FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Analogi Trinitas!

Halaman 4 dari 8 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Analogi Trinitas!

Post by ramayana on Fri Jan 03, 2014 7:59 pm

First topic message reminder :

Banyak yang sok ga tau dan ga mudeng trinitas! malah muslim terkacaukan ama paham 3 TUHAN di quran yang di tuduhkan ke ahli kitab.

dari trit ane yang buktikan 3 TUHAN, ane tulis lagi disini.

baca quran annisa 171
Sesungguhnya Al-Masih, Isa putera Maryam itu, tidak lain melainkan utusan Allah dan KalimahNya yang Ia BERIKAN KEPADA MARYAM DENGAN TIUPAN RUH DARIPADANYA. (ROHULLAH)

baca hadist!
Isa itu sesungguhnya Roh Allah dan FirmanNya” (Hadits Anas bin Malik hal.72)

jadi ada BAPA, firman, dan roh kudus!

Firman itu jadi manusia dan ber roh kan ROH TUHAN.

ane kasih analogi yang jelas!

agnes monica mengajar kelas menyanyi. yg diajar dari seluruh indonesia.
setelah sesi pelatihan selesai, anak didiknya pulang ke seluruh indo. ada debby yg dari papua.

debby dari papua sebulan kemudian telp agnes bertanya tentang trik menyanyi dan menari.
karena di telp mungkin ga terlalu jelas, agnes mengirim video yg mengajar si debby akan teknik menyanyi dan menari.
di video itu si agnes menjelaskan dan memperagakan akan gerakan tari dan nyanyi.

ane akan sebut ada berapa "manifestasi agnes ini?
1. agnes sendiri yg di temui debby di pelatihan awal!
2. suara agnes yg mengajari lewat telpon.
3. video agnes yg menjelaskan dan memperagakan gerakan agnes.

ane nanya deh..
apakah agnes sendiri, suara agnes di telp, dan video agnes itu 3 agnes?? atau satu agnes?? kalau ente berkata itu 1 agnes.. itulah trinitas!!!

masih ga tau bro????

kalau ayat quran dan hadis mengatakan YESUS adalah firman TUHAN sendiri dan ROH TUHAN sendiri.. menurut ente dia TUHAN atau manusia???
ingat bro.. saat ini tubuh jasmani YESUS ga ada.. yang ada menurut INJIL.. FIRMAN ITU KEMBALI SATU DENGAN BAPA!

Yoh. 17:11 Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.

YESUS sudah ga di dunia. dan dia SATU dengan BAPA.
dan di dalam nama YESUS ada nama TUHAN. itulah kenapa TUHAN memberi sendiri nama YESUS. yang artinya BAPA YHWH MENYELAMATKAN!!
menyebut nama YESUS= menyebut nama TUHAN.

kalau kita menyebut nama TUHAN. apakah kita menuhankan manusia?? manusia yang mana?? YESUS itu firman dan ROH TUHAN kok! dan YESUS artiya TUHAN menyelamatkan kok!

siapa yg menyembah manusia??

kalau ente percaya ISa adalah YESUS.. apa pantas Firman dan ROH Allah ente samakan ama manusia?? tapi itu terserah ente lah bro! jadilah yg ente percaya! toh ada penghakiman.. iya kan?

YESUS memberi Injil. yang isinya kasih. dan Nabi Mohamad memberi quran yg isinya bertolak belakan alias 180 derajat! menurut ente kalau ente mati dan sesuai hadis Isa akan menghakimi.. siapa yg akan di hukum? ente yg menerima dan mempraktekkan ajaran kejahatan, atau ane yg menerima dan (ane belum) mempraktekkan ajaran kasih?

siapa yg menang kebajikan?? sesuai ayat quran ini?
Al Maidah 47-48

Dan hendaklah orang-orang pengikut Injil, memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah didalamnya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik.

Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur'an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian  421  terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu  422 , Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,

bisakah muslim menang dalam lomba kebajikan? kalau di kitabnya ga ada ajaran kebajikan.. gimana cara muslim menang??????

tetapi kalau ada info tentang ajaran kebaikan di kitab kalian.. bisakah kalian bantu ane di trit ini?

http://www.laskarislam.com/t4801-all-adakah-yg-bisa-menjelaskan-kebaikan-di-agama-islam
avatar
ramayana
Pengembara

Male
Posts : 3478
Location : Jerusalem
Join date : 21.07.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down


Re: Analogi Trinitas!

Post by SEGOROWEDI on Wed Jan 22, 2014 3:23 pm


analaognya senyawa, kok mbahas unsur
piye to, BU

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by abu hanan on Wed Jan 22, 2014 4:22 pm

lha itu berarti ketuhanan bersifat relatif..
h2o dapat berubah wujud kalow ada situasi tertentu dan dapat terbagi..moso tuhan terbagi?ah kok jadi ingat "antara aku,engkau dan bekas pacarmu.."


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by SEGOROWEDI on Wed Jan 22, 2014 4:30 pm



h2o berupa es, air dan uap air
tidak berarti terbagi kan, BU

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by abu hanan on Wed Jan 22, 2014 4:55 pm

lho piye to?
h2o dapat menjadi ini itu karena ada sebab..dan sebab itu berasal dari luar..mutlak dan absolut dalam ketuhanan apa bisa dipengaruhi alien?kalow iyah kan artinya relatif..
dalam hal ini tuhan tidak mampu mengendalikan situasi di luar dirinyah sendiri..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by SEGOROWEDI on Wed Jan 22, 2014 4:59 pm


Tuhan tentu lebih hebat dong, BU
semua atas kehendak-Nya; bukan karena faktor luar

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by aliumar on Wed Jan 22, 2014 6:47 pm

@hampa wrote:
Silahkan jawab:
Ada berapakah kitab Suci umat Islam?
satu
kalo cuma ada satu, berarti umat  muslim yg jumlahnya sampe sekitar satu milyar harus berganti-gantian dong untuk bisa membaca kitab sucinya yg cuma ada satu tsb?

@abu hanan wrote:@aliumar
satu kitab suci dan dimiliki (anggap ajah) 1.5 miliar muslim..berarti ada 1.5 miliar mushaf al quran..
sejumlah itu (1.5 m) terbakar semuwah..
berapa kitab suci muslim?tetap satu..al quran..1.5 miliar muslim (anggap ajah hafal 30 juz) mati semua,berapa kitab suci muslim)?masih 1..al quran..

satu tuhan dengan 3 pribadi..satu pribadi mati tersisa 2 pribadi..
ada berapa tuhan?tetap 1 tapi kepribadian berkurang..apakah masih bisa disebut tuhankah yang 1 itu?
demikian juga Trinitas.
Sebagaimana ada banyak mushaf quran tapi tetap dikatakan kitab sucinya SATU, demikian juga Trinitas, sekalipun ada 3 Pribadi, tapi tetap dikatakan Allahnya SATU.

satu Tuhan dgn 3 Pribadi. Satu Pribadi disalib. Ada berapa Allah?tetap masih satu.
Lihat juga * bawah.

satu tuhan dengan 3 pribadi..satu pribadi mati tersisa 2 pribadi..
ada berapa tuhan?tetap 1 tapi kepribadian berkurang..apakah masih bisa disebut tuhankah yang 1 itu?
satu kitab suci dengan 1,5 milyar mushaf..setengah milyar mushaf dibakar tersisa 1 milyar..
Ada berapa kitab suci??tetap 1 tapi mushaf berkurang..apakah masih bisa disebut kitab sucikah yang 1 itu?

@abu hanan wrote:satu pribadi mati tersisa 2 pribadi..
ada berapa tuhan?tetap 1 tapi kepribadian berkurang
*btw soal mati...yg mati itu Tubuh manusia jasmani Yesus (Ingat Yesus punya 2 kodrat, Ilahi dan manusia), Jadi yg mati BUKAN ke-PribadianNya ataupun keIlahianNya.. jadi ga ada tuh yg namanya: "kePribadian berkurang".

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by isaku on Wed Jan 22, 2014 9:26 pm

@aliumar

AQ nya1, dan bisa diperbanyak hingga tak hingga.


Tuhan kristen 1 tapi bisa diperbanyak hingga tak hingga,
tuhan bapa, tuhan roh, tuhan yesus, tuhan ibu, tuhan patung yesus yg gede, tuhan patung bunda, tuhan patung yesus imut2... dll

kalo analoginya begitu, ya bisa diterima
 piss 

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by SEGOROWEDI on Wed Jan 22, 2014 9:33 pm


mo kamu copy berapa eksemplarpun
tetep alquran yang sama, kan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by isaku on Wed Jan 22, 2014 9:36 pm

ya sudah kalo om wedi cuma punya tuhan copy-an
 piss 




tuhan kok di-copy :)

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by SEGOROWEDI on Wed Jan 22, 2014 9:55 pm


itu analog alquran-mu
JANGAN BEGO!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by abu hanan on Wed Jan 22, 2014 11:02 pm

@aliumar
btw soal mati...yg mati itu Tubuh
manusia jasmani Yesus (Ingat Yesus
punya 2 kodrat, Ilahi dan manusia)
al quran adalah firman yang dibaca..tetapi al quran bukan tuhan..dan al quran punya 2 kodrat..hafalan dan cetakan/mushaf..
mushaf musnah..tersisa hafalan..

yesus adalah firman yang mendaging dan yesus punya 2 kodrat..tuhan dan manusia.. tetapi yesus adalah tuhan..tubuh mati berarti rohnya meninggalkan jasad..


pribadi adalah keseluruhan yang membedakan..ciri khas..
apa yang menjadi ciri khas yesus sebagai tuhan?
bila ciri khas/pribadi itu disandarkan pada alquran maka itu mungkin dialek..
ketika satu dialek musnah..al quran tetap sebuah kitab suci dengan 6 dialek..(asumsi 7 qiraat = 7 dialek)..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by aliumar on Thu Jan 23, 2014 4:38 pm

Sebagaimana ada banyak mushaf quran tapi tetap dikatakan (dihitung) kitab sucinya SATU, demikian juga Trinitas, (pakai cara hitung yg sama): sekalipun ada 3 Pribadi, tapi tetap dikatakan Allahnya SATU.

@abu:
yesus adalah firman yang mendaging dan yesus punya 2 kodrat..tuhan dan manusia.. tetapi yesus adalah tuhan..tubuh mati berarti rohnya meninggalkan jasad..
al quran punya 2 kodrat..hafalan dan cetakan/mushaf..
mushaf musnah..tersisa hafalan..
apakah krn "kodrat" mushaf nya musnah, menyebabkan yg namanya Alquran juga ikut musnah?tidak kan...
demikian Yesus.
Sekalipun kodrat manusiawi nya mati, tidak menyebabkan kodrat Allah nya ataupun Pribadinya juga mati.




aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by abu hanan on Thu Jan 23, 2014 5:35 pm

@aliumar
buginih kamsutnyah sayah..dalam satu sudut seperti kodrat mushaf dengan kodrat manusiawi itu meskipun fisiknyah lebur musnah tetaplah ada satu hakekat..gitu kan?

nah bicara kepribadian maka akan seperti dialek/qiraat..ketika 1 qiraat al quran uda ditinggalkan orang maka tersisa 6 qiraat..
al quran tetap 1 tetapi kepribadian aka ciri khas ada 7..kalow satu musnah yah tinggal 6 dialek..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by aliumar on Fri Jan 24, 2014 7:18 am

@abu hanan:

nah bicara kepribadian maka akan seperti dialek/qiraat..
masalahnya perihal kepribadian itu TIDAK SAMA seperti dialek.
Dialek bisa hilang, Pribadi tidak bisa hilang.

Org yg meninggal, tubuh jasmani nya boleh hilang, tapi pribadi nya tidak hilang.
Pribadi tsb yg kemudian akan dimintai pertanggung jawaban kelak di akhirat.

Mungkin "Pribadi itu ibarat spt "kata2" yg ada dalam Kitab Suci. Mushaf boleh hilang, tapi kata2 nya (dlm bentuk hafalan) tidak hilang.


aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by isaku on Fri Jan 24, 2014 10:53 am

masalahnya AQ tidak dibatasi jumlah copy-annya..

lha tuhan di-copy kok cuma 3, g sama lagi copy-annya

:)

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by SEGOROWEDI on Fri Jan 24, 2014 11:36 am


kalau sudah sebagai Sang Khalik; Sang Firman; dan Sang Penolong
kurang apalagi?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by aliumar on Fri Jan 24, 2014 11:58 am

lho masalah yg ingin dijelaskan dari analogi jumlah kitab kan pada perihal "jumlah/cara hitung"nya, dimana meskipun jumlah mushafnya banyak, tapi kitab suci umat Islamnya tetap bisa dihitung cuma SATU...jadi yg ingin ditekankan/dianalogikan yaitu analogi cara hitungnya, dan bukan perihal perbanyakan/pengcopy-an.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by isaku on Fri Jan 24, 2014 8:56 pm

diantara yg 3, masternya yg mana? copy-annya yg mana ya?
 piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by jaya on Fri Jan 24, 2014 9:22 pm

Yang di atas ini ngomong apa toh? hahaha Memahami Trinitas butuh nalar, bukan asal njeplak. hahaha
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by SEGOROWEDI on Fri Jan 24, 2014 9:32 pm


TUHAN YANG SAMA
sebagai Sang Khalik kita sapa Bapa
sebagai Sang Firman kita sapa Putera
sebagai Sang Penolong kita sapa Roh Kudus

sesederhana itu kok susah ya bagi muslim..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by isaku on Fri Jan 24, 2014 9:45 pm

lha iya om, copyan mana masternya yg mana, beda kualitas g?
lha yg aneh copy-an bisa g sama, apa tintanya kurang?
 piss 

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by SEGOROWEDI on Fri Jan 24, 2014 9:51 pm


gak ada kopi-kopian
susah ya?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by gusti_bara on Fri Jan 24, 2014 11:27 pm

dianalogikan itu begini biar mudah dipahami bahwa itu bukan kopian
1. bapa = anggaplah anak pertama karena dia ada duluan sehingga bisa memunculkan sosok roh kudus...
2. kemudian rohkudus sebagai generasi kedua karena atas adanya bapa maka dia ada---setelahnya layaknya dalam dunia mlm atau usaha atau gengster maka rohkudus membuat binaan baru/ mengkloning dirinya/ memunculkan generasi baru yaitu :
3. yesus, nah yesus inilah sebagai senjata pamungkasnya karena dibikin melalui 2 oknum kekuatan yaitu allah sebagai masternya dan juga turunan keduanya yaitu roh kudus
perpaduan 2 kekuatan itu memunculkan kekuatan yang super dahsyat / super rare yang disebut yesu, meski demikian karena ditaruh dalam inang yang lemah (maria) maka yesus memiliki sifat kedagingan sehingga ia lemah dan tdk bisa bertahan abadi dalam kehidupan,

ternyata inang yang dipake roh allah a.k.a yesus itu tdk mampu menampung roh rare blasteran kudus dan tuhan dalam jangka panjang, akhirnya yesus moksa....

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by SEGOROWEDI on Fri Jan 24, 2014 11:41 pm


omong apaan kamu? ngalor-ngidul..
baca aja #95

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by gusti_bara on Sat Jan 25, 2014 12:39 am

firman pernah dikorbankan...berarti dah gak ada lagi namnya firman wed...

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Analogi Trinitas!

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 4 dari 8 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik