FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Halaman 5 dari 25 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 15 ... 25  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Muslim-Zone ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by Mutiaraa on Thu Jan 23, 2014 12:16 pm

First topic message reminder :

masih ada yang belum tahu tentang ini?

mari kita bahas.
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down


Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by roswan on Thu Jan 30, 2014 3:14 pm

Justru makin jelas di ayat ini, Allah adalah NAMA TUHAN yang sesungguhnya.

QS 6. Al An'aam
Ayat 56. Katakanlah: "Sesungguhnya aku dilarang menyembah tuhan-tuhan yang kamu sembah selain Allah." Katakanlah: "Aku tidak akan mengikuti hawa nafsumu, sungguh tersesatlah aku jika berbuat demikian dan tidaklah (pula) aku termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk."

Jadi:
tuhan itu banyak
illah itu banyak
god itu banyak

tapi tuhan/illah/god yang asli itu hanya 1, yakni tuhan/illah/god yang berNAMA Allah.

illah atau tuhan itu bisa apa saja, yang DISEMBAH dan DIPERTUHAN oleh manusia, bisa uang, pangkat jabatan, bosnya di kantor, hawa nafsunya, gengsinya, kesombongannya, istrinya,suaminya, mertuanya, ayahnya, ibunya, kekasihnya, pohon beringin, matahari, orang yang dikira suci,pujaannya, yesus, gunung, sungai, dll semuaaaaa yang disembah dan dipertuhan oleh manusia adalah tuhan sesembahan/illah.

Meski semuaaa itu adalah tuhan/illah palsu.

dan tuhan yang sesungguhnya berNAMA Allah, tidak boleh ada illah.tuhan lain yang disebut Allah, kalau bukan tuhan asli yang memiliki ciri-ciri dan sifat Allah sebagaimana tercantum dalam Quran, yakni al memiliki 99 sifat dan bergelar SWT itu.
Itulah Allah yang sesungguhnya, TUHAN ASLI yang sesungguhnya yang berhak untuk disebut dengan namaNya yakni Allah.

avatar
roswan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 493
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 19.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by amara on Thu Jan 30, 2014 4:12 pm

QS AL AN'AAM
SURAT KE 6

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

1. Segala puji bagi Allah Yang telah menciptakan langit dan bumi dan mengadakan gelap dan terang, namun orang-orang yang kafir mempersekutukan dengan Tuhan mereka.

surat Al An'aam ini bicara tentang tuhan-tuhan palsu, tuhannya mereka para kafir, yang berBEDA dengan tuhan asli yang sesungguhnya, yakni tuhan yang bernama Allah, sebagai tuhan sang pencipta yang sesungguhnya.
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by frontline defender on Thu Jan 30, 2014 4:22 pm

@roswan wrote:Justru makin jelas di ayat ini, Allah adalah NAMA TUHAN yang sesungguhnya.

QS 6. Al An'aam
Ayat 56. Katakanlah: "Sesungguhnya aku dilarang menyembah tuhan-tuhan yang kamu sembah selain Allah." Katakanlah: "Aku tidak akan mengikuti hawa nafsumu, sungguh tersesatlah aku jika berbuat demikian dan tidaklah (pula) aku termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk."

Jadi:
tuhan itu banyak
sebelum mengambil kesimpulan, hendaknya anda cek dulu teks asli nya : http://corpus.quran.com/wordbyword.jsp?chapter=6&verse=56 , adakah kata "tuhan2" (seperti yang anda garis bawahi) pada teks asli nya?

 piss
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by frontline defender on Thu Jan 30, 2014 4:38 pm

@amara wrote:QS AL AN'AAM
SURAT KE 6

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

1. Segala puji bagi Allah Yang telah menciptakan langit dan bumi dan mengadakan gelap dan terang, namun orang-orang yang kafir mempersekutukan dengan Tuhan mereka.

surat Al An'aam ini bicara tentang tuhan-tuhan palsu, tuhannya mereka para kafir, yang berBEDA dengan tuhan asli yang sesungguhnya, yakni tuhan yang bernama Allah, sebagai tuhan sang pencipta yang sesungguhnya.
kalau anda cek teks asli nya : http://corpus.quran.com/wordbyword.jsp?chapter=6&verse=56 , maka akan anda dapati, bahwa yang mereka/kafir setarakan dengan yang lain itu, adalah Rabb/Pemelihara/Tuhan mereka (Allah)! jadi didalam ayat tsb, Tuhan kafir itu adalah Allah & yang mereka/kafir setarakan dengan Allah!

 piss 
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by dee-nee on Thu Jan 30, 2014 5:10 pm

@abu hanan wrote:@mbdee
kalau kita mau jujur ... kita ga usah ribet kok memahami apa itu Lord, God, Allah dalam kalimat itu ... ga usah ribet apakah pemahaman terjemahan diatas bener2 Tauhid atau ga ?? ...
lha yang bawa2 terjemahan "allah itu god "siapa?
 pusing .

Saya bilang Allah itu artinya TUHAN ... GOD
Allah = Tuhan dalam bahasa Arab
God = Tuhan dalam bahasa Inggris
dst ...

Artinya ... Allah itu bukan nama khusus yang disematkan seperti abu hanan, dini, dsb ...

Allah itu artinya TUHAN mbah ... bukan tuhan bernama khusus Allah

@abu hanan wrote:mangkahnyah sayah tanyakan dengan kerucut disonoh ;
ikuti terjemahan atow ikutin makna basa induk?


toh bingung sendiri kan dengan menjawab sayah?
sayah sendiri mau lord-god-tuhan tuh intinyah tetap "siapa ilaah?"

god/lord/tuhan hanyalah derivasi yang tidak mewakili makna ilaah dalam basa induk.

Bold : apakah mau menyebut oknum SANG PENCIPTA ini dengan ikut terjemahan atau bahasa Induk ... tetap terserah masing2 individu  
Artinya : muslim dibebaskan untuk menggunakan penyebutan Tuhan ...
Allah bukan nama khusus seperti dini, abu hanan, dsb

yang underline ini loh mbah fokus nya ....

@abu hanan wrote:

bahasa itu tidak saklek sifatnya
lha kan sayah cuman ikutin ;
ada loh yang nerjemahin allah is god..

sedangkan makna allah itu lebih dari sekedar god..god = dewa,bener yah?dan dewa itu bisa diartikan tuhan kecil/makelar dari tuhan besar..
dan god juga bisa dicopy menjadi tuhans..tetapi "allah" gak bisa bu..ini yang menjadi berbeda..kecuali kita pake "ilaah" karena si ilaah ini bisa dicopy menjadi seperti tuhans atow dewas..

Italic : trus memang kenapa kalau menterjemahkan Allah menjadi God ?? >>> kan saya sudah kasih gambaran tentang pertanyaan malaikat ...
Artinya : semua tetap tergantung dari bagaimana isi kepala kita

yang underline : mana ada grammar Indonesia tuhans atau dewas >>> mbah abu yang ngaco ...
btw saya ga tau apakah dewa=tuhan ?? ... kalaupun mau begitu ... ya tetap tergantung isi kepala kita >>> tentang makelar/tuhan kecil dsb ... itukan isi kepala mbah Abu

Saya ga masalah mbah abu bilang Allah ga bisa dicopy dsb >>> tapi point nya ... Allah tetap bukan nama khusus seperti dini dsb itu tadi ... Allah itu artinya TUHAN >>> jadi bukan TUHAN bernama Allah

Ya masa Adam ketika diciptakan dia mengenal SANG PENCIPTA dengan ... "Saya diciptakan oleh TUHAN yang bernama Allah" >>> yang ini bener ga mbah logikanya ??  

@abu hanan wrote:jadi sangat berbeda dan menjadi aneh ketika allah diterjemahkan sebagai god..karena allah ini mewakili dzat/dia yang mutlak dan absolut..
sedangkan god?belum tentu karena bersifat relatif..dan karena absolut dibenturkan dengan relatif maka sayah harus saklek..
 piss 

Bold : faktanya gimana ?? di kepala pagan arab ... kata Allah tetaplah suatu berhala ... sementara di kepala saya ... kata Tuhan tetaplah tauhid
Jadi urusan belum tentu wal relatif (underline) >>> mbah abu mau bilang apa kalau faktanya kata Allah pun bisa bermakna relatif di kepala orang lain ...

piss

Makanya saya bilang : Pada dasarnya Allah bukan nama khusus .... Allah itu artinya TUHAN ... >>> sekarang tergantung masing2 kepala bagaimana memahami Allah atau TUHAN ini dalam ibadah mereka ...

@abu hanan wrote:
Pertanyaan saya : mana perintah Quran yang meminta kita ribet ngurusin grammar dan terjemahan ??
Perintahnya justru kita harus ribet ngurusin pemahamannya .... benar atau salah
siapa bilang gak ada bu??
justru al quran menyatakan "diturunkan dalam basa arab nan jelas" itu ada perintah "pelajari basa arab"
atas alasan apa nih allah kasi info basa arab yang jelas?..

Bahasa Arab dipilih karena bahasa Arab punya sekian banyak kosa kata dan grammar yang sangat lengkap ... sehingga apa yang ditulis dalam Quran jelas dan tidak ambigu sehingga orang bisa memahami berbeda

Balik ke kata Allah : Mbah ... serius lah ... mana perintah Quran yang meminta muslim tidak boleh menggunakan kata lain selain "Allah" ... mana statement Quran yang menyatakan Allah adalah nama khusus ?? >>> balik ke logika Adam mengenal penciptanya diatas ...

@abu hanan wrote:moso perintah "rajinlah membaca dan membersihkan rumah dan belajarlah basa arab" ajah harus ditulis literal?
 pusing 

aneh jeng..gimana bisa paham isi al quran kalow grammar dan cs kita gak kuasain?modal terjemahan?

atas : faktanya ada ga perintah agar semua muslim menggunakan bahasa Arab dalam penyebutan SANG KHALIK ?? >>> ini perintah Allah atau perintah abu hanan ??

bawah : kok jadi bolak balik bolak ... yang saya tanya mana perintah Quran agar semua muslim menggunakan bahasa Arab (contohnya kata Allah) >>> menggunakan mbah ... bukan mempelajari / menguasai

Kalau semua muslim harus selalu menggunakan bahasa Arab >> artinya semua ustad dalam berdakwah pun salah ... karena mereka tidak menggunakan bahasa Arab >>> artinya depag pun ga usah bikin terjemahan Indonesia atau paksa aja semua muslim di Indonesia ngomong pake bahasa Arab >>>> wong forum ini aja pake bahasa Indonesia kok untuk menjelaskan Quran

@abu hanan wrote:sekedar info,sayah memahami al quran justru ketika mulai menghafalnyah dengan kondisi basa arab NOL buesar....dan grammar-basa arab malah sayah pelajari belakangan.

Lah ... mbah abu juga menggunakan bahasa Indonesia waktu menerangkan isi Quran

point saya : Allah bukan nama khusus ... (seperti dini, abu hanan, isaku, odoy, dsb)
artinya muslim bisa menggunakan penyebutan TUHAN dengan bahasa ibu mereka ... tidak harus selalu dengan penggunaan kata "Allah" >>> kalau mau pakai Allah silahkan .... tapi kalau pakai God/Tuhan/99 Asma dalam bahasa Indoensia sekalipun boleh yang penting isi kepalanya tauhid ...


Sepertinya kalimat ini perlu saya bold pink supaya jelas point saya .... jadi ga sampai diplintir2 atau dibolak balik  

@abu hanan wrote:

semua tetap larinya bagaimana isi kepala kita memahami setiap kata2 itu sendiri ... kalau maunya semua terjemahan per kata harus plek sama artinya dengan bahasa asli ... ya jangan baca terjemahan ...
lha gak bisa gitu dunk..ini urusannyah adalah kata "allah"..kata ini punya kemungkinan ketika masih ELOAH itu dibaca "allah" seperti kita baca hari ini..termasuk pula ELI..pun ada kemungkinan dibaca TEBAL..
our lord is god..itu kalow di endonesahkan jadinyah seperti apa?tuhan kami adalah tuhan,,atow bugimanah?

Our Lord is God atau Our God is Allah >>> kalau otaknya udah pagan ... mau pake kata apapun tetap pagan >>> faktanya pagan arab menggunakan kata Allah dengan pemahaman pagan

Mbah abu mungkin bisa berlogika seperti diatas bahwa "Our Lord is God" itu salah ... karena kita semua disini sudah mengerti/tau/mengenal kata Allah

Sekarang coba mbah bayangkan pergi ke ujung dunia tengah2 hutan amazon sana ... ketemu dengan bangsa pagan suku Maya misalnya ...
jelaskan tentang TUHAN tauhid ... mereka ga bisa bahasa Arab ... bahkan ga tau bahwa ada wilayah yang namanya arab di timteng >>> Gimana mbah abu mau menjelaskan TUHAN Tauhid ?? >>> memperkenalkan NAMANYA DULU (yaitu Allah) ... atau memperkenalkan konsep Tauhidnya dulu ??

@abu hanan wrote:

Tapi pada saat kita ngobrol ... masa mbah abu ga ngerti waktu saya bilang "Saya merubah air jadi kopi" >>> ya masa mbah abu juga berpikir saklek bahwa merubah=menjadi rubah
Jadi ... terkait Al-Ilah vs Al-Ilaah .... ya ga perlu juga kemudian allah=hawa nafsu dilihat dari proses lama kelamaan ini
kasusnyah berbeda bu..karena arab punya tashrif dan dari root itu dapat terbentuk berbagai wazan.

ubah = kata dasar
diubah = kk pasif
mengubah = kk aktif
pengubah = gak tau wkwkwk
perubahan =kt benda
merubah = mengubah itu bisa diterima karena ada kata dasar "ubah"..
menggulai==>gimana coba?
1.memberi gula pada X?
2.memasak gulai?

Mbah ... dalam grammar bahasa Indonesia ... imbuhan me itu cuma ada me, mem, meng, meny dan men .... ga ada imbuhan mer

yang bold jelas ga bisa diterima kalau kita ngomongin saklek based on grammar >>> merubah artinya kita menarik kata dasar rubah ... karena yang diterima cuma imbuhan me ... merubah dengan kata dasar ubah ini salah secara gramatikal >>> yang benar adalah mengubah

menggulai >>> kata dasar gulai
memberi >>> kata dasar beri
memasak >>> kata dasar masak

Silahkan kasih saya imbuhan mer .... sampai kapanpun juga ga ketemu imbuhan mer dalam grammar bahasa Indonesia

@abu hanan wrote:al - ilaah..
al = the..
ilaah = sesembahan..alif lam ha atow hamzah lam ha..kata ini bukan murni basa arab.. kata ini tidak punya root/tashrif karena kata ini lebih mewakili untuk menerangkan nama..ini kaidah basa arabnyah..
kalow sayah langgar pakem arabic yah jelas gak karuan jadinyah..kan mustahil kita kupas arabic pake standar basa mang odoy?
 lol 

Balik ke urusan Al-ilah ...
Saya sudah akui >>> ya saya pun tidak pasti mengenai hal tersebut ... karena ada dua versi yang saya baca (satu bilang bisa diterima ... yang lain bilang tidak bisa diterima)

Katakanlah tidak bisa diterima karena salah dalam grammar .... itulah saya sebut "Apa ga mungkin perubahan kata itu menjadi sah tanpa harus melihat grammar >>> contohnya kasus kata merubah"

Kalau Mbah Abu tetap bilang ga sah ... ya ga masalah ... saya pun juga mengatakan kata "merubah" itu salah secara grammar >>> tapi faktanya tetap banyak orang pakai kata "merubah"  

btw yang biru : mewakili untuk menerangkan nama atau kosa kata .... kalaupun mbah abu menyebut nama ... nama khusus atau nama umum ??
Mbah inget kan pelajaran sd bahasa Indonesia ... ada yang disebut kata umum dan kata khusus

kata umum = alat tulis
kata khusus = pensil, penghapus, penggaris

kata Allah ini masuk ke yang mana ?? umum atau khusus ??

@abu hanan wrote:
**mumpun OL di kompi..jadi geber ajah yang bisa digeber..
 lol 

geber terus mbah ... LOL

 ketiwi ketiwi ketiwi


Terakhir diubah oleh dee-nee tanggal Sat Feb 01, 2014 3:53 pm, total 2 kali diubah
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by dee-nee on Thu Jan 30, 2014 7:03 pm

@abu hanan wrote:@mbdee

Tapi ... point di thread ini ... saya berkeyakinan Allah tetap bukan nama khusus (name tag) untuk penyebutan Tuhan ***

Artinya : Muslim boleh menggunakan kata selain Allah untuk menyebutkan TUHAN YANG SATU2 NYA ini ... tidak harus spesifik hanya dengan kata Allah ...
kalow yang garis bawah nih uda 1500 taun silam..
"serulah allah ato ar rahman" dan "allah punya asmaul husna"..

sederhanyah buginih loh..
asmaul husna adalah gelar/sebutan yang mewakili sifat dan perbuatan..
sedangkan lafdz "allah" ini merujuk ke SANG pemilik mutlak nan absolutnyah..

ini bicara hakekat..jadi ketika kita bicara "allah" maka sotomatis bicara tentang dzat yang tuhan serba maha..akan tetapi ketika kita bicara ILAAH belum tentu mengacu ke dzat yang tuhan serba maha..

mengafa?
makna kata ILAAH itu sendiri yang menjadi pembeda..

bugimanah dengan rabb?bukankah itu juga berarti tuhan?
susah emang..karena rabb itu juga bermakna pemelihara-pengatur-pelindung-pencegah..

rabbana atina fidunya dst..tuhan kami dst.

Tidak ada yang saya tolak dari statement ini mbah ... bahwa ya ... bila kita melihat hakekat dan pembeda antara Allah dan ilah ... kata Allah jelas bermakna tauhid ...

Misalnya kalimat yang bold >>> ini benar karena secara arti dan makna memang ada pembeda antara Allah dan ilah
tapi ... adanya pembeda antara Allah dan ilah itu kan karena memang ada perbedaan dalam bahasa Arab ...
Ibaratnya : beruntunglah bahasa Arab karena punya 2 kata pembeda itu

tapi tidak bisa lalu kita bersikap : karena bahasa Arab lebih beruntung maka bahasa lain tidak bisa menggunakan term bahasa ibu mereka untuk menjelaskan TUHAN YANG TAUHID ini ... gitu loh maksud saya ... karena dalam pemahaman antara Allah dan ilah ... semua tetap tergantung dari isi kepala masing2 individu

Nanti dibawah saya sambung dengan pandangan saya tentang "terjemahan" (*)

@abu hanan wrote:
bila mengacu "ke setiap wahyu diturunkan pada bangsa yang berbeda" maka allah bukan satu2nyah nama khusus..
dan eloah/el/alaha/allah itu bisa dikatakan mirip dalam pengucapan karena serumpun..


bila allah itu nama khusus,menurut sayah,itu mestinyah ada rekaman di al baqarah dll yang memuat percakapan iblis dengan allah..tetapi sependek yang sayah pahami,iblis TIDAK pernah mengucapkan ALLAH tetapi RABB..

sebetulnya saya cuma melihat ada salah paham antara diskusi saya dengan mbah abu (dan mungkin dengan TS sendiri) ...
makanya dari awal saya tanya TS dulu (yang belum dijawab sampai sekarang)

Yang dimaksud judul TS sebagai "nama khusus" ini apa ?? >>> misalnya ada 2 kalimat
A. Surya sedang membaca koran
B. Surya menyinari dunia

"nama khusus" dalam judul diatas itu mengacu pada pemahaman yang mana ??

Kalau A >>> artinya ada orang yang namanya Surya sedang baca koran .... dan orang ini tidak bisa diganti dengan nama lain .... karena identitasnya adalah nama Surya ... (ada lagi yang namanya Banyu, Makmur, Agung, dsb)

Kalau B >>> surya disini bermakna matahari ... artinya ... walaupun kata surya punya pengertian khusus tentang benda diangkasa yang terang ini (anggap saja begitu) ... manusia masih boleh menggunakan term lain untuk menjelaskan "surya" >>> boleh matahari atau sun ... asal di benak kita yang terbayang adalah benda terang tsbt ....

Jadi maksud judul TS .. Allah adalah nama khusus itu yang mana ?? ... yang A atau B ... nama khusus atau nama umum ??

@abu hanan wrote:
sayah hanya berkesimpulan ;
bahwa penerjemahan allah menjadi god itu keliru menurut kaidah nahwu..biarlah allah tetap allah,gak perlu diubah menjadi basa laen..sebagaimana ahmad tetap ahmad..dan iblis tetap iblis..apa yang akan terjadi bila;


IBLIS menjadi DURHAKA/MENENTANG?
setan menjadi pembisik?
malaikat menjadi rombongan mulia?

karena itu hanya menjadikan kerancuan bagi yang tidak mengerti dan fanatisme..

ketika kita berkata "allah" maka itu mengacu ke ilaah yang absolut dan mutlak..
ketika kita berkata "rabb" maka itu mengacu ke "apa sih ilaah itu"..


ketika kita bicara god/lord/tuhan maka harus dikembalikan lagi ke pengertian mendasar dari masing2 kata lantas berpacu dalam term arabicnyah..matching atow tidak..itu ajah..

satu2 ya mbah

Merah : tidak masalah kalau mbah abu berpendapat demikian ... tapi disini saya juga ingin menjelaskan apa yang disebut "menterjemahkan" (*)
dalam teori penerjemahan ... yang paling penting adalah mengganti bahasa awal (A) ke bahasa lain (B) secara benar dalam konteks arti .. bukan konteks kamus (word by word)

I am a girl >>> saya perempuan (dua kata) >>> ini sudah cukup secara arti >>> walaupun ada 4 kata dalam bahasa Inggrisnya (I, am, a, girl)
Artinya disini ... dalam memahami terjemahan .... kita tidak bisa berharap terlalu saklek harus word by word dicari padanan katanya antara bahasa A ke bahasa B

Tujuan penerjemahan adalah ... agar orang2 yang berbahasa B mengerti (dengan menggunakan pemahaman bahasa B) apa yang dimaksud oleh bahasa A

Jadi kalau masuk ke topik tentang terjemahan Quran di corpus ... ketika ada penerjemah mengganti kata Allah dengan God >>> Allah bahasa Arab (A) ke God bahasa Inggris (B) >>> menurut saya tidak perlu menjadi masalah karena semua pengguna bahasa B sudah tau apa yang dimaksud penerjemah dengan kata God ini ....  ga perlu lagi harus lari2 apakah God disini bisa mengandung arti Gods atau Goddess

Kalau menurut mbah abu penjelasan saya diatas tidak cukup ... saya hanya bisa bilang bahwa tidak ada satupun terjemahan Quran yang benar2 100% menggunakan padanan kata yang sama persis dengan bahasa asli nya >>> dan ini tidak hanya berlaku dalam bahasa Arab ke bahasa lain ... tapi berlaku bagi bahasa manapun

Artinya : dalam membaca terjemahan Quran (terjemahan loh ya) >>> yang menjadi hal utama adalah pemahaman-nya itu benar atau salah ... bukan penggunaan word by word nya yang benar atau salah ....

Memang supaya tokcer dan afdol ... gunakan kata aslinya (supaya ga salah2) ... gitu kan mbah >>> masalahnya menggunakan kata asli pun tidak menjamin pemahaman-nya benar kalau isi kepalanya memang sudah pagan (ini kita bicara kata "Allah")

Jadi (khusus diskusi pada mbah abu saja) >>> saya tidak mengatakan untuk bebas mengganti atau menggunakan kata "Allah" ini ... tapi fokus saya adalah .... pemahaman arti kata jauh lebih penting daripada sekedar penggunaan nya saja ...

Maksudnya : memaksakan muslim untuk hanya menggunakan kata Allah ... hal ini tidak menjamin muslim2 ini terlepas dari perilaku pagan ... tetapi menekankan pemahaman arti Allah yang tauhid (walaupun dengan bahasa lain supaya mudah dipahami) lebih sesuai untuk menghilangkan perilaku pagan ... Karena toh pada dasarnya tidak ada statement dalam Quran bahwa muslim hanya boleh menggunakan kata "Allah" ... tapi jelas ada statement dalam Quran bahwa muslim harus berperilaku tauhid ... >>> kan tujuannya adalah agar tidak terjadi yang hijau

Dan kalau mbah abu menulis yang merah diatas >> lalu kenapa hanya kata2 tertentu saja yang tidak boleh diterjemahkan berbeda ?? apa mbah abu yakin seluruh terjemahan depag sudah pasti sama persis padanan katanya dengan bahasa Arab ??

Ungu : menurut saya mbah ...
Mbah abu : ketika kita berkata "allah" maka itu mengacu ke ilaah yang absolut dan mutlak
>>> Dini : ini benar ... tapi tetap baliknya bagaimana isi kepala kita toh ... kalau dalam benak saya ketika saya berkata "Tuhan" dan saya mengacu ke ilah yang absolut dan mutlak ... sebetulnya tidak masalah juga

Mbah abu : ketika kita berkata "rabb" maka itu mengacu ke "apa sih ilaah itu"
>>> Dini : ketika kita berkata rabb atau 99 Asma lainnya ... maka kita menjelaskan apa yang disebut Allah itu ... apa yang disebut Allah yang absolut dan mutlak ini ... apa yang disebut Tuhan yang absolut dan mutlak ini

Jadi sebetulnya : kalau mbah abu berpendapat harus dengan kata "Allah" (dan kata "Allah" tidak bisa diganti dengan kata lain) ... menurut saya benar2 saja ... tapi saya berpendapat bahwa semua itu tetap kembali ke bagaimana pemahamannya (bagaimana isi kepalanya) ... bukan kembali ke kata apa yang digunakan

tapi sebetulnya topik ini sudah OOT ... karena bukan itu topik di thread ini .... trit ini adalah Allah sebagai kata khusus atau kata umum .... (nama khusus atau nama umum) >>> dan saya perlu comfirm dulu ke TS  


Sekian mbah ... maaf bila ada kata2 yang menyakitkan ... tidak bermaksud menyakiti mbah abu karena sesungguhnya semua itu hanya salah paham
halah ...
wakakakakaka

 ketawa guling  ketawa guling  ketawa guling


Terakhir diubah oleh dee-nee tanggal Sat Feb 01, 2014 4:08 pm, total 1 kali diubah
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by Mutiaraa on Fri Jan 31, 2014 2:11 am

TAK ADA itu terjemahan asli, yang ada adalah AYAT asli.

ILLAH itu bahasa arab, seharusnya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi TUHAN, ke english menjadi GOD.

illah = tuhan = god itu banyaaaak sekali, termasuk tuhan-tuhan palsu dan tuhan asli.

Nah, kalau tuhan yang asli itu namanya Allah.

Allah itu BUKAN bahasa arab.
tak ada akar katanya dalam bahasa arab, karena Allah itu NAMA, Allah itu NAMA KHUSUS tuhan yang asli.

Bahasa arabnya tuhan itu BUKAN Allah, tapi illah.

Allah itu TIDAK BISA DITERJEMAHKAN menjadi kata lain. Allah DALAM BAHASA APAPUN adalah tetap Allah.

Orang perancis, cina, arab, India, Afrika, Jawa, sunda, batak sekalipun kalau mereka muslim maka tuhannya adalah sama, yakni Allah.

Kecuali orang kafir, maka tuhannya adalah selain Allah, bisa mereka sebut god, dewa, tuhan, illah, bapa, yesus, roh kudus, dll.


JAdi jelas, bagi muslim,semua umat Islam, Allah adalah NAMA KHUSUS tuhan, tuhannya muslim.

dalam syahadat, sholat, hingga bismillah di setiap tindakan seorang muslim, yang disebut adalah Allah,tuhannya muslim, tuhannya umat Islam,  bukan nama tuhan yang lain.

dan wajib hukumnya bagi muslim untuk melanjutkan perjuangan nabi Muhammad untuk MELURUSKAN KEMBALI penggunaan kata dan nama Allah itu hanya untuk menyebut tuhan yang asli, dan menjaga kebenaran penyebutan nama Allah itu, yakni hanya untuk menyebut Allah tuhan yang asli yang berciri-ciri seperti apa yang ada di dalam Quran, yakni Allah sang raab, sang pemelihara dan Allah yang memiliki 99 sifat utama itu, bukan tuhan lain, tuhan palsu yang bukan Allah sebenarnya.

manusia kafir bisa saja hanya menuhankan 1 tuhan, tapi tuhan palsu, yang tak bernama Allah, bisa saja ia menuhankan hanya otaknya saja, jadilah ia seorang atheis, bisa saja ia menuhankan hanya jin iblis yang ia percaya bisa mengabulkan segala permintaannya, kekayaan instan, kesehatan instan, dll yang ia kira semua itu datangnya dari jin iblis, ia juga menyembah 1 tuhan, tapi tuhan palsu, si jin iblis itu.

mereka menyebutnya TUHAN, my God, illah nya mereka.
BUKAN Allah.

tak bisa disebut Allah, karena tuhan/illah.god mereka itu bukan sang pencipta yang sebenarnya, bukan raab sang pemelihara yang sebenarnya, bukan tuhan yang asli yang berciri-ciri memiliki 99 sifat utama itu, bukan tuhan yang berfirman dan yang menurunkan Al Quran, bukan tuhan yang mengutus nabi Muhammad.

Jadi yang berhak untuk disebut dengan nama Allah itu, adalah tuhan yang mengutus Nabi Muhammad, tuhan asli sang pencipta alam semesta yang berfirman dalam Al Quran, bukan tuhan-tuhan yang lain, yang tak pernah mengutus nabi Muhammad.

itu harus menjadi isi kepala seorang muslim yang kaffah, kalau sampai ada yang mengaku muslm, tapi menganggap Allah adalah juga tuhan palsunya kafir, maka jelas, ia bukanlah muslim yang sebenarnya.
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by Mutiaraa on Fri Jan 31, 2014 10:36 am


إِنَّنِي أَنَا اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي

QS 20:14. Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.

kalau ada manusia yang shalat tapi tidak mengakui Allah sebagai nama tuhannya, lhah itu dia shalatnya menyembah dan atas perintah siapa.....karena bukan tuhan, bukan illah, bukan raab, bukan god dll yang memerintahkan shalat, tapi Allah.
Patut pula dipertanyakan bismillahnya, dan syahadatnya.
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by Mutiaraa on Fri Jan 31, 2014 10:47 am

dp
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by dee-nee on Fri Jan 31, 2014 4:02 pm

@isaku wrote:
mb Dee wrote:As Muslims, we think that it is unfortunate that we have to go into details on such seemingly minor issues, but so many falsehoods have been heaped upon our religion, that we feel that it is our duty to try to break down the barriers of falsehood. This isn't always easy, since there is a lot of anti-Islamic literature in existence, which tries to make Islam look like something strange and foreign to Westerners.

Sebagai muslim, sebetulnya rada ga penting juga kalau kita harus ribet ngurusin masalah2 kecil seperti ini, tapi memang … karena banyaknya salah paham yang terjadi di agama kita, maka kita berpikir memang perlu kita mengkaji lebih lanjut kesalah-pahaman ini. Hal ini tidak mudah, karena banyaknya artikel2 anti-Islam yang selalu membuat Islam terlihat aneh dimata bangsa Barat.
menjelaskan kesalahpahaman tidak mesti merujuk ke apa yg terlihat benar dalam pandangan barat.

Ya itu kan pandangan si penulis ... sebetulnya harus dibaca seluruh isi link itu supaya ngerti kemana arah si penulis ...
Paragraph pertama ini sebetulnya tidak penting ... karena hanya pandangan penulis tentang statement muslim yang bilang "Allah" adalah nama khusus bagi Tuhan Islam ...

Point penulis disini adalah : bahwa Allah artinya TUHAN .... TUHAN bagi semua manusia di dunia ini ... justru jangan dibeda2kan antara TUHAN Islam dengan tuhan lainnya ...

Tambahan : kalau saya panjangin penjelasan penulis (underline) .... jangan dibeda2kan antara TUHAN Islam dengan tuhan lainnya ... karena sudah jelas tuhan lainnya bukan TUHAN ...

Allah itu TUHAN dalam pemahaman yang sebenarnya >>> TUHAN ASLI yang menciptakan semua manusia di dunia ini .... Allah pun TUHAN bagi kafir (karena kafir juga diciptakan oleh Allah) >>> urusan kafir tidak mau menyembah Allah dan malah menyembah yang lain tidak serta merta akhirnya kita lupa pada kenyataan bahwa Allah adalah TUHAN seluruh manusia

Kenapa penulis menjelaskan paragraph diatas ... untuk memberi tahu bahwa "ide" membeda2kan TUHAN ASLI YME ini awalnya dilakukan oleh panolak Islam karena mereka menolak Allah sebagai TUHAN

Jadi penulis ingin mengembalikan statement ... bahwa Allah adalah TUHAN bagi semua manusia .... ga perlu lagi diekslusifkan hanya milik Islam ... ga perlu lagi sibuk ngurusin tuhan2 palsu karena tuhan palsu jelas bukan TUHAN ....

Saya ga tau apakah anda setuju atau tidak dengan statement penulis ... tapi kalau saya setuju ... karena faktanya memang Allah adalah TUHAN semua manusia ... bukan hanya TUHAN bagi Islam  

@isaku wrote:
mb Dee wrote:There are some people out there, who are obviously not on the side of truth, that want to get people to believe that "Allah" is just some Arabian "God", and that Islam is completely "other" - meaning that it has no common roots with the other Abrahamic religions (i.e. Christianity and Judaism).

Ada orang2 yang dengan sadar ingin menjauhkan kebenaran dengan mengatakan bahwa “Allah” adalah “Tuhan” Arab, dan bahwa Islam adalah agama yang berbeda yang lepas (tidak berakar) dari agama samawi (contohnya Kriten dan Yahudi).
Jelas yg bilang begitu bukan muslim, karena Allah Rabbal'alamiin.

Lah iya ... ini lanjutan yang diatas ... penulis menceritakan bahwa "ide" membeda2kan TUHAN ini awalnya dimulai dari kafir

@isaku wrote:
mb Dee wrote:To say that Muslims worship a different "God" because they say "Allah" is just as illogical as saying that French people worship another God because they use the word "Dieu", that Spanish-speaking people worship a different God because they say "Dios" or that the Hebrews worshipped a different God because they sometimes call Him "Yahweh". Certainly, reasoning like this is quite ridiculous! It should also be mentioned, that claiming that any one language uses the only correct word for God is tantamount to denying the universality of God's message to mankind, which was to all nations, tribes and people through various prophets who spoke different languages.”

Mengatakan bahwa muslim menyembah “Tuhan” yang berbeda hanya karena muslim mengatakan “Allah” adalah hal yang tidak masuk akal, sama tidak masuk akalnya dengan bagaimana orang Perancis menyembah Tuhan lain karena mereka menggunakan kata “Dieu”, atau orang Spanyol menyembah Tuhan yang berbeda karena mereka menyebut “Dios” atau bangsa Ibrani menyembah Tuhan yang berbeda karena mereka memanggil “Yahweh”. Jelas, alasan ini agak “nyeleneh”. Yang harus diperhatikan adalah bahwa mengklaim satu kata dari bahasa tertentu hanya boleh digunakan untuk menyebutkan Tuhan ........... sama artinya mengingkari ke-universal-an pesan Tuhan pada manusia, yaitu bagi semua bangsa, suku, dan manusia melalui nabi2 yang berbicara dengan bahasa yang berbeda  
Tidak mengapa menyebut ungkapan lain sebagai pengganti Ya robbi, ya ilahi
dengan Ya Tuhanku, Ya Diosku atau Ya Dieuku, OMG dll
tapi tetap yg dituju adalah Allah, karena entah tuhan yg bagaimana yg dimaksud ketika seseorang mengucap my Dios, my Dieu :)

Ya itu maksudnya si penulis .... si penulis menolak statement Allah adalah TUHAN ISLAM

Bold : maksudnya "tapi tetap yang dituju adalah Allah" ini .... pendapat saya sama artinya dengan "tapi tetap yang dituju adalah TUHAN dengan konsep TAUHID"

>>> memang penggunaan kata Allah adalah yang paling tepat karena kata "Allah" adalah kata yang paling benar dalam menjelaskan Tuhan yang Tauhid >>> ini tidak saya bantah ....
>>> tapi penggunaan kata Allah bukan karena Allah adalah nama eksklusif >>> maksudnya eksklusif = saya bernama dini   

@isaku wrote:Jelas bahwa muslim menyembah Tuhan yg sama dengan apa yg diperkenalkan Nabi2 terdahulu, tapi tetap saja Lakum dinukum waliyadiin.
Menolak kata Allah untuk menunjukkan keuniversalan adalah kelemahan. Justru keuniversalan yg diusung para Nabi adalah Lailaha illALLAH.

Hmmmm ... saya bilang: Allah artinya TUHAN ... saya bilang: maka muslim dibolehkan menggunakan penyebutan TUHAN
>>> masa ini disebut menolak kata Allah

plis deh ah ... kok jadi dibolak balik bolak begini logikanya ...

Maksud saya (membawa penulis) ... bahwa Allah adalah bahasa Arab yang artinya TUHAN (tauhid) ....

Semua jadi bingungin karena dalam bahasa Arab ada dua kata yang jelas beda >>> yaitu ilah dan Allah >> ya kan ??

antara ilah dan Allah dalam bahasa Arab ini sangat jelas perbedaan nya >>> karena membendakan antara ilah yang disebut tuhan/sesembahan (apapun yang dituhankan) dan Allah yang merujuk hanya pada SANG PENCIPTA SANG PENGUASA ALAM SEMESTA INI

Itulah saya katakan sebelumnya : beruntunglah bahasa Arab yang punya dua term ini (ilah dan Allah) sehingga jelas dalam penyebutannya ...
tapi sebetulnya ... bila masuk dalam konteks bahasa lain (misalnya bahasa Indonesia) >>> Ibaratnya lagi : sungguh sial bahasa Indonesia yang tidak punya dua term diatas ... tidak ada 2 kata yang jelas beda seperti dalam kasus ilah vs Allah

Tapi ... hanya karena bahasa Indonesia ini sial ... apa artinya ketika saya menyebut "saya percaya pada TUHAN YME" lalu sudah pasti saya tidak merujuk pada Allah ??

Bisa ga sekali2 kita keluar dari kotak terjemahan depag ... bahwa faktanya memang antara ilah vs Allah >>> keduanya berarti t.u.h.a.n >>> cuma bedanya kalau ilah dalam bahasa Arab itu artinya tuhan dalam konsep buatan manusia (berhala) ... Allah dalam bahasa Arab itu artinya tuhan dalam arti sesungguhnya (tauhid)

Nah supaya tidak rancu ... akhirnya depag kan menterjemahkan ilah = tuhan ... Allah = Allah >>> ini dibuat depag supaya jelas perbedaan antara dua warna diatas ... antara tuhan = ilah ... dan TUHAN = Allah  

>>> karena bahasa Indonesia cuma punya satu kata tuhan ... maka jadinya ribet kalau diterjemahkan Tiada tuhan selain TUHAN ... makanya ditulis tiada tuhan selain Allah

Lama kelamaan ... saking mbuletnya ... maka jadilah statement ... Allah adalah nama tuhan asli .... ilah adalah tuhan palsu

Argumen saya : Allah itu artinya TUHAN (dalam artian Tuhan tauhid) ... dan Allah bukan nama tuhan ... seperti dini adalah nama manusia atau SBY adalah nama presiden

gitu loh ...

@isaku wrote:
mb Dee wrote:Insisting on the use of the word "Allah" which is the Arabic word for "God" immediately creates the illusion that "Allah" is a totally different God than God of the whole world. It creates a god that belongs only to the Muslims, and this would tarnish the universality of Islam.

Meyakini bahwa penggunaan kata "Allah" yang adalah kata Arab dari "Tuhan" (hanya boleh digunakan oleh muslim) secara langsung justru membentuk pemahaman bahwa "Allah" adalah Tuhan yang berbeda dengan Tuhan lain di dunia. Justru menciptakan oknum tuhan yang hanya milik muslim, dan ini artinya mengingkari  ke-universal-an Islam.
Lailaha illaLLAH tidak akan pernah diganti dengan La ilaha illa "you know who"
 piss 

Disini anda ribet lagi dengan terjemahan .... ketika tertulis Tiada tuhan selain TUHAN >>> anda lalu menterjemahkan jadi  La ilaha illa (...)
coba diresapi maksud saya : betapa sialnya Indonesia tidak punya dua kata yang bisa membedakan antara Allah vs ilah

Saya ga minta kita mengucapkan syahadat dengan bahasa selain bahasa Arab ... syahadat tetap Lailaha illaLLAH
>>> tapi arti, makna, pemahaman yang dikepala ini loh ... syahadat itu artinya "tiada tuhan selain TUHAN YANG TAUHID ini" .... bukan "tiada tuhan selain tuhan bernama ALLAH" >>> Allah bukan nama eksklusif .... Allah itu artinya TUHAN

(misalnya presiden bernama SBY)

derajat kata untuk Allah .... tidak setara dengan derajat kata untuk SBY .... tapi setara dengan derajat kata untuk presiden
Allah itu artinya TUHAN >>> Allah=TUHAN tidak punya nama eksklusif

Plus ... Allah itu adalah TUHAN bagi umat manusia ... termasuk kafir ... jadi Allah bukan hanya Tuhan Islam
ga usah ribet ngurusin tuhannya kafir .... yang disebut tuhan oleh kafir bukan tuhan
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by dee-nee on Fri Jan 31, 2014 4:14 pm

@abu hanan wrote:binar 
susah deh..gimana caranyah merangkum seluruh opini..karena hanya ada satu missing link yang menjadi sebab ke timur dan barat..

 nyerah 

tapi tak apalah..karena sebenarnyah missing link itu uda disepakati tetapi kebanyakan merekea tidak menyadari..

 lol 

Tenang mbah ... saya yang handle ke carut marutan ini ...

wakakakaka

 ketawa guling ketawa guling ketawa guling 

----------------------

@ALL termasuk TS (Mutiara) yang TIDAK SETUJU DENGAN SAYA

1. Kalau mau diskusi tolong dibalas (direply) atau ditolak mana argumen saya yang salah ...
Jangan bikin post baru yang akhirnya semua jadi lari sendiri2 ....
(itupun kalau anda2 punya niat diskusi bukan cuma sekedar lomba klaim)

2. DAN JAWAB PERTANYAAN SAYA SUPAYA TRIT INI NYAMBUNG dan GA OOT

YANG DIMAKSUD NAMA KHUSUS ITU APA ???

Kalimat : "PRESIDEN BERNAMA SBY"
>>> yang kalian sebut nama khusus untuk Allah itu masuk yang mana ?? sama dengan presiden atau SBY ??

3. segala postingan yang ga jelas ngomong sama siapa (cuma lomba klaim) ... tidak bisa saya tanggapi (emang buat saya ya ??)
kekekekekeke

wasalam
 piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by Mutiaraa on Fri Jan 31, 2014 6:39 pm

memangnya ini chating, pake harus repy satu-satu.
waktu gue terbatas, kayak kurang kerjaan aja, elo mau jadi sesat jadi kafir atau enggak itu bukan urusan gue. Sudah gue jelaskan kebenarannya, kalau elo lebih memilih jadi kafir itu bukan urusan gue.

Nieh sekali lagi, gue jelasin.

Allah itu BUKAN bahasa arab, Allah itu NAMA tuhan yang asli.

Allah tentu saja nama tuhannya semuaaaa manusia, meski kafir tak mengakuinya, termasuk kamu.

Hanya muslim lah berdasarkan Quran dan perintah Allah yang mengakui bahwa Allah adalah nama tuhan yang asli.

Kalau kamu menyebut hanya tuhan SAJA, maka itu belum tentu tuhan yang sesungguhnya, tuhan itu banyak, termasuk tuhan-tuhan palsu.

Tapi kalau menyebut Allah, itu pasti adalah tuhan yang asli, yang sesungguhnya. Jangan selewengkan nama khusus tuhan asli itu, untuk mnyebut hal-hal yang lain yang bukan Allah, itulah kelakuan kafir.

Jadi jelas disisi mana kamu berada, mengakui nama Allah sebagai nama khusus tuhan yang asli, dengan ciri-ciri Allah sebagaimana disebutkan dalam Quran,maka kamu muslim.

Jika kamu menyamakan Allah sebagai nama umum tuhan, sembarang tuhan, maka kafirlah kamu.

avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by Mutiaraa on Fri Jan 31, 2014 7:42 pm

seluruh netter yang posting disini wajib membaca postingan TS, kalau tidak keluar saja dari trit ini karena kalian tidak punya niat untuk berdiskusi tapi cuma mau menyampah di trit ini.
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by dee-nee on Fri Jan 31, 2014 8:56 pm

buat yang diatas ...

silahkan marah2nya dipuas2in dulu ...
kalau cuma modal klaim ... semua orang memang bebas untuk klam klem klam klem

sebelum pertanyaan saya dijawab ... diskusi ga lanjut

YANG DIMAKSUD NAMA KHUSUS ITU APA ???

Kalimat : "PRESIDEN BERNAMA SBY"
>>> yang anda sebut nama khusus untuk Allah itu masuk yang mana ?? sama dengan presiden atau SBY ??





avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by isaku on Fri Jan 31, 2014 9:57 pm

@mb Dee n Pak FD

mau nanya

Al-An'am 145

Sahih International
Say, "I do not find within that which was revealed to me [anything] forbidden to one who would eat it unless it be a dead animal or blood spilled out or the flesh of swine - for indeed, it is impure - or it be [that slaughtered in] disobedience, dedicated to other than Allah . But whoever is forced [by necessity], neither desiring [it] nor transgressing [its limit], then indeed, your Lord is Forgiving and Merciful."

Indonesian
Katakanlah: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi -- karena sesungguhnya semua itu kotor -- atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barangsiapa yang dalam keadaan terpaksa, sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".


yg bold diatas terjemahan dari:
أَوْ فِسْقًا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ

pertanyaan:
bolehkah menyembelih dgn selain BismiLLAH???
misal
dengan nama tuhan
in the name of god
dll

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by isaku on Sat Feb 01, 2014 12:11 am

FD wrote:kalau anda cek teks asli nya : http://corpus.quran.com/wordbyword.jsp?chapter=6&verse=56 , ...... dst
di corpus, kata Allah disebut sebagai لفظ الجلالة مجرور
menurut Pak FD, apa maksudnya itu???
 piss 

==========================
mb Dee wrote:Point penulis disini adalah : bahwa Allah artinya TUHAN .... TUHAN bagi semua manusia di dunia ini ... justru jangan dibeda2kan antara TUHAN Islam dengan tuhan lainnya ...

Tambahan : kalau saya panjangin penjelasan penulis (underline) .... jangan dibeda2kan antara TUHAN Islam dengan tuhan lainnya ... karena sudah jelas tuhan lainnya bukan TUHAN ...
g boleh dibeda2in, tapi yg ini tuhan yg itu bukan. pigimane sih mb :)

mb Dee wrote:
@isaku wrote:Jelas bahwa muslim menyembah Tuhan yg sama dengan apa yg diperkenalkan Nabi2 terdahulu, tapi tetap saja Lakum dinukum waliyadiin.
Menolak kata Allah untuk menunjukkan keuniversalan adalah kelemahan. Justru keuniversalan yg diusung para Nabi adalah Lailaha illALLAH.
Hmmmm ... saya bilang: Allah artinya TUHAN ... saya bilang: maka muslim dibolehkan menggunakan penyebutan TUHAN
>>> masa ini disebut menolak kata Allah

plis deh ah ... kok jadi dibolak balik bolak begini logikanya ...
salah paham sih :)
harusnya bacanya bukan hanya yg bold tapi keseluruhan merah. justru keuniversalan itu harusnya:
no God, no Doni, no Dino (siapa lagi tuh :), g hapal)........... except ALLAH

mb Dee wrote:Bisa ga sekali2 kita keluar dari kotak terjemahan depag
sing bawa2 depag sopo? :)

mb Dee wrote:(misalnya presiden bernama SBY)

derajat kata untuk Allah .... tidak setara dengan derajat kata untuk SBY .... tapi setara dengan derajat kata untuk presiden
Allah itu artinya TUHAN >>> Allah=TUHAN tidak punya nama eksklusif
Al A'raf 172
أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ = Bukankah Aku ini rabbmu?

itu yg ngomong sang Aku.

nah,
dalam term sby, kira2 pak beye nanyanya gmana???

Bukankah Aku ini sbymu?

atau

Bukankah Aku ini presidenmu?


keliatan tidak bedanya???


isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by isaku on Sat Feb 01, 2014 12:22 am

mb Dee wrote:sama tidak masuk akalnya dengan bagaimana orang Perancis menyembah Tuhan lain karena mereka menggunakan kata “Dieu”, atau orang Spanyol menyembah Tuhan yang berbeda karena mereka menyebut “Dios”
payah nih yg nulis (bukan mb Dee maksudnya-pissss), bela2in sy belajar prancis sama spanyol, g nemu tuh Dieu sama Dios. :D


Sahih International
In the name of Allah , the Entirely Merciful, the Especially Merciful.

Muhsin Khan
In the Name of Allah, the Most Beneficent, the Most Merciful.

Pickthall
In the name of Allah, the Beneficent, the Merciful.  

Yusuf Ali
In the name of Allah, Most Gracious, Most Merciful.  

Shakir
In the name of Allah, the Beneficent, the Merciful.

Dr. Ghali
In The Name of Allah, The All-Merciful, The Ever-Merciful.


French
Au nom d'Allah, le Tout Miséricordieux, le Très Miséricordieux.

Spanish
¡En el nombre de Alá, el Compasivo, el Misericordioso!  


 piss


Terakhir diubah oleh isaku tanggal Sat Feb 01, 2014 12:48 am, total 1 kali diubah

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by Ujung Kuku on Sat Feb 01, 2014 12:35 am

ane yang bodoh ini cuman tau kalau tuha kita itu Allah..
dan ga akan pernah salah kalau nyebut Allah, karena demikian yg ada di Al Qur'an..

masalah kemungkinan2 lain, saya belum tau, dan tampaknya itu lebih cndong ke perkiraan2 saja  mana ketiwi 
avatar
Ujung Kuku
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 70
Kepercayaan : Islam
Location : Jowo Aseli
Join date : 18.01.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by Mutiaraa on Sat Feb 01, 2014 3:02 am

alhamdulillah ternyata masih ada muslim yang beneran muslim di sini.

Nama khusus tuhan asli yakni Allah itu bukan klaim, tapi apakata Quran.

kok masih nanya apa arti nama, presiden itu BUKAN nama, tapi jabatan.

sudah dijelaskan pula, bahwa manusia itu banyak, tapi yang namanya SBY yang presiden RI itu cuma 1.
tuhan itu banyaaak, tapi yang namanya Allah sang pencipta yang sesungguhnya, tuhan yang asli, itu cuma 1, yakni Allah.



avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by dee-nee on Sat Feb 01, 2014 3:32 am

@isaku wrote:@mb Dee n Pak FD

mau nanya

Al-An'am 145

Sahih International
Say, "I do not find within that which was revealed to me [anything] forbidden to one who would eat it unless it be a dead animal or blood spilled out or the flesh of swine - for indeed, it is impure - or it be [that slaughtered in] disobedience, dedicated to other than Allah . But whoever is forced [by necessity], neither desiring [it] nor transgressing [its limit], then indeed, your Lord is Forgiving and Merciful."

Indonesian
Katakanlah: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi -- karena sesungguhnya semua itu kotor -- atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barangsiapa yang dalam keadaan terpaksa, sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".


yg bold diatas terjemahan dari:
أَوْ فِسْقًا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ

pertanyaan:
bolehkah menyembelih dgn selain BismiLLAH???
misal
dengan nama tuhan
in the name of god
dll

Saya bingung deh ... kenapa statement saya yang bilang Allah artinya Tuhan ... langsung dibawa2 ke urusan aturan menyembelih hewan
atau
Kenapa karena ayat diatas ... lalu langsung disambung ke urusan aturan menyembelih hewan

Pertanyaannya saya jawab : Ga boleh ....
Sekarang saya tanya balik : boleh ga menyembelih hewan bilang nya "In the name of Allah" atau "Atas nama Allah" ???

monggo dijawab

--------------

Gabung #117

Bukannya jangan di quran.com lah (memang ada berapa terjemahan prancis yang ada disitu ??) ...
bukanya di google translate lah ....
Dieu itu Tuhan bahasa Perancis .... Dios itu Tuhan bahasa Spanyol .... Kamisama itu Tuhan bahasa Jepang ..... God itu Tuhan bahasa Inggris

btw anda ngerti maksud artikel itu ga sih ??

 piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by Mutiaraa on Sat Feb 01, 2014 3:37 am

menyembelih hewan boleh saja dengan berkata atas nama Allah, atau in the name of Allah, gak masalah.

asal kata Allahnya gak diganti dengan nama lain.

artikel itu jelas SALAH, tak bisa Allah disamakan menjadi tuhan begitu saja. Allah adalah tuhan ASLI. Allah bukan sembarang tuhan.
Allah memang tuhannya semua manusia, tuhannya seluruh alam semesta. Tapi yang mengakui Allah sebagai tuhan asli itu hanya muslim, hanya umat Islam, dan yang berhak menggunakan kata Allah itu untuk menyebut nama tuhannya adalah cuma umat Islam, cuma muslim. Kafir tak berhak menyebut tuhannya sebagai Allah, karena tuhan yang kafir sembah itu BUKAN Allah. Muslim lah yang menyembah Allah yang sesungguhnya, benar-benar Allah yang tuhan asli, yang berciri-ciri seperti yang disebutkan di Quran, yakni yang mempunyai 99 sifat utama, yang mengutus nabi Muhamamad, yang menurunkan Al Quran.

Jadi orang perancis kek, spanyol kek, Sunda, Jawa, cina, arab, afrika, batak, dll kalau mereka muslim, maka tuhannya adalah yang bernama Allah.

illahnya adalah illah yang bernama Allah.
godnya adalah god yang bernama Allah.
tuhannya adalah tuhan yang bernama Allah.


manusia itu banyak, yang presiden RI adalah manusia yang bernama SBY

tuhan itu banyak, yang tuhan asli sang pencipta adalah tuhan yang bernama Allah.

avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by frontline defender on Sat Feb 01, 2014 5:31 am

@isaku wrote:@mb Dee n Pak FD

mau nanya

Al-An'am 145

Sahih International
Say, "I do not find within that which was revealed to me [anything] forbidden to one who would eat it unless it be a dead animal or blood spilled out or the flesh of swine - for indeed, it is impure - or it be [that slaughtered in] disobedience, dedicated to other than Allah . But whoever is forced [by necessity], neither desiring [it] nor transgressing [its limit], then indeed, your Lord is Forgiving and Merciful."

Indonesian
Katakanlah: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi -- karena sesungguhnya semua itu kotor -- atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barangsiapa yang dalam keadaan terpaksa, sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".


yg bold diatas terjemahan dari:
أَوْ فِسْقًا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ

pertanyaan:
bolehkah menyembelih dgn selain BismiLLAH???
misal
dengan nama tuhan
in the name of god
dll
boleh, karena kalau anda check di teks asli nya : http://corpus.quran.com/wordbyword.jsp?chapter=6&verse=145 , tidak ada "nama (asma)" disitu, jadi habis "li ngghayri (bagi selain)" langsung disambung dengan "Allah"!

 piss 
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by Mutiaraa on Sat Feb 01, 2014 5:51 am

SALAH!

tidak boleh Bismillah itu diganti menjadi:
in the name of God
atau
atas nama tuhan

kalau diganti menjadi:
in the name of Allah
atau
atas nama Allah

itu masih boleh, sebagaimana syahadat

Lailaha illALLAH.

boleh dibaca: Tiada tuhan selain Allah.
tapi tidak boleh diganti menjadi: Tiada tuhan selain tuhan.

meski afdolnya adalah tetap dalam bahasa aslinya, yaitu Lailaha illALLAH dan bismillah, supaya tidak salah arti.
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by frontline defender on Sat Feb 01, 2014 5:58 am

@isaku wrote:di corpus, kata Allah disebut sebagai لفظ الجلالة مجرور
menurut Pak FD, apa maksudnya itu???
 piss 
boleh minta linknya? saya cari di corpusnya, kok nggak ketemu ya? & btw, itu ada di Al-Quran ayat mana? piss
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by dee-nee on Sat Feb 01, 2014 11:27 am

@mutiara wrote:illahnya adalah illah yang bernama Allah.
godnya adalah god yang bernama Allah.
tuhannya adalah tuhan yang bernama Allah.

manusia itu banyak, yang presiden RI adalah manusia yang bernama SBY

tuhan itu banyak, yang tuhan asli sang pencipta adalah tuhan yang bernama Allah.

selesaikan dulu yang ini

jadi ... kalimat : Akulah Allah setara dengan Akulah SBY

Presiden bernama SBY setara dengan Tuhan bernama Allah

gitu kan ...

Artinya ... ketika Adam diciptakan ... dia berkata "Aku diciptakan oleh Tuhan bernama Allah"

begitu Mut ?? setuju ga kalau secara ga langsung anda sudah membuat statement underline
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: ALLAH adalah NAMA KHUSUS tuhan yang ASLI

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 5 dari 25 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 15 ... 25  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik