FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

renungan paskah yang salah alamat..

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

renungan paskah yang salah alamat..

Post by abu hanan on Mon Apr 14, 2014 11:17 pm

First topic message reminder :

dari web isadanislam..

Salam sejahtera,

Melalui email ini, kami ingin mengirimkan ~Renungan Paskah.~ Harapan kami,setelah membaca renungan ini kita menjadi mengerti tentang kebenaran kematian Isa Al-Masih sebagaimana yang tertulis dalam Kitab Allah. Juga semoga ~Renungan Paskah~ ini dapat menjawab pertanyaan yang sering dIdiisampaikan, bukan oleh umat Muslim saja, tetapi juga orang Kristen.

BENARKAH TUHAN ORANG KRISTEN WAFAT?

~Bila Isa Al-Masih adalah Tuhan, mengapa Dia bisa mati. Bukankah Tuhan itu kekal?~ Inilah salah satu pertanyaan yang sering masuk ke meja redaksi kami.

Salahkah pertanyaan di atas? Tentu tidak! Siapapun akan mengajukan pertanyaan serupa ketika mendengar Tuhan bisa mati. Umat beragama percaya Tuhan kekal adanya. Namun tidak dengan manusia, sebab kematian pasti menghampiri setiap manusia.

SIAPAKAH ALLAH ITU?

Lalu mengapa Tuhan orang Kristen wafat? Untuk dapat memahaminya, hal pertama
yang perlu kita ketahui adalah ~Siapakah Allah itu sebenarnya.~ Dalam Kitab Allah dicatat bahwa Allah itu esa! (Taurat, Kitab Ulangan 6:4). Demikian juga kitab suci umat Muslim menyatakan hal yang sama.

Namun yang membedakan sesembahan umat Muslim dengan Allah yang dinyatakan dalam
Alkitab adalah Pribadi-Nya. Doktrin Allah dalam Al-Quran menyatakan Allah swt adalah Dzat yang tidak dikenal atau tidak dapat diartikan, juga tidak pernah menyatakan dirinya. Sementara Allah yang dijelaskan dalam Kitab Allah adalah Allah yang sama, yang secara turun-temurun menyatakan diri-Nya sejak zaman Adam hingga saat ini. Allah dalam Kitab Allah juga menyatakan diri-Nya sebagai Allah Tritunggal. Yaitu satu Allah di dalam tiga Pelaku/Pribadi atau ~one God is three Persons~

PRIBADI KEDUA ALLAH BERINKARNASI

Kami maklum bila ada yang berkata Allah Tritunggal sulit untuk dipahami. Itu benar! Allah Tritunggal merupakan misteri besar dan satu kebenaran di luar nalar manusia. Manusia adalah ciptaan Allah, karenanya, Allah terlalu besar untuk dapat dimengerti.

Kalimatullah (Kalimat Allah) adalah Pribadi kedua dari Allah Tritunggal.
Pribadi kedua Allah ini berinkarnasi ke dunia melalui proses kelahiran yang dikandung dari Roh Kudus. Di dunia, Pribadi Allah kedua ini dikenal dengan nama Yesus Kristus atau Isa Al-Masih oleh umat Muslim.

YESUS KRISTUS 100%, 100% MANUSIA

Karena Yesus Kristus adalah Pribadi Allah yang kedua yang berinkarnasi, dalam diri-Nya terdapat dua hakekat. Yaitu hakekat ke-Tuhanan-Nya dan hakekat ke-manusiaan-Nya. Maka untuk mengerti Pribadi Yesus Kristus, kita perlu mengerti Pribadi Dia sebagai Tuhan dan Pribadi-Nya sebagai manusia.
Selain ayat-ayat yang menjelaskan tentang ke-Tuhan-an Yesus seperti yang terdapat dalam Injil, Rasul Besar Yohanes 1:1 ~Pada mulanya adalah Firman;Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.~ Kitab Suci Allah juga memuat begitu banyak ayat yang menjelaskan tentang ke-manusia-an Yesus. Salah satunya adalah tentang kematian-Nya, dimana hal ini juga dicatat dalam kitab suci umat Muslim, ~Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku [Isa Al-Masih], . . . . pada hari aku meninggal . . . . .~ (Qs 19:33).

YESUS BENAR-BENAR WAFATdi SALIB

Mati di kayu salib dan menjadi korban karena dosa manusia adalah satu-satunya alasan mengapa Pribadi Allah yang kedua ini berinkarnasi. Dia harus menjadi manusia supaya Dia dapat mati di kayu salib, sebagaimana firman Allah mengatakan, ~Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya sendiri di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran~ (Injil, Surat I Petrus 2:24). Sebagai korban untuk menebus manusia dari dosa, Ia haruslah Tuhan, agar Dia suci dan tidak bercacat cela. Bukankah Al-Quran
mengatakan bahwa ~Seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain~ (Qs 39:7).

Pribadi kedua dari Allah Tritunggal memang benar pernah wafat di kayu salib.Namun, yang tersalib itu adalah Yesus dalam hakekat ke-manusiaan-Nya. Dia memberi diri-Nya disalib menjadi korban, agar Dia dapat menebus manusia dari dosa ~Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat~ (Injil, Surat 1 Petrus 1:18-19).

Kebangkitan Yesus pada hari ketiga sebagaimana yang tertulis dalam Kitab Suci Allah ~ . . . . dan pada hari ketiga Ia akan bangkit" (Injil, Rasu Lukas 18:33), adalah bukti ke-Ilahian Yesus yang tidak hilang dari diri-Nya, walaupun tubuh manusia-Nya mengalami kematian. Tentang kebangkitan-Nya ini, kitab suci umat Muslim juga menuliskan, ~Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku [Isa Al-Masih], pada hari aku . . . . . dibangkitkan hidup kembali~ (Qs 19:33)

Sekilas, orang-orang akan menilai bahwa Tuhan orang Kristen wafat di kayu salib. Namun dari penjelasan di atas kiranya Pembaca dapat mengerti, mengapa Yesus Kristus harus disalib. Apakah karena Dia bersalah, atau karena Dia sungguh sangat mengasihi kita?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down


Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by abu hanan on Sat Apr 04, 2015 9:15 am

tuhan pada hari ini telah bergabung di dunia orang mati..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by bukajalan on Sat Apr 04, 2015 9:21 am

fisik-Nya
Roh-Nya ? . Tuhannya Kristen berdaulat atas ruang dan waktu, sudah dibuktikan

mbah jenggot waktu mangkat, fisik dan rohnya sama2 masuk liang lahat ya ?


bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by abu hanan on Sat Apr 04, 2015 9:45 am

kalo dah mati yah pasti fisiknyah diam membeku..rohnyah?yah di dunia orang matilah..moso jalan2 di ancol?

tuhan orang kristen tak berdaulat atas ruang dan waktu itu uda terbukti dengan lahir dan matinyah..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by bukajalan on Sat Apr 04, 2015 6:40 pm

roh-Nya di sorga
buktinya bangkit/mengalahkan alam maut
3 h/3 m lagi jalan2 sekalian deklarasi di alam maut nih TUHAN yang tidak bisa dikuasai alam maut, dripada ngaku2 tuhan hanya ongkang2 kaki di kursy tanpa bisa membuktikannya


bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by abu hanan on Sat Apr 04, 2015 6:54 pm

tak satupun orang kristen yang sanggup membuktikan roh tuhan ada di surga..hanya bersumber dari tulisan2 di bibel..
ketika yesus dihukum salib,itu adalah manusia..ketika dia mati ditiang salib yah itu juga manusia..dan manusia ini takluk pada maut..

mana bukti yesus menaklukan maut?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by bukajalan on Sat Apr 04, 2015 7:02 pm


pembuktian kebenaran ajaranmu buku nabi dari arab saudi
sumberku alkitab

di sorga :
Luk 23:43 - “Kata Yesus kepadanya: ‘Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.’”.

Luk 23:46 - “Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: ‘Ya Bapa, ke dalam tanganMu Kuserahkan nyawaKu.’”.

Yesus bangkit dari kematian
dan mampu membangkitkan orang mati
yg duduk dikursy lautin saja


bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by abu hanan on Sat Apr 04, 2015 7:50 pm

jal..
wong sayah tanya bukti..bukan ayat..ayat itu kan hasil investigasi wartawan..
toh ayat itu juga menunjukkan yesus takluk pada maut.."kuserahkan nyawaku"..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by bukajalan on Sat Apr 04, 2015 8:24 pm

bukti yg dicatet berdasarkan fakta/saksi mata > 1 orang
diserahkan-Nya ke sorga
bukan ke goa yg hanya jumplaitan seseorang tanpa fakta/saksi mata malah diyakini & diamini


bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by abu hanan on Sat Apr 04, 2015 8:52 pm

hah?berarti bener nih tuhan mati?
syukurlah anda melek..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by bukajalan on Sat Apr 04, 2015 8:57 pm

orang ke sorga koq mati
masih buta dgn ajaran muhammad saw ?

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by abu hanan on Sat Apr 04, 2015 9:07 pm

lha emang ada orang hidup masuk surga?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by bukajalan on Sat Apr 04, 2015 9:13 pm

terbukti kan ?
fisik-Nya mati
roh-Nya ke sorga
menuhi kriteria dung...

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by abu hanan on Sat Apr 04, 2015 9:33 pm

wkwkwk..
orangnyah mati..roh?masih gak jelas kemana kan?lha apa yang dijadikan bukti?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by bukajalan on Sat Apr 04, 2015 9:35 pm

msh ummi ?
Luk 23:46 - “Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: ‘Ya Bapa, ke dalam tanganMu Kuserahkan nyawaKu.’
pada saat yang sama Yesus mati dan pada saat yang sama pula Yesus dalam kemulian-Nya sebagai Sang Khalik

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by abu hanan on Sat Apr 04, 2015 9:54 pm

pada saat yesus serahin nyawa yah saat itu dia mati titik

Luk 23:43 - “Kata Yesus kepadanya:
‘Aku berkata kepadamu, sesungguhnya
hari ini juga engkau akan ada
bersama-sama dengan Aku di dalam
Firdaus.’”.

yah bersama2 pencuri berada di surga..
pencuri mati kan?wajar masuk surga..
yesus mati kan?yah idem..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by bukajalan on Sat Apr 04, 2015 10:01 pm

@abu hanan wrote:pada saat yesus serahin nyawa yah saat itu dia mati titik

Luk 23:43 - “Kata Yesus kepadanya:
‘Aku berkata kepadamu, sesungguhnya
hari ini juga engkau akan ada
bersama-sama dengan Aku di dalam
Firdaus.’”.

yah bersama2 pencuri berada di surga..
pencuri mati kan?wajar masuk surga..
yesus mati kan?yah idem..
mati fisik-Nya, dan Roh-Nya ke sorga
Luk 23:46 - “Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: ‘Ya Bapa, ke dalam tanganMu Kuserahkan nyawaKu.

ngemeng apaan bang jenggot ?


bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by abu hanan on Sat Apr 04, 2015 10:05 pm

lha samah toh kondisi yesus dengan pencuri..
fisik keduanyah mati..
roh keduanyah di surga..

klir..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by bukajalan on Sat Apr 04, 2015 10:06 pm

jadi renungan paskahnya yg salah alamat itu yang mana ?

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by abu hanan on Sat Apr 04, 2015 10:11 pm

tuhan tak pernah mati dan kalian peringati kematian tuhan..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by bukajalan on Sat Apr 04, 2015 10:18 pm

lha saat yang sama MATI (fisik-Nya), saat yang sama pula HIDUP, ada di sorga (roh-Nya)
Sebut nama lawan sesuai Nick Name
3. Warning bagi member yang terus-terusan melangar

Mod 3



bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by abu hanan on Sat Apr 04, 2015 10:30 pm

si pencuri kan?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by bukajalan on Sat Apr 04, 2015 10:33 pm

TUHAN
3. Warning bagi member yang terus-terusan melangar
Levelmu turun
Mod 3

judul ts-mu apa sieh ?

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by abu hanan on Sun Apr 05, 2015 12:13 am

lha bener toh?yang bener adalah "paskah adalah peringatan kematian pencuri"..

pencuri,mati dan masuk surga (luk 43)..
yesus,mati dan masuk surga (luk 43)..

jadi si pencuri pada saat yang sama MATI (fisik), saat yang sama pula HIDUP, ada di
sorga (rohnyah)..



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by bukajalan on Sun Apr 05, 2015 9:12 am

paskah itu sdh diperingati sejak di/akan dan keluarnya bangsa Israel dari perbudakan di tanah mesir sampai dgn hari ini sebagai symbol/typologi Sang Mesias datang menyelamatkan umat manusia dari perbudakan dosa, bukan soal pencurinya . ada banyak symbol/tipology/nubuat yg terkandung dalam paskah PL itu selaras dengan Sang Mesias PB, bukan si pencuri itu mbah j'got !...

Nubuat/typology
Keluaran 12:46 Paskah itu harus dimakan dalam satu rumah juga; tidak boleh kaubawa sedikit pun dari daging itu keluar rumah; satu tulang pun tidak boleh kamu patahkan.

Penggenapan
Yohanes
19:32 Maka datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus;
19:33 tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya

perayaan Paskah itu adalah satu rangkaian peristiwa penyaliban, kematian dan kebangkitan Yesus Kristus
yg semuanya diputarbalikkan dalam alquran firman alloh swt.
semua peristiwa itu didukung oleh fakta sejarah diluar alkitab sendiri, malah kamu percaya nara sumber yg jagonya TIPU DAYA & MEMBINGUNI umatnya sendiri soal kisah penyaliban, dimanakah akal sehatmu ?


bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by abu hanan on Sun Apr 05, 2015 12:30 pm

paskah yahudi beda dengan paskah kristen..itu salah alamat..paskah yahudi diputarbalikkan sama perjanjian baru..cb baca post pertama..itu sumber sayah..

dan sekalipun kaki pencuri patah,itu tidak menghilangkan bahwa pencuri juga hidup..jadi mau kaki patah ato sambung yah situasi yesus idem dengan pencuri..

keluaran dan yohanes jelas beda konteks..ini satu lagi pemahaman yang salah..hanya karena ada yang dikesankan samah lantas dikasi sbg nubuat..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: renungan paskah yang salah alamat..

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik