FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Sufisme vs Anti Sufisme

Halaman 3 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Muslim-Zone Sufisme vs Anti Sufisme

Post by mystery on Mon Feb 24, 2014 4:45 pm

First topic message reminder :

Assalamu'alaykum para sahabat LI

karena di mesin pencari banyak artikel pro kontra sufisme, jadi saya ingin mendapatkan jawabannya disini.

Tasawuf (Tasawwuf) atau Sufisme (bahasa Arab: تصوف , ) adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memperoleh kebahagian yang abadi. (by Wikipedia)

bagaimana sufisme bisa dikatakan sesat vs kebalikannya?
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down


Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Fri Mar 07, 2014 6:04 pm

Hmmmm .... inilah pesan dan kesan saya pribadi :

mas ib wrote:Apakah salah jika seorang muslim berkeinginan bisa menggapai tingkat keimanan tertinggi?

Mbah abu menjawab :

mbah abu wrote:adalah TIDAK SALAH jika dia tau bahwa mendekati allah itu berdasarkan kerendahan hati,disertai kehinaan bahwa dia ini hanyalah makhluk yang ada kelebihan dikit dibandingkan ikan koki..

adalah SALAH jika dia berangkat dari konsep "manusia adalah ciptaan terbaik".
.

terkait yang merah ... mas mys meneruskan

mystery wrote:mungkin saya bisa menulis opsi kenapa SALAH :

SALAH disini apakah dikarenakan tetap akan mendapatkan keimanan tertinggi tapi diiringi dengan sifat sombong yang akan mengakibatkan sesat/salah jalan. atau
   
SALAH ketika kita berawal dari rasa sombong maka keimanan tertinggi tak akan tercapai. atau

Konsep tersebut SALAH karena saat kita berada "dipuncak" maka muncul anggapan "Aku lebih sempurna daripada yang lainnya, seperti kesempurnaan Allah"

artinya disini ... yang TIDAK SALAH adalah semakin tinggi tingkat keimanan kita ... harusnya semakin tinggi pula kesadaran kita bahwa manusia tidak sempurna ...

terkait konsep "manusia adalah ciptaan terbaik" >>> konsep ini datang dari kenyataan bahwa manusia memang ciptaan yang paling sempurna diantara mahluk/ciptaan lainnya (hewan, tumbuhan, benda alam)

manusia diberi akal dan budi ... sementara ciptaan lainnya tidak ...

Dan mengambil statement mbah abu yang pinky2 (hehehehehehe)
akal dan budi itu tetap datang dari Allah ... Allah yang memberikan akal dan budi itu

Allah mempunyai ketetapan, hukum dan aturan yang harus dijalankan ...
Jadi ... Allah memberi kesempurnaan (akal dan budi) pada manusia justru untuk menjalankan perintah Nya ... atau .... dengan akal dan budi manusia diwajibkan menjalankan aturan dan hukum2 yang sudah ditetapkan

Artinya manusia diberi akal dan budi justru karena manusia tidak punya kemampuan/derajat setara dibanding Sang Penguasa

Ibaratnya ...

Majikan memberi sapu dan kain lap pada pembantu agar pembantu bisa menjalankan kewajiban yang sudah ditetapkan majikan
Maka jadilah pembantu yang baik ... jangan berpikir karena sudah dikasi sapu dan kain lap ... lalu merasa dirinya sudah setara dengan majikan

dan sesama pembantu dilarang sirik2an

wakakakakakakaka
ya merah ini intermezo aja sih

 piss

catatan : perumpamaan majikan dan pembantu ini hanya sebatas ilustrasi level dan tingkatan antara manusia dan Allah ... yaitu pendapat pribadi saya terkait kalimat mas mys yang kuning ...

bukan membendakan/memahlukan Allah seperti kita memahami seorang majikan (manusia)
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Sat Mar 08, 2014 1:54 am

Ibnu Sabil wrote:@wak abu
mas mys wrote:
1)konsep tidak salah = sifat tawadhu' + tercapai keimanan tertinggi >> tasawuf lurus
2)konsep salah = anggapan makhluk sempurna (tumbuh kesombongan) + tercapai keimanan tertinggi >> tasawuf sesat
Bukankah 2 konsep yang diusung mas mys diatas sudah bisa dijadikan kesimpulan sementara sebagai pendahuluan toh wak......
tasawuf/sufi itu berbeda kesan pada tiap individu yang berbeda..perenungan the mysteri boleh jadi berbeda dengan seorang pengembara..dan sayah kan gak salah juga kalow pengen tau..
 piss 
pengembara wrote:
Atowkah memang wak abu sudah ada kesimpulan selain yang diatas...karena jikalow pendahuluan mandek di kesimpulan saya yakin bakal ketinggalan kereta dan gak bisa kejar tayang....aseli penasaran....duduk manis ngadep papan (mba dee mode on)
pendahuluan gak bakal pernah mandek di kesimpulan..ini (pendahuluan) adalah fase penting untuk sebuah kepompong..kepompong tidak akan pernah mandek ketika dia mulai membalut dirinyah..
 ehmm 


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Sun Mar 23, 2014 11:57 pm

ini terusannya mana ??

 binar 
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by forever_muslim on Mon Mar 24, 2014 12:34 am

materi yang menarik sekali jadi pengen ikutan belajar, tapi karena udh lama banget gak main kesini rasanya kepala saya ini harus di "charging" dulu  ketiwi ... jadi parkiran dulu aja saya mah he he he...

dikit yang saya tau sih.. kalo tujuan dari tasawuf adalah untuk kesempurnaan akhlak walaupun menurut kalangan para sufi perihal akhlak hanya merupakan peringkat dasar karena masih terdapat peringkat berikutnya termasuk seperti wahdatulwujud (panteisme), wahdatussyuhud dan sebagainya sehingga pada akhirnya menganggap tasawuf sebagai jalan hidup atau metode untuk mencapai ma'rifatullah, pengenalan Allah melalui cara mukasyafah (membuka tirai gaib), ilham dsbnya....

saya sendiri pernah mengikuti beberapa tarekat ( gak usah disebutkan tarekatnya apa ) dan tidak beberapa lama saya keluar karena ada hal-hal yg saya rasakan kurang mengena dgn pemahaman saya ( tidak perlu juga saya jelaskan hal2 yg kurang mengena tsb ).... namun mungkin karena saya baru mampu mencerna tasawuf hanya utk kesempurnaan akhlak ( zuhud, qonaah, sabar, tawakal dsbnya ) agar dapat menjaga keseimbangan hablu minallah dengan hablu minannaas.... dan tidak mampu memahami lebih dari itu, karena dlm konteks peringkat tasawuf yang berikutnya lebih dominan kepada filsafat ( teosophy, Teo tapi sophia ada filsafatnya, tapi juga ada ketuhanannya ) yang terlalu berat utk saya cerna he he he...

makanya saya parkir disini biar dapat pencerahan..apalagi ada mbah abu disini, maestronya filsafat.... mohon pencerahannya teman2 semua...
avatar
forever_muslim
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Posts : 181
Join date : 07.10.11
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Mon Mar 24, 2014 11:52 pm

mbdee..
terkait konsep "manusia adalah ciptaan terbaik" >>> konsep ini datang dari kenyataan bahwa manusia memang ciptaan yang paling sempurna diantara mahluk/ciptaan lainnya (hewan, tumbuhan, benda alam)

manusia diberi akal dan budi ... sementara ciptaan lainnya tidak ...
ini adalah relatif..
meletakkan manusia dengan diluar manusia adalah suatu kekeliruan bila tidak disertai "dimensi"..
binatang-tumbuhan-malaikat-jin,keempatnyah memiliki tanggung jawab sendiri..keempatnyah juga berada di dunia mereka sendiri..dalam hal yang bugimanah,kita dapat berkata "manusia lebih tinggi karena berakal budi?"..

Allah mempunyai ketetapan, hukum dan aturan yang harus dijalankan ...
Jadi ... Allah memberi kesempurnaan (akal dan budi) pada manusia justru untuk menjalankan perintah Nya ... atau .... dengan akal dan budi manusia diwajibkan menjalankan aturan dan hukum2 yang sudah ditetapkan
iyes..gak ada yang salah disitu..tetapi juga harus diingat ketika singa memakan rumput berbumbu rendang,apakah itu berarti singa tidak menjalankan aturan allah?apakah ada pelanggaran yang dilakukan singa ketika ia meneruskan keturunan dengan memacari jerapah?


@penyiar fm..
wah lama tak sua..
 genit 


walaupun menurut kalangan para sufi perihal akhlak hanya merupakan peringkat dasar karena masih terdapat peringkat berikutnya termasuk seperti wahdatulwujud (panteisme), wahdatussyuhud dan sebagainya sehingga pada akhirnya menganggap tasawuf sebagai jalan hidup atau metode untuk mencapai ma'rifatullah, pengenalan Allah melalui cara mukasyafah (membuka tirai gaib), ilham dsbnya....
justru mukasyafah dll adalah BUKAN TUJUAN utama dari tasawuf..
apa yang menjadi awal perjalanan mencari tuhan itulah akhir dari segala tujuan..



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Tue Mar 25, 2014 2:53 pm

abu hanan wrote:mbdee..
terkait konsep "manusia adalah ciptaan terbaik" >>> konsep ini datang dari kenyataan bahwa manusia memang ciptaan yang paling sempurna diantara mahluk/ciptaan lainnya (hewan, tumbuhan, benda alam)

manusia diberi akal dan budi ... sementara ciptaan lainnya tidak ...
ini adalah relatif..
meletakkan manusia dengan diluar manusia adalah suatu kekeliruan bila tidak disertai "dimensi"..
binatang-tumbuhan-malaikat-jin,keempatnyah memiliki tanggung jawab sendiri..keempatnyah juga berada di dunia mereka sendiri..dalam hal yang bugimanah,kita dapat berkata "manusia lebih tinggi karena berakal budi?"..

Hmmm iya juga sih ...

tapi berangkat dari statement ini

mbah abu wrote:adalah SALAH jika dia berangkat dari konsep "manusia adalah ciptaan terbaik"

bukankah artinya disini : manusia SALAH jika ia merasa dia adalah ciptaan terbaik (karena berakal budi)
memang apalagi mbah kesombongan manusia "merasa dirinya adalah ciptaan terbaik ... selain karena manusia diberi akal budi (terkait hewan dan tumbuhan)

tapi mungkin karena mbah abu memasukkan malaikat dan jin ... maka
kesombongan ini didapat karena Allah meninggikan manusia dengan memerintahkan malaikat dan jin untuk sujud pada Adam

Akhirnya manusia SALAH ini merasa bahwa dia adalah ciptaan terbaik ... sudah diberi akal budi ... ciptaan yang lainpun disuruh sujud

gitu ga mbah ??

 piss 

mbah abu wrote:

Allah mempunyai ketetapan, hukum dan aturan yang harus dijalankan ...
Jadi ... Allah memberi kesempurnaan (akal dan budi) pada manusia justru untuk menjalankan perintah Nya ... atau .... dengan akal dan budi manusia diwajibkan menjalankan aturan dan hukum2 yang sudah ditetapkan
iyes..gak ada yang salah disitu..tetapi juga harus diingat ketika singa memakan rumput berbumbu rendang,apakah itu berarti singa tidak menjalankan aturan allah?apakah ada pelanggaran yang dilakukan singa ketika ia meneruskan keturunan dengan memacari jerapah?

kan singa tidak berakal dan berbudi ...

artinya singa memang tidak diberi kewajiban untuk menjalankan ketetapan Allah ...
artinya singa (yang tanpa akal budi ini) tidak diberi kuasa untuk menjalankan A atau B ... tidak diberi kuasa untuk memilih antara A atau B

apa yang dilakukan singa adalah ketetapan Allah itu sendiri ...
dengan segala rahasia Allah ...
kita jelas tidak tau apa yang jadi penyebab singa meneruskan keturunan dengan jerapah ...

tapi yang pasti ...

singa itu sendiri tidak bisa berbuat apa2 ketika dia harus berbuat demikian ...
sementara manusia bisa berbuat apa2

hmmm ... gitu ga sih ??

kesimpulannya :
manusia menjadi sombong karena dengan akal budinya dia mempunyai free-choice ...
sementara hewan dan tumbuhan atau malaikat dan jin tidak mempunyai free-choice itu

(eh bener ga sih jin ga punya free choice ??)

 piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Thu Mar 27, 2014 1:42 pm

mbdee..
ini dulu ajah..
malaikat dan jin kalo gak ada free choice,lalu hikmah di balik perintah hormat grak pada nabi adam nih gimana?
malaikat patuhi dan hormat grak..
lha iblis (jin) bisa menolak : no way grak..

pertanyaan malaikat : mengapa akan ada makhluk yang menumpahkan darah di bumi?mengapa bukan kami yang diangkat khalifah?

so,ada hubungan apa antara pertanyaan malaikat dengan manusia sebagai makhluk terbaik (ciptaan)?


*gitu gak yah?
qiqiqi


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Mon Mar 31, 2014 3:07 pm

abu hanan wrote:mbdee..
ini dulu ajah..
malaikat dan jin kalo gak ada free choice,lalu hikmah di balik perintah hormat grak pada nabi adam nih gimana?
malaikat patuhi dan hormat grak..
lha iblis (jin) bisa menolak : no way grak..

pertanyaan malaikat : mengapa akan ada makhluk yang menumpahkan darah di bumi?mengapa bukan kami yang diangkat khalifah?

so,ada hubungan apa antara pertanyaan malaikat dengan manusia sebagai makhluk terbaik (ciptaan)?


*gitu gak yah?
qiqiqi

kakakakakaka

iya yah ... jin dan malaikat punya free-choice >>> saya yang salah ...

oke ulang
sesuai clue yang diberikan si mbah ... mari kita mulai dari Al-Baqarah : 30

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".

Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!"

Mereka menjawab: "Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana". (QS 2:31-32)

Intinya ... disini Allah memberikan status khalifah bagi manusia bukan karena manusia lebih hebat dari ciptaan lainnya ... tapi karena memang Allah maunya demikian .... (ibaratnya : suka2 Allah mau nunjuk ciptaan manapun sebagai khalifah)

Allah berfirman: "Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini". Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: "Bukankah sudah Ku-katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?"(QS 2:33)

Dari sini Allah menyatakan bahwa siapapun (ciptaan manapun) tak akan punya kemampuan atau ilmu apapun tanpa pemberian dari Allah ... artinya bila Allah menghendaki pengetahuan itu diberikan pada ikan mas koki pun ... manusia dan ciptaan lainnya tetap tidak bisa berbuat apa2

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.(QS 2:34)

Kesalahan iblis tidak mau sujud pada Adam bukan karena iblis tidak mau mengakui Adam lebih hebat ... tapi lebih karena iblis ga mau nurut dengan Allah ....


Maksudnya : Bila Allah sudah jelas adalah sumber dari SEGALA HAL DI ALAM SEMESTA INI (dilihat dari dimensi dan dunia manapun) ... sudah tidak perlu lagi sebuah/seorang ciptaan mengatakan tidak pada perintah Allah dengan segala gengsi2, kompromi2, dan ego2 mereka

Lalu manusia diberi ujian .... sanggup ga sih nih mahluk nurut perintah Allah .... untuk mengujinya maka diberikanlah akal budi itu ...
dan setelah serah terima akal budi ini lah manusia masuk dalam proses ujian nasional .... ga pinter ada hukumannya .... pinter ada hadiahnya ....

begitu ga yah ??

 piss  piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Wed Apr 02, 2014 11:00 am

the m..
nah dulu nih saya sering
tanya dalam hati : "kalau saya tak tercipta sekarang ini saya ada dimana, sedang
apa?" << kan lucu tuh pertanyaan
ini pertanyaan yang salah..mengandaikan sesuatu berdasarkan sesuatu yang tidak diketahui..
sedangkan berpendapat/berpikir tentang sesuatu yang tidak diketahui merupakan penyimpangan awal dari metode sufi..sufi bergerak berdasarkan realita,fakta bahkan mungkin didukung data..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by mystery on Thu Apr 03, 2014 1:21 pm

abu hanan wrote:the m..
nah dulu nih saya sering
tanya dalam hati : "kalau saya tak tercipta sekarang ini saya ada dimana, sedang
apa?" << kan lucu tuh pertanyaan
ini pertanyaan yang salah..mengandaikan sesuatu berdasarkan sesuatu yang tidak diketahui..
sedangkan berpendapat/berpikir tentang sesuatu yang tidak diketahui merupakan penyimpangan awal dari metode sufi..sufi bergerak berdasarkan realita,fakta bahkan mungkin didukung data..

iya memang benar pertanyaan itu pengandaian dan dulu, pada waktu itu saya sedang diam (bengong) kemudian bertanya kenapa saya harus tercipta jadi saya bukan dia dan disini bukan disana, terlahir di rahim a bukan rahim b, ditahun a kenapa bukan tahun b, dsb. Dan pertanyaan itu akhirnya mengerucut menjadi saya ini siapa? kenapa saya ada disini? untuk apa sih semua ini ada? pasti ada tujuannya.. (cerita jaman sma dan sama sekali belum mengenal tasawuf)

saya meneyelipkan pertanyaan itu karena memang itu pengalaman saya sendiri, setelah muncul banyak pertanyaan maka saya dapat dengan mudah memahami bahwa saya ini hanya ciptaan, tak mampu untuk berkehendak apapun. Jika pengaindaian seperti itu salah maka saya rela untuk "deleted by sayah"  
piss 
********************************************************************************************************************************************************************************
berbicara awal metode sufi, mungkin mbah bisa dijelaskan bagaimana seharusnya muslim mengawali dunia tasawuf (basic)? sekalian yang pemirsa lainnya bisa menambahkan pengertian tasawuf (etimologi, terminologi, dll), mengingat (seingat saya) di post sebelumnya belum dikupas, kalau ternyata sudah ya mohon "sadarkan" saya
piss   
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Sun Apr 13, 2014 7:31 am

kasyaf dan kekeramatan adalah efek dari sebuah perjalanan batin (sufisme)..kesalahan nan fatal ketika seseorang menempatkan kasyaf dan keramat sebagai tujuan dalam tasawuf..seseorang dengan satu kelebihan seperti berjalan di atas air bukanlah indikator bahwa dia adalah orang yang dekat dengan allah karena siapapun dapat melakukan perbuatan ajibun..

mengawali perjalanan ini adalah relatif..allah dapat memaksa seseorang yang tadinyah gak peduli dengan agama melalui berbagai musibah dan musibah2 itu menjadikannyah terdiam,berpikir lalu berbenah..kadang allah menggerakkan seseorang melalui inspirasi perbuatan orang lain..dan diatas semua relatifitas,mengingat allah sebanyak mungkin adalah suatu kepastian..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Tue Apr 29, 2014 9:14 am

abu hanan wrote:kasyaf dan kekeramatan adalah efek dari sebuah perjalanan batin (sufisme)..kesalahan nan fatal ketika seseorang menempatkan kasyaf dan keramat sebagai tujuan dalam tasawuf..seseorang dengan satu kelebihan seperti berjalan di atas air bukanlah indikator bahwa dia adalah orang yang dekat dengan allah karena siapapun dapat melakukan perbuatan ajibun..

mengawali perjalanan ini adalah relatif..allah dapat memaksa seseorang yang tadinyah gak peduli dengan agama melalui berbagai musibah dan musibah2 itu menjadikannyah terdiam,berpikir lalu berbenah..kadang allah menggerakkan seseorang melalui inspirasi perbuatan orang lain..dan diatas semua relatifitas,mengingat allah sebanyak mungkin adalah suatu kepastian..

Hmmm bisa ga mbah saya bilang bahwa "kepekaan" lebih dekat dengan sufisme dibanding "ilmu" itu sendiri
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Wed Apr 30, 2014 12:33 am

dee-nee wrote:

Hmmm bisa ga mbah saya bilang bahwa "kepekaan" lebih dekat dengan sufisme dibanding "ilmu" itu sendiri
gak tau mbdee..karena sayah gak paham dengan pertanyaan itu..
hehe..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Wed Apr 30, 2014 9:18 am

abu hanan wrote:
dee-nee wrote:

Hmmm bisa ga mbah saya bilang bahwa "kepekaan" lebih dekat dengan sufisme dibanding "ilmu" itu sendiri
gak tau mbdee..karena sayah gak paham dengan pertanyaan itu..
hehe..

hihihihihihihi .... maksudnya gini

mbah abu wrote:mengawali perjalanan ini adalah relatif..allah dapat memaksa seseorang yang tadinyah gak peduli dengan agama melalui berbagai musibah dan musibah2 itu menjadikannyah terdiam,berpikir lalu berbenah..kadang allah menggerakkan seseorang melalui inspirasi perbuatan orang lain..dan diatas semua relatifitas,mengingat allah sebanyak mungkin adalah suatu kepastian..

yang bold ... maksud saya ... terdapat banyak "tanda" yang diberikan Allah untuk menjadikan kita manusia yang lebih baik ... tapi kadang kepekaan diri kita sendiri terhadap "tanda" itu yang menjadikan manusia ga nyadar2 .... (ga terdiam, ga berpikir, ga berbenah - merah)

mbah abu wrote:kasyaf dan kekeramatan adalah efek dari sebuah perjalanan batin (sufisme)..kesalahan nan fatal ketika seseorang menempatkan kasyaf dan keramat sebagai tujuan dalam tasawuf..seseorang dengan satu kelebihan seperti berjalan di atas air bukanlah indikator bahwa dia adalah orang yang dekat dengan allah karena siapapun dapat melakukan perbuatan ajibun..

orang banyak yang "ngilmu" untuk mencari kekeramatan itu sendiri ... dengan tujuan untuk mendapatkan "ilmu" spiritual yang lebih tinggi ...

maksud pertanyaan saya ...

tinggi rendahnya nilai2 spiritual manusia (sufisme) ... dipengaruhi oleh seberapa peka manusia tersebut terhadap lingkungan dan hidup nya ... dibanding pengaruh dari ilmu2 kekeramatan itu tadi (kebal tusukan, jago makan beling, jago komunikasi dengan mahluk gaib, dsb)

hahahahahahahahaha .... saya mau sok2an berbahasa sufi malah mbah abu ga ngerti ... lah saya aja ga ngerti gimana caranya berbahasa ala sufi .... yo wes pake bahasa LI aja

 piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Thu May 01, 2014 10:36 pm

mbdee..

terdapat banyak "tanda" yang diberikan Allah untuk menjadikan kita manusia yang lebih baik ... tapi kadang kepekaan diri kita sendiri terhadap "tanda" itu yang menjadikan manusia ga nyadar2 .... (ga terdiam, ga berpikir, ga berbenah - merah)
kepekaan ini,apakah datang secara tiba2 atowkah melalui proses?
ehmm 

tinggi rendahnya nilai2 spiritual manusia (sufisme) ... dipengaruhi oleh seberapa peka manusia tersebut terhadap lingkungan dan hidup nya ... dibanding pengaruh dari ilmu2 kekeramatan itu tadi (kebal tusukan, jago makan beling, jago komunikasi dengan mahluk gaib, dsb)
hemmm..sekarang kita bedakan..atow kita mulai bahwa term "ilmu" dalam sufisme adalah "pengetahuan untuk mendekatkan diri"..sedangkan "kebal tusuk dan kebal peluru dll" adalah keramat..

deal?
gak deal pun,sayah tetap bedakan kok..
 usil 


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Tue May 06, 2014 3:52 pm

abu hanan wrote:mbdee..

terdapat banyak "tanda" yang diberikan Allah untuk menjadikan kita manusia yang lebih baik ... tapi kadang kepekaan diri kita sendiri terhadap "tanda" itu yang menjadikan manusia ga nyadar2 .... (ga terdiam, ga berpikir, ga berbenah - merah)
kepekaan ini,apakah datang secara tiba2 atowkah melalui proses?
ehmm 

melalui proses mbah ... mungkin saya sebut proses belajar ... makanya manusia diberi akal dan nurani itu tadi

abu hanan wrote:

tinggi rendahnya nilai2 spiritual manusia (sufisme) ... dipengaruhi oleh seberapa peka manusia tersebut terhadap lingkungan dan hidup nya ... dibanding pengaruh dari ilmu2 kekeramatan itu tadi (kebal tusukan, jago makan beling, jago komunikasi dengan mahluk gaib, dsb)
hemmm..sekarang kita bedakan..atow kita mulai bahwa term "ilmu" dalam sufisme adalah "pengetahuan untuk mendekatkan diri"..sedangkan "kebal tusuk dan kebal peluru dll" adalah keramat..

deal?
gak deal pun,sayah tetap bedakan kok..
 usil 

bukan bukan ... saya tetap deal dengan mbah abu ... tapi maksud saya bukan ilmu seperti itu ...
ilmu dalam sufisme adalah "pengetahuan untuk mendekatkan diri" >>> yang ini setuju
dan saya deal memang berbeda ...

tapi kekeramatan itu sendiri kan orang bilang ada "ilmunya" ...
jadi ilmu yang saya maksud di bold atas adalah ilmu untuk mempelajari kekeramatan

disini saya hanya nyambung diskusi antara mbah abu dengan bung mys

mbah abu wrote:kasyaf dan kekeramatan adalah efek dari sebuah perjalanan batin (sufisme)..kesalahan nan fatal ketika seseorang menempatkan kasyaf dan keramat sebagai tujuan dalam tasawuf..seseorang dengan satu kelebihan seperti berjalan di atas air bukanlah indikator bahwa dia adalah orang yang dekat dengan allah karena siapapun dapat melakukan perbuatan ajibun..

maksud pertanyaan saya ... kan ceritanya ada individu nih (misal A) ... dia ingin mendekatkan diri dengan Allah ... lalu dia mempelajari ilmu2 kekeramatan itu (tahan tusukan dsb) >>> menurut mbah abu yang seperti ini tidak bisa disebut sudah mencapai tujuan tasawuf kan ...

maka kemudian saya tanya ...

dee-nee wrote:Hmmm bisa ga mbah saya bilang bahwa "kepekaan" lebih dekat dengan sufisme dibanding "ilmu" itu sendiri

maksud saya ... bisa ga mbah bila saya berpendapat ... kepekaan terhadap tanda2 Allah (diteruskan menjadi pengetahuan untuk mendekatkan diri melalui proses belajar dengan akal dan nurani) ... jauh lebih dekat dengan suifsme ... dibanding mempelajari ilmu2 kekeramatan itu sendiri

 piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Wed May 07, 2014 12:06 am

mbdee..

melalui proses mbah ... mungkin saya sebut proses belajar ... makanya manusia diberi akal dan nurani itu tadi
lha bingung sayah.. katanyah kemarin ;
tapi kadang kepekaan diri kita sendiri terhadap "tanda" itu yang menjadikan manusia ga nyadar2
kepekaan datang dari proses trus pake acara “gak sadar”..nih gimana korelasinyah bu?

tapi kekeramatan itu sendiri kan orang bilang ada "ilmunya" ...
jadi ilmu yang saya maksud di bold atas adalah ilmu untuk mempelajari kekeramatan
mangkah itu..kalow bicara sufisme makah semuwah ilmu adalah pengetahuan tentang metode mendekatkan diri..jadi kalow dihantam kromo “ada ilmunyah” itu ada di klenik dan gunung kelud..kamsutnyah orang itu adalah bahwa semua itu ada proses sebab akibat dan itu (mencapai keramat) sendiri ada yang instan dan ada yang dimasak dulu..tetapi di sufisme,keramat itu efek samping seperti tanam padi dapat rumput..cari hiu dapat basah..dan gak sedikit orang2 sufi yang justru menolak keramat..
kan ceritanya ada individu nih (misal A) ... dia ingin mendekatkan diri dengan Allah ... lalu dia mempelajari ilmu2 kekeramatan itu (tahan tusukan dsb) >>> menurut mbah abu yang seperti ini tidak bisa disebut sudah mencapai tujuan tasawuf kan ...
iyes..

bisa ga mbah bila saya berpendapat
gak bisa
 usil 

kepekaan terhadap tanda2 Allah (diteruskan menjadi pengetahuan untuk mendekatkan diri melalui proses belajar dengan akal dan nurani) ...
iyah..tapi dijabarkan dulu antara proses belajar dengan kepekaan..

jauh lebih dekat dengan suifsme ...
pilot metromini manafun di muka bumi pasti pusing kalow ada “jauh lebih dekat = rp 2000”..
wong JAUH kok LEBIH DEKAT..
 ketiwi 

dibanding mempelajari ilmu2 kekeramatan itu sendiri
nanti kita akan ke sonoh..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Wed May 07, 2014 8:09 am

abu hanan wrote:mbdee..
melalui proses mbah ... mungkin saya sebut proses belajar ... makanya manusia diberi akal dan nurani itu tadi
lha bingung sayah.. katanyah kemarin ;
tapi kadang kepekaan diri kita sendiri terhadap "tanda" itu yang menjadikan manusia ga nyadar2
kepekaan datang dari proses trus pake acara “gak sadar”..nih gimana korelasinyah bu?

hehehehehe maksud saya ... menjadi sadar atau tidak sadar ... datangnya lebih karena kepekaan terhadap tanda2 Allah ... bukan dengan cara "ngilmu" kekeramatan

tergantung pada bagaimana kepekaan si manusia terhadap tanda2 Allah ... maka bisa dilihat apakah manusia tsbt  bisa belajar atau tidak (bisa melalui proses diatas atau tidak)

ya ... saya yang ga jelas nulis di italic ... harusnya tapi kadang ketidak pekaan diri kita sendiri terhadap "tanda" itu yang menjadikan manusia ga nyadar2

 piss  piss 

abu hanan wrote:
tapi kekeramatan itu sendiri kan orang bilang ada "ilmunya" ...
jadi ilmu yang saya maksud di bold atas adalah ilmu untuk mempelajari kekeramatan
mangkah itu..kalow bicara sufisme makah semuwah ilmu adalah pengetahuan tentang metode mendekatkan diri..jadi kalow dihantam kromo “ada ilmunyah” itu ada di klenik dan gunung kelud..kamsutnyah orang itu adalah bahwa semua itu ada proses sebab akibat dan itu (mencapai keramat) sendiri ada yang instan dan ada yang dimasak dulu..tetapi di sufisme,keramat itu efek samping seperti tanam padi dapat rumput..cari hiu dapat basah..dan gak sedikit orang2 sufi yang justru menolak keramat..

kita deal seperti mbah abu sebut ya : ilmu = "pengetahuan untuk mendekatkan diri" ... keramat = kebal segala macam

artinya ...
tidak semua orang yang tinggi ilmu sufi-nya menguasai hal2 yang bersifat keramat
tidak semua orang yang menguasai hal2 yang bersifat keramat pasti tinggi ilmu sufi-nya

begitu mbah ??

abu hanan wrote:
kan ceritanya ada individu nih (misal A) ... dia ingin mendekatkan diri dengan Allah ... lalu dia mempelajari ilmu2 kekeramatan itu (tahan tusukan dsb) >>> menurut mbah abu yang seperti ini tidak bisa disebut sudah mencapai tujuan tasawuf kan ...
iyes..

sip

abu hanan wrote:

bisa ga mbah bila saya berpendapat
gak bisa
 usil 

hihihihihihi

abu hanan wrote:
kepekaan terhadap tanda2 Allah (diteruskan menjadi pengetahuan untuk mendekatkan diri melalui proses belajar dengan akal dan nurani) ...
iyah..tapi dijabarkan dulu antara proses belajar dengan kepekaan..

peka dulu trus dia belajar ...

 piss  piss 

abu hanan wrote:

jauh lebih dekat dengan suifsme ...
pilot metromini manafun di muka bumi pasti pusing kalow ada “jauh lebih dekat = rp 2000”..
wong JAUH kok LEBIH DEKAT..
 ketiwi 

ah mbah abu ...

jauh lebih dekat ... jauh lebih sempurna ... jauh lebih baik

gitu loh mbah maksud saya

 sedih  sedih 

abu hanan wrote:

dibanding mempelajari ilmu2 kekeramatan itu sendiri
nanti kita akan ke sonoh..

jangan ditinggal ya mbah ... ajak2 loh

 piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Fri May 09, 2014 11:49 pm

tidak semua orang yang tinggi ilmu sufi-nya menguasai hal2 yang bersifat keramat
tidak semua orang yang menguasai hal2 yang bersifat keramat pasti tinggi ilmu sufi-nya

begitu mbah ??
sayah pikir tema keramat ini bisa dijadikan star pembahasan setelah ngobras kesana kemari..

wokeh..

keramat..kata kunci yang sering dipahami secara keliru oleh banyak orang..bukanlah jaminan keshalehan atow jaminan tingkat iman nan tinggi yang menjadi ukuran ketika orang dapat berjalan menunggang angin,melintasi bumi dalam sekejap mata dll..
kekeramatan ini ibarat pedang..yang apabila salah dalam menggunakan akan berakhir di pengadilan criminal..satu sisi,kekeramatan adalah jalan alternative untuk memahami sifat yang wajib dimiliki tuhan ;
qudrat
iradat
ilmu
qiyamuhu binafsihi

dari sisi lain,kekeramatan adalah batu uji bahwa mungkin seseorang dapat memperoleh kekeramatan tetapi gagal menahan diri dari penyakit hati seperti sombong, riya, ujub dan sebagainya..dan dalam kegagalan ini,dikatakan ; nikmat tuhan yang mana yang engkau dustakan?

ketika seseorang mengawali perjalanan dalam dzikir dengan bertujuan mencari keramat maka selamanyah dia tidak akan sampe di depan allah..sayah gak bicara “kecuali allah menghendaki lain”..orang tersebut berangkat dengan bekal yang salah meskipun bugituh dia juga berhak mendapat keramat/karomah (dalam hal BERHAK inipun bersifat TERSERAH ALLAH,mau kasi atow tidak)..

ada iklan?sebelum lanjut..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Sat May 10, 2014 3:18 am

ga ada iklan mbah ... silahkan lanjut

 2 good 
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by mystery on Sun May 11, 2014 11:52 am

abu hanan wrote:
keramat..kata kunci yang sering dipahami secara keliru oleh banyak orang..bukanlah jaminan keshalehan atow jaminan tingkat iman nan tinggi yang menjadi ukuran ketika orang dapat berjalan menunggang angin,melintasi bumi dalam sekejap mata dll..

ketika seseorang mengawali perjalanan dalam dzikir dengan bertujuan mencari keramat maka selamanyah dia tidak akan sampe di depan allah

sedikit OOT mbah, apakah berarti diluar islampun manusia bisa mendapatkan kekeramatan?  piss


Terakhir diubah oleh mystery tanggal Fri May 16, 2014 5:13 pm, total 2 kali diubah
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Fri May 16, 2014 9:04 am

iyes..pertanyaan good..
mesti dipahami bahwa kekeramatan itu adalah akibat dari sebab..ini seperti bahwa kafirin pun berhak menjadi kaya-pinter-berkuasa bila ada proses yang menyertai..bugitu pula keramat..allah akan memberi kepada siapa pun yang dikehendaki..seperti kebal bacok..ini ada proses dan kepada orang yang rela berproses maka akan ada reward..bedanyah ada di "kemana akan berakhir"..

artinyah penyucian hati/jiwa (tazkiatun nafs ) seperti dilarang es mosi dsb pun akan dilakukan oleh kafirin dan dalam proses ini juga ada semacam dzikir/mantra/doa..dan apa yang dibaca inilah indikator "akhir sebuah tujuan"..
semoga sayah bisa beri contoh mantra/doa yang relevan..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by mystery on Sun May 18, 2014 12:43 pm

sebelum kasih contoh dzikir/mantra/doa, apa yang dimaksud (keramat) jalan alternatif untuk memahami sifat yang wajib dimiliki tuhan ;
qudrat
iradat
ilmu
qiyamuhu binafsihi

meskipun ini jalan alternatif, bolehlah sedikit dijelaskan mbah? banyak juga boleh dan per poin lebih asik kayaknya..

Keramat untuk memahami Qudrat
Keramat untuk memahami Iradat..dst


piss 
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Mon May 19, 2014 5:49 am

mbdee..
ternyata ada iklan yah?hahaha..
silahkeun mbdee jabarkan karena sayah pikir mbdee uda paham kamsut dari jalan alternatif..

hihihi..
karena nasi salah makan..
salah sendiri bilang gak ada iklan..
wkwkwk..



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Mon May 19, 2014 12:44 pm

abu hanan wrote:mbdee..
ternyata ada iklan yah?hahaha..
silahkeun mbdee jabarkan karena sayah pikir mbdee uda paham kamsut dari jalan alternatif..

hihihi..
karena nasi salah makan..
salah sendiri bilang gak ada iklan..
wkwkwk..


ya kan iklannya bukan dari saya mbah ... hahahahaha

ya maap maap ... harusnya saya lebih sabar

 piss 

bung mys wrote:apa yang dimaksud (keramat) jalan alternatif untuk memahami sifat yang wajib dimiliki tuhan ;
qudrat
iradat
ilmu
qiyamuhu binafsihi

hmmm gimana ya ... kalau menurut saya (ntah bener ntah salah) >>> tolong koreksi

 piss  piss 

misalnya ada orang yang mempelajari hal-hal gaib ... ada orang yang bisa melihat mahluk2 astral (bahasa jaman sekarang) ... ada yang punya sixth sense ... ada yang bisa meramal masa depan .... ada yang bisa melihat kejadian masa lalu .... ada yang disebut anak indigo

apakah semua itu karena ada buku yang dia pelajari/kuasai atau datang dari lahir ... semua ini bisa disebut kekeramatan ....

dan kekeramatan diatas ini akan menjadi jalan alternative (jalan tercepat atau jalan pintas) bahwa memang Allah itu Maha Kuasa, Maha Berkehendak, Maha Mengetahui, dan Berdiri Sendiri

kekeramatan itu adalah tanda2 dari Allah ....

bahwa ...

segala kekeramatan itu datang karena Kuasa dan Kehendak Allah ...

bahwa kekeramatan itu datangnya karena Allah Maha Tau akan jadi apa si oknum (manusia ini). Allah memberikan kekeramatan itu sebagai batu uji akan dibawa kemana hubungan kita (hehehehehe)

maksudnya akan dibawa kemana kekeramatan itu oleh si manusia ... akan dibawa menjadi kesombongan cs.

mbah abu wrote:
dari sisi lain,kekeramatan adalah batu uji bahwa mungkin seseorang dapat memperoleh kekeramatan tetapi gagal menahan diri dari penyakit hati seperti sombong, riya, ujub dan sebagainya..dan dalam kegagalan ini,dikatakan ; nikmat tuhan yang mana yang engkau dustakan?

atau akan dibawa untuk semakin mendekatkan diri dengan Allah

gimana pendekatan diri itu contohnya ... peka, sadar diri, mensucikan hati, semakin merendahkan diri dihadapan Allah .. mengakui bahwa manusia tidak lebih dari ikan mas koki (hahhahahaha balik lagi)

 ketiwi  ketiwi 

Hingga pada akhirnya ... menyadari bahwa Allah adalah Qiyamuhu Binafsihi (Berdiri Sendiri)

yang artinya : manusia tidak lain dan bukan memang tidak lebih baik dari ikan mas koki ... bahwa Allah lah yang menentukan semuanya ...

bahwa Allah Berdiri Sendiri tanpa ada hubungan transaksional ataupun koalisi2an dengan partai politik tertentu

 piss 


ps: maaf kalau tulisan saya rada ga serius ... lagi gokil (kalau kata mbah abu)
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik