FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

antara kelud,klenik dan legenda

Halaman 3 dari 3 Previous  1, 2, 3

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Fri Feb 14, 2014 8:52 am

First topic message reminder :

lembu suro sempat bersumpah dengan mengatakan. (Yoh, wong Kediri mbesuk bakal pethuk piwalesku sing makaping kaping yoiku. Kediri bakal dadi kali, Blitar
dadi latar, Tulungagung bakal dadi
kedung)

(Ya, orang Kediri besok akan mendapatkan balasanku yang sangat besar. Kediri bakal jadi sungai, Blitar akan jadi daratan dan
Tulungagung menjadi danau)

entah di jaman onta besi atow jaman kuda terbang si lembu suro sumpah serapah seperti ituh..
wal kisah,gunung kelud adalah kisah cinta yang tak berbalas atow ibarat menepuk sebelah jidat..
apes nian..bencana alam oleh sebab cinta terkatung2..cinta oh cinta..apakah engkau emang seperti serabi solo?

bila cinta mendatangkan bencana tentu gak sekonyol dan seganas ledakan gunung kelud..

btw,dewi kilisuci nih apa secantik mario baloteli?


Terakhir diubah oleh abu hanan tanggal Sat Feb 15, 2014 9:49 am, total 1 kali diubah


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down


Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 17, 2014 10:17 am

abu hanan wrote:
SEGOROWEDI wrote:
nilai kearifan lokal di hikmah itu lho, BU
JANJI HARUS DITPATI KALAU DIINGKARI ADA HARGA YANG HARUS DIBAYAR
yang janji siapa?kilisuci atow lembu suro?
yang tanggung resiko kalow janji diingkari itu siapa?kilisuci atow lembu suro?

kalow yang nanggung resiko adalah warga sekitar kelud,terlebih yang gak ikutin episode asmara kilisuci,itu jelas gak masuk akal..bahkan lembu suro nih termasuk pemerhati jurus "kunyuk lempar buah"..
harusnyah yang nanggung akibat adalah kilisuci..entah menjadi kilikodok atow kilikilik..dan lembu suro pun emang pantas direbus di kelud kalow hobi marah2 diakhir ajal..

dampak ingkar janji itu buruk
keburkan itu bisa menimpa yang ingkar maupun meluas

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by mystery on Mon Mar 17, 2014 8:19 pm

@mbah abu

sebelum pembahasan jauh ke dalam, kita kupas dulu apa pengertian klenik :

menurut kamus :

kegiatan perdukunan (pengobatan dsb) dng cara-cara yg sangat rahasia dan tidak masuk akal, tetapi dipercayai oleh banyak orang

==============================================================================================================================
berbeda dengan wikipedia :

Klenik (di dalam bahasa Jawa) adalah sesuatu yang tersembunyi atau hal yang dirasahasiakan untuk umum.
Dalam kultur Jawa ada ilmu yang disebut ilmu tua. Yaitu, ilmu yang diajarkan kepada mereka yang sudah matang dalam kesadarannya. Hal ini dimaksudkan agar tidak disalahgunakan, atau disalahartikan. Ilmu yang demikian ini adalah klenik.
Ilmu Klenik adalah Pengetahuan yang menjelaskan hal-hal yang gaib. Hal-hal yang bersifat tersembunyi. Wilayah misteri. Salah satu ilmu atau pengetahuan yang ada diwilayah klenik adalah agama. Banyak hal dalam agama yang tidak dapat diuji kebenarannya (diverifikasi). Kebenarannya hanya bisa dimengerti oleh mereka yang menempuh ilmu makrifat. Bagi orang awam kebenaran agama cukup diyakini. Ini klenik namanya! Namun jangan salah terima, ini tidak berarti agama menyesatkan orang. Tidak demikian. Hal-hal yang bersifat klenik pun dimaksudkan untuk kesejahteraan manusia. Bukan untuk mendorong manusia ke dunia gelap.
Banyak orang yang salah anggapan. Klenik disamakan dengan upaya mengarang agar cocok hasilnya. Orang yang menganggap klenik sebagai othak-athik mathuk, maka ia dapat disamakan dengan Marx yang menganggap agama sebagai candu. Sungguh naif apabila kita tidak memahami suatu ilmu, lalu ilmu itu kita golongkan ke dalam tahayul atau klenik yang selama ini dipahami oleh banyak orang, yaitu othak-athik mathuk.

==============================================================================================================================

karena saya ataupun banyak orang mengenal klenik itu identik dengan dukun yang bekerjasama dengan dimensi sebelah (sama dengan pengertian klenik versi kamus). sedang menurut wikipedia atau orang yg berbeda sudut pandang menganggap bahwa selama ini banyak orang yang keliru memahami klenik bahkan menyinggung ilmu makrifat.

bagaimana menurut mbah abu?
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by SEGOROWEDI on Wed Mar 19, 2014 4:36 pm


ritual adat itu ditangkap pesan moralnya saja..
sebagai nilai kearifan lokal
kek melempai dinding dengan kerikil
simbol melempari setan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Fri Jun 13, 2014 8:01 am

ketika keraton yogyakarta aka sultan hamengkubuwono melarungkan sesajen ke laut kidul dengan ditumpangi ayat al quran/sholawat,bukankah ini pluralisme?
dan tentu,syirik yang dibalut dalam kemasan islam membahayakan akidah..lebih halus dan samar..

jika memang seperti itu,maka budaya macam itu harus dimusnahkan dari muka bumi..


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by SEGOROWEDI on Tue Jun 17, 2014 5:03 pm


kebalik BU..
justeru islam disisipkan dan disusupkan ke dalam tradisi/kearifan lokal
itu sangat bahaya dan merusak

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Wed Jun 18, 2014 9:16 am

kalow sayah larang segala tradisi karena berbau syirik,tentu akan dikatakan : memusnahkan warisan budaya..
jika hamengkubuwono mau blak2an tentang apa yang dia tau tentang iman,tentu akan menjadi kemaluan baginyah..


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 18, 2014 11:29 am


bagaimana kalau larungan sesaji misalnya..
kita pahami sebagai bentuk pemahaman hubungan kita dengan lingkungan
yang saling tergantung dan harus dijaga keseimbangannya
masalah?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 18, 2014 11:30 am


bandingkan dengan ritual menyujudi, menyalami, menciumi benda mati..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Tue Jun 24, 2014 11:27 am

yah..apakah alam/lautan/gunung itu butuh apem atow ayam panggang?
memahami lingkungan kan bisa dengan green and clean?


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by SEGOROWEDI on Tue Jun 24, 2014 2:45 pm

apem dll sebagai simbul/bentuk ungkapan rasa BU
apa masalahnya?
sedang benda mati kamu sembah-sembah sujudi siang-malam malah kamu nyaman-nyaman saja..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by mystery on Tue Jun 24, 2014 3:31 pm

@atas

gak cukupkah dengan rasa peduli yang didahului rasa syukur kepada Tuhan? Tuhanpun menyukai dan "alampun mengerti".

makanan dibuang-buang buat apa? kasihin ke orang yang kekurangan kan malah bermanfaat.


 usil 
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by SEGOROWEDI on Tue Jun 24, 2014 5:51 pm


seberapa sih yang dibuang?
toh mengambilnya juga dari alam
sebagian dikembalikan ke alam akan menjadi santapan hidupan liar
dan didekomposisi bakteri

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Wed Jun 25, 2014 5:06 am

masalah pengomposan itu urusan alam..toh upacara apem gak kasi pengaruh apapun pada poengomposan..
larung sesaji,baik di gunung maupun lautan..apa bener tradisi lokal?
atow bawaan hindu/budha?


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 25, 2014 3:08 pm

abu hanan wrote:masalah pengomposan itu urusan alam..toh upacara apem gak kasi pengaruh apapun pada poengomposan..
larung sesaji,baik di gunung maupun lautan..apa bener tradisi lokal?
atow bawaan hindu/budha?

lha makanya..
dari alam kembali sebagian kecil ke alam apa masalahnya?

so what?
sudah menjadi kearifan lokal
trus islam datang belakangan koar-koar musrak-musrik
menyembah-sujudi batu, jutaan orang mendatangi dan muteri batu sebagai ritual
kamu nyaman-nyaman saja

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Thu Jun 26, 2014 5:49 am

lha itu..
hai kamu,bikin apem buat apa?
apa sih tujuan larung saji?
apa manfaatnyah?


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by abu hanan on Thu Jun 26, 2014 5:50 am

lha itu..
hai kamu,bikin apem buat apa?
apa sih tujuan larung saji?
apa manfaatnyah?




PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 26, 2014 10:05 am


buat apem untuk dikonsumsi
sebagian digunakan sebagai simbul hubungan dengan alam yan hidup dan menghidupi
kamu merituali batu secara menyembah-sujudi siang malam buat apa, BU?
apa manfaatnya...

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: antara kelud,klenik dan legenda

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 3 Previous  1, 2, 3

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik