FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

kristenisasi

Halaman 3 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

kristenisasi

Post by keroncong on Sat Dec 10, 2011 11:29 am

First topic message reminder :

"Kalaulah ada harta yang kami cintai lebih dari segala-galanya itu, ialah agama dan keimanan kami!" (M. Natsir)

Oleh: Artawijaya

Jakarta, 1 Syawal 1837 Hijriyah. Pagi masih basah, ketika ratusan kaum muslimin sejak pagi buta berkumpul untuk melaksanakan shalat dan mendengarkan khutbah Idul Fitri di area sekitar pusat perbelanjaan Proyek Senen, Jakarta Pusat. Maklum, sang khatib pada hari itu bukanlah tokoh biasa. Dia adalah Allahyarham Mohammad Natsir, pendiri sekaligus ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII). Massa datang berjejal, ingin mendengarkan khutbah dari tokoh yang sempat memimpin Partai Masyumi ini. Pada waktu itu, isu Kristenisasi begitu mencuat, bahkan sudah terjadi gesekan di lapangan antara kaum muslimin dengan kelompok salibis.

Dari atas mimbar, Mohammad Natsir yang dikenal bersahaja dan berkarakter lembut menyampaikan khutbahnya. Hari itu, ia meminta kepada kelompok Kristen untuk tidak bermain api dengan akidah kaum muslimin. "Isyhaduu bi annaa muslimun! Saksikanlah (dan akuilah) bahwa kami ini adalah Muslimin! Yakni orang-orang yang sudah memeluk agama. Agama Islam. Orang-orang yang sudah mempunyai identitas, yakni Islam. Janganlah identitas kami saudara ganggu. Jangan kita ganggu mengganggu dalam soal agama ini..." tegasnya.

Dengan tegas pula, di hadapan ratusan massa umat Islam, mantan Perdana Menteri Republik Indonesia ini menyatakan, "Kita umat Islam tidak apriori menganggap musuh terhadap orang-orang yang bukan Islam. Tetapi tegas pula Allah Subhanahu wa Ta'ala melarang kami untuk bersahabat dengan orang-orang yang mengganggu agama kami..." ujarnya.

Natsir melanjutkan, "Ada baiknya kita berbicara berpahit-pahit. Yakni, yang demikian tidak akan dapat kami lihatkan saja sambil berpangku tangan. Sebab kalaulah ada suatu harta yang kami cintai lebih dari segala-galanya itu, ialah agama  dan keimanan kami. Itulah yang hendak kami wariskan kepada anak cucu dan keturunan kami. Harta ini kami diwajibkan Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk menjaga dan melindunginya, sampai dia selamat dan aman, dan jadilah agama itu karena Allah semata-mata. Kalau bisa dengan teman bersama-sama, kalau tidak seorang diri sebatang kara..." Demikian khutbah Mohammad Natsir di tengah keprihatinan umat Islam dengan maraknya berbagai upaya Kristenisasi yang terjadi di tengah-tengah kaum Muslimin.

Jauh sebelum itu, pada Majalah Pandji Islam tahun 1938, Natsir yang juga tokoh Persatuan Islam (Persis) menulis tentang upaya-upaya misi Kristenisasi yang tak henti-hentinya menyasar umat Islam. Natsir menyatakan, zending Kristen akan bekerja habis-habisan, dengan dukungan zending internasional, mengkristenkan negeri-negeri Muslim. Dalam artikel berjudul, "Suara Adzan dan Lonceng Geredja" Natsir menegaskan, jika kaum muslimin berdiam diri dan berpangku tangan dengan gerak laju kristenisasi, maka bukan hal yang mustahil, di negeri yang mayoritas Muslim ini suara adzan akan dikalahkan dengan "lonceng gereja".

Dengan bahasa yang lirih, Natsir menuliskan keprihatinannya ke depan akan nasib kaum Muslimin kelak di Indonesia, jika misi kristenisasi semakin kuat dan menggurita. Ditambah lagi, upaya-upaya untuk menjauhkan para pemuda muslim dari agamanya dan perusakan moral begitu gencar. "Sebagian kaum di golongan yang masih muda, sedang dilepaskan dari ikatan iman mereka yang asli, sehingga kesudahannya terdampar ke kanan dan ke kiri oleh gelombang penghidupan dan tidak pernah mengenal tujuan hidup yang lebih tinggi dan luhur. Sudah bukan barang yang mustahil lagi apabila sekarang terjumpa anak-anak kita orang Islam yang telah sampai ke sekolah-sekolah menengah yang belum pernah membaca Al-Fatihah seumur hidupnya dan hanya belajar mengucapkan kalimat syahadat dengan bersusah payah di waktu akan mengakadkan nikah di muka penghulu..." terangnya.

Demikianlah ketegasan Mohammad Natsir sebagai tokoh umat Islam terhadap persoalan Kristenisasi. Ia tidak berdiam diri dan berpangku tangan, apalagi bersikap lunak dengan mengatasnamakan "kerukunan beragama dan toleransi." Anehnya, saat ini ada orang yang mengaku sebagai pimpinan ormas terbesar di Indonesia, tetapi bermuka manis, bahkan berada di barisan kelompok Kristen yang berperkara dengan umat Islam. Islam menghargai hak-hak kaum kafir, jika mereka juga menghargai hak-hak kaum Muslimin. Jika kaum kafir, mencari perkara dan mengusik akidah kaum muslimin, tak ada pilihan lain selain bersikap tegas dan melawan sekuat tenaga demi mempertahankan akidah kaum muslimin! [voa-islam.com]


Terakhir diubah oleh ichreza tanggal Tue Oct 30, 2012 1:35 am, total 1 kali diubah
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down


Re: kristenisasi

Post by keroncong on Thu Apr 19, 2012 5:48 pm

Laki-laki Muslim Boleh Menikahi Wanita Ahli Kitab

Jmhur ulama membolehkan laki-laki muslim menikahi wanita kitabiyah, diantaranya adalah Umar bin Al-Khattab, Ustman bin Affan, Jabir, Thalhah, Huzaifah. Bersama dengan para shahabat Nabi juga ada para tabi‘Insya Allah seperti Atho‘, Ibnul Musayib, al-Hasan, Thawus, Ibnu Jabir Az-Zuhri. Pada generasi berikutnya ada Imam Asy-Syafi‘i, juga ahli Madinah dan Kufah.

Yang sedikit berbeda pendapatnya hanyalah Imam Malik dan Imam Ahmad bin Hanbal, dimana mereka berdua tidak melarang hanya memkaruhkan menikahi wanita kitabiyah selama ada wanita muslimah.

Pendapat yang mengatakan bahwa nasrani itu musyrik adalah pendapat Ibnu Umar. Beliau mengatakan bahwa nasrani itu musyrik. Selain itu ada Ibnu Hazm yang mengatakan bahwa tidak ada yang lebih musyrik dari orang yang mengatakan bahwa tuhannya adalah Isa.

Namun jumhur Ulama tetap mengatakan bahwa wanita kitabiyah itu boleh dinikahi, meski ada perbedaan dalam tingkat kebolehannya.

Wanita Muslimah Haram Menikah Dengan Laki-Laki Non Muslim

Keharaman wanita muslimah menikah dengan laki-laki non muslim telah mutlak dan secara sharih disebutkan di dalam Al-Quran Al-Karim.

Dan janganlah kamu menikahkan laki-laki musyrik (dengan wanita muslimah) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mu'min lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.(QS. Al-Baqarah : 221). /blockquote>

Bila seorang wanita muslimah menikah dengan laki-laki non muslim, baik ahli kitab maupun yang lainnya, maka hukumnya haram. Bila mereka melakukan hubungan suami istri, maka itu merupakan zina. Dan konsekuensi hukum lainnya adalah anak yang dilahirkannya meski memeluk Islam, tapi tidak bisa berwali kepada ayahnya lantaran beda agama.

Begitu juga konsekuensi hukumnya sampai kepada masalah hukum waris. Dimana para ulama umumnya mengatakan bahwa perbedaan agama mengakibatkan tidak bisa saling mewarisi. Artinya, istri yang muslimah tidak bisa mewarisi harta suaminya yang bukan Islam dan sebaliknya suami pun tidak bisa mewarisi harta istrinya.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by keroncong on Thu Apr 19, 2012 9:18 pm

Sejarah Kristenisasi oleh Agama Protestan

1. Zending Protestan pertama kali datang ke Indonesia pada
tahun 1831 dengan dua orang pendeta bernama Riedel dan
Schwarz ke Minahasa. Pada tahun 1850 mereka membuka sebuah
Kweekschool (sekolah pendidikan guru) di Tomohon dan pada
tahun 1868 dibuka pula Sekolah Guru Injil (Hulpzendelingen).
Kristenisasi di Minahasa itu ditangani dan dibeayai oleh
Nederlandse Zendelinggenootschap yang didirikan di Rotterdam
tahun 1787. Pada tahun 1882 di Minahasa juga didirikan
asrama dan sekolah khusus bagi anak-anak pegawai negeri
serta orang-orang terkemuka. Semua sekolah tersebut mendapat
subsidi dari Pemerintah Hindia Belanda. Tahun 1888 mereka
mendirikan percetakan untuk mencetak buku-buku, selebaran
dan sebuah surat kabar yang bernama, "Cahaya Siang."

2. Di kepulauan Sangihe dan Talaud bangsa Portugis telah
lebih dahulu menyiarkan agama Kristen. Pekerjaan ini
kemudian diambil alih dan diteruskan oleh bangsa Belanda di
Ambon dan Maluku dipelopori antara lain oleh: J. Kam pada
pertengahan abad ke 19 juga. Dia adalah utusan dari
Nederlandse Zendinggenootschap tersebut. Kemudian mereka
luaskan sampai ke pulau Buru. Adapun daerah Sulawesi Tengah
dan Tenggara kristenisasi dilakukan oleh Bala Keselamatan
atau Leger des Heils, sedang Gereformeerde Zendingbond
mengirimkan pendeta Van Den Loodrecht ke Luwuk pada tahun
1913. Di Bolaang Mongondow pengkristenan dilakukan oleh
Nederlandse Zendinggenootsehap. Pada tahun 1904 seorang raja
meminta kepada Zending itu untuk mendirikan sebuah H.l.S.
disana. Sekolah ini terlaksana pada tahun 1913. Perkumpulan
De Nederlandse Zendingvereniging yang semula diberikan tugas
mengkristenkan Jawa Barat, pada tahun 1915 juga beroperasi
di Sulawesi Tenggara.

3. Kristenisasi di Jawa Timur dipelopori oleh seorang tukang
jam bangsa Belanda di Surabaya yang bernama Emde dan seorang
tuan tanah bernama C. Coolen kira-kira pada tahun 1840.
Empat tahun kemudian pengikut mereka berhasil membentuk
sebuah desa Keristen di Mojowarno di mana dewasa ini berdiri
sebuah rumah sakit Kristen yang amat besar dan modern. Pada
tahun 1848 seorang zendeling lagi yaitu E.J. Jellesma datang
ke Surabaya lalu ke Mojowarno. Dengan dibantu oleh seorang
guru Injil Paulus Tosari didirikannya sebuah Kweekschool
yang kemudian terpaksa ditutup pada tahun 1858. Tetapi pada
tahun 1500 dapat dibuka kembali. Murid-murid dari pengikut
C. Coolen menyebarluaskan agama Kristen ini sampai ke
Pasuruan dan Kediri. Kemudian berdatangan para zendeling
dari negeri Belanda untuk menyebarkan agamanya di
tengah-tengah umat Islam. Mereka mendirikan rumah sakit
rumah sakit di banyak tempat di samping rumah sakit besar
Mojowarno.

4. Di Jepara tinggal seorang bernama Tunggul Wulung yang
terkenal dengan julukan Kiyahi Berahim. Dia adalah seorang
petapa yang mengaku telah mendapat wahyu dari Allah lalu
masuk Kristen. Tetapi kemudian dia campur-adukkan
kepercayaan Kristen dengan Islam dan animisme, akhirnya dia
tidak diakui lagi oleh gereja. Ada pula seorang santri
bernama Sadrah, yang berhasil ditarik memeluk agama Kristen
oleh seorang zendeling yang bernama Hoezoo. Sadrah kemudian
mengembara hampir ke seluruh tanah Jawa dan banyak bertemu
serta berwawancara dengan penyebar agama Kristen lainnya. Di
Jakarta, dahulu Batavia, dia bertemu dengan MR. F.L.
Anthing, bekas pejabat tinggi kehakiman di Semarang yang
telah pindah ke Jakarta, Dia ini sangat besar jasanya dalam
pernyebaran Kristen. Tahun 1867 Sadrah dibaptiskan dan dua
tahun kemudian dia dipindahkan ke Purworejo untuk menyiarkan
Kristen bekerja sama dengan nyonya Philips. Tahun 1870
pindah ke desa Karangjasa dekat Bagelen dan terus giat
menyebarkan agamanya dan memimpin kaum Kristen Jawa. Dari
sana Kristenisasi diperluas oleh Dewan Gereja (Gereformeerde
Kerken) ke Banyumas dan Kedu lalu meluas ke Yogyakarta dan
Surakarta.

5. Adapun di Sumatera pekerjaan zending dapat dikatakan
dimulai pada tahun 1890 di dacrah Sumatera Pasisir Timur.
Pada tahun 1894 mereka sampai ke utara Danau Toba daerah
Batak Karo. Pada tahun 1915 mereka dirikan rumahsakit di
bawah pimpinan seorang Zuster bangsa Belanda. Pulau Nias
dimasuki pada tahun 1866 oleh para zendeling dari
perkumpulan Rheinische Missionsgeselschaft, yaitu gabungan
zending yang berdiri pada tahun 1823 dan berpusat di Barmen
wilayah Dusseldorf, Jerman. Mereka juga melebarkan sayap ke
Pulau Mentawai dan Enggano. Rheinische Missionsgeselschafe
ini juga beroperasi di pulau Kalimantan sebelah Selatan dan
Timur untuk mengkristenkan suku Dayak. Pada tahun l904
kelihatan kemajuannya di Kuala Kurom dan Kahayan Hulu, lalu
meluas dengan pesat.

Demikianlah ringkasan sejarah kristenisasi yang dilakukan
oleh agama Protestan di tanah air kita.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by SEGOROWEDI on Fri Apr 20, 2012 7:20 am

agama bisa menyebar dan masuk ke mana-mana lewat berbagai jalan
yang penting tidak menundukkannya dengan bawa pedang
bagi yang tidak mau mengakui ia nabi, ilahnya Tuhan, dan mbayar jaminan keamanan
diperangi

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by SEGOROWEDI on Fri Apr 20, 2012 7:38 am

selalu saja..
wanita diperlakukan tak sepadan dengan pria
ajaran yang cowoki banget

itu bukti bahwa hanya karangan muhammad

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by mang odoy on Fri Apr 20, 2012 10:55 am

@SEGOROWEDI wrote:agama bisa menyebar dan masuk ke mana-mana lewat berbagai jalan
yang penting tidak menundukkannya dengan bawa pedang
bagi yang tidak mau mengakui ia nabi, ilahnya Tuhan, dan mbayar jaminan keamanan
diperangi

Yang paling sukses ya PENJAJAHAN.....libas abis sampe kering,,,dah melarat...baru dah di iming iming syurga Kresten yang kaya LALER IJO NGERUBUNGIN THAIZ..standby nungguin perentah babeh.....wkwkwkwkwkwk

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by SEGOROWEDI on Fri Apr 20, 2012 1:30 pm

@mang odoy wrote:
Yang paling sukses ya PENJAJAHAN.....libas abis sampe kering,,,dah melarat...baru dah di iming iming syurga Kresten yang kaya LALER IJO NGERUBUNGIN THAIZ..standby nungguin perentah babeh.....wkwkwkwkwkwk

gak pernah pernah ada pelajaran sejarah
yang menjelaskan bahwa belanda menjajah untuk kristenisasi

jokosembung bawa golok

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by keroncong on Sat Apr 21, 2012 1:40 am

@SEGOROWEDI wrote:selalu saja..
wanita diperlakukan tak sepadan dengan pria
ajaran yang cowoki banget

itu bukti bahwa hanya karangan muhammad

pria adalah pemimpin bagi wanita dan di http://www.laskarislam.com/t2243-jangan-pilih-capres-caleg-kristen jelas tidak boleh mengambil pemimpin dari orang kristen.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by keroncong on Sat Apr 21, 2012 1:40 am

@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:
Yang paling sukses ya PENJAJAHAN.....libas abis sampe kering,,,dah melarat...baru dah di iming iming syurga Kresten yang kaya LALER IJO NGERUBUNGIN THAIZ..standby nungguin perentah babeh.....wkwkwkwkwkwk

gak pernah pernah ada pelajaran sejarah
yang menjelaskan bahwa belanda menjajah untuk kristenisasi

jokosembung bawa golok

masih ingat 3G.....gold,gospel,glory?
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by satria bergitar on Sat Apr 21, 2012 8:47 am

@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:
Yang paling sukses ya PENJAJAHAN.....libas abis sampe kering,,,dah melarat...baru dah di iming iming syurga Kresten yang kaya LALER IJO NGERUBUNGIN THAIZ..standby nungguin perentah babeh.....wkwkwkwkwkwk

gak pernah pernah ada pelajaran sejarah
yang menjelaskan bahwa belanda menjajah untuk kristenisasi

jokosembung bawa golok


baca sejarah dul..jangan jaka sembung nte bawa bawa...ngelawak lg..

nih gw kasih..

Riwayat kristenisasi di Indonesia dimulai dengan datangnya para kolonialis. Selama lebih dari tiga abad Indonesia dijajah oleh Spanyol, Portugis, Belanda, dan Inggris. Status sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia sekaligus memiliki kekayaan alam yang melimpah menjadikan Indonesia target penting bagi misionaris dan kolonialis.
VOC atau Perusahaan Belanda di Hindia Timur yang dibentuk pada 1602 merupakan wakil imperialisme Belanda di Asia Tenggara. Latourette dalam A History of Christianity mengakui, “Prinsip dan kaidah Kristen dalam kebijakan-kebijakan imperialisme Belanda memainkan peranan yang sangat banyak.” Aqib Suminto dalam Politik Islam Hindia Belanda menuturkan bagaimana pada 1661 VOC melarang umat Islam melaksanakan ibadah haji. Kebijakan ini merupakan realisasi anjuran Bogart, seorang Katolik ekstrim di parlemen Belanda. Bogart menilai para haji sangat berbahaya secara politis. Karena itu, melarang perjalanan ibadah haji jauh lebih baik ketimbang menembak mati para haji itu. C. Guillot dalam Kiai Sadrach: Riwayat Kristenisasi di Jawa menuturkan bahwa pada awalnya pusat penyebaran Kristen adalah Maluku. Banyak orang Maluku yang menjadi tentara yang kemudian dikirim ke kawasan-kawasan utama militer Belanda di Jawa, seperti Batavia, Semarang, dan Surabaya. Mereka itulah yang pertama kali membentuk jemaah Kristen pribumi.

dikutiip dari : http://mradhi.com/sosial-politik/kristenisasi-di-dunia-islam-hasil-konspirasi-misionaris-dan-imperialis.html
M. Ramdhan Adhi

msih mau bilang tujuan belanda cuma dagang wed..

sapa tau nenek moyang anda pun korban kristenisasi jaman belanda pak wedi..
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by satria bergitar on Sat Apr 21, 2012 8:59 am

Mari kita tinjau kristenisasi dari segi hukum...

Pasal 29 ayat (1) UUD 1945 menyebutkan bahwa Indonesia berdasarkan atas
Ketuhanan Yang Maha Esa. Dalam ayat (2) disebutkan bahwa negara menjamin
kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan
beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu. Penegasan konstitusi
ini mengharuskan setiap warga negara untuk hormat– menghormati dan
hargai–menghargai terhadap agama yang dianut oleh warga negara
Indonesia
. Negara menjamin kemerdekaan warganya untuk menganut agama
tertentu sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

Dalam Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri dalam Negeri yang
dituangkan dalam berbagai keputusannya. Menjelaskan beberapa hal :

Pertama, dalam rangka menciptakan kerukunan antar umat beragama tidak
boleh dilakukan upaya-upaya pemaksaan agama atau upaya-upaya yang
menarik dan mengarahkan seseorang untuk keluar dari agamanya.

Kedua,
penyiaran agama tidak dibenarkan untuk ditujukan terhadap orang atau
kelompok orang yang telah memeluk/menganut agama lain dengan cara;
menggunakan bujukan, pemberian barang bantuan, pengobatan dan
bentuk-bentuk pemberian lainnya
, menyebarkan pamplet, majalah, buletin,
buku-buku dan bentuk-bentuk barang cetakan lainnya kepada orang yang
telah memeluk agama, melakukan kunjungan ke rumah-rumah umat yang telah
memeluk agama
.

Ketiga, pemerintah berkewajiban untuk memantau dan
mengawasi kegiatan keagamaan termasuk pelaksanaan ibadah, sehingga akan
tercipta kerukunan antar umat beragama.

Keempat, pemerintah
memfasilitasi kegiatan-kegiatan keagamaan termasuk penguatan dalam
bidang aqidah, sehingga kehidupan umat beragama akan semakin baik dan
kokoh.

Jadi jika rekan rekan muslim menemukan indikasi adanya penyebaran agama dengan motif seperti poin kedua diatas bisa dilaporkan kepada polisi karena telah melanggar konstitusi dan keputusan menteri
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by hanisf on Sat Apr 21, 2012 9:02 am

@SEGOROWEDI wrote:selalu saja..
wanita diperlakukan tak sepadan dengan pria
ajaran yang cowoki banget

itu bukti bahwa hanya karangan muhammad

lain kali klo ngomong dipikir dlu...
siapa yang bilang wanita muslimah di tidak sepadankan???

saya muslimah dan saya sangat bersyukur lahir sebagai muslimah karena dikalangan muslim saya dihargai,pendapat saya didengar,,aurat saya dijaga,,,kami diistimewakan,,,

bahkan klo kuliah,,,teman2 saya yang muslim mendahulukan saya dalam segala hal karena mereka sangat tahu wanita patut dilindungi..

bukti muslimah ga boleh nikah am kafir tuh juga jelas untuk melindungi kami..

laki2 adalah pemimpin dlm rumah tangga,,lha klo muslimah di pimpin org kafir gmn jadinya???
paling2 saya suruh buka jilbab ntar,,klo kagak mau masuk kristen bakal dicerai,,aurat saya dipajang..

HEY BRO,,KITA YA MUSLIMAH UDH KAGAK PERCAYA AM LAKI2 KAFIR MACAM ENTE,,JADI GA USAH MENYIMPANGKAN HUKUM ISLAM UNTUK BUAT KAMI TERPENGARUH!!!
avatar
hanisf
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Female
Posts : 79
Join date : 02.04.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by satria bergitar on Sat Apr 21, 2012 9:09 am

@hanisf wrote:
@SEGOROWEDI wrote:selalu saja..
wanita diperlakukan tak sepadan dengan pria
ajaran yang cowoki banget

itu bukti bahwa hanya karangan muhammad

lain kali klo ngomong dipikir dlu...
siapa yang bilang wanita muslimah di tidak sepadankan???

saya muslimah dan saya sangat bersyukur lahir sebagai muslimah karena dikalangan muslim saya dihargai,pendapat saya didengar,,aurat saya dijaga,,,kami diistimewakan,,,

bahkan klo kuliah,,,teman2 saya yang muslim mendahulukan saya dalam segala hal karena mereka sangat tahu wanita patut dilindungi..

bukti muslimah ga boleh nikah am kafir tuh juga jelas untuk melindungi kami..

laki2 adalah pemimpin dlm rumah tangga,,lha klo muslimah di pimpin org kafir gmn jadinya???
paling2 saya suruh buka jilbab ntar,,klo kagak mau masuk kristen bakal dicerai,,aurat saya dipajang..

HEY BRO,,KITA YA MUSLIMAH UDH KAGAK PERCAYA AM LAKI2 KAFIR MACAM ENTE,,JADI GA USAH MENYIMPANGKAN HUKUM ISLAM UNTUK BUAT KAMI TERPENGARUH!!!

avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by keroncong on Sat Apr 21, 2012 9:12 am

@hanisf wrote:
@SEGOROWEDI wrote:selalu saja..
wanita diperlakukan tak sepadan dengan pria
ajaran yang cowoki banget

itu bukti bahwa hanya karangan muhammad

lain kali klo ngomong dipikir dlu...
siapa yang bilang wanita muslimah di tidak sepadankan???

saya muslimah dan saya sangat bersyukur lahir sebagai muslimah karena dikalangan muslim saya dihargai,pendapat saya didengar,,aurat saya dijaga,,,kami diistimewakan,,,

bahkan klo kuliah,,,teman2 saya yang muslim mendahulukan saya dalam segala hal karena mereka sangat tahu wanita patut dilindungi..

bukti muslimah ga boleh nikah am kafir tuh juga jelas untuk melindungi kami..

laki2 adalah pemimpin dlm rumah tangga,,lha klo muslimah di pimpin org kafir gmn jadinya???
paling2 saya suruh buka jilbab ntar,,klo kagak mau masuk kristen bakal dicerai,,aurat saya dipajang..

HEY BRO,,KITA YA MUSLIMAH UDH KAGAK PERCAYA AM LAKI2 KAFIR MACAM ENTE,,JADI GA USAH MENYIMPANGKAN HUKUM ISLAM UNTUK BUAT KAMI TERPENGARUH!!!

betul sekali sista....sudah ada korbannya teman saya.....dulu berjilbab, tapi semenjak dipacarin ama penyanyi gereja, dia sudah gak pake jilbab skrg.....hebat bner yah tuh penyanyi kristen.... paus paus. natalan kemaren teman saya ini dipaksa ikut nemenin kebaktian di gereja....... nangis
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by SEGOROWEDI on Sat Apr 21, 2012 11:43 am

@hanisf wrote:
lain kali klo ngomong dipikir dlu...
siapa yang bilang wanita muslimah di tidak sepadankan???

saya muslimah dan saya sangat bersyukur lahir sebagai muslimah karena dikalangan muslim saya dihargai,pendapat saya didengar,,aurat saya dijaga,,,kami diistimewakan,,,

bahkan klo kuliah,,,teman2 saya yang muslim mendahulukan saya dalam segala hal karena mereka sangat tahu wanita patut dilindungi..

bukti muslimah ga boleh nikah am kafir tuh juga jelas untuk melindungi kami..

laki2 adalah pemimpin dlm rumah tangga,,lha klo muslimah di pimpin org kafir gmn jadinya???
paling2 saya suruh buka jilbab ntar,,klo kagak mau masuk kristen bakal dicerai,,aurat saya dipajang..

HEY BRO,,KITA YA MUSLIMAH UDH KAGAK PERCAYA AM LAKI2 KAFIR MACAM ENTE,,JADI GA USAH MENYIMPANGKAN HUKUM ISLAM UNTUK BUAT KAMI TERPENGARUH!!!

kalau otak sudah tercuci memang pengekangan dirasakan sebagai perlindungan
saya sering ketemu muslimah yang berkerudung hitam fulll bahkan muka dan matanya tertutup kain hitam
jalan kaki di siang bolong yang panas terik sambil nggendong balita dan nuntun balita pula
tentu sangat tesiksa.. menutupi/menjaga aurat? bodoh..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by SEGOROWEDI on Sat Apr 21, 2012 11:51 am

[quote="satria bergitar"]
baca sejarah dul..jangan jaka sembung nte bawa bawa...ngelawak lg..

nih gw kasih..
Riwayat kristenisasi di Indonesia dimulai dengan datangnya para kolonialis. Selama lebih dari tiga abad Indonesia dijajah oleh Spanyol, Portugis, Belanda, dan Inggris. Status sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia sekaligus memiliki kekayaan alam yang melimpah menjadikan Indonesia target penting bagi misionaris dan kolonialis.
VOC atau Perusahaan Belanda di Hindia Timur yang dibentuk pada 1602 merupakan wakil imperialisme Belanda di Asia Tenggara. Latourette dalam A History of Christianity mengakui, “Prinsip dan kaidah Kristen dalam kebijakan-kebijakan imperialisme Belanda memainkan peranan yang sangat banyak.” Aqib Suminto dalam Politik Islam Hindia Belanda menuturkan bagaimana pada 1661 VOC melarang umat Islam melaksanakan ibadah haji. Kebijakan ini merupakan realisasi anjuran Bogart, seorang Katolik ekstrim di parlemen Belanda. Bogart menilai para haji sangat berbahaya secara politis. Karena itu, melarang perjalanan ibadah haji jauh lebih baik ketimbang menembak mati para haji itu. C. Guillot dalam Kiai Sadrach: Riwayat Kristenisasi di Jawa menuturkan bahwa pada awalnya pusat penyebaran Kristen adalah Maluku. Banyak orang Maluku yang menjadi tentara yang kemudian dikirim ke kawasan-kawasan utama militer Belanda di Jawa, seperti Batavia, Semarang, dan Surabaya. Mereka itulah yang pertama kali membentuk jemaah Kristen pribumi.

dikutiip dari : http://mradhi.com/sosial-politik/kristenisasi-di-dunia-islam-hasil-konspirasi-misionaris-dan-imperialis.html
M. Ramdhan Adhi

msih mau bilang tujuan belanda cuma dagang wed..

sapa tau nenek moyang anda pun korban kristenisasi jaman belanda pak wedi..

tulisan tendensius..
gak ada kisah seperti itu di buku sejarah

berarti pejuang kristen/katholik kagak punya dong kita?
semua berkopiah, berdaster dan berjenggot
mikirr..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

[Special Kartini Day] RA Kartini pun Menolak Masuk Kristen & Menentang Politik Kristenisasi

Post by Penyaran on Sat Apr 21, 2012 12:28 pm



(voa-islam) – Menarik apa yang ditulis sejarawan Muslim Indonesia Ahmad Mansur Suryanegara dalam bukunya Api Sejarah tentang penolakan Raden Ajeng (RA) Kartini terhadap politik Kristenisasi di Tanah Jawa. Tak banyak buku sejarah yang mengungkap hal ini. Boleh jadi, pihak Barat dan kaum sekuler sengaja menutup-nutupi fakta sejarah ini. Setidaknya ini membuka cakrawala baru bagi penikmat sejarah.

Siapa nyana, RA Kartini pernah menolak ajakan sahabat penanya Ny. Van Kol -- asal Belanda itu -- untuk memeluk agama Kristen. Bagi Kartini, beragama Kristen sangat merendahkan derajatnya. Ini, bukti, Kartini memiliki ketauhidan (Islam) yang sangat kokoh, ketika itu.

Dari surat-suratnya yang dikenal dengan Habis Gelap Terbitlah Terang (Door Duisternis tot Licht), ternyata RA Kartini tidak hanya menentang adat, tetapi juga menentang politik Kristenisasi dan Westernisasi. Dari surat-surat RA Kartini terbaca tentang nilai Islam dimata rakyat terjajah saat itu. Islam dalam pandangan Kartini adalah martabat peradaban bangsa Indonesia. Sebaliknya, Kristen dinilai merendahkan derajat bangsa, karena para gerejawannya memihak kepada politik imperialisme dan kapitalisme.

Ketika Ny. Van Kol mengajaknya untuk masuk agama Kristen, Kartini menolaknya, seraya mengatakan, “Yakinlah Nyonya, kami akan tetap memeluk agama kami yang sekarang ini (Islam).” Selanjutnya, Kartini berbalik mengingatkan Ny. Van Kol agar Barat dapat bertoleransi terhadap agama Islam.

Suratnya kepada E.C Abendanon dalam Habis Gelap Terbitlah Terang, Kartini juga mengingatkan: “Zending Protestan jangan bekerja dengan mengibarkan panji-panji agama. Jangan mengajak orang Islam memeluk agama Nasrani. Hal ini akan membuat Zending memandang penduduk Islam sebagai musuhnya. Dampaknya, semua agama akan menjauhi Zending.”

Mengapa demikian? RA Kartini menjelaskan, “Orang Islam umumnya memandang rendah kepada orang yang tadinya seagama dengan dia, lalu melepaskan keyakinannya sendiri memeluk agama lain.”

Kartini mengatakan,”Karena yang dipeluknya agama orang Belanda, sangka dia sama tinggi derajatnya dengan orang-orang Belanda.” Yang menarik, Kartini memberi petunjuk kepada Zending Protestan, agar Zending mengajarkan ketauhidan seperti yang telah melekat pada keimanan Islami di hati bangsa Indonesia. “Janganlah menasranikan orang,” kata Kartini 31 Januari 1903 M.

Kekaguman pada Al-Qur’an

Sikap Kartini yang istiqamah, nampak setelah ia membaca Tafsir Al-Qur’an. Kekagumannya terhadap nilai ajaran Al-Qur’an dituturkan kepada E.C Abendanon: “Alangkah bebalnya, bodohnya kami, kami tiada melihat, tiada tahu, bahwa sepanjang hidup ada gunung kekayaan di samping kami”.(15 Agustus 1902).

RA Kartini menilai Al-Qur’an sebagai gunung kekayaan yang telah lama ada disampingnya. Akibat pendidikan Barat, Al-Qur’an menjadi terlupakan. Namun, setelah Tafsir Al-Qur’an dibacanya, Kartini melihat Al-Qur’an sebagai gunung keagungan hakikat kehidupan.

RA Kartini dengan surat-suratnya memberikan gambaran, bahwa agama Kristen atau Katolik tidak mendapatkan tempat di hati rakyat Indonesia. Hal ini disebabkan Agama Protestan sebagai agama penjajah Belanda. Demikian pula Katolik dikembangkan oleh penjajah Portugis, sebelum penjajah Protestan Belanda.

“Jika demikian faktar sejarah yang sebenarnya, timbul pertanyaan, apakah benar teks dalam Diorama Monumen Nasional, Katolik dan Protestan sebagai pemersatu bangsa?” tanya Ahmad Mansur Suryanegara, sejarawan Muslim asal Bandung itu.

Ahmad Mansur sangat menyayangkan jika umat Islam di Indonesia belum menggali sejarah bangsanya sendiri, terutama ulamanya. Kata Mansur, Ulama hanya mampu membaca abunya sejarah, tetapi tidak dapat menangkap apinya sejarah. Para ulama selalu disibukkan oleh masalah fiqhiyah, sehingga membiarkan masalah distorsi penulisan sejarah di sekitarnya tak terjawab.

Akibatnya, pemerintah kolonial Belanda lah yang mengadakan pemugaran dan penulisan sejarah Indonesia dengan penyimpangan-penyimpangannya. Termasuk mengagung-agungkan kisah masa jaya dan keemasan Hindu dan Buddha. Bahkan kolonial Barat berusaha memadamkan cahaya Islam melalui penulisan sejarah yang sengaja digelapkan.

“Melalui interpretasi sejarah, pemerintah Kolonial Belanda mencoba membentuk opini public bangsa Indonesia agar berpendapat bahwa Islam sebagai agama asing dari Arab, dan kedatangan Islam dianggap merugikan bangsa Indonesia. Sebuah penulisan sejarah yang keliru besar,” kata Mansur.

Menurut Mansur, RA Kartini benar-benar memperjuangkan anak bangsa agar memperoleh kesempatan pendidikan, sekalipun bukan dari suku Jawa. Lagi pula RA Kartini bukan dari kalangan Kejawen. Kebangkitan juangnua sangat dipengaruhi oleh ajaran Al-Qur’an. Lingkungan kehidupan Kabupaten Jepara merupakan medan persemaian tumbuh kembangnya ajaran Islam di kalangan Bupati yang berpikiran maju sejalan dengan gerakan kaum muda.

Terlepas dari kritikan yang menyebut alam pemikiran Kartini sangat bercorak Theosofi, sebuah organisasi kebatinan Yahudi yang keberadaannya sempat dilarang oleh pemerintah RI. Setidaknya apa yang diungkap sejarawan Muslim Ahmad Mansur Suryanegara adalah sisi lain sosok Kartini yang tak banyak diungkap sejarawan lain, bahwa ia pernah menolak ajakan Ny. Van Kol untuk masuk agama Kristen dan menentang politik Kristenisasi dan westernisasi di negeri ini. Wallohu’alam bisshowab. (Desastian/dbs)

sumber: http://www.voa-islam.com/counter/christology/2011/11/04/16587/ra-kartini-pun-menolak-masuk-kristen-menentang-politik-kristenisasi/

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by SEGOROWEDI on Sat Apr 21, 2012 12:39 pm

van kol hanya mengabarkan dan menawarkan
pilihan terima/tidak tetap ada pada kartini
sekalipun belanda penguasa waktu itu
tidak memaksa kartini tunduk atau mbayar jisya

bahkan di negeri belanda
namanya diabadikan sebagai nama jalan
hal yang mustahil dilakukan arab/islam

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by Penyaran on Sat Apr 21, 2012 4:11 pm

@SEGOROWEDI wrote:van kol hanya mengabarkan dan menawarkan
pilihan terima/tidak tetap ada pada kartini
sekalipun belanda penguasa waktu itu
tidak memaksa kartini tunduk atau mbayar jisya

bahkan di negeri belanda
namanya diabadikan sebagai nama jalan
hal yang mustahil dilakukan arab/islam

ketawa guling ketawa guling ketawa guling

satu lage antek2 kompeni
lw tau kagak kl gw mirip ama anak FFI yg 1 ini: http://www.laskarislam.com/t2124-netter-ffi-ada-yg-jd-antek2-kompeni

ketawa guling ketawa guling ketawa guling

lw pikir kompeni tuh gak maksa jg
emang bener belande gak maksa tunduk atau mbayar jisya
tp apakah lw lupa dgn yg namanye kerja rodi

ketawa guling ketawa guling ketawa guling

gw penasaran nilai pelajaran sejarah lw dulu dapet berape sih

keliatannye lw ame chriztian power perlu belajar sejarah lg deh

ketawa guling ketawa guling ketawa guling

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by lampu teplok on Sat Apr 21, 2012 5:07 pm

Kok di pic-nye ada gambar mata satu=mata dewa horus=illuminaty=freemason=apa R.A.Kartini anggota illumitay??
avatar
lampu teplok
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 111
Kepercayaan : Islam
Join date : 24.02.12
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by satria bergitar on Sat Apr 21, 2012 8:20 pm

@atas
baru ane ksh segitu dah kebakaran jenggot nte... ketawa guling
ampe blepotan tuh quotenya.. nyerah

tendensius???
itu sih tergantung sudut pandang si pembaca...dan ane katakan itu FAKTA SEJARAH

mau tau siapa latourette??
Latourette sangat ahli di dalam bidang misi dan sejarah oriental

http://jeffreysiauw.blogspot.com/2011/02/beyond-ranges-kenneth-scott-latourette.html
http://www.bdcconline.net/en/stories/l/latourette-kenneth-scott.php

jangan2 emang bener kali nenek moyang pak wedi korban misionaris belanda neh.. piss
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by Orang_Pinggiran on Tue Apr 24, 2012 12:54 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@hanisf wrote:
ahay..OOT ne...

ga pke pemaksaan kok..
dirayu dikit aj ibu2 itu pada ikt...
kan saya izin sama romonya..

klo kristen kan ga ijin sama pemuka agamanya ngundang2...
payah!

bahkan kamu gak harus ijin siapapun kecuali yang bersangkutan sendiri
karena itu ham, maka jangan sekali-kali melarang seseorang berdakwah
dan melarang seseorang mendengarkan dakwah, termasuk muslim yang mau mendengar tentang kristen

ati2 loh Wed.. pada mualap semua ntar ketawa guling
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by Orang_Pinggiran on Tue Apr 24, 2012 12:56 pm

ichreza wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:
Yang paling sukses ya PENJAJAHAN.....libas abis sampe kering,,,dah melarat...baru dah di iming iming syurga Kresten yang kaya LALER IJO NGERUBUNGIN THAIZ..standby nungguin perentah babeh.....wkwkwkwkwkwk

gak pernah pernah ada pelajaran sejarah
yang menjelaskan bahwa belanda menjajah untuk kristenisasi

jokosembung bawa golok

masih ingat 3G.....gold,gospel,glory?

kayaknya si Wedi kaga makan bangku sekolahan bro ketiwi
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by Orang_Pinggiran on Tue Apr 24, 2012 12:56 pm

@satria bergitar wrote:@atas
baru ane ksh segitu dah kebakaran jenggot nte... ketawa guling
ampe blepotan tuh quotenya.. nyerah

tendensius???
itu sih tergantung sudut pandang si pembaca...dan ane katakan itu FAKTA SEJARAH

mau tau siapa latourette??
Latourette sangat ahli di dalam bidang misi dan sejarah oriental

http://jeffreysiauw.blogspot.com/2011/02/beyond-ranges-kenneth-scott-latourette.html
http://www.bdcconline.net/en/stories/l/latourette-kenneth-scott.php

jangan2 emang bener kali nenek moyang pak wedi korban misionaris belanda neh.. piss

maklum bang, modal sms doang ketawa guling
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 24, 2012 12:58 pm

@satria bergitar wrote:@atas
baru ane ksh segitu dah kebakaran jenggot nte... ketawa guling
ampe blepotan tuh quotenya.. nyerah

tendensius???
itu sih tergantung sudut pandang si pembaca...dan ane katakan itu FAKTA SEJARAH

mau tau siapa latourette??
Latourette sangat ahli di dalam bidang misi dan sejarah oriental

http://jeffreysiauw.blogspot.com/2011/02/beyond-ranges-kenneth-scott-latourette.html
http://www.bdcconline.net/en/stories/l/latourette-kenneth-scott.php

jangan2 emang bener kali nenek moyang pak wedi korban misionaris belanda neh.. piss

lihat dong judul buku dan penulisnya..
gimana nih, berarti kita tidak punya pahlawan kristen/katholik
pahlawannya berjenggot, berdaster dan berkopiah semua
karena yang harus diperangi adalah misionaris

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 24, 2012 1:00 pm

@Orang_Pinggiran wrote:
maklum bang, modal sms doang ketawa guling

baca judulnya:
kristenisasi-di-dunia-islam-hasil-konspirasi-misionaris-dan-imperialis

penulisnya:
M. Ramdhan Adhi

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: kristenisasi

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik