FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

(film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

(film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by BAKUL KOPI on Wed Oct 19, 2011 2:25 am

First topic message reminder :

lol lol lol
ada yg special dari pertanyaan saya di thread ini...!
Gus Abu bisa beri sedikit pencerahan ke santrimu inih mungkin...? (spertinya ente,muslim yg paling ngerti ttg buddha)
atau saudara2 ku yg lain mungkin...!

:3:


Terakhir diubah oleh BAKUL KOPI tanggal Wed Oct 19, 2011 8:53 am, total 1 kali diubah
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down


Tom san cong gambaran manusia

Post by kara on Sat Oct 22, 2011 3:17 pm

Aku rasa semua itu ada hubungannya dengan filosofi tentang keberadaan manusia . Yg pernah aku dengar kisah tom sam cong itu bener ada tp tdk seperti yg ada di film film. Itu hanyalah seperti biografi seorang pendeta yg di tulis oleh sastrawan jadi disini jelas sang sastrawan ingin menuliskan sebuah cerita filosofis yg diambil dari otobiografi sang pendeta. dimana dalam kisahnya sendiri mepunyai makna besar tentang perjalanan hidup seorang manusia yg ingin mendapatkan ilmu dan kemulyaan. Dan tentang kera sakti serta kedua muridnya juga siluman siluman lainnya adalah penggambaran dimana dalam perjalanan seorang manusia dalam mencari ilmu dan kemulyaan selalu menemukan rintangan dan cobaan dari luar maupun dari dalam dirinya sendiri. Dimana setiap kedisplinan komitmen dan keteguhan dalam tindakan akan dihadapkan pada cobaan dan rintangan . Kera sakti itu sendiri menurutku adalh lambang nafsu liar kita yg perlu kita kendalikan, dan siluman babi patkay itu seperti nafsu angkara (atau alwammah dan amarah (kalau dalam islam )) dan biksu satunya adalah ketidaktahuan atau kebodohan manusia dalam diri mereka sendiri yg dimana masing masing perlu pengendalian diri kita. Karena kita tak akan bisa mematikan nafsu itu, nafsu juga selalu membantu kita untuk bertahan dalam kehidupan agar bisa tetap hidup. disini yg jelas bukan pertanyaan ada atau tidaknya biksu tom itu yg harus ditanyakan namun bagaimana kita bisa mengambil makna dari penulis sastra yg dimaksudkan agar kita dapat mengambil hikmahnya Wassalam.

kara
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Posts : 1
Join date : 22.10.11
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by abu hanan on Sat Oct 22, 2011 10:57 pm

@kara wrote:Aku rasa semua itu ada hubungannya dengan filosofi tentang keberadaan manusia . Yg pernah aku dengar kisah tom sam cong itu bener ada tp tdk seperti yg ada di film film. Itu hanyalah seperti biografi seorang pendeta yg di tulis oleh sastrawan jadi disini jelas sang sastrawan ingin menuliskan sebuah cerita filosofis yg diambil dari otobiografi sang pendeta. dimana dalam kisahnya sendiri mepunyai makna besar tentang perjalanan hidup seorang manusia yg ingin mendapatkan ilmu dan kemulyaan. Dan tentang kera sakti serta kedua muridnya juga siluman siluman lainnya adalah penggambaran dimana dalam perjalanan seorang manusia dalam mencari ilmu dan kemulyaan selalu menemukan rintangan dan cobaan dari luar maupun dari dalam dirinya sendiri. Dimana setiap kedisplinan komitmen dan keteguhan dalam tindakan akan dihadapkan pada cobaan dan rintangan . Kera sakti itu sendiri menurutku adalh lambang nafsu liar kita yg perlu kita kendalikan, dan siluman babi patkay itu seperti nafsu angkara (atau alwammah dan amarah (kalau dalam islam )) dan biksu satunya adalah ketidaktahuan atau kebodohan manusia dalam diri mereka sendiri yg dimana masing masing perlu pengendalian diri kita. Karena kita tak akan bisa mematikan nafsu itu, nafsu juga selalu membantu kita untuk bertahan dalam kehidupan agar bisa tetap hidup. disini yg jelas bukan pertanyaan ada atau tidaknya biksu tom itu yg harus ditanyakan namun bagaimana kita bisa mengambil makna dari penulis sastra yg dimaksudkan agar kita dapat mengambil hikmahnya Wassalam.
jikah sun go kong adalah lambang nafsu liar,makah bagaimana dengan perbuatannyah mengobrak abrik khayangan?simbol apakah ituh?dan apakah sun go kong adalah simbol keserakahan bagih TSC??


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by sun-moon on Sun Oct 23, 2011 2:05 pm

yang pasti, sun go kong sangat berbeda dengan sun moon kong... :nono:
ehmm
wkwkwkwkwk
ketawa guling
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by mang odoy on Sun Oct 23, 2011 8:34 pm

@sun-moon wrote:yang pasti, sun go kong sangat berbeda dengan sun moon kong... :nono:
ehmm
wkwkwkwkwk
ketawa guling

ya eyaaa lahh...kalow SUN MUN KONG mah perjalanannya ke UTARA....dalam rangka MENCARI JANNAH.... ketawa guling ketawa guling

Kalow ane...muter muter...dalam rangka mencari dollar.... :3gk:

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by BAKUL KOPI on Tue Oct 25, 2011 11:56 am

@BAKUL KOPI wrote:coba deh bandingin peta yg udah ane edit dibawah ini....

____ = perjalanan TSC tidak masuk akal ( menurut versi cerita asli )
____ = perjalanan TSC tidak akan aneh ( jika menurut versi ane )



silakan di renungkan...!
apakah TSC itu bodoh...?
tar dikira fitnah...!
tar ada org buddha yg marah loh....!

lol lol lol lol lol

monggo dipilih.....
muter boy atau langsung man....?
ketawa guling ketawa guling ketawa guling
kalo menurut ane... barat ya barat
selatan ya selatan
menurut saya ada 2 kemungkinan lg
1. (mungkin) dalam cerita asli ada pemutar balikan fakta (khususnya setelah sampai "XINJIANG")
2. TSC bego ga ketulungan
:lul: :lul:

ga ada yg mau bantu saya....? :mon2: :mon2:
masa musti ngibarin bendera putih lagih
nyerah
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by abu hanan on Tue Oct 25, 2011 2:35 pm

lha kan sayah udah pernah bilang...
memasukih wilayah budha (kecualih urusan rohani yg nyrempet tasawuf) makah kitah akan buntuh..
masih jalan terus ato balik margomulyo??


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by BAKUL KOPI on Tue Oct 25, 2011 7:54 pm

@abu hanan wrote:lha kan sayah udah pernah bilang...
memasukih wilayah budha (kecualih urusan rohani yg nyrempet tasawuf) makah kitah akan buntuh..
masih jalan terus ato balik margomulyo??



bahas buddha tanpa ada netter buddha = minum baygon dicampur nutrisari dgn harapan bisa merasakan kesegaran dalam kematian
CAPEK DEH.... :sleep: :sleep:

sebagai penggantinya mungkin mbah abu bisa menjawab pertanyaan saya yg ini......


JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan
1. ada satu jalan menuju pembebasan, yaitu JMB8 ?
atau
2. JMB8 adalah satu2nya jalan menuju pembebasan ?
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by abu hanan on Wed Oct 26, 2011 11:12 am

@BAKUL KOPI wrote:
@abu hanan wrote:lha kan sayah udah pernah bilang...
memasukih wilayah budha (kecualih urusan rohani yg nyrempet tasawuf) makah kitah akan buntuh..
masih jalan terus ato balik margomulyo??



bahas buddha tanpa ada netter buddha = minum baygon dicampur nutrisari dgn harapan bisa merasakan kesegaran dalam kematian
CAPEK DEH.... :sleep: :sleep:

sebagai penggantinya mungkin mbah abu bisa menjawab pertanyaan saya yg ini......


JMB8 = satu jalan atau satu2nya jalan menuju pembebasan
1. ada satu jalan menuju pembebasan, yaitu JMB8 ?
atau
2. JMB8 adalah satu2nya jalan menuju pembebasan ?
nah kaloh macam gituan berartih nyremfet tasawuf..so bisah dilanjut..silahkeun brow..
jabarin ajah tuh 8 jalan kebajikan disinih,sayah kan males browsing..
:3: ketawa guling


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by BAKUL KOPI on Wed Oct 26, 2011 11:45 am

avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by Gravelord on Sat Dec 24, 2011 10:47 am

Salam sejahtera untuk kita semua

Penjelasannya begini
Masalah ini adalah 100 % fiksi
yang hanya karakter tong sam cong nya saja yang asli, tetapi beda zaman nya.
Sungokong = perlambangan dari sifat 'dosa (kebencian)' dan 'irsia (iri hati)'.
Tipatkai = Lobha (keserakahan)
rahib Pasir = Moha (kebodohan)

jadi kisah ini adalah untuk menginspirasi bahwa tong sam cong, dengan sifat metta (cinta kasih), karuna (belas kasihan), mudita (simpati) dan upekkha (keseimbangan batin), dapat menetralkan keempat sifat buruk dari murid2nya. begitu.

penjelasan lebih lanjut, ntar aja deh
avatar
Gravelord
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 33
Posts : 95
Location : Sungai Guntung
Join date : 24.12.11
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by BAKUL KOPI on Sat Dec 24, 2011 12:35 pm

pertanyaan pertama....
kenapa perjalanan kok dibilang ke barat dan sesuai kronologi cerita,rute perjalanan justru terkesan memutar...?
*bonus kopi satu cangkir kalo jawabnya ga pake lama piss
monggoh pak GL
:surban:
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by Gravelord on Sat Dec 24, 2011 12:49 pm

nah itu dia
kita lihat peta cina dan india, seharusnya india itu diarah selatan kan walaupun agak sedikit kebarat sih. makanya saya bilang itu 100% fiksi.
inspirasinya yang masalah ke barat itu, asalnya adalah pandangan dalam salah satu aliran dalam Buddhisme yang berkembang di daratan cina, yaitu Mahayana.
dalam salah satu sutra/sutta/kitab Mahayana yang berjudul Amitabha Sutra, dijelaskan bahwa Amitabha Buddha dilambangkan berada di arah barat dan tanah suci Amitabha yang menjadi tujuan dari pencari pencerahan untuk terlahir disana dan mencapai pencerahan dibawah naungan Buddha Amitabha.

jadi kira2 begitulah. karena Buddhisme di cina mayoritas adalah penganut Mahayana.
avatar
Gravelord
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 33
Posts : 95
Location : Sungai Guntung
Join date : 24.12.11
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by BAKUL KOPI on Sat Dec 24, 2011 12:55 pm

@Gravelord wrote:nah itu dia
kita lihat peta cina dan india, seharusnya india itu diarah selatan kan walaupun agak sedikit kebarat sih. makanya saya bilang itu 100% fiksi.
inspirasinya yang masalah ke barat itu, asalnya adalah pandangan dalam salah satu aliran dalam Buddhisme yang berkembang di daratan cina, yaitu Mahayana.
dalam salah satu sutra/sutta/kitab Mahayana yang berjudul Amitabha Sutra, dijelaskan bahwa Amitabha Buddha dilambangkan berada di arah barat dan tanah suci Amitabha yang menjadi tujuan dari pencari pencerahan untuk terlahir disana dan mencapai pencerahan dibawah naungan Buddha Amitabha.

jadi kira2 begitulah. karena Buddhisme di cina mayoritas adalah penganut Mahayana.
bingung bisa saya artikan bahwa sebenernya biksu tong itu ada namun tdk melakukan perjalanan ke barat sperti film kera sakti.?
lalu kitab sucinya.? juga bukan berasal dari hasil perjalanan donk.... coz denger2 biksu tong punya sutra gitu...
ketiwi
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by Gravelord on Sat Dec 24, 2011 1:48 pm

hmmm...
maaf maaf, saya tadi ada kurang dikit penjelasannya. sebenarnya biksu tong itu ada, benar, dia benar melakukan perjalanan, hanya saja berbeda sama sekali dengan film/kisah sun go kong. perjalanannya dilakukan dari pesisir timur cina mengarah ke barat daya menuju india. karena pada masa tersebut Buddhisme menyebar di cina hanya beberapa kitab yang dibawa dan diterjemahkan. perjalanan biksu tong ini adalah untuk menyalin secara lengkap tripitaka dan menerjemahkannya. setelah itu maka banyak menghasilkan sutra -sutra yang sekarang dikenal sebagai sutra Mahayana.
avatar
Gravelord
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 33
Posts : 95
Location : Sungai Guntung
Join date : 24.12.11
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by BAKUL KOPI on Sat Dec 24, 2011 2:27 pm

@Gravelord wrote:hmmm...
maaf maaf, saya tadi ada kurang dikit penjelasannya. sebenarnya biksu tong itu ada, benar, dia benar melakukan perjalanan, hanya saja berbeda sama sekali dengan film/kisah sun go kong. perjalanannya dilakukan dari pesisir timur cina mengarah ke barat daya menuju india. karena pada masa tersebut Buddhisme menyebar di cina hanya beberapa kitab yang dibawa dan diterjemahkan. perjalanan biksu tong ini adalah untuk menyalin secara lengkap tripitaka dan menerjemahkannya. setelah itu maka banyak menghasilkan sutra -sutra yang sekarang dikenal sebagai sutra Mahayana.
Hmmmm ada sedikit literaturnya ndak,ttg perjalanan biksu tong yg BENERAN / REAL itu dari mana,singgah dimana saja n berakhir dimana. soalnya gini bro,sesuai yg saya urai diatas n saya ilustrasikan dlm bentuk peta itu dari cerita sejarah biksu tong yg nama aslinya xuang zang.... bukan dari cerita novel atau filmnya loh...
hmmm barang kali pak GL lebih tau nih,mana yg bnr n yg hoax,tolong dong referensinya piss
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by Gravelord on Sat Dec 24, 2011 2:40 pm

waduh, kudu lembur nih ane nyari in referensinya.
sebenarnya saya ada sedikit, ga banyak, ini saya dapat dari Fo guang shan phor kark see di s'pore, dalam bahasa mandarin.
ntar saya terjemahin dan ambil penting2 nya aja ya, kalo mau diterjemahin semua, bisa keblinger saya, hahaah

memang benar, sang Biksu bernama Xuan Zhang, karena dia berasal dari negeri dinasty Tang, maka dinamakan tang Xuan Zhang.

sabar ya bung, sementara ane mengerjakan nya.
heheheeh
avatar
Gravelord
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 33
Posts : 95
Location : Sungai Guntung
Join date : 24.12.11
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by abu hanan on Sat Dec 24, 2011 8:18 pm

@Gravelord wrote:waduh, kudu lembur nih ane nyari in referensinya.
sebenarnya saya ada sedikit, ga banyak, ini saya dapat dari Fo guang shan phor kark see di s'pore, dalam bahasa mandarin.
ntar saya terjemahin dan ambil penting2 nya aja ya, kalo mau diterjemahin semua, bisa keblinger saya, hahaah

memang benar, sang Biksu bernama Xuan Zhang, karena dia berasal dari negeri dinasty Tang, maka dinamakan tang Xuan Zhang.

sabar ya bung, sementara ane mengerjakan nya.
heheheeh
maaf dikit OOT,,,
@brow GL,kalo gak salah bacah di forum sebelah andah menulis >> mengapah Allah membiarkan iblis membangkang?
bwetul?
kaloh ya,mohon andah bukah tred baruh utk ngebahas ituh.
Supayah jernih-jelas-kenyang hahaha....
info


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by Gravelord on Sun Dec 25, 2011 10:49 am

ok ok
avatar
Gravelord
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 33
Posts : 95
Location : Sungai Guntung
Join date : 24.12.11
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by abu hanan on Sun Dec 25, 2011 10:54 am

@Gravelord wrote:ok ok
silahkeun...sementarah sayah off duluh karenah adah swatuh keperluwan.

(kayaknyah andah harus adaptasih dengan tulisan ala Alien from somewhere)
ehmm ngece


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by Orang_Pinggiran on Tue Mar 13, 2012 10:05 pm

Ternyata kalo ngobrol sama orang budha bisa lebih santai ya... kaga fight kaya di topik2 tetangga..

Ditunggu kisah biksu tongnya mr Gravelord :dah
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by Emiliana on Mon May 13, 2013 6:14 pm

Kisah Sun Go Kong itu fiksi, buah novel karangan. Namun perjalanan bhiksunya adalah benar, namanya Tang Xuan Zhang, dalam logat Hokkian (maaf kalau salah, kalau bkn logat Hokkian) jadi Tom Sam Cong. Kalau literatur aslinya sy kurang tau, buka sejarah Cina dulu kali yaa... SALAM DAMAI, SALAM SUPER piss
avatar
Emiliana
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 258
Kepercayaan : Budha
Location : apa penting
Join date : 04.05.13
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by WenYang on Sun Sep 01, 2013 11:06 am

Daripada sodara hanya bisa menerka2, makin lama makin ngawur ceritanya. Saya akan mencoba membantu memberikan penjelasan. Tong Sam Chong aslinya emang bener2 nyata. Sedang untuk pengikut nya saya sendiri kurang begitu jelas ke absahannya. Jadi saya ga bisa memberi kan jawaban. Tong sam chong yang di kenal dengan nama xuan zhang mencari jalan menuju ke india. Dan di india iniliah beliau singgah di universitas nalanda tepatnya di kota bihar. Beliau menghabiskan waktu di universitas nalanda selama 5 tahun. Semua ilmu yang ada di catat trus di bawa pulang ke china. Sewaktu nalanda di serang oleh tentara islam afganistan dimana pemimpin serangan waktu itu adalah Bakhtiyar Khilji. Nalanda di bakar dan api nya baru reda setelah 3 bulan. Maka untuk mencari kitab2 yang ada pada saat itu hanyalah dengan cara menerjemahkan apa yang sudah di tulis oleh bikhu xuan zhang pada saat itu. Sampai sekarang pun terjemahan itu belum selesei.
Tadi ada yang menanyakan masalah dewi kwan im itu laki2?
- saya tidak bisa menunjukan kebenarannya. Cuma saya bisa memberikan sedikit ilmu yang pernah saua tau. Saya mendengar kalo sebelum masuk ke china, dewi kwan im adalah seorang pria. Namun ciri2 dewa itu bertitik tumpu pada welas asihnya. Maka sewaktu masuk ke china, di rubah menjadi perempuan. Karena perempuan lebih pas dengan ciri2 welas asihnya. Sama hal nya dengan agama buddha. Pada waktu jaman sang buddha, hanya di kenal buddha theravada. Sekarang ada banyak sekali aliran buddha. Karena ajarannya berevolusi dan menyesuaikam dengan keadaan di negara itu.

WenYang
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 30
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Earth
Join date : 31.08.13
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: (film kera sakti) tong sam cong dan si murid (sun go kong) itu asli atau hanya imajinasi.....?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik