FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Halaman 3 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Sat May 03, 2014 2:53 pm

First topic message reminder :

dari gunawan wibisana dan kumbakarna hingga sengkuni..merupakan karakter yang masih logis untuk ditampilkan guna mewakili dinamika kekuasaan dan patriotisme..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down


Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by dee-nee on Fri Jun 13, 2014 9:50 pm

@abu hanan wrote:owh..itu 4 pilar yah?hemm..buginih..
masing2 baik pancasila-uud-nkri-endonesa kompak itu berbeda kamsut dan konteks..

justru saya lihatnya malah saling nyambung ....
mari diteruskan mbah :)

@abu hanan wrote:pancasila..
kata orang jaman dulu,slogan ini adalah puncak dari seluruh nilai2 sosial yang beredar dari sabang sampe merauke..menurut sayah,pancasila itu nilai yang universal..bukan monopoli negara ini..
contoh,ketuhanan yme..hampir semua bangsa di tata surya ini akan setuju..meskipun mempunyai cara pandang berbeda akan tetapi ada superioritas di atas manusia adalah niscaya bagi hampir semua bangsa..

bold : setuju

Ketika Jepang membentuk BPUPKI ... intinya kita disuruh siap2 dan merumuskan dasar / konstitusi negara, bentuk negara, uud, dsb ...
bentuk negara >> semua setuju ... bentuknya adalah negara kesatuan
dasar negara >> semua setuju bahwa negara ini harus berlandaskan pada konstitusi : ketuhanan (artinya percaya pada Tuhan), kemanusiaan, persatuan, musyawarah, keadilan sosial

coba kita lihat konstitusi Uni Emirat Arab (Emirat ya ... bukan Saudi)

http://www.uaeembassyjakarta.org/index.php?option=com_content&view=article&catid=14:the-uae&id=36:the-uae-government&Itemid=38&lang=in

Konstitusi UEA menyatakan persamaan, keadilan sosial, kesamaan kesempatan bagi semua warga negara. Keluarga adalah pondasi masyarakat, sementara tiangnya adalah agama, akhlak dan cinta negara.  

sama saja kan prinsipnya ...

mbah abu wrote:uud 1945..
setiap negara pasti punya anggaran dasar rumah tangga..tentang apa dan bugimanah sebuah organisasi dijalankan..dan ini bersifat sementara dalam arti sebenarnyah..amandemen2 aka perubahan akan selalu terbit mengikuti jaman..

UUD pada dasarnya adalah basic law (hukum dasar) sebuah negara... jadi teorinya sebetulnya UUD tidak bisa dirubah ... sebetulnya dari seluruh negara di dunia sedikit yang bisa merubah basic law ini .... cuma di Indonesia saja UUD nya bisa berubah sampai 4 kali

Jadi tidak bisa disebut mengikuti jaman dan jelas tidak bersifat sementara

http://id.wikipedia.org/wiki/Undang-Undang_Dasar_Negara_Republik_Indonesia_Tahun_1945

Sebenarnya sama saja bila pada awalnya sebuah negara dibentuk ... pemerintah menyatakan "undang2 dasar negara ini adalah berdasarkan hukum2 Al Quran" .... maka selamanya pun memang tidak boleh berubah menjadi tidak berdasarkan Al Quran ...

begitu juga yang terjadi ketika pemerintah thn 45 itu menyatakan UUD 45 ....
tapi ... atas dasar bahwa UUD tersebut adalah buatan manusia dan manusia tempatnya salah ... memang prinsipnya bisa dirubah
itulah saya katakan ... UUD 45 dsb itu memang bisa berubah (tidak harga mati) ... tapi harus kembali pada parlemennya

salah satu yang menjadi masalah bagi mereka yang ingin merubah pancasila n the gank ini adalah adanya undang2 partai yang mewajibkan semua partai harus berdasarkan 4 pilar ini ....

Jatuhnya jadi kontradiksi atau si partai jadi seperti jilat ludah sendiri wal munafik (tujuan awal ingin merubah ... tapi supaya bisa merubah mereka diwajibkan dulu untuk berasaskan yang 4 ini) ....  

mbah abu wrote:nkri..
ini relativitas..ketika papua menyatakan merdeka dari jakarta..apakah orang2 papua gak nasionalis?
sama halnyah dengan uskup bello..mereka mencintai negeri kelahirannyah,bukan mencintai kesepakatan masa lalu..ketika negeri mereka tertindas saat ini,apakah hak mereka bebas dari penindasan akan gugur hanya karena "kesepakatan founding fathers"?..
baiklah,lebih baik kelaparan dengan tertindas daripada kenyang tapi bebas penindasan..

sebetulnya untuk kasus papua dan east timor ... kalau kita kembali ke awal proklamasi ... inilah yang disebutkan oleh Sukarno

Wilayah negara Indonesia adalah sama dengan bekas wilayah Hindia-Belanda dahulu, ditambah dengan Malaya, Borneo Utara (sekarang adalah wilayah Sabah dan wilayah Serawak di negara Malaysia, serta wilayah negara Brunei Darussalam), Papua, Timor-Portugis (sekarang adalah wilayah negara Timor Leste), dan pulau-pulau di sekitarnya.

Ketika Sukarno bicara seperti ini .... malaysia dan brunei masih dibawah kekuasaan Inggris ... Timor masih dibawah kekuasaan Portugis ... Belanda pun tidak mau memberi Papua dan berjanji baru akan mengembalikan thn 60

Sukarno memang pernah janji dengan Malaysia dan Brunei bahwa mereka akan masuk NKRI ... tapi kembali ke sejarah ... Jepang hanya menguasai wilayah jajahan Belanda ... artinya tidak termasuk Malaysia, Brunei, dan Timor timor

Pada masa mau merdeka ... Jepang bilang ke Sukarno ... "eh kita kayanya udah mau kalah nih sama sekutu ... siap2 merdeka gih sana" (kasarnya begitu) ... makanya Jepang bantuin bikin BPUPKI segala macem

Janjinya mau dikasih kemerdekaan itu tgl 25 Agustus ... Jepang sudah keburu di bom tgl 6 ... Jepang ngaku kalah dan udah unyu2 aja sendiri bingung mau ngapain ...

Oleh karena itu dikawatirkan ... bila Indonesia keburu didatengin NICA (sekutu) ... maka sebelum kekuasaan itu datang ke NICA ... Indonesia buru2 merdeka tgl 17 ...

Awalnya Belanda pun ga mau ngakuin kemerdekaan kita ... tapi karena secara de yure sudah sah di PBB ... mau ga mau tinggal nunggu hasil de facto nya dari Belanda ... Ada 2 perjanjian setelah itu ... Linggarjati dan Renville .... berulang kali Belanda berusaha untuk ngurang2in wilayah Indonesia ... tapi Sukarno cs kekeuh minta wilayah bekas jajahan Belanda ... akhirnya perjanjian itu dilanggar2 juga oleh Belanda ... sampai dia mau cabut tersisa 1 yaitu papua yang dijanjikan thn 60  

Kenapa malaysia, brunei, dan timtim ga masuk ke Indonesia jaman sukarno ... karena mereka bukan wilayah Belanda ... Belanda aja ogah ngasih apalagi Inggris n Portugis (ga ada maharnya pula ... kekeekkekeke) ... makanya sempat malaysia jengkel banget sama Sukarno ... dianggap Sukarno ingkar janji untuk masukin malaysia ke indonesia ... jadilah konflik ganyang malaysia dsb itu ....

Thn 60 perebutan Irian Barat ... makanya jadi namanya Irian Jaya .... thn 70 baru Suharto ngambil timor

Jadi ... kalo balik ke UUD 45 .... Papua tetap adalah kesepakatan antara Belanda dan Indonesia ... tidak akan dilepas
sementara tentang Timtim ... posisi tawar Indonesia lemah ... karena Portugis memang tidak punya kesepakatan untuk ngasih Timtim ke Indonesia
ditambah adanya DOM ... dan kejadian di gereja yang cetar membahana ... posisi Indonesia lebih lemah lagi ...
Lemah pun sebetulnya kita masih punya loby2 kuat ... cuma sayangnya Habibie sebagai presiden malah bikin referendum

makanya Timtim cao ....

Maksud saya cerita seperti ini .... Papua pun tidak akan dilepas dari NKRI

mbah abu wrote:endonesa kompak..
yah..logis bila berdasarkan kebutuhan..jawa butuh kalimantan..borneo butuh dompu dsb..walhasil karen saling butuh maka kompak itu lebih baik daripada egois..

yah kalo liat model2 sumpah pemuda sih ... indonesia jadi kompak karena waktu itu sama2 susah dijajah belanda ... makanya kompak itu memang lebih baik daripada egois ...

yang jadi masalah ... organisasi2 Islam ga mau ikutan kongres ini ... kenapa ?? karena orang2 yang ada di kongres ini bukan dari golongan (kelas sosial dan politik) yang sama dengan mereka2 yang ada di organisasi Islam

makanya ... harus balik ke sejarah dulu ... sejak jaman2 kerajaan kalau perlu .... supaya bisa bedain siapa2 yang termasuk dalam kongres pemuda ini ... dan siapa2 yang termasuk dalam organisasi Islam ... supaya clear tanpa harus nuduh2 kongres pemuda adalah buatan freemason dsb

mbah abu wrote:jempol sehat..
gak juga sih..masih mudah capek kalow ketik panjang..meskipun cape itu relativ tetapi faktor usia itu mutlak wkwkwkwk.

cucumu siap menunggu mbah

 2 good
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Fri Jun 13, 2014 11:49 pm

mbdee..kita lanjutkan..

urusan pancasila..
gak ada masalah tetapi sayah menolak bila dikatakan bahwa pancasila adalah kristalisasi dari nilai2 luhur bangsa ini..sekali lagi,ini bukan monopoli bangsa ini karena semua orang waras akan bicara sehat (baca ; isi pancasila dan 36 butir adalah kebaikan yang juga ditemui di china,taiwan,swedia dll)..

uud..
gak ada masalah juga karena selama uud adalah karya tulis manusia maka akan selalu bernilai relativitas (jaman kuadrat = manusia kuadrat + perkembangan kuadrat)

mbdee wrote:kalo balik ke UUD 45 .... Papua tetap adalah kesepakatan antara Belanda dan Indonesia ...
wilayah endonesa adalah bekas jajahan/koloni belanda jadi gak ada NATION disini..kita bicara nation..negeri..papua menjadi bagian endonesa HANYA karena eks koloni belanda..dan teks proklamasi.."PEMINDAHAN KEKUASAAN"..ini hanya tranformasi dari dikuasai belanda ke who is he/them?

sehingga jika bicara NATION/negeri,maka tak ada satu pun manusia di negara ini bisa berkata ; papua adalah wilayah endonesa sejak jaman dulu kala (majapahit bukan endonesa karena ketika majapahit ada,pasundan pun merdeka,singasari-sriwijaya bukan endonesa..)artinyah sebelum 1945,papua adalah PAPUA secara nation..

kita bandingkan dengan jepang..
dari restorasi meiji dan masa sebelumnyah..jepang adalah jepang yang kita ketahui seperti sekarang ini..pun UUD jepang..dari konstitusi kekaisaran beralih ke konsitusi meiji hingga konstitusi dasar 1947..sehingga ketika kyoto menyatakan merdeka dari jepang,maka itu kesalahan fatal by kyoto..

konstitusi jepang 1947..
BAB IX
PERUBAHAN
Pasal 96. Amandemen terhadap Konstitusi ini harus diprakarsai oleh Diet, melalui suara concurring dari dua-pertiga atau lebih dari semua anggota dari setiap House dan kemudian akan diserahkan kepada rakyat untuk ratifikasi, yang akan memerlukan suara setuju dari mayoritas dari semua suara yang diberikan padanya, pada referendum khusus atau pada pemilihan seperti Diet harus ditentukan. Perubahan ketika begitu diratifikasi harus segera diumumkan oleh Kaisar atas nama rakyat, sebagai bagian integral dari Konstitusi ini.

yang namanyah UUD tetap relativitas selama yang dijadikan UUD bukan UU ketuhanan..
 usil 

sejarah mengabarkan bahwa papua bersatu dengan endonesa adalah faktor pepera juga..tetapi = > Indonesia akan mempersiapkan, dengan bantuan dan partisipasi perwakilan PBB dan stafnya.. (pasal 18 perjanjian new york)..

sebuah sumber mengatakan..
sumber dilindungi wrote:Pemerintah Indonesia hanya melakukan konsultasi dengan Dewan Kabupaten di Jayapura tentang tatacara penyelenggaraan PEPERA pada tanggal
l 24 Maret 1969. Kemudian diputuskan membentuk Dewan Musyawarah PEPERA (DMP) dengan anggota yang berjumlah 1026 anggota dari delapan kabupaten, yang terdiri dari 983 pria dan 43 wanita.
ali murtopo berkata : Jakarta sama sekali tidak tertarik dengan orang Papua, Jakarta hanya tertarik dengan Tanah dan Kekayaan alam Papua. Jika kalian ingin Merdeka, maka mintalah tempat di Bulan agar Amerika bisa menaruh kalian di sana. Dan jika kalian menolak Pemerintah Indonesia, maka saya akan membunuh kalian..

sedangkan logika memberitahukan bahwa yang namanyah jajak pendapat itu berarti one man standing for one vote,seperti layaknyah kita mencoblos presiden..

dan ketika pepera dilaksanakan,apakah para dewasa di suku2 lembah baliem juga terlibat memberi pendapat?

aceh pun berkedudukan samah dengan papua..
sukarno berperan sebagai pengkhianat cinta disini..rakyat aceh adalah sebuah nation yang terpisah dari jawa-dompu-borneo dll..mereka berjuang sendirian versus belanda..tanpa bantuan senjata,amunisi,serdadu dari raja2 di jawa/sulawesi dll..ketika aceh bersedia menjadi bagian ri dengan syarat HUKUM ISLAM..apakah syarat itu bisa dijadika dasar untuk berkata ; aceh bagian nkri?tentu tidak di masa sebelum 2003..

sekarang..mari kita sebarkan ;
lebih baik kelaparan di negeri sendiri,daripada kenyang di kampung halaman..
 lol 


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Sat Jun 14, 2014 7:52 am

ketika orang berkata : majapahit adalah ri..maka sayah nyatakan bahwa itu adalah pengakuan bila suku jawa adalah penjajah..menebarkan hegemoni bahwa jawa adalah suku superior di bumi nusantara..paradigma sempit dari penggila kekuasaan..
majapahit tak pernah menundukkan aceh..usia samudra pasai bahkan lebih panjang dari kehancuran majapahit..

sebuah konsep semu demi sebuah nasionalisme yang sesungguhnyah tak pernah ada..

rakyat papua..
belum ada artefak di papua yang membuktikan bahwa majapahit pernah bercokol di sonoh..sekali lagih,nasionalisme papua boleh dikatakan berbeda sudut dengan nasionalis versi nkri..

tki..
sering dikatakan pahlawan devisa,akan tetapi motivasi mayoritas tki adalah lebih baik kenyang di negara orang daripada kelaparan di negeri sendiri..
ketika tki mengirimkan dollar ke keluarganyah,apakah itu bentuk perlawanan atas hegemoni dollar?tentu tidak..mereka berupaya membebaskan keluarga dari kelaparan di negeri sendiri..
mereka adalah gunawan wibisono..yang atas nama hak asazi,bersedia kenyang di rantau orang..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by RHCP on Sat Jun 14, 2014 10:34 pm

@abu hanan wrote:dari lubuk hati gunawan wibisono,tampak bahwa mencintai kebenaran dibandingkan negara atow pemerintahan..

kumbakarna,ini seorang yang berdiri membela negara,right or wrong - dangdut is my country,begitulah prinsip kumbakarna..tni dan polri adalah cermin kecil seorang kumbakarna..dan ketika anggota tni/polri membelot dari tugas karena sadar kesalahan negara/atasannyah maka dia bukanlah pembelot tetapi seorang gunawan wibisono..

ketika presiden ri tertangkap basah berselingkuh dengan purel (macam kasus ical dan zailanty)..maka tni/polri akan membutakan mata..karena bugimanapun presiden adalah raja mereka..berkuasa penuh atas nyawa mereka..dan ketika warga kampung cemara mengarak pasangan selingkuh keliling desa,tni/polri dapat membom desa dengan tuduhan "pencemaran nama baik"..

@abu hanan wrote:bhisma..yah bhisma dewabharata putra gangga..sebuah nama yang keren..seorang patriot..atas nama perdamaian,rela melepaskan status pangeran mahkota..mencintai negeri dan membela kebenaran..
bhisma dengan gagah menghukum drestarata karena pembelaan terhadap anak dan atas kesalahan duryudhana..

ketika putra pandu dibakar di istana wanabrata dan diduga tewas,bhisma melihat bahwa benih kebenaran telah musnah..dan inilah bhisma..hemm..lanjutin kapan2 deh..
Wahhh asyiiikkk......
Ane perlu belajar lebih banyak nih sama wak Abu.
Kalo ane bandingkan wak, antara gunawan wibisono dan bhisma dewabhrata masing2 memiliki kebijaksanaan dalam mengambil keputusan. Meskipun dalam cerita keduanya memilih jalur yang berbeda. Wibisana lebih memilih membela kebenaran meskipun dia harus melawan negara dan rajanya sendiri. Sedangkan Bhisma lebih memilih membela negara dan berpihak kepada cucunya yg zalim (kurawa) thd cucunya yg lain (pandawa).

Sehubungan dengan nasionalisme, apapun keputusan yg diambil dan apapun resikonya, akan kembali kepada kebijaksanaan dari masing2 individu. Dari satu sisi, Wibisana adalah seorang pengkhianat negara. Namun dari sisi kebenaran dia adalah pahlawan. Rahwana adalah raja angkara murka yg sangat sakti karena tidak bisa mati. Meskipun sri rama adalah titisan whisnu dan memiliki seorang sumantri yg sakti, tetap tidak mudah baginya untuk menaklukan kerajaan alengka, tanpa bantuan hanoman dan wibisana.

Dalam kisah bharatayuda, tokoh yg sebenarnya memegang peranan utama adalah sri kresna. Dialah tokoh yang menentukan strategi koalisi pandawa hingga bisa melakukan "mission impossible" dan meraih kemenangan. Karena bila bandingkan, kekuatan koalisi pandawa dng kekuatan koalisi kurawa sangat tidak seimbang. Dalam koalisi pandawa yang kesaktiannya bisa mengimbangi deretan orang2 sakti di koalisi kurawa, hanya arjuna seorang. Karena sri kresna (sbg titisan whisnu) menurut cerita, selain dilarang oleh batara guru ikut campur, juga terikat perjanjian utk tidak turun langsung ke arena pertempuran. Sekali sri kresna triwikrama, dalam sekejap habislah semua koalisi kurawa.... (ntar jadi ngga seru dah, hehehehehe.....)

Tolong bantuannya utk pembabaran lebih lanjut wak.
NB: mudah2an jempolnya tetap sehat dan makin lincah.....
 piss 
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by dee-nee on Sun Jun 15, 2014 3:50 am

Maaf banget mbah kalau kepanjangan …. hihihihihihihi

 piss  piss  piss 

@abu hanan wrote:mbdee..kita lanjutkan..
urusan pancasila..
gak ada masalah tetapi sayah menolak bila dikatakan bahwa pancasila adalah kristalisasi dari nilai2 luhur bangsa ini..sekali lagi,ini bukan monopoli bangsa ini karena semua orang waras akan bicara sehat (baca ; isi pancasila dan 36 butir adalah kebaikan yang juga ditemui di china,taiwan,swedia dll)..

Ya ya … pada prinsipnya … waktu orang2 di BPUPKI itu merumuskan pancasila …. mereka cuma bikin dasar2 mau dibawa kemana bangsa ini ….

Bila pada akhirnya dikatakan pancasila adalah kristalisasi nilai2 luhur dsb …. ya pendapat orang beda2 … tapi saya pribadi berpendapat bahwa pancasila itu sumber hukum yang jadi pegangan bangsa ini … mau disebut nilai luhur, adi luhung bangsa … hmmmm saya ga terlalu ngurusin istilah juga sih sebetulnya

Tapi … bila kemudian nyambung dengan kalimat “Seharusnya yang menjadi sumber hukum adalah Al Quran bukan yang lain” … maka argumen saya … pancasila pun pada dasarnya lahir dari pemahaman Al Quran yang di sesuaikan dengan kondisi masyarakat kita …

disesuaikan bukan artinya kita mengalah dengan kondisi masyarakat tersebut … tapi lebih pada bagaimana kita memahami dan menerapkan nilai2 Islam bila konteksnya kita berada pada kondisi masyarakat seperti Indonesia

@abu hanan wrote:uud..
gak ada masalah juga karena selama uud adalah karya tulis manusia maka akan selalu bernilai relativitas (jaman kuadrat = manusia kuadrat + perkembangan kuadrat)

ya … bernilai relative itu saya setuju ….

Tapi …. menurut saya juga … lalu UUD di negara mana yang tidak bernilai relativitas wong nyatanya semua UUD dibuat oleh manusia ??
UUD yang berdasarkan Al Quran ?? >> oke saya setuju …

tapi kenyataannya UUD yang ditulis berdasarkan Al Quran pun sebetulnya ditulis dari pemahaman manusia tentang Al Quran itu sendiri … dan pemahaman manusia terkait Al Quran pun beda2

misalnya UUD ala Arab Saudi beda dengan UUD ala Malaysia …. beda juga dengan UUD ala Iran …. Semua memang berdasarkan apa yang tertulis dalam Al Quran … tapi tetap dipahami berbeda oleh manusia ….

Lalu … apakah UUD ala Arab, Malaysia, dan Iran ini tidak bisa disebut bernilai relative juga ??

@abu hanan wrote:
mbdee wrote:kalo balik ke UUD 45 .... Papua tetap adalah kesepakatan antara Belanda dan Indonesia ...
wilayah endonesa adalah bekas jajahan/koloni belanda jadi gak ada NATION disini..kita bicara nation..negeri..papua menjadi bagian endonesa HANYA karena eks koloni belanda..dan teks proklamasi.."PEMINDAHAN KEKUASAAN"..ini hanya tranformasi dari dikuasai belanda ke who is he/them?
sehingga jika bicara NATION/negeri,maka tak ada satu pun manusia di negara ini bisa berkata ; papua adalah wilayah endonesa sejak jaman dulu kala (majapahit bukan endonesa karena ketika majapahit ada,pasundan pun merdeka,singasari-sriwijaya bukan endonesa..)artinyah sebelum 1945,papua adalah PAPUA secara nation

Lah makanya … kalau mau bicara soal NATION merujuk NKRI ... kita musti balik ke sejarah … berulang2 kali saya bilang … kalau mau bicara NKRI … mulainya thn 1800 - 1900 an … jangan bawa2 jaman kerajaan abad 18 kebelakang.

Mempertanyakan NKRI dengan bawa2 jaman kerajaan …. Sama saja seperti mempertanyakan kenapa anak umur 5 thn bisa ngomong padahal waktu bayi ga bisa:

“Kok kamu bisa ngomong sih … kan waktu bayi kamu ga bisa ngomong apa2” … “Kok Papua bagian dari NKRI … kan jaman kerajaan … Papua berbentuk nation dibawah kerajaan Tidore bukan dibawah NKRI”

Pada jaman kerajaan … apakah itu diponegoro, hasanuddin, teuku umar, dsb … mereka perang melawan kolonialisme memang atas nama nation dari suku dan wilayah mereka sendiri.

Misalnya … kalau bukan link ini
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_Pahlawan_Nasional_Indonesia

dari seluruh daftar itu … siapapun yang wafat sebelum 1850 – 1860 an … bisa dikatakan tidak perang melawan belanda demi kesatuan Indonesia sebagai nation … tapi perang melawan belanda untuk wilayah mereka sendiri …

Tapi … satu hal yang pasti … yang dilawan oleh banyaknya nation ini tetap adalah satu nation toh … yaitu Nation Belanda

Maka …. karena banyaknya perlawanan2 yang sifatnya kedaerahan … salah satu strategi Belanda (yang 1 nation ini) adalah memberikan kesempatan belajar bagi para penguasa2 daerah ini … dengan perjanjian tentu saja ... karena disatu pihak Belanda juga butuh pegawai lokal  

Awalnya sekolah Belanda jelas adalah bagi orang Belanda … tapi dalam system kerajaan manapun, feodalisme tetap feodalisme … dimana penguasa atau raja memiliki strata/kelas tertinggi (darah biru) dalam wilayah tersebut. Jadi pada jaman itu .. banyak darah biru yang disekolahkan untuk jadi pegawai di post2 pemerintahan Belanda.

Lama2 … yang disekolahkan Belanda ini kan mikir juga … “Kok udah sekolah tapi status saya tetap rendah buat si bule semprul ini … hanya karena saya PRIBUMI” (kasarnya begitu) …  jadi karena ada kesenjangan antara pribumi (inlander) dengan Belanda … maka munculah sikap2 nasionalisme itu dari golongan yang disekolahkan ini tadi - tidak hanya dari darah biru tentu saja ... tapi intinya yang cukup punya nyali dan tanggung jawab kan tetap sebagian besar dari kelompok darah biru ini sebagai si pemimpin ....

Dan yang jelas .... sebelum masuk masa kemerdekaan, sikap ini awalnya masih bersifat nasionalisme kedaerahan …. Jawa is a nation, Maluku is a nation, Bali is a nation, dsb ….  

Lama2 … yang sekolah ini kan mulai berilmu … mereka juga tau bahwa pusat informasi ada di Jawa …. Misalnya ketika Belanda bangun STOVIA (sekolah dokter) pertengahan 1800 an (thn 1849)…. banyak orang2 daerah ingin sekolah jadi perawat dsb ... pergilah mereka ke Jawa

Ditambah kita juga tidak bisa tutup mata bahwa perkembangan jaman di Indonesia memang berpusat di pulau jawa.

http://id.wikipedia.org/wiki/Jawa

Jawa adalah sebuah pulau di Indonesia dengan penduduk sekitar 136 juta. Pulau ini berpenduduk terbanyak di dunia dan merupakan salah satu wilayah terpadat di dunia. Jawa dihuni oleh 60% penduduk Indonesia. Ibu kota Indonesia, Jakarta, terletak di Jawa bagian barat. Banyak sejarah Indonesia berlangsung di pulau ini. Dahulu, Jawa adalah pusat beberapa kerajaan Hindu-Buddha, kesultanan Islam, pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, serta pusat pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pulau ini berdampak besar terhadap kehidupan sosial, politik, dan ekonomi Indonesia
.

Orang2 luar jawa yang sudah belajar di sekolah Belanda ini kemudian ada yang pindah ke jawa untuk tukar pikiran dsb …. Hingga sampailah pada pemikiran bahwa … untuk melawan 1 nation yang besar seperti Belanda dibutuhkan 1 nation yang  besar juga … gitu gitu gitu terus melalui proses … hingga akhirnya sampai pada Kongres Pemuda 1 dan 2 thn 1928

Balik ke atas … bila Stovia dibangun 1849 (contohnya) … lalu thn 1908 ada budi utomo yang didirikan oleh alumni Stovia dkk …. lalu ada kongres pemuda thn 1928 … artinya hampir seabad lebih toh orang pribumi ini belajar tentang nasionalisme (yang awalnya bersifat kedaerahan kemudian jadi kesatuan)

Bicara soal nasionalisme secara menyeluruh (Indonesia) dikaitkan dengan Kongres Pemuda (Sumpah Pemuda) … saya bisa jamin ngumpulnya orang2 ini pada awalnya juga agak kagok antara orang padang ketemu orang maluku … antara orang cina ketemu orang papua ... dsb

Artinya … jelas proses ngomongin Nasionalisme Indonesia tidak sesimple dan secepat baca buku sejarah SMA yang cuma tertulis point2nya saja. Pasti diawal2 ada jaka sembung nya dulu ... ada OOT nya dulu ... ada berantem2nya dulu .... ada sharingnya dulu .... ada diskusi nya dulu ... baru akhirnya kepala sama kepala bisa nyetrum (tergantung moderatornya aja waktu itu gimana ngaturnya ... wakakakakaka)

Balik ke soal Papua ga ikutan sebelum terbentuknya NKRI thn 45 … memang sebelum 45 Papua bukan bagian dari Nation Indonesia … karena memang tidak ada satupun wilayah di Indonesia yang jadi NKRI sebelum thn 45 ... wong NKRI baru ada pas thn 45 Sukarno proklamasi kok

Tapi kenapa Papua akhirnya bisa ikutan dalam NKRI 45 ini … karena di Papua juga ada orang2 (yang notabenenya bagian dari kerajaan/penguasa di papua) yang juga datang ke Jawa untuk ikutan curhat di kongres pemuda. Dan ini berlaku juga di wilayah2 lain.

Sebetulnya … waktu itu terkait pembentukan Satu Nation dari banyaknya nation kedaerahan tidak pernah menjadi masalah atau pertentangan …. Karena dalam Kongres .... yang hadir tidak hanya mewakili kelompok kedaerahan (seperti Jong Ambon, Jawa, Papua, dsb) … tapi juga mewakili kelompok dari agama dan kesukuan (Jong Islam, Jong Kristen, Jong Tionghoa, Jong Batak, dsb)

Jadi bersatunya banyak unsur tersebut pada dasarnya sudah tidak perlu jadi polemik lagi … karena sudah sah diwakili oleh masing2 element tadi
Lalu ... apakah wakil2 itu beneran mewakili semua golongan ?? ya mari diteruskan sejarahnya di lain postingan supaya ga numpuk2 ...

Tapi point nya ... khususnya di jawa atau daerah2 "gaul" lainnya ... penyatuan banyak nation menjadi satu nation sudah tidak menjadi polemik, tapi yang jadi masalah adalah perdebatan mau dibawa kemana Satu Nation ini … dan ini memang tidak dibahas dalam Kongres Pemuda karena tujuan nya pada waktu itu memang cuma “mangan ora mangan sing penting ngumpul” … wakakakakaka  

@abu hanan wrote: kita bandingkan dengan jepang..
dari restorasi meiji dan masa sebelumnyah..jepang adalah jepang yang kita ketahui seperti sekarang ini..pun UUD jepang..dari konstitusi kekaisaran beralih ke konsitusi meiji hingga konstitusi dasar 1947..sehingga ketika kyoto menyatakan merdeka dari jepang,maka itu kesalahan fatal by kyoto..
konstitusi jepang 1947..
BAB IX
PERUBAHAN
Pasal 96. Amandemen terhadap Konstitusi ini harus diprakarsai oleh Diet, melalui suara concurring dari dua-pertiga atau lebih dari semua anggota dari setiap House dan kemudian akan diserahkan kepada rakyat untuk ratifikasi, yang akan memerlukan suara setuju dari mayoritas dari semua suara yang diberikan padanya, pada referendum khusus atau pada pemilihan seperti Diet harus ditentukan. Perubahan ketika begitu diratifikasi harus segera diumumkan oleh Kaisar atas nama rakyat, sebagai bagian integral dari Konstitusi ini.
yang namanyah UUD tetap relativitas selama yang dijadikan UUD bukan UU ketuhanan..
usil

Kalau bicara Jepang mah … mau pindah dari Kyoto atau ke Tokyo kek … sejak jaman Meiji, Tokugawa atau Heisei …. tetep aja kaisarnya ya cuma satu … nasionalisme mereka sudah berdasarkan satu kesatuan sejak mereka kenal kekaisaran (feodalisme) ….

Tapi mbah abu bicara soal relativitas itu tadi kan … jadi ya memang UUD pada dasarnya tetap bersifat relative …. termasuk bila yang dijadikan UUD tersebut adalah UUD Ketuhanan (khususnya bila setiap manusia punya pemahaman yang beda terkait aturan Tuhan tersebut)

Mengatakan UUD 45 sebagai UUD yang berasaskan Al Quran … saya kira bisa saja.

http://www.bpk.go.id/assets/files/storage/2013/12/file_storage_1386157387.pdf

Silahkah mbah abu koreksi … mana yang melanggar ayat2 Al Quran dalam UUD 45 tersebut ….

Lagipula khusus untuk pembukaan UUD 45 pun sudah dengan kesepakatan panitia 9 (yang bikin sila 1 dengan 7 kata tambahan itu loh) ... masalah kenapa kok 7 kata itu bisa hilang dan lenyap ... mari dibahas di postingan yang lain (supaya ga numpuk2)

Bicara soal NII dan NKI pun mari dibahas di postingan lain (supaya ga numpuk2) .... kan disini kita cuma bahas tentang nasionalisme-nya dulu

@abu hanan wrote: sejarah mengabarkan bahwa papua bersatu dengan endonesa adalah faktor pepera juga..tetapi = > Indonesia akan mempersiapkan, dengan bantuan dan partisipasi perwakilan PBB dan stafnya.. (pasal 18 perjanjian new york)..
sebuah sumber mengatakan..

sumber dilindungi wrote:Pemerintah Indonesia hanya melakukan konsultasi dengan Dewan Kabupaten di Jayapura tentang tatacara penyelenggaraan PEPERA pada tanggal
l 24 Maret 1969. Kemudian diputuskan membentuk Dewan Musyawarah PEPERA (DMP) dengan anggota yang berjumlah 1026 anggota dari delapan kabupaten, yang terdiri dari 983 pria dan 43 wanita.
ali murtopo berkata : Jakarta sama sekali tidak tertarik dengan orang Papua, Jakarta hanya tertarik dengan Tanah dan Kekayaan alam Papua. Jika kalian ingin Merdeka, maka mintalah tempat di Bulan agar Amerika bisa menaruh kalian di sana. Dan jika kalian menolak Pemerintah Indonesia, maka saya akan membunuh kalian.
dan ketika pepera dilaksanakan,apakah para dewasa di suku2 lembah baliem juga terlibat memberi pendapat?

Yah itu kan bisa2nya si suku2 itu aja … kalau saya bawa ini gimana ??

http://sejarah.kompasiana.com/2012/10/29/wakil-papua-dalam-kongres-pemuda-28-oktober-1928-505089.html

Tindakan-tindakan yang menciderai kemerdekaan bangsa yang dimaksudkannya antara lain melaui aksi-aksi jalanan pada pemuda Papua yang tergabung dalam faksi-faksi pendukung Papua merdeka yang menuntut referendum ulang, termasuk aksi nekat mendirikan negara federasi Papua Barat pada 19 Oktober setahun silam oleh kelompok Dewan Adat Papua (DAP). Dalam pandangannya, mendirikan negara federasi Papua Barat selain bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, dan prinsip-prinsip NKRI, juga hanyalah sebuah khayalan yang tidak akan pernah terwujud.
“Negara Federasi Papua Barat sebagai KRP III hanya mainan sekelompok elite Dewan Adat Papua. Dan itu jelas khayalan. Serta tidak disetujui mayoritas masyarakat adat Papua dan Papua Barat,” tegas Ramses Ohee.

Ikut Kongres Pemuda II di Batavia
Terkaitsejarah Sumpah Pemuda, Ramses berkisah bahwa kedua orangtuanya, Abner Ohee dan Orpa Pallo ikut dalam Kongres Pemuda II tahun 1928. Mereka diutus oleh Sultan Tidore dan masuk dalam kumpulan Yong Ambon, karena pada waktu itu Tanah Papua masuk dalam kerajaan Kesultanan Tidore.

Dengan demikian orang Papua yang hadir dalam sumpah pemuda 28 Oktober 1928 silam, turut melahirkan dan memerdekakan bangsa Indonesia.
“Karena Sumpah Pemuda, kita sekarang ini bisa menikmati kebebasan. Jadi marilah kita hargai perjuangan para pahlawan kita . Saya sudah sampaikan ke pemerintah pusat agar membuat buku sejarah supaya dibagikan di tanah Papua ini, agar generasi muda tahu mengenai sejarah Papua yang sesungguhnya. Aksi-aksi selama ini karena mereka tidak paham baik soal sejarah Papua,” ujar anggota Pepera ini.
Tentang sejarah Integrasi Papua ke dalam NKRI, Ramses tak pernah goyah pada fakta sejarah 1 Mei 1963. Bahwa akibat ulah penjajah Belanda, status politik Tanah Papua yang sudah merdeka bersama NKRI tanggal 17 Agustus 1945 pernah mengalami ibarat anak hilang selama 18 tahun. Baru pada tanggal 1 Mei 1963 Papua kembali ke dalam pangkuan NKRI dengan bantuan PBB.

nyatanya ada tuh mereka2 yang mengakui penyatuan nation papua masuk dalam nation NKRI

@abu hanan wrote: sedangkan logika memberitahukan bahwa yang namanyah jajak pendapat itu berarti one man standing for one vote,seperti layaknyah kita mencoblos presiden..

Mbah abu … point dari pidato Sukarno adalah … semua bagian dari wilayah jajahan Belanda masuk NKRI … maka disebut pemindahan kekuasaan.

Dan masing2 wilayah ini punya perwakilan waktu kongres pemuda …. Kalau ternyata dewan adat merasa ga pernah ikutan kongres pemuda … lah yang salah sapa ??? sapa suruh ga gaul (hihihihihihi) toh tetap sudah ada perwakilan papua yang datang ke kongres tersebut. Atau protes aja sama keturunanya raja Tidore ... wong waktu itu mereka memang masih dibawah kekuasaan Tidore kok

Terkait PEPERA … justru itu bisa2an Amerika n the gank untuk ngambil Irian Barat … dengan alasan Irian Barat punya hak pribadi untuk memutuskan sendiri mau kemana … Belanda atau Indonesia ... makanya ada kejadian2 seperti Pepera itu tadi >>> tapi gimana bisa dibilang dewan2 adat itu punya hak pribadi untuk memutuskan … wong judulnya Sukarno dah bilang semua wilayah bekas jajahan Belanda harus masuk NKRI … deal dan sah di PBB sejak 45

Lagian si dewan adat ini gaya bener …. jaman kemerdekaan bisa apa mereka lawan Belanda ?? …. Giliran Sukarno cs bilang ke Belanda … “Woi wilayah kalian masuk NKRI semua” dan nyatanya Sukarno cs menang .... yang artinya Belanda memang harus ngasih bekas jajahannya ke wilayah NKRI (karena terikat undang2 internasional) … kok sekarang dewan adat sok begaya mau bilang bukan bagian Indonesia …

Jaman kemerdekaan kemana aja beliau2 ini ?? kenapa ga memerdekakan diri waktu Belanda ga ada pas jaman Jepang ?? kenapa ga memerdekakan diri waktu Jepang kalah dari Amerika dan kondisi seluruh wilayah bekas jajahan Belanda ini sedang free untuk merdeka ??

@abu hanan wrote: aceh pun berkedudukan samah dengan papua..
sukarno berperan sebagai pengkhianat cinta disini..rakyat aceh adalah sebuah nation yang terpisah dari jawa-dompu-borneo dll..mereka berjuang sendirian versus belanda..tanpa bantuan senjata,amunisi,serdadu dari raja2 di jawa/sulawesi dll..ketika aceh bersedia menjadi bagian ri dengan syarat HUKUM ISLAM..apakah syarat itu bisa dijadika dasar untuk berkata ; aceh bagian nkri?tentu tidak di masa sebelum 2003..
sekarang..mari kita sebarkan ;
lebih baik kelaparan di negeri sendiri,daripada kenyang di kampung halaman..
lol

Judulnya Sukarno dah bilang semua wilayah bekas jajahan Belanda harus masuk NKRI … deal dan sah di PBB sejak 45

http://soalaceh.tumblr.com/post/30780172961/mengenang-bireuen-sebagai-ibukota-ri

gimana bisa Aceh bukan bagian dari NKRI ?? gosip website provokator lagi ???

dan itupun berkedudukan samah dengan papua …

lagipula penghianat cinta gimana toh mbah ?? ... si Daud Beureu'eh ujuk2 gabung sama Kartosoewirjo yang dasarnya udah melawan NKRI ... justru si Beureu'eh ini yang kanan kiri oke ... jelas2 Aceh bagian NKRI tapi malah main mata dengan NII ...

terkait syariat Islam yang dijanjikan Sukarno ... dah dibilang MPR nya aja blum jadi karena berantem terus ... kondisi negara lagi kacau balau ... malah ditanya2 soal janji ...

Ada seorang bapak berjanji pada anak2nya ... "Nak kita mau beli rumah baru namanya Indonesia ... kamu mau kamar yang kaya gimana ??" ... si anak A maunya kamar yang pake AC dan si bapak bilang ok .... setelah rumah itu ditempati ... ternyata kondisi rumah masih kacau (banyak tikus, harus renovasi, dsb) ... bukannya sabar si anak malah nagih2 AC mulu ... disuruh sabar malah nyari bapak lain .... ya diusir sama si bapak

sekarang..mari kita sebarkan ….

 piss  piss  piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Sun Jun 15, 2014 11:31 am

penetapan taun 1800 sebagai nation state itu prosesnyah gimana love storynyah,mbdee?
kalow mandek hanya 1800,mengafa pula bawa2 nama majapahit sebagai nusantara dll slogan punya majapahit?

tak perlu kau baca mantera "khazanah nusantara" dan tak perlu pula merayuku modal wawasan nusantara..
karena kutahu engkau akan membawa "kebutuhan sebagai dasar endonesa kompak"..

apakah 1800 ini kategori sak enak udele sukarno?

aceh..
ngapain juga sukarno kasi janji kalow "pemindahan kekuasaan" belum kelar?

hemm..bicara nation ternyata lebih mudah dibanding nasi on goreng..wkwkwk..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by dee-nee on Sun Jun 15, 2014 6:14 pm

@abu hanan wrote:penetapan taun 1800 sebagai nation state itu prosesnyah gimana love storynyah,mbdee?
kalow mandek hanya 1800,mengafa pula bawa2 nama majapahit sebagai nusantara dll slogan punya majapahit?

tak perlu kau baca mantera "khazanah nusantara" dan tak perlu pula merayuku modal wawasan nusantara..
karena kutahu engkau akan membawa "kebutuhan sebagai dasar endonesa kompak"..

apakah 1800 ini kategori sak enak udele sukarno?

gimana toh mbah kok saya ga ngerti pertanyaan mbah abu ??
kan saya sudah cerita bahwa nation state itu bermula ketika orang2 Indonesia itu sudah tambah pinter ...
lalu mereka sadar bahwa membawa nation secara kedaerahan tidak akan menang melawan satu nation seperti negara Belanda
makanya semua orang waktu itu merasa perlu membentuk 1 negara yang bisa dipakai untuk melawan Belanda secara diplomasi internasional atau perlawanan senjata ... yang sama kuat dan besarnya dengan Belanda

kalau masalah kata "nusantara" ... seperti pernah saya tulis di thread lain (thread Nama Allah kalau ga salah) ... Nusantara itu artinya gugusan pulau2 atau banyak pulau .... pertama kali kata ini dipakai jaman Majapahit karena kata ini adalah kata sansekerta ....

Kalau kemudian bawa2 nama itu untuk menjelaskan NKRI ... ya masa ga boleh ??? ... artinya kan banyak pulau ... NKRI pun terdiri dari banyak pulau
bukan artinya Majapahit adalah Indonesia toh .... Nusantara ala Majapahit beda dengan Nusantara ala NKRI ....

bold : coba diberikan contoh mbah ... yang dimaksud khazanah nusantara itu gimana ??

underline : mbah ... bangsa ini menjadi one state nation (satu negara kesatuan) bukan diatur Sukarno ... dia bahkan ga ikutan Sumpah Pemuda ... tapi pada waktu itu sudah cetar membahana gimana caranya bisa menang lawan Belanda .... sudah ada ide2 terkait one state nation ini di kepala semua orang, termasuk para ulama dan semua tokoh2 yang ada pada waktu itu

Sebagai salah tiga dari murid2 Cokroaminoto >> baik Sukarno, Muso, dan Kartosuwiryo sudah oke dengan one state nation ini ... yaitu kumpulan semua wilayah bekas jajahan Belanda .... tiga2nya ga ada yang ikutan Sumpah Pemuda ... jadi selain kelompok Cokroaminoto atau kelompok Kongres Pemuda ... tentu ada lagi kelompok2 lain ... organisasi2 lain yang juga sibuk ngomongin one state nation.  

Ide one state nation ini dasarnya cuma terdiri dari tiga pokok toh .... 1 bangsa (penyatuan menjadi 1 nation) ... 1 tanah air (penyatuan banyak wilayah menjadi 1 wilayah yang lebih besar) ... 1 bahasa (banyaknya bahasa daerah sebagai alat komunikasi disatukan dengan menggunakan satu bahasa lain yaitu bahasa Indonesia)

@abu hanan wrote:aceh..
ngapain juga sukarno kasi janji kalow "pemindahan kekuasaan" belum kelar?

hemm..bicara nation ternyata lebih mudah dibanding nasi on goreng..wkwkwk..

pemindahan kekuasaan belum kelar gimana ??
memang pemindahan kekuasaan Belanda ke tangan Jepang pake cara apa supaya bisa disebut kelar ??

gini deh ... Belanda menguasai banyak wilayah .... wilayah itu disebut Hindia Belanda .. ya kan

waktu Belanda kalah artinya kekuasaan Hindia Belanda pindah ke Jepang ....
pada waktu itu di Hindia Belanda pun orang2 Belanda banyak yang di bunuh dan perempuannya juga banyak yang di perkosa (bukan cuma orang pribumi saja)

(dari wiki)
Pada Mei 1940, awal Perang Dunia II, Belanda diduduki oleh Jerman Nazi. Hindia Belanda mengumumkan keadaan siaga dan pada Juli mengalihkan ekspor untuk Jepang ke Amerika Serikat dan Inggris. Negosiasi dengan Jepang yang bertujuan untuk mengamankan persediaan bahan bakar pesawat gagal pada Juni 1941, dan Jepang memulai penaklukan Asia Tenggara di bulan Desember tahun itu. Pada bulan yang sama, faksi dari Sumatra menerima bantuan Jepang untuk mengadakan revolusi terhadap pemerintahan Belanda.

waktu Jepang menyatakan kalah dan menyerah ... NICA dan Belanda ini belum sempat datang ke Hindia Belanda .... otomatis Hindia Belanda ini jadi wilayah tak bertuan toh ... disitulah statement Proklamasi sukarno jadi syarat sah bahwa Hindia Belanda sudah masuk ke dalam wilayah tuan rumah ... yaitu wilayah Indonesia

Karena sudah sah jadi NKRI ... Sukarno bikin janji ....
tapiiiiiiiiii ... karena kondisi di pusat dan daerah berantem terus antara nasakom ini .... pemilu ga jadi2 terus dilaksanakan .... kalau pemilu ga terlaksana ... trus gimana bikin UU dsb terkait janji Sukarno ??? .... Janji Sukarno itu kan menjadi sah dan legit setelah tertulis dalam UU yang dibuat parlemen ....
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by dee-nee on Sun Jun 15, 2014 6:43 pm

mbah abu wrote:penetapan taun 1800 sebagai nation state itu prosesnyah gimana love storynyah,mbdee?

one state nation yang sah baru ada thn 45 ketika Sukarno proklamasi
tapi IDE untuk mendirikan one state nation sudah dimulai sejak 1800an ... terutama setelah banyak pribumi2 yang tambah pinter dapat informasi dari mana2

Ini hampir sama dengan cerita tentang restorasi Meiji .... sebelum Kaisar Meiji mendeklarasikan restorasi Meiji ... Jepang adalah kerajaan kuno yang juga menolak kolonialisme Eropa .... mereka mengadakan perombakan besar2an dalam negara (dengan politik, teknologi dan ilmu pengetahuan) untuk menguatkan negara yang gunanya juga untuk melawan kolonialisme

Sama juga yang terjadi di semua wilayah di dunia korban kolonialisme ... termasuk timteng ... di timteng pun juga ada ide2 tentang "bersatu dalam 1 nation" demi melawan kolonialisme Barat ...... di timteng pun juga ada dua kelompok yang dominan .. yaitu pan-islamisme dan pan-arabisme (yang satu bersatu dengan mengutamakan Islam ... yang satu bersatu dengan mengutamakan wilayah Jazirah Arab)

Jadi ... IDE tentang one state nation tersebut memang sudah ada dimana2 sejak thn 1800an .... yang tujuan intinya cuma BERSATU untuk MERDEKA melawan KOLONIALISME

Karena akhirnya Eropa yang perang2 sendiri di PD 1 dan PD 2 ... maka bangsa2 yang sudah punya IDE BERSATU dan MERDEKA ini merasa punya kesempatan atau moment untuk mewujudkan IDE tersebut (khususnya sekitar thn 1900an) .... termasuk diantaranya Indonesia

Jadi proses terbentuknya NKRI dari banyaknya kerajaan ... bukan seperti ada satu orang yang mengeluarkan suatu wacana tentang one state nation lalu didengar semua orang dan semua orang ngangguk2 kagum (bukan seperti bagaimana seorang nabi atau tokoh spiritual berdakwah misalnya).

Pergerakan ini terjadi hampir di semua daerah2 kolonialisme di dunia
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Sun Jun 15, 2014 7:43 pm

hemm..jika sayah berkata : sejarah negara ini dimulai dari 1800,salahkah daku wahai lawanku?

artinyah,negara ini gak boleh menggunakan segala simbol/slogan dari kerajaan2 masa lalu..

Kalau kemudian bawa2 nama itu untuk
menjelaskan NKRI ... ya masa ga
boleh ??? ... artinya kan banyak
pulau ... NKRI pun terdiri dari banyak
pulau
yah gak boleh..identitas nation 1800 harus berbeda dengan kerajaan masa lalu..

sehingga,bila ada negara lain yang mengklaim budaya kerajaan demak sebagai budaya mereka itu bisa karena kita secara nation gak ada hak melarang..

*yang lain dibalas menyusul..mengingat jempol cintaku tak kuasa melawan dirimu..mesti versus 10 jari juga nih wkwkwkwk

aceh..
sukarno : “Saya minta bantuan Kakak agar rakyat Aceh turut mengambil bagian dalam
perjuangan bersenjata yang sekarang sedang berkobar antara Indonesia dan Belanda..

»» mengafa pula sukarno minta bantuan bangsa aceh untuk versus belanda?
kan aceh uda turut soempah pemoeda by teuku muhammad..

sukarno : “Kalau demikian
baiklah, saya setujui permintaan
Kakak itu.”

»» kalow emang sanggup,kenafa sukarno tunggu suara parlemen?
kalow sukarno paham mekanisme kan dia wajib jujur dengan jawab : entahlah akang,sayah musti ngomong dulu dengan yang laen..

mainkan peran barumu cucunda sebagai penyambung lidah sukarno..lumayan kalow kasi bumbu iga penyet wkwkwk..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Mon Jun 16, 2014 10:14 am

masih jempol mode on..
ketika ide nation terbentuk dari banyak kerajaan di masa lalu..ini bicara kebutuhan,samah2 menderita di bawah 1 tangan..btw,nation nih secara etimologi termasuk makanan jenis apa sih?
menurut sayah,nation is etnis,kelahiran,kampung halaman..

proklamasi memang sesuatu yang logis jika diliat dari "kekuasaan lagi kosong"..hindia belanda lagi ditinggal raja piknik..tetapi menjadikan negara ini sebagai kesatuan berharga mati adalah kekeliruan..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Mon Jun 16, 2014 2:41 pm

lanjut bhisma..
nama ini tetap setia pada hastinapura sebagai realisasi sumpah..bukan loyalitas pada duryudhana sebagai wali pemerintah (raja)..sebuah kearifan dahsyat dengan memberitahukan pada putra pandu tentang kelemahannyah..dan sebuah harapan (baca doa) untuk kemenangan putra pandu..

pembela kebenaran yang tak mengabaikan loyalitas pada negara..
untuk sikap ini,bugimanah maharesi ini berlogika dan bernurani?

daud beureueh,tak sekalipun berkhianat pada aceh sebagai nation..akan tetapi bergabungnyah beliow pada nii kartosuwiryo menjadikan satu pihak menilai itu sebuah pengkhianatan..bugitu kartosuwiryo,beliow tidak mengkhianati isi sumpah pemuda tetapi hasrat membentuk negara islam pun tak menyimpang dari isi proklamasi dan sumpah pemuda sendiri..

apakah sang teuku atow sang imam yang lebih mirip bhisma?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by SEGOROWEDI on Tue Jun 17, 2014 4:19 pm

resi bhisma nationnya astinapura..
wni (si abu, si amrozy, si baasyir, SW, dini, dll.) nationya indonesia
maka mengubah nkri jadi nii = pengkhianat

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Tue Jun 17, 2014 4:32 pm

merubah nkri menjadi federal itu sesuatu yang mungkin..mengubah burung garuda menjadi burung perkutut itu luar biasa..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by SEGOROWEDI on Tue Jun 17, 2014 4:35 pm


pengkhianatan memang mungkin..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Tue Jun 17, 2014 4:42 pm

mungkin apanyah?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by SEGOROWEDI on Tue Jun 17, 2014 4:47 pm


terjadinya pengkhianatan oleh pengkianat
yaitu wni yang hendak meng-nii-kan nkri

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Tue Jun 17, 2014 5:07 pm

apa dan siapa yang dikhianati?
pengkhianat adalah penjual nasib bangsa dalam bingkai nkri..contoh : mark up pembelian senjata,korupsi,mark up harga minyak..

juntrungnyah juga apa kok ujug2 bawa motto "pengkhianat adalah patriot bangsa"..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by SEGOROWEDI on Tue Jun 17, 2014 5:18 pm


yang dikhianati negara..
yang dibangun oleh founding fahers and mothers
mark up, korupsi, dll. itu kriminal murni

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by dee-nee on Wed Jun 18, 2014 5:16 pm

@abu hanan wrote:hemm..jika sayah berkata : sejarah negara ini dimulai dari 1800,salahkah daku wahai lawanku?

artinyah,negara ini gak boleh menggunakan segala simbol/slogan dari kerajaan2 masa lalu..

Kalau kemudian bawa2 nama itu untuk
menjelaskan NKRI ... ya masa ga
boleh ??? ... artinya kan banyak
pulau ... NKRI pun terdiri dari banyak
pulau
yah gak boleh..identitas nation 1800 harus berbeda dengan kerajaan masa lalu..

sehingga,bila ada negara lain yang mengklaim budaya kerajaan demak sebagai budaya mereka itu bisa karena kita secara nation gak ada hak melarang..

bold : identitas kita NKRI ... identitas Nusantara cuma buat nunjukin bahwa Indonesia adalah negara kepulauan ... bahasa Inggrisnya archipelago ... coba aja terjemahin di google ... Nusantara Indonesia = The archipelago of Indonesia

lah .. keturunan orang2 demak nya juga ga masalah mbah untuk jadi bagian dari nation Indonesia ... wong mereka juga merasa bagian dari nation kita kok ... bukan nation negara lain.

ya negara lain tetep ga berhak lah ... kan keturunan demak memang maunya diakui oleh nation Indonesia aja

@abu hanan wrote:*yang lain dibalas menyusul..mengingat jempol cintaku tak kuasa melawan dirimu..mesti versus 10 jari juga nih wkwkwkwk

siap menunggu mbah

 2 good  2 good 

@abu hanan wrote:aceh..
sukarno : “Saya minta bantuan Kakak agar rakyat Aceh turut mengambil bagian dalam
perjuangan bersenjata yang sekarang sedang berkobar antara Indonesia dan Belanda..

»» mengafa pula sukarno minta bantuan bangsa aceh untuk versus belanda?
kan aceh uda turut soempah pemoeda by teuku muhammad..

sukarno : “Kalau demikian baiklah, saya setujui permintaan Kakak itu.”

merah : Masa minta bantuan aja masa diprotes ?? sukarno minta bantuan untuk melawan belanda sebagai sesama warga Indonesia ... apa masalahnya ??

btw ... ini mbah abu dapet dialog darimana toh ?? cerita tentang apa dan kapan ??

@abu hanan wrote:»» kalow emang sanggup,kenafa sukarno tunggu suara parlemen?
kalow sukarno paham mekanisme kan dia wajib jujur dengan jawab : entahlah akang,sayah musti ngomong dulu dengan yang laen..

mainkan peran barumu cucunda sebagai penyambung lidah sukarno..lumayan kalow kasi bumbu iga penyet wkwkwk..

bold : justru karena sukarno ga sanggup karena segala keputusan harus dilakukan oleh parlemen ... sementara parlemennya berantem terus ... boro2 parlemen berantem terus ... blum jadi parlemen aja berantem terus (sampai nunggu 10 thn baru pemilu)

underline : ini cerita tentang apa dan kapan ?? mbok ya mbok toh mbah

 piss piss

@Abu Hanan wrote:masih jempol mode on..
ketika ide nation terbentuk dari banyak kerajaan di masa lalu..ini bicara kebutuhan,samah2 menderita di bawah 1 tangan..btw,nation nih secara etimologi termasuk makanan jenis apa sih?
menurut sayah,nation is etnis,kelahiran,kampung halaman..

proklamasi memang sesuatu yang logis jika diliat dari "kekuasaan lagi kosong"..hindia belanda lagi ditinggal raja piknik..tetapi menjadikan negara ini sebagai kesatuan berharga mati adalah kekeliruan..

bold : dan .... memecah2 kesatuan yang sudah ada dengan alasan karena bukan harga mati ... itupun adalah kekeliruan
apalagi memecah2 nya pake ilmu kompor, provokasi, wal fitnah

(bukan untuk mbah abu ya ... dari awal saya sudah confirm ... tidak ada satupun netter di LI ini yang jadi sorotan saya di thread ini)

 piss

mbah abu wrote:daud beureueh,tak sekalipun berkhianat pada aceh sebagai nation..akan tetapi bergabungnyah beliow pada nii kartosuwiryo menjadikan satu pihak menilai itu sebuah pengkhianatan..bugitu kartosuwiryo,beliow tidak mengkhianati isi sumpah pemuda tetapi hasrat membentuk negara islam pun tak menyimpang dari isi proklamasi dan sumpah pemuda sendiri..

ya berkhianat pada aceh juga dong mbah sebutannya ... wong nyatanya ga semua warga Aceh mau gabung NII kok (bold biru atas) ... yang punya aceh kan bukan daud beureueh ajah ... dan satu pihak itupun dari warga aceh sendiri yang setuju dengan NKRI (pancasila)

Kartosuwiryo ga ikutan proklamasi ... beda antara orang2 di panitia 9 (yang bikin piagam jakarta) dengan Kartosuwiryo cs ...
Kartosuwiryo intinya adalah NII ... bukan pancasila .... apalagi NKRI ... dia ga ikutan di kelompok BPUPKI
sementara panitia 9 masih oke dengan pancasila (dengan 7 kata tambahan itu)

Jadi ... kalau daud beureueh melawan untuk nuntut 7 kata tambahan itu ... masih oke lah ... pada waktu itu juga banyak yang begitu  
masalahnya si daud ini udah putar balik haluan ke arah NII yang bahkan ide NII aja ga disepakati dalam BPUPKI (termasuk oleh panitia 9)
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by abu hanan on Wed Jun 25, 2014 6:54 am

mbdee..masih tak sanggup jempolku melawan jari2mu..
ini dulu ajah..
ya negara lain tetep ga berhak lah ...
kan keturunan demak memang maunya
diakui oleh nation Indonesia aja
lha kalow keturunan demak yang uda alih citizen dan mengklaimnyah,gmn?mereka ber dna demak..meski ada campur2 dikit dengan alien..masih fasih basa jawa dll..makan juga singkong..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by dee-nee on Thu Jun 26, 2014 4:14 am

@abu hanan wrote:
ya negara lain tetep ga berhak lah ...
kan keturunan demak memang maunya
diakui oleh nation Indonesia aja
lha kalow keturunan demak yang uda alih citizen dan mengklaimnyah,gmn?mereka ber dna demak..meski ada campur2 dikit dengan alien..masih fasih basa jawa dll..makan juga singkong..

Ya itu kan sebelas dua belas kaya yang di papua mbah ....

ceritanya ... katakanlah sekarang ini ada beberapa keturunan raja yang ingin membentuk negara sendiri ....

kalau saya bilang sih ... mereka2 ini manusia yang terbuai mimpi2 indah sertifikat darah biru mereka (bahwa mereka keturunan raja anu anu anu dari istri anu anu anu ... anak dari anu anu anu) .... mimpi bisa jadi pangeran William beristrikan permaisuri bak Kate Middleton

 ketiwi  ketiwi 

Masalahnya .... back to sejarah dong ah ...

wiki wrote:http://id.wikipedia.org/wiki/Kesultanan_Demak

Kemunduran
Suksesi ke tangan Sunan Prawoto tidak berlangsung mulus. Penunjukannya sebagai sunan ditentang oleh adik Trenggana, yaitu Pangeran Sekar Seda Lepen. Dalam penumpasan pemberontakan, Pangeran Sekar Seda Lepen akhirnya terbunuh. Akan tetapi, pada tahun 1561 Sunan Prawoto beserta keluarganya dihabisi oleh suruhan Arya Penangsang, putera Pangeran Sekar Seda Lepen. Arya Penangsang kemudian menjadi penguasa tahta Demak. Suruhan Arya Penangsang juga membunuh Pangeran Hadiri, adipati Jepara, dan hal ini menyebabkan adipati-adipati di bawah Demak memusuhi Arya Penangsang, salah satunya adalah Adipati Pengging.

Arya Penangsang akhirnya berhasil dibunuh dalam peperangan oleh Sutawijaya, anak angkat Joko Tingkir. Joko Tingkir memindahkan pusat pemerintahan ke Pajang, dan di sana ia mendirikan Kerajaan Pajang.

yang bold : dari tahun 1561 ... kesultanan Demak ini sudah bunuh2an sama saudara sendiri ... hingga Demak jadi Kerajaan Pajang ... dari Kerajaan Pajang perang lagi dengan Mataram ... kalah pula sama Mataram .... akhirnya masuk kekuasaan Mataram .... terusssss aja perang perang perang antara kerajaan

Lah ... kalo udah begini sejarahnya ... masih mau sibuk ngurusin sertifikat darah biru ??? lagian apa yang mau diklaim coba ?? wilayahnya aja udah ga jelas yang mana2 aja ...

Memang yang bersertifikat ini kemana aja waktu jaman kemerdekaan ???? yang thn 1800 - 1950 itu loh ..... kemana dan ngapain aja mereka ??? bukannya anak2 raja ini juga yang ikutan sekolah waktu itu .... trus ikut ber-nasionalisasi ria ....

Kalaupun mereka ga ikutan ngurusin kemerdekaan ... atau menolak ide nasionalisasi .... pertanyaannya ya sama aja ....

Jaman kebangkitan kemerdekaan mereka ngapain aja ?? bisa menang sendirian ga lawan belanda ??? atau cuma sibuk mimpi berharap2 cemas kerajaan Demak bisa berdiri lagi ??? >>> kerajaan2 itu runtuh juga karena perang saudara la yau  

sebetulnya justru model yang begini2 ini ... makanya saya pernah bilang ke RHCP

#34 wrote:memang anda pikir DIY setuju dengan ditambahkannya 7 kata itu ?? >>> saya jamin DIY akan jadi negara sendiri bila NKRI bubar jalan

Jadi ... katakanlah Bali sudah memisahkan diri karena adanya 7 kata itu ...
Lalu kata siapa wilayah dengan mayoritas muslim tidak ikut2an memisahkan diri ???

Karena bagi sultan jogja (misalnya) ... ya mending dia buat negara sendiri kalau memang boleh ... wong dia raja kok (apa pentingnya buat dia yang seorang raja untuk harus ngikut2 negara ber 7 kata tambahan ???)
begitu juga bagi raja banten, cirebon, demak, dan banyak lagi kerajaan2 di pulau2 lain

Apa pentingnya sih buat kerajaan2 itu untuk manut dengan sila 1 plus 7 kata tambahan bila mereka diperbolehkan untuk punya kerajaan atau negara sendiri ???

Apa anda pikir raja di Sulawesi atau Sumatra sana mau aja gitu manut2 sama pemerintahan pusat walaupun sudah dikasi 7 kata tambahan ??

coba deh dipikir baik2 .... tidak ada yang hebat dengan penambahan 7 kata itu bila hasilnya juga ga penting bagi si mayoritas itu sendiri

Maksud saya : karena penambahan 7 kata itu jelas bisa membuat minoritas memisahkan diri .... dan kalau minortas pergi, NKRI bubar >>> maka ... bila NKRI bubar .... mayoritas pun bisa membuat negara sendiri ... bikin aturan syariah mereka sendiri tanpa perlu setia dengan sila 1 - walaupun sudah ada 7 kata tambahan

trus kalau NKRI nya bubar .... lalu apa pentingnya 7 kata tambahan dalam Pancasila ??? wong Pancasilanya juga sudah ga ada

jadi esensi NKRI itu adalah mengikat perbedaan .... karena bila tidak diikat ... apapun yang anda ajukan ... golongan yang sama dengan andapun juga akan mengajukan terkait kepentingan dia >>> yang beginian ini yang suka terlewat kalau sudah bawa2 "mayoritas"

tambahin ah : masalahnya .... bila NKRI bubar ... mending kalau jadi negara baru ... kalau ga jadi satu negara-pun gimana ?? kalau jatuhnya cuma jadi perang saudara sampai kiamat gimana ??? (saling klaim ini wilayah saya ... ini wilayah saya)

http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kerajaan_yang_pernah_ada_di_Nusantara

Ini loh mbah daftar pihak2 yang kemungkinan bisa berantem rebutan wilayah jika NKRI sampai bubar ....

sekian banyaknya nama2 kerajaan diatas .... kalau keturunannya saling klaim ... mau jadi apa wilayah nusantara ini ?? ... blom lagi kalau yang klaim tokoh adat jaman sekarang ... tokoh agama ... dsb  

dan bila nusantara sudah chaos ... apa masih sanggup web2 kompor itu nulis "Para nasionalis adalah mereka2 yang sudah dibisiki oleh minoritas"  ..... apa mereka masih bisa bilang "Kelompok nasionalis adalah orang2 yang lebih cinta pada negara daripada cinta pada Allah" ....  apa mereka masih bisa teriak2 untuk menegakkan syariah di nusantara ?? (saya pakai nusantara mbah ... soalnya NKRI sudah ga ada kan .... hehehehe)

LOL .... jadi curcol lagi kan

 ketiwi  ketiwi
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 26, 2014 10:29 am


toh gak ada yang ngelarang menjalankan 7 kata
bahkan gak ada yang melarang menjalanka syariah
buat apa meng-nii-kan nkri?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by dee-nee on Mon Aug 11, 2014 5:04 pm

@SEGOROWEDI wrote:
toh gak ada yang ngelarang menjalankan 7 kata
bahkan gak ada yang melarang menjalanka syariah
buat apa meng-nii-kan nkri?

Mas wedi terusin lagi dong yang ini

@dee-nee wrote:Jadi mas wedi ... ini point saya ...
maka saya tanya lagi : seandainya hukum negara itu benar2 bisa memberikan kebaikan BAGI SEMUA PIHAK TERMASUK NON-MUSLIM >> mas wedi mau terima syariah ga ???

syariah-nya saja ... ga usah mikirin muslim-nya dulu ... kita kan sedang berandai2

 piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by SEGOROWEDI on Fri Aug 15, 2014 10:57 am


apa baikya syariah bagi non muslim??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by SEGOROWEDI on Fri Aug 15, 2014 10:59 am

gak ada yang melarang menjalankan syariat
kok memaksakan nkri jadi nii
mikir

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: nasionalisme,antara ramayana dan mahabharata

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik