FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by ritara on Mon Jan 27, 2014 12:24 am

PASAK GUNUNG ES (GLETSER)



“dan gunung-gunung sebagai pasak” (Al-Naba’ 7).….



Lihat dalam gambar ini, gunung es setinggi 700 meter. Di bawahnya ada akar yang menghunjam ke bawah permukaan air hingga kedalaman 3 km. Akar gletser ini telah menyebabkan tenggelamnya banyak kapal, karena para pelaut tidak berpikir bahwa setiap gunung gletser mempunyai akar yang menghunjam jauh ke dalam. Berat akar ini lebih dari 300 juta ton. Kenyataan ilmiah seperti ini tak seorangpun mengetahuinya ketika Alquran diturunkan, namun Kitab Suci ini telah mengisyaratkannya dengan ungkapan yang sangat rinci وَالْجِبَالَ أَوْتَادًا “dan gunung-gunung sebagai pasak” (Al-Naba’ 7). Seperti halnya semua gunung di dunia ini memiliki akar yang menghunjam ke perut bumi yang jaraknya mencapai puluhan kilometer. Perhatikan, gunung ini sangat mirip dengan pancang yang ditanam ke dalam bumi.

http://kaheel7.com/id/index.php?option=com_content&view=article&id=47:pasak-gunung-es-gletser&catid=36:ilmu-bumi&Itemid=55
avatar
ritara
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 170
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 09.01.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by roswan on Mon Jan 27, 2014 5:57 am

 2 good 

nice info

avatar
roswan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 493
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 19.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by Mutiaraa on Mon Jan 27, 2014 2:39 pm

kalau berkenan, dimasukkan juga deh ke trit bukti keilmiahan Quran, kalau pembahasannya sudah tutas, untuk disatukan dengan bukti-bukti keilmiahan Quran yang lain, yang banyaaaaak sekali :)
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by Ujung Kuku on Mon Jan 27, 2014 3:19 pm

Tetep aja ga bikin kapirun tobat  ehmm 
avatar
Ujung Kuku
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 70
Kepercayaan : Islam
Location : Jowo Aseli
Join date : 18.01.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by oglikom on Mon Jan 27, 2014 10:13 pm

@Ujung Kuku wrote:Tetep aja ga bikin kapirun tobat  ehmm 
Tobat=KAPOK, ta...?

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by Mutiaraa on Wed Jan 29, 2014 5:13 pm

Kafir sih memang kaum sesat dan buta, tak mampu melihat kebenaran, karena sudah sejak roh memang memilih neraka.
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by amara on Thu Jan 30, 2014 3:14 am

iyah, qii qiii qiii qiii

kalau disini masih bisa tuh kafir masuk, silahkan menyanggah bukti keilmiahan Quran ini, atau kalau mau bertanya, kalau ada yang kurang jelas.

kalau disini http://www.laskarislam.com/t7244p125-bukti-keilmiahan-al-quran#124183
adalah khusus untuk muslim.
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by Mutiaraa on Fri Jan 31, 2014 10:52 am

yup, dan kafir tak ada yang mampu menyanggah keberan Quran secara ilmiah ini
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by Mutiaraa on Fri Jan 31, 2014 7:52 pm

going one, going two, tik tok tik tok

kafir tak ada satupun yang mampu menyanggah kebenaran ayat Al Quran ini.

al Quran terbukti BENAR secara ilmiah.

avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by Mutiaraa on Sat Feb 01, 2014 2:51 pm

masih belum ada kafir yang berani masuk sini nieh...

:D
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by SEGOROWEDI on Sat Feb 01, 2014 2:55 pm


yang dipasaki apa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by roswan on Sun Feb 02, 2014 1:00 pm

@ritara wrote:PASAK GUNUNG ES (GLETSER)



“dan gunung-gunung sebagai pasak” (Al-Naba’ 7).….



Lihat dalam gambar ini, gunung es setinggi 700 meter. Di bawahnya ada akar yang menghunjam ke bawah permukaan air hingga kedalaman 3 km. Akar gletser ini telah menyebabkan tenggelamnya banyak kapal, karena para pelaut tidak berpikir bahwa setiap gunung gletser mempunyai akar yang menghunjam jauh ke dalam. Berat akar ini lebih dari 300 juta ton. Kenyataan ilmiah seperti ini tak seorangpun mengetahuinya ketika Alquran diturunkan, namun Kitab Suci ini telah mengisyaratkannya dengan ungkapan yang sangat rinci وَالْجِبَالَ أَوْتَادًا “dan gunung-gunung sebagai pasak” (Al-Naba’ 7). Seperti halnya semua gunung di dunia ini memiliki akar yang menghunjam ke perut bumi yang jaraknya mencapai puluhan kilometer. Perhatikan, gunung ini sangat mirip dengan pancang yang ditanam ke dalam bumi.

http://kaheel7.com/id/index.php?option=com_content&view=article&id=47:pasak-gunung-es-gletser&catid=36:ilmu-bumi&Itemid=55

tak ada kitabsuci lain seilmiah Al Quran :)
avatar
roswan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 493
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 19.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by amara on Sat Mar 01, 2014 1:45 pm

ini udah masuk disatukan ke trit keilmiahan itu kan ya, ada yang nanya tentang ayat besi tuh

qii qii qiii
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by SEGOROWEDI on Sat Mar 01, 2014 4:59 pm


#11

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by 'NDARIE on Sat Mar 01, 2014 6:31 pm

pasaknya bumi, kalau gunungnya di lautan mencengkeram air lautan hingga ke dasar lautan hingg ke inti bumi asalnya magma gunung. kalau gunungnya di daratan mencengkeram tanah bumi hingga ke inti bumi, tempat asal magmanya.
avatar
'NDARIE
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 156
Kepercayaan : Islam
Location : IBUKOTA RI
Join date : 22.02.14
Reputation : -1

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by amara on Mon Mar 03, 2014 6:20 am

yoip, gunung itu penyambung permukaan bumi dengan inti bumi
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by P.M.K on Mon Mar 03, 2014 6:29 am

Pada jungkir balik kenyataan kalo ayat quran dicocok cocokkan dgn sains. Dan pada hilang logika muslim kalo udah membicarakan sains ala quran.

usil

P.M.K
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 303
Kepercayaan : Islam
Location : London, AmeRika.
Join date : 26.11.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by amara on Mon Mar 03, 2014 6:38 am

yang jungkir balik otaknya kristen, mana ada
1+1+1= 1, yang benar 1+1+1=3
malah kalah sama anak SD

qii qii qiii
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by amara on Mon Mar 03, 2014 11:52 am

Fungsi Gunung

Dengan perpanjangannya yang menghujam jauh ke dalam maupun ke atas permukaan bumi, gunung-gunung menggenggam lempengan-lempengan kerak bumi yang berbeda, layaknya pasak. Kerak bumi terdiri atas lempengan-lempengan yang senantiasa dalam keadaan bergerak. Fungsi pasak dari gunung ini mencegah guncangan dengan cara memancangkan kerak bumi yang memiliki struktur sangat mudah bergerak.

Al Qur’an mengarahkan perhatian kita pada fungsi geologis penting dari gunung.

"Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka..." (Al Qur'an, 21:31)

Sebagaimana terlihat, dinyatakan dalam ayat tersebut bahwa gunung-gunung berfungsi mencegah goncangan di permukaan bumi.

Kenyataan ini tidaklah diketahui oleh siapapun di masa ketika Al Qur’an diturunkan. Nyatanya, hal ini baru saja terungkap sebagai hasil penemuan geologi modern.

Menurut penemuan ini, gunung-gunung muncul sebagai hasil pergerakan dan tumbukan dari lempengan-lempengan raksasa yang membentuk kerak bumi. Ketika dua lempengan bertumbukan, lempengan yang lebih kuat menyelip di bawah lempengan yang satunya, sementara yang di atas melipat dan membentuk dataran tinggi dan gunung. Lapisan bawah bergerak di bawah permukaan dan membentuk perpanjangan yang dalam ke bawah. Ini berarti gunung mempunyai bagian yang menghujam jauh ke bawah yang tak kalah besarnya dengan yang tampak di permukaan bumi.

Dalam tulisan ilmiah, struktur gunung digambarkan sebagai berikut:

Pada bagian benua yang lebih tebal, seperti pada jajaran pegunungan, kerak bumi akan terbenam lebih dalam ke dalam lapisan magma. (General Science, Carolyn Sheets, Robert Gardner, Samuel F. Howe; Allyn and Bacon Inc. Newton, Massachusetts, 1985, s. 305)

Dalam sebuah ayat, peran gunung seperti ini diungkapkan melalui sebuah perumpamaan sebagai "pasak":

"Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?, dan gunung-gunung sebagai pasak?" (Al Qur'an, 78:6-7)

Dengan kata lain, gunung-gunung menggenggam lempengan-lempengan kerak bumi dengan memanjang ke atas dan ke bawah permukaan bumi pada titik-titik pertemuan lempengan-lempengan ini. Dengan cara ini, mereka memancangkan kerak bumi dan mencegahnya dari terombang-ambing di atas lapisan magma atau di antara lempengan-lempengannya. Singkatnya, kita dapat menyamakan gunung dengan paku yang menjadikan lembaran-lembaran kayu tetap menyatu.

Fungsi pemancangan dari gunung dijelaskan dalam tulisan ilmiah dengan istilah "isostasi". Isostasi bermakna sebagai berikut:

Isostasi: kesetimbangan dalam kerak bumi yang terjaga oleh aliran materi bebatuan di bawah permukaan akibat tekanan gravitasi. (Webster's New Twentieth Century Dictionary, 2. edition "Isostasy", New York, s. 975)

Peran penting gunung yang ditemukan oleh ilmu geologi modern dan penelitian gempa, telah dinyatakan dalam Al Qur’an berabad-abad lampau sebagai suatu bukti Hikmah Maha Agung dalam ciptaan Allah.

"Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka..." (Al Qur'an, 21:31)

http://www.keajaibanalquran.com/earth_mountains.html
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by P.M.K on Mon Mar 03, 2014 12:42 pm

@amara wrote:
Fungsi Gunung Dengan perpanjangannya yang menghujam jauh ke dalam maupun ke atas permukaan bumi, gunung-gunung menggenggam lempengan-lempengan kerak bumi yang berbeda, layaknya pasak. Kerak bumi terdiri atas lempengan-lempengan yang senantiasa dalam keadaan bergerak. Fungsi pasak dari gunung ini mencegah guncangan dengan cara memancangkan kerak bumi yang memiliki struktur sangat mudah bergerak.
Al Qur’an mengarahkan perhatian kita pada fungsi geologis penting dari gunung.
"Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka..." (Al Qur'an, 21:31)
S

GUNUNG BERAPI itu PENYEBAB GEMPA BUMI atau MALAH MENAHAN SUPAYA BUMI TIDAK TERJADI GEMPA ??

P.M.K
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 303
Kepercayaan : Islam
Location : London, AmeRika.
Join date : 26.11.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by amara on Tue Mar 04, 2014 4:56 am

gempa itu disebabkan oleh PERGESERAN batuan di dalam bumi atau pergeseran LEMPENG BUMI.

benua atau pulau itu akan terus bergerak mengapung di permukaan laut, tak akan ada yang bisa menahannya kecuali adanya gunung yang mengikat pulau/benua itu agar tetap tersambung dengan inti bumi, sehingga pergeseran/pergerakan lempang benua/pulau itu tak akan sangat cepat, namun hanya perlahan sekitar sekian cm saja per tahun.
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by P.M.K on Tue Mar 04, 2014 9:13 am

Jadi kalo ada GUNUNG BERAPI, akan menahan gempa atau malah menyebabkan gempa saat itu gunung meletus???

P.M.K
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 303
Kepercayaan : Islam
Location : London, AmeRika.
Join date : 26.11.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 04, 2014 9:23 am

@amara wrote:gempa itu disebabkan oleh PERGESERAN batuan di dalam bumi atau pergeseran LEMPENG BUMI.

benua atau pulau itu akan terus bergerak mengapung di permukaan laut, tak akan ada yang bisa menahannya kecuali adanya gunung yang mengikat pulau/benua itu agar tetap tersambung dengan inti bumi, sehingga pergeseran/pergerakan lempang benua/pulau itu tak akan sangat cepat, namun hanya perlahan sekitar sekian cm saja per tahun.

gunung api kok menahan pergeseran lempeng bumi..
ngawurdotcom

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by amara on Tue Mar 04, 2014 8:06 pm

tanpa gunung, maka benua dan pulau akan bergeser bergoncang lebih cepat, bisa seperti perahu atau kapal di lautan, untungnya ada gunung yang menembus sampai inti bumi yang menahan sehingga benua dan pulau tidak berlarian seperti kapal di atas gelombang samudra.
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by P.M.K on Wed Mar 05, 2014 9:14 am

@amara wrote:tanpa gunung, maka benua dan pulau akan bergeser bergoncang lebih cepat, bisa seperti perahu atau kapal di lautan, untungnya ada gunung yang menembus sampai inti bumi yang menahan sehingga benua dan pulau tidak berlarian seperti kapal di atas gelombang samudra.

Gunung BERAPI penyebab GEMPA BUMI atau TIDAK??

ditempat yg ada GUNUNG BERAPI lebih sering terjadi GEMPA BUMI dibanding yg tidak ada GUNUNG BERAPInya, BENAR atau SALAH??

P.M.K
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 303
Kepercayaan : Islam
Location : London, AmeRika.
Join date : 26.11.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Al Naba: Gunung sebagai pasak

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik