FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Gimana metode pengajaran muhammad?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by salapanbelas maret on Wed Apr 16, 2014 10:57 pm

Ketika ayat2 Quran menemui titik buntu, ketidakjelasan, multi tafsir, dlsb, memunculkan tanda tanya, bagaimana sih metode pengajaran muhammad kepada muslim dan sahabat2nya?


apakah ketika ayat Quran itu "TURUN",  nabi ada MENJELASKAN, MENJABARKAN, MENERANGKAN apa maksud dari ayat itu?

atau .... pertanyaanya dibalik...

ketika ayat Quran itu "TURUN", apakah muslim TERUTAMA para sahabat ADAKAH MENANYAKAN, MEMINTA PENJELASAN, MINTA DI TERANGKAN oleh nabi, perihal ayat tersebut?
atau.... muslim dan para sahabat, ketika satu ayat "TURUN" hanya manggut manggut dan bergumam: ho.. oh.....ho .. oh.....
avatar
salapanbelas maret
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 21
Posts : 712
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jakarta, tanah tumpah darah beta.
Join date : 19.03.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by salapanbelas maret on Thu Apr 17, 2014 11:01 am

Jika saja nabi menerangkan, atau sahabat menanyakan atau meminta penjelasan ttg suatu ayat, tentu ayat ini tidak akan simpang siur.


maryam 24
Transliteration
Fanadaha min tahtihaalla tahzanee qad jaAAala rabbuki tahtakisariyya
Sahih International
But he called her from below her, "Do not grieve; your Lord has provided beneath you a stream.

Jika muhammad MENJELASKAN klo yg berseru itu adalah SI ANU, tentu terjemahan dari Muhsin yg BINGUNG itu gak akan terjadi


Muhsin Khan
Then [the babe 'Iesa (Jesus) or Jibrael (Gabriel)] cried unto her from below her, saying: "Grieve not! Your Lord has provided a water stream under you;



dan jika saja para sahabat, tidak hanya manggut2 dan ber ho..oh..ho..oh... saja, tentu saya GAK AKAN MENANYAKAN pertanyaan ini.
avatar
salapanbelas maret
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 21
Posts : 712
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jakarta, tanah tumpah darah beta.
Join date : 19.03.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by frontline defender on Thu Apr 17, 2014 11:33 am

"tidak adanya penjelasan" itu bisa saja disebabkan karena penjelasannya ilang! piss 
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by ngayarana on Thu Apr 17, 2014 11:46 am

@salapanbelas maret wrote:Ketika ayat2 Quran menemui titik buntu, ketidakjelasan, multi tafsir, dlsb, memunculkan tanda tanya, bagaimana sih metode pengajaran muhammad kepada muslim dan sahabat2nya?


apakah ketika ayat Quran itu "TURUN",  nabi ada MENJELASKAN, MENJABARKAN, MENERANGKAN apa maksud dari ayat itu?

atau .... pertanyaanya dibalik...

ketika ayat Quran itu "TURUN", apakah muslim TERUTAMA para sahabat ADAKAH MENANYAKAN, MEMINTA PENJELASAN, MINTA DI TERANGKAN oleh nabi, perihal ayat tersebut?
atau.... muslim dan para sahabat, ketika satu ayat "TURUN" hanya manggut manggut dan bergumam: ho.. oh.....ho .. oh.....
Al Qur'an itu diturunkan sesuai dengan bahasa mereka pada waktu itu mas.....
dan sudah pasti mereka sangat mengerti dengan bahasa yang ada di Al Qur'an tanpa terlalu banyak bertanya sekalipun.
sedangkan bila ada ayat yang kurang jelas maka di terangkan langsung oleh Rosulullah yang kami kenal sebagai Hadist.
sedangkan belakangan ini para Mufassirin menafsirkan ayat ayat Al Qur'an dengan cara pemahaman mereka berdasarkan kaidah ilmu Alat dan hadist hadist sahih, agar para pembaca yang belum begitu mengerti kaidah Bahasa arab lebih mudah memahaminya.
Dan bila pun ada perbedaan itu Wajar, karena tingkat pemahaman para Mufassirin pasti berbeda beda tergantung di siplin Ilmu yang di Pahaminya.
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by salapanbelas maret on Thu Apr 17, 2014 11:56 am

@frontline defender wrote:"tidak adanya penjelasan" itu bisa saja disebabkan karena penjelasannya ilang! piss 


ilang dimakan rayap?
avatar
salapanbelas maret
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 21
Posts : 712
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jakarta, tanah tumpah darah beta.
Join date : 19.03.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by musicman on Thu Apr 17, 2014 12:07 pm

http://www.lidwa.com/app/?k=ahmad&n=12830
Musnad Ahmad 12830
Telah menceritakan kepada kami Abu Said, Budak Bani Hasyim telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Al Mutsanna, saya telah mendengar Tsumamah bin Anas menyebutkan, anas jika berbicara ia mengulanginya tiga kali dan mengingatkan, Nabi Shallallahu'alaihi wasallam jika berbicara (mengulanginya) tiga kali dan jika meminta ijin mengulanginya tiga kali. Abu Said bekata, dan telah menceritakan kepada kami setelah itu dengan hadits ini, sesungguhnya nabi Shallallahu'alaihi wasallam jika meminta ijin mengulanginya tiga kali.
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by salapanbelas maret on Thu Apr 17, 2014 1:56 pm

@ngayarana wrote:
Al Qur'an itu diturunkan sesuai dengan bahasa mereka pada waktu itu mas.....
dan sudah pasti mereka sangat mengerti dengan bahasa yang ada di Al Qur'an tanpa terlalu banyak bertanya sekalipun.
sedangkan bila ada ayat yang kurang jelas maka di terangkan langsung oleh Rosulullah yang kami kenal sebagai Hadist.
sedangkan belakangan ini para Mufassirin menafsirkan ayat ayat Al Qur'an dengan cara pemahaman mereka berdasarkan kaidah ilmu Alat dan hadist hadist sahih, agar para pembaca yang belum begitu mengerti kaidah Bahasa arab lebih mudah memahaminya.
Dan bila pun ada perbedaan itu Wajar, karena tingkat pemahaman para Mufassirin pasti berbeda beda tergantung di siplin Ilmu yang di Pahaminya.

Jika saja nabi ADA MENERANGKAN MAKSUD dari 1 ayat, KEBINGUNGAN ini gak akan terjadi.

jika saja nabi ADA MENERANGKAN 1 ayat, tentu para penerjemah akan merujuk langsung ke sana, bukannya mengira ngira.

jika saja ada penjelasan hal itu, tentu tafsir ibnu abbas mencatat hal itu dan bisa menjadi pegangan para Mufassir, tp kenyataan berkata lain.

jk seperti itu maka para Mufassir bukan menerjemahkan seperti APA MAKSUD DARI SI AYAT tapi menerjemahkan/ menafsirkan dgn pemahaman mereka masing2 YG BELUM TENTU SAMA dgn apa MAKSUD dan TUJUAN si AYAT.



ayat turun berkata: SUATU SUARA BERSERU DARI BAWAH DIA(Perempuan)...


tapi tidak diketahui SUARA SIAPA YG BERSERU......

tidak pernah ditanyakan: SIAPAKAH YG BERSERU ITU??  apakah MANUSIA atau suara SEMUT SEMUT KECIL?
avatar
salapanbelas maret
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 21
Posts : 712
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jakarta, tanah tumpah darah beta.
Join date : 19.03.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by aliumar on Thu Apr 17, 2014 1:59 pm

Ketika ayat2 Quran menemui titik buntu, ketidakjelasan, multi tafsir, dlsb, memunculkan tanda tanya, bagaimana sih metode pengajaran muhammad kepada muslim dan sahabat2nya?
Metode pengajarannya: Dilarang bertanya !! maklum, takut ketauan kengacoan karangan qurannya.
 lol 

”Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu akan menyusahkan kamu dan jika kamu menanyakan di waktu Al Quran itu diturunkan, niscaya akan diterangkan kepadamu, Allah memaafkan (kamu) tentang hal-hal itu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun” [QS. Al-Maaidah : 101].

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by salapanbelas maret on Thu Apr 17, 2014 2:04 pm

@musicman wrote:http://www.lidwa.com/app/?k=ahmad&n=12830
Musnad Ahmad 12830
Telah menceritakan kepada kami Abu Said, Budak Bani Hasyim telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Al Mutsanna, saya telah mendengar Tsumamah bin Anas menyebutkan, anas jika berbicara ia mengulanginya tiga kali dan mengingatkan, Nabi Shallallahu'alaihi wasallam jika berbicara (mengulanginya) tiga kali dan jika meminta ijin mengulanginya tiga kali. Abu Said bekata, dan telah menceritakan kepada kami setelah itu dengan hadits ini, sesungguhnya nabi Shallallahu'alaihi wasallam jika meminta ijin mengulanginya tiga kali.


TEPAT SEKALI @MM.
mengulangi sampai 3 kali.
TAPI TIDAK MENJELASKAN APAPUN, HANYA MENGULANGI SPY HAFAL, BUKAN MENJELASKAN AGAR NGERTI.



ayat Quran.
lalu ada suara yg berseru dari bawah perempuan itu...==> 3X

tp tidak tau SIAPA YG BERSERU, sehingga posisinya bisa berada dibawah perempuan itu....
avatar
salapanbelas maret
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 21
Posts : 712
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jakarta, tanah tumpah darah beta.
Join date : 19.03.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by musicman on Thu Apr 17, 2014 3:17 pm

@salapan

TEPAT SEKALI @MM.
mengulangi sampai 3 kali.
TAPI TIDAK MENJELASKAN APAPUN, HANYA MENGULANGI SPY HAFAL, BUKAN MENJELASKAN AGAR NGERTI.
Tafsir Ibnu Katsir hal.187




@aliumar

Metode pengajarannya: Dilarang bertanya !! maklum, takut ketauan kengacoan karangan qurannya.
Konteks tidak boleh bertanya adalah bertanya tentang hal yg Diluar kekuasaan manusia untuk membuktikannya.

Misalnya disuruh membuktikan alam akhirat dengan penglihatan mata telanjang, minta dikasih lihat neraka dan semacamnya itulah, juga dalam ayat Quran  2:67-70 menggambarkan bawelnya Yahudi-yahudi bertanya dalam melaksanakan Perintah Tuhan untuk menyembelih Sapi yg pada akhirnya malah menyusahkan mereka sendiri akibat dari pertanyaan mereka itu.

Nabi tidak melarang bertanya, coba saja cari hadits yg isinya tentang sahabat2 atau kafir yg bertanya ini itu kepada nabi, pasti anda repot menghitung jumlah haditsnya.
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by omzell on Thu Apr 17, 2014 4:11 pm

Out of topic ke Kristen
delete by :mod*

omzell
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 513
Kepercayaan : Islam
Location : surabaya
Join date : 26.01.14
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by salapanbelas maret on Thu Apr 17, 2014 4:45 pm

@musicman wrote:@salapan

TEPAT SEKALI @MM.
mengulangi sampai 3 kali.
TAPI TIDAK MENJELASKAN APAPUN, HANYA MENGULANGI SPY HAFAL, BUKAN MENJELASKAN AGAR NGERTI.
Tafsir Ibnu Katsir hal.187





Nabi tidak melarang bertanya, coba saja cari hadits yg isinya tentang sahabat2 atau kafir yg bertanya ini itu kepada nabi, pasti anda repot menghitung jumlah haditsnya.


Jadi bagaimana nasib hadis mu itu, apa langsung basi?  

nanti aku lihat tafsir itu. (Sori, aku lagi pake hp jadi itu gambar gak kelihatan)


nah, coba kasih hadis dimana nabi menerangkan, atau sahabat bertanya, perihal, SIAPA YG BERSERU  dan DARI SEBELAH BAWAH BAGIAN MANA DIA BERSERU....dari surah Maryam 24 itu..  silahkan....
avatar
salapanbelas maret
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 21
Posts : 712
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jakarta, tanah tumpah darah beta.
Join date : 19.03.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by wahyu_zein_alkaf on Thu Apr 17, 2014 8:18 pm

Oh, saya mengerti apa maksud TS ingin membahas tentang kata sisipan dalam Al-Qur`an yang jika itu tidak ditambahkan, pasti kata ayat tersebut akan tidak pas, apa saya benar?

Contoh ; Demi (malaikat-malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan keras

Dalam teks bahasa Arab, tidak ada tanda kurungnya, namun ketika di translate malah ada kata sisipannya. Apa Saya Benar?
avatar
wahyu_zein_alkaf
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by musicman on Thu Apr 17, 2014 11:08 pm

@salapan
Bisa meskipun via hp
Klik saja imagenya

Baca aja dulu..
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by ngayarana on Sun Apr 20, 2014 3:24 pm

@salapanbelas maret wrote:
@ngayarana wrote:
Al Qur'an itu diturunkan sesuai dengan bahasa mereka pada waktu itu mas.....
dan sudah pasti mereka sangat mengerti dengan bahasa yang ada di Al Qur'an tanpa terlalu banyak bertanya sekalipun.
sedangkan bila ada ayat yang kurang jelas maka di terangkan langsung oleh Rosulullah yang kami kenal sebagai Hadist.
sedangkan belakangan ini para Mufassirin menafsirkan ayat ayat Al Qur'an dengan cara pemahaman mereka berdasarkan kaidah ilmu Alat dan hadist hadist sahih, agar para pembaca yang belum begitu mengerti kaidah Bahasa arab lebih mudah memahaminya.
Dan bila pun ada perbedaan itu Wajar, karena tingkat pemahaman para Mufassirin pasti berbeda beda tergantung di siplin Ilmu yang di Pahaminya.

Jika saja nabi ADA MENERANGKAN MAKSUD dari 1 ayat, KEBINGUNGAN ini gak akan terjadi.

jika saja nabi ADA MENERANGKAN 1 ayat, tentu para penerjemah akan merujuk langsung ke sana, bukannya mengira ngira.

jika saja ada penjelasan hal itu, tentu tafsir ibnu abbas mencatat hal itu dan bisa menjadi pegangan para Mufassir, tp kenyataan berkata lain.

jk seperti itu maka para Mufassir bukan menerjemahkan seperti APA MAKSUD DARI SI AYAT tapi menerjemahkan/ menafsirkan dgn pemahaman mereka masing2 YG BELUM TENTU SAMA dgn apa MAKSUD dan TUJUAN si AYAT.



ayat turun berkata: SUATU SUARA BERSERU DARI BAWAH DIA(Perempuan)...


tapi tidak diketahui SUARA SIAPA YG BERSERU......

tidak pernah ditanyakan: SIAPAKAH YG BERSERU ITU??  apakah MANUSIA atau suara SEMUT SEMUT KECIL?
Sebenarnya apa yang mau di Tanyakan sih mas 19....
kalo masalah pengajaran bukannya sudah di terangkan di atas...?
Dan masalah tafsir sudah saya sampaikan juga.
yang paling utama adalah bagaimana kami mengsmbil pengajaran dari Tafsir tafsir dari berbagai macam Mufassirin tersebut, bila terdapat permasalahan yang menyimpang dari akidah utama Islam, maka kami berhak tidak mengambil tafsir tersebut.
 piss 
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by salapanbelas maret on Tue Apr 22, 2014 7:38 pm

@musicman wrote:@salapan

TEPAT SEKALI @MM.
mengulangi sampai 3 kali.
TAPI TIDAK MENJELASKAN APAPUN, HANYA MENGULANGI SPY HAFAL, BUKAN MENJELASKAN AGAR NGERTI.
Tafsir Ibnu Katsir hal.187
[url=/german-proxy.php?u=0Bu%2F4tOaksbxtovz3W952tMpW6n22t1wNATEwuiqbh%2B2nFyRxJwlJBc3w4mL%2BrMI5HFheRVLCWDQ%2F0n2CdqUKdDGe5ipFeXiPRpHyOAr63xk1aQLWgMb6JbYvZH%2BMixtdg7J5Cq0Zsn7juNFtLjbyfrRqyVhcB6qVSRtPyBE0%2FbID8IcuXfCmIagwSWaS5pFYug2qSq3j7ZijzVP6vPMCG3Bw%2FYZWyA1hLMre8CzUaUzIgpu4BSmMEc%2F6jR%2BFAV2kSnhnLiSX52Q2yI8FMDqmxtB0z%2BZVtPHQdXKM8FOaZnLHN8IvjpNRKZ266f6TNGel7kmhre5o3US9fOBPoYlSrqoqYAv4Ujj5kHiyb2qkTqA17poWg03Kw%3D%3D&b=0][/url]

[url=/german-proxy.php?u=0Bu%2F4tOaksbxtovz3W952tMpW6n22t1wNATEwuiqbh%2B2nFyRxJwlJBc3w4mL%2BrMI5HFheRVLCWDQ%2F0n2CdqUKdDGe5ipFeXiPRpHyOAr63xk1aQLWgMb6JbYvZH%2BMixtdg7J5Cq0Zsn7juNFtLjbyfrRqyVhcB6qVSRtPyBE0%2FbID8IcuXfCmIagwSWaS5pFYug2qSq3j7ZijzVP6vPMCG3Bw%2FYZWyA1hLMre8CzUaUzIgpu4BSmMEc%2F6jR%2BFAV2kSnhnLiSX52Q2yI8FMDqmxtB0z%2BZVtPHQdXKM8FOaZnLHN8IvjpNRKZ266b%2BTNGel7kmhre5o3US9fOBPoYlSrqoqYAv4Ujj5kHiyb2qkTqA17poWg03Kw%3D%3D&b=0][/url]


Nabi tidak melarang bertanya, coba saja cari hadits yg isinya tentang sahabat2 atau kafir yg bertanya ini itu kepada nabi, pasti anda repot menghitung jumlah haditsnya.


Jadi bagaimana nasib hadis mu itu, apa langsung basi?  

kalaulah nabi telah menerangkan sampai 10 kali sampai mereka MENGERTI DAN MENGAMALKAN ITU AYAT, sperti kata ibnu mas'ud, lalu kenapa GAK ADA JEJAK DI HADITS ttg siapa yg berseru itu?

kenapa kemudian banyak penerjemah islam yg GAMANG menerjemahkan siapa yg berseru itu, apakah Jibril atau BAYI ISA.

.
klo cuma klaim memahami seluruh makna, nenek gw jg bisa Oom, tapi masalahnya itu klaim bs dipertanggung jawabkan gak ?

nah, coba kasih hadis dimana nabi menerangkan, atau sahabat bertanya sehingga bisa dikatakan mereka memahami seluruh makna ayat, perihal, SIAPA YG BERSERU dan DARI SEBELAH BAWAH BAGIAN MANA DIA BERSERU....dari surah Maryam 24 itu..
 silahkan....
avatar
salapanbelas maret
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 21
Posts : 712
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jakarta, tanah tumpah darah beta.
Join date : 19.03.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by musicman on Fri Apr 25, 2014 3:53 pm

@Salapan
Saya sebetulnya gk ngerti arah pertanyaan anda..
Tapi ya sudahlah...saya coba jawab sebisanya.

Saya berkeyakinan memang Tidak ada seorang sahabatpun yg perlu merasa mempertanyakan kepada nabi, siapa yg bersuara / berkata2.

Mungkin karena esensi Ayat sudah dapat mereka fahami, sehingga tidak menjadi masalah apakah siapa diantara kedua oknum tsb (Jibril atau Isa) yg berkata-kata.

Feeling para sahabat Nabi Terbukti bahwa Dampak bagi pemahaman generasi sesudahnya pun tidak berpengaruh secara esensi,  yg paling realistis bahwa memang mempertanyakan hal yg tidak penting memang bukan kebiasaan yg dominan barangkali..saya tidak tahu.
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gimana metode pengajaran muhammad?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik