lelaki yg compang-camping bajunya dan berkata : "Wahai ABu Musa, apakah kau mendengar Rosulullah saw mengatakan hal itu?". Bapak menjawab : "benar". Lalu orang tadi kembali kepada teman-temannya dan berkata: "Aku mengucapkan salam kepada kalian". Kemudian ia patahkan sarung pedangnya serta melemparkannya, lalu ia melangkah maju dengan pedangnya ke arah musuh, maka ia menebas dengan pedangnya hingga akhirnya ia mati terbunuh" (HR Muslim)
Hadits ini tidaklah bermakna hakiki dan zahir, bahwa surga ada di bawah naungan dan bayangan pedang. Kita buka sarung pedang lalu kita cari surga di bawah bayangannya. Bukan begitu. Ini adalah majazi, bahwa surga itu diperoleh dengan jalan jihad fi sabilillah, dan pedang merupakan sarana jihad pada masa itu. Oleh karenanya, hadits-hadits ini diletakkan oleh para imam hadits dalam pembahasan jihad dan keutamaannya. Dan, jihad mengorbankan jiwa, harta, dan raga, hanyalah salah satu cara untuk meraih surgaNya. Artinya, tidaklah selayaknya seorang muslim berpikiran sempit bahwa Islam adalah agama yang menjanjikan surga hanya dengan satu jalan, yakni pedang dan kekerasan. Apalagi setelah diketahui nasihat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bahwa kita dilarang mencari musuh, tetapi jika berjumpa dengan mereka, bersabarlah dan berdoalah kepada Allah Ta’ala agar diberikan kemenangan.

Para ulama menjelaskan makna “surga di bawah naungan pedang”:

فمعناه ثواب الله والسبب الموصل إلى الجنة عند الضرب بالسيوف في سبيل الله ومشى المجاهدين في سبيل الله فاحضروا فيه بصدق واثبتوا

Maknanya adalah pahala dari Allah dan alasan yang membuatnya sampai ke surga adalah ketika mengayunkan pedangnya fisabilillah, dan berjalannya para mujahidin fisabilillah mereka ikut andil dalam jihad dengan jujur dan tegar. (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 12/46, ‘Umdatul Qari, 21/20)
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by wildan99Islam on Sat Dec 14, 2013 6:00 am

@Ibnu Sabil wrote:
@jaya wrote:Wah.....hebat juga tu pedang. Sorga pun dibawah bayang2 pedang


Abu Bakar ibn Abu Musa berkata : "Aku mendengar bapakku (Abu Musa) ketika dia berhadapan dengan musuh, berkata : "Rosulullah saw bersabda, "sesungguhnya pintu-pintu surga berada dibawah bayang-bayang pedang", maka berdirilah seorang lelaki yg compang-camping bajunya dan berkata : "Wahai ABu Musa, apakah kau mendengar Rosulullah saw mengatakan hal itu?". Bapak menjawab : "benar". Lalu orang tadi kembali kepada teman-temannya dan berkata: "Aku mengucapkan salam kepada kalian". Kemudian ia patahkan sarung pedangnya serta melemparkannya, lalu ia melangkah maju dengan pedangnya ke arah musuh, maka ia menebas dengan pedangnya hingga akhirnya ia mati terbunuh" (HR Muslim)
Hadits ini tidaklah bermakna hakiki dan zahir, bahwa surga ada di bawah naungan dan bayangan pedang. Kita buka sarung pedang lalu kita cari surga di bawah bayangannya. Bukan begitu. Ini adalah majazi, bahwa surga itu diperoleh dengan jalan jihad fi sabilillah, dan pedang merupakan sarana jihad pada masa itu. Oleh karenanya, hadits-hadits ini diletakkan oleh para imam hadits dalam pembahasan jihad dan keutamaannya. Dan, jihad mengorbankan jiwa, harta, dan raga, hanyalah salah satu cara untuk meraih surgaNya. Artinya, tidaklah selayaknya seorang muslim berpikiran sempit bahwa Islam adalah agama yang menjanjikan surga hanya dengan satu jalan, yakni pedang dan kekerasan. Apalagi setelah diketahui nasihat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bahwa kita dilarang mencari musuh, tetapi jika berjumpa dengan mereka, bersabarlah dan berdoalah kepada Allah Ta’ala agar diberikan kemenangan.

Para ulama menjelaskan makna “surga di bawah naungan pedang”:

فمعناه ثواب الله والسبب الموصل إلى الجنة عند الضرب بالسيوف في سبيل الله ومشى المجاهدين في سبيل الله فاحضروا فيه بصدق واثبتوا

Maknanya adalah pahala dari Allah dan alasan yang membuatnya sampai ke surga adalah ketika mengayunkan pedangnya fisabilillah, dan berjalannya para mujahidin fisabilillah mereka ikut andil dalam jihad dengan jujur dan tegar. (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 12/46, ‘Umdatul Qari, 21/20)

binar nice info
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by jaya on Sat Dec 14, 2013 6:56 am

@jaya wrote:Wah.....hebat juga tu pedang. Sorga pun dibawah bayang2 pedang


Abu Bakar ibn Abu Musa berkata : "Aku mendengar bapakku (Abu Musa) ketika dia berhadapan dengan musuh, berkata : "Rosulullah saw bersabda, "sesungguhnya pintu-pintu surga berada dibawah bayang-bayang pedang", maka berdirilah seorang lelaki yg compang-camping bajunya dan berkata : "Wahai ABu Musa, apakah kau mendengar Rosulullah saw mengatakan hal itu?". Bapak menjawab : "benar". Lalu orang tadi kembali kepada teman-temannya dan berkata: "Aku mengucapkan salam kepada kalian". Kemudian ia patahkan sarung pedangnya serta melemparkannya, lalu ia melangkah maju dengan pedangnya ke arah musuh, maka ia menebas dengan pedangnya hingga akhirnya ia mati terbunuh" (HR Muslim)


Apakah Muhammad sendiri menjelaskannya seperti karangan bebas yg berikut ini?


@Ibnu Sabil wrote:Hadits ini tidaklah bermakna hakiki dan zahir, bahwa surga ada di bawah naungan dan bayangan pedang. Kita buka sarung pedang lalu kita cari surga di bawah bayangannya. Bukan begitu. Ini adalah majazi, bahwa surga itu diperoleh dengan jalan jihad fi sabilillah, dan pedang merupakan sarana jihad pada masa itu. Oleh karenanya, hadits-hadits ini diletakkan oleh para imam hadits dalam pembahasan jihad dan keutamaannya. Dan, jihad mengorbankan jiwa, harta, dan raga, hanyalah salah satu cara untuk meraih surgaNya. Artinya, tidaklah selayaknya seorang muslim berpikiran sempit bahwa Islam adalah agama yang menjanjikan surga hanya dengan satu jalan, yakni pedang dan kekerasan.


Karangan bebas itu tidak menyangkal bahwa "sorga dibawah bayang2 pedang". Memang siapa yg bilang sorga hanya dibawah bayang2 pedang? Tetapi selain pedang ada juga tambahan bla2...bla.....Ini dia:

@Ibnu Sabil wrote:Apalagi setelah diketahui nasihat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bahwa kita dilarang mencari musuh, tetapi jika berjumpa dengan mereka, bersabarlah dan berdoalah kepada Allah Ta’ala agar diberikan kemenangan.

Yg berikut gak menyangkan bahwa sorga islam ini memang di bawah bayang2 pedang.

@Ibnu Sabil wrote:Para ulama menjelaskan makna “surga di bawah naungan pedang”:

فمعناه ثواب الله والسبب الموصل إلى الجنة عند الضرب بالسيوف في سبيل الله ومشى المجاهدين في سبيل الله فاحضروا فيه بصدق واثبتوا

Maknanya adalah pahala dari Allah dan alasan yang membuatnya sampai ke surga adalah ketika mengayunkan pedangnya fisabilillah, dan berjalannya para mujahidin fisabilillah mereka ikut andil dalam jihad dengan jujur dan tegar. (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 12/46, ‘Umdatul Qari, 21/20)

Yang digarisbawahi hanya memperjelas bahwa sorga islam ini memang di bawah bayang2 pedang. Kirain ada penjelasan sorga bukan di bawah bayang2 pedang.

Saya jadi mengerti mengapa muslim selalu berada di bawah bayang2 pedang, ternyata supaya dapat sorga. Lihat Suriah, Mesir, Irak, Pakistan, dll......
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by cain on Sat Dec 14, 2013 8:28 am

@Ibnu Sabil wrote:
@cain wrote:coba di adu tuh sama pedang GOU JIAN kuatan mana ya  basi 
(asal masih utuh aja sih tuh pedang nabi arab  basi )

2500tahun lebih umurnya si pedang Goujian tetap utuh dan tajam tuh  nice info 
Peninggalan bukti sejarah tidak mesti diadu-adu mas, yang dihargai disini bahwa memang semua senjata ada keunikan masing2. Lha kalow diadu dan ada salah satu barang antik itu rusak.....sama saja dengan tidak menghargai bukti sejarah dong....

kalau ngomong sama slim2 yang otaknya juga slim memang rada kocak  ketawa guling 

Ga sadar kalau sudah gue adu dari awal  ngakak
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by Ibnu Sabil on Sat Dec 14, 2013 11:32 am

@cain wrote:
@Ibnu Sabil wrote:
@cain wrote:coba di adu tuh sama pedang GOU JIAN kuatan mana ya  basi 
(asal masih utuh aja sih tuh pedang nabi arab  basi )

2500tahun lebih umurnya si pedang Goujian tetap utuh dan tajam tuh  nice info 
Peninggalan bukti sejarah tidak mesti diadu-adu mas, yang dihargai disini bahwa memang semua senjata ada keunikan masing2. Lha kalow diadu dan ada salah satu barang antik itu rusak.....sama saja dengan tidak menghargai bukti sejarah dong....

kalau ngomong sama slim2 yang otaknya juga slim memang rada kocak  ketawa guling 

Ga sadar kalau sudah gue adu dari awal  ngakak
Kalow gak mau dibilang kristen arogan, ngomong bisanya adu-adu saja, bisa gak sih sekali2 gak pake emosi. Kayak anak SD naik ke SMP aja lo cain.
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by cain on Sat Dec 14, 2013 11:42 am

@Ibnu Sabil wrote:
@cain wrote:
@Ibnu Sabil wrote:
@cain wrote:coba di adu tuh sama pedang GOU JIAN kuatan mana ya  basi 
(asal masih utuh aja sih tuh pedang nabi arab  basi )

2500tahun lebih umurnya si pedang Goujian tetap utuh dan tajam tuh  nice info 
Peninggalan bukti sejarah tidak mesti diadu-adu mas, yang dihargai disini bahwa memang semua senjata ada keunikan masing2. Lha kalow diadu dan ada salah satu barang antik itu rusak.....sama saja dengan tidak menghargai bukti sejarah dong....

kalau ngomong sama slim2 yang otaknya juga slim memang rada kocak  ketawa guling 

Ga sadar kalau sudah gue adu dari awal  ngakak
Kalow gak mau dibilang kristen arogan, ngomong bisanya adu-adu saja, bisa gak sih sekali2 gak pake emosi. Kayak anak SD naik ke SMP aja lo cain.

Si mot kalap lagi  ketawa guling baca tulisan loe deh  ngakak 
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by Ibnu Sabil on Sat Dec 14, 2013 11:47 am

@jaya wrote:
@jaya wrote:Wah.....hebat juga tu pedang. Sorga pun dibawah bayang2 pedang


Abu Bakar ibn Abu Musa berkata : "Aku mendengar bapakku (Abu Musa) ketika dia berhadapan dengan musuh, berkata : "Rosulullah saw bersabda, "sesungguhnya pintu-pintu surga berada dibawah bayang-bayang pedang", maka berdirilah seorang lelaki yg compang-camping bajunya dan berkata : "Wahai ABu Musa, apakah kau mendengar Rosulullah saw mengatakan hal itu?". Bapak menjawab : "benar". Lalu orang tadi kembali kepada teman-temannya dan berkata: "Aku mengucapkan salam kepada kalian". Kemudian ia patahkan sarung pedangnya serta melemparkannya, lalu ia melangkah maju dengan pedangnya ke arah musuh, maka ia menebas dengan pedangnya hingga akhirnya ia mati terbunuh" (HR Muslim)


Apakah Muhammad sendiri menjelaskannya seperti karangan bebas yg berikut ini?


@Ibnu Sabil wrote:Hadits ini tidaklah bermakna hakiki dan zahir, bahwa surga ada di bawah naungan dan bayangan pedang. Kita buka sarung pedang lalu kita cari surga di bawah bayangannya. Bukan begitu. Ini adalah majazi, bahwa surga itu diperoleh dengan jalan jihad fi sabilillah, dan pedang merupakan sarana jihad pada masa itu. Oleh karenanya, hadits-hadits ini diletakkan oleh para imam hadits dalam pembahasan jihad dan keutamaannya. Dan, jihad mengorbankan jiwa, harta, dan raga, hanyalah salah satu cara untuk meraih surgaNya. Artinya, tidaklah selayaknya seorang muslim berpikiran sempit bahwa Islam adalah agama yang menjanjikan surga hanya dengan satu jalan, yakni pedang dan kekerasan.


Karangan bebas itu tidak menyangkal bahwa "sorga dibawah bayang2 pedang". Memang siapa yg bilang sorga hanya dibawah bayang2 pedang? Tetapi selain pedang ada juga tambahan bla2...bla.....Ini dia:

@Ibnu Sabil wrote:Apalagi setelah diketahui nasihat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bahwa kita dilarang mencari musuh, tetapi jika berjumpa dengan mereka, bersabarlah dan berdoalah kepada Allah Ta’ala agar diberikan kemenangan.

Yg berikut gak menyangkan bahwa sorga islam ini memang di bawah bayang2 pedang.

@Ibnu Sabil wrote:Para ulama menjelaskan makna “surga di bawah naungan pedang”:

فمعناه ثواب الله والسبب الموصل إلى الجنة عند الضرب بالسيوف في سبيل الله ومشى المجاهدين في سبيل الله فاحضروا فيه بصدق واثبتوا

Maknanya adalah pahala dari Allah dan alasan yang membuatnya sampai ke surga adalah ketika mengayunkan pedangnya fisabilillah, dan berjalannya para mujahidin fisabilillah mereka ikut andil dalam jihad dengan jujur dan tegar. (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 12/46, ‘Umdatul Qari, 21/20)

Yang digarisbawahi hanya memperjelas bahwa sorga islam ini memang di bawah bayang2 pedang. Kirain ada penjelasan sorga bukan di bawah bayang2 pedang.

Saya jadi mengerti mengapa muslim selalu berada di bawah bayang2 pedang, ternyata supaya dapat sorga. Lihat Suriah, Mesir, Irak, Pakistan, dll......
Apakah masih ada tambahan argument? saya masih nunggu yang selanjutnya lho..
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by wildan99Islam on Sat Dec 14, 2013 1:22 pm

@jaya wrote:
@jaya wrote:Wah.....hebat juga tu pedang. Sorga pun dibawah bayang2 pedang


Abu Bakar ibn Abu Musa berkata : "Aku mendengar bapakku (Abu Musa) ketika dia berhadapan dengan musuh, berkata : "Rosulullah saw bersabda, "sesungguhnya pintu-pintu surga berada dibawah bayang-bayang pedang", maka berdirilah seorang lelaki yg compang-camping bajunya dan berkata : "Wahai ABu Musa, apakah kau mendengar Rosulullah saw mengatakan hal itu?". Bapak menjawab : "benar". Lalu orang tadi kembali kepada teman-temannya dan berkata: "Aku mengucapkan salam kepada kalian". Kemudian ia patahkan sarung pedangnya serta melemparkannya, lalu ia melangkah maju dengan pedangnya ke arah musuh, maka ia menebas dengan pedangnya hingga akhirnya ia mati terbunuh" (HR Muslim)


Apakah Muhammad sendiri menjelaskannya seperti karangan bebas yg berikut ini?


@Ibnu Sabil wrote:Hadits ini tidaklah bermakna hakiki dan zahir, bahwa surga ada di bawah naungan dan bayangan pedang. Kita buka sarung pedang lalu kita cari surga di bawah bayangannya. Bukan begitu. Ini adalah majazi, bahwa surga itu diperoleh dengan jalan jihad fi sabilillah, dan pedang merupakan sarana jihad pada masa itu. Oleh karenanya, hadits-hadits ini diletakkan oleh para imam hadits dalam pembahasan jihad dan keutamaannya. Dan, jihad mengorbankan jiwa, harta, dan raga, hanyalah salah satu cara untuk meraih surgaNya. Artinya, tidaklah selayaknya seorang muslim berpikiran sempit bahwa Islam adalah agama yang menjanjikan surga hanya dengan satu jalan, yakni pedang dan kekerasan.


Karangan bebas itu tidak menyangkal bahwa "sorga dibawah bayang2 pedang". Memang siapa yg bilang sorga hanya dibawah bayang2 pedang? Tetapi selain pedang ada juga tambahan bla2...bla.....Ini dia:

@Ibnu Sabil wrote:Apalagi setelah diketahui nasihat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bahwa kita dilarang mencari musuh, tetapi jika berjumpa dengan mereka, bersabarlah dan berdoalah kepada Allah Ta’ala agar diberikan kemenangan.

Yg berikut gak menyangkan bahwa sorga islam ini memang di bawah bayang2 pedang.

@Ibnu Sabil wrote:Para ulama menjelaskan makna “surga di bawah naungan pedang”:

فمعناه ثواب الله والسبب الموصل إلى الجنة عند الضرب بالسيوف في سبيل الله ومشى المجاهدين في سبيل الله فاحضروا فيه بصدق واثبتوا

Maknanya adalah pahala dari Allah dan alasan yang membuatnya sampai ke surga adalah ketika mengayunkan pedangnya fisabilillah, dan berjalannya para mujahidin fisabilillah mereka ikut andil dalam jihad dengan jujur dan tegar. (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 12/46, ‘Umdatul Qari, 21/20)

Yang digarisbawahi hanya memperjelas bahwa sorga islam ini memang di bawah bayang2 pedang. Kirain ada penjelasan sorga bukan di bawah bayang2 pedang.

Saya jadi mengerti mengapa muslim selalu berada di bawah bayang2 pedang, ternyata supaya dapat sorga. Lihat Suriah, Mesir, Irak, Pakistan, dll......

menandakan anda tidak melihat Islam lebih jauh lagi
tertutama yg di bold
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by wildan99Islam on Sat Dec 14, 2013 1:23 pm

@cain wrote:
@Ibnu Sabil wrote:
@cain wrote:coba di adu tuh sama pedang GOU JIAN kuatan mana ya  basi 
(asal masih utuh aja sih tuh pedang nabi arab  basi )

2500tahun lebih umurnya si pedang Goujian tetap utuh dan tajam tuh  nice info 
Peninggalan bukti sejarah tidak mesti diadu-adu mas, yang dihargai disini bahwa memang semua senjata ada keunikan masing2. Lha kalow diadu dan ada salah satu barang antik itu rusak.....sama saja dengan tidak menghargai bukti sejarah dong....

kalau ngomong sama slim2 yang otaknya juga slim memang rada kocak  ketawa guling 

Ga sadar kalau sudah gue adu dari awal  ngakak

ngomong apa lo kain??  basi
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by cain on Sat Dec 14, 2013 1:31 pm

@wildan99Islam wrote:
@cain wrote:
@Ibnu Sabil wrote:
@cain wrote:coba di adu tuh sama pedang GOU JIAN kuatan mana ya  basi 
(asal masih utuh aja sih tuh pedang nabi arab  basi )

2500tahun lebih umurnya si pedang Goujian tetap utuh dan tajam tuh  nice info 
Peninggalan bukti sejarah tidak mesti diadu-adu mas, yang dihargai disini bahwa memang semua senjata ada keunikan masing2. Lha kalow diadu dan ada salah satu barang antik itu rusak.....sama saja dengan tidak menghargai bukti sejarah dong....

kalau ngomong sama slim2 yang otaknya juga slim memang rada kocak  ketawa guling 

Ga sadar kalau sudah gue adu dari awal  ngakak

ngomong apa lo kain??  basi

ga paham toh?? Tambah ngakak deh gue  ketawa guling 
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pedang Damascus

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik