FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Manfaat Sholawat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 12:55 am

AL-QUR'AN

Surat Al-Ahzâb ayat 43:
"Dia-lah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohon ampunan untukmu) supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya yang terang".

Surah Al-Ahzâb ayat 56:
"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya".

Maksud Allah bershalawat kepada Nabi Saw. adalah dengan memberi rahmat-Nya; bershalawat malaikat kepada Nabi Saw. dengan memintakan ampunan; sedangkan bershalawatnya orang-orang mu'min kepada Nabi Saw. dengan berdoa supaya diberi rahmat seperti dengan per-kataan "Allâhumma Shalli 'alâ Muhammad"

Adapun salam kepada Nabi Saw. adalah dengan mengucapkan "Assalâmu Alayka Ayyuh al-Nabiyy."

Berikut hadits – hadits tentang keutamaan bersholawat :

1. “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kamu semua adalah hari jum’at, maka perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari itu, karena sesungguhnya bacaan shalawatmu itu diperlihatkan kepadaku.” Para sahabat bertanya,”Wahai Rasulullah, bagaimana bacaan shalawat kami diperlihatkan kepada tuan, sedangkan jasad tuan telah bercampur dengan tanah?” Nabi MuhammadSAW, bersabda, ” Sesungguhnya Allah mengharamkan kepada bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (HR Abu Dawud dari Aus bin Aus).

2. ” Janganlah kamu semua menjadikan kuburku sebagai tempat perayaan, dan bacalah shalawat kepadaku, karena sesungguhnya bacaan shalawatmu itu akan sampai kepadaku dimanapun kamu berada.” (HR. Abu Dawud dari Abu Hurairah).

3. ” Orang bakhil (kikir) adalah orang yang apabila mendengar namaku disebut, ia tidak membaca shalawat kepadaku.” (HR. Turmudzi dari Ali).

4. ” Tidak ada seorangpun yang mengucapkan salam kepadaku melainkan Allah mengembalikan nyawaku sehingga aku dapat menjawab salam kepadanya.” (HR. Abu Dawud dari Abu Hurairah).

5. “Dari Fadhalah bin ‘Ubaid r.a berkata bahwasanya Rasullullah SAW mendengar seseorang berdo’a sewaktu shalat yang tidak mengagungkan nama Allah Ta’ala dan tidak bershalawat kepada Nabi SAW, maka Rasulullah bersabda,” Orang ini tergesa-gesa.” kemudian beliau memanggilnya seraya bersabda kepadanya dan kepada yang lain, ” Bila salah seorang diantara kamu sholat, maka hendaklah memulai dengan memuji dan menyanjung Tuhannya Yang Maha Suci, kemudian membaca Shalawat kepadaku, baru setelah itu berdo’a sekehendak hatinya.” (HR. Abu Dawud dan Turmudzi).

6. “Manusia yang paling utama (dekat) di sisiku kelak pada hari kiamat adalah mereka yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.”(HR. Turmudzi dari Ibnu Mas’ud).

7. “Barang siapa membaca Shalawat kepadaku satu kali maka Allah menurunkan 10 rahmat pada orang itu.” ( HR. Muslim dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash)

avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 12:57 am

SHALAWAT bentuk jamak dari kata salla atau salat yang berarti: doa, keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan, dan ibadah.

Arti bershalawat dapat dilihat dari pelakunya. Jika shalawat itu datangnya dari Allah Swt. berarti memberi rahmat kepada makhluk. Shalawat dari malaikat berarti memberikan ampunan. Sedangkan shalawat dari orang-orang mukmin berarti suatu doa agar Allah Swt. memberi rahmat dan kesejahteraan kepada Nabi Muhammad Saw. dan keluarganya.

Shalawat juga berarti doa, baik untuk diri sendiri, orang banyak atau kepentingan bersama. Sedangkan shalawat sebagai ibadah ialah pernyataan hamba atas ketundukannya kepada Allah Swt., serta mengharapkan pahala dari-Nya, sebagaimana yang dijanjikan Nabi Muhammad Saw., bahwa orang yang bershalawat kepadanya akan mendapat pahala yang besar, baik shalawat itu dalam bentuk tulisan maupun lisan (ucapan).

Hukum Bershalawat

Para ulama berbeda pendapat tentang perintah yang dikandung oleh ayat "Shallû 'Alayhi wa Sallimû Taslîmân = bershalawatlah kamu untuknya dan bersalamlah kamu kepadanya," apakah untuk sunnat apakah untuk wajib.
Kemudian apakah shalawat itu fardlu 'ain ataukah fardlu kifayah. Kemudian apakah membaca shalawat itu setiap kita mendengar orang menyebut namanya ataukah tidak.
Asy-Syâfi'i berpendapat bahwa bershalawat di dalam duduk akhir di dalam sembahyang, hukumnya fardlu. Jumhur ulama berpendapat bahwa shalawat itu adalah sunnat.

Kata Al-Syakhâwî : "Pendapat yang kami pegangi ialah wajibnya kita membaca shalawat dalam duduk yang akhir dan cukup sekali saja dibacakan di dalam suatu majelis yang di dalam majelis itu berulang kali disebutkan nama Rasul.

Al-Hâfizh Ibn Hajar Al-Asqalânî telah menjelaskan tentang madzhab-madzhab atau pendapat-pendapat ulama mengenai hukum bershalawat dalam kitabnya "Fath al-Bârî", sebagaimana di bawah ini.

Para ulama yang kenamaan, mempunyai sepuluh macam madzhab (pendirian) dalam masalah bershalawat kepada Nabi Saw.:

Pertama, madzhab Ibnu Jarîr Al-Thabarî. Beliau berpendapat, bahwa bershalawat kepada Nabi, adalah suatu pekerjaan yang disukai saja.

Kedua, madzhab Ibnu Qashshar. Beliau berpen-dapat, bahwa bershalawat kepada Nabi suatu ibadat yang diwajibkan. Hanya tidak ditentukan qadar banyaknya. Jadi apabila seseorang telah bershalawat, biarpun sekali saja. Terlepaslah ia dari kewajiban.

Ketiga, madzhab Abû Bakar Al-Râzî dan Ibnu Hazmin. Beliau-beliau ini berpendapat, bahwa bershalawat itu wajib dalam seumur hidup hanya sekali. Baik dilakukan dalam sembahyang, maupun di luarnya. Sama hukumnya dengan mengucapkan kalimat tauhid. Selain dari ucapan yang sekali itu hukumnya sunnat.

Keempat, madzhab Al-Imâm Al-Syâfi'i. Imam yang besar ini berpendapat, bahwa shalawat itu wajib dibacakan dalam tasyahhud yang akhir, yaitu antara tasyahhud dengan salam.

Kelima, madzhab Al-Imâm Asy-Sya'bî dan Ishâq. Beliau-beliau ini berpendapat, bahwa shalawat itu wajib hukumnya dalam kedua tasyahud, awal dan akhir.

Keenam, madzhab Abû Ja'far Al-Baqîr. Beliau ini berpendapat, bahwa shalawat itu wajib dibaca di dalam sembahyang. Cuma beliau tidak menentukan tempatnya. Jadi, boleh di dalam tasyahhud awal dan boleh pula di dalam tasyahhud akhir.

Ketujuh, madzhab Abû Bakar Ibnu Bakir. Beliau ini berpendapat, bahwa shalawat itu wajib kita membacanya walaupun tidak ditentukan bilangannya.

Kedelapan, madzhab Al-Thahawî dan segolongan ulama Hanafiyah. Al-Thahawî berpendapat bershalawat itu diwajibkan pada tiap-tiap kita mendengar orang menyebut nama Muhammad. Paham ini di ikuti oleh Al-Hulaimî dan oleh segolongan ulama Syâfi'iyyah.

Kesembilan, madzhab Al-Zamakhsyarî. Al-Zamakhsyarî berpendapat, bahwa shalawat itu dimustikan pada tiap-tiap majelis. Apabila kita duduk dalam suatu majelis, wajiblah atas kita membaca Shalawat kepada Nabi, satu kali.

Kesepuluh, madzhab yang dihikayatkan oleh Al-Zamkhsyarî dari sebagian ulama Madzhab ini berpendapat bahwa bershalawat itu diwajibkan pada tiap-tiap kita mendoa.

Untuk mengetahui manakah paham yang harus dipegangi dalam soal ini, baiklah kita perhatikan apa yang telah diuraikan oleh Al-Imâm Ibn Al-Qayyim dalam kitabnya Jalâul Afhâm, katanya : "Telah bermufakat semua ulama Islam atas wajib bershalawat kepada Nabi, walaupun mereka berselisih tentang wajibnya di dalam sembahyang. Segolongan ulama tidak mewajibkan bershalawat di dalam sembahyang. Di antaranya ialah, Al-Thahawî, Al-Qâdhî al-'Iyâd dan Al-Khaththabî. Demikianlah pendapat para fuqaha selain dari Al-Syâfi'i."
Dengan uraian yang panjang Al-Imâm Ibn Al-Qayyim membantah paham yang tidak mewajibkan shalawat kepada Nabi Saw. di dalam sembahyang dan menguatkan paham Al-Syâfi'i yang mewajibkannya.

Al-Imâm Ibn Al-Qayyim berkata: "Tidaklah jauh dari kebenaran apabila kita menetapkan bahwa shalawat kepada Nabi itu wajib juga dalam tasyahhud yang pertama. Cuma hendaklah shalawat dalam tasyahhud yang pertama, diringkaskan. Yakni dibaca yang pendek.
Maka apabila kita renungkan faham-faham yang telah tersebut itu, nyatalah bahwa bershalawat kepada Nabi itu disuruh, dituntut, istimewa dalam sembahyang dan ketika mendengar orang menyebut nama Nabi Muhammad Saw.

Berkata Al-Faqîh Ibn Hajar Al-Haitamî dalam Al-Zawâjir: "Tidak bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw. ketika orang menyebut namanya, adalah merupakan dosa besar yang keenampuluh."
"Apakah tidak lebih baik saya khabarkan ke-padamu tentang orang yang dipandang sebagai manusia yang sekikir-kikirnya? Menjawab sahabat : Baik benar, ya Rasulullah. Maka Nabi-pun bersabda : Orang yang disebut namaku dihadapannya, maka ia tidak bershalawat ke-padaku, itulah manusia yang sekikir-kikirnya." (HR. Al-Turmudzû dari 'Ali).

Kemudian hadis Nabi yang lain
"Kaum mana saja yang duduk dalam suatu majelis dan melamakan duduknya dalam majelis itu, kemudian mereka bubar dengan tidak menyebut nama Allah dan tidak bershalawat kepada Nabi, niscaya mereka menghadapi kekurangan dari Allah. Jika Allah meng-hendaki, Allah akan mengadzab mereka dan jika Allah menghendaki, Allah akan memberi ampunan kepada mereka. " (HR Al-Turmudzî).

sesungguhnya para ulama’ telah sepakat atas diwajibkannya

membaca “Sholawat dan Salam” untuk Baginda Nabi SAW. Kemudian mereka berselisih pendapat mengenai “kapan” kewajiban itu harus dilaksanakan?.

Menurut Imam Malik, cukup sekali dalam seumur. Menurut Asy-Syafi’i, wajib dibaca pada tasyahud akhir dalam sholat fardhu. Menurut ulama’ lainnya, wajib dibaca satu kali dalam setiap majlis. Ada juga ulama’ yang berpendapat, wajib dibaca setiap kali mendengar nama nabi disebut. Dan ada juga yang mengatakan wajib untuk memperbanyak sholawat, tanpa di batasi bilangan tertentu.


Terakhir diubah oleh mutiiiara tanggal Fri Mar 21, 2014 1:35 am, total 1 kali diubah
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 1:20 am

manfaat bershalawat adalah sebagai berikut:

1. Pembaca shalawat memperoleh limpahan rahmat dan kebaikan dari Allah SWT.

2. Pembaca shalawat diangkat ( ditinggikan ) derajatnya dan dihapuskan dosa-dosa kejahatan dan kesalahannya.

3. Pembaca shalawat memperoleh pengakuan kesempurnaan iman.

4. Membaca shalawat dapat menjauhkan kerugian, penyesalan, dan dimasukan ke dalam golongan orang-orang yang shaleh.

5. Membaca shalawat berarti mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala.( Taqarrub ilallah).

6. Membaca shalawat akan memperoleh pahala seperti pahala memerdekakan budak ( hamba sahaya ).

7. Dengan banyak-banyak membaca shalawat dapat memperoleh Syafa’at di hari kiamat.

8. Banyak membaca shalawat akan memperoleh penyertaan dari Malaikat Rahman.

9. Banyak membaca shalat berarti menjalin komunikasi yang akrab dengan Nabi, sebab jika seseorang bershalawat dan mengucapkan salam kepada Nabi, maka shalawat dan salamnya itu akan disampaikan oleh Malaikat kepada Nabi.

10. Dengan banyak membaca Shalawat bisa membuka kesempatan untuk bertemu dengan Nabi.

11. Membaca Shalawat dapat menghilangkan kesusahan, kegundahan dan kebingungan, serta melapangkan rizqi.

12. Pembaca Shalawat akan dilapangkan dada ketika menghadapi berbagai masalah.

13. Dengan banyak membaca shalawat akan dapat menghapuskan dosa.

14. Membaca shalawat dapat menggantikan shadaqah bagi orang yang tidak sanggup bershadaqah.

15. Membaca shalawat sebanyak-banyaknya dapat melipatgandakan pahala yang diperoleh.

16. Dengan banyak membaca Shalawat bisa mendekatkan kedudukan kepada Rasulullah di hari qiamat.

17. Shalawat menjadikan sebab do’a diterima dan disegerakan oleh Allah.

18. banyak-banyak membaca shalawat ketika di dunia dapat membebaskan diri dari kebingungan di hari kiamat. Sebaliknya apabila seseorang pelit membaca shalawat kepada Nabi, maka ia akan menghadapi kebingungan dan ketakutan dalam mahkamah di padang Mahsyar.

19. Membaca shalawat berarti memenuhi satu hak Nabi, atau menunaikan satu tugas ibadah yang diperintahkan atas ummatnya. Apabila seseorang tidak mau bershalawat, ia berarti enggan memenuhi hak Nabi yang telah diperintahkan oleh Allah Swt.

20. Banyak membaca shalawat adalah indikator seseorang mencintai Nabi Muhammad.

21. Membaca shalawat bisa menjadi sebab dikabulkan segala kebutuhannya.

22. Membaca shalawat sebagai bentuk realisasi ketaatan kepada Allah

23. Mendapat balasan sepuluh rahmah dari Allah setiap kali bersholawat.

24. Diangkat sepuluh derajat karena membaca sekali shalawat.

25. Ditulis sepuluh kebaikan bagi yang membaca sholawat untuk setiap sholawatnya.

26. Dihapus sepuluh keburukan bagi yang membaca sekali bersholawat.

27. Orang yang gemar membaca shalawat akan mendapat kabar gembira sebelum kematiannya tiba.

28. Menjadi sebab teguhnya kaki pada saat meniti titian jembatan shirat.

29. Dengan membaca shalawat berarti seseorang telah menunaikan haknya Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam atasnya.

30. Shalawat adalah doa karena dengan membaca shalawat berarti telah memuji khalilullah dan kekasih-Nya. Dengan itu berarti telah mendoakan baik untuknya.

dll

https://www.facebook.com/notes/multi-level-amal-from-wisata-hati-e-miracle-owner-ustadz-yusuf-mansur/amalan-enteng-tapi-masya-allah-/634447049905458
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 1:21 am

AUBATNYA PENJAHAT Berkah Bacaan Shalawat

Seorang yang sangat zuhud bernama Syeikh Abdul Wahid bin Zaid berkisah sebagai berikut :
Seorang tetangga
kami, bekerja sebagai pegawai negeri dan sangat jahat ketika hidupnya di dunia, dan melakukan maksiat dan suka menakut-nakuti orang.
Pada suatu malam, saya melihat di dalam tidur bahwa tangan tetangga saya tersebut memegang tangan Rosululloh SAW. Saya bertanya kpd Rosululloh SAW :
“Wahai Rosululloh, seseungguhnya org ini sangat terkenal sebagai penjahat di muka Bumi, bagaimana ceritanya engkau sangat menaruh tanganmu memegang tangannya ? “ Rosululloh SAW bersabda :
“ Saya mengetahui apa yang engkau katakan tersebut. Oleh karena itu, saya datang untuk memberikan SYAFAATku kepadanya. ”
Kemudian saya bertanya kepada Rosululloh SAW :
“ Wahai Rosul, apakah kelebihan tetangga kami itu, sehingga engkau memberikan syafaatnya ? ”
Rosululloh SAW menjawab :
“ Tetanggamu itu banyak membaca SHOLAWAT kepadaku. Pada tiap malam ketika dia hendak tidur, dia selalu membaca sholawat 1000 kali ( seribu kali ), sehingga aku mohon kepada Alloh SWT mudah-mudahan syafaatku ini diterima disisi-Nya, agar tetanggamu ini bertaubat kpd-Nya.”
Berkata Syeikh Abdul Wahid ( shohibul hikayat ) :
“ Di pagi hari saya mengajar di Masjid
sebagaimana biasanya, tiba-tiba datang tetangga itu, disaat saya sedang menceritakan apa yang saya lihat di dalam tidur ( mimpi ), dia masuk dan mengucapkan salam sambil menangis, lalu dia berkata :
“ Wahai Syeikh Abdul wahid, izinkanlah aku menjabat tanganmu, karena Rosululloh SAW mengutusku kepadamu, agar aku bertaubat di hadapanmu, dan disaksikan oleh murid-muridmu di Masjid ini. ”
Syekh Abdul
Wahid telah berjabat tangan dengan tetangganya yang telah menyesali segala perbuatannya selama hidupnya tersebut. Ia berjanji tidak akan mengulanginya kembali perbuatan jahatnya tersebut.”
Subhanalloh…… Setelah itu, Syeikh Abdul Wahid bertanya kpd tetangganya tsb : “ Apakah yang menyebabkan engkau bertaubat, wahai saudaraku…?” Tetangganya
menjawab :
“ Rosululloh SAW telah
datang kepadaku di dalam tidurku, dan beliau meneceritakan kepadaku tentang Tanya jawab yang antara engkau dengan beliau, kemudian Rosululloh memegang tanganku dan bersabda:
“ Aku datang kepadamu untuk memberikan syafaat Alloh atas segala dosamu, adalah semata-mata karena engkau banyak membaca Sholawat atasku. ” “ Setelah itu beliau bertitah kepadaku, agar di pagi hari aku datang kepadamu, Wahai Syaikh….Untuk mengumumkan kepada khalayak ramai bahwa aku telah bertaubat yang sebenar-benarnya…..”
Demikianlah keberkahan membaca Sholawat atas Rosululloh SAW, ternyata tdk sia-sia bagi setiap lisan yang selalu di basahi dengan sholawat.
Kisah diatas sebagai bukti nyata Syafaat Rosululloh SAW, bahwa pembacaan sholawat dapat mengugurkan dosa-dosa yang pernah terlanjur dikerjakan oleh seseorang. Sebagaimana diterangkan dalam Hadits :
“ Diriwayatkan dari Abu Bakar As Shiddiq : belaiu berkata, bahwa sholawat kepada Nabi SAW lebih cepat menghapus dosa dari pada air dingin memdamkan api dan lebih utama dari pada memerdekakan hamba sahaya ”

( dari Kitab Bustanul Wa Idzin )
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 1:22 am



SHOLAWAT YANG DITERIMA

Di kisahkan bahwa Amir Madinah bershalawat Kepada Nabi Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam sebanyak 4000 kali tiap hari tanpa sepengetahuan siapapun, kecuali Allah.
Suatu malam ada seorang wanita miskin melahirkan anak. Ia begitu miskin hingga tak mampu membeli lampu maupun minyak bayi. Hal ini membuat suaminya sangat sedih. Dalam kesedihannya itu, ia tertidur dan bermimpi bertemu Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam.
“Pergi dan temuilah Amir Madinah. Katakan bahwa Nabi memerintahkannya untuk menanggung biaya sebesar 100 dinar. Tanda kebenaran berita ini adalah bacaan shalawatnya di depan jendela kuburku sebanyak 4000 kali tiap hari,” perintah Nabi Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam dalam mimpi.
Lelaki itu lalu menemui seorang Syeikh dan menceritakan mimpinya. Mereka lalu sepakat untuk pergi ke rumah Sang Amir Madinah. Setelah keduanya duduk di hadapan Amir Madinah, Sang Syeikh berkata, “Lelaki ini bermimpi tentangmu, dengarkanlah ceritanya.” “Ceritakanlah mimpimu,” kata Amir Madinah.
Lelaki miskin itu kemudian menceritakan mimpinya.
“Mimpi mu benar. Aku bersedia menanggung biaya yang di tetapkan Nabi Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam,” kata Amir Madinah.
Ia lalu bangkit mengambil 100 dinar, “Ini biaya yang harus ku tanggung.”
Ia kemudian memberikan 100 dinar lagi, “Ini Hadiah untuk kabar gembira yang kau bawa, yaitu di terimanya shalawatku oleh Nabi Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam.”
Ia menyerahkan 100 dinar lagi. “Ambillah ini, belanjakanlah untuk keperluan keluargamu dan bayi yang baru lahir,” kata sang Amir.
Perhatikanlah keikhlasan Amir Madinah dalam beribadah. Ia bershalawat kepada Nabi Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam, Nabi Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam merasa senang dan memberinya kabar gembila di dunia.
Sedangkan kita, mengapa jika kita bershalawat atau bersedekah tidak melihat tanda-tanda pengabulan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. MENGAPA?
Aku tidak melihat sebab lain, kecuali tebalnya hijab, karena kita melakukan hal – hal yang tidak pantas. Yaitu hal – hal yang menjauhkan kita dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala…

Sumber Buku Kisah dan Hikmah Dalam Kalam Habib Muhammad Bin Hadi Asseqaf
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 1:47 am

Benarkah para NABI tidak disholawati juga?
Baca ini:

Dan orang banyak yang berjalan di depan Isa Al Masih dan yang mengikuti Isa dari belakang berseru, katanya: “Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!” (Injil, Matius 21:9)

Kata “dia” pada ayat tersebut merujuk kepada “Anak Daud (Keturunan Daud)”. “Anak Daud” pada Matius 21:9 merujuk kepada Isa Al Masih yang dilahirkan oleh Maryam keturunan Daud.  Maka, doa hosana dan doa berkat tersebut adalah untuk nabi Isa Al Masih.

Hosana? Apakah doa atau pujian? kita lihat Hosana dalam Perjanjian lama  

   Mazmur 118:25 Ya TUHAN, berilah kiranya keselamatan! Ya TUHAN, berilah kiranya kemujuran!

   Mazmur Ibrani 118:25 אנא יהוה הושיעה נא אנא יהוה הצליחה נא

   Transliterasi Mazmur Ibrani 118:25 ānnā’ yəhwâ HWOSI‘AH NA’ ’ānnā’ yəhwâ haṣəlîḥâ nnā’:

Dari situs http://www.artikata.com/arti-90566-hosanna.php ,



anda bisa mengerti bahwa HOSANA mengandung pengertian seruan doa ”A Hebrew exclamation of praise to the Lord, or an invocation of blessings”

Apa benar kata “Hosanna” tidak berkonotasi pengharapan alias doa? Mari kita lihat secara etymology dari situs Wikipedia:

   The word hosanna is etymologically derived from the Hebrew הושיעה־נא, hôšî‘âh-nā’ (baca howsyi’ahnnaa). Christian usage has come through the Greek Bible, giving it the form ὡσαννά, hōsanná.

   From the Bauer lexicon: derived from Aramaic (הושע נא) from Hebrew (הושיעה נא) (Psalm 118:25, הוֹשִׁיעָהנָּא), meaning “help” or “save, I pray“, “an appeal that became a liturgical formula; as part of the Hallel… familiar to everyone in Israel.”

   From the Friberg Lexicon: hosanna, indecl. particle translit. fr. the Heb.; strictly, a cry expressing an appeal for divine help “save! Help, we pray!”; in a liturgical usage, a shout of praise and worship “hosanna, we praise you” (Matthew 21.9).

   From the UBS Lexicon: hosanna (in Aramaic), an exclamation of praise literally meaning, “Save, I pray”.

   From the Louw-Nida Lexicon: hosanna (an Aramaic expression meaning “help, I pray” or “save, I pray,” but which had become a strictly liturgical formula of praise) a shout of praise or adoration – “hosanna; blessed is the one who comes in the name of the Lord” Mark 11.9; “hosanna in the highest” Mark 11.10; “hosanna to the Son of David” Matt 21:9. Mt 21.9 may also be rendered as “praise to you, Son of David” or “we praise you who are the Son of David” or “…a descendant of David.”

   http://en.wikipedia.org/wiki/Hosanna

Dari etymology diatas jelas bahwa “hosanna” adalah mengharap/ memohon selamat bukan memuji “sang penyelamat”

   Hosanna in the highest,” the closing words of which no longer give any sense The same is the case with the words “Hosanna to the son of David” in Matt xxi. 9, “Hosanna in the highest” being a corruption of the original version.

   http://www.jewishencyclopedia.com/view.jsp?artid=925&letter=H&search=hosanna

Menurut info dari Wikipedia pengertian kata “hosanna” ada 2 pandangan

   Judaism“Hoshana” (הושענא) is a Hebrew word meaning PLEASE SAVE OR SAVE NOW. In Jewish liturgy, the word is applied specifically to the Hoshana Service, a cycle of prayers from which a selection is sung each morning during Sukkot, the Feast of Booths or Tabernacles. The complete cycle is sung on the seventh day of the festival, which is called Hoshana Rabbah (הושענא רבא, “Great Hosanna”).[Christianity

   "Hosanna" (Greek transcription: ὡσαννά, hōsanna) is the CRY OF PRAISE OR ADORATION shouted in recognition of the Messiahship of Jesus on his entry into Jerusalem, Hosanna! Blessed is the one who comes in the name of the Lord![3] It is used in the same way in Christian praise.http://en.wikipedia.org/wiki/Hosanna

   

Pengertiannya jelas berbeda bukan? Yahudi yang empunya kata “hosanna” mengartikannya sebagai permohonan alias doa sedangkan Christian mengartikannya sebagai pujian/ sanjungan.



   Mazmur 118:25 Ya TUHAN, berilah kiranya keselamatan! Ya TUHAN, berilah kiranya kemujuran!

   Mazmur Ibrani 118:25 אנא יהוה הושיעה נא אנא יהוה הצליחה נא

   Transliterasi Mazmur Ibrani 118:25 ānnā’ yəhwâ HWOSI‘AH NA’ ’ānnā’ yəhwâ haṣəlîḥâ nnā’:

   KJV Psalm 118:25 We beseech Thee, O LORD, SAVE NOW! We beseech Thee, O LORD, make us now to prosper!

Etymology:Hosanna \Ho*san”na\ (h[-o]*z[a^]n”n[.a]), noun; plural Hosannas(-n[.a]z). [Greek, from Hebrew h[=o]sh[=i]‘[=a]h nn[=a]save now, save, we pray, h[=o]sh[=i]a’ to save (Hiphil, a causative form, of y[=a]sha’) + n[=a], a particle.].

http://www.mechon-mamre.org/p/pt/pt26b8.htm  O LORD, SAVE NOW! , terj. Literal: Oh Gusti, selamatkanlah sekarang!

Permohonan/ Doa atau pujian????????

Check juga pengertian “hosanna” sebelum kedatangan Christianity.

   Psalm 117:25 ω κυριε σωσον δη ω κυριε ευοδωσον δη (Septuagint)Translit. o kurie SOSON de o kurie euodoson de

   25 O Lord, save now: O Lord, send now prosperity

   http://www.ecmarsh.com/lxx/Psalms/index.htm

Save now = selamatkanlah sekarang, bermakna permohonan/ doa atau pujian???

   σωσον SOSON verb – aorist active middle – second person singular sozo sode’-zo: to save, i.e. deliver or protect — heal, preserve, save (self), do well, be (make) whole.

Bandingkan arti kata σωσον SOSON dalam PB Mark 15 :30

15:30 σωσον σεαυτον και καταβα απο του σταυρου15:30 sôson seauton kai kataba apo tou staurou

15:30 turunlah dari salib itu dan SELAMATKAN diri-mu!”

Kata soson bermakna permohonan atau pujian????????



Kurang yakin? Check juga Vulgate

   Psalm 117:25 o Domine salvum fac o Domine prosperare117: 25 O Lord, SAVE ME: O Lord, give good successsave me = selamatkanlah diriku

Bermakna permohonan/ doa atau pujian?

So, berdasarkan info-info diatas, kata “hosanna” bermakna permohonan dilimpahkan keselamatan alias doa, chek juga pemakaian kata itu pada liturgy Jahudi, dan ternyata para patriarch Abraham, Isaac, Jacob, Moses, Aaron, Joseph dan David juga “dihosannahi” alias di mohonkan keselamatan.(http://en.wikipedia.org/wiki/Hoshana_Rabbah)

   HoshanotToday is Hoshana Rabbah, the seventh day of the festival of Sukkot which is also a minor holiday of its own. The name means “The Great Hoshana” or “The Great ‘Please Save Us’!”

   

   http://velveteenrabbi.blogs.com/blog/2010/09/hoshanot.html

   

Dalam penggalan Alkitab  di bawah ini kita juga dapat melihat doa sekaligus berkat tersebut adalah untuk Yesus Kristus Nabiullah Isa Al Masih.alaihissalam

   Dan Aku berkata kepadamu: Mulai sekarang kamu tidak akan melihat aku lagi, hingga kamu berkata: Diberkatilah dia yang datang dalam nama Tuhan!” (Injil, Mat 23:39)

   Sesungguhnya rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. Tetapi aku berkata kepadamu: Kamu tidak akan melihat aku lagi hingga pada saat kamu berkata: Diberkatilah dia yang datang dalam nama Tuhan!” (Injil, Lukas 13:35)

   Kata mereka: “Diberkatilah dia yang datang sebagai raja dalam nama Tuhan, damai sejahtera di sorga dan kemuliaan di tempat yang mahatinggi!” (Injil, Lukas 19:38)

   mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Isa Al Masih sambil berseru-seru: “Hosana! Diberkatilah dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!” (Injil, Yohanes 12:13)

Anda dapat mendoakan orang lain (misal teman) dengan format yang serupa dengan format doa berkat itu. Misal, “Diberkatilah kamu oleh Tuhan“, “Allah memberkatimu“, “Dilapangkanlah jalan-jalanmu“, “Dimudahkanlah ujian hari ini“, dsb.Dalam bahasa Arab, seringkali anda akan mendengar seorang muslim mendoakan saudaranya dengan “Barokallahu fiikum” yang berarti ” Semoga ALLAH memberkahi anda“, “Berkat ALLAH tercurah atas anda“
Yesus Kristus Isa Al Masih bukan hanya mendoakan para pengikutnya, bahkan para Nasrani generasi pertama pun  juga mendoakan sholawat dan berkat untuk beliau. Sekalilagi, doa sholawat dan salam adalah kebiasaan para pengikut para Nabi dari dahulu untuk Nabi mereka.

http://jalanibrahim.wordpress.com/2010/11/17/doa-sholawat-shalawat-dan-berkat-adalah-kebiasaan-para-pengikut-para-nabi-dari-dahulu-untuk-nabi-mereka-dalam-alkitab/
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 1:50 am

KISAH MANFAAT SHALAWAT

Petani Banjarmasin Naik Haji Berkat Shalawat - Kisah Nyata :
Kutipan Ceramah SAYYIDIL HABIB MUNZIR AL-MUSAWA

“ORANG MAKIN CINTA RASUL ITU MAKIN MAKMUR” Percaya gak?

Buktiin.. Buktikan!

"KULLU MAN YAKHSYA MUHAMMAD FI AMAANIN WA SALAAM"


Makin cinta seseorang kepada Rasul saw makin Allah limpah ruahkan kemakmuran dan keberkahan, tapi kemakmurannya itu tidak membuat dia celaka.


Karena Rasul saw, telah bersabda didalam shahih bukhari:

قَالَ رَسُولُ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أُعْطِيْتُ مَفَاتِيْحَ اْلكَلِمِ وَنُصِرْتُ بِالرُّعْبِ وَبْيَنمَا أَناَ نَائِمٌ اَلْباَرِحَةَ إِذْ أُتِيْتُ بِمَفَاتِيْحِ خَزَائِنِ اْلأَرْضِ حَتَّى وُضِعَتْ فِيْ يَدِيْ، قَالَ أَبُوْ هُرَيْرَةَ فَذَهَبَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَأَنْتُمْ تَنْتَثِلُوْنَهَا
(صحيح البخاري)
Sabda Rasulullah saw : "Aku telah diberi kunci-kunci pembuka semua kalimat (Al Qur'an) dan aku diberi pertolongan dengan gentarnya musuh, dan antara aku tidur semalam, maka kulihat seluruh kunci kesuksesan dakwah di bumim hingga ditaruhkan ditanganku". Berkata Abu Hurairah ra: "Setelah Rasulullah saw wafat maka kalian yang mendapatkannya dan memunculkannya". (Shahih Bukhari)

Pangan, tambang, pertanian, perkebunan, perikanan, harta karun, semua kesuksesan bumi sudah diserahkan kepada Rasul saw.

Jadi orang kalau usaha, didampingi usahanya dengan cinta kepada Rasul saw. ALHAMDULILLAH BERKAH DAN MAKMUR!

Sudah pernah dengar cerita petani dari Banjarmasin? Banjarmasin, Kalimantan itu kota shalawat karena paling banyak orang bershalawat kepada Rasul SAW. Mudah-mudahan Jakarta juga jadi kota shalawat. Amiin..!

Jakarta terus-terusan banyak shalawat seperti saat ini lihat saja nanti 4 sampai 5 tahun, paling makmur Jakarta dibanding kota lain.

Jadi diBanjarmasin itu ada petani. Lugu, kerjaannya mah shalawat sama Rasul saw, suatu waktu saat dia macul, tiap hari juga macul ditempat itu sudah tua dia suami, istri ,anak-anaknya sudah mencar ke Banjarmasin. Nih suami istri ngelamun tiap hari: -

Pengen ya bu pergi haji -Aduh pak pergi haji darimana,makan nasi saja jarang ga tiap hari makan nasi kita -Insya Allah bu, berkat shalawat kepada Nabi saw -Sudahlah pak shalawat lebih baik diminta saja diakhirat, tidak usah diminta didunia -Yaa..berkah sedikitlah bu pergi haji sempurnakan rukun islam

"BERKAH DARI SHALAWAT KUMINTA YA ALLAH SEDIKIT SAJA UNTUK AKU MENYEMPURNAKAN RUKUN ISLAM ITU SAJA.

Lagi macul, paculnya kena benda keras dikeluarkan berlian sebesar jempol kaki ga tau ni harga berlian berapa. -Kayanya berlian nih Dibawa kepasar, ketoko berlian pakaian penuh lumpur, bawa pacul masuk toko berlian.

Orang ditoko berlian tanya -Mau kemana pak? Beli pacul sebelah sana pak.. Bukan disini, toko berlian nih -Saya mau tanya, ini laku tidak ya kalau dijual? Diperiksa sama orang tokonya. -Uukhh....! (panggil cukongnya, cukongnya panggil cukongnya,semua sanad cukongnya dipanggil keatas-atas. –

Pak mau dibeli harga berapa ini pak? -Ga saya cuma mau tanya, ini kira-kira harganya berapa? –

Mau diminta berapa pak? kami bayar, berapapun! -Ga berapa saja kira-kira harganya? -Pak bapak mintanya berapa? -Kira-kira untuk pergi haji cukup ga?

-Bapak ini harganya 50 milyar, 1000 orang pak pergi haji. -Ga.. ga.. saya ga mau uang segitu, saya cuma mau pergi haji.

http://al-syahbana.blogspot.com/2013/06/petani-banjarmasin-naik-haji-berkat.html
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 1:51 am

Berkat Shalawat Dahaga Pun Lenyap

Siapa sangka, bacaan Shalawat pada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ternyata bisa melenyapkan haus dan dahaga. Dahaga yang mendera seseorang baik disebabkan sakit panas maupun sedang dalam perjalanan jauh dibawah terik mentari maupun didalam kendaraan, bisa diobati dengan memanjatkan Shalawat pada Rasulullah tercinta.

Syaikh Abd al-Ghani an-Nablusi pernah bertutur bahwa shalawat telah menjadi kebiasaan dikalangan kaumnya dan mereka selalu membacanya sesering mungkin. Sesuatu yang luar biasa sering terjadi, diantaranya saat salah seorang diantara mereka sedang sakit demam, maka bacaan shalawat itu berefek positif terhadap kesehatan dengan turunnya suhu tubuh. Tak hanya itu, pada sakit-sakit yang lain pun shalawat yang mereka panjatkan terbukti berhasil menurunkan panas yang mendera tubuh saat sakit.


Pada suatu saat, teman-teman Syaikh Abd al-Ghani an-Nablusi sedang menunaikan ibadah haji. Dalam perjalanan panjang menuju tanah suci, persediaan minum mereka habis dan rasa haus mendera hampir semua anggota rombongan. Tak ayal, para tamu Allah itu pun kebingungan mengatasi hal ini.
“Masih jauhkah kota terdekat?”, tanya salah seorang diantara mereka.
“Masih cukup jauh,” kata yang lain.
“Padahal persediaan air benar-benar habis. Kita bisa mati ditengah gurun sahara ini.”
“Kita harus segera mengatasi masalah ini. Tapi bagaimana caranya?”.

Mereka berhenti sejenak untuk bermusyawarah. Salah seorang diantara mereka pun ingat akan nasehat Syaikh Abd al-Ghani an-Nablusi.
“Mari kita panjatkan shalawat pada junjungan kita Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Mereka bersama-sama mengumandangkan shalawat untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sang junjungan. Dengan penuh khidmat dan keyakinan akan berkah yang terlimpah dari shalawat yang mereka panjatkan. Berkat izin Allah akhirnya dahaga yang dirasakan rombongan ibadah haji itu hilang seketika. Mereka pun bergembira dan memanjatkan syukur pada Allah atas karunia yang diberikan dan bersiap melanjutkan perjalanan menuju tanah suci.

Syaikh Abd al-Ghani an-Nablusi mensyaratkan bahwa shalawat yang dipanjatkan pada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam guna mengatasi rasa haus dan dahaga harus berupa shalawat dengan tanpa lafadz Allah. Sebab lafadz Allah mengandung unsur “panas”.

Adapun lafadz bacaan shalawat yang dapat melenyapkan haus tersebut sebagai berikut:
الصّلاَةُ وَالسّلاَمُ عَلَى سَـيِّدِنَا مُحَمّدٍ خَيْرِ اْلأَنَامِ ، الصّلاَةُ وَالسّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمّدِنِ الْمَبْعُوْثِ اِلَيْنَا بِالْحَقِّ الْمُبِيْنَ ، الصّلاَةُ وَالسّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمّدِ نِالأُمِّيّ الأُمِّيِيّنَ وَأَفْضَلُ الصّلَواَتِ وَأشْرَفُ التَّسْلِيْمَاتِ عَلىَ النَِّبيِّ الصّادِقِ وَالرّسُوْلِ المُؤَيّدِ بِأَسْرَارِ الحَقاَئِقِ.
”Semoga shalawat dan salamNya terlimpahcurahkan kepada junjungan kita Muhammad, manusia terbaik. Semoga shalawat dan salamNya terlimpahcurahkan kepada junjungan kita Muhammad, yang diutus kepada kita dengan kebenaran yang nyata. Semoga shalawat dan salamNya terlimpahcurahkan kepada junjungan kita Muhammad, yang ummi dan jujur. Dan semoga shalawat yang paling utama dan salam yang paling berharga diturunkan kepada Nabi yang jujur dan Rasul yang didukung dengan hakikat-hakikat terdalam.”



dari Buku Rahasia Shalawat Rasulullah saw (M. Syukron Maksum,Ahmad fathoni el-Kaysi)
penerbit : Mutiara Media

- See more at: http://www.alhida.com/2011/05/berkat-shalawat-dahaga-pun-lenyap.html#sthash.HuCsbk1J.dpuf
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 1:58 am

Berkat Sholawat Wajah Hitam Menjadi Putih Bercahaya
بسم الله الرحمن الرحيم


Diceritakan bahwasanya Ulama besar Sufyan Ats-Tsauri sedang mengerjakan Thawaf mengelilingi Ka'bah dan melihat seseorang yang setiap kali mengangkat kaki dan menurunkannya senantiasa membaca shalawat atas nabi.

Sufyan Ats-Tsauri bertanya : "Sesungguhnya engkau telah minggalkan bacaan Tasbih (subhanallah) dan Tahlil (la ilaha illallah), sedang engkau hanya melakukan Shalawat atas Nabi. Apakah ada alasan yang khusus bagimu untuk mengamalkannya? "

Lalu orang itu menjawab : "Siapakah engkau? Semoga Allah SWT mengampunimu."
Sufyan Ats-Tsauri menjawab : "Saya adalah Sufyan Ats-Tsauri."
Orang itu berkata : "Seandainya kamu bukanlah orang yang istimewa di zamanmu ini niscaya saya tidak akan memberitahukan masalah ini dan menunjukkan rahasiaku ini."

Kemudian orang itu berkata kepada Sufyan Ats-Tsauri :

"sewaktu saya mengerjakan Haji bersama ayahku. Dan ketika berada di dekat kepalanya ayahku meninggal dan wajahnya tampak hitam kelam. Lalu saya mengucapkan "Innalillah wainna ilaihi raji'un" dan saya menutup wajah ayahku dengan kain. Kemudian saya tertidur dan bermimpi dimana saya melihat ada orang yang sangat tampan, sangat bersih dan mengusap wajah ayahku, lalu wajah ayahku itu langsung berubah menjadi putih. Saat orang yang tampan itu akan pergi, lantas saya pegang pakaiannya sambil bertanya :

"Wahai hamba Allah siapakah engkau? Bagaimana bisa karena Anda, Allah menjadikan wajah ayahku itu langsung berubah menjadi putih di tempat yang istimewa ini?"

Orang itu menjawab : "Apakah kamu tidak mengenal aku? Aku adalah Muhammad bin Abdullah yang membawa Al-Qur'an. Sesungguhnya ayahmu itu termasuk orang yang
melampaui batas (banyak berbuat dosa). Akan tetapi ia banyak membaca shalawat atasku. Ketika ia berada dalam suasana yang demikian, ia meminta pertolongan kepadaku maka akupun memberi pertolongan kepadanya. Karena aku suka memberi pertolongan kepada orang yang banyak memperbanyak shalawat atasku."

Setelah itu saya terbangun dari tidur dan saya lihat wajah ayahku berubah menjadi putih." (Lihat Kitab : Tanbihun Ghofilin, As-Samarqhondi, Hal. 261)

http://alfey69.blogspot.com/2014/01/berkat-shalawat-wajah-hitam-menjadi.html
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 2:00 am

Pada suatu hari datanglah seorang nenek kepada Imam Hasan Basri, dengan wajah sedih dan tetesan air mata ia bercerita tentang anak gadisnya yang telah meninggal dunia. Nenek itu sangat merindukannya, karena dia merupakan anak satu-satunya yang ia miliki.
Kemudian ia bertanya kepada Imam Hasan Basri,
“Wahai Tuan Guru, bagai mana caranya agar aku bisa bertemu dengan anakku itu, meskipun itu hanya dalam mimpi?” Tanyak nenek itu.
Imam Hasan Basri pun terdiam sejenak kemudianpun beliau bertanya kepada nenek itu.
“Apakan anda cinta kepada Rasulullah?”.
“Ya, tidak ada cinta yang paling besar selain cinta ku pada Allah dan Rasul-Nya”. Jawab nenek itu kemudian Imam Hasan Basri pun berkata
“Kalau begitu, bacalah sholawat pada Rasulullah semampu ibu, karena itu merupakan tumpahan dari cinta ibu kepada Rasulullah S.A.W”
Keesokan harinya nenek itupun menjalankan apa yang diperintahkan oleh Imam Hasan Basri. Setelah beberapa lama kemudian, nenek itupun memperoleh apa yang ia inginkan. Yaitu bermimpi bertemu dengan anak gadisnya yang tercinta. Didalam mimpinya itu ia melihat pada leher anak gadisnya itu yang dulunya dilehernya dililit kalung berlian kini ia melihat ada seekor ular sedang melilit leher anaknya, betisnya yang dahulu dililit dengan kain sutera mengkilat, kini berubah menjadi rantai besi yang merah membara, sehingga nenek itupun terkejut menjerit dan terbangun dari tidurnya.
Keesokan harinya ia pun melaporkan prihal mimpinya itu kepada Imam Hasan Basri, dan Imam Hasan Basri pun sangat terkejut mendengar cerita nenek itu.
“Sungguh berat siksaan yang diterima oleh anak gadis itu”
Meskipun telah melihat dalam mimpi akan siksaan yang diterima oleh anaknya itu nenek itu terus saja membaca sholawat tidak pernah putus asa. Ia secara terus menerus mengucapkan sholatan keatas Nabi Muhammad atas bukti cintanya kepada Rasulullah.
Pada suatu malam Imam Hasan Basripun memimpikan gasis putri nenek tersebut, ia sangat heran dan terkejut saat melihatnya, karena apa yang dilihatnya itu sangat berbeda dengan apa yang telah diceritakan oleh nenek itu, gadis itu benar-benar cantik dengan memakai kalung untaian berlian dan mutiara putih bermata unta yang sangat indah dengan pakaian sutera halus dan berbau sangat harum dan wangi, sampai-sampai Imam Hasan Basri pun terpesona melihatnya.
“Wahai tuan guru, apakan tuan tidak mengenali saya?”. Tanya gadis itu kepada Imam Hasan Basri.
“Tidak, aku tidak pernah mengenali mu” Jawab Imam Hasan Basri.
“Saya adalah anak gadis nenek yang pernah meminta amalah kepada Imam”. Kata gadis itu,
Mendengar penjelasan gadis itu Imam Hasan Basri pun menjadi heran, karena cerita nenek itu sangat berbeda dengan apa yang dilihatnya, tak mungkin nenek itu berbohong kepadanya.
“Menurut cerita ibumu, kamu dalam keadaan tersiksa, kalau begitu ibumu itu telah membohongiku” Kata Imam Hasan Basri.
“Tidak, ibuku tidak pernah berbohong, dulu memang saya disiksa, namun kini telah dibebaskan, termasuk juga semua teman-temanku dialam kubur, kedudukan kami terangkat dan dosa-dosa kami telah diampuni oleh Allah S.W.T”. Jelas gadis itu.
“Gerangan apa yang menyelamatkan mu itu” Tanya Imam Hasan Basri penasaran.
“Pada suatu ketika ada seorang laki-laki datang kekuburan kami, kemudia beliau membacakan sholawat yang pahalanya dihadiahkan kepada kami, sehingga secara serentak kami terangkat dari siksaan kubur. Dan itu juga berkat ibu saya yang tak henti-hentinya mengamalkan sholawat pemberian tuan, sehingga maksiat dan dosa-dosa kami pun terhapus oleh siraman pahala sholawat tersebut”. Jelas gadis itu lagi.
Akhirnya Imam Hasan Basripun terbangun dari tidurnya. Dan keesokan harinya, sang Imam pun bercerita semua mimpinya itu kepada sang ibu dari gadis itu. Mendengar cerita Imam Hasan Basri betapa bahagianya Ibu itu sehingga iapun semakin rajin membacakan sholawat keatas Nabi Muhammad S.A.W setiap malam.

baca
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 6:13 am


"Allahumma Shalli' alaa sayyidinaa muhammadin wa' alaa aali sayyidina muhammad."

Rasulullah, di datangi empat malaikat ; Jibril, Mikail, Isrofil dan Izroil

Berkata Malaikat Jibril ,,;''Ya Rasulullah, barang siapa membaca sholawat untukmu, sepuluh kali, akan aku pegang tangannya, dan menuntunnya melalui Sirot

Berkata Malaikat Mikail ;''Ya Rasulullah, barang siapa membaca sholawat untukmu, berulang-ulang, akan aku beri minuman, dari bening air kolammu.

Berkata Malaikat Israfil ;Sedang aku akan bersujud kepada Allah, tidak akan pernah mengangakat kepala sampai Allah mengampuninya.

Berkata Malaikat Izrail ;''dan aku Ya Rasulullah, akan mengambil rohnya sebagaimana aku mengambil roh-roh para Nabi dan Rasul.(Darratun-Nashihin)
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 6:17 am


"Allahumma Shalli' alaa sayyidinaa muhammadin wa' alaa aali sayyidina muhammad."

Rasulullah, di datangi empat malaikat ; Jibril, Mikail, Isrofil dan Izroil

Berkata Malaikat Jibril ,,;''Ya Rasulullah, barang siapa membaca sholawat untukmu, sepuluh kali, akan aku pegang tangannya, dan menuntunnya melalui Sirot

Berkata Malaikat Mikail ;''Ya Rasulullah, barang siapa membaca sholawat untukmu, berulang-ulang, akan aku beri minuman, dari bening air kolammu.

Berkata Malaikat Israfil ;Sedang aku akan bersujud kepada Allah, tidak akan pernah mengangakat kepala sampai Allah mengampuninya.

Berkata Malaikat Izrail ;''dan aku Ya Rasulullah, akan mengambil rohnya sebagaimana aku mengambil roh-roh para Nabi dan Rasul.(Darratun-Nashihin)
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 6:46 am

Keajaiaban & Berkah Sholawat Nabi.
(suatu pengalaman seorang Ibu)

Beberapa Tahun yang lalu di bulan Ramadhan saat saya lagi hamil anak pertama, saya pernah mengikuti kultum bakda sholat dhuhur di Kantor. Waktu itu yang ngisi kultum mbak dede temen kantor dari bagian gudang farmasi. Beliau bercerita tentang seorang ibu yang memiliki 7 orang anak. Dari 7 anak tersebut semuanya berhasil menjadi dokter dan ada juga yg menjadi dosen, dan hebatnya lagi semua anak-anaknya tersebut mempunyai pribadi yang sholeh dan sholeha, santun dan sayang kepada orangtuanya. Lalu teman saya mbak dede itu bertanya kepada sang ibu, " Kok bisa ya bu punya 7 anak dan berhasil mendidik anak dengan baik hingga semuanya sukses dan akhlaknya pun juga baik semua, rahasianya apa bu?' lalu sang ibu menjawab " Rahasianya adalah saya tidak pernah putus mendoakan anak-anak saya sejak mereka masih bayi sampai dewasa. Setiap habis sholat saya selalu membaca sholawat nabi dan menyebutkan nama semua anak saya serta membayangkan wajah mereka satu persatu.Hingga kini saya masih melakukannya untuk anak-anak saya".

Sesudah mengikuti kultum itu, saya selalu terngiang cerita mbak dede tersebut dan saya jadi tergerak untuk melakukannya juga pada anak saya. Waktu itu saya masih hamil 8 bulan, tapi saya sudah memulai membacakan sholawat untuk anak saya yang masih belum lahir, tapi tentu saja belum bisa menyebutkan nama dan membayangkan wajah anaknya karena dia belum lahir...:)

Setelah anak saya lahir saya masih terus membacakan sholawat nabi sambil menyebut nama Athaya Reynard Nugroho anak saya dan membayangkan wajahnya serta memohon kepada Allah SWT agar anak saya selalu diberikan kesehatan dan di anugerahkan akhlak yang mulia. Saya sering terharu saat membacakan sholawat nabi dan berdoa untuk anak saya. Dan itu terus saya lakukan tanpa pernah putus dalam setiap sholat dan doa saya. Dan ternyata memang berkah dan keajaiban sholawat nabi itu nyata adanya, anak saya tumbuh jadi anak yang sehat, pintar dan pribadi yang menyenangkan. sejak bayi sampai dia besar sekarang, dia tidak pernah menggigit saya sekalipun pada saat menyusu ASI. Saya sering mendengar cerita anak-anak teman yang kalau mau tumbuh gigi suka menggigit ibunya, tapi itu tidak pernah terjadi pada diri saya. Alhamdulilah saya belum pernah di gigit sama anak saya sampai sekarang:)

Lalu pada saat menyapih, banyak cerita juga dari teman kalau nyapih anak itu anaknya suka rewel, trus payudara ibunya juga jadi sakit istilah jawanya "ngrangkaki". Tapi yang terjadi pada saya sungguh menurut saya adalah kemudahan dari Allah. Saya juga sempat bingung bagaimana caranya nyapih anak saya waktu itu karena kebetulan saat anak saya umur genap 2 tahun saya dapat tugas dinas ke bali selama 1 minggu. Sementara anak saya masih belum saya sapih. Tepat 3 hari sebelum saya berangkat ke Bali, tiba-tiba anak saya malu tiap kali mau sy susui, dia menutup wajahnya seperti orang yang malu melihat payudara ibunya. Saya sempat heran juga, kenapa anak saya tiba-tiba malu kalau mau di susui. Dan itu berlanjut terus dan akhirnya dia tidak mau menyusu sendiri tanpa saya harus repot-repot nyapih. Saaat dia ulang tahun ke - 2 saya sedang berada di Bali dan alhamdulilah saya tidak mengalami yang namanya "ngrangkaki". Selama saya berada di Bali anak saya juga tidak rewel mencari saya untuk menyusu karena dia memang sudah tidak mau lagi.

Kalau ada istilah trantum pada anak, alhamdulilah anak saya pun juga tidak mengalaminya. yang namanya rewel, nangis atau ngamuk, itu sangat jarang terjadi. Kalau misalnya nangis itupun hanya sebentar. Sama teman juga dia nggak pernah nakal, anak saya tumbuh jadi anak lelaki yang penyayang pada sesama dan juga pada orang tuanya. Saat umur 2 tahun dia sudah hafal semua warna, bentuk-bentuk geometri, angka, dan itu semua nggak pake susah ngajarinya. Dan di umurnya yang sekarang genap 3 tahun anak saya sudah bisa khatam Iqra jilid 1...Subhanallah dia senang sekali kalau di ajak ngaji. Saya nggak pernah nyuruh dia ngaji, tapi dia sendiri yang minta ngaji dan melakukannya dengan gembira.

Sampai sekarang saya masih terus membaca sholawat nabi dan mendoakan anak saya setiap habis sholat. Dan InsyaAllah akan terus saya lakukan sampai akhir hayat saya. Saya orang yang sangat percaya pada kekuatan doa, dan saya menyadari keterbatasan saya sebagai orang tua. Saya tidak bisa mengawasi dan menjaga anak saya selama 24 jam, maka saya hanya bisa memohon kepada Allah SWT untuk selalu mengawasinya, menyayanginya dan juga menjaga akhlaknya. Saya berharap anak saya menjadi orang yang baik. Baik akhlak dan budi pekertinya, baik nasibnya di dunia dan akhirat kelak. Amin Ya Rabbal Alamin.

http://supertayo.blogspot.com/2012/12/keajaiaban-berkah-sholawat-nabi.html
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 8:51 am

Pagi itu
keluarga Achmad akan berangkat ke malang,
naik pesawat terbang, mereka berempat, ayah,
istri dan dua anaknya(Hasan dan Husein),Hasan
kelas 5 SD, sedang Husein kelas 2 SD. Pesawat bergerak naik seperti biasa aman2
saja, tiada kendala apapun. Dalam
perjalananpun tiada hal yang dapat membuat
hati was-was.

Tapi ketika pesawat akan sampai ditujuan, ingin
mendarat, bandara tidak kellihatan, karena
tertutup awan tebal, pramugari sudah
memberikan aba-aba pada penumpang dengan
kata2 yg masih diingat oleh Achmad ” Kita
adalah milik Tuhan dan akan kembali kepada- Nya”,

seluruh penumpang kapal panik dan tegang,
begitupun dengan Achmad, mulutnya terus
berzikir karena mereka semua takut akan
terjadi sesuatu dengan pesawat. pesawat akhirnya memutar kembali mencari
posisi aman untuk turun, ketika pesawat
menukik lagi untuk turun, badan pesawat
bergoyang hebat, sehingga barang-barang yg
ada diatas berjatuhan, sungguh peristiwa yang
sangat menegangkan, karena mereka semua sudah menyangka bahwa pesawat akan
mengalami kecelakaan.

Ketika dalam keadaan yang sangat takut dan
menegangkan, Hasan dan Husein berteriak-
teriak membaca Sholawat dan puji-pujian
kepada Rosulullah Saw, entah mengapa
pesawat seperti ada yang menuntun menembus
awan lalu terlihatlah bandara malang, pesawat dengan tenang mendarat. Setelah pesawat mendarat dan semua
penumpang akan turun, pilot keluar dari
tempatnya mencari dan menanyakan “siapa
tadi yang membaca Sholawat?”

Hasan dan
Husein tunjuk tangan “Saya pak!”, langsung pilot
menghampirinya dan menyalaminya serta mengucapkan terima kasih, pilot itu berkata
“tanpa kamu saya tidak tahu apa yang akan
terjadi dengan pesawat ini”. Rupanya si pilot
seorang muslim, jadi ia tau bacaan sholawat.

Cerita ini adalah kisah nyata yang belum lama
terjadi, sengaja di turunkan, untuk mengambil
hikmah.

http://okipra.blogspot.com/2013/05/kisah-nyata-keajaiban-sholawat.html
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 9:07 am

dan masih banyak lagi kisah nyata manfaat baca sholawat, baik yang duniawi apalagi yang akherati.
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by 'NDARIE on Fri Mar 21, 2014 9:50 am

nice info ukhti.

aku sendiri juga ada pengalaman, sempat di jalanan sepi mobil aku bannya gembos, sudah mulai gelap pula, gak tahu kenapa aku jadi bersholawat untuk menenangkan diri maksudnya,takutnya terjadi apa-apa, eh tak diduga tiba-tiba aja datang seseorang yang lalu nolongin aku ngganti ban gembos itu.

banyak juga kejadian pertolongan Allah akibat membaca sholawat itu.



avatar
'NDARIE
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Female
Posts : 156
Kepercayaan : Islam
Location : IBUKOTA RI
Join date : 22.02.14
Reputation : -1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by Mestika on Fri Mar 21, 2014 11:30 am

nice info, anak bandel memang bisa sembuh jika ibunya rajin baca sholawat, ada teman sekolahku dulu, badung banget, lalu ibunya diceramahi uztadnya, banyak baca sholawat, akhirnya si anak jadi sadar.
avatar
Mestika
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Female
Posts : 9
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 18.03.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Fri Mar 21, 2014 11:46 pm

nice info sisters :)
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by mutiiiara on Sat Mar 22, 2014 1:15 am

bagi yang juga punya pengalaman lain silahkan di share disini
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manfaat Sholawat

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik