FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

antara kelud,klenik dan legenda

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Fri Feb 14, 2014 8:52 am

lembu suro sempat bersumpah dengan mengatakan. (Yoh, wong Kediri mbesuk bakal pethuk piwalesku sing makaping kaping yoiku. Kediri bakal dadi kali, Blitar
dadi latar, Tulungagung bakal dadi
kedung)

(Ya, orang Kediri besok akan mendapatkan balasanku yang sangat besar. Kediri bakal jadi sungai, Blitar akan jadi daratan dan
Tulungagung menjadi danau)

entah di jaman onta besi atow jaman kuda terbang si lembu suro sumpah serapah seperti ituh..
wal kisah,gunung kelud adalah kisah cinta yang tak berbalas atow ibarat menepuk sebelah jidat..
apes nian..bencana alam oleh sebab cinta terkatung2..cinta oh cinta..apakah engkau emang seperti serabi solo?

bila cinta mendatangkan bencana tentu gak sekonyol dan seganas ledakan gunung kelud..

btw,dewi kilisuci nih apa secantik mario baloteli?


Terakhir diubah oleh abu hanan tanggal Sat Feb 15, 2014 9:49 am, total 1 kali diubah


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Fri Feb 14, 2014 11:13 am

kalow memperhatikan efeknyah,nih serasa sumpah lembu suro uda lebih dari ekspetasi karena hujan abu sampe ke soerabaia dan bodjonegoro..

bupati kediri,malang,tulungagung,surabaya,bojonegoro dan kota2 terdampak hujan abu rasanyah harus menyelenggarakan larung sesaji..
larung sesaji ini rada lumayan karena pemasukan/omzet bagi para pedagang dan caleg yang pengen jual muka tarik simpati massa..

woooi,caleg2 dan parpol..
nih kesempatan jualan tampang sebagai larung sesaji model baru..

kesempatan juga bagi pejabat yang doyan klenik buat berdoa ke hadirat lembu suro dan mahesa suro..

btw,tampang mahesa suro nih apa emang kaya kerbau?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Fri Feb 14, 2014 11:26 am

dewi kilisuci,kalow menurut silsilah,adalah adik airlangga..berarti hidup sekitar taun 1000 M..
coba kalow dia termasuk orang yang nrimo ing pandum masalah jodoh mungkin daya khayal orang gak sampe memunculkan legenda gunung kelud..lha tetapi banyak orang doyan sinetron sehingga ketika dewi kilisuci pilih2 jodoh dengan cerdas dikaitkan dengan takhayul gunung kelud..
sebelum lembu suro sumpahin banyak orang,nih gunung uda meletup..
ada sumber yang bilang letusan pertama itu di taun 1000 atow gak jauh dari dikuburnyah hidup2 si lembu suro..

lha wong kalow dihubungkan antara sumpah lembu suro dengan letusan pertama yah sah2 ajah..wong namanyah juga kebetulan..omongan putus asa karena cinta dengan ledakan gunung kok yah bisa2nyah sampe orang bikin acara larung sesaji untuk meredam amarah si gunung..

selain dikadalin dewi kilisuci,si lembu suro mungkin juga kalah bersaing dengan mario baloteli..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by mystery on Fri Feb 14, 2014 1:20 pm

#lagimikir

apa hubungannya dengan balotellu mbah?
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Fri Feb 14, 2014 2:55 pm

karena ada kemungkinan mas mis..suatu kemungkinan si kilisuci akan berselingkuh dengan baloteli..dan kedua orang itu juga ada persamaan..sama2 pengkianat cinta..
bedanyah ;
pengkhianatan kilisuci diabadikan melalui legenda dengan bau klenik..

pengkhianatan baloteli diakhiri dengan pengakuan terhadap anaknyah (hasil bergelap di kegelapan)..

parahnyah nih,berbagai peristiwa di sekitar gunung berapi selalu dikaitkan dengan klenik aka legenda bin prasangka..



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by Ibnu Sabil on Fri Feb 14, 2014 6:52 pm

Yang saya gak habis fikir, kenapa dari zaman dahulu sampai sekarang manusia masih saja percaya hal2 klenik....
Jadi inget lagu armada "mau dibawa kemana" maksudnya syariat ini...:)
Kira-kira apa dasar dan landasannya ya wak?..... khawatir 
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Fri Feb 14, 2014 7:18 pm

kamsutnyah gimanah om sabil?
landasan dari apa dan dasar apa yang dikamsut?



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by gusti_bara on Fri Feb 14, 2014 10:09 pm

wah wak... abunya sampai ke puertoriko (purwokerto)....gelap nian mana hari jumat, pagi2 petir nyamber2 hujuan abu plus air... dikiranya malah mau kiamat... tapi kok kalo kiamat kok masih ada yang sempat palentinan segala...

ah ternyata cuma lembu sora lagi ngambek yah....

gusti_bara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 628
Location : braling
Join date : 12.08.12
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Sat Feb 15, 2014 1:03 am

gak juga sih gus..kadang lembu suro kalow lagi suntuk juga cari cara instal corel draw bajakan wkwkwk..

inilah suatu kemungkinan karena kurangnyah rasionalitas atow minimnyah kesadaran..sehingga meskipun mistis/ghabib itu ada tetapi sangat ajibun kalow dikaitkan dengan ledakan gunung berapi..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by Ibnu Sabil on Sat Feb 15, 2014 7:26 am

@abu hanan wrote:kamsutnyah gimanah om sabil?
landasan dari apa dan dasar apa yang dikamsut?

Maksudnya koq masih ada manusia di zaman sekarang yang masih percaya akan hal klenik seperti begitu.

avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Sat Feb 15, 2014 8:03 am

om sabil..
bugimanapun manusia akan selalu merindukan kendali yang berada di luar jangkauannyah..minimal dia berharap keberuntungan..walaupun dia atheis..
tetapi merindukan apapun/siapapun yang melebihinyah untuk memenuhi syahwatnyah atow dugaannyah atow harapannyah..

klenik adalah sesuatu yang terdekat dibandingkan dengan tuhan..jalan pintas..ketika doa yang terkabul (dream come true) itu serasa mustahil maka klenik adalah short cut..
seperti cinta ditolak lalu dukun bertindak..
bukan malah mencari hikmah dan pasangan yang lebih wokeh tetapi ambisi inilah yang jadi sebab alumnus STPDN tetap laris (baca : sekolah tinggi perdukunan danyang negeri)..

balik ke sang dewi..
merindukan kekuatan nan super dapat menjadi sebab klenik tetap diminati..kita gak bisa mungkir bahwa aroma mistis akan selalu terasa kental pada tempat2 sunyi..gunung,hutan dll..orang berpikir "sesuatu berkuasa di sonoh"..

penasaran?silahkeun anda lanjutkeun..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Sat Feb 15, 2014 9:56 am

orang bilang "kelud menyimpan sejuta misteri" termasuk di bagian ini adalah keris empu gandring..konon dikuburkan oleh raja wisnuwardhana (presiden singosari)..
sebuah keris haus darah dengan sang pelopor legendaris, ken arok..

wah..kelud menjadi saksi bisu sejarah yang dipicu oleh syahwat..perebutan tahta beraroma dendam,darah tertumpah dengan satu kalimat pemicu,ken arok mana tahan..dendam lembu suro yang "mana tahan"..




untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by mystery on Sat Feb 15, 2014 9:57 am

mbah abu wrote:karena ada kemungkinan mas mis..suatu kemungkinan si kilisuci akan berselingkuh dengan baloteli..dan kedua orang itu juga ada persamaan..sama2 pengkianat cinta..

kasian AC Milan mbah, lagi butuh poin..hihi
lagianpula emang balotellu sesakti apa, kasian juga kalau dia disuruh bikin sumur  binar 

mbah abu wrote:
bedanyah ;
pengkhianatan kilisuci diabadikan melalui legenda dengan bau klenik..

pengkhianatan baloteli diakhiri dengan pengakuan terhadap anaknyah (hasil bergelap di kegelapan)..

parahnyah nih,berbagai peristiwa di sekitar gunung berapi selalu dikaitkan dengan klenik aka legenda bin prasangka..

ya bagaimana lagi, wong klenik/legenda itu memang disukai oleh sebagian penduduk ibu pertiwi. katanya legenda lebih hot, karena di kitab suci gak ada cerita beginian..
yang saya gak habis pikir itu larung sesaji..itu bagaimana ceritanya? sesajinya di persembahkan untuk siapa sih? untuk gunung? penjaga gunung atau tuhan?
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by satria bergitar on Sat Feb 15, 2014 10:07 am

btw klo ngomongin tentang legenda suatu tempat ato wilayah...kenapa ya ceritanya selalu tentang kasih tak sampai ato cinta bertepuk sebelah tangan? dayang sumbi, roro jonggrang, banyuwangi, danau toba dsb selalu tentang kisah percintaan..

apa artinya kita bangsa yg melankolis ato gmn ya? piss
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Sat Feb 15, 2014 10:47 am

melankolis yah?kok jadi inget someone yang nulis itu kemarin wkwkwk

---
akar masalah manusia pada prinsipnyah ada pada 3 perkara..ini terkait dengan psikologis..tetapi karena kita bicara klenik maka 3 perkara itu mendominasi bisnis dukun dan ilmu kebatinan..2 hal itu (dukun dan batin) pun terikat dan berkembang sesuai umur manusia sendiri..

urusan sesaji,nanti akan diobrol juga..termasuk kisah cinta gagal antara baloteli dan kilisuci..

owh cinta cinta..dipuja manusia,dibenci manusia..meski kadang kita keliru membedakan antara cinta dan nefsong..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by dee-nee on Thu Mar 06, 2014 6:36 pm

banyak orang mengandalkan jimat ... ilmu kebatinan ... pergi ke orang pintar dsb ...

Saya pernah punya pengalaman dengan teman2 yang seperti ini .... ujung2nya cuma jadi dagelan ...

Tiada yang bisa kukatakan pada mereka selain bilang "dasar dodol"

 nyerah
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Tue Mar 11, 2014 9:38 am

secara alamiah,orang mendambakan kekuatan adikodrati..di masa purba,boleh jadi,gunung dianggap superior karena efek letusan yang menjadi sebab bencana dan kesuburan..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 11, 2014 10:26 am


jangan lihat mitosnya..
tapi lihat pesannya: bahwa apa yang sudah dijanjikan harus ditepati

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by Ibnu Sabil on Tue Mar 11, 2014 10:52 am

@SEGOROWEDI wrote:
jangan lihat mitosnya..
tapi lihat pesannya: bahwa apa yang sudah dijanjikan harus ditepati
Memangnya apa pesan yang dimaksud....apakah betul bisa dilihat? ehmm 
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 11, 2014 11:53 am


lembusura pemenang lomba
karena wajahnya buruk, si puteri jadi enggan
maka mengajukan permintaan aneh-aneh yaitu: biikin kolam di puncak gunung
pun lembusura menyanggupinya..
ketika ia sedang menggali kolam tersebut, lalu raja memerintahkan untuk menimpuki dan menguburnya hidup-hidup..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by Ibnu Sabil on Tue Mar 11, 2014 1:22 pm

@SEGOROWEDI wrote:
lembusura pemenang lomba
karena wajahnya buruk, si puteri jadi enggan
maka mengajukan permintaan aneh-aneh yaitu: biikin kolam di puncak gunung
pun lembusura menyanggupinya..
ketika ia sedang menggali kolam tersebut, lalu raja memerintahkan untuk menimpuki dan menguburnya hidup-hidup..
Cerita ini nyomot dari mana wed?
Gimana ini koq sepotong2....mana ending dan hikmahnya?  piss 
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 11, 2014 2:30 pm


pernah denger seperti itu..
detailnya tanya aja si ABU, ia kan orang sono (lereng kelud)

endingnya:
lembu sura ditimpuk dan dikubur hidup-hidup
lalu mengutuk para pemnimpuknya

hikmahnya:
janji harus ditepati apapun konsekuensinya
kalau tidak bisa berakibat buruk

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by Ibnu Sabil on Tue Mar 11, 2014 2:33 pm

@SEGOROWEDI wrote:
pernah denger seperti itu..
detailnya tanya aja si ABU, ia kan orang sono (lereng kelud)

endingnya:
lembu sura ditimpuk dan dikubur hidup-hidup
lalu mengutuk para pemnimpuknya

hikmahnya:
janji harus ditepati apapun konsekuensinya
kalau tidak bisa berakibat buruk
Au...ah ngemeng aja gak jelas malah seret2 wak abu.
Cerita komplitnya saja gak puguh juntrungnya...maen ending sama hikmah....  ngece 
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by SEGOROWEDI on Tue Mar 11, 2014 2:42 pm



ini lho kutukannya:
@abu hanan wrote:lembu suro sempat bersumpah dengan mengatakan.
(Yoh, wong Kediri mbesuk bakal pethuk piwalesku sing makaping kaping yoiku. Kediri bakal dadi kali, Blitar
dadi latar, Tulungagung bakal dadi
kedung)

(Ya, orang Kediri besok akan mendapatkan balasanku yang sangat besar. Kediri bakal jadi sungai, Blitar akan jadi daratan dan
Tulungagung menjadi danau)


entah di jaman onta besi atow jaman kuda terbang si lembu suro sumpah serapah seperti ituh..
wal kisah,gunung kelud adalah kisah cinta yang tak berbalas atow ibarat menepuk sebelah jidat..
apes nian..bencana alam oleh sebab cinta terkatung2..cinta oh cinta..apakah engkau emang seperti serabi solo?

bila cinta mendatangkan bencana tentu gak sekonyol dan seganas ledakan gunung kelud..

detailnya tanya dia..
intinya: raja bikin sayembara buat calon suami puterinya
siapa yang mampu membentangkan busur panah saksi, ia pemenangnya
maka mencobalah para raja, ksatria, pemuda (mungkin ustat dan ulama juga ada) seanteo negeri..
gak ada yang mampu melakukannya.... sampai akhirnya datan si lembu sura (manusia berkepala sapi/kerbau)
ia mampu melakukannya... tapi raja dan puterinya inkar janji karena gak mau punya menantu/suami buruk rupa
maka mintalah syarat lain yang aneh aneh, yaitu: membuat kolam di atas puncak gunung..
dst. dst.

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by ngayarana on Tue Mar 11, 2014 2:52 pm

@SEGOROWEDI wrote:

ini lho kutukannya:
@abu hanan wrote:lembu suro sempat bersumpah dengan mengatakan.
(Yoh, wong Kediri mbesuk bakal pethuk piwalesku sing makaping kaping yoiku. Kediri bakal dadi kali, Blitar
dadi latar, Tulungagung bakal dadi
kedung)

(Ya, orang Kediri besok akan mendapatkan balasanku yang sangat besar. Kediri bakal jadi sungai, Blitar akan jadi daratan dan
Tulungagung menjadi danau)


entah di jaman onta besi atow jaman kuda terbang si lembu suro sumpah serapah seperti ituh..
wal kisah,gunung kelud adalah kisah cinta yang tak berbalas atow ibarat menepuk sebelah jidat..
apes nian..bencana alam oleh sebab cinta terkatung2..cinta oh cinta..apakah engkau emang seperti serabi solo?

bila cinta mendatangkan bencana tentu gak sekonyol dan seganas ledakan gunung kelud..

detailnya tanya dia..
intinya: raja bikin sayembara buat calon suami puterinya
siapa yang mampu membentangkan busur panah saksi, ia pemenangnya
maka mencobalah para raja, ksatria, pemuda (mungkin ustat dan ulama juga ada) seanteo negeri..
gak ada yang mampu melakukannya.... sampai akhirnya datan si lembu sura (manusia berkepala sapi/kerbau)
ia mampu melakukannya... tapi raja dan puterinya inkar janji karena gak mau punya menantu/suami buruk rupa
maka mintalah syarat lain yang aneh aneh, yaitu: membuat kolam di atas puncak gunung..
dst. dst.

Oalaah, Si Lembu Sura itu manusia apa Dedemit sih....., kok kepalanya Sapi...kikiki.... ketiwi 
Saya Pikir Maksudnya Lembu Sora panglima Majapahit yang ngeberontak sama kerajaan lol 

Oh ternyata emang Klenik wal legenda Tooooh.....
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik