FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Sufisme vs Anti Sufisme

Halaman 2 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Muslim-Zone Sufisme vs Anti Sufisme

Post by mystery on Mon Feb 24, 2014 4:45 pm

First topic message reminder :

Assalamu'alaykum para sahabat LI

karena di mesin pencari banyak artikel pro kontra sufisme, jadi saya ingin mendapatkan jawabannya disini.

Tasawuf (Tasawwuf) atau Sufisme (bahasa Arab: تصوف , ) adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memperoleh kebahagian yang abadi. (by Wikipedia)

bagaimana sufisme bisa dikatakan sesat vs kebalikannya?
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down


Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by crescent-star on Sat Mar 01, 2014 12:09 am

abu hanan wrote:WUJUD disini bukanlah dan tak dapat diartikan BENTUK..
kamsut dari wahdatul wujud adalah bahwa keberadaan dan wujud itu hanya terbatas pada allah azza wa jalla (artinya ABADI-keabadian-hakiki) dan segala sesuatu selain Allah merupakan jelmaan dan manifestasi keberadaan-Nya (baca SEMU-FANA-bahwa selain allah adalah bukti kekuasaan-keluasan ilmu dll dari allah)..

bahwa allah meliputi segala sesuatu tidak berarti allah berada di segala sesuatu tetapi kekuasaan allah termanifestasi/terekspresi di segala sesuatu..
wihdatul wujud tidak sesederhana itu bung Abu,
di dalam hadit disebutkan :
Rasulullah bersabda:
كَانَ اللهُ وَلا شَىءَ مَعَهُ
[Maknanya: “Allah ada tanpa permulaan dan tidak ada sesuatu apapun bersama-Nya”].

Allah ada sebelum segala sesuatu ada. artinya sebelum semua ada hanya ada Allah, yang artinya pula sesuatu yang baru pasti berasal dari Allah. karena kalau Allah mencipta dengan BAHAN, maka ada dualisme kekekalan, yakni Allah dan bahan. atau dalam bahasa Hindu ketuhanan itu terdiri dari 2 unsur, dewa dan alam. karena Dewa mencipta dengan bahannya alam. kenapa harus ada alam ? ini sbg penjelas bahwa Tuhan terlepas dari sesuatu yang menyebabkan adanya makhluk. ini pun tujuannya mensucikan Tuhan. karena orang hindu percaya tidak mungkin TINJA itu bersumber dari Tuhan.
maka di dalam Islam bersandar pada hadits shahih muslim di atas, maka konsekuensinya seluruh mahkluk berasal dari Allah, karena Allah mencipta tanpa BAHAN (alam), apakah termasuk TINJA ?? ... nah loh ?? tapi inilah wihdatul wujud.
avatar
crescent-star
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 403
Kepercayaan : Islam
Location : jabar
Join date : 29.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by Ibnu Sabil on Sat Mar 01, 2014 9:32 am

Semakin jauh....semakin dalam dan makin menarik untuk disimak....
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Sat Mar 01, 2014 10:11 am

@om star..
sayah sih wokeh2 ajah..dan tasawuf dilabeli faham sesat ini karena mereka hanya berada di permukaan dan mengabaikan bahwa sebenarnyah tasawuf itu seperti hukum fisika yang berbeda pada tiap ruang galaksi di alam semesta..artinyah bahwa tasawuf ini akan menghasilkan kesan dan hasil yang berbeda pada tiap orang..bila air memasuki gelas berbentuk ikan maka tasawuf akan menyesuaikan,dan kesan2 inilah yang menjadi sebab dari cap sesat yang diproduksi oleh mereka yang di permukaan..

ibnu sabin mungkin dianggap sesat krn berkata : laa ma'bud illaa allah..dan mungkin pula abu hanan dicap kafir karena berkata : laa hayya illaa allah..
ato mungkin sayidina ali dan abu hanan dicap kafir karena berkata : allah menciptakan alam semesta beserta isinya tanfa pertimbangan..

hadits yang anda sertakan adalah sebuah prolog dari wahdatul wujud dan itu adalah bagian lain dari wahdatul wujud jika diurai lebih halus dan lembut karena disitu pula ada "meliputi segala sesuatu"..



@om sabil ,mysterius man aka pkl borobudur dll..
ntar menyusul yah..

***
sayah adalah orang tulisitatif yang jarang mampu menulis koma dalam hati wkwkwkwk..
***


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by crescent-star on Sat Mar 01, 2014 11:18 pm

tasawuf atau mistisisme islam sebenarnya adalah sebuah manhaj filsafat. sebuah pemikiran mendalam yang menggunakan 3 pola berfikir filsafat, yakni ontologis, epistimologis dan axiologis. filsafat atau cinta kebijaksanaan memang tidak bisa "dimainkan" oleh semua orang, sebab itulah kenapa sheikh Siti jenar dihukum, karena beliau membiarkan tasawuf ini "dimainkan" oleh sembarang orang.
avatar
crescent-star
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 403
Kepercayaan : Islam
Location : jabar
Join date : 29.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Sun Mar 02, 2014 3:30 pm

bin abdullah al husaini wrote:5. Sumber hukum aqidah Islam hanya dua: al-Qur`ân dan Hadits shahih, tidak ada sumber ketiga atau keempat dan seterusnya…Sementara itu, kaum Sufi memiliki sumber aqidah yang lain yang dikenal dengan istilah al-kasyf dan al-faidh. Mereka secara nyata meyakininya sebagai landasan keyakinan.
kasyaf dan faidh BUKANlah aqidah tetapi suatu kesan yang ditimbulkan (sebab akibat) dari suluk (meskipun tidak HARUS,kamsut sayah tidak WAJIB bahwa suluk dapat menjadi sebab KASYAF)..
kasyaf adalah proses tersingkapnyah satu hijab,terbukanyah satu misteri dari sejuta misteri..dan itu bukan aqidah..tetapi ibarat ketika fulan diinfokan bahwa gula berasa manis maka ketika kasyaf itulah si fulan merasakan sendiri kemanisan gula..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Sun Mar 02, 2014 3:45 pm

abdul azis al husaini wrote:6. Aqidah Islam menjunjung tinggi tauhîdullâh dan datang untuk memberantas syirik dengan seluruh jenisnya dan praktek penyembahan kepada selain Allâh Azza wa Jalla . Sedangkan pada ajaran Tasawuf, praktek syirik sangat kentara dalam bentuk meminta kepada penghuni kubur, istighotsah kepada orang-orang yang telah mati, pengagungan kuburan dan lain-lain.
justru kalangan sufi dapat sayah katakan ; adalah kaum paling DODOL kalow sampe minta ke orang2 mati..apalagi mengagungkan KUBUR..
bila ada penganut sufi bersikap seperti itu maka itu bukan dari tasawuf tetapi tangawur..

“Assalamu ‘alaikum dara qaumin Mu’minin, wa insya Allah bikum laa hiqun.”
Artinya, “Keselamatan atas kalian di tempat orang Mukmin, dan kami insya Allah akan menyusul kalian juga.”

“Assalamu ‘ala ahlid diyari minal Mu’minina wal Muslimin, wa inna insya Allah ta’ala bikum laa hiqun. As-alullahu lana wa lakumul afiyah.” Artinya, “Keselamatan kepada penghuni kubur dari kaum Mukminin dan Muslimin, kami insya Allah akan menyusul kalian. Aku memohon keselamatan kepada Allah untuk kami dan kalian semua.”

Kedua lafazh salam tersebut diriwayatkan Imam Muslim.

seingat sayah ada trit ziarah kubur di forum..dan kita bisa bincangkan lebih dalam di sonoh..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Sun Mar 02, 2014 11:02 pm

abdul azis al husaini wrote:7. Aqidah Islam telah menetapkah hanya Allâh saja yang mengetahui alam gaib. Allâh Azza wa Jalla berfirman:

Katakanlah: "Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah", dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan [an-Naml/27]

Dalam hal ini, kaum Sufi menyatakan bahwa syaikh-syaikh tarekat memiliki kemampuan meneropong dan mengetahui alam gaib melalui jalan kasyf, dan menurut mereka lagi, mereka meemperoleh ilmu itu dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam .
ghaib itu ada batasan dan ada pula aturan..menghantam kromo seperti diatas BUKANlah langkah cerdas..
prinsip utama ghaib ;

“Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dialah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah maha mengetahui lagi maha mengenal.” (QS Luqman: 34).

apakah ada ulama sufi yang tau kiamat?
apakah ada ulama sufi yang tau PASTI kapan dia wafat?




untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by Ibnu Sabil on Mon Mar 03, 2014 9:51 pm

wak wrote:apakah ada ulama sufi yang tau kiamat?
apakah ada ulama sufi yang tau PASTI kapan dia wafat?
Wah.......pertanyaan super khusus dari wak abu  ini saya jawab yang umum saja.
Jawaban pertama tidak tahu, begitupun dengan jawaban kedua sama persis seperti jawaban sebelumnya......

Sekelas kekasih Allah yang terpilih Rasul SAW saja untuk masalah kiamat hanya diberitahukan ciri dan tanda2 nya. Untuk masalah kedua beliau Rosul SAW diberitahu ketika menjelang kewafatannya.
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Mon Mar 03, 2014 10:05 pm

wah..itu jawaban malah jadi pe er..dan sejujurnyah kukatakan padamu :
kalow trit ini ternyata gak bisa dibales via hape..bener2 modal sabar..jadi,para pemirsah,boleh simpan penasarannyah dulu...lha wong kadang jawaban uda dibenak eh pas didepan kompi kok terlupa...

nah karena sayah gak bisa menerawang apa yang akan terjadi sedetik di depan,akan lebih baik bila pemirsa menulis pertanyaan..insya allah akan dibalas berseri..

wassalam


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Mon Mar 03, 2014 11:16 pm

ada pertanyaan dari orang yang masih meraba2 nih mbah

mbah abu wrote:sedangkan TASAWUF itu mengajari AKHLAQ untuk mencapai level maksimum

Jadi inti thread ini ... (kalau saya baca dari awal sampe diatas)

Tasawuf adalah agar kita mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memporoleh kebahagian yang abadi (wiki mode on)

manusia berpikir, manusia menimbang, berhipotesa, mengambil kesimpulan tentang ilmu2 Allah .... bagaimana hubungan Allah dengan manusia, alam semesta, dst ...

dari pemahaman ini banyak terjadi plintiran dan akhirnya justru jauh dari akidah yang ada (akhirnya menjadi sesat)

Jadi ... dalam mempelajari tasawuf dalam Islam ... yang harus dipelajari adalah apa dan bagaimana nilai2 akhlak dari setiap ajaran Islam tersebut (Al Quran dan Hadist) ... dan bukan malah dikembangkan terlalu jauh dari akidah itu sendiri ...

gitu kali ya mbah maksudnya ...
hehehehehehe ... maaf bahasa saya anak tk banget

blom faseh

 piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Mon Mar 03, 2014 11:40 pm

yang harus dipelajari adalah apa dan bagaimana nilai2 akhlak dari setiap ajaran Islam tersebut (Al Quran dan Hadist) ... dan bukan malah dikembangkan terlalu jauh dari akidah itu sendiri ...
iyah seperti itu..


**
maaf pembaca,sayah adalah orang yang terkadang seneng menjawab pendektifikasi..
**
 usil 


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Mon Mar 03, 2014 11:56 pm

mystery wrote:
mbah abu wrote:
mas ibnu wrote:Saya ada pertanyaan yang sifatnya umum...
Apakah salah jika seorang muslim berkeinginan bisa menggapai tingkat keimanan tertinggi?
dan sayah juga punya jawaban yang sifatnyah khusus ; tidak salah..

pertanyaan yang sifatnya umum dijawab dengan jawaban yang sifatnya khusus :pusing
“tidak salah” ini mungkin bisa dijeber mbah? #paparazimodeon
atau selain karyawan dilarang masuk?  lol
iyah..tidak salah dan juga salah..
lha terus gimana dunk?
adalah TIDAK SALAH jika dia tau bahwa mendekati allah itu berdasarkan kerendahan hati,disertai kehinaan bahwa dia ini hanyalah makhluk yang ada kelebihan dikit dibandingkan ikan koki..

adalah SALAH jika dia berangkat dari konsep "manusia adalah ciptaan terbaik"..

ada perbedaan diantara 2 jawaban "bingung" diatas..perbedaan itu baik untuk direnungkan dan silahkeun anda tulis kesimpulan..karena di trit ini kita belajar bersama..kalow satu arah ajah mah mending ceramah kultum isya..ada kopi selepas kultum..
 piss 


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by mystery on Tue Mar 04, 2014 3:54 pm

mbah abu wrote:adalah TIDAK SALAH jika dia tau bahwa mendekati allah itu berdasarkan kerendahan hati,disertai kehinaan bahwa dia ini hanyalah makhluk yang ada kelebihan dikit dibandingkan ikan koki..

yah, setiap muslim dan telebih lagi setiap mukmin pasti ingin mencapai tingkat keimanan tingkat tinggi (mengenal Allah dengan segala kesmpurnaannya) , dengan jalan tasawuf kita dapat mencapai tingkat tersebut, begitu kan mbah?
menurut tulisan mbah abu, tasawuf ini akan tidak salah jika kita ini mendoktrin diri kita ini hanya ciptaan yang dulu tak pernah ada, menjadi ada karena Allah swt (tanpa penciptaan kita tak pernah ada) jadi janganlah petentang-petenteng (sombong).

nah dulu nih saya sering tanya dalam hati : "kalau saya tak tercipta sekarang ini saya ada dimana, sedang apa?" << kan lucu tuh pertanyaan

gimana mbah jawabannya mbah? lol

mungkin dari itu maka kita bisa menumbuhkan sifat tawadhu'.

rendah hati + menghinakan diri ganti ajah sifat tawadhu' adalah (langkah awal) menuju keimanan tertinggi.
(manusia itu tak lebih dari sebuah ciptaan maka kita bisa menghargai ciptaan Allah yang lain)


mbah abu wrote:adalah SALAH jika dia berangkat dari konsep "manusia adalah ciptaan terbaik"..

nah menarik disini, kenapa bisa dikatakan SALAH ketika kita berawal dari konsep "manusia adalah ciptaan terbaik" untuk mencapai keimanan tertinggi, dengan konsep tersebut akan tumbuh sifat sombong.

mungkin saya bisa menulis opsi kenapa SALAH :


  • SALAH disini apakah dikarenakan tetap akan mendapatkan keimanan tertinggi tapi diiringi dengan sifat sombong yang akan mengakibatkan sesat/salah jalan. atau
  • SALAH ketika kita berawal dari rasa sombong maka keimanan tertinggi tak akan tercapai. atau
  • Konsep tersebut SALAH karena saat kita berada "dipuncak" maka muncul anggapan "Aku lebih sempurna daripada yang lainnya, seperti kesempurnaan Allah"


jadi ;
1)konsep tidak salah = rendah hati + menghinakan diri ganti ajah sifat tawadhu' + tercapai keimanan tertinggi >> tasawuf lurus
2)konsep salah = anggapan makhluk sempurna (tumbuh kesombongan) + tercapai keimanan tertinggi >> tasawuf sesat

karena dasar yang dijadikan landasan akan sangat mempengaruhi hasil akhir suatu proses. #halahngomongapatohsaya

kalau salah mohon dicoreti yah..
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Tue Mar 04, 2014 8:01 pm

jadi judulnya ...
untuk mencapai keimanan tertinggi ... ga boleh sombong ...
ojo dumeh kalo bahasa jawa-nya

gitu ga sih ??

 piss

trus .. yang dimaksud dengan "keluar dari sifat2 duniawi" ...
ilmu tasawuf lurusnya gimana ?? tasawuf sesatnya gimana ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Tue Mar 04, 2014 11:22 pm

dee-nee wrote:jadi judulnya ...
untuk mencapai keimanan tertinggi ... ga boleh sombong ...
ojo dumeh kalo bahasa jawa-nya

gitu ga sih ??

 piss

trus .. yang dimaksud dengan "keluar dari sifat2 duniawi" ...
ilmu tasawuf lurusnya gimana ?? tasawuf sesatnya gimana ??
gak sabar mode on..
 awas 

modus yang harus aktif di trit ini ; sabar
 ehmm 

karena pertanyaan diatas adalah gak sabar aka melompati jendela kelas jadi boleh ditunda dulu jawabnyah..lha wong belum waktunya sitirahat kok uda cabut duluan..
 basi


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Wed Mar 05, 2014 5:18 pm

wakakakakakakaka
ampuuunnnn

 piss piss 

kirain bell ganti pelajaran udah bunyi mbah ...
kan font nya Mystery juga udah beda bentuknya
ternyata blum waktunya istirahat toh

ya ya ... saya nyimak lagi .. duduk manis menghadap papan

 yes
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by Ibnu Sabil on Wed Mar 05, 2014 7:42 pm

@wak abu
Masalahnya belum tuntas.....dan masih banyak yang nyangkut nih.

Ada beberapa pertanyaan yang mengganjal mengutip istilah mba dee yang ini
trus .. yang dimaksud dengan "keluar dari sifat2 duniawi" ...
1. Apakah memang tasawwuf harus dipisah dengan masalah duniawi (menimbang sikap wara'iyah)tanpa memikirkan dan mengesampingkan urusan duniawi?
2. Bisakah tasawwuf diselaraskan (tidak keluar dari sifat2 duniawi)?

Tunggu jawaban sabar mode on  binar 


avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by mystery on Thu Mar 06, 2014 7:49 pm

@mba dini & @mas sabil

yang tiket kereta ekonomi, yang ekonomi..yang 2 jawaban bingung, yang 2 jawaban bingung diatas dituntaskan dulu, ayoo renungannya dituliskan, dijabarkan disimpulkan...kalau udah tuntas baru deh beranjak naik kereta bisnis...okeey (omjagonamodeon)

 cubit cubit 
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by Ibnu Sabil on Thu Mar 06, 2014 9:17 pm

Iya si wak juga gak nongol lagi.....apakah beliow lagi super sibuk?
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Fri Mar 07, 2014 6:38 am

mbdee wrote:saya nyimak lagi .. duduk manis menghadap papan
om sabil wrote:sabar mode on
yah moso "sabar" itu selalu diartikan menunggu?
termasuk bagian sabar itu kan "mengikuti proses" toh?sedangkan ;
ada perbedaan diantara 2 jawaban "bingung" diatas..perbedaan itu baik untuk direnungkan dan silahkeun anda tulis kesimpulan..
yang tulisan miring itu bagian dari proses agar sayah sendiri dapat belajar dari kesimpulan yang anda2 tuliskeun..

 ehmm 

kesabaran BUKANLAH setia menunggu TETAPI ambil bagian dalam proses dengan mengikuti SOP

 ehmm 




untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Fri Mar 07, 2014 6:40 am

Ibnu Sabil wrote:Iya si wak juga gak nongol lagi.....apakah beliow lagi super sibuk?
iyah..sibuk menunggu kesimpulan..
 lol 


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Fri Mar 07, 2014 8:10 am

Owww .... kita2 juga diminta untuk memberikan kesan pesan toh .... supaya ga asal minta disuapin ... gitu yah maksudnya ...

confirm dulu ah ... supaya haqul yaqin

 piss 
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by Ibnu Sabil on Fri Mar 07, 2014 8:50 am

abu hanan wrote:
Ibnu Sabil wrote:Iya si wak juga gak nongol lagi.....apakah beliow lagi super sibuk?
iyah..sibuk menunggu kesimpulan..
 lol 
Lha....si wak malah langsung nunggu kesimpulan sih....
Apakah masalah yang dikupas sudah tuntas?

Trus bagaimana dengan nasib 2 pertanyaan saya yang masih menggantung diatas?
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Fri Mar 07, 2014 10:40 am

berdua wrote:
mbdee wrote:kita2 juga diminta untuk memberikan kesan pesan toh
pengembara wrote:
Lha....si wak malah langsung nunggu kesimpulan sih....
lha iyah toh..#37
sayah wrote:
ada perbedaan diantara 2 jawaban "bingung" diatas..perbedaan itu baik untuk direnungkan dan silahkeun anda tulis kesimpulan..
pengembara wrote:
Apakah masalah yang dikupas sudah tuntas?
lha wong masih sambutan penerbit kok tuntas?
 panas 
pengembara wrote:
Trus bagaimana dengan nasib 2 pertanyaan saya yang masih menggantung diatas?
wong sambutan penerbit ajah belum dibaca kok uda ke bab satu..
jadi yah terima ajah nasib "digantung"..
 lol


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by Ibnu Sabil on Fri Mar 07, 2014 5:23 pm

@wak abu
mas mys wrote:
1)konsep tidak salah = sifat tawadhu' + tercapai keimanan tertinggi >> tasawuf lurus
2)konsep salah = anggapan makhluk sempurna (tumbuh kesombongan) + tercapai keimanan tertinggi >> tasawuf sesat
Bukankah 2 konsep yang diusung mas mys diatas sudah bisa dijadikan kesimpulan sementara sebagai pendahuluan toh wak......
Atowkah memang wak abu sudah ada kesimpulan selain yang diatas...karena jikalow pendahuluan mandek di kesimpulan saya yakin bakal ketinggalan kereta dan gak bisa kejar tayang....aseli penasaran....duduk manis ngadep papan (mba dee mode on)
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik