FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Sufisme vs Anti Sufisme

Halaman 4 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Muslim-Zone Sufisme vs Anti Sufisme

Post by mystery on Mon Feb 24, 2014 4:45 pm

First topic message reminder :

Assalamu'alaykum para sahabat LI

karena di mesin pencari banyak artikel pro kontra sufisme, jadi saya ingin mendapatkan jawabannya disini.

Tasawuf (Tasawwuf) atau Sufisme (bahasa Arab: تصوف , ) adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memperoleh kebahagian yang abadi. (by Wikipedia)

bagaimana sufisme bisa dikatakan sesat vs kebalikannya?
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down


Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by mystery on Mon May 19, 2014 11:04 pm

@mba dee
Bentar mba dee balesnya..utang dulu..hehe  piss 

@mba abu & @mba dee

Kita fokuskan  dulu aja nih maksud dari jalan alternatif itu apa?jalan lain selain jalan utama atau jalan cepat (pintas)? Karena gak semua orang mendapatkan kekeramatan (karomah).

Sebelumnya saya nanya ke mbah abu, "apakah kekeramatan ini bisa didapatkan oleh kafirin ?" dan mbah abu jawab iyes, nah disini nih saya masih belum ngerti apa yg didapat kafirin ini karomah ataukah sihir/istidraj dan fokus pembahasan kita enaknya gimana yah? lingkup islam (sufisme) atau sekalian babat kafirin juga..


 piss
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Tue May 20, 2014 8:21 am

@bung mys

saya nunggu dan sekalian nyimak mbah abu dulu deh
tapi yang ini

bung mys wrote:jalan lain selain jalan utama atau jalan cepat (pintas)?

maksud saya sih jalan lain selain jalan utama yang diambil supaya cepat (dan pintas) sampai tujuan

ga tau deh benar atau salah ...

 ketiwi  ketiwi 

-----------

trus mengenai utang ... ga usah dibayar dong ... lupain aja
ga penting juga menurut saya ... dulu kan saya juga punya utang
anggap aja impas ya ...

 piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Mon Jun 02, 2014 6:18 pm

hahaha..bingung deh mulai darimana..
karomah vs sihir?
gimana posisi yang akan digunakan untuk membedakan keduanyah?
jika bicara sihir/karomah secara khusus,boleh jadi tujuan trit akan menyimpang..

mana yang kita tempuh?
kelainan trit atow menuju anti sufi?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by mystery on Sat Jun 21, 2014 12:38 pm

mba dee wrote:maksud saya sih jalan lain selain jalan utama yang diambil supaya cepat (dan pintas) sampai tujuan

ga tau deh benar atau salah ...

bahasa gawlnya shortcut yah?
ya bisa dikatakan kekeramatan adalah sebuah shortcut untuk mengenal sifat Allah tapi tidak bisa menjamin bahwa yang diberi lebih bertaqwa kepada-Nya, bahkan kafirpun dapat mendapatkan keluarbiasaan itu entah itu dari sesatu yang dipelajari atau alamiah.

Saya percaya mukjizat, keramat, sihir, dlsb itu adalah sunatullah keramat dan yang lainnya ini memang menarik untuk dibicarakan tetapi akan menjadi ngawur jika kita sendiri blom pernah mengalami tetapi sudah bisa berbicara tentang keramat, menurut saya itu hanya suatu pemahaman dari hasil menerka-nerka/mengira-ira.

Alhamdulillah saya paham dengan apa yang mba dee sampaikan dan saya harap mba dee jujur, susah engga menjelaskan sesuatu yang belum pernah kita sendiri mengalaminya?

jadi memang benar kata mba dee, kita tunggu aja kakek kita mbah abu..wkwk :p


mba dee wrote:trus mengenai utang ... ga usah dibayar dong ... lupain aja
ga penting juga menurut saya ... dulu kan saya juga punya utang
anggap aja impas ya ...

beneran impas nih, seneng deh kl begini caranya  ketiwi 
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by mystery on Sat Jun 21, 2014 1:19 pm

abu hanan wrote:hahaha..bingung deh mulai darimana..
karomah vs sihir?
gimana posisi yang akan digunakan untuk membedakan keduanyah?
jika bicara sihir/karomah secara khusus,boleh jadi tujuan trit akan menyimpang..

mana yang kita tempuh?
kelainan trit atow menuju anti sufi?

mungkin dari definisi dulu mbah, karomah vs sihir apakah keduanya sama? ini untuk menghindari salah persepsi misal ada orang mengatakan :
"waw, orang itu memiliki karomah". padahal sejatinya sihir.
ya walaupun tujuan akhir sufi adalah bukan karomah kan boleh sedikit dibahas dan itu gak harus pembahasan khusus.

 TKP
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Sun Jun 22, 2014 2:52 am

mystery wrote:bahasa gawlnya shortcut yah?
ya bisa dikatakan kekeramatan adalah sebuah shortcut untuk mengenal sifat Allah tapi tidak bisa menjamin bahwa yang diberi lebih bertaqwa kepada-Nya, bahkan kafirpun dapat mendapatkan keluarbiasaan itu entah itu dari sesatu yang dipelajari atau alamiah.

Saya percaya mukjizat, keramat, sihir, dlsb itu adalah sunatullah keramat dan yang lainnya ini memang menarik untuk dibicarakan tetapi akan menjadi ngawur jika kita sendiri blom pernah mengalami tetapi sudah bisa berbicara tentang keramat, menurut saya itu hanya suatu pemahaman dari hasil menerka-nerka/mengira-ira.

Alhamdulillah saya paham dengan apa yang mba dee sampaikan dan saya harap mba dee jujur, susah engga menjelaskan sesuatu yang belum pernah kita sendiri mengalaminya?

jadi memang benar kata mba dee, kita tunggu aja kakek kita mbah abu..wkwk :p

bold : Iya .. memang hasil nebak dan ngira2 ... hahahahahaha ... makanya saya juga ga tau bener atau salah

 piss  piss 

btw .... nyampe di post ini ... artinya saya tidak tepat dengan uraian yang ini

dee-nee wrote:misalnya ada orang yang mempelajari hal-hal gaib ... ada orang yang bisa melihat mahluk2 astral (bahasa jaman sekarang) ... ada yang punya sixth sense ... ada yang bisa meramal masa depan .... ada yang bisa melihat kejadian masa lalu .... ada yang disebut anak indigo

yang saya sebut diatas ini ternyata bukan karomah ya ??

 piss  piss 

tunggu penjelasan mbah abu ....

mystery wrote:
mba dee wrote:trus mengenai utang ... ga usah dibayar dong ... lupain aja
ga penting juga menurut saya ... dulu kan saya juga punya utang
anggap aja impas ya ...

beneran impas nih, seneng deh kl begini caranya  ketiwi 

lah bukannya dah dibalas juga .... LOL

 ketiwi ketiwi
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Sun Jul 27, 2014 10:35 pm

sementara balasan dtunda..

dalam sufisme,pemberian maaf dan permintaan maaf adalah hasil yang diharapkan dari sejumlah latihan pengendalian hati..
adalah salah jika bermaafan bukan jalan/bagian dari sufisme..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Fri Oct 03, 2014 9:04 pm

karomah/keramat..
secara sederhana ini lahir dari suatu ketekunan menjalankan sesuatu dzikir ato lahiriah seperti sedekah dll..
adalah kesalahan besar jika mendalami sufisme dengan tujuan memperoleh keramat..keramat itu mudah digapai tetapi perpindahan makam/maqom/kedudukan hati adalah kemustahilan..seringkali orang berpikir/mengira telah berada di makam kyai/ulama.sedangkan lisan dan perbuatan menjauh dari apa yang sebenarnyah menjadi standard ulama..

hanya karena berduit,dirikan pondok,lalu digelari ulama..hanya karena anak seorang kyai lalu digelari kyai/ulama..
berapa banyak ulama yang justru menyesatkan umat oleh sebab tidak mendalami sufisme?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by Ibnu Sabil on Fri Oct 03, 2014 11:03 pm

Jika membaca dari awal tujuan sufi dan jalan menuju ke arahnya sudah cukup gamblang..
"Seseorang ingin mencapai tingkatan keimanan yang tinggi pastinya harus melalui sebuah jalan yaitu thoriqoh/tarekat...sebagai seorang awam apalagi baru mencicipi sufi tentunya si pembelajar(saya) akan merasakan ada perbedaan atow perubahan dalam diri. Contoh dari pemarah berkurang jadi sedikit sabar, perlahan namun pasti seiring seringnya melakukan dzikir lambat laun sifat pemarah yang keras akan melunak dengan sendirinya.
Yang masih mengganjal dan bikin penasaran... apakah hanya dengan duduk tepekur dan terus berdzikir bisa dijadikan acuan jika orang sudah menjalankan sufisme dengan benar?
Bisakah dijadikan tolak ukur atow dikatakan benar apabila didapatkan hasil mungkin salah satunya ya karomah itu...jika seseorang sudah sampai mendapat karomah artinya secara otomatis maqom sudah terangkat atau dimaqom tersendiri...kira2 mungkin seperti begitu wak...mohon dikoreksi jika ada yang salah dengan pendapat saya...
Lantas bagaimana jika si pembelajar tidak mendapatkan karomah? Apakah orang tsb bisa dikatakan gagal dalam sufinya?
Kira-kira bagaimana menurut pendapat wak abu?

Mencermati pernyataan wak abu yang ini
wak abu wrote: karomah/keramat..
secara sederhana ini lahir dari suatu ketekunan menjalankan sesuatu dzikir ato lahiriah seperti sedekah dll...
Saya harus amini...adakah hal mustahil tidak bisa dicapai jika dengan modal ketekunan ditambah ada perasaan berdosa jika lalai atau tidak dilaksanakan?
wak abu wrote:adalah kesalahan besar jika mendalami sufisme dengan tujuan memperoleh keramat..keramat itu mudah digapai tetapi perpindahan makam/maqom/kedudukan hati adalah kemustahilan..seringkali orang berpikir/mengira telah berada di makam kyai/ulama.sedangkan lisan dan perbuatan menjauh dari apa yang sebenarnyah menjadi standard ulama.
Tergantung kontek nawaitu diawalnya tho wak..
Buat apa mengharapkan jika tanpa diharap karomah itu bisa didapat atow datang dengan sendirinya.

Tolak ukur tingkat atow derajat atow maqom hanya Allah yang maha tahu...
Jika ada seseorang merasa maqom sdh diatas rata-rata saya anggap sombong dan menyalahi atow bahkan menyimpang dari tujuan sufi yang sebenarnya.
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Sat Oct 04, 2014 8:14 am

@arjuna sabil..
apakah hanya dengan
duduk tepekur dan terus berdzikir bisa
dijadikan acuan jika orang sudah
menjalankan sufisme dengan benar?

--» tidak..sufisme tidak dibatasi dan tidak dapat dibatasi dengan aktifitas terbatas..sebuah keberhasilan adalah jika sholat uda mampu cegah muslim dari potensi tindakan negatif..apalah arti sabar jika tidak teruji?bersila itu bertujuan untuk merenungi dan menghikmahi apa yang telah dan akan dilakukan..apalah arti ribuan dzikir jika kewajiban sosial diabaikan?seperti ibu yang terus menerus mengaji tapi anaknyah gak pernah mandi dan tak disapa..seperti bapa yang bersila sepanjang waktu tapi anaknyah gak sekolah..
sufisme adalah sebuah anjuran mendekati wajib dan kewajiban selaku pribadi tetap berlaku..ada tuntutan agar semuah berimbang dan proporsional..
----
Bisakah dijadikan tolak ukur atow
dikatakan benar apabila didapatkan
hasil mungkin salah satunya ya
karomah itu...jika seseorang sudah
sampai mendapat karomah artinya
secara otomatis maqom sudah
terangkat atau dimaqom
tersendiri...

--»tidak..karomah bukanlah indikator dia sukses di sufisme..karomah adalah prerogatif yang maha baik..mau kasi yah terima,gak dikasi yah terima..
karomah dan maqom adalah 2 hal yang tidak terikat dan terkait satu sama lain..
iblis,panjang usia tapi maqmnyah ada di maqom angkuh..



jempol dah keriting..itu dulu ajah..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by Ibnu Sabil on Sat Oct 04, 2014 3:23 pm

wak abu wrote:..sufisme tidak dibatasi dan tidak dapat dibatasi dengan aktifitas terbatas..sebuah keberhasilan adalah jika sholat uda mampu cegah muslim dari potensi tindakan negatif..apalah arti sabar jika tidak teruji?bersila itu bertujuan untuk merenungi dan menghikmahi apa yang telah dan akan dilakukan..apalah arti ribuan dzikir jika kewajiban sosial diabaikan?seperti ibu yang terus menerus mengaji tapi anaknyah gak pernah mandi dan tak disapa..seperti bapa yang bersila sepanjang waktu tapi anaknyah gak sekolah..
sufisme adalah sebuah anjuran mendekati wajib dan kewajiban selaku pribadi tetap berlaku..ada tuntutan agar semuah berimbang dan proporsional..
Dengan pernyataan wak diatas artinya seseorang masuk ranah sufi haruslah seimbang antara Allah dan manusia, bathin dan lahir. Lalu bagaimana apabila seseorang masuk ranah sufi meninggalkan keduniawian dan hanya mengingat Allah dan akhirat saja? Sementara disisi lain dia mempunyai tanggung jawab pada keluarga(istri dan anak) misalnya. Apakah ini dikatakan menyimpang?

Satu sisi dia ingin lebih dekat dengan Allah sedangkan disisi lain anak istrinya terbengkalai atow tersia-sia.

Untuk kalimat wak selanjutnya saya masih belum mudeng...terikat dan terkait(2 kata berbeda namun sama-sama ada hubungannya)...plus jari keriting jadinya nggantung...
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Sat Oct 04, 2014 5:55 pm

mas sabil..
Lalu bagaimana apabila seseorang masuk ranah sufi meninggalkan keduniawian dan hanya mengingat Allah dan akhirat saja?
Sementara disisi lain dia mempunyai tanggung jawab pada keluarga(istri dan anak) misalnya. Apakah ini dikatakan menyimpang?
kondisi itu tergantung keadaan murid..jika tanpa banting tulang ato mikir keras,dia uda berharta banyak maka kewajiban nafkah uda selesai..kewajiban moral tetap dijalankan seperti mendidik/membimbing..bugimana bisa si murid duduk di masjid tapi tak kasi tau bahwa mencuri itu haram?
nitip guru/ustadz?baiklah,apakah dengan pilihan itu dia bisa lepas tanggung jawab sebagai guru bagi keluarga?

tidak ada kepastian bahwa peningkatan maqom itu disertai karomah,dan tidak pula setiap karomah menunjukkan maqom..

iblis mempunyai karomah..berumur panjang tetapi maqom?meskipun sama2 mampu menembus batas cakrawala tetapi maqom iblis berbeda jauh dengan seorang imam syafii..
meskipun sama2 mampu berjalan diatas air,tetapi setan berbeda maqom dengan abu hanifah..
seorang guru dari imam al junaid pun tidak mempunyai kelebihan..padahal beliow adalah guru


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Mon Oct 06, 2014 9:09 am

and the mas sabil..
Lantas bagaimana jika si pembelajar tidak mendapatkan karomah? Apakah orang tsb bisa dikatakan gagal dalam sufinya? Kira-kira bagaimana menurut pendapat wak abu?
karomah bukanlah akhir dari sufisme dan karomah pun gak selalu menyertai sufisme..ketika seseorang tidak memiliki karomah,meskipun latihan jiwa uda berlangsung puluhan taun,maka tak dapat dikatakan gagal..justru ketika seseorang memperoleh karomah tapi ada arogansi ala duryudhana atow pelitisme ala qarun dll maka itulah puncak musibah..kegagalan dengan penyesalan melintasi batas..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by Murid on Sun Nov 02, 2014 9:29 pm

saya pikir karomah bukanlah hal yg menarik dari sufisme. ketertarikan itu hanya pada mereka2 yg diluar sufisme dan memandang kedalam sufism tsb. dan saya yakin itu bukan merupakan tradisi sufism

Murid
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 23
Kepercayaan : Lain-lain
Location : dontknow
Join date : 26.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Mon Nov 03, 2014 9:26 am

karomah dalam sufisme seperti tanaman liar yang tumbuh di kebun mangga..orang menanam pohon mangga dengan tujuan buah mangga itu sendiri tetapi bukankah hal yang lucu jika si orang justru memanen rumput liar dan sibuk dg tanaman liar hingga mangga terbengkalai?

di sisi lain..
karomah harus ditempatkan sebagai ujian..karena bugimanapun situasi hati yang dapat berubah tiap saat akan mengantarkan orang menuju kehancuran ketika dia bangga dengan karomah yang dimiliki..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by mystery on Thu Nov 06, 2014 9:41 am

(ask) apakah pawang hujan juga mempunyai karomah? karena bisa menunda hujan? padahal hujan adalah rahmat dari Allah tetapi mereka hentikan karena takut gagal panen?


avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Sun Nov 09, 2014 7:29 am

pawang hujan bukanlah suatu karomah..dapat dipelajari oleh siapa ajah..terlebih jika ada syarat/ritual tertentu dalam tindakan ini maka itu bukanlah karomah..tetapi jika seseorang mampu menghentikan hujan di saat hujan hanya dengan berkata2 biasa (bukan mantera atow doa khusus) maka itu dapat dikatakan karomah..
nyatanyah tidak ada pawang ujan yang mampu bawa hujan di musim kemarau..

contoh,seseorang pernah membawa hujan di kala ada hajatan besar,sedangkan disaat yang sama ada puluhan pawang yang bekerja untuk memindahkan hujan saat hajatan berlangsung..hujan lalu turun sekitar 10-15 menit..kemudian si orang berkata ; baiklah,cukup sudah airnyah..berhentilah atow pindah maka ikutilah perintah tuhanmu..

hujan berhenti dan langit pun terang..

ketika itu terjadi,manakah yang berkaromah?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by mystery on Tue Nov 11, 2014 12:42 pm

menurut saya, seseorang yang membawa hujan dengan izin dari Allah..

jadi karomah itu tidak bisa dipelajari, seperti seseorang yang ingin tangkap ikan dikedalaman akan dapat oleh-oleh basah.

tangkap ikan sebagai tujuan utama dan oleh-olehnya ikan dan basah.
kira-kira bener gak ya analoginya?
piss

dan kemampuan pawang hujan dkk bisa kita sebut apa mbah?

bagi saya sudah cukup jelas tentang karomah :
saya wrote:
- bukan tujuan akhir dari tasawuf
- pemberian dari Allah kepada manusia yang dikehendaki-Nya
- tidak bisa dipelajari
- untuk sufi sejati dianggap sebagai ujian, bahkan ada yang menolak  karomah

ada yang mau menambahkan?
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Tue Nov 11, 2014 8:17 pm

yah..analogi bisa diterima..keahlian pawang ujan mungkin lebih tepat disejajarkan dengan mata kuliah elektro..kalo gak kesetrum yah speaker bunyi..
setiap orang bisa pelajari dan pasti akan dapat hasilnyah..man jaddah wa jaddah..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by putramentari on Sat Feb 21, 2015 1:07 am

Imam Syafi'i rahimahullah : "Seandainya seorang menjadi sufi (bertasawwuf) di pagi hari, niscaya sebelum datang waktu Zhuhur, engkau tidak dapati dirinya, kecuali menjadi orang bodoh". (al-Manâqib lil Baihaqi 2/207) wrote:

kutipannya kurang lengkap, karena sebenarnya sebagai berikut :

Beliau juga menyatakan,”Aku tidak mengetahui seorang sufi yang berakal, kecuali ia seorang Muslim yang khawwas.” (Al Manaqib Al Imam As Syafi’i li Al Imam Al Baihaqi, 2/207)

Dalam hal ini, Imam Al Baihaqi menjelaskan,”Dan sesungguhnya yang dituju dengan perkataan itu adalah siapa yang masuk kepada ajaran sufi namun mencukupkan diri dengan sebutan daripada kandungannya, dan tulisan daripada hakikatnya, dan ia meninggalkan usaha dan membebankan kesusahannya kepada kaum Muslim, ia tidak perduli terhadap mereka serta tidak mengindahkan hak-hak mereka, dan tidak menyibukkan diri dengan ilmu dan ibadah, sebagaimana beliau sifatkan di kesempatan lain.” (Al Manaqib Al Imam As Syafi’i li Al Imam Al Baihaqi, 2/208)

Imam As Syafi’i juga menyatakan,”Seorang sufi tidak menjadi sufi hingga ada pada dirinya 4 perkara, malas, suka makan, suka tidur dan berlebih-lebihan.” (Al Manaqib Al Imam As Syafi’i li Al Imam Al Baihaqi, 2/207)

Imam Al Baihaqi menjelaskan maksud perkataan Imam As Syafi’i tersebut,”Sesungguhnya yang beliau ingin cela adalah siapa dari mereka yang memiliki sifat ini. Adapun siapa yang bersih kesufiannya dengan benar-benar tawakkal kepada Allah Azza wa Jalla, dan menggunakan adab syari’ah dalam muamalahnya kepada Allah Azza wa Jalla dalam beribadah serta mummalah mereka dengan manusia dalam pergaulan, maka telah dikisahkan dari beliau (Imam As Syafi’i) bahwa beliau bergaul dengan mereka dan mengambil (ilmu) dari mereka. (Al Manaqib Al Imam As Syafi’i li Al Imam Al Baihaqi, 2/207)

Kemudian Imam Al Baihaqi menyebutkan satu riwayat, bahwa Imam As Syafi’i pernah mengatakan,”Aku telah bersahabat dengan para sufi selama sepuluh tahun, aku tidak memperoleh dari mereka kecuali dua huruf ini,”Waktu adalah pedang” dan “Termasuk kemaksuman, engkau tidak mampu” (maknanya, sesungguhnya manusia lebih cenderung berbuat dosa, namun Allah menghalangi, maka manusia tidak mampu melakukannya, hingga terhindar dari maksiat).

Jelas, bahwa Imam Al Baihaqi memahami bahwa Imam As Syafi’i mengambil manfaat dari para sufi tersebut. Dan beliau menilai bahwa Imam As Syafi’i mengeluarkan pernyataan di atas karena prilaku mereka yang mengatasnamakan sufi namun Imam As Syafi’i menyaksikan dari mereka hal yang membuat beliau tidak suka. (lihat, Al Manaqib Al Imam As Syafi’i li Al Imam Al Baihaqi, 2/207)
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by putramentari on Sat Feb 21, 2015 1:15 am

abu hanan wrote:
kepekaan ini,apakah datang secara tiba2 atowkah melalui proses? 

kayaknya mau membahas Maqomat dan Ahwal kayaknya semangat
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by mystery on Sun Mar 13, 2016 12:23 pm

up up
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Thu Jun 23, 2016 11:11 am

sayang nih trit bagus kalo karam,,
mana yg anti sufi?yg bilang anti sufi bukan bagian islam siapa ya?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by dee-nee on Wed Jun 29, 2016 10:28 pm

abu hanan wrote:sayang nih trit bagus kalo karam,,
mana yg anti sufi? yg bilang anti sufi bukan bagian islam siapa ya?

bingung dengan tulisan mbah abu yang underline :

apa artinya mbah abu mau bilang bahwa "anti sufi sebetulnya adalah bagian dari Islam" ??

maaf kalau salah paham ... beneran saya cuma bingung yang underline

piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by abu hanan on Mon Jul 18, 2016 12:05 pm

saya lagi cari yg bilang sufi itu bukan bagian islam..dan saya juga lagi cari yg bilang anti sufi bukan bagian islam..

apakah semuanya salah?
apakah semuanya benar?

lha kan gimana coba mbdee..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Sufisme vs Anti Sufisme

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 4 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik