FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by amara on Fri Mar 07, 2014 2:01 pm

selain itu

1) Di antara rahasia diharamkannya patung ini, walaupun dia itu bukan satu-satunya sebab, seperti anggapan sementara orang yaitu untuk membela kemurnian Tauhid, dan supaya jauh dari menyamai orang-orang musyrik yang menyembah berhala-berhala mereka yang dibuatnya oleh tangan-tangan mereka sendiri, kemudian dikuduskan dan mereka berdiri di hadapannya dengan penuh khusyu'.

Kesungguhan Islam untuk melindungi Tauhid dari setiap macam penyerupaan syirik telah mencapai puncaknya. Islam dalam ikhtiarnya ini dan kesungguhannya itu senantiasa berada di jalan yang benar. Sebab sudah pernah terjadi di kalangan umat-umat terdahulu, dimana mereka itu membuat patung orang-orang yang saleh mereka yang telah meninggal dunia kemudian disebut-sebutnya nama mereka itu. Lama-kelamaan dan dengan sedikit demi sedikit orang-orang saleh yang telah dilukiskan dalam bentuk patung itu dikuduskan, sehingga akhirnya dijadikan sebagai Tuhan yang disembah selain Allah; diharapkan, dan ditakuti serta diminta barakahnya. Hal ini pernah terjadi pada kaum Wud, Suwa', Yaghuts, Ya'uq dan Nasr.

Tidak heran kalau dalam suatu agama yang dasar-dasar syariatnya itu selalu menutup pintu kerusakan, bahwa akan ditutup seluruh lubang yang mungkin akan dimasuki oleh syirik yang sudah terang maupun yang masih samar untuk menyusup ke dalam otak dan hati, atau jalan-jalan yang akan dilalui oleh penyerupaan kaum penyembah berhala dan pengikut-pengikut agama yang suka berlebih-lebihan. Lebih-lebih Islam itu sendiri bukan undang-undang manusia yang ditujukan untuk satu generasi atau dua generasi, tetapi suatu undang-undang untuk seluruh umat manusia di seantero dunia ini sampai hari kiamat nanti. Sebab sesuatu yang kini masih belum diterima oleh suatu lingkungan, tetapi kadang-kadang dapat diterima oleh lingkungan lain; dan sesuatu yang kini dianggap ganjil dan mustahil, tetapi di satu saat akan menjadi suatu kenyataan, entah kapan waktunya, dekat atau jauh.

2) Rahasia diharamkannya patung bagi pemahatnya, sebab seorang pelukis yang sedang memahat patung itu akan diliputi perasaan sok, sehingga seolah-olah dia dapat menciptakan suatu makhluk yang tadinya belum ada atau dia dapat membuat jenis baru yang bisa hidup yang terbuat dari tanah.

Sudah sering terjadi seorang pemahat patung dalam waktu yang relatif lama, maka setelah patung itu dapat dirampungkan lantas dia berdiri di hadapan patung tersebut dengan mengaguminya, sehingga seolah-olah dia berbicara dengan patung tersebut dengan penuh kesombongan: Hai patung! Bicaralah!

Untuk itulah maka Rasulullah s.a.w. bersabda:

"Sesungguhnya orang-orang yang membuat patung-patung ini nanti di hari kiamat akan disiksa dan dikatakan kepada mereka: Hidupkanlah patung yang kamu buat itu." (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Dan dalam hadis Qudsi, Allah s.w.t. berfirman pula:

"Siapakah orang yang lebih menganiaya selain orang yang bekerja untuk membuat sesuatu seperti pembuatanku? Oleh karena itu cobalah mereka membuat zarrah (benda yang kecil), cobalah mereka membuat sebutir beras belanda." (Riwayat Bukhari dan Muslim)

3) Orang-orang yang berbicara dalam persoalan seni ini tidak berhenti dalam suatu batas tertentu saja, tetapi mereka malah melukis (memahat) wanita-wanita telanjang atau setengah telanjang. Mereka juga melukis (dan juga memahat) lambang-lambang kemusyrikandan syiar-syiar agama lainnya, seperti salib, berhala dan lain-lain yang pada prinsipnya tidak dapat diterima oleh Islam.

4) Lebih dari itu semua, bahwa patung-patung itu selalu menjadi kemegahan orang-orang yang berlebihan, mereka penuhinya istana-istana mereka dengan patung-patung, kamar-kamar mereka dihias dengan patung dan, mereka buatnya seni-seni pahat (patung) dari berbagai lambang.

Kalau agama Islam dengan gigih memberantas seluruh bentuk kemewahan dengan segala kemegahan dan macamnya, yang terdiri dari emas dan perak, maka tidak terlalu jauh kalau agama ini mengharamkan patung-patung itu, sebagai lambang kemegahan, dalam rumah-rumah orang Islam.
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by amara on Fri Mar 07, 2014 2:02 pm

Barangkali akan ada orang berkata: Apakah tidak memenuhi suatu maksud umat untuk mengembalikan sebagian keindahan yang pernah dicapai oleh orang-orang besar kita yang telah berhasil mengisi lembaran sejarah yang berharga itu, lantas para pembesar itu diabadikan dalam bentuk patung agar menjadi peringatan generasi berikutnya terhadap jasa-jasa dan keunggulan yang pernah mereka capai; sebab peringatan bangsa itu sering dilupakan dan pertukaran malam dan siang itu sendiri sebenarnya yang membawa lupa?

Untuk menjawab persoalan ini, perlu dijelaskan, bahwa Islam samasekali tidak suka berlebih-lebihan dalam menghargai seseorang, betapapun tingginya kedudukan orang tersebut, baik mereka yang masih hidup ataupun yang sudah mati.

Rasulullah s.a.w. pernah bersabda:

"Jangan kamu menghormat aku seperti orang-orang Nasrani menghormati Isa bin Maryam, tetapi katakanlah, bahwa Muhammad itu hamba Allah dan RasulNya." (Riwayat Bukhari dan lain-lain)

Mereka bermaksud akan berdiri apabila melihat Nabi, sebagai suatu penghormatan kepadanya dan untuk mengagungkan kedudukannya.

Cara semacam itu dilarang oleh Nabi dengan sabdanya:

"Jangan kamu berdiri seperti orang-orang ajam (selain Arab) yang berdiri untuk menghormat satu sama lain." (Riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah)

Beliau pun memberikan suatu peringatan kepada umatnya, sikap yang berlebih-lebihan terhadap kedudukan Nabi sesudah beliau mati, maka bersabdalah Nabi sebagai berikut:

"Jangan kamu menjadikan kuburku ini sebagai tempat hariraya." (Riwayat Abu Daud)

Dan dalam doanya kepada Tuhannya beliau mengatakan:

"Ya Allah! Jangan engkau jadikan kuburku sebagai berhala yang disembah." (Riwayat Malik)

Ada beberapa orang datang kepada Nabi s.a.w., mereka itu memanggil Nabi dengan kata-katanya:

"Hai orang baik kami dan anak orang baik kami, hai tuan kami dan anak tuan kami."

Mendengar panggilan seperti itu, Nabi kemudian menegurnya dengan sabdanya sebagai berikut:

"Hai manusia! Ucapkanlah seperti ucapanmu biasa atau hampir seperti ucapanmu yang biasa itu, jangan kamu dapat diperdayakan oleh syaitan. Saya adalah Muhammad, hamba Allah dan pesuruhNya. Saya tidak suka kamu mengangkat aku lebih dari kedudukanku yang telah Allah tempatkan aku." (Riwayat Nasa'i)

Agama ini (baca Islam) pendiriannya dalam masalah menghormat orang, tidak suka seseorang itu diangkat-angkat seperti berhala yang didirikan dengan biaya beribu-ribu supaya orang-orang memberikan penghormatan kepadanya.

Banyak sekali material yang dimasukkan oleh penganjur-penganjur kebesaran dan jurukunci tempat-tempat bersejarah melalui pintu orang-orang atau pengikut dan ekornya yang telah mampu mendirikan berhala ini. Dengan begitu, maka pada hakikatnya mereka ini telah menyesatkan rakyat dengan menggunakan orang-orang besar yang jujur itu.

Keabadian hakiki yang dikenal di kalangan umat Islam hanyalah Allah yang mengetahui segala yang rahasia dan tersembunyi, yang tidak sesat dan tidak lupa. Sedang kebanyakan para pembesar yang namanya diabadikan di sisi Allah adalah orang-orang yang tidak begitu dikenal oleh manusia. Hal ini justru karena Allah suka kepada orang-orang yang baik, taqwa dan tidak perlu menampak-nampakkan kepada orang lain. Mereka ini apabila datang tidak dikenal, dan apabila pergi tidak dicari.

Sekalipun keabadian itu sangat perlu bagi manusia, tetapi tidak mesti dengan didirikannya patung untuk orang-orang besar yang perlu diabadikan itu. Cara untuk mengabadikan yang dibenarkan oleh Islam ialah mengabadikan mereka itu ke dalam hati dan lisan, yaitu dengan menyebut kesuksesan perjuangan mereka dan peninggalan-peninggalan yang baik-baik yang ditinggalkan untuk generasi sesudah mereka. Dengan demikian mereka itu akan selalu menjadi sebutan orang-orang belakangan.

Rasulullah s.a.w. sendiri dan begitu juga para khalifah dan pemuka-pemuka Islam lainnya, tidak ada yang diabadikan dengan berbentuk materi dan patung-patung yang terbuat dari batu yang dipahat.

Keabadian mereka itu semata-mata adalah karena sifat-sifat baiknya (manaqibnya) yang diceriterakan oleh orang-orang dulu (salaf) kepada orang-orang belakangan (khalaf) dan yang diceriterakan oleh orang-orang tua kepada anak-anaknya. Sifat beliau itu tertanam dalam hati, selalu disebut dalam lisan, selalu mengumandang di majlis dan klub-klub serta memenuhi hati, walaupun tanpa diwujudkan dengan patung dan gambar.
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by ritara on Fri Mar 07, 2014 3:06 pm

Di dalam hadis disebutkan, bahwa Jibril a.s. tidak mau masuk rumah Rasulullah s.a.w. karena di pintu rumahnya ada sebuah patung. Hari berikutnya pun tidak mau masuk, sehingga ia mengatakan kepada Nabi Muhammad:

   "Perintahkanlah supaya memotong kepala patung itu. Maka dipotonglah dia sehingga menjadi seperti keadaan pohon." (Riwayat Abu Daud, Nasai, Tarmizi dan Ibnu Hibban)

Dari hadis ini segolongan ulama ada yang berpendapat diharamkannya gambar itu apabila dalam keadaan sempurna, tetapi kalau salah satu anggotanya itu tidak ada yang kiranya tanpa anggota tersebut tidak mungkin dapat hidup, maka membuat patung seperti itu hukumnya mubah,

Tetapi menurut tinjauan yang benar berdasar permintaan Jibril untuk memotong kepala patung sehingga menjadi seperti keadaan pohon, bahwa yang mu'tabar (diakui) di sini bukan karena tidak berpengaruhnya sesuatu anggota yang kurang itu terhadap hidupnya patung tersebut, atau patung itu pasti akan mati jika tanpa anggota tersebut. Namun yang jelas, patung tersebut harus dicacat supaya tidak terjadi suatu kemungkinan untuk diagungkannya setelah anggotanya tidak ada.

Cuma suatu hal yang tidak diragukan lagi, jika direnungkan dan kita insafi, bahwa patung separuh badan yang dibangun di kota guna mengabadikan para raja dan orang-orang besar, haramnya lebih tegas daripada patung kecil satu badan penuh yang hanya sekedar untuk hiasan rumah.

Karena patung dan gambar mahluk hidup itu menjadi sarang bagi jin kafir iblis setan sebagai sarana dan alat untuk menggoda manusia agar menjadi kafir, menuhankan iblis penghuni patung dan gambar mahluk hidup itu.
avatar
ritara
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 170
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 09.01.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by amara on Fri Mar 07, 2014 7:52 pm

yoip, betul banged
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by ngayarana on Fri Mar 07, 2014 8:45 pm

Maaf Sedikit pertanyaan.....
Kalo Foto Bagaimana ya hukumnya, saya sih pernah denger, katanya gak apa apa karena gak di lukis tapi pancaran cahaya dari kamera saja....
dan juga Boneka boneka, baik yang seperti boneka binatang, seperti orang (kaya Barby itu...) dan itu juga tuh, anak saya yang Laki, suka beli Boneka super hero (ada Ultramen, Batman superman, power ranger, dll), kalo itu hukumnya gimana ya...?
Mohon pencerahannya dong.....?
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by amara on Fri Mar 07, 2014 10:04 pm

kembali lagi Islam itu berdasar NAWAITU, jadi ada beberapa pengecualian dalam kondisi darurat, seperti :
1) untuk kepentingan keilmuan, seperti pada ilmu kedokteran, arsitektur dll itu, dan inipun sebaiknya dibatasi seperlunya saja, tidak secara berlebihan dan menyimpang.
2) untuk anak kecil, karena hukumnya bagi yang belum tahu seperti anak-anak itu adalah menjadi mubah, tapi sekali lagi kalau bisa dibatasi dan dihilangkan kebiasaan yang tidak baik itu, lebih baik dihilangkan saja, jangan dibiasakan anak-anak bermain dengan boneka mahluk hidup, alihkan saja ke mainan lain yang lebih mendidik seperti mengenal angka, matematika, atau main tanaman, boneka bunga-bunga tanpa mata hidung mulut, boneka bukan mahluk hidup bernyawa tapi ke bunga, alat tulis, alat penelitian atau alat membangun seperti sekop, mobil2an, alat makan, alat dapur, alat minum atau baju pakaian, dll
3) untuk identitas atau tanda mengenal yang diwajibkan oleh ulil amri, dalam hal ini negara, seperti untuk KTP. PASPOR dll itu masih dibolehkan, termasuk dalam katagori darurat.

tapi selain itu sebaiknya dihindari, apalagi kalau hanya untuk kepentingan hiasan rumah, apalagi kalau untuk disembah dan dipuja-puja, jelas haramnya.
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by roswan on Sat Mar 08, 2014 2:06 pm

Gua maria adalah sarang berhala



Apa itu gua Maria?
Gua Maria atau goa Maria adalah tempat ziarah khas umat Katolik, biasanya bangunan utamanya dibentuk seperti gua tetapi ada juga yang berada pada gua alam asli. Disebut gua Maria karena ditempatkannya patung Bunda Maria ibunda Yesus pada gua tersebut. Tempat itu kemudian menjadi tempat ziarah umat Katolik.
Dalam tradisi agama Katolik keberadaan gua Maria punya sejarah panjang. Bunda Maria beberapa kali menampakan diri pada orang-orang tertentu. Salah satu penampakan yang paling terkenal adalah penampakan Bunda Maria kepada Bernadette Soubirous di sebuah gua yang ada di kota Lourdes Perancis pada tahun 1858. Tempat itu kemudian menjadi tempat ziarah gua Maria paling populer. Tempat ziarah ini pulalah yang kemudian menjadi inspirasi untuk membuat tempat ziarah serupa pada komunitas Katolik setempat. Dari situ muncullah tempat ziarah gua Maria dibanyak tempat didunia termasuk di Indonesia. Akan tetapi di Indonesia gua Maria bukan hanya terdapat patung Bunda Maria, juga biasanya sepanjang jalan menuju gua Maria terdapat perhentian-perhentian untuk prosesi jalan salib, serta di  beberapa lokasi gua Maria juga ada gereja kecil.

Imamat 26:1 Janganlah kamu membuat berhala bagimu, dan patung atau tugu berhala janganlah kamu dirikan bagimu; juga batu berukir janganlah kamu tempatkan di negerimu untuk sujud menyembah kepadanya, sebab Akulah TUHAN,



-Keluaran 20:4,5 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Elohimmu, adalah EL yang cemburu......


Yesaya 42:8 Aku ini TUHAN, itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung.



1 Raja Raja 14:9 Sebab engkau telah melakukan perbuatan jahat lebih dari semua orang yang mendahului engkau dan telah membuat bagimu allah lain dan patung-patung tuangan, sehingga engkau menimbulkan sakit hati-Ku, bahkan engkau telah membelakangi Aku.



Yeremia 50:38 Pedang menimpa segala airnya, sehingga menjadi kering! Sebab negeri itu penuh patung-patung, mereka menjadi gila oleh berhala-berhala mereka!



Hosea 13:2 Sekarangpun mereka terus berdosa, dan membuat baginya patung tuangan dari perak dan berhala-berhala sesuai dengan kecakapan mereka; semuanya itu buatan tukang-tukang. Persembahkanlah korban kepadanya!, kata mereka. Baiklah manusia mencium anak-anak lembu!

Yeremia 10:14 Setiap manusia ternyata bodoh, tidak berpengetahuan, dan setiap pandai emas menjadi malu karena patung buatannya. Sebab patung tuangannya itu adalah tipu, tidak ada nyawa di dalamnya,

Yesaya 44:9Orang-orang yang membentuk patung, semuanya adalah kesia-siaan, dan barang-barang kesayangan mereka itu tidaklah memberi faedah. Penyembah-penyembah patung itu tidaklah melihat dan tidaklah mengetahui apa-apa; oleh karena itu mereka akan mendapat malu.

Yesaya 41:29Sesungguhnya, sekaliannya mereka seperti tidak ada, perbuatan-perbuatan mereka hampa, patung-patung tuangan mereka angin dan kesia-siaan.

Yeremia 51:17Setiap manusia ternyata bodoh, tidak berpengetahuan, dan setiap pandai emas akan menjadi malu karena patung buatannya. Sebab patung tuangannya itu adalah tipu, tidak ada nyawa di dalamnya,




Habakuk 2:18 Apakah gunanya patung pahatan, yang dipahat oleh pembuatnya? Apakah gunanya patung tuangan, pengajar dusta itu? Karena pembuatnya percaya akan buatannya, padahal berhala-berhala bisu belaka yang dibuatnya.

Jadi yang menyembah patung yesus di gereja lah yang menyamakan yesus dengan iblis penghuni patung itu sebenarnya.
avatar
roswan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 493
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 19.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by roswan on Sat Mar 08, 2014 2:49 pm

LANGKAH SYAR’IYYAH MENGUSIR SYETAN DARI RUMAH

Menjaga lebih baik daripada mengobati. Namun terkadang kita tidak menyadari bahwa kondisi rumah kita selama ini rawan dijadikan sarang syetan, atau gangguan mereka sudah terlanjur datang dan mereka telah melakukan serangan, baik kepada diri kita maupun kepada anggota keluarga lainnya. Jika demikian keadaannya, lakukanlah tindakan pembersihan. Namun jangan sekali-kali menggunakan jasa dukun atau orang pinter untuk mengusir dan memburu syetan. Karena mereka sendiri hakikatnya adalah agen syetan di bumi ini.
Kalau dengan cara perdukunan, gangguan syetan di rumah hilang, maka itu adalah tipuan. Hilangnya gangguan hanya sementara, lalu akan muncul lagi. Atau gangguan yang ada selama ini hilang, tapi secara tidak sadar, ternyata kita sudah masuk pada gangguan syetan lainnya, yaitu memanfaatkan jasa perdukunan yang beraroma kesyirikan. Keluar dari sumur, lalu masuk ke jurang yang lebih dalam.
Karena pada dasarnya kita tidak bisa melihat wujud asli jin atau syetan, maka sangat mustahil bagi kita untuk menangkap jin pengganggu lalu membuangnya. Kalau kita melakukan hal itu, berarti kita telah melakukan tindakan yang konyol. Lebih baik bagi kita untuk memohon langsung kepada Dzat yang menguasai mereka, iblis dan teman-temannya.

1. Bersihkan rumah dari sarang jin
seperti patung gambar mahluk hidup yang sering jadi sarang jin itu hendaknya dibuang, dihilangkan dari rumah.

2. Hindarkan barang haram
Intropeksi diri, apakah selama ini ada harta haram dalam rumah kita. Jika ya, segera bersihkan, kembalikan kepada yang berhak. Hiduplah secara bersih dari harta yang halal.


3. Membaca Surat Al-Baqarah
Perhatikanlah apa yang telah diinformasikan Rasulullah SAW. Abu Hurairah berkata, “Rasulullah bersabda, ‘Janganlah menjadikan rumah kalian kuburan, sesungguhnya syetan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat al-Baqarah.” (HR. Muslim dan Ahmad). Rasulullah tidak pernah berbohong. Yang berbohong adalah mereka yang menghadapi gangguan syetan dengan cara-cara yang tidak pernah dicontohkan atau diperintahkan oleh beliau.

4. Membaca Ayat Kursi
Simaklah apa yang diberitahukan oleh Abdullah bin Mas’ud. Ia berkata, “Salah seorang sahabat Rasulullah pernah diberitahu oleh jin, ‘Bacalah: Allahu lailaha illa huwal hayyul qayyum … (ayat Kursi), karena tidaklah engkau membaca ayat Kursi di suatu rumah, kecuali syetan akan keluar darinya.” (HR. ad-Darimi)

5. Melantunkan Adzan
Abu Hurairah berkata, “Rasulullah SAW. bersabda, ‘Sesungguhnya syetan apabila mendengar panggilan untuk shalat (adzan), lari menjauh sambil terkentut-kentut, sampai pada jarak yang tak terdengar (adzan). Apabila sudah selesai adzan dia kembali lagi untuk mengganggu. Dan apabila dia mendengar iqomah, dia kabur kea rah yang tak terdengan (iqomak). Apabila selesai iqomah, dia kembali lagi untuk mengganggu.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Kaburnya syetan tidak hanya ketika mendengar lafadz-lafadz yang dikumandangkan untuk pangilan shalat saja, tetapi bersifat umum. Artinya kapan saja dan dimana saja. Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa Zaid bin Aslam ketika ditugaskan di daerah Madain orang-orang memberitahukan kepadanya bahwa daerah tersebut banyak dihuni oleh jin. Maka dia memerintahkan para penduduk di sana untuk mengumandangkan adzan sesering mungkin. Setelah itu mereka tidak lagi melihat tanda-tanda keberadaan jin-jin di daerah tersebut. (Al-Kalimuth-Thayyib: 53)
4. Membacakan Do’a
Dalam kitabnya, Syekh Wahid Abdus salam memberikan kepada kita tips untuk mengusir gangguan syetan dari rumah.
Kita bacakan: “Unasyidukum bil ‘ahdil ladzi akhodza ‘alaikum Sulaiman, an takhruju wa tarhalu min baitina. Unasyidukumullah an takhruju wa la tu’dzu ahada” (Aku peringatkan kalian dengan sumpah yang pernah diucapkan nabi Sulaiman kepada kalian, Keluarlah dan pergilah kalian dari rumah kami. Aku bersumpah dengan nama Allah SWT. keluarlah kalian dan jangan menyakiti siapapun). Kalau mau, diulang tiga kali.
Setelah itu, ambil air dalam wadah dan bacakan do’a di dekatnya: “Bismillah, amsaina billahil ladzi laisa minhu syaiun mumtani’, wa bi’izzatillahil ladzi la turomu wa la tudhom, wa bisulthonillahil mani’i nahtajib, wa bi asma-ihil husna kulliha ‘aidzun minal abalisah, wa min syarri syayathinil insi wal jin. Wa min syarri kulli mu’linin au musir. Wa min syarri ma yakhruju il laili wa yamkunu bin nahar, wa yamkunu bil laili wa yakhruju bin nahar. Wa min syarri iblisa wa junudih, wa min syarri kulli dabbatin anta akhidzun bi nashiyatiha, inna robbi ‘ala shirothim mustaqim. A’udzu billahi bimas ta’adza bihi musa wa ‘isa wa ibrohimal ladzi waffa, min syarri ma kholaqo wadzaro-a wa baro’, wa min syarri iblisa wa junudih, wa min syarri ma yabghi. A’udzu billahis sami’il ‘alim minasysyaithonir rojim, bismillahirrahmanirrahim (Dengan nama Allah, kami berada di sini dengan nama Allah yang tiada sesuatu pun yang dapat menghalangi-Nya, dan dengan keagungan Allah yang tidak bisa ditandingi atau dikalahkan. Dengan kekuasaan-Nya yang Maha Mencegah, kami berlindung dengan-Nya. Dan dengan seluruh nama-nama-Nya yang baik, kami berlindung dari kejahatan iblis, dan dari kejahatan syetan-syetan manusia dan jin, dan dari kejahatan segala sesuatu yang menampakkan diri atau tersembunyi, dan dari kejahatan yang keluar di malam hari dan bersembunyi di siang hari, atau yang bersembunyi di malam hari dan keluar di siang hari. Dan dari kejahatan yang telah diciptakan-Nya, dan dari kejahatan iblis dan tentara-tentaranya, dan dari kejahatan semua makhluk yang berada dalam kekuasaan-Nya. Sesungguhnya Tuhanku berada di jalan yang lurus. Kami berlindung dengan perlindungan yang dimohonkan oleh nabi Musa, Isa dan Ibrahim dari kejahatan semua makhluk yang telah diciptakan-Nya, dan dari kejahatan iblis dan tentara-tentaranya, dan dari kejahatan makhluk yang membangkang. Aku berlindung kepada Allah yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui, dari godaan syetan terkutuk. Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang) (Lalu baca surat as-Shaffat: 1 – 10)
Setelah selesai, ciprat-cipratkanlah air yang telah dibacakan ruqyah itu ke pojok-pojok rumah, niscaya syetan akan kabur dari rumah kita, insya Allah.

6. Minta Bantuan Seorang Peruqyah
Bila kita belum bisa melaksanakan ruqyah rumah secara mandiri, atau sudah mencoba berkali-kali, namun gangguan tidak kunjung sirna, maka tidak ada salahnya kalau kita minta bantuan seorang peruqyah, atau orang muslim shalih lainnya yang mengerti tentang ruqyah syar’iyyah. Darinya kita bisa belajar, dan selanjutnya kita bisa melakukan ruqyah secara mandiri.

7. Jangan lupa tingkatkan ibadah.
selain menjaga agar bersih dari harta haram, juga selalu tingkatkan ibadah untuk menjaga kebersihan rumah.
avatar
roswan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 493
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 19.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by Ibnu Sabil on Sat Mar 08, 2014 4:48 pm

Sekedar menambahkan
Gambar

Dari 'Aisyah r.a katanya, dia membeli bantal-bantal kecil bergambar-gambar. Maka tatkala Rasulullah SAW melihat bantal-bantal tersebut baginda berhenti di muka pintu dan tidak terus masuk. Aku tahu dari wajah baginda bahwa baginda tidak senang.

Berkata 'Aisyah: "Ya Rasulullah! Aku bertaubat kepada Allah dan Rasul-Nya. Apakah kesalahanku?

Rasulullah SAW kembali bertanya: "Bantal-bantal apakah itu?"

Jawab 'Aisyah, "Aku membelinya sebagai tempat duduk anda atau tempat anda bersandar."

Sabda Rasulullah SAW: "Pelukis gambar-gambar ini akan disiksa di hari kiamat seraya dikatakan kepada mereka: "Hidupkanlah gambar-gambar yang kamu lukis itu!"

Kemudian baginda bersabda: "Sebuah rumah yang terdapat di dalamnya gambar-gambar (hewan), malaikat tidak mau masuk ke dalam rumah itu."

(Hadis Riwayat Muslim).

Daripada Ibnu ‘Abbas, “Aku mendengar Muhammad berkata, 'Barang siapa membuat gambar di dunia ini, dia akan dipersoalkan serta diminta supaya memberikan nyawa kepada apa yang dilukiskannya pada hari kiamat nanti, tetapi dia tidak akan mampu melakukannya”.” (Hadis Riwayat al-Bukhari Kitab Pakaian (7/72), no. 846)

Patung

Dalam hadis yang lain menyatakan. Dari Abu Talha meriwayatkan, katanya, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Malaikat tidak memasuki rumah yang di dalamnya ada anjing atau patung”.” (Hadits Riwayat Muslim, Kitab Pakaian & Perhiasan, no. 5250).

Patung manusia atau patung hewan diharamkan dijadikan barang perhiasan diletakkan di dalam atau atas lemari. Malaikat rahmat tidak akan masuk rumah yang di dalamnya terdapat patung makhluk bernyawa. Tetapi patung mainan kanak-kanak diharuskan (patung mainan tersebut setelah digunakan kanak-kanak hendaklah disimpan dikotak permaian bukannya dipamerkan) berdasarkan hadits riwayat Aisyah.

Dari Aisyah Radiyallahu ‘anha (r.anha) ia berkata: “Saya biasa bermain boneka (anak patung) di sisi Nabi Sallallahu ‘Alaihi Wasalam dan saya mempunyai beberapa orang teman yang bermain bersama saya. Maka jika Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasalam masuk, mereka menutupinya dari baginda lalu berjalan sembunyi-sembunyi dan bermain bersama saya.” (Hadis Riwayat al-Bukhari Kitab al-Adab Bab al-Inbisaath ilaa an-Naas, Fath 10/526 dan Muslim kitab Fadhail ash-Shahabah Bab fii Fadhail Aisyah, an-Nawawi, 15/203 dan 204)

Al-Hafiz Ibnu Hajar berkata dalam Fathul Bari tentang hadis ini, “Hadits ini dijadikan dalil bolehnya boneka dan mainan untuk bermain (mendidik) anak perempuan, dan sebagai pengkhususan dari keumuman larangan mengambil gambar. Iyadl juga menetapkan yang demikian dan ia menukil dari jumhur, bahwasanya mereka membolehkan boneka atau mainan ini untuk melatih dan mendidik anak-anak perempuan agar mengenal bagaimana mengatur rumah-tangga dan merawat anak-anak nantinya.
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by said on Sun Mar 09, 2014 5:47 am

Nice Info semua :D

said
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 53
Kepercayaan : Islam
Location : usa
Join date : 08.03.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by amara on Sun Mar 09, 2014 3:13 pm

hadis tentang boneka itu masih meragukan, meski berupa pengecualian, namun boneka Aisyah itu pun tak bermuka dan berleher, jadi lebih tepatnya hanya seperti batang pohon yang diberi rambut semacam pohon berdaun.
dan sebagai orangtua alangkah baiknya anak-anak sejak dini dihindarkan dari hal yang negative.
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by 'aak Rafi on Mon Mar 10, 2014 12:41 am

di kota Ho Chi Minh, Vietnam, patung Bunda Maria di dalam sebuah gereja Katolik meneteskan air mata, dan ribuan orang telah menyaksikan keajaiban ini [gambar 1]



Di Caracas, Venezuella, di mata sebuah patung Bunda Maria mengalirkan darah, ratusan orang berbondong-bondong ke gereja untuk memanjatkan doa [gambar 2].



Dalam tahun-tahun terakhir ini, di berbagai daerah di dunia ditemukan sejumlah besar patung Yesus, Bunda Maria meneteskan air mata, bahkan meneteskan darah, tokoh terkemuka dan termasuk ilmuwan juga pernah menyaksikannya sendiri.



Menurut laporan majalah New Century, dari hasil laboratorium ditemukan, bahwa komposisi molekul air mata dan darah yang mengalir itu sama dengan komposisi air mata dan darah manusia. Namun ilmuwan tidak dapat menjelaskan dari mana asalnya.



pada akhir November 2005 lalu, di dalam sebuah gereja di pinggiran kota Sacramento, California, AS. Sebuah patung Bunda Maria yang ditempatkan di luar pintu gereja mulai meneteskan air mata, bahkan air matanya tampak seperti darah. Sejumlah jemaat yang setia berkunjung ke sana sambil membawa kamera, dan mereka telah menyaksikan sendiri keajaiban ini.Kantor beita CNA melaporkan,



pada awal November 2004 lalu, di sebuah kampung nelayan di selatan Philipina, sebuah patung bayi suci setinggi 1 kaki yang diukir puluhan tahun lalu kerap meneteskan air mata, sehingga dinamakan “tangisan bayi suci”.



Malam (22 Mei 2004), ada yang terkejut melihat sebuah patung Yesus sedang meneteskan darah.

Darah itu menetes dari kedua tangan, tulang rusuk, lutut dan bagian luar anggota badannya. Fenomena tentang Yesus meneteskan air mata maupun darah yang tercatat di berbagai daerah di dunia tak terhitung banyaknya.



Apa kata Al kitab tentang patung ???

======================

Orang-orang yang percaya kepada patung pahatan akan berpaling ke belakang dan mendapat malu, yaitu orang-orang yang berkata kepada patung tuangan: "Kamulah allah kami!" (Yes 42:17)



Setiap manusia ternyata bodoh, tidak berpengetahuan, dan setiap pandai emas akan menjadi malu karena patung buatannya. Sebab patung tuangannya itu adalah tipu, tidak ada nyawa di dalamnya. (Yer 10:14 & Yer 51:17)



Terhadap engkau, inilah perintah TUHAN: "Tidak akan ada lagi keturunan dengan namamu.Dari rumah allahmu Aku akan melenyapkan patung pahatan dan patung tuangan; kuburmu akan Kusediakan, sebab engkau hina. (Nah 1:14)



LALU... Mengapa........

- Patung Bunda Maria Menangis ??

- Patung Yesus menangis ??

- Bahkan menangis DARAH ??



KARENA :

- Dalam Al Kitab DILARANG membuat patung, tetapi umat Nasrani TETAP membuat patung

- Bunda Maria & Yesus, TIDAK PERNAH MENGAJARKAN Bertekuk lutut & berdoa di depan patung, akan tetapi umat Nasrani melakukan nya

- Oleh karena itu patung Bunda Maria & Yesus MENANGIS....bahkan air mata DARAH...!!!

Itulah pekerjaan jin kafir iblis penghuni patung.









avatar
'aak Rafi
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 29
Kepercayaan : Islam
Location : bumi
Join date : 22.02.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by roswan on Sun Mar 16, 2014 6:01 pm

nice info brother :D
avatar
roswan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 493
Kepercayaan : Islam
Location : jakarta
Join date : 19.01.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by Ibnu Sabil on Mon Mar 17, 2014 12:22 am

-Dalam Al Kitab DILARANG membuat patung, tetapi umat Nasrani TETAP membuat patung

- Bunda Maria & Yesus, TIDAK PERNAH MENGAJARKAN Bertekuk lutut & berdoa di depan patung, akan tetapi umat Nasrani melakukan nya

- Oleh karena itu patung Bunda Maria & Yesus MENANGIS....bahkan air mata DARAH...!!!
Salah kaprahnya manusia dengan menyerupakan dan membuat rupa tuhan....imaginasi dan mimpi.

Patung2 diatas bersedih karena akan diminta pertanggung jawaban karena sudah disembah-sembah...  lol
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by UNTUNG BATUAH on Mon Mar 17, 2014 12:56 am

Tiang jemuran yang buat mata kalung ituh, termasuk berhala gak ya? yakin bener tuhannya dipantek pakai bentuk gituan ehmm 
avatar
UNTUNG BATUAH
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Posts : 17
Kepercayaan : Islam
Location : bakkah
Join date : 12.02.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 17, 2014 9:56 am

@amara wrote:
Rasulullah s.a.w. pernah bersabda:
   "Jangan kamu menghormat aku seperti orang-orang Nasrani menghormati Isa bin Maryam, tetapi katakanlah, bahwa Muhammad itu hamba Allah dan RasulNya." (Riwayat Bukhari dan lain-lain)

emang gak LEVEL..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 17, 2014 9:58 am

@amara wrote:
Untuk itulah maka Rasulullah s.a.w. bersabda:
   "Sesungguhnya orang-orang yang membuat patung-patung ini nanti di hari kiamat akan disiksa dan dikatakan kepada mereka: Hidupkanlah patung yang kamu buat itu." (Riwayat Bukhari dan Muslim)

hari gene..
masih percaya omong kosong kek gituan
 piss 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 17, 2014 10:00 am

@ritara wrote:Di dalam hadis disebutkan, bahwa Jibril a.s. tidak mau masuk rumah Rasulullah s.a.w. karena di pintu rumahnya ada sebuah patung. Hari berikutnya pun tidak mau masuk, sehingga ia mengatakan kepada Nabi Muhammad:

   "Perintahkanlah supaya memotong kepala patung itu. Maka dipotonglah dia sehingga menjadi seperti keadaan pohon." (Riwayat Abu Daud, Nasai, Tarmizi dan Ibnu Hibban)

jbril konyol

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by mutiiiara on Tue Mar 18, 2014 12:20 am

@UNTUNG BATUAH wrote:Tiang jemuran yang buat mata kalung ituh, termasuk berhala gak ya? yakin bener tuhannya dipantek pakai bentuk gituan ehmm 

ini ada tritnya tentang SALIB :D

http://www.laskarislam.com/t8235-salib-adalah-lambang-pagan
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 11:44 pm

patung dan gambar mahluk hidup itulah BERHALA
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by njlajahweb on Wed Oct 11, 2017 5:44 pm

kalau menurutku bukan hanya patung ataupun gambar, tapi siapa saja dan apa saja, bisa menjadi haram diMata Tuhan, jika pengkultusan terjadi dari hati atau jika hati atau jika hati memberhalakanya.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6038
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengapa patung dan gambar itu HARAM?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik